Mobilio Users

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: F 272, b8099ok, FRD, billyd1773dz, ChZ

User avatar
andryans
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 267
Joined: 24 Jul 2005, 20:24
Location: Jakarta
Contact:

Re: RE: Re: Mobilio Users

Post by andryans » 16 Jan 2017, 13:06

Profith83 wrote:
osbertc0ol wrote:
andryans wrote:ganti aki basah 30A & pasang voltmeter sementara

akhirnya tewas jg hr ini setlah 1.5th make, gejala ga beres kmren saat di stater aga ngeden. asalan ganti aki basah krn lebih awet aja berdasarkan pengalaman lalu, dimensi lebih gede dikit tp tetep masuk d rmhnya

sekalian pasang voltmeter murah 25k aja buat sementara sambil nunggu order yg ada charger 2.1A. pasang gampang kabel minus ke body, positif ke rumah relay yg kosong sebelah kanan (cari yg saat kontak ON nyala)

gotu aja deh
Sent from OnePlus 3T - Nougat 7.0.1
Aki standard nya lio brapa ya? 32A kan?
1.5thn apa sblmnya pernah nambah air aki?

btw oot dikit oneplus 3T di android 7 gimana om banyak bug gak? hehehe
Oh iya sekedar info ... jangan isi air aki bawaan Mobilio. Karena aki dia typenya maintenance free ...
Punya saya belum 1 thn rusak justru karena saya tambahin air akinya.
Tertulis di body sampingnya, maintenance free. Masalahnya tulisan tersebut baru terlihat kalau akinya dicopot
oya py saya jg pernah di isi dikit di bln ke 6 dr baru... cm masih bs ke pake 1th sih.

dugaan saya krn sempet aki tekor gara2 lupa matiin lampu kabin 24jam lalu di charges cm bertahan 3 minggu

Sent from OnePlus 3T - Nougat 7.0.1
A/T vehicle.....

Profith83
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1272
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Mobilio Users

Post by Profith83 » 16 Jan 2017, 13:14

Profith83 wrote:Update Mobilio ganti seal drive shaft, penggantian telah dilakukan dan mobil telah jalan 500 KM. Mobil masih ada bekas oli.
Sepertinya ini olie bekas yang dulu, biarpun sudah dibersihkan di bagian luar. Tetapi ada bagian dalam yang tidak bisa dibersihkan. Sepertinya dari sisa sisa olie itu masih turun.

Tinggal ditunggu 1 bulan lagi, apabila kering dan tidak ada olie berarti aman. Menunggu sambil harap harap cemas.

Oh iya sekalian tanya apabila saya pakai 5 bulan sudah 10,000 KM. Apakah periode ganti olie mesin perlu diperpendek 2.5 bulan 5,000 KM?
Update lagi. Belum sempat bersihkan sisa sisa olie. Tetapi olienya tidak melebar dan feeling makin lama makin kering. Sepertinya penyakitnya memang dari seal drive shaft ... semoga sembuh ...

User avatar
andryans
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 267
Joined: 24 Jul 2005, 20:24
Location: Jakarta
Contact:

Re: RE: Re: Mobilio Users

Post by andryans » 16 Jan 2017, 13:20

Profith83 wrote:
Profith83 wrote:Update Mobilio ganti seal drive shaft, penggantian telah dilakukan dan mobil telah jalan 500 KM. Mobil masih ada bekas oli.
Sepertinya ini olie bekas yang dulu, biarpun sudah dibersihkan di bagian luar. Tetapi ada bagian dalam yang tidak bisa dibersihkan. Sepertinya dari sisa sisa olie itu masih turun.

Tinggal ditunggu 1 bulan lagi, apabila kering dan tidak ada olie berarti aman. Menunggu sambil harap harap cemas.

Oh iya sekalian tanya apabila saya pakai 5 bulan sudah 10,000 KM. Apakah periode ganti olie mesin perlu diperpendek 2.5 bulan 5,000 KM?
Update lagi. Belum sempat bersihkan sisa sisa olie. Tetapi olienya tidak melebar dan feeling makin lama makin kering. Sepertinya penyakitnya memang dari seal drive shaft ... semoga sembuh ...
saya pribadi misal oli rekomen bs sampe 10rb saya nakal oake 6-7rb aja pertimbangkan kondisi jalanan.

bersiin sisa oli bs pake megs degreaser

Sent from OnePlus 3T - Nougat 7.0.1
A/T vehicle.....

