Oli yang cocok untuk 2017 HRV 1.5 E Cvt

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: b8099ok, y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo

User avatar
Omnibus
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1751
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Oli yang cocok untuk 2017 HRV 1.5 E Cvt

Post by Omnibus »

indeskey wrote:
29 Dec 2019, 17:38
Om DOHC & om Omnibus, itu gasket EGR perlu di kasih sealant atau nggak ya? Kalau iya sealant merk apa

Mau nyoba bersihkan juga. Odo baru 42k sih, usia 3thn. Gerobak bukan Hrv tp brv.

Matur suwun
FSM ga sebut apa2 ttg sealant kecuali packing hrs baru. Dan mating surface hrs bersih.

EGR.jpg
indeskey wrote:
29 Dec 2019, 17:40
Ngeri peralatan tempurnya. DIYer sedjati keknya ya om. Image

Saya ada torque tp merk lippro hahaha... lumayan lah masih bisa buat ngencengin baut ban
krn range nya beda2 jd musti punya semua.

Stahlwille ada 3 biji; yg small 2-20 Nm, medium 10-50 Nm, large 40-200 Nm. semuanya bisa dilepas ujung rachetnya, bisa diganti2 pakai soket yg 1/4", 3/8" atau 1/2". Dan bisa juga pakai insert yg kunci ring atau pas. Sy kumpulin semua insert kunci pasnya dr nomer 10 - 24. Dijualnya per piece.

Britool ada 3 biji; yg small 10-50 Nm, medium 20-100 Nm, large 70-330 Nm. Ini pertama x punya beli yg non-ratchet pakenya cape.

Tohnichi ada 1 yg 10-50 Nm, ini compact bisa masuk tempat2 sempit. Cocok bgt buat kencengin busi L15 yg sempit dkt firewall di 18 Nm.

DSC_4639.JPG
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

indeskey
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 366
Joined: 23 Nov 2018, 16:27
Location: Depok
Daily Vehicle: Honda

Re: Oli yang cocok untuk 2017 HRV 1.5 E Cvt

Post by indeskey »

Noted, berarti nggak perlu sealant ya dan packing baru.

Torque wrench nyaaaaa.... ImageImage
Omnibus wrote:
indeskey wrote:
29 Dec 2019, 17:38
Om DOHC & om Omnibus, itu gasket EGR perlu di kasih sealant atau nggak ya? Kalau iya sealant merk apa

Mau nyoba bersihkan juga. Odo baru 42k sih, usia 3thn. Gerobak bukan Hrv tp brv.

Matur suwun
FSM ga sebut apa2 ttg sealant kecuali packing hrs baru. Dan mating surface hrs bersih.

EGR.jpg
indeskey wrote:
29 Dec 2019, 17:40
Ngeri peralatan tempurnya. DIYer sedjati keknya ya om. Image

Saya ada torque tp merk lippro hahaha... lumayan lah masih bisa buat ngencengin baut ban
krn range nya beda2 jd musti punya semua.

Stahlwille ada 3 biji; yg small 2-20 Nm, medium 10-50 Nm, large 40-200 Nm. semuanya bisa dilepas ujung rachetnya, bisa diganti2 pakai soket yg 1/4", 3/8" atau 1/2". Dan bisa juga pakai insert yg kunci ring atau pas. Sy kumpulin semua insert kunci pasnya dr nomer 10 - 24. Dijualnya per piece.

Britool ada 3 biji; yg small 10-50 Nm, medium 20-100 Nm, large 70-330 Nm. Ini pertama x punya beli yg non-ratchet pakenya cape.

Tohnichi ada 1 yg 10-50 Nm, ini compact bisa masuk tempat2 sempit. Cocok bgt buat kencengin busi L15 yg sempit dkt firewall di 18 Nm.

DSC_4639.JPG

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17977
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli yang cocok untuk 2017 HRV 1.5 E Cvt

Post by DOHC »

indeskey wrote:
29 Dec 2019, 17:38
Om DOHC & om Omnibus, itu gasket EGR perlu di kasih sealant atau nggak ya? Kalau iya sealant merk apa

Mau nyoba bersihkan juga. Odo baru 42k sih, usia 3thn. Gerobak bukan Hrv tp brv.

Matur suwun
DOHC wrote:Kayanya ga perlu ampe sgitu rutin om, ntuh gasket nya bahan jelek skali pakai ancur. Plg tiap 2 taon skali jg gpp

Jah, ane mah kencengin kira2 aj, ga ad torque wrench
Akur ama saran om omnibus, modalin gasket aj om, ane beli d atrium kmaren cuman 40an rebu. Bahan kaya asbes tipis
Omnibus wrote:
29 Dec 2019, 14:59
boleh kali om invest di torque wrench ..... dulu sy jg gitu kira2, tp stlh pake TW beda rasanya lbh puasss. ini di garasi ada 7 biji, yg 2 udah ga pernah dipake merk britool soalnya non-racheting jd cape musti keluar masuk baut.
Mantull !!

Ane malah invest di rachet set.. hehehe.. ad set 3/8 merk stanley asli eropa, 1/2 merk flag jepun.. kapok pake yg cungkwo2an macam tekiro krisbow, jebol smua

Numpang nanya d om, kl buat invest torque wrench gt bagus nya merk apa, ama bagusan yg 3/8 atau 1/2.. harga nya jg piro om ?
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4936
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Oli yang cocok untuk 2017 HRV 1.5 E Cvt

Post by kompresorz »

josomba wrote:
27 Dec 2019, 21:43


Hahahaha... Kalau yg awam kan, denger mesinnya dah "Turbo" lgsg berbinar binar matanee om...

