MAZDA CX-3 1500 CC!
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 763
- Joined: Sun Apr 26, 2009 16:30
Re: MAZDA CX-3 1500 CC!
beberapa hari lalu nyoba tes jalan cx3 1.5 ini di mazda bintaro.. penasaran banget.
kebetulan ini pengalaman pertama kali tes jalan mazda generasi skyactive. pembandingnya adalah vw polo tsi yg biasa gw pake sehari2.
poin2 yg diinget:
- setirnya lebih ringan dari polo ketika mobil gak bergerak/jalan pelan. dalam artian mobil ini lebih mudah manuver, terutama parkir.
- radius putar oke
- akselerasinya gak sekuat polo. mungkin memang perlu penyesuaian ya bawa mazda ini. ketika jalan santai, mau nyalip, pasti reflek kita injek gas sedikit lebih dalam. nah mobil ini ada jeda downshift lalu mesin lumayan meraung2 rasanya kayak ngeden. kalo pake sport mode, akselerasinya mendingan, terasa ngisi terus tenaganya. di mode normal, tenaganya baru mulai kerasa di 2000 rpm. kalo di polo, dari 1500 rpm sudah kerasa tenaganya.
- suspensinya saya gak bisa bedain keras nggaknya karena bawa mobil santai aja. tapi yang kerasa adalah kontur jalan yang keriting. mungkin pengaruh ukuran velg yg besar juga ya. kalo di polo gak kerasa getaran2 kecil dari kontur jalan yang keriting.
- suara mobil/motor di luar sih gak kedengeran ya, artinya cukup kedap. tapi, yang berisik justru dari mobil ini sendiri. pertama, suara raungan mesin mulai dari rpm 2000, lalu yang bener2 bisa dinotice dan cukup mengganggu menurut gw adalah suara dari arah kolong roda. apa memang karakternya toyo proxes yang berisik?
- kapasitas bagasi pas2an.. 350 liter. secara teori sama besarnya dengan polo.
- poin lebihnya dari polo, lebih banyak fitur (gimmick) dan row 2 nya sedikit lebih lega.
sekian kesan singkat tes jalan cx3 1.5..
kebetulan ini pengalaman pertama kali tes jalan mazda generasi skyactive. pembandingnya adalah vw polo tsi yg biasa gw pake sehari2.
poin2 yg diinget:
- setirnya lebih ringan dari polo ketika mobil gak bergerak/jalan pelan. dalam artian mobil ini lebih mudah manuver, terutama parkir.
- radius putar oke
- akselerasinya gak sekuat polo. mungkin memang perlu penyesuaian ya bawa mazda ini. ketika jalan santai, mau nyalip, pasti reflek kita injek gas sedikit lebih dalam. nah mobil ini ada jeda downshift lalu mesin lumayan meraung2 rasanya kayak ngeden. kalo pake sport mode, akselerasinya mendingan, terasa ngisi terus tenaganya. di mode normal, tenaganya baru mulai kerasa di 2000 rpm. kalo di polo, dari 1500 rpm sudah kerasa tenaganya.
- suspensinya saya gak bisa bedain keras nggaknya karena bawa mobil santai aja. tapi yang kerasa adalah kontur jalan yang keriting. mungkin pengaruh ukuran velg yg besar juga ya. kalo di polo gak kerasa getaran2 kecil dari kontur jalan yang keriting.
- suara mobil/motor di luar sih gak kedengeran ya, artinya cukup kedap. tapi, yang berisik justru dari mobil ini sendiri. pertama, suara raungan mesin mulai dari rpm 2000, lalu yang bener2 bisa dinotice dan cukup mengganggu menurut gw adalah suara dari arah kolong roda. apa memang karakternya toyo proxes yang berisik?
- kapasitas bagasi pas2an.. 350 liter. secara teori sama besarnya dengan polo.
- poin lebihnya dari polo, lebih banyak fitur (gimmick) dan row 2 nya sedikit lebih lega.
sekian kesan singkat tes jalan cx3 1.5..
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 211
- Joined: Wed Jan 25, 2017 16:43
Re: MAZDA CX-3 1500 CC!
Mungkin ecu nya lagi learning. Memang nginjek pedal gasnya harus diresapi dengan sepenuh hati dan jiwa biar halus bawa mobilnya. Dibejek dikit lsg downshift.hackers11 wrote: ↑Thu Apr 15, 2021 7:12 Numpang komen adek kemaren ngambil mazda 2. Asunsi mesin sama apa ngerasain om transmisinya gas agak dalem dikit langsung downshift.
Emang gt ya?
Susah bawa halus mobilnya, agresif terus wkwkwk. Dan itu belum sports mode.
Rem setuju, enak bgt dan linear. Coba drpd downshift langsung lebih baik stay di gear dan naik rpmnya pelan2, mungkin lebih smooth.
Cuma kalau udah ketemu selanya enak banget bawa mobil ini.
Pemakai mazda 2 2016.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: MAZDA CX-3 1500 CC!
kebetulan punya polo, dikasih komparasinya jd lebihmudah membayangkannya, nice review um
mengenai berisik kolong roda , memang mazda banyak yg lemah di situ
dulu di cx5 gen1, terakhir saya punya mazda6 juga sama
obatnya pasang peradam dr spakbor sampe seluruh lantai.
mengenai berisik kolong roda , memang mazda banyak yg lemah di situ
dulu di cx5 gen1, terakhir saya punya mazda6 juga sama
obatnya pasang peradam dr spakbor sampe seluruh lantai.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 696
- Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53
Re: MAZDA CX-3 1500 CC!
