PS Dakar or Santa Fe
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Mon Dec 10, 2012 9:19
PS Dakar or Santa Fe
Permisi suhu2 SM semua, newbie numpang nanya, bokap pengen ganti mobil buat gantiin panther grand touring 05 dia. Pilihannya sampe saat ini ada PS dakar sama Santa Fe. Sebenernya ga ada kriteria khusus buat mobilnya, kedua mobil itu udah diliat langsung dan test drive sebentar tapi beliau malah makin bingung mau pilih yg mana, mungkin lebih ke overall lebih baik mobil mana diantara dua itu. Mobil akan dipakai lumayan lama >5 tahun, weekdays dipake kerja sendiri + barang2 yg cukup banyak. Mungkin dari suhu2 atau pemakai mobil di atas bisa kasih saran buat bokap ane.
Thank you semua!!
Thank you semua!!
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Thu Jan 17, 2013 17:20
- Location: Bans of The Dungs
Re: PS Dakar or Santa Fe
Kalo dari tampang, PS dan SF bagai bumi dan langit...kl seneng tampil beda pilih SF...design eksteriornya berani disandingkan dengan SUV nya Mazda, Lexus atau Infiniti sekalipun...torsinya juga melimpah dijamin enak buat keluar kota...cuma downsidenya sdh pasti resale value...untuk review bisa baca ulasan om AD74YA...
The funniest thing about this particular signature is that by the time you realise it doesn't say anything it's too late to stop reading it.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1109
- Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30
Re: PS Dakar or Santa Fe
Lebih baik dr sisi mana dulu, keduanya punya keunggulan/ kelemahan masing2
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: PS Dakar or Santa Fe
Yah jelas enak suv yg rwd dan ada lsd nya atuh, suv nyari yg tampangnya agak laki dikit, jangan yg tampang cantik dong, tapi yah itu subjective, soalnya ane gak suka tampang2 mobil kyk cx-5, new crv dan sejenisnya. Apalagi diesel jepang setingan mesinnya masih aman, gak kayak diesel korea yg disetting agak maximal, tinggal pasang piggyback seperti dast*k atau m*nster m*x, beres deh, 0-100 under 8 second, quarter miles juga under 16 second
tapi yah kembali ke preference, suka tampang yg mana, atau suka nyetir yg mana, di test drive aja dua2nya, soalnya kl pjs agak pendek plafon, dan setirnya berat sekali, kalau kyk santa fe pasti lbh enteng dan lebih nyantai buat nyetir nya 


STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1054
- Joined: Thu Oct 11, 2012 12:16
Re: PS Dakar or Santa Fe
Mengapa ngak milih Fortuner VNT aja daripada dakar dan Santa Fehtannis wrote:Yah jelas enak suv yg rwd dan ada lsd nya atuh, suv nyari yg tampangnya agak laki dikit, jangan yg tampang cantik dong, tapi yah itu subjective, soalnya ane gak suka tampang2 mobil kyk cx-5, new crv dan sejenisnya. Apalagi diesel jepang setingan mesinnya masih aman, gak kayak diesel korea yg disetting agak maximal, tinggal pasang piggyback seperti dast*k atau m*nster m*x, beres deh, 0-100 under 8 second, quarter miles juga under 16 secondtapi yah kembali ke preference, suka tampang yg mana, atau suka nyetir yg mana, di test drive aja dua2nya, soalnya kl pjs agak pendek plafon, dan setirnya berat sekali, kalau kyk santa fe pasti lbh enteng dan lebih nyantai buat nyetir nya

http://yamatoikwan.blogspot.com/
https://www.facebook.com/pages/Pojok-Un ... 0505942274
Kalau Bisa diperbaiki ya jangan diganti, Kalau bisa bikin sendiri mengapa harus beli ?
https://www.facebook.com/pages/Pojok-Un ... 0505942274
Kalau Bisa diperbaiki ya jangan diganti, Kalau bisa bikin sendiri mengapa harus beli ?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: PS Dakar or Santa Fe
tumben unta item keluar dari sarangnya......




Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2198
- Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34
Re: PS Dakar or Santa Fe
Panther grand touring ajaUnta_item wrote:Mengapa ngak milih Fortuner VNT aja daripada dakar dan Santa Fehtannis wrote:Yah jelas enak suv yg rwd dan ada lsd nya atuh, suv nyari yg tampangnya agak laki dikit, jangan yg tampang cantik dong, tapi yah itu subjective, soalnya ane gak suka tampang2 mobil kyk cx-5, new crv dan sejenisnya. Apalagi diesel jepang setingan mesinnya masih aman, gak kayak diesel korea yg disetting agak maximal, tinggal pasang piggyback seperti dast*k atau m*nster m*x, beres deh, 0-100 under 8 second, quarter miles juga under 16 secondtapi yah kembali ke preference, suka tampang yg mana, atau suka nyetir yg mana, di test drive aja dua2nya, soalnya kl pjs agak pendek plafon, dan setirnya berat sekali, kalau kyk santa fe pasti lbh enteng dan lebih nyantai buat nyetir nya
Feel the unlimited vibration




Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: PS Dakar or Santa Fe
Buset nih geng OOT kemari semuay_anjasrana wrote:tumben unta item keluar dari sarangnya......![]()
![]()

STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: PS Dakar or Santa Fe
Jd sebenernya yg bikin bingung bokap tu hal apanya?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 354
- Joined: Thu Dec 03, 2009 2:31
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Xpander exceed AT
Re: PS Dakar or Santa Fe
Sepertinya bokap TS mau ganti SUV diesel untuk kerja, mobil utk memuat barang2 yg banyak....dante193 wrote:Permisi suhu2 SM semua, newbie numpang nanya, bokap pengen ganti mobil buat gantiin panther grand touring 05 dia. Pilihannya sampe saat ini ada PS dakar sama Santa Fe. Sebenernya ga ada kriteria khusus buat mobilnya, kedua mobil itu udah diliat langsung dan test drive sebentar tapi beliau malah makin bingung mau pilih yg mana, mungkin lebih ke overall lebih baik mobil mana diantara dua itu. Mobil akan dipakai lumayan lama >5 tahun, weekdays dipake kerja sendiri + barang2 yg cukup banyak. Mungkin dari suhu2 atau pemakai mobil di atas bisa kasih saran buat bokap ane.
Thank you semua!!
Kalo ane boleh urun rembug, mobil yg memenuhi kriteria ya Fortuner VNT...kabin cukup luas, headroom cukup lega. Pajero sport kabinnya kalah lega dari Fortie. Headroom Pajero Sport juga sangat pendek, kayak sedan (Kepala ane cuma berjarak 4 jari dari plafon, padahal tinggi ane cuma 163cm, gimana mereka yg jauh lebih tinggi?) Kalo sering angkut barang2 banyak, jok baris ketiga Fortie copot aja biar kapasitas kargo tambah luas.
Boss ane di jakarta pake Fortie 2.7 keluaran pertama buat kerja, tiap hari jalan kemana2, sering buat ngangkut barang2 berat (kayak pompa, kompresor, valve dll) sampe tukang yg naikin barang berkali2 bilang: mas, ini beneran mau diangkut pake mobil sebagus ini?



Memang dari segi ride & handling, fortie masih dibawah pajero sport (kalau ama santa fe ane gak tau...) tapi mengingat kebutuhan untuk kerja, rasanya aspek kenyamanan bisa ditaruh di nomer 2. Lagian kalo lagi kerja, angkut barang2, jalannya juga gak ngebut kan?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: PS Dakar or Santa Fe
Rasanya kalau untuk angkut barang banyak, sayang ya pakai Santa Fe 

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: PS Dakar or Santa Fe
Tp mmg spt yg hentan bilang diatas, ni mobil2 truk mutant: ps/ftuner mmg setirnya beraddddd!
Ini klo bagi org yg uzurnya udah cukup, akan sangat perlu mnjdi pertimbangan. Manuver parkir, manuver macet, manuver jalan tikus...aplg pas malem kondisi tubuh dah capek berat, akan sangat berasa..pgnnya: dah, tinggal aja deh ni mobil di pggir jln, lanjut naksi aja smp rumah.
Ini klo bagi org yg uzurnya udah cukup, akan sangat perlu mnjdi pertimbangan. Manuver parkir, manuver macet, manuver jalan tikus...aplg pas malem kondisi tubuh dah capek berat, akan sangat berasa..pgnnya: dah, tinggal aja deh ni mobil di pggir jln, lanjut naksi aja smp rumah.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: PS Dakar or Santa Fe
kalo tujuan untuk angkut barang, kenapa gak dcab aja?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: PS Dakar or Santa Fe
Kalau fortuner sih setirnya enteng om, kayak bawa innova sih sama aja, beda kl pajero berat, kan SUV, makhlum, PAJERO sihandy1800 wrote:Tp mmg spt yg hentan bilang diatas, ni mobil2 truk mutant: ps/ftuner mmg setirnya beraddddd!
Ini klo bagi org yg uzurnya udah cukup, akan sangat perlu mnjdi pertimbangan. Manuver parkir, manuver macet, manuver jalan tikus...aplg pas malem kondisi tubuh dah capek berat, akan sangat berasa..pgnnya: dah, tinggal aja deh ni mobil di pggir jln, lanjut naksi aja smp rumah.

STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: PS Dakar or Santa Fe
Oo gt ya?....yaudah, klo gitu ganti aja: all new Serena...setirnya entennngggg! kayak joystick
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1371
- Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39
Re: PS Dakar or Santa Fe
Kalau sama Pajero beda kelas lah.htannis wrote:Kalau fortuner sih setirnya enteng om, kayak bawa innova sih sama aja, beda kl pajero berat, kan SUV, makhlum, PAJERO sihandy1800 wrote:Tp mmg spt yg hentan bilang diatas, ni mobil2 truk mutant: ps/ftuner mmg setirnya beraddddd!
Ini klo bagi org yg uzurnya udah cukup, akan sangat perlu mnjdi pertimbangan. Manuver parkir, manuver macet, manuver jalan tikus...aplg pas malem kondisi tubuh dah capek berat, akan sangat berasa..pgnnya: dah, tinggal aja deh ni mobil di pggir jln, lanjut naksi aja smp rumah.
Ini TS nanyanya perbandingan Santa Fe dg Pajero atau Santa Fe dengan Pajero Sport? Karena setau gue sih beda Pajero dengan Pajero Sport


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1371
- Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39
Re: PS Dakar or Santa Fe
Bro, kalau pilihannya cuma 2 itu Santa Fe dan PS Dakar dan kebutuhannya untuk angkut-angkut, mendingan Dakar aja.dante193 wrote:Permisi suhu2 SM semua, newbie numpang nanya, bokap pengen ganti mobil buat gantiin panther grand touring 05 dia. Pilihannya sampe saat ini ada PS dakar sama Santa Fe. Sebenernya ga ada kriteria khusus buat mobilnya, kedua mobil itu udah diliat langsung dan test drive sebentar tapi beliau malah makin bingung mau pilih yg mana, mungkin lebih ke overall lebih baik mobil mana diantara dua itu. Mobil akan dipakai lumayan lama >5 tahun, weekdays dipake kerja sendiri + barang2 yg cukup banyak. Mungkin dari suhu2 atau pemakai mobil di atas bisa kasih saran buat bokap ane.
Thank you semua!!
Sampe Januari kemarin sih PS semua type diskon gede-gedean ngabisin stock 2012 yg belum laku, mungkin karena banyak banget stocknya jadi diskonnya berani kasih gede. Nggak tau deh sekarang amsih didiskon gede nggak? Kalau masih banyak stock 2012 yg belum laku sih mungkin masih diskon gede, lumayan lho.
Kalau ada pilihan lain selain 2 itu silahkan coba test drive Trailblazer atau Fortie VNT atau mungkin mobil double cabin.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Mon Aug 10, 2009 9:02
Re: PS Dakar or Santa Fe
hehe sy sih vote SF.
ksengsem abis disainnya.
panoramic roof.
torsi raksasa.
value for money.
imho klo mo dipk lama n ga pusingin resale value boljug.
ksengsem abis disainnya.
panoramic roof.
torsi raksasa.
value for money.
imho klo mo dipk lama n ga pusingin resale value boljug.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 503
- Joined: Wed Aug 08, 2012 4:45
Re: PS Dakar or Santa Fe
kata orang2 yang satu SUV kuli yang satu SUV banci. Saya lebih suka model luarnya yang SUV kuli, lebih gagah....hihihi
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Mon Dec 10, 2012 9:19
Re: PS Dakar or Santa Fe
jadi gini ceritanya, pas iims kemaren bokap kepincut sama santa fe, bahkan udah langsung spk imo karena tampangnya yg beda dan mungkin dia bosen sama tampang panther yg kaku. nah, tapi ketika ngobrol2 jadi kepikiran soal after sales, bbm (bisa dicampur apa engga), sama reliability dari santi ini karena jarak yg ditempuh lumayan jauh setiap harinya. dan kebetulan pas bokap lewat dealer mitsu liat deh tuh PS lagi diskon. jadi deh bokap galau mau yg mana, di satu sisi pengen tambil beda tapi di sisi lain pengen mobil yg kuli juga.
opsi buat dcab kyknya engga, soalnya sekali2 bakal dipake keluar kota juga sama keluarga dan soal fortuner bokap ga demen, innova bgt katanya.
makanya nih ane bantuin nanya di SM supaya dapet pencerahan
opsi buat dcab kyknya engga, soalnya sekali2 bakal dipake keluar kota juga sama keluarga dan soal fortuner bokap ga demen, innova bgt katanya.
makanya nih ane bantuin nanya di SM supaya dapet pencerahan