Waktu yg tepat untuk godain populasi 1.0T nanti dengan jet darat-nya om Kompre
:big_biglaugh:



DOHC wrote:
28 Dec 2019, 09:37


Itu hrv jgn djual om kl gt..

Honda nanti matik smua, civic crv accord aj skrg ud matic smua..

Nanti honda cc imut2 smua, pakein turbo.. plus matic cvt

bagusnya jual biar tambahnya gak banyak... :big_biglaugh:

kaco emang merk ini....sunatnya keterlaluan...harganya meroket... :big_slap:

User avatar
Omnibus
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1751
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Oli yang cocok untuk 2017 HRV 1.5 E Cvt

Post by Omnibus »

DOHC wrote:
29 Dec 2019, 20:58

Mantull !!

Ane malah invest di rachet set.. hehehe.. ad set 3/8 merk stanley asli eropa, 1/2 merk flag jepun.. kapok pake yg cungkwo2an macam tekiro krisbow, jebol smua

Numpang nanya d om, kl buat invest torque wrench gt bagus nya merk apa, ama bagusan yg 3/8 atau 1/2.. harga nya jg piro om ?
nah tau kan pake tools cungkwo atau taiwan (yg geje) sekalipun kebanyakan cm bikin slek kepala baut. apalagi torque wrench itu precision equipment hrs beli yg high quality buatan jepun atau jerman. taruhnya jg ga boleh kena banting. ga boleh dipake buat buka baut cuma buat mengencangkan aja.

dr urutan yg sering sy pake ya:

1. 10-50 Nm ukuran soket 3/8" (busi, TB, intake manifold, box air filter, oil filter, oil drain plug, brake caliper, mounting shock atas, etc etc)

2. 40-200 Nm ukuran soket 1/2" (baut roda, kaki2, mounting shock bawah, axle nut, engine mounting, etc etc)

3. 2-20 Nm ukuran soket 3/8" (napel brake bleeder, baut kecil2 yg nempelnya ke plastik, dan utk baut2 kunci L/inhex yg nanti pakai bit adaptor pasangin ke TWnya).

Merk banyak yg bagus2. Tohnichi jepun halus bgt mekanismenya, standar pabrik2 jepun nih. Stahlwille jerman sy beli krn dia memang spesialis TW. Meski tdk sehalus tohnichi, bedanya dia habis dipakai ga usah di reset ke 0 krn bukan sistem pegas tp sistem tuas ungkit jd lbh durable juga. Standar equipmentnya airbus, bugatti, porsche dan vw. Mercy n bmw kayanya pake juga soalnya ada kitnya di katalognya. Sy pernah nonton utube di pabrik bugatti lg ngerakit veyron eh pakai stahlwille soket yg sama, rasanya gmn gitu hehehe. ga kesampean beli mobilnya beli tools nya dulu aja dah.

jepun n jerman jg beda di switch, kl jepun utk buka baut switch ke posisi kiri, kl jerman ke kanan sm dgn snap-on usa. tp krn ini torque wrench ga ngaruh (dgn habit) kan ga akan diubah2 krn sebaiknya ga dipakai buat buka baut. Sy ratchet set ada stahlwille jerman, facom france (taiwan made), snap-on usa, ko-ken jepun, ktc jepun, beta italy (jepun made), bahco sweden (taiwan made) pas gonta ganti keder sendiri switch nya.

harga antara 2 - 3 jtan lah. ga sampai 4 jt lah. kl memang ga pernah ke beres sih sepadan lah. bbrp kali diy juga udah balik modal tuh.

nih cekidot di bukalapak ada stahlwille yg buat baut roda dkk tp bukan yg versi bisa dilepas ujungnya
https://m.bukalapak.com/p-gs/industrial ... 6371439963

edit:
by any standard, itu harga murah bener. disononya aja udah 300-400an €, itu pun yg versi non quick release. selera sih.
cek aja nih https://www.amazon.de/gp/offer-listing/ ... dition=new

indeskey
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 366
Joined: 23 Nov 2018, 16:27
Location: Depok
Daily Vehicle: Honda

Re: Oli yang cocok untuk 2017 HRV 1.5 E Cvt

Post by indeskey »

Sip. Makasih om DOHC Image
DOHC wrote:
indeskey wrote:
29 Dec 2019, 17:38
Om DOHC & om Omnibus, itu gasket EGR perlu di kasih sealant atau nggak ya? Kalau iya sealant merk apa

Mau nyoba bersihkan juga. Odo baru 42k sih, usia 3thn. Gerobak bukan Hrv tp brv.

Matur suwun
DOHC wrote:Kayanya ga perlu ampe sgitu rutin om, ntuh gasket nya bahan jelek skali pakai ancur. Plg tiap 2 taon skali jg gpp

Jah, ane mah kencengin kira2 aj, ga ad torque wrench
Akur ama saran om omnibus, modalin gasket aj om, ane beli d atrium kmaren cuman 40an rebu. Bahan kaya asbes tipis
Omnibus wrote:
29 Dec 2019, 14:59
boleh kali om invest di torque wrench ..... dulu sy jg gitu kira2, tp stlh pake TW beda rasanya lbh puasss. ini di garasi ada 7 biji, yg 2 udah ga pernah dipake merk britool soalnya non-racheting jd cape musti keluar masuk baut.
Mantull !!