Hehe, bisa jadi sih. Masi 600an km memang.Mz175 wrote:Mungkin ecu nya lagi learning. Memang nginjek pedal gasnya harus diresapi dengan sepenuh hati dan jiwa biar halus bawa mobilnya. Dibejek dikit lsg downshift.hackers11 wrote: ↑Thu Apr 15, 2021 7:12 Numpang komen adek kemaren ngambil mazda 2. Asunsi mesin sama apa ngerasain om transmisinya gas agak dalem dikit langsung downshift.
Emang gt ya?
Susah bawa halus mobilnya, agresif terus wkwkwk. Dan itu belum sports mode.
Rem setuju, enak bgt dan linear. Coba drpd downshift langsung lebih baik stay di gear dan naik rpmnya pelan2, mungkin lebih smooth.
Cuma kalau udah ketemu selanya enak banget bawa mobil ini.
Pemakai mazda 2 2016.
Cuma ya daily pk dct saat turun gigi smooth. Kalo skyactiv mazda ga terlalu smooth bikin mesin teriak gas ditoel dikit karena shift down
Pembiasaan sih kali ya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: MAZDA CX-3 1500 CC!
kebetulan punya polo, dikasih komparasinya jd lebihmudah membayangkannya, nice review umomenRoo wrote: ↑Sat Apr 17, 2021 4:58 beberapa hari lalu nyoba tes jalan cx3 1.5 ini di mazda bintaro.. penasaran banget.
kebetulan ini pengalaman pertama kali tes jalan mazda generasi skyactive. pembandingnya adalah vw polo tsi yg biasa gw pake sehari2.
poin2 yg diinget:
- setirnya lebih ringan dari polo ketika mobil gak bergerak/jalan pelan. dalam artian mobil ini lebih mudah manuver, terutama parkir.
- radius putar oke
- akselerasinya gak sekuat polo. mungkin memang perlu penyesuaian ya bawa mazda ini. ketika jalan santai, mau nyalip, pasti reflek kita injek gas sedikit lebih dalam. nah mobil ini ada jeda downshift lalu mesin lumayan meraung2 rasanya kayak ngeden. kalo pake sport mode, akselerasinya mendingan, terasa ngisi terus tenaganya. di mode normal, tenaganya baru mulai kerasa di 2000 rpm. kalo di polo, dari 1500 rpm sudah kerasa tenaganya.
- suspensinya saya gak bisa bedain keras nggaknya karena bawa mobil santai aja. tapi yang kerasa adalah kontur jalan yang keriting. mungkin pengaruh ukuran velg yg besar juga ya. kalo di polo gak kerasa getaran2 kecil dari kontur jalan yang keriting.
- suara mobil/motor di luar sih gak kedengeran ya, artinya cukup kedap. tapi, yang berisik justru dari mobil ini sendiri. pertama, suara raungan mesin mulai dari rpm 2000, lalu yang bener2 bisa dinotice dan cukup mengganggu menurut gw adalah suara dari arah kolong roda. apa memang karakternya toyo proxes yang berisik?
- kapasitas bagasi pas2an.. 350 liter. secara teori sama besarnya dengan polo.
- poin lebihnya dari polo, lebih banyak fitur (gimmick) dan row 2 nya sedikit lebih lega.
sekian kesan singkat tes jalan cx3 1.5..
mengenai berisik kolong roda , memang mazda banyak yg lemah di situ
dulu di cx5 gen1, terakhir saya punya mazda6 juga sama
obatnya pasang peradam dr spakbor sampe seluruh lantai.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 763
- Joined: Sun Apr 26, 2009 16:30
Re: MAZDA CX-3 1500 CC!
siap om.. hehe..evolution21 wrote: ↑Sat Apr 17, 2021 9:12 kebetulan punya polo, dikasih komparasinya jd lebihmudah membayangkannya, nice review um
mengenai berisik kolong roda , memang mazda banyak yg lemah di situ
dulu di cx5 gen1, terakhir saya punya mazda6 juga sama
obatnya pasang peradam dr spakbor sampe seluruh lantai.
saya lagi nimbang2 nyari pengganti polo, berhubung sudah 5 tahun. tertarik bgt sama cx-3 1.5, tapi nambahnya buanyakk, kalo dibanding impresi ketika dicoba, hmm...
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 59
- Joined: Tue May 21, 2019 16:24
Re: MAZDA CX-3 1500 CC!
CX3 ini memang agak berasa suara dari kolongnya om. Even dibanding saudara 1 basisnya (M2), menurut saya masih lebih berasa di CX3..omenRoo wrote: ↑Sat Apr 17, 2021 4:58 beberapa hari lalu nyoba tes jalan cx3 1.5 ini di mazda bintaro.. penasaran banget.
kebetulan ini pengalaman pertama kali tes jalan mazda generasi skyactive. pembandingnya adalah vw polo tsi yg biasa gw pake sehari2.
poin2 yg diinget:
- setirnya lebih ringan dari polo ketika mobil gak bergerak/jalan pelan. dalam artian mobil ini lebih mudah manuver, terutama parkir.
- radius putar oke
- akselerasinya gak sekuat polo. mungkin memang perlu penyesuaian ya bawa mazda ini. ketika jalan santai, mau nyalip, pasti reflek kita injek gas sedikit lebih dalam. nah mobil ini ada jeda downshift lalu mesin lumayan meraung2 rasanya kayak ngeden. kalo pake sport mode, akselerasinya mendingan, terasa ngisi terus tenaganya. di mode normal, tenaganya baru mulai kerasa di 2000 rpm. kalo di polo, dari 1500 rpm sudah kerasa tenaganya.
- suspensinya saya gak bisa bedain keras nggaknya karena bawa mobil santai aja. tapi yang kerasa adalah kontur jalan yang keriting. mungkin pengaruh ukuran velg yg besar juga ya. kalo di polo gak kerasa getaran2 kecil dari kontur jalan yang keriting.
