Re: Need Advice Antara Brio, Mirage, atau Sirion
Posted: 17 Jul 2017, 10:52
vote ingnis baru saja ada abs airbag fitur wajib buat mobil
Indonesian Automotive Discussion Forum
https://www.serayamotor.com/diskusi/
Sirion yang gampang kya nya cm parts engine aja krn k3ve... part body ma lain lain pada ngeluh indent...NYoman wrote: ↑12 Jul 2017, 09:04 1. Apakah memang getaran mesin mirage itu parah sampai terasa kedalam kabin? Mengingat yg lainnya didalam compare ini merupakan mesin 4 silinder.
Parah sih nggak cuma diantara seluruh mesin 3cyl paling halus dan masuk salah satu dari best 3cyl di dunia
2. Benarkah harga sparepart Mirage lebih mahal dibanding Brio dan Sirion untuk kategori yg sama? (Komponen fast moving & slow moving)
Ini agak sangsi, tapi rasanya semua sama2 kok.. Brio yang CKD udah murah pakai bgt parts2 nya yang genuine, bahkan boleh dibilang beberapa lebih murah dari Sirion yang notabene banyak KWan nya..
3. Andaikata saya dikemudian hari ada rejeki lebih dan ingin upgrade mobil, apakah memang Mirage susah dijual kembalinya dan harganya akan anjlok parah?
Untuk yang ini, saya masih mantep di Brio dan Sirion
4. Adakah saran mobil lain selain diatas yang mungkin masuk dalam kriteria saya?
Splash adalah pilihan yang masuk akal dan menurut saya lebih enak dari Brio apalagi Sirion.. Perlu di ingat, Brio keluaran baru (facelift) bantingan suspensinya lebih keras dari 1st gen CKD (prooved) jadi mirip kayak bawa Sirion walaupun gak sekaku itu.. Splash termasuk paling enak buat saya di kelas 1.2L.. Bawaan nya juga lebih mantep dibanding 3 rival yang di inginkan TS..
Mbah... serpis di beres nya mahil amit... prasaan seumur-umur serpis di ngahon gak pernah tembus 2juta... pdhl kelas siarpi loh...vulvy8858 wrote: ↑17 Jul 2017, 11:14
Cons:
maintenance cost di Bengkel Resmi yang ampun bener harganya, mubil ketjil gini minimal sejeti cuma buat serpis berkala, kadang2 bisa 2 jeti lebih. lebih mahal dari X-Trail dan mirip2 Innova 2GD
overall:
selama 33rb km, saya spend 2.7jt buat biaya serpis berkala + pengecekan di BeRes, 3 juta buat beli olie + fast moving parts di luar BeRes , 1.8 juta buat beli ban 4 biji, 1.5 juta buat balancing-spooring per 6 bulan, 7 juta buat pajak. sementara ini cukup surprized dengan reliability si Brio yang IMHO luar biasa buat mubil Honda kecil, ga ad penggantian di luar oli dan filter plus kampas rem dan ban.
buat kenyamanan dan buat enjin sih saya maklumi aja deh wkwkwkwk
puas? lumayan... seenggaknya kalo mao dijual ya dia bisa laku cepet wkwkwkwkwkw
bisa jadiChZ wrote: ↑17 Jul 2017, 11:39 Mbah... serpis di beres nya mahil amit... prasaan seumur-umur serpis di ngahon gak pernah tembus 2juta... pdhl kelas siarpi loh...
Ongkos jasa nya ngecuan nya banyak kali ntu ngahon... makanya uwe paling gak pernah pake kata servis berkala... dibebanin ongkos jasa nya ngehe bener...
Dah coba TD pas di PRJ. maticnya rada aneh rasanya om.. lagian juga over budget
Makasih om.. kayanya sirion jadi ga minat lagi..ChZ wrote: ↑17 Jul 2017, 10:57Sirion yang gampang kya nya cm parts engine aja krn k3ve... part body ma lain lain pada ngeluh indent...NYoman wrote: ↑12 Jul 2017, 09:04 1. Apakah memang getaran mesin mirage itu parah sampai terasa kedalam kabin? Mengingat yg lainnya didalam compare ini merupakan mesin 4 silinder.
