Tanya Aki

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

kurniakerten
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 388
Joined: 29 Dec 2013, 08:27

Tanya Aki

Post by kurniakerten »

Halo Mbah2 semua

Berawal dari kagetnya harga Aki GS D26, mohon saran Mbah2 alternatif dari aki tersebut?
20230520_083113.jpg
Ada pilihan Amaron dan Panasonic setelah gw cari2 harganya lebih bersahabat... Wkwkwk.
Pertanyaannya adalah bagaimana kualitas aki Amaron? Apakah lebih awet atau bagaimana pengalaman Mbah2 memakai aki amaron?
Makasih banyak infonya.
E300 W212
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 541
Joined: 19 Dec 2016, 15:39

Re: Tanya Aki

Post by ariswp »

Mobilnya mensyaratkan aki ISS ga om? Kayak mazda skyactiv misalnya? Klo iya ya cari amaron yg sudah ISS juga
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1059
Joined: 06 Dec 2016, 03:50
Location: Makassar

Re: Tanya Aki

Post by qushay20019 »

kurniakerten wrote: 20 May 2023, 08:37 Halo Mbah2 semua

Berawal dari kagetnya harga Aki GS D26, mohon saran Mbah2 alternatif dari aki tersebut?
20230520_083113.jpg
Ada pilihan Amaron dan Panasonic setelah gw cari2 harganya lebih bersahabat... Wkwkwk.
Pertanyaannya adalah bagaimana kualitas aki Amaron? Apakah lebih awet atau bagaimana pengalaman Mbah2 memakai aki amaron?
Makasih banyak infonya.
Amar** awet kok. Ane pernah pake di fiesta manual bisa thn 4 taun. Skrg lg pake d hrv lama udah 30 bulan masih aman padahal mobil gak tiap hari jalan. Moga2 bisa tahan smp 4 taun jg
kurniakerten
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 388
Joined: 29 Dec 2013, 08:27

Re: Tanya Aki

Post by kurniakerten »

Ok makasih banyak Mbah2 semua.
Iya betul harus ISS, udah nanya juga yg bisa ISS
E300 W212
papico
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 166
Joined: 05 Mar 2013, 10:25
Location: Pati - Jateng

Re: Tanya Aki

Post by papico »

Amaron ok kok, koit di 2,5 tahun yg iss (sy pake di alphard) barusan kemarin ganti kena 2juta tukar tambah aki lama. Untuk santa fe diesel sy pake amaron juga ini hampir 3thn, tp rencana mau ganti dalam tempo dekat takutnya tiba tiba koit.
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12276
Joined: 23 Jan 2013, 17:18
Location: Indonesia

Re: Tanya Aki

Post by ricz »

Amaron, dulu pernah pake di Jazz GK5... pake dari 2017-2020 aman2 aja, cek tegangan di beres (pas mobil mau dijual di 2020) juga masih bagus... Sebelumnya pake aki GS, tiap taun pasti koit atau mulai lemah tegangannya... :big_slap:

Kalo Panasonic blm pernah nyoba om :mky_01:
2021 Fortuner VRZ
User avatar
B 0 YZ
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 314
Joined: 17 Aug 2007, 16:03

Re: Tanya Aki

Post by B 0 YZ »

Amaron kemarin itu pasang di fortuner 2gd jalan tiap weekend aja weekday mbl kantor , dari 2020 sampai bln kemarin dijual masih greng
User avatar
Mashiro
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: 21 May 2023, 22:46
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Toyota Camry

Re: Tanya Aki

Post by Mashiro »

Amaron aja om, bener2 recommended.
biasanya CCA Amaron lebih tinggi dari aki2 yg setara.
tulalit
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 195
Joined: 26 Feb 2014, 11:32

Re: Tanya Aki

Post by tulalit »

amaron hi life pro is gooodddd
kurniakerten
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 388
Joined: 29 Dec 2013, 08:27

Re: Tanya Aki

Post by kurniakerten »