- suara mobil/motor di luar sih gak kedengeran ya, artinya cukup kedap. tapi, yang berisik justru dari mobil ini sendiri. pertama, suara raungan mesin mulai dari rpm 2000, lalu yang bener2 bisa dinotice dan cukup mengganggu menurut gw adalah suara dari arah kolong roda. apa memang karakternya toyo proxes yang berisik?
- kapasitas bagasi pas2an.. 350 liter. secara teori sama besarnya dengan polo.
- poin lebihnya dari polo, lebih banyak fitur (gimmick) dan row 2 nya sedikit lebih lega.
sekian kesan singkat tes jalan cx3 1.5..
Di review youtubenya Gr*dO*o juga kelihatan datanya. CX3 waktu jalan 60kph kekedapan kabinnya ada di sekitar 63dB. Sedangkan M2 ada di sekitar 60dB.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 19
- Joined: Sun May 26, 2013 14:08
Re: MAZDA CX-3 1500 CC!
Sorry om oot, mau tau reviu kaca film euroteknya, is it good? Stl bbrp lama pake apa lebi bgs dibanding 3M gratisan mazda yg dulu?marvelio wrote: ↑Thu Apr 15, 2021 4:26Putaran bawahnya Altis memang jauh lebih bertenaga, cuma feelnya Altis lebih 'bold' sedangkan CX-3 ini feel mesinnya 'light'. Wajar menurut saya karena Altis dengan mesin 1.8 nya punya output 150hp, sedangkan CX-3 109hp. Menurut saya terpengaruh juga dengan berat body Altis yg bikin dia akselerasinya terasa berbobot. Tapi kalau sudah bicara 0-60, jelas CX-3 ini unggul om, karena Altis pakai CVT. Shifting dan accelerating di CX-3 lebih fun menurut saya. Altis unggul di putaran mesin rendah pas kecepatan tinggi, karena CVT nya mensimulasikan 7-speed.
Jambakan 0-60 kerasa nendang banget dan nggak ada gejala underpower sama sekali. 60-100 nggak impresif yang gimana-gimana, tapi bagi saya tetep memuaskan selama ga bolot-bolot amat mesinnya. Kenceng kok. Apalagi transmisi Skyactiv nya buat saya yg pertama kali pakai, cukup mengagetkan shiftingnya sangat responsif dan terasa natural.
Kaca film sekarang dapetnya Eurotek, much more better than 3M menurut saya. ANKI 2.4V 2021 kemarin dapet bawaan 3M dari Toyota, tone nya memang lebih hitam gelap tapi penolakan panasnya ampun ga ada ampuh-ampuhnya sama sekali. Panas! Akhirnya diganti sendiri pakai Solar Gard Black Phantom.erwinign wrote: ↑Wed Apr 14, 2021 15:11 Nha dah tak tebak kan pasti pnynya om kemaren Saya posisi di TL arah timur pas itu.
Sy di rumah ada jg mazda 2 lama 2013, mestinya sama2 1.5 ya ada feel mirip sih soal tarikan om. Pas dulu liat unitnya (ambil seken) saya jg kaget pas tes setir kok bs sekenceng dan se agile itu feelnya dan ini mazda pertama saya juga, jazz GE rasanya jd bosenin banget naikannya. Padahal itu belum sky, mesin biasa dan platform mirip sama fiesta lama. Di mazda 2 ini saya jg AVG cons pake pertamax ya menurut MID 8.5l/100km, anggep margin error 10% ya aktualnya jadi sktr 9.4l/100km (1:10.5an), mestinya CX3 1.5 dah 6 speed lebih irit dikit. Mazda 3HB aja bs 1:10 AVGnya.
Nah soal rem, mazda always enak sih om. Plg pas, mirip2 honda la ya. Saya di innova baru pernah nyetir juga ngeremnya ya injek nanggung ndak kerasa, injek dalem bener2 ngerem apalg bannya pake ecopia/enasave tambah ngeloyor.
Kok aneh ya om mazda semarang gt, biasa no problem soal pelayanannya (cukup helpful). Dikomplain aja, biasanya fast response sih mereka
Kaca film dptnya bkn 3M lagi ya om? Euro2 apa gitu. Dan kaca depan kayanya diberi kaca film lbh terang dibanding jaman 3M dulu
Tempat coating coba saya PM om aja ya
Eurotek bawaan Mazda tone nya lebih ke hijau, nggak terlalu gelap, dari luar masih terlihat interior mobil, tapi penolakan panasnya menurut saya malah lebih top daripada 3M. IMHO, tone green-ish di kaca film Eurotek ini malah bikin vibes european market car nya makin berasa di warna Polymetal Grey. Pernah dapat info, Mazda cuma bisa kasih kaca film Eurotek ke customer karena importirnya di bawah naungan perusahaan yang sama, Eurokars. Mungkin yang kasih 3M waktu ATPM nya masih MMI ya. Sejak dipegang Eurokars, semua wajib pakai Eurotek.
Masalah pelayanan, sikapnya aja sih. Pengalaman 5 kali transaksi mobil baru, baru kali ini sales dengan terang-terangan pesen minta uang rokok ke customer untuk supir yg antar mobilnya. Kalah sama sikap sales Wuling & Toyota. Transaksi brp ratus juta masa masih minta uang lebih Bukan masalah pelit uangnya, tapi kan sama sekali tidak mencerminkan Mazda yg kiblatnya mau ke arah Japanese premium brand. Ya saya masih kompromi aja utk masalah yg ini, kasian juga kalo sampai sales dapat SP karena keluhan ini. Tau sendiri kan owner dealernya... makin gaenak lagi ntar. Yg penting unit saya segera dilengkapi kelengkapannya, selesai urusan Toh sales-sales lain yg saya kenal ga pernah bersikap spt itu, personal aja sepertinya. Overall service Mazda Semarang selalu top dan fast response, terbukti komplain karpet & segitiga pengaman dlm 2 hari langsung solved
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2056
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: MAZDA CX-3 1500 CC!
