keep f56 jcw ato ganti fk8r

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Sandaljepit
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: Wed Jan 17, 2018 4:03
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Honda

keep f56 jcw ato ganti fk8r

Post by Sandaljepit »

saya sudah pake f56 jcw selama 2 tahun , emang nih mobil sadis banget ,
kondisi sudah saya remap stage2 manic ... top deh suara dan power tidak diragukan dan bisa dibilang brutal utk mobil kecil .
cuman hati kecil kadang gundah akan kebosenan suatu barang hehehe ....
rencana mau minang merek sebelah ... FK8R ... entah ambil bekas ato baru ... tergantung kondisi
bekas pun klo ada posisi plat jawa timur .... karna saat ini fk8r banyak bekas di daerah jawa barat aja :big_cry:

yg saya tanyakan adalah, apakah saya keep di f56 jcw ato ganti ke fk8r ya gan .... mungkin disini ada pengguna fk8r , yg bisa kasi inputan ,
sukur2 ada penguna f56 yg jg lari ke fk8r .... terima kasih gan
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: keep f56 jcw ato ganti fk8r

Post by ChZ »

Kalau dari penafsiran saya oom TS ini beli mobil gini karena performance (MINI JCW tuned) bukan beli MINI karena fashion icon.

menurut saya kalau oom punya pikiran mau tuker JCW ke FK8, performa di FK8 jelas lebih unggul... FK8 kalau tuned bisa 400hp+. Jelas lebih brutal dibanding MINI JCW. Dan kalau yang dicari adalah "fun", JCW Automatic, sementara FK8 manual, jelas sekenceng apapun MINI JCW Automatic tetep sensasinya beda dengan FK8 yang manual...

tapi kalo faktor yang bikin oom TS susah melepas MINI nya karena model ikonik dan kasta sosial... saran saya ya jangan :mky_01: kasta sosial Civic Type R paling bakal dikira Civic Turbo modifan...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: keep f56 jcw ato ganti fk8r

Post by martinnn »

Keep jcw donk... Masa turun ke Civic gengsinya beda
:big_biglaugh:
Sadaabe
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Sat Mar 07, 2020 8:39

Re: keep f56 jcw ato ganti fk8r

Post by Sadaabe »

Yakin mau bayarin mobil 1milyard yg bentuk dashboardnya sama dg brio?
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2536
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: keep f56 jcw ato ganti fk8r

Post by KielConstantine »

Pake dulu om F56 JCW nya, sampai garansinya abis.. alias expired. Begitu expired jual, baru ganti FK8

Soalnya tuh mesin B48 (yg ada di JCW & many many 4 bangers cap baling baling bambu generic indon market) musti ganti timing chain jg di kilometer 80-100 ribuan. Biayanya 22 jt, letak ada dibelakang mesin, harus turun mesin stengah mati dah...

Gw kira tuh B48 dah terhindar dari timing chain issue kek predecessor nya N20. Eh sama sama wae lah. Ngebeleduk jg timing chain rontok pas odo 100 ribuan :wkkk:

Kemaren pas di anugerah bmw, ada 1 unit mesin B48 segelondong, baru impor gressss. Udah ada yg minta ganti azaaaa :big_weee:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
Sandaljepit
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: Wed Jan 17, 2018 4:03
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Honda

Re: keep f56 jcw ato ganti fk8r

Post by Sandaljepit »

ChZ wrote: Sat Mar 07, 2020 2:42 Kalau dari penafsiran saya oom TS ini beli mobil gini karena performance (MINI JCW tuned) bukan beli MINI karena fashion icon.

menurut saya kalau oom punya pikiran mau tuker JCW ke FK8, performa di FK8 jelas lebih unggul... FK8 kalau tuned bisa 400hp+. Jelas lebih brutal dibanding MINI JCW. Dan kalau yang dicari adalah "fun", JCW Automatic, sementara FK8 manual, jelas sekenceng apapun MINI JCW Automatic tetep sensasinya beda dengan FK8 yang manual...

tapi kalo faktor yang bikin oom TS susah melepas MINI nya karena model ikonik dan kasta sosial... saran saya ya jangan :mky_01: kasta sosial Civic Type R paling bakal dikira Civic Turbo modifan...
Hahaha kena CIBO susah ... udah keren2 ttp aja banyak mikir CIBO , karna jarang orang tau type R ya om
Nah dr sisi manual itulah kadang tangan dan kaki ingin merasakan old school lagi , yg mana mobil2 skarang pada matic .
Saya faling in love in the 1st sight dg F56 jcw om , dengan kombinasi warna dll nya ,,, sampe saat ini pun saya masih sayang banget sih .... cuman kadang hati kecil ada rasa bosan nya ....
martinnn wrote: Sat Mar 07, 2020 7:44 Keep jcw donk... Masa turun ke Civic gengsinya beda
Siap , makasi om infonya
Sadaabe wrote: Sat Mar 07, 2020 8:45 Yakin mau bayarin mobil 1milyard yg bentuk dashboardnya sama dg brio?
hahahaha ampun ommm ... tp kualitas beda ya om ?
KielConstantine wrote: Sat Mar 07, 2020 8:45 Pake dulu om F56 JCW nya, sampai garansinya abis.. alias expired. Begitu expired jual, baru ganti FK8