Parah sih nggak cuma diantara seluruh mesin 3cyl paling halus dan masuk salah satu dari best 3cyl di dunia
2. Benarkah harga sparepart Mirage lebih mahal dibanding Brio dan Sirion untuk kategori yg sama? (Komponen fast moving & slow moving)
Ini agak sangsi, tapi rasanya semua sama2 kok.. Brio yang CKD udah murah pakai bgt parts2 nya yang genuine, bahkan boleh dibilang beberapa lebih murah dari Sirion yang notabene banyak KWan nya..
3. Andaikata saya dikemudian hari ada rejeki lebih dan ingin upgrade mobil, apakah memang Mirage susah dijual kembalinya dan harganya akan anjlok parah?
Untuk yang ini, saya masih mantep di Brio dan Sirion
4. Adakah saran mobil lain selain diatas yang mungkin masuk dalam kriteria saya?
Splash adalah pilihan yang masuk akal dan menurut saya lebih enak dari Brio apalagi Sirion.. Perlu di ingat, Brio keluaran baru (facelift) bantingan suspensinya lebih keras dari 1st gen CKD (prooved) jadi mirip kayak bawa Sirion walaupun gak sekaku itu.. Splash termasuk paling enak buat saya di kelas 1.2L.. Bawaan nya juga lebih mantep dibanding 3 rival yang di inginkan TS..
Sirion ma Miras RVnya lebih anjlok sirion deh... likuiditas jg lebih bagus Miras drpd sirion... Sirion walau brand D gak gampang mobilnya krn langka... miras msh lebih likuid drpd sirion...
Brio yg suspensinya keras cm yang RS... krn ada embel sportipu tuned suspension...
Aseeekkk.. Makasi banyak om atas reviewnya.. muantaaabbbb.... lengkap bangettt...vulvy8858 wrote: ↑17 Jul 2017, 11:14 Saya jawab Brio aja ya karena emang adik saya pake Brio wkwkwk
keluaran November 2014, pake Desember 2014, clocking 33rb km
Pros:
sparepart fast moving bisa substitusi sama Jazz, Freed, HR-V, BR-V, Lio, City, asumsikan saja aman. parts KW juga banyak, modif juga gampang
harga parts fast moving kalo di bengkel non-resmi atau spesialis Honda, ga terlalu mahal, wajar aja mirip2 sama apansa seniya.
handling enak, nikmat, belok kenceng OK, braking OK, dibawa 100-120 belom melayang melayang amat padahal pake eco-tire ukuran standard
resale value. saya beli Desember 2014 kemaren 145 juta, sekarang masi ditawar 115-120 juta
oli enjin, oli tranny ga ribet. cukup pake SAE 10W-30 dan ATF-DW yang banyak dijual spesialis Honda dan toko olie skala gede
plasticky menurut saya jadi nilai plus malah, karena gampang dibersihin
kabin sederhana dan kopongan juga jadi nilai plus karena kelegaan 1st row sangat layak. saya 180/86 dan bapak saya 180/82 masi bisa duduk dengan nyaman di row 1, intinya posisi duduk row 1 nggenah
isi primium, pertalit, pertamak, pipower, turbo, ga ngelitik. paling jadi lemot mendadak wkwkwkwkwk. minimal pertalit da, pertamak reccomended
kehalusan enjin 4 cyl Honda L series pas lagi langsam dan dibawa pelan
durability yang lumayan, selama 33rb km ini saya cuma ganti oli enjin, nambah oli matic +/- 1 botol belom abis, ganti filter udara 2x, balancing-spooring 1/2 taun sekali. sama ganti eco-tire 4 biji karena goodyear bawaannya berisik banget
Cons:
pajaknya setara Avanza tahun yang sama, hampir 2.4 juta
maintenance cost di Bengkel Resmi yang ampun bener harganya, mubil ketjil gini minimal sejeti cuma buat serpis berkala, kadang2 bisa 2 jeti lebih. lebih mahal dari X-Trail dan mirip2 Innova 2GD
kabin plasticky yang emang ga enak dilihat dan diraba
posisi duduk yang enak ga didukung sama jok yang tebal, joknya tipis kayak papan. jok row 2 juga tipis kayak papan dan bikin badan tenggelam plus ga ada headrest belakang. ditambah lagi bantingan yang lumayan keras, compare to March dan Etios Palkot. kalo bawa Brio diatas 50 km one trip lumayan juga berasa pegel hehehehe
ga irit-irit amat buat rute dalkot. dalkot rata2 1:9-10 kalo macet. lurkot juga kalo dibawa pecicilan ga irit2 amat, 1:15an lah. jauh dari kepala 2.