User avatar
Kaleng
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 331
Joined: 27 Aug 2009, 11:59
Contact:

Re: RE: Re: Mobilio Users

Post by Kaleng » 16 Jan 2017, 14:31

andryans wrote: 30A bro....
barusan iseng2 masang grounding hks

Image
Ada perbedaan tidak om antara sebelum dan sesudah dipasang kabel ground tambahan?

User avatar
andryans
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 267
Joined: 24 Jul 2005, 20:24
Location: Jakarta
Contact:

Re: RE: Re: RE: Re: Mobilio Users

Post by andryans » 16 Jan 2017, 16:58

Kaleng wrote:
andryans wrote: 30A bro....
barusan iseng2 masang grounding hks

Ada perbedaan tidak om antara sebelum dan sesudah dipasang kabel ground tambahan?
baru banget pasang blom test drive....
sy pasang 5 titik sesuai paket nya pasang ke: body deket shock, firewall, tb, rangka dpn, baut abs.... bawaan lio ground dr aki cm ke rangka dpn bawah aja. seharus nya sih lebih baik ya kestabilan arus nya

Sebelum nya synpasang jg Voltmeter Speedspark lumayanbadabngaruh lebih smooth cvt nya

Sent from OnePlus 3T - Nougat 7.0.1
A/T vehicle.....

osbertc0ol
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: 22 Apr 2008, 21:51

Re: Mobilio Users

Post by osbertc0ol » 16 Jan 2017, 22:25

untuk ground memang sangat di rekomendasi, ground lio standard nya PARAH

osbertc0ol
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: 22 Apr 2008, 21:51

Re: Mobilio Users

Post by osbertc0ol » 16 Feb 2017, 09:47

baru service 10rb hari minggu kemarin di honda sunter (HJ)

Ganti oli e pro blue
Minta update software
Sama komplen dashboard posisi passenger airbag bunyi2

Power delivery cvt jadi lebih halus dan sepertinya torque conv di set locking nya sedikit lebih lambat sedikit saja sih..
Minus nya sedikit kurang aggresif hehehe tp overall masih enak..

Bunyi2 hilang tapi muncul lagi satu hari kemudian, trus ilang lagi.. entah lah...

Di honda sunter ternyata ada engine workshop ya, banyak honda2 legendaris seperti estilo, ek9 pake k20 ada yg lg install turbo juga,juga dan owner nya punya GTR R35 800hp dan ada EVO 9, 4, Skyline R32

Heaven banget disana parahh...

:emo-big_love: :big_love:

Ibet
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: 23 Mar 2015, 07:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: Mobilio Users

Post by Ibet » 28 Feb 2017, 13:03

selamat siang ..

saya ijin gabung di thread mobilio ini ya

sekalian saya mau tanya,

ada yang sudah pernah ganti oli matic CVT nya Mobilio?
kalau ada, apa bisa dengan cara "GerLong" atau harus dengan ATF changer?

Profith83
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1272
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Mobilio Users

Post by Profith83 » 01 Mar 2017, 15:07

Ibet wrote:
28 Feb 2017, 13:03
selamat siang ..

saya ijin gabung di thread mobilio ini ya

sekalian saya mau tanya,

ada yang sudah pernah ganti oli matic CVT nya Mobilio?
kalau ada, apa bisa dengan cara "GerLong" atau harus dengan ATF changer?
Kalau oli matic kita tidak punya pilihan kecuali beli oli di BeREs Honda dan gantinya juga di BeRes. Asumsinya cara gantinya juga harus mengikut perawatan berkala.
Karena kalau tidak beli dan ganti di BeRes kalau sampai ada problem transmisi wah bisa gak diganti

DYT
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 07 Mar 2017, 11:49

Re: Mobilio Users

Post by DYT » 07 Mar 2017, 12:04

Salam kenal suhu dan master semua, minta ijin bergabung dalam forum ini.