Alhamdulillah akhirnya ganti ke Amaron juga, biaya 1,8jt udah termasuk pasang
E300 W212
suketcell
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 217
Joined: 02 Jun 2019, 21:31
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Honda

Re: Tanya Aki

Post by suketcell »

kurniakerten wrote: 24 May 2023, 13:12 Alhamdulillah akhirnya ganti ke Amaron juga, biaya 1,8jt udah termasuk pasang
yg tipe apa om?
sewmoga awet dah...
Alk79
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: 22 Jan 2016, 16:42

Re: Tanya Aki

Post by Alk79 »

Para suhu SM, mohon advicenya. Kalau mobil (2KD dan 2GD) akan ditinggal 2 mingguan tanpa ada yang bisa dititipin utk panasin , apakah akan muncul masalah? Sebaiknya apa yang dilakukan sebelum ditinggal 2 mingguan? Terima kasih
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 863
Joined: 02 Jul 2020, 10:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Tanya Aki

Post by well »

Alk79 wrote: 07 Jun 2023, 11:02 Para suhu SM, mohon advicenya. Kalau mobil (2KD dan 2GD) akan ditinggal 2 mingguan tanpa ada yang bisa dititipin utk panasin , apakah akan muncul masalah? Sebaiknya apa yang dilakukan sebelum ditinggal 2 mingguan? Terima kasih
selama tidak ada tikus dan akinya masih kondisi baik tidak akan ada masalah.
User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: 02 Feb 2016, 10:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: Tanya Aki

Post by vulvy8858 »

Alk79 wrote: 07 Jun 2023, 11:02 Para suhu SM, mohon advicenya. Kalau mobil (2KD dan 2GD) akan ditinggal 2 mingguan tanpa ada yang bisa dititipin utk panasin , apakah akan muncul masalah? Sebaiknya apa yang dilakukan sebelum ditinggal 2 mingguan? Terima kasih
kemarin 2GD dan zenix tak simpen 15 hari, pas mao dinyalain tinggal starter seperti biasa dan 2-2nya nyala normal sekali wkakwkakwa
Daily Warrior:
MAGH10 / Black / Hybrid / CVT-e / 2023
GUN140 / Black / Diesel / 6AT / 2016

two-wheeler:
KR150P-SE / White / 2012
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
bangrosi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: 20 Nov 2013, 12:53

Re: Tanya Aki

Post by bangrosi »

Pakai Amaron aja udh terbukti 2019-2023 sampai skr msh joss di 2KD, spek CCA gk sesuai yg tertulis di label bisa lebih tinggi lagi pas di cek.
chain90s
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 65
Joined: 27 May 2023, 21:20
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Ford Fiesta Mark VII

Re: Tanya Aki

Post by chain90s »

Selamat malam om2,

Punten mau tanya,
Accu boil ane amaron pro 45Ah umurnya dah 2 tahun 1 bulan. Tadi pagi starter boil perlu waktu sekitar 3 detik smpe hidup.
Boil dipake 2 minggu sekali, tapi rajin dipanasin 3 hari sekali.

Ane cek voltase di MID boil dlm keadaan:
1. Mesin mati : 10,9 Volt
2. Mesin hidup (idle) : 12,8 - 13,2 volt
3. Pas jalan di toll (AC on, Audio On) : 12.2 Volt

Dengan keadaan seperti ini apakah accu ane sudah layak ganti?

Mohon pencerahannya suhu, karena bulan depan ada rencana dipake jauh, hatur nuhun
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 585
Joined: 25 Aug 2014, 21:12

Re: Tanya Aki

Post by Greenhunter »

chain90s wrote: 15 Aug 2023, 21:54 Selamat malam om2,

Punten mau tanya,
Accu boil ane amaron pro 45Ah umurnya dah 2 tahun 1 bulan. Tadi pagi starter boil perlu waktu sekitar 3 detik smpe hidup.
Boil dipake 2 minggu sekali, tapi rajin dipanasin 3 hari sekali.

