Saran: CR-V eHEV di 2024? (atau Ioniq 5?)

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
BrianK3
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 198
Joined: 28 Sep 2015, 23:10
Daily Vehicle: VW Tiguan 2014

Saran: CR-V eHEV di 2024? (atau Ioniq 5?)

Post by BrianK3 »

Guys, boleh minta saran donk. Mobil ini kan kurang laku nih jadi kalo kita play patience sepertinya bisa dapet di diskon yang cukup fantastis (bisa pertengahan 700 kayanya). :big_grin:

Apakah worth it di harga segitu atau better ke Ioniq 5?
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4732
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Saran: CR-V eHEV di 2024? (atau Ioniq 5?)

Post by b0ku »

buat saya paling worth it sekarang cx60 pro :mky_03:

semua yang pake batre gak pernah worth it karena suatu hari musti bayar tagihan batre ditambah harga jual pasti jeblok :mky_03:
Jenson
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: 22 Aug 2014, 16:41

Re: Saran: CR-V eHEV di 2024? (atau Ioniq 5?)

Post by Jenson »

BrianK3 wrote: 19 Aug 2024, 16:07 Guys, boleh minta saran donk. Mobil ini kan kurang laku nih jadi kalo kita play patience sepertinya bisa dapet di diskon yang cukup fantastis (bisa pertengahan 700 kayanya). :big_grin:

Apakah worth it di harga segitu atau better ke Ioniq 5?
NIK 2023 kemarin oe tanya ud 760an om. Kalo ngomong tebak2an resale value ke depan si rasanya CRV bakal lebih nahan dr ioniq. Tergantung kebutuhan sih apa yg d cari. Kalo mau SUV gagah2an harga segitu mepet2 mgkin bsa cek palisade skalian
User avatar
BrianK3
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 198
Joined: 28 Sep 2015, 23:10
Daily Vehicle: VW Tiguan 2014

Re: Saran: CR-V eHEV di 2024? (atau Ioniq 5?)

Post by BrianK3 »

Thanks. Hmm… sepertinya skrg lebih tertarik ke medium / compact size aja. Lebih nggak ribet pakenya, for parking dan space di garasi. Bonyok juga sudah mulai berumur dan mereka prefer nyetir yg compact2.
gwsecretc
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: 09 Feb 2017, 13:54

Re: Saran: CR-V eHEV di 2024? (atau Ioniq 5?)

Post by gwsecretc »

BrianK3 wrote: 19 Aug 2024, 21:21 Thanks. Hmm… sepertinya skrg lebih tertarik ke medium / compact size aja. Lebih nggak ribet pakenya, for parking dan space di garasi. Bonyok juga sudah mulai berumur dan mereka prefer nyetir yg compact2.
Knp ga coba crv 1.5 turbo aja tapi model baru? Rasanya itu mobil lebih ga laku ketimbang versi hybridnya. Btw kalo ngomong compact, size crv mah udah ga compact lagi sejak gen RW.
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: 21 Feb 2014, 02:08

Re: Saran: CR-V eHEV di 2024? (atau Ioniq 5?)

Post by zonepublic »

Kalau buat penggunaan dalam kota ya ioniq kalo luar kota crv
Running cost ioniq cuma 1/5-1/4 dari crv asumsi anda pakai 8 tahun
Bedanya kalo luar kota pake crv lbh mudah krn cas2an ev belum banyak
Depresiasi kurang lebih sama aja lah kalo berkaca dr harga crv 2016 yg turun 56% dari harga barunya di tahun ini
BrianK3 wrote: 19 Aug 2024, 21:21 Thanks. Hmm… sepertinya skrg lebih tertarik ke medium / compact size aja. Lebih nggak ribet pakenya, for parking dan space di garasi. Bonyok juga sudah mulai berumur dan mereka prefer nyetir yg compact2.
Gran vitara ga masuk?rasanya cukup kompak lho
Citrun c3 juga nyaman sebenernya cuma sayang built qualitynya bukan kualitas eropa
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4732
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Saran: CR-V eHEV di 2024? (atau Ioniq 5?)

Post by b0ku »

BrianK3 wrote: 19 Aug 2024, 21:21 Thanks. Hmm… sepertinya skrg lebih tertarik ke medium / compact size aja. Lebih nggak ribet pakenya, for parking dan space di garasi. Bonyok juga sudah mulai berumur dan mereka prefer nyetir yg compact2.
ya masih ada CX5 CRV turbo cuma kalo sekarang saya lebih ke CX5 pake HKS :mky_07:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16116
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Saran: CR-V eHEV di 2024? (atau Ioniq 5?)