Soalnya tuh mesin B48 (yg ada di JCW & many many 4 bangers cap baling baling bambu generic indon market) musti ganti timing chain jg di kilometer 80-100 ribuan. Biayanya 22 jt, letak ada dibelakang mesin, harus turun mesin stengah mati dah...
Gw kira tuh B48 dah terhindar dari timing chain issue kek predecessor nya N20. Eh sama sama wae lah. Ngebeleduk jg timing chain rontok pas odo 100 ribuan :wkkk:
Kemaren pas di anugerah bmw, ada 1 unit mesin B48 segelondong, baru impor gressss. Udah ada yg minta ganti azaaaa :big_weee:
hmmm ke 80k bakal butuh puluhan taun deh om heheh ... ini pake 2 taun lebi masih jalan 4.500 an km nya .... siap makasi om infonya
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11328
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: keep f56 jcw ato ganti fk8r

Post by Omnibus »

2 taun 4500 km om? sptnya diparkir di ruang tamu nih

memang kl sdh hobi gitu ya ....

btw tonton video utube fitra eri aja yg dia ke bdg pakai type R konvoi. disitu ada owner honda sawangan yg jual type r ready stock. dia jg punya type r tuned. siapa tau penasaran mau coba dulu kenapa ga kesana aja. bawa jcw sambil kenalan sy rasa disambut baik utk test drive.
chikiciuw
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Wed Mar 25, 2015 5:48

Re: keep f56 jcw ato ganti fk8r

Post by chikiciuw »

Subjektif sih.. tapi kalo dari jcw ke mobil jepang rasanya downgrade 🤪...

Mending hajar C43 AMG second hahahaha ..
addicted2turbo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Fri Nov 06, 2015 1:57

Re: keep f56 jcw ato ganti fk8r

Post by addicted2turbo »

Untuk om TS, sedikit masukan dari pemakai fk8r. Sebelum pakai fk8r saya pengguna mobil sport eropa merek bintang, cla45.

Kalo dari sisi exterior, fk8r emang nggak mengundang perhatian, karena di jalanan (jakarta) udah banyak banget Civic hatchback yg udah di "dandanin" jadi mirip Type R, lengkap dari sayap belakang, knalpot nya, sampe tutup kaliper rem-nya yg merah. Jadi orang yang nggak tahu kalo liat mobil ini di jalan ya anggapan nya biasa2 aja.

Kalo dari sisi interior, type R juga mirip ama mobil Jepang standard. Head unit mirip ama Civic biasa, suara audio juga pas pas an (beda-nya jauh ama mobil eropa saya sebelum nya). Paling cuman dashboard nya aja udah full LCD. Satu hal yg plus menurut saya adalah jok bucket seat di barisan depan. Walaupun jok nya bucket seat, tapi sangat nyaman, dan pas digunakan untuk high speed turning, jok nya bener2 bikin pengemudi dan penumpang depan tetap pada posisi nya. Kalau saya bandingkan sama mobil saya sebelum nya, jok fk8r lebih nyaman walaupun bahan-nya hanya fabric, bukan kulit.

Kalau dari performa, nah ini yg bikin fk8r benar2 berkilau. Saya list beberapa hal yg menjadi plus poin dari fk8r, saya urutin dari yg paling oke menurut saya:

1. Tuning suspensi: fk8r ini tuning suspensi nya bener2 yahut, ngalahin jauh tuningan amg. Mobil ini kalo dibawa hajar tikungan pada kecepatan tinggi bener2 nempel ke aspal. Body roll nya juga hampir tidak ada. Beda banget sama mobil mercy saya yg kalo dibawa nikung itu masih berasa banget body roll nya. Tapi walaupun ini mobil pake ban 20" super tipis, menurut saya masih lebih empuk dibanding mercy saya sebelumnya (ban 19"). Speed trap kayak di bsd atau alam sutra berasa normal, padahal di mobil sebelum nya itu goncangan speed trap berasa banget. Tambahan plus lagi fk8r ini juga nggak se-pendek mercy, selama ini pemakaian masih aman nggak mentok bemper depan/belakang pas tanjakan/turunan curam di mall atau kolong mobil pas lewat poldur.

2. Transmisi manual, short throw: ini memang yg saya cari pas kemaren ganti mobil. Menggunakan manual itu berasa lebih in control dari mobil nya. Ratio transmisi nya dibikin deket per gigi, dan pindahin gigi nya enak banget karena persnelling nya itu short throw (dan pegangan nya kayak bola besi pas banget di tangan). Posisi duduk pengemudi juga pas, sehingga tangkai persneling itu pas di jangkauan tangan. Kopling nya nggak berat kalo di mode Comfort, dan ada auto-hold button jadi kalo pas berhenti di tanjakan nggak perlu takut mundur (rem tangan otomatis pas mobil berhenti di tanjakan)

3. Mesin nya enak utk diajak nge-gas. Karena gear ratio nya pendek, mesin nya tendensi bermain minimal di 2500-3000 rpm utk cruising. Kalo ditarik bisa sampe 7000 (atau 7500) redline nya. Tenaga nya nggak pernah abis kalo di gas, tapi mobil terdahulu juga sama (kecuali redline nya lebih kecil di mercy).