Ane malah invest di rachet set.. hehehe.. ad set 3/8 merk stanley asli eropa, 1/2 merk flag jepun.. kapok pake yg cungkwo2an macam tekiro krisbow, jebol smua

Numpang nanya d om, kl buat invest torque wrench gt bagus nya merk apa, ama bagusan yg 3/8 atau 1/2.. harga nya jg piro om ?

ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 553
Joined: 21 Mar 2007, 16:49

Re: Oli yang cocok untuk 2017 HRV 1.5 E Cvt

Post by ZEXELGRIFONE »

MIK wrote:
25 Dec 2019, 09:22
HRV 2015 Sy pakai oli astra shell 5w30 shop drive saja promo di blibli/ecomerce lain dengan pengantian di tempat, ganti di 7k/8k km. Yang penting oli nya asli dan rutin penggantian.
Serius neh om? Pake Shell Helix Astra 5w-30 itu? Rasanya gimana?

Kemaren sempat iseng liat2 oli buat L15 saya (Lio), liat di SnD, ada shell helix 5w-30 API nya SN+.
Pake tanda "+" entah apa itu maksudnya..

indeskey
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 366
Joined: 23 Nov 2018, 16:27
Location: Depok
Daily Vehicle: Honda

Re: Oli yang cocok untuk 2017 HRV 1.5 E Cvt

Post by indeskey »

Saya mobil brv pake oli lcgc TQ8000 0w20 aman2 aja. Dapet harga promo toko biru harga 250k dapet 3 galon (@3lt). Suara mesin biasa, konsumsi bbm standard dan di pake mudik ke jawa dan naik ke dieng aman. Tiap 5000km buang.

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17977
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli yang cocok untuk 2017 HRV 1.5 E Cvt

Post by DOHC »

Hrv ane sedari lahir ampe 100an rebu sering pake oli OEM (bahkan perna beberapa kl beli d toko oli lejen kbn jeruk waktu jaman dl), hajar ampe 8000an km malah, buka cover masi gapapa, bersih ga ad sludge samsek, panjul kem jg ga ad baret2 aneh..

Untung lah ini l15 enjin tau diri, ga nuntut oli macem2, apalagi harus 350 rebu per liter
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3004
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: Yaris

Re: Oli yang cocok untuk 2017 HRV 1.5 E Cvt

Post by sintoni »

:mky_02:
DOHC wrote:
31 Dec 2019, 17:24
Hrv ane sedari lahir ampe 100an rebu sering pake oli OEM (bahkan perna beberapa kl beli d toko oli lejen kbn jeruk waktu jaman dl), hajar ampe 8000an km malah, buka cover masi gapapa, bersih ga ad sludge samsek, panjul kem jg ga ad baret2 aneh..

Untung lah ini l15 enjin tau diri, ga nuntut oli macem2, apalagi harus 350 rebu per liter
Kalau gt oli OEM ini ane sikat 10rb/11 bulan aja ya om klep, apalg ane jarang kena macet disini. Haha.

Males 5 rb ganti, apalg ini mesin badak biasa dipake sama taksi palingan jg pake mesran. Hahaha.

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17977
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli yang cocok untuk 2017 HRV 1.5 E Cvt

Post by DOHC »

sintoni wrote:
31 Dec 2019, 18:59
:mky_02:
DOHC wrote:
31 Dec 2019, 17:24
Hrv ane sedari lahir ampe 100an rebu sering pake oli OEM (bahkan perna beberapa kl beli d toko oli lejen kbn jeruk waktu jaman dl), hajar ampe 8000an km malah, buka cover masi gapapa, bersih ga ad sludge samsek, panjul kem jg ga ad baret2 aneh..

Untung lah ini l15 enjin tau diri, ga nuntut oli macem2, apalagi harus 350 rebu per liter
Kalau gt oli OEM ini ane sikat 10rb/11 bulan aja ya om klep, apalg ane jarang kena macet disini. Haha.

Males 5 rb ganti, apalg ini mesin badak biasa dipake sama taksi palingan jg pake mesran. Hahaha.
Wahh kl 10 rebu kyanya jangan om.. maksimal 8 rebu aj, ane ganti di angka 8 rebu soalnya biasa d angka sgitu ud mesin suara kasar ama glitik pas siang terik di bejeg gas
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3004
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: Yaris

Re: Oli yang cocok untuk 2017 HRV 1.5 E Cvt

Post by sintoni »

DOHC wrote:
31 Dec 2019, 20:33
sintoni wrote:
31 Dec 2019, 18:59
:mky_02:
DOHC wrote:
31 Dec 2019, 17:24
Hrv ane sedari lahir ampe 100an rebu sering pake oli OEM (bahkan perna beberapa kl beli d toko oli lejen kbn jeruk waktu jaman dl), hajar ampe 8000an km malah, buka cover masi gapapa, bersih ga ad sludge samsek, panjul kem jg ga ad baret2 aneh..

Untung lah ini l15 enjin tau diri, ga nuntut oli macem2, apalagi harus 350 rebu per liter
Kalau gt oli OEM ini ane sikat 10rb/11 bulan aja ya om klep, apalg ane jarang kena macet disini. Haha.