Ane cek voltase di MID boil dlm keadaan:
1. Mesin mati : 10,9 Volt
2. Mesin hidup (idle) : 12,8 - 13,2 volt
3. Pas jalan di toll (AC on, Audio On) : 12.2 Volt

Dengan keadaan seperti ini apakah accu ane sudah layak ganti?

Mohon pencerahannya suhu, karena bulan depan ada rencana dipake jauh, hatur nuhun
Setelah mobil dipakai jalan lebih dari 1 jam dan diparkir dirumah :
1. Cek voltase sesaat setelah mesin mati, harusnya 12 volt lebih.
2. Besok paginya cek voltase dalam keadaan mesin mati belum di starter, kalau voltase turun dibawah 12 volt sudah waktunya ganti karena dia sdh tidak bisa menyimpan arus.
Saya pakai GS MF, pasang kabel ground tambahan, kalau sdh 30 bulan biasanya pakai patokan begini untuk memutuskan ganti aki krn aki kering kayak serangan jantung, tewasnya mendadak.
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Tanya Aki

Post by MSU »

chain90s wrote: 15 Aug 2023, 21:54 Selamat malam om2,

Punten mau tanya,
Accu boil ane amaron pro 45Ah umurnya dah 2 tahun 1 bulan. Tadi pagi starter boil perlu waktu sekitar 3 detik smpe hidup.
Boil dipake 2 minggu sekali, tapi rajin dipanasin 3 hari sekali.

Ane cek voltase di MID boil dlm keadaan:
1. Mesin mati : 10,9 Volt
2. Mesin hidup (idle) : 12,8 - 13,2 volt
3. Pas jalan di toll (AC on, Audio On) : 12.2 Volt

Dengan keadaan seperti ini apakah accu ane sudah layak ganti?

Mohon pencerahannya suhu, karena bulan depan ada rencana dipake jauh, hatur nuhun
pas ac on & audio on...apa ga kerendahan ya cuma 12.2V
di shop & drive kayaknya bilang minimal 12.7V-an
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1226
Joined: 20 Mar 2022, 08:17

Re: Tanya Aki

Post by t105erd »

Alk79 wrote: 07 Jun 2023, 11:02 Para suhu SM, mohon advicenya. Kalau mobil (2KD dan 2GD) akan ditinggal 2 mingguan tanpa ada yang bisa dititipin utk panasin , apakah akan muncul masalah? Sebaiknya apa yang dilakukan sebelum ditinggal 2 mingguan? Terima kasih
Bener tuh yg penting tempat bebas tikus, solar kalo bisa full...
Ga dipanasin gapapa selama ga ada parasitic drain. Kecuali mobil2 eropa kadang ga dipakai lama baterai bisa kurang kapasitasnya karena parasitic drain dari sensor2nya.
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1226
Joined: 20 Mar 2022, 08:17

Re: Tanya Aki

Post by t105erd »

chain90s wrote: 15 Aug 2023, 21:54 Selamat malam om2,

Punten mau tanya,
Accu boil ane amaron pro 45Ah umurnya dah 2 tahun 1 bulan. Tadi pagi starter boil perlu waktu sekitar 3 detik smpe hidup.
Boil dipake 2 minggu sekali, tapi rajin dipanasin 3 hari sekali.

Ane cek voltase di MID boil dlm keadaan:
1. Mesin mati : 10,9 Volt
2. Mesin hidup (idle) : 12,8 - 13,2 volt
3. Pas jalan di toll (AC on, Audio On) : 12.2 Volt

Dengan keadaan seperti ini apakah accu ane sudah layak ganti?