Jadi singkat-nya, kalo om TS emang nyari performa dalam sebuah mobil, fk8r boleh banget untuk di consider. Tapi kalau masih melihat sisi kenyamanan kabin atau exterior, mungkin f56 jcw masih lebih unggul.
Sekian dulu masukan nya.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: keep f56 jcw ato ganti fk8r

Post by Pboyz97 »

Keep aja F56nya, apalagi umurnya baru 2 tahun dan kmnya baru 4.000an. Sayang kalau JCW malah tuker ke FK8R, karena downgrade dari sisi brand, prestige, tampilan, dan desain interior. Kalau om udh ngebet pengen mobil manual baru tuker ke FK8R
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Sandaljepit
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: Wed Jan 17, 2018 4:03
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Honda

Re: keep f56 jcw ato ganti fk8r

Post by Sandaljepit »

Omnibus wrote: Sat Mar 07, 2020 12:42 2 taun 4500 km om? sptnya diparkir di ruang tamu nih
memang kl sdh hobi gitu ya ....
btw tonton video utube fitra eri aja yg dia ke bdg pakai type R konvoi. disitu ada owner honda sawangan yg jual type r ready stock. dia jg punya type r tuned. siapa tau penasaran mau coba dulu kenapa ga kesana aja. bawa jcw sambil kenalan sy rasa disambut baik utk test drive.
saya ada disurabaya om . FK8R pertama sala liat di sby 2017 dan uda masuk liat2 daleman jg sih . cuman sekaranga ga ada stok sby , hrs inden ke JKT , film fitra eri saya nonton om ... gila 400hp punya perdana hehehe ...
chikiciuw wrote: Sat Mar 07, 2020 12:47 Subjektif sih.. tapi kalo dari jcw ke mobil jepang rasanya downgrade 🤪...
Mending hajar C43 AMG second hahahaha ..
Yg seminggu 2 3x la om , ke mall ato kumpul2 aja hehehe ... bahkan ga perna ke tol hahahaha ...
Saya ga seberapa suka ama mercy om , entah kenapa , klo disuru c43 mending banting ke m2 ( bukan yg m2c yak )
addicted2turbo wrote: Sat Mar 07, 2020 14:46 Untuk om TS, sedikit masukan dari pemakai fk8r. Sebelum pakai fk8r saya pengguna mobil sport eropa merek bintang, cla45.
Kalo dari sisi exterior, fk8r emang nggak mengundang perhatian, karena di jalanan (jakarta) udah banyak banget Civic hatchback yg udah di "dandanin" jadi mirip Type R, lengkap dari sayap belakang, knalpot nya, sampe tutup kaliper rem-nya yg merah. Jadi orang yang nggak tahu kalo liat mobil ini di jalan ya anggapan nya biasa2 aja.
Kalo dari sisi interior, type R juga mirip ama mobil Jepang standard. Head unit mirip ama Civic biasa, suara audio juga pas pas an (beda-nya jauh ama mobil eropa saya sebelum nya). Paling cuman dashboard nya aja udah full LCD. Satu hal yg plus menurut saya adalah jok bucket seat di barisan depan. Walaupun jok nya bucket seat, tapi sangat nyaman, dan pas digunakan untuk high speed turning, jok nya bener2 bikin pengemudi dan penumpang depan tetap pada posisi nya. Kalau saya bandingkan sama mobil saya sebelum nya, jok fk8r lebih nyaman walaupun bahan-nya hanya fabric, bukan kulit.
Kalau dari performa, nah ini yg bikin fk8r benar2 berkilau. Saya list beberapa hal yg menjadi plus poin dari fk8r, saya urutin dari yg paling oke menurut saya:

1. Tuning suspensi: fk8r ini tuning suspensi nya bener2 yahut, ngalahin jauh tuningan amg. Mobil ini kalo dibawa hajar tikungan pada kecepatan tinggi bener2 nempel ke aspal. Body roll nya juga hampir tidak ada. Beda banget sama mobil mercy saya yg kalo dibawa nikung itu masih berasa banget body roll nya. Tapi walaupun ini mobil pake ban 20" super tipis, menurut saya masih lebih empuk dibanding mercy saya sebelumnya (ban 19"). Speed trap kayak di bsd atau alam sutra berasa normal, padahal di mobil sebelum nya itu goncangan speed trap berasa banget. Tambahan plus lagi fk8r ini juga nggak se-pendek mercy, selama ini pemakaian masih aman nggak mentok bemper depan/belakang pas tanjakan/turunan curam di mall atau kolong mobil pas lewat poldur.
2. Transmisi manual, short throw: ini memang yg saya cari pas kemaren ganti mobil. Menggunakan manual itu berasa lebih in control dari mobil nya. Ratio transmisi nya dibikin deket per gigi, dan pindahin gigi nya enak banget karena persnelling nya itu short throw (dan pegangan nya kayak bola besi pas banget di tangan). Posisi duduk pengemudi juga pas, sehingga tangkai persneling itu pas di jangkauan tangan. Kopling nya nggak berat kalo di mode Comfort, dan ada auto-hold button jadi kalo pas berhenti di tanjakan nggak perlu takut mundur (rem tangan otomatis pas mobil berhenti di tanjakan)
3. Mesin nya enak utk diajak nge-gas. Karena gear ratio nya pendek, mesin nya tendensi bermain minimal di 2500-3000 rpm utk cruising. Kalo ditarik bisa sampe 7000 (atau 7500) redline nya. Tenaga nya nggak pernah abis kalo di gas, tapi mobil terdahulu juga sama (kecuali redline nya lebih kecil di mercy).
Jadi singkat-nya, kalo om TS emang nyari performa dalam sebuah mobil, fk8r boleh banget untuk di consider. Tapi kalau masih melihat sisi kenyamanan kabin atau exterior, mungkin f56 jcw masih lebih unggul.
Sekian dulu masukan nya.
Wow dr cla45 ke fk8r ... bisa di bilang downgrade dr segala aspek ya om .... dr horse power aja keliatan cla 370 an ya om, fk8r 310 hp ...
Salah 1 pertimbangan ke fk8r adalah manual trasmision ... kadang kangen banget ama manual