rasio transmisi matic yang terlalu panjang2. okelah kalo konstan di tol nikmat bener 90 kpj masi 2000 rpm dan 140 kpj masi 3000 rpm, tapi buat mengail tenaga buat mencapai kecepatan segono, mesin kecilnya terengah engah banget. paling berasa kalo dibawa keluar kota rute nanjak2 dan diisi lebih dari 2 orang, kasian juga ni enjin. ini jugak yang bikin maticnya agak bloon dan agak kasar shiftingnya kalo pas dibejek. 0 ke 100 around 15s ya.
AC kurang dingin, uda diapain juga masi kurang dingin
peredaman kabin hampir nol, atas berisik, apalagi pas ujan. bawah berisik, apalagi pas jalan beton / ga rata. samping berisik, uda dikasi peredam pintu juga masi berisik, pasang audio pas kegebuk bass, doortrim sama dasbor geter semua wkwkwkwkwkwkwkwkwk
harga parts ORI apalagi di BeRes lumayan juga wkwkwkwk kampas rem depan 800rb, pake Bendix yang harganya separonya lebi pakem malah. ni mubil rem nya jauh lebih pakem dari kemampuan akselerasinya wkwkwkwkwkwkwk
ga ada bagasi. bawa koper setengah modyar. bawa ransel 28 liter 3 biji uda abis tu bagasi.
cat tipis dan mudah banget baret & penyok kecil / dent, kalo carport ente ga ada kanopi dan tu atap / kap mesin ketiban si mpus n kena cakarnya, abislah itu cat wkwkwkwkwkwkwk
ground clearence cetek, suka mentok poldur. kalo suka travelling lurkot dan cara bawanya kasar, bagian bawah bemper depan pasti abis dah wkwkwkwkwk.
IMHO buat ditekuk ekstrim sama hard braking dan handling diatas 100 kpj, minimal ganti ban yang lebarnya 195 sekalian pelek yg lebi lebar, pake ban ukuran standard dan eco-tire agak serem, pas hard braking, rem sukses, stir lurus, ga ngebuang, cuma ban nya aja yang ga kuat wkwkwkwk, pas belok kenceng juga body nurut, setir nurut, ban nya ga kuat. btw saya cuma pake GT Radial Champiro Eco.
overall:
selama 33rb km, saya spend 2.7jt buat biaya serpis berkala + pengecekan di BeRes, 3 juta buat beli olie + fast moving parts di luar BeRes , 1.8 juta buat beli ban 4 biji, 1.5 juta buat balancing-spooring per 6 bulan, 7 juta buat pajak. sementara ini cukup surprized dengan reliability si Brio yang IMHO luar biasa buat mubil Honda kecil, ga ad penggantian di luar oli dan filter plus kampas rem dan ban.
buat kenyamanan dan buat enjin sih saya maklumi aja deh wkwkwkwk
puas? lumayan... seenggaknya kalo mao dijual ya dia bisa laku cepet wkwkwkwkwkw
Nah kl ngikutin buku serpis / tabel serpis berkala... Mang ngehe... Kdg tiap beres bisa gak sama ampun deh...vulvy8858 wrote: bisa jadi
karena eke ke BeRes cuma jalanin yg di menual buk wkwkwkwkwkwkwk
Ambil yg 2015 ajaa... Odo lebih minim dan taun lebih muda.Harrazuku wrote:
Makasih om.. kayanya sirion jadi ga minat lagi..