Mohon pencerahannya suhu, karena bulan depan ada rencana dipake jauh, hatur nuhun
Belum tentu baterainya sih, kemarin saya sempet ganti baterai juga gara2 baterai mati mendadak di kampung, eh ternyata pengisian dari alternator nya juga kurang jadinya benerin alternator juga. Kalo nggak baterai baru bakalan cepet drop juga.
chain90s
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 65
Joined: 27 May 2023, 21:20
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Ford Fiesta Mark VII

Re: Tanya Aki

Post by chain90s »

Greenhunter wrote: 16 Aug 2023, 06:31
chain90s wrote: 15 Aug 2023, 21:54 Selamat malam om2,

Punten mau tanya,
Accu boil ane amaron pro 45Ah umurnya dah 2 tahun 1 bulan. Tadi pagi starter boil perlu waktu sekitar 3 detik smpe hidup.
Boil dipake 2 minggu sekali, tapi rajin dipanasin 3 hari sekali.

Ane cek voltase di MID boil dlm keadaan:
1. Mesin mati : 10,9 Volt
2. Mesin hidup (idle) : 12,8 - 13,2 volt
3. Pas jalan di toll (AC on, Audio On) : 12.2 Volt

Dengan keadaan seperti ini apakah accu ane sudah layak ganti?

Mohon pencerahannya suhu, karena bulan depan ada rencana dipake jauh, hatur nuhun
Setelah mobil dipakai jalan lebih dari 1 jam dan diparkir dirumah :
1. Cek voltase sesaat setelah mesin mati, harusnya 12 volt lebih.
2. Besok paginya cek voltase dalam keadaan mesin mati belum di starter, kalau voltase turun dibawah 12 volt sudah waktunya ganti karena dia sdh tidak bisa menyimpan arus.
Saya pakai GS MF, pasang kabel ground tambahan, kalau sdh 30 bulan biasanya pakai patokan begini untuk memutuskan ganti aki krn aki kering kayak serangan jantung, tewasnya mendadak.
Nice info om perlu dicoba ni metode.
Btw point no 2 yg ane bold, tiap pagi mau starter ane selalu cek volt di MID, selama 6 bulan ini sekitar 10,8 - 10,9 volt om. Berarti dari sini saja sudah terlihat gejala kudu ganti ya om? :big_childish:
k1493nk
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 337
Joined: 14 Oct 2015, 05:18

Re: Tanya Aki

Post by k1493nk »

chain90s wrote:
Greenhunter wrote: 16 Aug 2023, 06:31
chain90s wrote: 15 Aug 2023, 21:54 Selamat malam om2,

Punten mau tanya,
Accu boil ane amaron pro 45Ah umurnya dah 2 tahun 1 bulan. Tadi pagi starter boil perlu waktu sekitar 3 detik smpe hidup.
Boil dipake 2 minggu sekali, tapi rajin dipanasin 3 hari sekali.

Ane cek voltase di MID boil dlm keadaan:
1. Mesin mati : 10,9 Volt
2. Mesin hidup (idle) : 12,8 - 13,2 volt
3. Pas jalan di toll (AC on, Audio On) : 12.2 Volt

Dengan keadaan seperti ini apakah accu ane sudah layak ganti?

Mohon pencerahannya suhu, karena bulan depan ada rencana dipake jauh, hatur nuhun
Setelah mobil dipakai jalan lebih dari 1 jam dan diparkir dirumah :
1. Cek voltase sesaat setelah mesin mati, harusnya 12 volt lebih.
2. Besok paginya cek voltase dalam keadaan mesin mati belum di starter, kalau voltase turun dibawah 12 volt sudah waktunya ganti karena dia sdh tidak bisa menyimpan arus.
Saya pakai GS MF, pasang kabel ground tambahan, kalau sdh 30 bulan biasanya pakai patokan begini untuk memutuskan ganti aki krn aki kering kayak serangan jantung, tewasnya mendadak.
Nice info om perlu dicoba ni metode.
Btw point no 2 yg ane bold, tiap pagi mau starter ane selalu cek volt di MID, selama 6 bulan ini sekitar 10,8 - 10,9 volt om. Berarti dari sini saja sudah terlihat gejala kudu ganti ya om? :big_childish:
Coba cek di kutub akinya.
chain90s
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 65
Joined: 27 May 2023, 21:20
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Ford Fiesta Mark VII

Re: Tanya Aki

Post by chain90s »

MSU wrote: 16 Aug 2023, 06:44
chain90s wrote: 15 Aug 2023, 21:54 Selamat malam om2,

Punten mau tanya,
Accu boil ane amaron pro 45Ah umurnya dah 2 tahun 1 bulan. Tadi pagi starter boil perlu waktu sekitar 3 detik smpe hidup.
Boil dipake 2 minggu sekali, tapi rajin dipanasin 3 hari sekali.