Kebetulan saya pengguna mobilio cvt tahun 2014. Ada hal yg mau saya tanyakan, di area di bawah intake manifold tepatnya sepanjang gasket intake dan dinding blok mesin terlihat menempel oli, tidak sampai menetes namun kondisi dinding mesin jadi kotor coz debu menempel disana.

Sudah pernah saya klaim dan dicoba utk seal ulang cover breathernya dan dinding mesin dibersihkan. Namun masalah itu tetap muncul.

Kira2 kebocoran bersumber dari mana ya?
Mohon masukan dari suhu semua.

Profith83
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1272
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Mobilio Users

Post by Profith83 » 12 Mar 2017, 21:58

DYT wrote:
07 Mar 2017, 12:04
Salam kenal suhu dan master semua, minta ijin bergabung dalam forum ini.

Kebetulan saya pengguna mobilio cvt tahun 2014. Ada hal yg mau saya tanyakan, di area di bawah intake manifold tepatnya sepanjang gasket intake dan dinding blok mesin terlihat menempel oli, tidak sampai menetes namun kondisi dinding mesin jadi kotor coz debu menempel disana.

Sudah pernah saya klaim dan dicoba utk seal ulang cover breathernya dan dinding mesin dibersihkan. Namun masalah itu tetap muncul.

Kira2 kebocoran bersumber dari mana ya?
Mohon masukan dari suhu semua.
Dah pernah coba ngolong belum? Punya saya malah dari bawah olinya merembes banyak .. tidak sampai netes di lantai garasi.
Tetapi cukup lebar rembesan olie ... kira kira 5x5 CM ... sekitar itu.

DYT
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 07 Mar 2017, 11:49

Re: Mobilio Users

Post by DYT » 13 Mar 2017, 21:43

Profith83 wrote:
12 Mar 2017, 21:58
DYT wrote:
07 Mar 2017, 12:04
Salam kenal suhu dan master semua, minta ijin bergabung dalam forum ini.

Kebetulan saya pengguna mobilio cvt tahun 2014. Ada hal yg mau saya tanyakan, di area di bawah intake manifold tepatnya sepanjang gasket intake dan dinding blok mesin terlihat menempel oli, tidak sampai menetes namun kondisi dinding mesin jadi kotor coz debu menempel disana.

Sudah pernah saya klaim dan dicoba utk seal ulang cover breathernya dan dinding mesin dibersihkan. Namun masalah itu tetap muncul.

Kira2 kebocoran bersumber dari mana ya?
Mohon masukan dari suhu semua.
Dah pernah coba ngolong belum? Punya saya malah dari bawah olinya merembes banyak .. tidak sampai netes di lantai garasi.
Tetapi cukup lebar rembesan olie ... kira kira 5x5 CM ... sekitar itu.
Klo dari bawah sih kering om, lokasi kayak basah hanya di blok mesin bagian depan di atas motor stater.

ZEXELGRIFONE
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 285
Joined: 21 Mar 2007, 16:49

Re: Mobilio Users

Post by ZEXELGRIFONE » 17 Mar 2017, 17:44

Izin nanya juga..
kalau oli transmisi manual lio itu speknya seperti apa ya? dan kapasitas berapa liter?
Soalnya di buku manualnya cuma ketulis Honda MTF fluid doank..

pernahmiskin
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: 19 Apr 2016, 12:48
Location: jogja, blitar, jakarta,

Re: Mobilio Users

Post by pernahmiskin » 17 Mar 2017, 20:37

DYT wrote:
07 Mar 2017, 12:04
Salam kenal suhu dan master semua, minta ijin bergabung dalam forum ini.

Kebetulan saya pengguna mobilio cvt tahun 2014. Ada hal yg mau saya tanyakan, di area di bawah intake manifold tepatnya sepanjang gasket intake dan dinding blok mesin terlihat menempel oli, tidak sampai menetes namun kondisi dinding mesin jadi kotor coz debu menempel disana.

Sudah pernah saya klaim dan dicoba utk seal ulang cover breathernya dan dinding mesin dibersihkan. Namun masalah itu tetap muncul.