Post by ChZ »

Kalau mau compact ya jangan ioniq 5. Lebar itu barang ampun pakenya.

CRV aja....


Tapi yang 1.5 turbo :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
levofloxacine
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 239
Joined: 25 Jan 2017, 08:30
Location: Palembang
Daily Vehicle: FD1 2011 FC 2017 GN2 2022

Re: Saran: CR-V eHEV di 2024? (atau Ioniq 5?)

Post by levofloxacine »

ChZ wrote: 20 Aug 2024, 07:02 Kalau mau compact ya jangan ioniq 5. Lebar itu barang ampun pakenya.

CRV aja....


Tapi yang 1.5 turbo :upss:
second this, yg mikir ioniq 5 itu compact, coba liat langsung unitnya tuh, giant hatchback..., saya jg setuju om chris mending CRV biasa aja, bebas pikiran dari ganti batere, ga boros2 amat jg
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4732
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Saran: CR-V eHEV di 2024? (atau Ioniq 5?)

Post by b0ku »

levofloxacine wrote: 20 Aug 2024, 07:36 second this, yg mikir ioniq 5 itu compact, coba liat langsung unitnya tuh, giant hatchback..., saya jg setuju om chris mending CRV biasa aja, bebas pikiran dari ganti batere, ga boros2 amat jg
+1 liat di jalan yang gak tahan beratnya itu mobil beneran kagak lincah :big_bored:
Ibet
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 245
Joined: 23 Mar 2015, 07:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: Saran: CR-V eHEV di 2024? (atau Ioniq 5?)

Post by Ibet »

BrianK3 wrote: 19 Aug 2024, 21:21 Thanks. Hmm… sepertinya skrg lebih tertarik ke medium / compact size aja. Lebih nggak ribet pakenya, for parking dan space di garasi. Bonyok juga sudah mulai berumur dan mereka prefer nyetir yg compact2.
Forget EV om kalo gitu, ngecas nya ribet, mesti nyolok yg kadang suka error, scanning pake apps di hp, bayar nya pake link aja (means harus isi e-wallet). Udah gitu belakangan kalo mau ngecas di tempat umum pake rebutan sama orang segala yg mau parkir doang.

CR-V HEV better option kalo diskon gede, atau Civic Turbo lah, udah 600 kecil, lebih worth rasanya ..
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 652
Joined: 18 Sep 2019, 23:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Saran: CR-V eHEV di 2024? (atau Ioniq 5?)

Post by timbermaniac123 »

Compact itu biasa panjang juga sekitar 4.4 - 4.5m. Kalau buat saya mobil yang panjangnya 4.7m itu udah termasuk panjang susah manuver di parkiran.

Jadi kalau yang nyari compact itu yang ukurannya sejenis hrv, cx3, corcross dsb.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16116
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Saran: CR-V eHEV di 2024? (atau Ioniq 5?)

Post by ChZ »

levofloxacine wrote: 20 Aug 2024, 07:36
second this, yg mikir ioniq 5 itu compact, coba liat langsung unitnya tuh, giant hatchback..., saya jg setuju om chris mending CRV biasa aja, bebas pikiran dari ganti batere, ga boros2 amat jg
kalau sering luar kota malah CRV turbo lebih peace of mind. bbmnya nggak jauh iritnya tanpa beban biaya batre di belakang. :big_grin:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Jenson
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: 22 Aug 2014, 16:41

Re: Saran: CR-V eHEV di 2024? (atau Ioniq 5?)

Post by Jenson »

BrianK3 wrote: 19 Aug 2024, 21:21 Thanks. Hmm… sepertinya skrg lebih tertarik ke medium / compact size aja. Lebih nggak ribet pakenya, for parking dan space di garasi. Bonyok juga sudah mulai berumur dan mereka prefer nyetir yg compact2.
Kalo dari segi compact dan practicability, ambil HRV RS Turbo aj om. Itu keluar masuknya ga susah, tingginya pas. Buat parkir masih enak. Sisa budgetnya bisa buat cover biaya bbm untuk match hybrid maupun setrum, or bsa sekalian dipake keliling Eropa :mky_02:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2055
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Saran: CR-V eHEV di 2024? (atau Ioniq 5?)