Pboyz97 wrote: Sat Mar 07, 2020 16:02 Keep aja F56nya, apalagi umurnya baru 2 tahun dan kmnya baru 4.000an. Sayang kalau JCW malah tuker ke FK8R, karena downgrade dari sisi brand, prestige, tampilan, dan desain interior. Kalau om udh ngebet pengen mobil manual baru tuker ke FK8R
Siap om ,terima kasih infonya
addicted2turbo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Fri Nov 06, 2015 1:57

Re: keep f56 jcw ato ganti fk8r

Post by addicted2turbo »

Sandaljepit wrote: Sat Mar 07, 2020 17:07
Wow dr cla45 ke fk8r ... bisa di bilang downgrade dr segala aspek ya om .... dr horse power aja keliatan cla 370 an ya om, fk8r 310 hp ...
Salah 1 pertimbangan ke fk8r adalah manual trasmision ... kadang kangen banget ama manual
Kalo diliat dari sisi hp emang keliatan turun, tapi utk supensi, stabilitas dalam tikungan, tempat duduk, dan manual transmission, bisa dihitung upgrade. Walaupun hp lebih rendah, tapi berat mobil lebih enteng juga. Mungkin berasa "downgrade" cuman kalo di mall atau hotel kalo mercy langsung di kasih tempat parkir di depan lobby. Kalo civic disuruh terus ke tempat parkir belakang :big_biglaugh:
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: Wed May 03, 2017 9:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R

Re: keep f56 jcw ato ganti fk8r

Post by FU27 »

Klo servis di pradana, suka lihat tu B 1 PAW. Pernah lihat lagi ganti intercooler. Gede banget intercoolernya. Salah satu mobil impian sih. Salah satu sportscar paling reasonable dan affordable untuk dirawat.
Sandaljepit
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: Wed Jan 17, 2018 4:03
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Honda

Re: keep f56 jcw ato ganti fk8r

Post by Sandaljepit »

addicted2turbo wrote: Sun Mar 08, 2020 2:10
Sandaljepit wrote: Sat Mar 07, 2020 17:07 Wow dr cla45 ke fk8r ... bisa di bilang downgrade dr segala aspek ya om .... dr horse power aja keliatan cla 370 an ya om, fk8r 310 hp ...
Salah 1 pertimbangan ke fk8r adalah manual trasmision ... kadang kangen banget ama manual
Kalo diliat dari sisi hp emang keliatan turun, tapi utk supensi, stabilitas dalam tikungan, tempat duduk, dan manual transmission, bisa dihitung upgrade. Walaupun hp lebih rendah, tapi berat mobil lebih enteng juga. Mungkin berasa "downgrade" cuman kalo di mall atau hotel kalo mercy langsung di kasih tempat parkir di depan lobby. Kalo civic disuruh terus ke tempat parkir belakang :big_biglaugh:
Saya lebi suka parkir di gedung , drpd di lobby , ntar diliat orang banyak , malu hahaha ...
emang cla45 ke fk8r , berasa banget ya om perbedaan dr segi power ? ato cuman beti alias beda2 tipis ?
FU27 wrote: Sun Mar 08, 2020 3:32 Klo servis di pradana, suka lihat tu B 1 PAW. Pernah lihat lagi ganti intercooler. Gede banget intercoolernya. Salah satu mobil impian sih. Salah satu sportscar paling reasonable dan affordable untuk dirawat.
“ paling reasonable dan affordable untuk dirawat “
Kasih alasannya dong om .... :big_deal:
Tats
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Sun Oct 01, 2017 5:36

Re: keep f56 jcw ato ganti fk8r

Post by Tats »

Jujur sayang jcw nya om walau sy juga suka civic type r
Sy juga org yg ga peduli org bilang civic seperti cibo biasa, yg penting rasanya type r beneran
Tapi harus diingat jcw juga bukan mobil biasa loh, jadi bukan jaminan dari jcw pindah ke type r ga bakal nyesel hehehe

Kalo sy usul keep jcw, syukuri yg ada... (halah)
kecuali ada kesempatan ambil bmw m atau merc amg sy sih keep jcw om
Atau nambah type r hahaha
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: Wed May 03, 2017 9:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R

Re: keep f56 jcw ato ganti fk8r

Post by FU27 »

Sandaljepit wrote: Sun Mar 08, 2020 7:25
“ paling reasonable dan affordable untuk dirawat “
Kasih alasannya dong om .... :big_deal:
Aftersales terjamin oom. Di jual resmi sama ATPM. ATPM besar juga. Selain itu klo lihat harganya, akan terjangkau. Klo nonton video Fitra Eri, bosnya Pradana kan bilang, dia punya stok yang NIK nya udah lewat tahun, pasti setelah diskon, harga gak sampe 1bio.