kayaknya sih untuk CX-3 klo dipasang mesin 1.5 sih masih oke, cuma ya jangan expect klo tarikannya kek 2.0/ pasti lebih boyo rasanya. tapi masih cukup lah untuk ukuran CX-3 karena klo dilihat di market lain kyk jerman dan jepang rata" sih beli yg 1.5 biar lebih irit & efisien + murah.marvelio wrote: ↑Thu Mar 18, 2021 16:01 Hai om-om rekan2 SM, ini post pertama saya setelah bertahun-tahun jadi silent reader.. Salam kenal ya om
Awal cerita saya lagi cari pengganti buat Ford Fiesta 2012 1.6 S Manual yang baru aja terjual, saya memang melirik salah satunya Mazda CX-3. Pas tanya-tanya sales yang memang udah kenal (sebelumnya pernah TD CX-3 sebelum ambil Almaz 2019, Almaznya udh kejual juga ), eh ternyata dapat pricelist CX-3 tipe Sport tapi speknya mesin 1.5L! Berdasar kabar burung akan rilis di akhir bulan Maret atau awal April tahun ini. Jadi memang udah bisa inden.
Entah performanya bakal seperti apa kalau body CX-3 dipakein mesin Mazda 2, tapi saya udah kepincut banget sama warna baru yang bakal rilis (yep, kabar terselubung juga) yaitu POLYMETAL GREY
Ini dia cuplikan gambarnya yang menurut saya ganteng bangaaatss
Mazda CX-3 versi 1.5L Bensin sebenarnya udah rilis tahun lalu tapi khusus untuk pasar Jepang. Dari brosur yang saya dapat, line up CX-3 bakal jadi 2: 1.5 SPORT dan 2.0 PRO. Fitur-fiturnya CX-3 1.5 juga kurang lebih sama dengan versi Sport saat ini, bukan yang sunated seperti pasar Jepun
Saya jadi makin yakin ambil CX-3 setelah mesin 1.5L masuk karena harganya jadi turun lumayan, se HR-V 1.5. Value for money-nya kembali masuk akal karena yg sebelumnya nyentuh kepala 4. Tapi yang ganjel bagi saya, apakah kira2 akan jadi 'boyo' karena beban CX-3 ditanggung dengan mesin Mazda 2 (yang dari speknya sih ga impresif2 amat powernya, 111 PS dan 149 NM) ?
Boleh dong om-om yang udah pernah cicip Mazda 2 SkyActiv share seputar impresi mesinnya yg bakal dipake di CX-3. Jujur saya agak gak tertarik sama HR-V, karena udah pegang Fiesta selama 6 tahun terakhir, Mazda lebih menggiurkan buat saya. Kalaupun tertarik aHond, City Hatchback yg menggiurkan bagian buntutnya. Kemarin udah cek unit di kota saya juga, build quality jauh lebih bagus dari aHond HR-V dan Jazz, tapi somehow hati saya tetep di Mazda yg ganteng ini
toh di jerman pun CX-3 yg 2.0 aja cuma dapet 121 PS, padahal itu negara yg jalan tolnya panjang bukan main dan average speed disana tinggi, jadi harusnya sih 1.5 115 PS cukup.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2056
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: MAZDA CX-3 1500 CC!
kayaknya si om ngegas nya agak kenceng nih, soalnya klo dari pengalaman sih. mazda kayaknya ngeliat dari angle throttle pedalnya, soalnya pernah gini:hackers11 wrote: ↑Thu Apr 15, 2021 7:12 Numpang komen adek kemaren ngambil mazda 2. Asunsi mesin sama apa ngerasain om transmisinya gas agak dalem dikit langsung downshift.
Emang gt ya?
Susah bawa halus mobilnya, agresif terus wkwkwk. Dan itu belum sports mode.
Rem setuju, enak bgt dan linear. Coba drpd downshift langsung lebih baik stay di gear dan naik rpmnya pelan2, mungkin lebih smooth.
pedal diinjak secara gradual makin dalam, walaupun pedalnya udah 1/2 jalan = ga downshift
tapi ketika gas nya di posisi 1/4 dan sentak dikit = langsung downshift
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 696
- Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53
Re: MAZDA CX-3 1500 CC!
Rasanya saya gasnya under control om, soalnya sedang sambil eco driving bwt tes FC.darrelund wrote:kayaknya si om ngegas nya agak kenceng nih, soalnya klo dari pengalaman sih. mazda kayaknya ngeliat dari angle throttle pedalnya, soalnya pernah gini:hackers11 wrote: ↑Thu Apr 15, 2021 7:12 Numpang komen adek kemaren ngambil mazda 2. Asunsi mesin sama apa ngerasain om transmisinya gas agak dalem dikit langsung downshift.
Emang gt ya?
Susah bawa halus mobilnya, agresif terus wkwkwk. Dan itu belum sports mode.
Rem setuju, enak bgt dan linear. Coba drpd downshift langsung lebih baik stay di gear dan naik rpmnya pelan2, mungkin lebih smooth.
pedal diinjak secara gradual makin dalam, walaupun pedalnya udah 1/2 jalan = ga downshift
tapi ketika gas nya di posisi 1/4 dan sentak dikit = langsung downshift
Entah kenapa di tanjakan Cipularang toel dikit gearboxnya milih shift down instead nahan rpm karena shift down juga bentar bwt naikin rpm aja, deket2 rpm 3000 shift up lagi.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 59
- Joined: Tue May 21, 2019 16:24
Re: MAZDA CX-3 1500 CC!