Post by darrelund »

levofloxacine wrote: 20 Aug 2024, 07:36
second this, yg mikir ioniq 5 itu compact, coba liat langsung unitnya tuh, giant hatchback...,
ini mbah

dlu liat di poto kliatan kyk civic

aslina segede inofa

berat 2ton
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2055
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Saran: CR-V eHEV di 2024? (atau Ioniq 5?)

Post by darrelund »

klo liat deskripsi naik tig

naturalnya crv
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 484
Joined: 02 Jan 2016, 18:03

Re: Saran: CR-V eHEV di 2024? (atau Ioniq 5?)

Post by Bibieight »

ChZ wrote: 20 Aug 2024, 07:02 Kalau mau compact ya jangan ioniq 5. Lebar itu barang ampun pakenya.

CRV aja....


Tapi yang 1.5 turbo :upss:
Ndak cuma lebar, panjang juga, wheelbase 3M. 2.5 tahun pake, tiap Sabtu ke MOI, puteran depan itu cuma sekali bisa muter sekali jalan, 40% sekali mundur, sisanya harus 2 kali mundur :big_peace: :big_peace: :big_peace:

Tapi BTW, ini kalo udah keracunan Ioniq 5, mobil apapun berasa gak enak, saya ama bini rebutan ini mobil tiap hari, di rumah ada G20. Eh mendadak bulan lalu istri dikasih kantornya Pajero. Paling sedih kalo kebagian Pajero, gerobak dikasih roda harga hampir 600 juta, untung beli kagak pake duit ndiri :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: . Si G20 juga keluar sebulan sekali, lari2 kecil di tol biar ndak jadi batu olie-nya , sisanya ya full listrik.

Long term user, ndak omong EV-nya dulu :
Dalemnya longgar-nya ajaib, sampe hari ini ndak ada lawan, mau EV, mau ICE. Ini mobil paling enak kalo dipake nunggu di parkiran (maklum, ngurusin anak sekolah :big_blushing: :big_blushing: :big_blushing: ), kursi depan kiri kanan zero gravity, bisa tidur nyenyak. Kursi belakang lebar banget, ANKI aja berasa sempit, buat 3 dewasa enak, flat kan tengahnya, terus recliningnya juga lumayan, kalo yang depan dinaikin dikit bisa selonjor. Kwalitet interior tentu bukan plastik2 keras, handel-nya soft touch semua, pintu2nya lapis kain, joknya kulit2an vegan (jangan samain ama Pajero yak).

Handling, entah kenapa mobil jaman sekarang seneng pake setelan empuk, termasuk ini, ini setelan buat cruising, bukan buat selap selip, kalo belokan tajam siap2 understeer. Seperti oom ChZ bilang, kalo belum biasa jangan berani2 bawa mobil ini masuk jalan2 tikus di Jaksel, parkiran aja kalo ketemu mall zaman batu kayak MTA bakal agak belibet, tapi kalo udah biasa si dah hapal cara bawa-nya.

Nah sekarang ke EV-nya, kalo dah jadi long term user EV, akan kenalan dengan namanya : regen braking, linear acceleration sama one-pedal drive. 3 hal ini yang bikin driving experience-nya beda 100% ama ICE, butuh pake kontinyu > 3 bulan buat appreciate 3 hal itu, tapi sekali pake, udah susah balik ke ICE. Ioniq 5 kalo mau ribet bisa pake pedal di stir-nya buat atur regen, mulai dari los gak ada regen sama sekali, sampe one-pedal drive, kalo tactile-nya masih bagus kepake banget, zoom glide regen gampang banget, tapi saya kalo dalkot full one pedal drive.
Khusus di one-pedal drive, jadi berasa presisi banget bawa mobilnya, lepas gas cepet brenti cepet, lepas gas pelan kayak engine brake. Malah bisa dipake decelerate dikit terus akselerasi langsung kontan, soalnya kan tenaga langsung ada, ndak ada lagi cerita engine spooling, apalagi turbo spooling atau CVT bingung.