Selain itu, BBM Indonesia udah cukup memadai buat FK8R. Kan cukup pertamax turbo.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11328
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: keep f56 jcw ato ganti fk8r

Post by Omnibus »

kalau saya disuruh pilih M2 sama FK8R baru pusing .....

:big_biglaugh:
masbensin
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 214
Joined: Sun Sep 04, 2016 2:24

Re: keep f56 jcw ato ganti fk8r

Post by masbensin »

Kalo F56 JCW nya mo dijual saya siap tampung Oom buat gantiin F56 cooper s saya yg kerendem, japri ya. Saran saya kalo mau ganti pakai clubman jcw yg baru ajah, HP 306, Torsi 450. Klaim zero to 100 di 5.1 detik. Mobilnya tjakeep poll, tapi harganya cuma beda pekgo tiauw sama M2 after diskon. Ada sih sebenernya yg lebih enak lagi Mini GP3, tapi sayang quota udah habis dr juli 2019, padahal mobil masuknya Juni 2020.
Sandaljepit
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: Wed Jan 17, 2018 4:03
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Honda

Re: keep f56 jcw ato ganti fk8r

Post by Sandaljepit »

Tats wrote: Sun Mar 08, 2020 7:45 Jujur sayang jcw nya om walau sy juga suka civic type r
Sy juga org yg ga peduli org bilang civic seperti cibo biasa, yg penting rasanya type r beneran
Tapi harus diingat jcw juga bukan mobil biasa loh, jadi bukan jaminan dari jcw pindah ke type r ga bakal nyesel hehehe

Kalo sy usul keep jcw, syukuri yg ada... (halah)
kecuali ada kesempatan ambil bmw m atau merc amg sy sih keep jcw om
Atau nambah type r hahaha
“ jadi bukan jaminan dari jcw pindah ke type r ga bakal nyesel hehehe “ kata2 ini emang ada dipikiranku sih ... sayang di sby ini jarang banget type R, hampir dibilang ga ada /ga perna liat / ato maen saya kurang jauh kali disby ahahah ...
Sempet kmrn kepikiran lirik ke m2 ... tp pasaran m2 kuat banget ... dan pada jual mahal ... dan rata2 m2 yg dijual 2016-17 , yg mana garansinya uda pada abis ...
“Atau nambah type r hahaha “ duit nya belum siap om hahaha ,,,
FU27 wrote: Sun Mar 08, 2020 8:12
Sandaljepit wrote: Sun Mar 08, 2020 7:25
“ paling reasonable dan affordable untuk dirawat “
Kasih alasannya dong om .... :big_deal:
Aftersales terjamin oom. Di jual resmi sama ATPM. ATPM besar juga. Selain itu klo lihat harganya, akan terjangkau. Klo nonton video Fitra Eri, bosnya Pradana kan bilang, dia punya stok yang NIK nya udah lewat tahun, pasti setelah diskon, harga gak sampe 1bio.

Selain itu, BBM Indonesia udah cukup memadai buat FK8R. Kan cukup pertamax turbo.
Siap om , terima kasih infonya om
Omnibus wrote: Sun Mar 08, 2020 9:20 kalau saya disuruh pilih M2 sama FK8R baru pusing .....

:big_biglaugh:
klo saya m2 om hahahaha ... RWD v6 370hp ( sekilas kasat mata ya )
Tolong kasih alasan kenapa pusing om antara m2 n fk8r ?
masbensin wrote: Sun Mar 08, 2020 13:47 Kalo F56 JCW nya mo dijual saya siap tampung Oom buat gantiin F56 cooper s saya yg kerendem, japri ya. Saran saya kalo mau ganti pakai clubman jcw yg baru ajah, HP 306, Torsi 450. Klaim zero to 100 di 5.1 detik. Mobilnya tjakeep poll, tapi harganya cuma beda pekgo tiauw sama M2 after diskon. Ada sih sebenernya yg lebih enak lagi Mini GP3, tapi sayang quota udah habis dr juli 2019, padahal mobil masuknya Juni 2020.

Ga suka om clubman hehehe .... kmrn gp3 brp om ? saya sempet ditawarin ama maxindo , harga 1,5 .... siap saya japri om
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: keep f56 jcw ato ganti fk8r

Post by ChZ »

addicted2turbo wrote: Sat Mar 07, 2020 14:46 Untuk om TS, sedikit masukan dari pemakai fk8r. Sebelum pakai fk8r saya pengguna mobil sport eropa merek bintang, cla45.

Kalo dari sisi exterior, fk8r emang nggak mengundang perhatian, karena di jalanan (jakarta) udah banyak banget Civic hatchback yg udah di "dandanin" jadi mirip Type R, lengkap dari sayap belakang, knalpot nya, sampe tutup kaliper rem-nya yg merah. Jadi orang yang nggak tahu kalo liat mobil ini di jalan ya anggapan nya biasa2 aja.