Saya sebagai user M2 juga confirm sih, memang seperti itu karakternya om..hackers11 wrote: ↑Wed May 05, 2021 1:32Rasanya saya gasnya under control om, soalnya sedang sambil eco driving bwt tes FC.darrelund wrote:kayaknya si om ngegas nya agak kenceng nih, soalnya klo dari pengalaman sih. mazda kayaknya ngeliat dari angle throttle pedalnya, soalnya pernah gini:hackers11 wrote: ↑Thu Apr 15, 2021 7:12 Numpang komen adek kemaren ngambil mazda 2. Asunsi mesin sama apa ngerasain om transmisinya gas agak dalem dikit langsung downshift.
Emang gt ya?
Susah bawa halus mobilnya, agresif terus wkwkwk. Dan itu belum sports mode.
Rem setuju, enak bgt dan linear. Coba drpd downshift langsung lebih baik stay di gear dan naik rpmnya pelan2, mungkin lebih smooth.
pedal diinjak secara gradual makin dalam, walaupun pedalnya udah 1/2 jalan = ga downshift
tapi ketika gas nya di posisi 1/4 dan sentak dikit = langsung downshift
Entah kenapa di tanjakan Cipularang toel dikit gearboxnya milih shift down instead nahan rpm karena shift down juga bentar bwt naikin rpm aja, deket2 rpm 3000 shift up lagi.
Apalagi waktu awal2 bawa M2 ini, susah bener nyetir alusnya wkwkwk
Tapi kalo kita udah adaptasi, lama2 bisa juga kok bawa M2 dengan smooth, even di tanjakan..
Kuncinya memang di bukaan gasnya, kalo kita nginjeknya agak nyentak dikiiit aja, transmisi langsung downshift. Makanya sebisa mungkin saya jaga momentum mobil pas lagi jalan, supaya injek gasnya bisa tetep gradual dan smooth waktu butuh akselerasi..
Tapi karakter kayak gini asik banget sih waktu speeding, terasa lebih ngisi dan cekatan tenaganya. Ini saya compare dengan Jazz GK5 saya, walaupun secara di atas kertas tenaga lebih besar Jazz, tapi sensasi waktu diajak speeding lebih asik M2
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 696
- Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53
Re: MAZDA CX-3 1500 CC!
Agree kalo lg spirited driving.Gangenlyt69 wrote:Saya sebagai user M2 juga confirm sih, memang seperti itu karakternya om..hackers11 wrote: ↑Wed May 05, 2021 1:32Rasanya saya gasnya under control om, soalnya sedang sambil eco driving bwt tes FC.darrelund wrote: kayaknya si om ngegas nya agak kenceng nih, soalnya klo dari pengalaman sih. mazda kayaknya ngeliat dari angle throttle pedalnya, soalnya pernah gini:
pedal diinjak secara gradual makin dalam, walaupun pedalnya udah 1/2 jalan = ga downshift
tapi ketika gas nya di posisi 1/4 dan sentak dikit = langsung downshift
Entah kenapa di tanjakan Cipularang toel dikit gearboxnya milih shift down instead nahan rpm karena shift down juga bentar bwt naikin rpm aja, deket2 rpm 3000 shift up lagi.
Apalagi waktu awal2 bawa M2 ini, susah bener nyetir alusnya wkwkwk
Tapi kalo kita udah adaptasi, lama2 bisa juga kok bawa M2 dengan smooth, even di tanjakan..
Kuncinya memang di bukaan gasnya, kalo kita nginjeknya agak nyentak dikiiit aja, transmisi langsung downshift. Makanya sebisa mungkin saya jaga momentum mobil pas lagi jalan, supaya injek gasnya bisa tetep gradual dan smooth waktu butuh akselerasi..
Tapi karakter kayak gini asik banget sih waktu speeding, terasa lebih ngisi dan cekatan tenaganya. Ini saya compare dengan Jazz GK5 saya, walaupun secara di atas kertas tenaga lebih besar Jazz, tapi sensasi waktu diajak speeding lebih asik M2
Cuma karena memang sedang eco run adanya kesel.
Tp bukan mobil saya jadi ga akan kesel lama2.
At least handling enak bgt[emoji16]
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 408
- Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17
Re: MAZDA CX-3 1500 CC!
Update ahh
Mulai muncul bunyi-bunyi 'klek' dari sebelah kiri mobil setiap ban depan baru nyentuh polisi tidur. Padahal low speed. Ga sampe 10 km/h.
Dibiarin sebulan, muncul hilang muncul hilang, tp cukup mengganggu karena deket rumah banyak banget speed bump jadi sering bunyi.
Akhirnya bawa ke BeRes, test drive sama kepala bengkel. Susah bgt nyari bunyi-bunyinya. Setelah ketemu bunyinya, digrease ulang baut dan joint2 termasuk baut2 chasis kiri depan. Saya lihat waktu pengerjaan greasingnya gak pelit.
Lalu minta baut-bautnya dikencengin dgn torsi yang bener semuanya.
Turns out waktu pulang bunyi-bunyiannya masih ada ketika lewat polisi tidur atau jalan yg agak naik, misal naikan pas mau masuk parkiran dealer.
Akhirnya kepala bengkel approve utk pengajuan warranty claim shock breaker.
Baca2 dari internet banyak yg ngalamin dari bearing support shock, tapi pas dicek tadi masih aman-aman aja.
Persis seperti yg dialami user satu ini gejalanya
Sempet baca di thread M2sky nya om @josomba pernah ngalamin juga, ternyata masih terjadi di CX-3 2021
Mulai muncul bunyi-bunyi 'klek' dari sebelah kiri mobil setiap ban depan baru nyentuh polisi tidur. Padahal low speed. Ga sampe 10 km/h.
Dibiarin sebulan, muncul hilang muncul hilang, tp cukup mengganggu karena deket rumah banyak banget speed bump jadi sering bunyi.
Akhirnya bawa ke BeRes, test drive sama kepala bengkel. Susah bgt nyari bunyi-bunyinya. Setelah ketemu bunyinya, digrease ulang baut dan joint2 termasuk baut2 chasis kiri depan. Saya lihat waktu pengerjaan greasingnya gak pelit.