Untuk urusan charging, kalo rumah ndak masalah, 99% pemakai EV itu cas-nya dirumah. Home charging ini juga pengalaman baru, ilang udah cerita berangkat pagi2 terpaksa cari pom bensin dulu gara2 jarum sender (saya termasuk orang yang males cari pom bensin, memerdekakan banget ini). Ini kaya pake HP, kalo dah 40% tinggal colok, pas pagi2 dah 80%. Yang bener belibet memang jalan luar kota, butuh sedikit planning. Seluruh tol trans jawa udah ada DC charging min 50kW, ada 2 DC charger 200kW sama 1 DC charger 160kW. Cuma memang akhir2 ini kalo pas libur jadi antre soalnya pengguna-nya dah banyak. Kalo Ioniq 5 ke Surabaya, cukup cas sekali di 319, disana ada fast charging 200kW, kalo dari Jakarta lari 120 sampe sini masih sisa 15-20an persen lah (karena dari Cawang sd. Cikamput pasti macet :big_peace: :big_peace: :big_peace: ), cas ke 100% 30 menit-an, cukup buat antri toilet, sama antri kopi di Poins.

Nah sekarang masalah ownership-nya. Depresiasi 2 taunnya ndak parah2 banget, ilang bangsa 20-30an persen, macam BMW, Peugeot gitu lah,paling ndak, ndak separah Audi, tapi ini kayaknya gara2 banjir EV baru dari Tiongkok.
Ketidakpastian terbesar itu ada di batere, dia mati total di tahun keberapa, terus bakal mati total apa mati pelan2 juga belum tau kan, terus kalo mati apa bener2 ndak bisa dijual apa bisa tukar tambah juga masih gelap. Tapi ini kan horizon 10 - 15 tahun jadi susah jawabnya, mikirin sesuatu yg masih 10-15 taun lagi.
Kalo kecelakaan kena di batere ongkos repair mahal, pastiin insurance-nya cover batere-nya, terus expect premi-nya lebih mahal. Tapi sementara ini harus-nya ke-offset STNK, STNK 8 juta setahun mestinya lebih dari cukup buat cover insurance-nya.
Selain batere komponen2 listrik HV-nya pasti ada umur elektroniknya. Di I5 kayaknya ada di inverter, sama yg. spesifik Ioniq 5, Integrated Charge Controlling Unit (ICCU). Cuma I5 kan dijual di US, hukumnya jelas, jadi rasa2nya masalah onderdil rada aman untuk jangka panjang.
Terus EV itu nascent technology, jadi dalam 3-4 tahun bakal berasa kuno. Tapi paling enggak arsitektur Ioniq 5 agak future proof dikit. Dia pake arsitektur 800V, amper lebih kecil, ndak ada voltage sagging. Selain I5 cuma BYD Seal aja yg. pake 800V, sisanya masih 400V (termasuk BMW dan Merc.).
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4732
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Saran: CR-V eHEV di 2024? (atau Ioniq 5?)

Post by b0ku »

Bibieight wrote: 20 Aug 2024, 11:26
ChZ wrote: 20 Aug 2024, 07:02 Kalau mau compact ya jangan ioniq 5. Lebar itu barang ampun pakenya.

CRV aja....


Tapi yang 1.5 turbo :upss:
Ndak cuma lebar, panjang juga, wheelbase 3M. 2.5 tahun pake, tiap Sabtu ke MOI, puteran depan itu cuma sekali bisa muter sekali jalan, 40% sekali mundur, sisanya harus 2 kali mundur :big_peace: :big_peace: :big_peace:

Tapi BTW, ini kalo udah keracunan Ioniq 5, mobil apapun berasa gak enak, saya ama bini rebutan ini mobil tiap hari, di rumah ada G20. Eh mendadak bulan lalu istri dikasih kantornya Pajero. Paling sedih kalo kebagian Pajero, gerobak dikasih roda harga hampir 600 juta, untung beli kagak pake duit ndiri :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: . Si G20 juga keluar sebulan sekali, lari2 kecil di tol biar ndak jadi batu olie-nya , sisanya ya full listrik.

Long term user, ndak omong EV-nya dulu :
Dalemnya longgar-nya ajaib, sampe hari ini ndak ada lawan, mau EV, mau ICE. Ini mobil paling enak kalo dipake nunggu di parkiran (maklum, ngurusin anak sekolah :big_blushing: :big_blushing: :big_blushing: ), kursi depan kiri kanan zero gravity, bisa tidur nyenyak. Kursi belakang lebar banget, ANKI aja berasa sempit, buat 3 dewasa enak, flat kan tengahnya, terus recliningnya juga lumayan, kalo yang depan dinaikin dikit bisa selonjor. Kwalitet interior tentu bukan plastik2 keras, handel-nya soft touch semua, pintu2nya lapis kain, joknya kulit2an vegan (jangan samain ama Pajero yak).