Kalo dari sisi interior, type R juga mirip ama mobil Jepang standard. Head unit mirip ama Civic biasa, suara audio juga pas pas an (beda-nya jauh ama mobil eropa saya sebelum nya). Paling cuman dashboard nya aja udah full LCD. Satu hal yg plus menurut saya adalah jok bucket seat di barisan depan. Walaupun jok nya bucket seat, tapi sangat nyaman, dan pas digunakan untuk high speed turning, jok nya bener2 bikin pengemudi dan penumpang depan tetap pada posisi nya. Kalau saya bandingkan sama mobil saya sebelum nya, jok fk8r lebih nyaman walaupun bahan-nya hanya fabric, bukan kulit.

Kalau dari performa, nah ini yg bikin fk8r benar2 berkilau. Saya list beberapa hal yg menjadi plus poin dari fk8r, saya urutin dari yg paling oke menurut saya:

1. Tuning suspensi: fk8r ini tuning suspensi nya bener2 yahut, ngalahin jauh tuningan amg. Mobil ini kalo dibawa hajar tikungan pada kecepatan tinggi bener2 nempel ke aspal. Body roll nya juga hampir tidak ada. Beda banget sama mobil mercy saya yg kalo dibawa nikung itu masih berasa banget body roll nya. Tapi walaupun ini mobil pake ban 20" super tipis, menurut saya masih lebih empuk dibanding mercy saya sebelumnya (ban 19"). Speed trap kayak di bsd atau alam sutra berasa normal, padahal di mobil sebelum nya itu goncangan speed trap berasa banget. Tambahan plus lagi fk8r ini juga nggak se-pendek mercy, selama ini pemakaian masih aman nggak mentok bemper depan/belakang pas tanjakan/turunan curam di mall atau kolong mobil pas lewat poldur.

2. Transmisi manual, short throw: ini memang yg saya cari pas kemaren ganti mobil. Menggunakan manual itu berasa lebih in control dari mobil nya. Ratio transmisi nya dibikin deket per gigi, dan pindahin gigi nya enak banget karena persnelling nya itu short throw (dan pegangan nya kayak bola besi pas banget di tangan). Posisi duduk pengemudi juga pas, sehingga tangkai persneling itu pas di jangkauan tangan. Kopling nya nggak berat kalo di mode Comfort, dan ada auto-hold button jadi kalo pas berhenti di tanjakan nggak perlu takut mundur (rem tangan otomatis pas mobil berhenti di tanjakan)

3. Mesin nya enak utk diajak nge-gas. Karena gear ratio nya pendek, mesin nya tendensi bermain minimal di 2500-3000 rpm utk cruising. Kalo ditarik bisa sampe 7000 (atau 7500) redline nya. Tenaga nya nggak pernah abis kalo di gas, tapi mobil terdahulu juga sama (kecuali redline nya lebih kecil di mercy).

Jadi singkat-nya, kalo om TS emang nyari performa dalam sebuah mobil, fk8r boleh banget untuk di consider. Tapi kalau masih melihat sisi kenyamanan kabin atau exterior, mungkin f56 jcw masih lebih unggul.
Sekian dulu masukan nya.
menarik, ada user type R disini :mky_02:

fair n unbiased review komparasi antara mobil performa Jerman vs mobil performa Jepang :mky_02: ngga sekedar ngomongin gengsi lah apa lah sugesti berdasarkan merek (jerman v jepang) yang ngga terbukti kebenarannya (hell, ngomongin hothatch performa malah jadi ngomongin gengsi merek...)

suspensi saya rasa chassis Civic FK ini emang dasarnya udah balance, saya pake yang FK4 biasa aja buat nikung kenceng ngga kedodoran ngimbangin mesinnya yang udah 220hp... makanya mungkin Honda jadi fleksibel tuning suspensi mobil ini jadi ngga perlu keras-keras amat dan bisa utilize ban 20 inch untuk grip (byk yang modif jadi 18 atau 19 buat daily use, mungkin di indo lebih make sense dan aman ke velg kalo kena potholes).

berarti emang seperti yang di review luar, kalau FK8 ini mobil yang sangat friendly untuk daily use, bahkan di kota besar di Indonesia ya oom? hehehe... macem Golf GTI/R versi Jepang.

kalo sisi kenyamanan kabin bukannya kenyamanan FK8 justru lebih baik ya um? MINI F56 kabinnya lebih sempit dari Civic dan bagasi jg lebih kecil.
Last edited by ChZ on Mon Mar 09, 2020 2:30, edited 4 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
antekakio
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 400
Joined: Wed Sep 18, 2013 2:26
Location: Di atas genteng
Daily Vehicle: CX-5

Re: keep f56 jcw ato ganti fk8r

Post by antekakio »

Kalau saya jd om sih upgrade ke clubman jcw...
addicted2turbo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Fri Nov 06, 2015 1:57

Re: keep f56 jcw ato ganti fk8r

Post by addicted2turbo »

ChZ wrote: Mon Mar 09, 2020 2:19
menarik, ada user type R disini :mky_02:

fair n unbiased review komparasi antara mobil performa Jerman vs mobil performa Jepang :mky_02: ngga sekedar ngomongin gengsi lah apa lah sugesti berdasarkan merek (jerman v jepang) yang ngga terbukti kebenarannya (hell, ngomongin hothatch performa malah jadi ngomongin gengsi merek...)