Kira2 kebocoran bersumber dari mana ya?
Mohon masukan dari suhu semua.

Pas ganti oli om yakin ga, kalau oli lama ga berceceran?
Punya adik sy jg problem sperti gitu, ternyata pas ganti oli ada oli yg berceceran
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:

DYT
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 07 Mar 2017, 11:49

Re: Mobilio Users

Post by DYT » 17 Mar 2017, 22:30

pernahmiskin wrote:
17 Mar 2017, 20:37
DYT wrote:
07 Mar 2017, 12:04
Salam kenal suhu dan master semua, minta ijin bergabung dalam forum ini.

Kebetulan saya pengguna mobilio cvt tahun 2014. Ada hal yg mau saya tanyakan, di area di bawah intake manifold tepatnya sepanjang gasket intake dan dinding blok mesin terlihat menempel oli, tidak sampai menetes namun kondisi dinding mesin jadi kotor coz debu menempel disana.

Sudah pernah saya klaim dan dicoba utk seal ulang cover breathernya dan dinding mesin dibersihkan. Namun masalah itu tetap muncul.

Kira2 kebocoran bersumber dari mana ya?
Mohon masukan dari suhu semua.

Pas ganti oli om yakin ga, kalau oli lama ga berceceran?
Punya adik sy jg problem sperti gitu, ternyata pas ganti oli ada oli yg berceceran
Bukan dari oli yg berceceran om. Dugaan awal dulu sih gtu, sama beres dicuci mesinnya sampai cling lg, namun tetep kotor lg area situ coz ada uap oli yg nempel entah bocor darimana. Dugaan berikutnya bocor dari cover breather yg mungkin sealnya kurang bagus, akhirnya diseal ulang dan mesin dicuci lg, ternyata masih aja ada bocor saat ini. Nah bulan depan jadwal servis sekalian mau komplain lg masalah ini, klo misalkan dah ada gambaran darimana sumber masalahnya kan jd enak ngomong ke sa nya biar cpt ditangani dan gak coba2 lg.

Profith83
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1272
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Mobilio Users

Post by Profith83 » 11 Apr 2017, 17:01

Profith83 wrote:
16 Jan 2017, 13:14
Profith83 wrote:Update Mobilio ganti seal drive shaft, penggantian telah dilakukan dan mobil telah jalan 500 KM. Mobil masih ada bekas oli.
Sepertinya ini olie bekas yang dulu, biarpun sudah dibersihkan di bagian luar. Tetapi ada bagian dalam yang tidak bisa dibersihkan. Sepertinya dari sisa sisa olie itu masih turun.

Tinggal ditunggu 1 bulan lagi, apabila kering dan tidak ada olie berarti aman. Menunggu sambil harap harap cemas.

Oh iya sekalian tanya apabila saya pakai 5 bulan sudah 10,000 KM. Apakah periode ganti olie mesin perlu diperpendek 2.5 bulan 5,000 KM?
Update lagi. Belum sempat bersihkan sisa sisa olie. Tetapi olienya tidak melebar dan feeling makin lama makin kering. Sepertinya penyakitnya memang dari seal drive shaft ... semoga sembuh ...
Update .. sepertinya rembesan olie tetap ada dan seperti yang dulu. Berarti bukan dari seal drive shaft.

Ada yang pengalaman seperti saya gak ya? Olie merembes di bagian paling bawah dari mesin

ac235287
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: 12 Sep 2013, 08:40

Re: Mobilio Users

Post by ac235287 » 11 Apr 2017, 18:45

om coba foto rembes olinya..d mobilio saya juga ada...

User avatar
Yonatanw
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 238
Joined: 21 Feb 2016, 17:43
Location: Surabaya
Contact:

Re: Mobilio Users

Post by Yonatanw » 11 Apr 2017, 20:06

Apa seperti ini om? Saya penasaran akhirnya ngolong barusan.