Males 5 rb ganti, apalg ini mesin badak biasa dipake sama taksi palingan jg pake mesran. Hahaha.
Wahh kl 10 rebu kyanya jangan om.. maksimal 8 rebu aj, ane ganti di angka 8 rebu soalnya biasa d angka sgitu ud mesin suara kasar ama glitik pas siang terik di bejeg gas
Pake Fastron Eco LCGC 0w-20 ini sih om klep.

Maks 8k aja jadi ya?

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17977
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli yang cocok untuk 2017 HRV 1.5 E Cvt

Post by DOHC »

Iya 8k aj deh, murah ini kan, blm 325 rb per liter..

Hehehehe
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

indeskey
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 366
Joined: 23 Nov 2018, 16:27
Location: Depok
Daily Vehicle: Honda

Re: Oli yang cocok untuk 2017 HRV 1.5 E Cvt

Post by indeskey »

Saya kalau kelas lcgc rada ngeri kalau 8rb, kalau bukan lcgc baru pake sampe 8rb.
sintoni wrote:
DOHC wrote:
31 Dec 2019, 20:33
sintoni wrote:
31 Dec 2019, 18:59
:mky_02: Kalau gt oli OEM ini ane sikat 10rb/11 bulan aja ya om klep, apalg ane jarang kena macet disini. Haha.

Males 5 rb ganti, apalg ini mesin badak biasa dipake sama taksi palingan jg pake mesran. Hahaha.
Wahh kl 10 rebu kyanya jangan om.. maksimal 8 rebu aj, ane ganti di angka 8 rebu soalnya biasa d angka sgitu ud mesin suara kasar ama glitik pas siang terik di bejeg gas
Pake Fastron Eco LCGC 0w-20 ini sih om klep.

Maks 8k aja jadi ya?

User avatar
Omnibus
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1751
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Oli yang cocok untuk 2017 HRV 1.5 E Cvt

Post by Omnibus »

DOHC wrote:
29 Dec 2019, 12:57
Omnibus wrote:
29 Dec 2019, 12:54

...................

egr udah turunin trus buka valve nya dicongkel apa gimana? atau pake bidirectional control dr scanner, canggih kl itu...
Congkel pake tang lancip, sembari d tahan buka sembari semprot carbjet dalem nya.. skalian ama lobang2 exhaust di dudukan nya jg.. item berkerak ama berminyak smua
Om nih dapet tutorial buka valve EGR ketika mau dibersihkan, ga perlu congkel pakai tang lancip lagi atau scan tool mahal. tinggal tembak 12V di pin2 yg ujung sama ujung tp jangan kebalik plus minusnya maka itu akan kebuka.

https://www.youtube.com/watch?v=qDId79m7DLo

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17977
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli yang cocok untuk 2017 HRV 1.5 E Cvt

Post by DOHC »

Omnibus wrote:
15 Jan 2020, 00:40
DOHC wrote:
29 Dec 2019, 12:57
Omnibus wrote:
29 Dec 2019, 12:54

...................

egr udah turunin trus buka valve nya dicongkel apa gimana? atau pake bidirectional control dr scanner, canggih kl itu...
Congkel pake tang lancip, sembari d tahan buka sembari semprot carbjet dalem nya.. skalian ama lobang2 exhaust di dudukan nya jg.. item berkerak ama berminyak smua
Om nih dapet tutorial buka valve EGR ketika mau dibersihkan, ga perlu congkel pakai tang lancip lagi atau scan tool mahal. tinggal tembak 12V di pin2 yg ujung sama ujung tp jangan kebalik plus minusnya maka itu akan kebuka.

https://www.youtube.com/watch?v=qDId79m7DLo
Ahh sip d, makasi info nya om

Next 20 rebu km ane bakal buka lg tuh egr
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

indeskey
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 366
Joined: 23 Nov 2018, 16:27
Location: Depok
Daily Vehicle: Honda

Re: Oli yang cocok untuk 2017 HRV 1.5 E Cvt

Post by indeskey »

sip, makasih infonya om.

btw kalau itu egr di energized terus kita semprot2 pake MAF cleaner masih aman nggak ya om, takutnya ada yg short. kalau di tarik manual kan nggak ada powernya.

Omnibus wrote:
15 Jan 2020, 00:40
DOHC wrote:
29 Dec 2019, 12:57
Omnibus wrote:
29 Dec 2019, 12:54

...................

egr udah turunin trus buka valve nya dicongkel apa gimana? atau pake bidirectional control dr scanner, canggih kl itu...
Congkel pake tang lancip, sembari d tahan buka sembari semprot carbjet dalem nya.. skalian ama lobang2 exhaust di dudukan nya jg.. item berkerak ama berminyak smua
Om nih dapet tutorial buka valve EGR ketika mau dibersihkan, ga perlu congkel pakai tang lancip lagi atau scan tool mahal. tinggal tembak 12V di pin2 yg ujung sama ujung tp jangan kebalik plus minusnya maka itu akan kebuka.

https://www.youtube.com/watch?v=qDId79m7DLo

User avatar
Omnibus
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1751
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Oli yang cocok untuk 2017 HRV 1.5 E Cvt

Post by Omnibus »

DOHC wrote:
15 Jan 2020, 06:53

Ahh sip d, makasi info nya om

Next 20 rebu km ane bakal buka lg tuh egr
siap om ... ini saya udah coba ya detail di bawah. sy ga mau dibilang kasih info saya sendiri ga pernah coba :mky_03:
indeskey wrote:
15 Jan 2020, 16:55
sip, makasih infonya om.

btw kalau itu egr di energized terus kita semprot2 pake MAF cleaner masih aman nggak ya om, takutnya ada yg short. kalau di tarik manual kan nggak ada powernya.
bahan yg kena semprot sih besi cor ... ga tembus ke area solenoid nya krn ada seal. saya kemarin pakai carb cleaner, sebaiknya pakai yg softer aja deh.
ga tau soalnya sealnya tahan ngga. yg jelas ini bukan membran kaya di yg egr vacuum type.
Aman ga akan kebakar, ada spark pas konek kabel dr accu abis itu dia kebuka ga ada spark lagi.