Handling, entah kenapa mobil jaman sekarang seneng pake setelan empuk, termasuk ini, ini setelan buat cruising, bukan buat selap selip, kalo belokan tajam siap2 understeer. Seperti oom ChZ bilang, kalo belum biasa jangan berani2 bawa mobil ini masuk jalan2 tikus di Jaksel, parkiran aja kalo ketemu mall zaman batu kayak MTA bakal agak belibet, tapi kalo udah biasa si dah hapal cara bawa-nya.

Nah sekarang ke EV-nya, kalo dah jadi long term user EV, akan kenalan dengan namanya : regen braking, linear acceleration sama one-pedal drive. 3 hal ini yang bikin driving experience-nya beda 100% ama ICE, butuh pake kontinyu > 3 bulan buat appreciate 3 hal itu, tapi sekali pake, udah susah balik ke ICE. Ioniq 5 kalo mau ribet bisa pake pedal di stir-nya buat atur regen, mulai dari los gak ada regen sama sekali, sampe one-pedal drive, kalo tactile-nya masih bagus kepake banget, zoom glide regen gampang banget, tapi saya kalo dalkot full one pedal drive.
Khusus di one-pedal drive, jadi berasa presisi banget bawa mobilnya, lepas gas cepet brenti cepet, lepas gas pelan kayak engine brake. Malah bisa dipake decelerate dikit terus akselerasi langsung kontan, soalnya kan tenaga langsung ada, ndak ada lagi cerita engine spooling, apalagi turbo spooling atau CVT bingung.

Untuk urusan charging, kalo rumah ndak masalah, 99% pemakai EV itu cas-nya dirumah. Home charging ini juga pengalaman baru, ilang udah cerita berangkat pagi2 terpaksa cari pom bensin dulu gara2 jarum sender (saya termasuk orang yang males cari pom bensin, memerdekakan banget ini). Ini kaya pake HP, kalo dah 40% tinggal colok, pas pagi2 dah 80%. Yang bener belibet memang jalan luar kota, butuh sedikit planning. Seluruh tol trans jawa udah ada DC charging min 50kW, ada 2 DC charger 200kW sama 1 DC charger 160kW. Cuma memang akhir2 ini kalo pas libur jadi antre soalnya pengguna-nya dah banyak. Kalo Ioniq 5 ke Surabaya, cukup cas sekali di 319, disana ada fast charging 200kW, kalo dari Jakarta lari 120 sampe sini masih sisa 15-20an persen lah (karena dari Cawang sd. Cikamput pasti macet :big_peace: :big_peace: :big_peace: ), cas ke 100% 30 menit-an, cukup buat antri toilet, sama antri kopi di Poins.

Nah sekarang masalah ownership-nya. Depresiasi 2 taunnya ndak parah2 banget, ilang bangsa 20-30an persen, macam BMW, Peugeot gitu lah,paling ndak, ndak separah Audi, tapi ini kayaknya gara2 banjir EV baru dari Tiongkok.
Ketidakpastian terbesar itu ada di batere, dia mati total di tahun keberapa, terus bakal mati total apa mati pelan2 juga belum tau kan, terus kalo mati apa bener2 ndak bisa dijual apa bisa tukar tambah juga masih gelap. Tapi ini kan horizon 10 - 15 tahun jadi susah jawabnya, mikirin sesuatu yg masih 10-15 taun lagi.
Kalo kecelakaan kena di batere ongkos repair mahal, pastiin insurance-nya cover batere-nya, terus expect premi-nya lebih mahal. Tapi sementara ini harus-nya ke-offset STNK, STNK 8 juta setahun mestinya lebih dari cukup buat cover insurance-nya.
Selain batere komponen2 listrik HV-nya pasti ada umur elektroniknya. Di I5 kayaknya ada di inverter, sama yg. spesifik Ioniq 5, Integrated Charge Controlling Unit (ICCU). Cuma I5 kan dijual di US, hukumnya jelas, jadi rasa2nya masalah onderdil rada aman untuk jangka panjang.
Terus EV itu nascent technology, jadi dalam 3-4 tahun bakal berasa kuno. Tapi paling enggak arsitektur Ioniq 5 agak future proof dikit. Dia pake arsitektur 800V, amper lebih kecil, ndak ada voltage sagging. Selain I5 cuma BYD Seal aja yg. pake 800V, sisanya masih 400V (termasuk BMW dan Merc.).
GAK mendingan kona aja om kok keknya malah lebih worthit di tambah modelnya kek SUV biasa lupa saya ada barang ini :glodak:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16116
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Saran: CR-V eHEV di 2024? (atau Ioniq 5?)