Image


Sent from my iPhone using Tapatalk
DD4 CVT | GE8 5AT | K3-VE

Escaflowne
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: 22 Jul 2016, 09:23

Re: Mobilio Users

Post by Escaflowne » 06 May 2017, 07:59

Selamat pagi suhu-suhu SM,

Saya sbg pengguna mobilio e cvt, mau tanya masukkannya mengenai info rem bunyi saat lepas rem baik di jalanan lurus atau di tanjakan dalam posisi D atau R.

Sebelumnya saya juga sudah pernah tes dengan unit lain di bengkel Ho*da, dan ada bunyi serupa. Penjelasannya hanya memang tipe Ho*da sekarang seperti itu 🤔, dan masih mengganggu saya dalam setiap perjalanan.

Adakah yang sudah pernah klaim mengenai sistem pengereman tersebut?

User avatar
marmut
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1949
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Mobilio Users

Post by marmut » 06 May 2017, 13:10

Yonatanw wrote:
11 Apr 2017, 20:06
Apa seperti ini om? Saya penasaran akhirnya ngolong barusan.

Image


Sent from my iPhone using Tapatalk
itu antara transmisi dengan mesin ya? kemungkinannya antara seal kruk as belakang atau input shaft seal (ada yg nyebut seal as blender).
[ / ]

liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1408
Joined: 14 Feb 2014, 15:01

Re: Mobilio Users

Post by liep » 06 May 2017, 15:33

Lio rs 2017 dbanding veloz sblm facelift 2015...tuk kekedapannya ap msh mending veloz sblm 2015? Klo dbanding veloz 2015 khan byk yg bilang kedap veloz2015.
Ap ad user lio yg sdh jln 150rb km? Problem ap aj yg muncul mulai km100rb?
Thx

Profith83
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1272
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Mobilio Users

Post by Profith83 » 07 May 2017, 14:39

marmut wrote:
06 May 2017, 13:10
Yonatanw wrote:
11 Apr 2017, 20:06
Apa seperti ini om? Saya penasaran akhirnya ngolong barusan.

Image


Sent from my iPhone using Tapatalk
itu antara transmisi dengan mesin ya? kemungkinannya antara seal kruk as belakang atau input shaft seal (ada yg nyebut seal as blender).
Betul seperti itu rembesannya.
Pernah ganti seal drive shaft masih rembes.
Kemudian diganti lagi dengan seal input shaft tetapi masih belum lama penggantianya, belum lihat masih rembes atau sudah gak rembes

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15457
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Mobilio Users

Post by Turboman » 07 May 2017, 15:53

Utk
Brio
BR-V
Mobilio

Ground cable konon efeknya sgt terasa (percobaan di lebih dr 30 mobil)

Kalo tarikan terasa lelet, lakukan reset TP Positioner dgn Scanner OBD2

User avatar
b8099ok
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1793
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta

Re: Mobilio Users

Post by b8099ok » 07 May 2017, 17:17

Ane ada Damos file utk mobilio, brio, brv,... Mayan banyak yg bisa di kail di trio dash kembar ini,... :ngacir:
2013 Mitsubishi Outlander Sport PX PW CVT
2014 Mitsubishi Mirage Exceed EG CVT
2014 Ford Ecosport Titanium PB A/T
2016 Mitsubishi Pajero Sport Dakar Limited Grey A/T

Profith83
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1272
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Mobilio Users

Post by Profith83 » 19 May 2017, 10:35

Saya pengguna Lio RS automatic thn 2015. KM 41.[cencored]

Setelah servis 40,000 KM ganti busi. kemudian besoknya janjian ganti seal Drive Shaft dan seal Input Shaft.
Mobil yang pakai Istri, setelah ganti Seal tersebut istri bilang ada bunyi seperti besi yang kocak dibawah dan sudah dibenerin oleh BeRes.

Barusan mobil saya yang bawa, ada yang aneh pada waktu di Gas agak dalam di RPM sekitar 1500 an.
Dulunya kalau di gas dalam langsung bunyi 'NGUNG' CVT nya.
Sekarang ada bunyi 'DESIS' sekitar 1-2 detik, setelah itu bunyi 'NGUNG' CVT.
Bunyi desis seakan akan kayak kopling selip

Ada yang mengalami hal yang sama?

Post Reply

Return to “Minibus / Station Types”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 3 guests