Berikut sharing detail langkah2nya, anggap aja bench test cuma di atas kardus maklum belom bikin bench nya :mky_03: :

Power saya ambil langsung dari accu sekalian di charge biar ga soak

DSC_4670 2.jpg

Koneksi pakai alligator clip buatan Fluke

DSC_4671 crop 2.jpg

Dan rangkaian kabel pendek yg bikin sendiri utk masuk ke pin nya, pakai yg pegangannya ada insulator karetnya supaya ga kena ke pin sebelahnya (korslet bisa bikin rusak). Batt+12V pin ujung yg dr soket EGR bawaan mobil warna kabel Light Blue. Ground nya yaitu pin ujung yg dr soket EGR bawaan mobil warna kabel Black. Sy beri tanda pakai spidol putih utk yg Ground spy ingat, mirip di video youtube atas yg sy share sebelumnya.
NB: BUKAN ngomongin warna kabel rangkaian pendek disitu yg warna coklat dan biru!

DSC_4673 crop 2.jpg

Open sesame .... terbukalah valve nya, tinggal dibersihkan.

DSC_4672 2.jpg

Pas mau pasang kembali bersihkan mating surface dua2nya. Sisa gasket dibersihkan pakai 3M Scotch-Brite pad maroon + brake cleaner. Tutup dulu lubang2 tsb pakai kain/wipall supaya debris sisa gasket ga masuk kedalam, bisa tersedot nanti ke ruang bakar atau satunya ke knalpot/cat. Bersihkan juga lubang bautnya, kalau kotor itu bikin drat slek sebab lubang itu dead end bawahnya. Sisa debris sy sedot pakai vacuum cleaner. Lubang bautnya jg saya blow pakai angin kompresor keluar banyak debrisnya.
NB: Nah itu warna2 kabel di soket bawaan mobil yg tadi diomongin di atas.

DSC_4674 2.jpg

What a clean mating surface :wkkk:

Oh ya itu alternator tutupin juga pakai kain supaya debris gasket ga masuk ke alternator. Saya pakai Wipeall.

DSC_4675 2.jpg

Torque wrench in action! kencangkan 22 Nm

DSC_4677 edit 2.jpg

sekalian check busi, masih bagus cuma dibersihkan aja pakai semprot2. tenang ga diamplas kok.... gap jg msh keliatan ok. Torque spec busi 18-22 Nm. Torque spec baut coil 9.8 Nm

DSC_4669 2.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

indeskey
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 366
Joined: 23 Nov 2018, 16:27
Location: Depok
Daily Vehicle: Honda

Re: Oli yang cocok untuk 2017 HRV 1.5 E Cvt

Post by indeskey »

mantabsssssssssssss.... :emo-big_love:

beli gasket dulu.
kayaknya gasket langsung hancur ya itu, kena panas.

foto yg disebelah kanan busi itu apa om?
Omnibus wrote:
15 Jan 2020, 23:51
DOHC wrote:
15 Jan 2020, 06:53

Ahh sip d, makasi info nya om

Next 20 rebu km ane bakal buka lg tuh egr
siap om ... ini saya udah coba ya detail di bawah. sy ga mau dibilang kasih info saya sendiri ga pernah coba :mky_03:
indeskey wrote:
15 Jan 2020, 16:55
sip, makasih infonya om.

btw kalau itu egr di energized terus kita semprot2 pake MAF cleaner masih aman nggak ya om, takutnya ada yg short. kalau di tarik manual kan nggak ada powernya.
bahan yg kena semprot sih besi cor ... ga tembus ke area solenoid nya krn ada seal. saya kemarin pakai carb cleaner, sebaiknya pakai yg softer aja deh.
ga tau soalnya sealnya tahan ngga. yg jelas ini bukan membran kaya di yg egr vacuum type.
Aman ga akan kebakar, ada spark pas konek kabel dr accu abis itu dia kebuka ga ada spark lagi.


Berikut sharing detail langkah2nya, anggap aja bench test cuma di atas kardus maklum belom bikin bench nya :mky_03: :

Power saya ambil langsung dari accu sekalian di charge biar ga soak


DSC_4670 2.jpg


Koneksi pakai alligator clip buatan Fluke


DSC_4671 crop 2.jpg


Dan rangkaian kabel pendek yg bikin sendiri utk masuk ke pin nya, pakai yg pegangannya ada insulator karetnya supaya ga kena ke pin sebelahnya (korslet bisa bikin rusak). Batt+12V pin ujung yg dr soket EGR bawaan mobil warna kabel Light Blue. Ground nya yaitu pin ujung yg dr soket EGR bawaan mobil warna kabel Black. Sy beri tanda pakai spidol putih utk yg Ground spy ingat, mirip di video youtube atas yg sy share sebelumnya.
NB: BUKAN ngomongin warna kabel rangkaian pendek disitu yg warna coklat dan biru!