Post by ChZ »

Bibieight wrote: 20 Aug 2024, 11:26
Nah sekarang ke EV-nya, kalo dah jadi long term user EV, akan kenalan dengan namanya : regen braking, linear acceleration sama one-pedal drive. 3 hal ini yang bikin driving experience-nya beda 100% ama ICE, butuh pake kontinyu > 3 bulan buat appreciate 3 hal itu, tapi sekali pake, udah susah balik ke ICE. Ioniq 5 kalo mau ribet bisa pake pedal di stir-nya buat atur regen, mulai dari los gak ada regen sama sekali, sampe one-pedal drive, kalo tactile-nya masih bagus kepake banget, zoom glide regen gampang banget, tapi saya kalo dalkot full one pedal drive.
Khusus di one-pedal drive, jadi berasa presisi banget bawa mobilnya, lepas gas cepet brenti cepet, lepas gas pelan kayak engine brake. Malah bisa dipake decelerate dikit terus akselerasi langsung kontan, soalnya kan tenaga langsung ada, ndak ada lagi cerita engine spooling, apalagi turbo spooling atau CVT bingung.
saya sih bolak balik bawa kicks tetep ga bisa terbiasa sama one pedal driving. kebiasaan bawa mobil gliding kaki standby kalo butuh akselerasi injekan nambah, bukan mobil saya tapi udah mulai terbiasa bawanya juga. tetep itu satu faktor yang bikin nggak terbiasa. jadi regen brakingnya langsung auto matiin tiap masuk mobil. bener-bener kayak nyetir mobil biasa.

nyalip pun rasanya aneh... no mechanical feedback kalo pedal ditambah gas... mobil ngga ada suara... nggak berasa mekanis... tapi ah sudahlah emang mungkin EV life bukan buat ane.

jangan bilang kicks bukan EV ya kan digerakkin listrik murni nggak ada unsur ICE yang berperan, cuma genset :big_peace:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
inobody
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 77
Joined: 18 May 2016, 10:48

Re: Saran: CR-V eHEV di 2024? (atau Ioniq 5?)

Post by inobody »

I5 dong..
Benchmarks dari Civic FC dan SF TM 2.2.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4728
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Saran: CR-V eHEV di 2024? (atau Ioniq 5?)

Post by Pboyz97 »

BrianK3 wrote: 19 Aug 2024, 16:07 Guys, boleh minta saran donk. Mobil ini kan kurang laku nih jadi kalo kita play patience sepertinya bisa dapet di diskon yang cukup fantastis (bisa pertengahan 700 kayanya). :big_grin:

Apakah worth it di harga segitu atau better ke Ioniq 5?
kalo opsinya diantara 2 itu entah knp saya lebih pilih crv hybrid
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
Ioxis
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 04 Jul 2024, 06:26
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Avanza

Re: Saran: CR-V eHEV di 2024? (atau Ioniq 5?)

Post by Ioxis »

Daripada ioniq 5 mending kona gen 2 aja om, dari baterainya lebih besar ketimbang ioniq 5
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4732
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Saran: CR-V eHEV di 2024? (atau Ioniq 5?)

Post by b0ku »




:big_exellent: :big_exellent: :big_exellent: :big_exellent:

MANTEEEEPP.............







NGABISIN BATRENYA......... :ngacir:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2055
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Saran: CR-V eHEV di 2024? (atau Ioniq 5?)

Post by darrelund »

b0ku wrote: 27 Aug 2024, 16:21


:big_exellent: :big_exellent: :big_exellent: :big_exellent:

MANTEEEEPP.............







NGABISIN BATRENYA......... :ngacir:
tapi ini buat ukuran EV hebat lho

thermal managementnya bagus

ga kyk tesla :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4732
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Saran: CR-V eHEV di 2024? (atau Ioniq 5?)

Post by b0ku »

darrelund wrote: 27 Aug 2024, 16:53 tapi ini buat ukuran EV hebat lho

thermal managementnya bagus

ga kyk tesla :big_biglaugh:
emang keknya saya lebih ke hyundai kalo EV gak tau kenapa keliatan ud mateng biarpun byd keliatan lebih menarik tapi kalo buat punya sih keknya hyundei aja deh :mky_03:





tapi oe si gak bakalan beli...... :ngacir:
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post