suspensi saya rasa chassis Civic FK ini emang dasarnya udah balance, saya pake yang FK4 biasa aja buat nikung kenceng ngga kedodoran ngimbangin mesinnya yang udah 220hp... makanya mungkin Honda jadi fleksibel tuning suspensi mobil ini jadi ngga perlu keras-keras amat dan bisa utilize ban 20 inch untuk grip (byk yang modif jadi 18 atau 19 buat daily use, mungkin di indo lebih make sense dan aman ke velg kalo kena potholes).

berarti emang seperti yang di review luar, kalau FK8 ini mobil yang sangat friendly untuk daily use, bahkan di kota besar di Indonesia ya oom? hehehe... macem Golf GTI/R versi Jepang.

kalo sisi kenyamanan kabin bukannya kenyamanan FK8 justru lebih baik ya um? MINI F56 kabinnya lebih sempit dari Civic dan bagasi jg lebih kecil.
Emang benar fk8 ini masih oke untuk daily drive. Suspensi masih ok untuk jalanan jakarta, mobil nya juga nggak pendek2 amat, jadi aman dari poldur, parkiran di beberapa mall yg curam, dan trotoar baru yg nggak friendly ama mobil pendek. Cuman kalo pas macet banget jalanan kaki berasa juga injekin kopling :big_biglaugh: udah lama nggak pake manual, jadi kaki kiri udah terbiasa nganggur selama ini

Kalo kenyamanan, mungkin maksud saya dari sisi ke-kedapan kabin dan suara audio yg lebih bagus dibanding civic. Kalau kabin dan bagasi, saya rasa jcw emang lebih sempit (nggak pernah punya mini, jadi nggak bisa comment lebih lanjut)
User avatar
12punch
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 301
Joined: Wed Apr 10, 2019 8:58
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 6 2017

Re: keep f56 jcw ato ganti fk8r

Post by 12punch »

thread apaa ini? too much sultan in this thread...
JCW x Type R aja om ..
2 - 2 nya :D
sikat om sultanku
" In times of crisis, we stand united! “
- Ford Fiesta MK 7 Sedan 2012
- Mazda 6 Sedan 2017
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: keep f56 jcw ato ganti fk8r

Post by ChZ »

addicted2turbo wrote: Mon Mar 09, 2020 6:11
Emang benar fk8 ini masih oke untuk daily drive. Suspensi masih ok untuk jalanan jakarta, mobil nya juga nggak pendek2 amat, jadi aman dari poldur, parkiran di beberapa mall yg curam, dan trotoar baru yg nggak friendly ama mobil pendek. Cuman kalo pas macet banget jalanan kaki berasa juga injekin kopling :big_biglaugh: udah lama nggak pake manual, jadi kaki kiri udah terbiasa nganggur selama ini

Kalo kenyamanan, mungkin maksud saya dari sisi ke-kedapan kabin dan suara audio yg lebih bagus dibanding civic. Kalau kabin dan bagasi, saya rasa jcw emang lebih sempit (nggak pernah punya mini, jadi nggak bisa comment lebih lanjut)
cm koplingnya untuk mobil 300hp tergolong lebih friendly ya um? dibanding.... let's say WRX STi manual... hehehhee... itu koplingnya kan keras sekali

oooh iya di type R Honda selalu ngga pernah ngutak-atik hal lain selain suspension, chassis, engine,weight reduction, dan tentu saja.... interior dibuat se-resing mungkin.

Masalahnya itu kalo di install audio bagus dengan tambahan subwoofer belakang juga menyalahi kodrat sebuah type R... :mky_01:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Sandaljepit
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: Wed Jan 17, 2018 4:03
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Honda

Re: keep f56 jcw ato ganti fk8r

Post by Sandaljepit »

ChZ wrote: Mon Mar 09, 2020 2:19
addicted2turbo wrote: Sat Mar 07, 2020 14:46 Untuk om TS, sedikit masukan dari pemakai fk8r. Sebelum pakai fk8r saya pengguna mobil sport eropa merek bintang, cla45.

Kalo dari sisi exterior, fk8r emang nggak mengundang perhatian, karena di jalanan (jakarta) udah banyak banget Civic hatchback yg udah di "dandanin" jadi mirip Type R, lengkap dari sayap belakang, knalpot nya, sampe tutup kaliper rem-nya yg merah. Jadi orang yang nggak tahu kalo liat mobil ini di jalan ya anggapan nya biasa2 aja.

Kalo dari sisi interior, type R juga mirip ama mobil Jepang standard. Head unit mirip ama Civic biasa, suara audio juga pas pas an (beda-nya jauh ama mobil eropa saya sebelum nya). Paling cuman dashboard nya aja udah full LCD. Satu hal yg plus menurut saya adalah jok bucket seat di barisan depan. Walaupun jok nya bucket seat, tapi sangat nyaman, dan pas digunakan untuk high speed turning, jok nya bener2 bikin pengemudi dan penumpang depan tetap pada posisi nya. Kalau saya bandingkan sama mobil saya sebelum nya, jok fk8r lebih nyaman walaupun bahan-nya hanya fabric, bukan kulit.