DSC_4673 crop 2.jpg


Open sesame .... terbukalah valve nya, tinggal dibersihkan.


DSC_4672 2.jpg


Pas mau pasang kembali bersihkan mating surface dua2nya. Sisa gasket dibersihkan pakai 3M Scotch-Brite pad maroon + brake cleaner. Tutup dulu lubang2 tsb pakai kain/wipall supaya debris sisa gasket ga masuk kedalam, bisa tersedot nanti ke ruang bakar atau satunya ke knalpot/cat. Bersihkan juga lubang bautnya, kalau kotor itu bikin drat slek sebab lubang itu dead end bawahnya. Sisa debris sy sedot pakai vacuum cleaner. Lubang bautnya jg saya blow pakai angin kompresor keluar banyak debrisnya.
NB: Nah itu warna2 kabel di soket bawaan mobil yg tadi diomongin di atas.


DSC_4674 2.jpg


What a clean mating surface :wkkk:

Oh ya itu alternator tutupin juga pakai kain supaya debris gasket ga masuk ke alternator. Saya pakai Wipeall.


DSC_4675 2.jpg


Torque wrench in action! kencangkan 22 Nm


DSC_4677 edit 2.jpg


sekalian check busi, masih bagus cuma dibersihkan aja pakai semprot2. tenang ga diamplas kok.... gap jg msh keliatan ok. Torque spec busi 18-22 Nm. Torque spec baut coil 9.8 Nm


DSC_4669 2.jpg

User avatar
Omnibus
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1751
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Oli yang cocok untuk 2017 HRV 1.5 E Cvt

Post by Omnibus »

indeskey wrote:
16 Jan 2020, 08:49
mantabsssssssssssss.... :emo-big_love:

beli gasket dulu.
kayaknya gasket langsung hancur ya itu, kena panas.

foto yg disebelah kanan busi itu apa om?
yg mana?

kunci sok blasteran itu .... campuran bule amrik sm nonik jepang (extensionnya Snap-On; kunci sok busi magnetic nya KTC) :mky_01:

kl yg di tas itu connector set Fluke SureGrip TLK-225 dan Fluke TP81 test lead utk piercing kabel.

User avatar
Omnibus
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1751
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Oli yang cocok untuk 2017 HRV 1.5 E Cvt

Post by Omnibus »

beatlaws wrote:
23 Dec 2019, 14:24
Salam kenal para Suhu2 SM Saya biasanya jadi silent reader aja :big_peace: , nah sekarang saya bikin akun buat nanya soal oli ini per 10K , sebelumnya saya selalu ganti oli di beres Honda dengan oli Honda Gold 0w30 , karena udh jalan 30k dan gratisan jasa di beres udh abis , saya akhirnya ganti oli di bengkel umum Mobeng Bekasi , sebelumnya saya udh browsing tentang oli hrv di spek harus pake 0w20 tapi bisa juga pake 5w30 bahkan 10w , nah pas kemaren di Mobeng saya ditawarin oli merk xten akhirnya saya pilih xten 5w30 yang saya baru tau merk tersebut pada saat itu , tapi sejak diganti oli itu mesin mobil saya jadi agak lebih bergetar apalagi kalo abis jalan terus parkir mobil belum di matiin mesin kaya meraung - raung setelah bbrp menit baru normal lagi , Rencananya pengen ganti oli lagi merk lain 0w20 kira2 oli apa yang pas , Kriterinya :

1. Pengen minim getaran mesin dan suara mesin halus
2. harga per liter max 180k
3. Ganti oli maunya di Toda , Mobeng , 1station , Shop & drive karena terjamin asli ( mana yang paling lengkap setelah Toda )

Domisili saya di Bekasi kendaraan dipake daily buat ke kantor di Cikarang
om TS, aduh maaf sy oot trit anda terus gara2 bahas egr. mengenai pertanyaan om sy sih di rmh ga ada hrv tp jazz ... krn mesinnya sm L15 sy ikut jawab ya...

sy dr baru ganti oli pertama di 1000 km pakai amsoil signature series 5w-30. kl beli di tokped dpt dibawah 200 rb seliter. Alasannya krn oli ini tertulis masuk spec Honda HTO-06 (cuma yg 5w-30 cmiiw). tadinya mau ikut OCI (oil change interval) 10k km. oli barunya enak bgt, minim getaran dan suara, tarikan mantap, termasuk terenak yg pernah sy coba sekelas aral supertronic dulu dan di atas mobil 1. tapi pas di odo 5.500 sdh mulai hitam, 6500 udah berasa berat. cari online info ada 2 org mekanik professional yg sy percaya bilang even fully synthetic saranin max oci 5000 miles. bahkan mobil istrinya oci 3750 miles.

Service condition mobil sy masuknya severe condition krn tiap hari kena trip2 pendek terus, max total 20-30 km per hari, stop n go, dgn cvt rpm cruising dibawah 1500 rpm terus (high fuel contamination) dan udara berdebu. kota bdg beneran berdebu baru di odo 6000 sy sdh hrs ganti air filter, manual book bilangnya 20k baru hrs ganti. Back to oli, akhirnya tarikan mesin udah ga enak bgt (performance drop 50% dr baru) dan di odo 7300 ganti oli (oci 6300 km/4000an miles).