Lalu minta baut-bautnya dikencengin dgn torsi yang bener semuanya.
Turns out waktu pulang bunyi-bunyiannya masih ada ketika lewat polisi tidur atau jalan yg agak naik, misal naikan pas mau masuk parkiran dealer.
Akhirnya kepala bengkel approve utk pengajuan warranty claim shock breaker.
Baca2 dari internet banyak yg ngalamin dari bearing support shock, tapi pas dicek tadi masih aman-aman aja.
Persis seperti yg dialami user satu ini gejalanya
Sempet baca di thread M2sky nya om @josomba pernah ngalamin juga, ternyata masih terjadi di CX-3 2021
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
2GD-FTV
2ZR-FE
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1371
- Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39
Re: MAZDA CX-3 1500 CC!
Bini gue sempet pengin mobil ini. Kirain unit 2021 masih ada dijual dan dapat diskon gede spt biasanya, eh ternyata abis dan malah yg 2022 pun unitnya masih blm ada. Ya sudah sekalian nunggu hrv baru aja.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1291
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: MAZDA CX-3 1500 CC!
Kemaren ke dealer mazda simprugPenikmat_Kopi wrote: ↑Sat Jan 08, 2022 19:39 Bini gue sempet pengin mobil ini. Kirain unit 2021 masih ada dijual dan dapat diskon gede spt biasanya, eh ternyata abis dan malah yg 2022 pun unitnya masih blm ada. Ya sudah sekalian nunggu hrv baru aja.
All unit indent sampai mei/juni coba
Smileage lebih penting dari mileage
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1371
- Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39
Re: MAZDA CX-3 1500 CC!
Kasian marketingnya yapendoli wrote: ↑Sat Jan 08, 2022 23:18Kemaren ke dealer mazda simprugPenikmat_Kopi wrote: ↑Sat Jan 08, 2022 19:39 Bini gue sempet pengin mobil ini. Kirain unit 2021 masih ada dijual dan dapat diskon gede spt biasanya, eh ternyata abis dan malah yg 2022 pun unitnya masih blm ada. Ya sudah sekalian nunggu hrv baru aja.
All unit indent sampai mei/juni coba
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 688
- Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid
Re: MAZDA CX-3 1500 CC!
Agan2 sekalian, minta masukan buat yg paham CX3 Touring 2019 apa sudah ada BSM dan RCTA nya? Soalnya yang Touring 2018 kayaknya nga ada, tapi siapa tau yg 2019 sudah ada soalnya Mazda kan sering kasih fitur2 improvement di batch produksi tanpa harus facelift.
Saya lagi inden CX3 Sport (baru dari Jan 2022 sih) tapi nunggunya bikin PTSD, soalnya tidak pernah ada kejelasan kapan pastinya, sampai saya SPK 2 dealer di Sby nanti tinggal dilihat siapa yg bisa kirim duluan. Skrg sambil intip2 unit bekas siapa tau ada yg nyantol, jadinya kan lumayan dapat 2000cc harga 1500cc. Kmrn sempat muncul 2020 Pro tapi krn kelamaan mikir akhirnya sold, skrg lagi mantengin 2019 Touring siapa tau jodoh, cuman ragunya di BSM sama RCTA itu, kalo nga ada ya wajib tunggu inden Sport.
Saya lagi inden CX3 Sport (baru dari Jan 2022 sih) tapi nunggunya bikin PTSD, soalnya tidak pernah ada kejelasan kapan pastinya, sampai saya SPK 2 dealer di Sby nanti tinggal dilihat siapa yg bisa kirim duluan. Skrg sambil intip2 unit bekas siapa tau ada yg nyantol, jadinya kan lumayan dapat 2000cc harga 1500cc. Kmrn sempat muncul 2020 Pro tapi krn kelamaan mikir akhirnya sold, skrg lagi mantengin 2019 Touring siapa tau jodoh, cuman ragunya di BSM sama RCTA itu, kalo nga ada ya wajib tunggu inden Sport.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 316
- Joined: Wed May 23, 2012 16:18
Re: MAZDA CX-3 1500 CC!
Stock nya masih ghoib terus ya mazda cx-3 1.5.
Entah sodara sy udah dpt atau blm udah 6 bln lebih dari SPK klo ga salah wkwk
Entah sodara sy udah dpt atau blm udah 6 bln lebih dari SPK klo ga salah wkwk
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 362
- Joined: Sun Oct 01, 2017 5:36
Re: MAZDA CX-3 1500 CC!
Iseng cerita ah...
Akhirnya ambil cx3 2.0 bekas umur 8 bulan
Gara2 1.5 ga dateng2 udh nunggu 4 bulan ga ada kabar
Ntah lah booking fee hangus apa ngga
Intinya sih hampir semua gosip2 di thread ini bener, salah satunya ada bunyi "klek" di jalan yg agak gerenjelan
Mesin 2.0 ga seirit crv turbo sy, cuma tetep kerasa murah soalnya si crv pake pertabo dan cx3 pake pertamax biasa
Aktivitas dalkot si cx3 dapet 10km/l, si crv dapet 10,7 km/l yaa beda tipis
I-stop ga pernah dinyalain
Seinget sy test drive versi 1.5 sih tenaga awal di dalam kota sih ga beda jauh sama 2.0 tp kalau nanjak2 jalan layang baru kerasa agak signifikan
Pas nanjak si 1.5 mesin agak "bernyanyi", kalau 2.0 lebih effortless
Masalah downshift sebenernya bukan transmisinya yang ga halus, lebih ke arah si mazda ini karakter mesinnya pengen sporty gitu
Jadi kalo digas agak dalam langsung bunyinya garang khususnya di rpm 2500 ke atas, mirip pake valvetronic padahal ngga
Gatau juga ya kok bisa gitu
Kalo penasaran kira2 suara "garang" itu mirip bunyi coldstart semua mazda kekinian hehe
Intinya sih transmisi perpindahan halus dan cepat juga, bahkan mirip sekali sama dsg vw group
Dipikir2 keren juga ya transmisi mazda bisa sebagus itu dengan harga lebih murah dari hrv (nyindir dikit)
Posisi duduk agak mengingatkan sama bmw 2016 ke atas, santai tp sporty
Suspensi keras
Kualitas bahan dan bq sangat bagus, bahkan lexus rx300 armrest tengah pengemudi masih bunyi kriet2 lah si cx3 malah lebih sunyi
Road noise hampir mirip crv tp lebih sunyi dikit
Tapi skr si crv udh ganti ban senyap jadi agak lebih bagus road noise nya
Gitu aja sih...