Ini ada yg nawarin 2014 km sudah 70k.. sama 2015 km 22k.. harga beda 10jt murahan yg 2014...Pilih mana yg ya om?
Yg 2014 udh dapet sub + power walaupun merk abal2 punya sih. Tape aslinya ga ada.
Nah trus kalo mobil masih garansi seperti Brio ane, enaknya gimana dong?
pengalaman adalah guru terbaik kan? wkwkwkwkwkwk
yang mahal sebenernya cleaner2nya itu chris, bisa sejeti sendiri wkwkwkwkwk
bawa aja ke BeRes, um.artoodetoo wrote: ↑17 Jul 2017, 22:00 Nah trus kalo mobil masih garansi seperti Brio ane, enaknya gimana dong?
Splash kalo compare ke Brio sih lebih nyaman yaarfyano wrote: ↑18 Jul 2017, 09:50 Brio aja tp jgn yg satya, cari jgn buru2, ga apa2 tahun lbh tua dikit yg penting kelas di atasnya.. splash ga di masukin pilihan? lmyn kenceng ni mbl, irit pula. perawatan ya khas suzuki lah.. kl mslh model, mbl kelas ini ga ada yg istimewa modelnya, semua sama aja.
saya pake march xs at 2012 si terus terang ga pernah berasa under power pas nanjak, tapi ya ini ekspektasi dan cara pakai user beda2 ya.Harrazuku wrote: ↑12 Jul 2017, 04:26 Salam kenal om2 semua.
Saya rencana mau ambil mobkas harga 115-120 jt'an. Pilihannya antara :
Brio AT 2014 / 2015
Mirage Exceed 2014 / 2015
Sirion D AT 2014 / 2015
Sempat masukin March dalam hitungan, namun tidak jadi karena ketika TD mesinnya terasa "agak" kurang kuat untuk menanjak. (Dibawa ke puncak)
kalau diantara semua itu sebenernya si follow the crowd = brio, tapi ya siap2 aja sektor kenyamanan dan kelegaan ketinggalan semua dari mirage atau sirion. soal spare part menurut saya si mestinya sebelas dua belas tapi jelas brio unggul ya karena banyak yang pake dan itu honda yang laku banget.Untuk saat ini lebih condong ke Mirage Exceed karena fiturnya cukup lengkap dan cukup safety.
Tujuan pakainya untuk kegiatan sehari - hari sambil kerja taxi online juga kadang2. Saya belum menikah jadi rasanya belum butuh mobil yg besar2.
Tapi masih ada yg mengganjal hati saya ketika ingin meminang mirage, karena beberapa kawan saya menyarankan jangan membeli Mitsubishi, ada yg bilang sparepartsnya susah dan mahal, ada yg bilang jualnya susah dan anjlok, jadi yang ingin saya tanyakan kepada para om2 disini yg pastinya jauh lebih mengerti daripada saya adalah :
1. Apakah memang getaran mesin mirage itu parah sampai terasa kedalam kabin? Mengingat yg lainnya didalam compare ini merupakan mesin 4 silinder.
2. Benarkah harga sparepart Mirage lebih mahal dibanding Brio dan Sirion untuk kategori yg sama? (Komponen fast moving & slow moving)
3. Andaikata saya dikemudian hari ada rejeki lebih dan ingin upgrade mobil, apakah memang Mirage susah dijual kembalinya dan harganya akan anjlok parah?
4. Adakah saran mobil lain selain diatas yang mungkin masuk dalam kriteria saya?
Atas jawabannya dan sarannya saya ucapkan terima kasih.