Mungkin bagi banyak org tdk setuju dgn oci sy terlalu rendah, amsoil mah 10000 km jg sanggup. But not for me, harga oli murah, harga mesin kl sampai kena sludge jauh lbh mahal. Timing chain sy intip jg sdh mulai gelap, chain guide nya jg dan kasian mekanisme i-vtec nya kl olinya kotor.

semua oli bekas sy tampung mau di analisis tp males juga. yg penting mesinnya ga makan oli, cuma ada penguapan kira2 200 ml selama 6300 km which is quite normal.

Apapun merknya asal asli rasanya 5w-30 cocok utk mesin ini, gitu om. kl bisa go full synthetic.

indeskey
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 366
Joined: 23 Nov 2018, 16:27
Location: Depok
Daily Vehicle: Honda

Re: Oli yang cocok untuk 2017 HRV 1.5 E Cvt

Post by indeskey »

maaf om TS, OOT juga.

Om kalau mobilnya kapan2 mau dilego tawarin dulu disini hahaha... jelas excellent condition ini :emo-big_love:

kidding om.
Omnibus wrote:
16 Jan 2020, 11:44
beatlaws wrote:
23 Dec 2019, 14:24
Salam kenal para Suhu2 SM Saya biasanya jadi silent reader aja :big_peace: , nah sekarang saya bikin akun buat nanya soal oli ini per 10K , sebelumnya saya selalu ganti oli di beres Honda dengan oli Honda Gold 0w30 , karena udh jalan 30k dan gratisan jasa di beres udh abis , saya akhirnya ganti oli di bengkel umum Mobeng Bekasi , sebelumnya saya udh browsing tentang oli hrv di spek harus pake 0w20 tapi bisa juga pake 5w30 bahkan 10w , nah pas kemaren di Mobeng saya ditawarin oli merk xten akhirnya saya pilih xten 5w30 yang saya baru tau merk tersebut pada saat itu , tapi sejak diganti oli itu mesin mobil saya jadi agak lebih bergetar apalagi kalo abis jalan terus parkir mobil belum di matiin mesin kaya meraung - raung setelah bbrp menit baru normal lagi , Rencananya pengen ganti oli lagi merk lain 0w20 kira2 oli apa yang pas , Kriterinya :

1. Pengen minim getaran mesin dan suara mesin halus
2. harga per liter max 180k
3. Ganti oli maunya di Toda , Mobeng , 1station , Shop & drive karena terjamin asli ( mana yang paling lengkap setelah Toda )

Domisili saya di Bekasi kendaraan dipake daily buat ke kantor di Cikarang
om TS, aduh maaf sy oot trit anda terus gara2 bahas egr. mengenai pertanyaan om sy sih di rmh ga ada hrv tp jazz ... krn mesinnya sm L15 sy ikut jawab ya...

sy dr baru ganti oli pertama di 1000 km pakai amsoil signature series 5w-30. kl beli di tokped dpt dibawah 200 rb seliter. Alasannya krn oli ini tertulis masuk spec Honda HTO-06 (cuma yg 5w-30 cmiiw). tadinya mau ikut OCI (oil change interval) 10k km. oli barunya enak bgt, minim getaran dan suara, tarikan mantap, termasuk terenak yg pernah sy coba sekelas aral supertronic dulu dan di atas mobil 1. tapi pas di odo 5.500 sdh mulai hitam, 6500 udah berasa berat. cari online info ada 2 org mekanik professional yg sy percaya bilang even fully synthetic saranin max oci 5000 miles. bahkan mobil istrinya oci 3750 miles.

Service condition mobil sy masuknya severe condition krn tiap hari kena trip2 pendek terus, max total 20-30 km per hari, stop n go, dgn cvt rpm cruising dibawah 1500 rpm terus (high fuel contamination) dan udara berdebu. kota bdg beneran berdebu baru di odo 6000 sy sdh hrs ganti air filter, manual book bilangnya 20k baru hrs ganti. Back to oli, akhirnya tarikan mesin udah ga enak bgt (performance drop 50% dr baru) dan di odo 7300 ganti oli (oci 6300 km/4000an miles).

Mungkin bagi banyak org tdk setuju dgn oci sy terlalu rendah, amsoil mah 10000 km jg sanggup. But not for me, harga oli murah, harga mesin kl sampai kena sludge jauh lbh mahal. Timing chain sy intip jg sdh mulai gelap, chain guide nya jg dan kasian mekanisme i-vtec nya kl olinya kotor.

semua oli bekas sy tampung mau di analisis tp males juga. yg penting mesinnya ga makan oli, cuma ada penguapan kira2 200 ml selama 6300 km which is quite normal.

Apapun merknya asal asli rasanya 5w-30 cocok utk mesin ini, gitu om. kl bisa go full synthetic.

indeskey
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 366
Joined: 23 Nov 2018, 16:27
Location: Depok
Daily Vehicle: Honda

Re: Oli yang cocok untuk 2017 HRV 1.5 E Cvt

Post by indeskey »

Fluke SureGrip TLK-225 dan Fluke TP81 test lead utk piercing kabel. (yg ini om.... )
Omnibus wrote:
16 Jan 2020, 09:46
indeskey wrote:
16 Jan 2020, 08:49
mantabsssssssssssss.... :emo-big_love:

beli gasket dulu.
kayaknya gasket langsung hancur ya itu, kena panas.

foto yg disebelah kanan busi itu apa om?
yg mana?

kunci sok blasteran itu .... campuran bule amrik sm nonik jepang (extensionnya Snap-On; kunci sok busi magnetic nya KTC) :mky_01:

kl yg di tas itu connector set Fluke SureGrip TLK-225 dan Fluke TP81 test lead utk piercing kabel.