Akhirnya ambil cx3 2.0 bekas umur 8 bulan
Gara2 1.5 ga dateng2 udh nunggu 4 bulan ga ada kabar
Ntah lah booking fee hangus apa ngga
Intinya sih hampir semua gosip2 di thread ini bener, salah satunya ada bunyi "klek" di jalan yg agak gerenjelan
Mesin 2.0 ga seirit crv turbo sy, cuma tetep kerasa murah soalnya si crv pake pertabo dan cx3 pake pertamax biasa
Aktivitas dalkot si cx3 dapet 10km/l, si crv dapet 10,7 km/l yaa beda tipis
I-stop ga pernah dinyalain
Seinget sy test drive versi 1.5 sih tenaga awal di dalam kota sih ga beda jauh sama 2.0 tp kalau nanjak2 jalan layang baru kerasa agak signifikan
Pas nanjak si 1.5 mesin agak "bernyanyi", kalau 2.0 lebih effortless
Masalah downshift sebenernya bukan transmisinya yang ga halus, lebih ke arah si mazda ini karakter mesinnya pengen sporty gitu
Jadi kalo digas agak dalam langsung bunyinya garang khususnya di rpm 2500 ke atas, mirip pake valvetronic padahal ngga
Gatau juga ya kok bisa gitu
Kalo penasaran kira2 suara "garang" itu mirip bunyi coldstart semua mazda kekinian hehe
Intinya sih transmisi perpindahan halus dan cepat juga, bahkan mirip sekali sama dsg vw group
Dipikir2 keren juga ya transmisi mazda bisa sebagus itu dengan harga lebih murah dari hrv (nyindir dikit)
Posisi duduk agak mengingatkan sama bmw 2016 ke atas, santai tp sporty
Suspensi keras
Kualitas bahan dan bq sangat bagus, bahkan lexus rx300 armrest tengah pengemudi masih bunyi kriet2 lah si cx3 malah lebih sunyi
Road noise hampir mirip crv tp lebih sunyi dikit
Tapi skr si crv udh ganti ban senyap jadi agak lebih bagus road noise nya
Gitu aja sih...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2056
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: MAZDA CX-3 1500 CC!
sampe skrg belom kelar juga, dah mau setahunpendoli wrote: ↑Sat Jan 08, 2022 23:18Kemaren ke dealer mazda simprugPenikmat_Kopi wrote: ↑Sat Jan 08, 2022 19:39 Bini gue sempet pengin mobil ini. Kirain unit 2021 masih ada dijual dan dapat diskon gede spt biasanya, eh ternyata abis dan malah yg 2022 pun unitnya masih blm ada. Ya sudah sekalian nunggu hrv baru aja.
All unit indent sampai mei/juni coba
entah pabriknya gakuat atau gimana kurang ngerti saya, tapi hampir setahun belom kelar sih wadidaw ya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 688
- Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid
Re: MAZDA CX-3 1500 CC!
Launching Maret 2021 ATPM masih pede beritanya setiap bulan disiapkan 200 unit ke dealer, setelah launching pembeli membludak krn tipe sport 1.5 harga termasuk murah buat CX3 yg sebelum e diatas 400. Ehhhh ternyata habis itu ada krisis chip + ada kebakaran di pabrik produksi CX3 Jepang, cuma secara bisnis masih diharuskan jualan, ya akhirnya SPK numpuk ga karuan. Kayaknya masih ada kok yg SPK di April 2021 masih belum dapat unit sampe hari ini (baca2 dari komen2 di sosmed Mazda). Belum lagi di GIIAS jualan (SPK) juga kenceng, tapi lucunya udah ada yg dapat kan waktu GIIAS kmrn, apa mungkin pilihan warnanya pas hoki udah dtg duluan. Harusnya kalau udah tau ada hambatan pengiriman dari pabrik ya sementara ditahan dulu lah jangan jualan SPK, bilang aja kran penjualan dibuka kembali kalau supply sudah normal. Kalau udah kejadian gini kan calon pembeli jadi badmood sama merk Mazda, secara bukan BMW atau Lexus atau Aston Martin tapi indennya gila2an panjang.darrelund wrote: ↑Thu Mar 10, 2022 16:19sampe skrg belom kelar juga, dah mau setahunpendoli wrote: ↑Sat Jan 08, 2022 23:18Kemaren ke dealer mazda simprugPenikmat_Kopi wrote: ↑Sat Jan 08, 2022 19:39 Bini gue sempet pengin mobil ini. Kirain unit 2021 masih ada dijual dan dapat diskon gede spt biasanya, eh ternyata abis dan malah yg 2022 pun unitnya masih blm ada. Ya sudah sekalian nunggu hrv baru aja.
All unit indent sampai mei/juni coba
entah pabriknya gakuat atau gimana kurang ngerti saya, tapi hampir setahun belom kelar sih wadidaw ya
Saya sendiri masih menunggu dng sebel, soalnya belum ada opsi lain yg masuk dihati: City HB model ok tapi CVT, Hyundai Creta bodi terlalu tinggi/besar, AN HRV rasanya juga bakal bongsor bodi.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 688
- Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid
Re: MAZDA CX-3 1500 CC!