Kalau dari performa, nah ini yg bikin fk8r benar2 berkilau. Saya list beberapa hal yg menjadi plus poin dari fk8r, saya urutin dari yg paling oke menurut saya:

1. Tuning suspensi: fk8r ini tuning suspensi nya bener2 yahut, ngalahin jauh tuningan amg. Mobil ini kalo dibawa hajar tikungan pada kecepatan tinggi bener2 nempel ke aspal. Body roll nya juga hampir tidak ada. Beda banget sama mobil mercy saya yg kalo dibawa nikung itu masih berasa banget body roll nya. Tapi walaupun ini mobil pake ban 20" super tipis, menurut saya masih lebih empuk dibanding mercy saya sebelumnya (ban 19"). Speed trap kayak di bsd atau alam sutra berasa normal, padahal di mobil sebelum nya itu goncangan speed trap berasa banget. Tambahan plus lagi fk8r ini juga nggak se-pendek mercy, selama ini pemakaian masih aman nggak mentok bemper depan/belakang pas tanjakan/turunan curam di mall atau kolong mobil pas lewat poldur.

2. Transmisi manual, short throw: ini memang yg saya cari pas kemaren ganti mobil. Menggunakan manual itu berasa lebih in control dari mobil nya. Ratio transmisi nya dibikin deket per gigi, dan pindahin gigi nya enak banget karena persnelling nya itu short throw (dan pegangan nya kayak bola besi pas banget di tangan). Posisi duduk pengemudi juga pas, sehingga tangkai persneling itu pas di jangkauan tangan. Kopling nya nggak berat kalo di mode Comfort, dan ada auto-hold button jadi kalo pas berhenti di tanjakan nggak perlu takut mundur (rem tangan otomatis pas mobil berhenti di tanjakan)

3. Mesin nya enak utk diajak nge-gas. Karena gear ratio nya pendek, mesin nya tendensi bermain minimal di 2500-3000 rpm utk cruising. Kalo ditarik bisa sampe 7000 (atau 7500) redline nya. Tenaga nya nggak pernah abis kalo di gas, tapi mobil terdahulu juga sama (kecuali redline nya lebih kecil di mercy).

Jadi singkat-nya, kalo om TS emang nyari performa dalam sebuah mobil, fk8r boleh banget untuk di consider. Tapi kalau masih melihat sisi kenyamanan kabin atau exterior, mungkin f56 jcw masih lebih unggul.
Sekian dulu masukan nya.
menarik, ada user type R disini :mky_02:

fair n unbiased review komparasi antara mobil performa Jerman vs mobil performa Jepang :mky_02: ngga sekedar ngomongin gengsi lah apa lah sugesti berdasarkan merek (jerman v jepang) yang ngga terbukti kebenarannya (hell, ngomongin hothatch performa malah jadi ngomongin gengsi merek...)

suspensi saya rasa chassis Civic FK ini emang dasarnya udah balance, saya pake yang FK4 biasa aja buat nikung kenceng ngga kedodoran ngimbangin mesinnya yang udah 220hp... makanya mungkin Honda jadi fleksibel tuning suspensi mobil ini jadi ngga perlu keras-keras amat dan bisa utilize ban 20 inch untuk grip (byk yang modif jadi 18 atau 19 buat daily use, mungkin di indo lebih make sense dan aman ke velg kalo kena potholes).

berarti emang seperti yang di review luar, kalau FK8 ini mobil yang sangat friendly untuk daily use, bahkan di kota besar di Indonesia ya oom? hehehe... macem Golf GTI/R versi Jepang.

kalo sisi kenyamanan kabin bukannya kenyamanan FK8 justru lebih baik ya um? MINI F56 kabinnya lebih sempit dari Civic dan bagasi jg lebih kecil.
Kabin pasti lebi besar , tp dr segi size mobil , enak banget mini , kecil , parkir uenak , nyelip enak hahahaha ...
antekakio wrote: Mon Mar 09, 2020 2:25 Kalau saya jd om sih upgrade ke clubman jcw...
Ga suka om , ga compaq
12punch wrote: Mon Mar 09, 2020 7:04 thread apaa ini? too much sultan in this thread...
JCW x Type R aja om ..
2 - 2 nya :D
sikat om sultanku
Ampun ommm
ChZ wrote: Mon Mar 09, 2020 7:42
addicted2turbo wrote: Mon Mar 09, 2020 6:11
Emang benar fk8 ini masih oke untuk daily drive. Suspensi masih ok untuk jalanan jakarta, mobil nya juga nggak pendek2 amat, jadi aman dari poldur, parkiran di beberapa mall yg curam, dan trotoar baru yg nggak friendly ama mobil pendek. Cuman kalo pas macet banget jalanan kaki berasa juga injekin kopling :big_biglaugh: udah lama nggak pake manual, jadi kaki kiri udah terbiasa nganggur selama ini

Kalo kenyamanan, mungkin maksud saya dari sisi ke-kedapan kabin dan suara audio yg lebih bagus dibanding civic. Kalau kabin dan bagasi, saya rasa jcw emang lebih sempit (nggak pernah punya mini, jadi nggak bisa comment lebih lanjut)
cm koplingnya untuk mobil 300hp tergolong lebih friendly ya um? dibanding.... let's say WRX STi manual... hehehhee... itu koplingnya kan keras sekali

oooh iya di type R Honda selalu ngga pernah ngutak-atik hal lain selain suspension, chassis, engine,weight reduction, dan tentu saja.... interior dibuat se-resing mungkin.

Masalahnya itu kalo di install audio bagus dengan tambahan subwoofer belakang juga menyalahi kodrat sebuah type R... :mky_01:
Audio no 2 klo saya om , cuman dengerin berita doang hahaha