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17977
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli yang cocok untuk 2017 HRV 1.5 E Cvt

Post by DOHC »

indeskey wrote:
16 Jan 2020, 13:09
maaf om TS, OOT juga.

Om kalau mobilnya kapan2 mau dilego tawarin dulu disini hahaha... jelas excellent condition ini :emo-big_love:

kidding om.
Omnibus wrote:
16 Jan 2020, 11:44
beatlaws wrote:
23 Dec 2019, 14:24
Salam kenal para Suhu2 SM Saya biasanya jadi silent reader aja :big_peace: , nah sekarang saya bikin akun buat nanya soal oli ini per 10K , sebelumnya saya selalu ganti oli di beres Honda dengan oli Honda Gold 0w30 , karena udh jalan 30k dan gratisan jasa di beres udh abis , saya akhirnya ganti oli di bengkel umum Mobeng Bekasi , sebelumnya saya udh browsing tentang oli hrv di spek harus pake 0w20 tapi bisa juga pake 5w30 bahkan 10w , nah pas kemaren di Mobeng saya ditawarin oli merk xten akhirnya saya pilih xten 5w30 yang saya baru tau merk tersebut pada saat itu , tapi sejak diganti oli itu mesin mobil saya jadi agak lebih bergetar apalagi kalo abis jalan terus parkir mobil belum di matiin mesin kaya meraung - raung setelah bbrp menit baru normal lagi , Rencananya pengen ganti oli lagi merk lain 0w20 kira2 oli apa yang pas , Kriterinya :

1. Pengen minim getaran mesin dan suara mesin halus
2. harga per liter max 180k
3. Ganti oli maunya di Toda , Mobeng , 1station , Shop & drive karena terjamin asli ( mana yang paling lengkap setelah Toda )

Domisili saya di Bekasi kendaraan dipake daily buat ke kantor di Cikarang
om TS, aduh maaf sy oot trit anda terus gara2 bahas egr. mengenai pertanyaan om sy sih di rmh ga ada hrv tp jazz ... krn mesinnya sm L15 sy ikut jawab ya...

sy dr baru ganti oli pertama di 1000 km pakai amsoil signature series 5w-30. kl beli di tokped dpt dibawah 200 rb seliter. Alasannya krn oli ini tertulis masuk spec Honda HTO-06 (cuma yg 5w-30 cmiiw). tadinya mau ikut OCI (oil change interval) 10k km. oli barunya enak bgt, minim getaran dan suara, tarikan mantap, termasuk terenak yg pernah sy coba sekelas aral supertronic dulu dan di atas mobil 1. tapi pas di odo 5.500 sdh mulai hitam, 6500 udah berasa berat. cari online info ada 2 org mekanik professional yg sy percaya bilang even fully synthetic saranin max oci 5000 miles. bahkan mobil istrinya oci 3750 miles.

Service condition mobil sy masuknya severe condition krn tiap hari kena trip2 pendek terus, max total 20-30 km per hari, stop n go, dgn cvt rpm cruising dibawah 1500 rpm terus (high fuel contamination) dan udara berdebu. kota bdg beneran berdebu baru di odo 6000 sy sdh hrs ganti air filter, manual book bilangnya 20k baru hrs ganti. Back to oli, akhirnya tarikan mesin udah ga enak bgt (performance drop 50% dr baru) dan di odo 7300 ganti oli (oci 6300 km/4000an miles).

Mungkin bagi banyak org tdk setuju dgn oci sy terlalu rendah, amsoil mah 10000 km jg sanggup. But not for me, harga oli murah, harga mesin kl sampai kena sludge jauh lbh mahal. Timing chain sy intip jg sdh mulai gelap, chain guide nya jg dan kasian mekanisme i-vtec nya kl olinya kotor.

semua oli bekas sy tampung mau di analisis tp males juga. yg penting mesinnya ga makan oli, cuma ada penguapan kira2 200 ml selama 6300 km which is quite normal.

Apapun merknya asal asli rasanya 5w-30 cocok utk mesin ini, gitu om. kl bisa go full synthetic.
Second that

Another kutunggu jandamu, hehehe...

Btw, sepengalaman ane jual mobil.. sayangnya ga perna ad yg concern ke daleman mesin, bahkan yg mau tau servis record aj jarang.. rata2 cuman liat body ama odo, lgs tawar harga
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

User avatar
Omnibus
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1751
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Oli yang cocok untuk 2017 HRV 1.5 E Cvt

Post by Omnibus »

indeskey wrote:
16 Jan 2020, 13:09
maaf om TS, OOT juga.

Om kalau mobilnya kapan2 mau dilego tawarin dulu disini hahaha... jelas excellent condition ini :emo-big_love:

kidding om.
Hahaha temen2 ogut kuliah atau kerja dulu semua bilang gitu.... ga cuma mobil tp HP, jam tangan lah sampai ex-girlfriend pada mau bekasnya sy .... hahahaha apik katanya

kecuali biem seri 5 e39 bapuk sm aseren c26 yg pincang2 sisanya sih cukup mumpuni keadaannya haha. c26 full autoleder asli jok kulitnya sih.... hoki jg lah itu yg beli

Post Reply