Wah bisa dapat unit bekas umur 8 bulan? Hoki banget ya Gan, di market kebanyakan tahun 2019. Sempat ada unit 2020 yg Pro tapi udah laku.Tats wrote: ↑Thu Mar 10, 2022 9:32 Iseng cerita ah...
Akhirnya ambil cx3 2.0 bekas umur 8 bulan
Gara2 1.5 ga dateng2 udh nunggu 4 bulan ga ada kabar
Ntah lah booking fee hangus apa ngga
Intinya sih hampir semua gosip2 di thread ini bener, salah satunya ada bunyi "klek" di jalan yg agak gerenjelan
Mesin 2.0 ga seirit crv turbo sy, cuma tetep kerasa murah soalnya si crv pake pertabo dan cx3 pake pertamax biasa
Aktivitas dalkot si cx3 dapet 10km/l, si crv dapet 10,7 km/l yaa beda tipis
I-stop ga pernah dinyalain
Seinget sy test drive versi 1.5 sih tenaga awal di dalam kota sih ga beda jauh sama 2.0 tp kalau nanjak2 jalan layang baru kerasa agak signifikan
Pas nanjak si 1.5 mesin agak "bernyanyi", kalau 2.0 lebih effortless
Masalah downshift sebenernya bukan transmisinya yang ga halus, lebih ke arah si mazda ini karakter mesinnya pengen sporty gitu
Jadi kalo digas agak dalam langsung bunyinya garang khususnya di rpm 2500 ke atas, mirip pake valvetronic padahal ngga
Gatau juga ya kok bisa gitu
Kalo penasaran kira2 suara "garang" itu mirip bunyi coldstart semua mazda kekinian hehe
Intinya sih transmisi perpindahan halus dan cepat juga, bahkan mirip sekali sama dsg vw group
Dipikir2 keren juga ya transmisi mazda bisa sebagus itu dengan harga lebih murah dari hrv (nyindir dikit)
Posisi duduk agak mengingatkan sama bmw 2016 ke atas, santai tp sporty
Suspensi keras
Kualitas bahan dan bq sangat bagus, bahkan lexus rx300 armrest tengah pengemudi masih bunyi kriet2 lah si cx3 malah lebih sunyi
Road noise hampir mirip crv tp lebih sunyi dikit
Tapi skr si crv udh ganti ban senyap jadi agak lebih bagus road noise nya
Gitu aja sih...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 408
- Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17
Re: MAZDA CX-3 1500 CC!
Kia Seltos udah coba test drive om? Atau Kia Sonet?peterming77 wrote: ↑Fri Mar 11, 2022 4:47
Launching Maret 2021 ATPM masih pede beritanya setiap bulan disiapkan 200 unit ke dealer, setelah launching pembeli membludak krn tipe sport 1.5 harga termasuk murah buat CX3 yg sebelum e diatas 400. Ehhhh ternyata habis itu ada krisis chip + ada kebakaran di pabrik produksi CX3 Jepang, cuma secara bisnis masih diharuskan jualan, ya akhirnya SPK numpuk ga karuan. Kayaknya masih ada kok yg SPK di April 2021 masih belum dapat unit sampe hari ini (baca2 dari komen2 di sosmed Mazda). Belum lagi di GIIAS jualan (SPK) juga kenceng, tapi lucunya udah ada yg dapat kan waktu GIIAS kmrn, apa mungkin pilihan warnanya pas hoki udah dtg duluan. Harusnya kalau udah tau ada hambatan pengiriman dari pabrik ya sementara ditahan dulu lah jangan jualan SPK, bilang aja kran penjualan dibuka kembali kalau supply sudah normal. Kalau udah kejadian gini kan calon pembeli jadi badmood sama merk Mazda, secara bukan BMW atau Lexus atau Aston Martin tapi indennya gila2an panjang.
Saya sendiri masih menunggu dng sebel, soalnya belum ada opsi lain yg masuk dihati: City HB model ok tapi CVT, Hyundai Creta bodi terlalu tinggi/besar, AN HRV rasanya juga bakal bongsor bodi.
Saya awalnya naksir itu tapi ga mantep jadi ga test drive. Akhirnya ya CX-3 ini aja.
Btw, CVT Honda menurut saya not bad kok. Salah satu CVT terbaik bahkan menurut saya. Kalo yg suka smooth cocok sbenernya. Malah kalo saya batal City HB gara2 fender depannya aneh di mata saya
Berarti saya yg cukup beruntung beli pas barangnya masih ada, batch pertama banget. Ngaret seminggu SPK kayanya barang ga dateng sampe sekarang nih.
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
2GD-FTV
2ZR-FE
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Sun Jun 17, 2018 12:41
- Location: Indonesia
Re: MAZDA CX-3 1500 CC!
Kemarin sempat liat2 ke Mazda simprug, inden cx3 1.5 bisa sampe Juli/Agustus. Kata salesnya nanti dpt Model 2022 yg uda pake wireless charging, lokasinya di tempat slot DVD yg model sekarang. Jd DVD nanti uda didelete. Dan layar HU sizenya membesar sedikit. Itu aja sih katanya yg berubah. Kemungkinan harga naik 10-15 jt.
Sempet test drive yg seken 2.0 th 2020, tenaganya memang lebih enak sih. Dikasih harga 375 jt cash.
Masih pikir2 dulu nih.
Sempet test drive yg seken 2.0 th 2020, tenaganya memang lebih enak sih. Dikasih harga 375 jt cash.
Masih pikir2 dulu nih.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by irw on Fri Mar 11, 2022 5:24, edited 1 time in total.