Ane cek voltase di MID boil dlm keadaan:
1. Mesin mati : 10,9 Volt
2. Mesin hidup (idle) : 12,8 - 13,2 volt
3. Pas jalan di toll (AC on, Audio On) : 12.2 Volt

Dengan keadaan seperti ini apakah accu ane sudah layak ganti?

Mohon pencerahannya suhu, karena bulan depan ada rencana dipake jauh, hatur nuhun
pas ac on & audio on...apa ga kerendahan ya cuma 12.2V
di shop & drive kayaknya bilang minimal 12.7V-an
Nah ntu dia om, ane lagi mau tau apakah accu ane udh se-sekarat itu, baru banget tadi pagi starter cuma 1 detik masih grenggg, cuma kan namanya juga accu kering hehe
chain90s
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 65
Joined: 27 May 2023, 21:20
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Ford Fiesta Mark VII

Re: Tanya Aki

Post by chain90s »

t105erd wrote: 16 Aug 2023, 10:35
chain90s wrote: 15 Aug 2023, 21:54 Selamat malam om2,

Punten mau tanya,
Accu boil ane amaron pro 45Ah umurnya dah 2 tahun 1 bulan. Tadi pagi starter boil perlu waktu sekitar 3 detik smpe hidup.
Boil dipake 2 minggu sekali, tapi rajin dipanasin 3 hari sekali.

Ane cek voltase di MID boil dlm keadaan:
1. Mesin mati : 10,9 Volt
2. Mesin hidup (idle) : 12,8 - 13,2 volt
3. Pas jalan di toll (AC on, Audio On) : 12.2 Volt

Dengan keadaan seperti ini apakah accu ane sudah layak ganti?

Mohon pencerahannya suhu, karena bulan depan ada rencana dipake jauh, hatur nuhun
Belum tentu baterainya sih, kemarin saya sempet ganti baterai juga gara2 baterai mati mendadak di kampung, eh ternyata pengisian dari alternator nya juga kurang jadinya benerin alternator juga. Kalo nggak baterai baru bakalan cepet drop juga.
Enaknya dibawa ke toko aki dulu utk di cek kesehatan alternator sama accu nya ya om?
chain90s
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 65
Joined: 27 May 2023, 21:20
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Ford Fiesta Mark VII

Re: Tanya Aki

Post by chain90s »

k1493nk wrote: 16 Aug 2023, 14:00
chain90s wrote:
Greenhunter wrote: 16 Aug 2023, 06:31

Setelah mobil dipakai jalan lebih dari 1 jam dan diparkir dirumah :
1. Cek voltase sesaat setelah mesin mati, harusnya 12 volt lebih.
2. Besok paginya cek voltase dalam keadaan mesin mati belum di starter, kalau voltase turun dibawah 12 volt sudah waktunya ganti karena dia sdh tidak bisa menyimpan arus.
Saya pakai GS MF, pasang kabel ground tambahan, kalau sdh 30 bulan biasanya pakai patokan begini untuk memutuskan ganti aki krn aki kering kayak serangan jantung, tewasnya mendadak.
Nice info om perlu dicoba ni metode.
Btw point no 2 yg ane bold, tiap pagi mau starter ane selalu cek volt di MID, selama 6 bulan ini sekitar 10,8 - 10,9 volt om. Berarti dari sini saja sudah terlihat gejala kudu ganti ya om? :big_childish:
Coba cek di kutub akinya.
Oke om ane coba cek kutub accu nya, kalau indikator sih masih hijau
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post