Re: PS Dakar or Santa Fe
Kepada TS, masalah resale value Santa Fe dan hal hal lain, saya udah pernah komentar cukup banyak di topic Review Santa Fe baru. Jika tertarik, silahkan baca di sini :
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... &start=275
Jika resale value saudaranya tucson baru sudah bagus, mirip SUV Jepang, saya lebih yakin santa fe ini lebih kuat lagi resale valuenya, karena fakta adalah nyaris semua mobil diesel di Indonesia lebih kuat resale valuenya banding versi bensinnya. Contoh, banding aja fortuner bensin vs diesel, innova bensin vs diesel. captiva diesel vs bensin.
captiva diesel juga ternyata sangat bagus resale valuenya, meskipun seperti merek korea, merek chevy juga ada member di sini yang pessimis mengenai resale valuenya. Juga yang lucu, ada orang yang belum pernah beli mobil korea belakangan, belum coba, belum rasain, belum alami sendiri servis di bengkel hyundai / kia, tapi udah berani cap aftersales mereka jelek. Saya ada teman yang belakangan pakai mobil hyundai, dia bilang servis di beres hyundai OK OK aja kok. Ya ngak mungkin muncul sa cewek cantik kasih senyuman menggoda, tapi ya namanya juga beres, gitu gitu aja, emang beres jepang sangat istimewa ?
Dan karena hyundai belum ada model seperti avanza yang murah banget 3 baris yang bikin bengkel sesak karena pasiennya banyak, akibatnya servis di beres hyundai ngak perlu nunggu waktu terlalu lama. Beda jika antri di beres merek jepang yang populasi mobilnya banyak banget.
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... &start=275
Jika resale value saudaranya tucson baru sudah bagus, mirip SUV Jepang, saya lebih yakin santa fe ini lebih kuat lagi resale valuenya, karena fakta adalah nyaris semua mobil diesel di Indonesia lebih kuat resale valuenya banding versi bensinnya. Contoh, banding aja fortuner bensin vs diesel, innova bensin vs diesel. captiva diesel vs bensin.
captiva diesel juga ternyata sangat bagus resale valuenya, meskipun seperti merek korea, merek chevy juga ada member di sini yang pessimis mengenai resale valuenya. Juga yang lucu, ada orang yang belum pernah beli mobil korea belakangan, belum coba, belum rasain, belum alami sendiri servis di bengkel hyundai / kia, tapi udah berani cap aftersales mereka jelek. Saya ada teman yang belakangan pakai mobil hyundai, dia bilang servis di beres hyundai OK OK aja kok. Ya ngak mungkin muncul sa cewek cantik kasih senyuman menggoda, tapi ya namanya juga beres, gitu gitu aja, emang beres jepang sangat istimewa ?
Dan karena hyundai belum ada model seperti avanza yang murah banget 3 baris yang bikin bengkel sesak karena pasiennya banyak, akibatnya servis di beres hyundai ngak perlu nunggu waktu terlalu lama. Beda jika antri di beres merek jepang yang populasi mobilnya banyak banget.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1371
- Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39
Re: PS Dakar or Santa Fe
Nah kalau pertimbangannya resale value, pengguna Dakar kayaknya lebih banyak drpd Santa Fe, jadi kemungkinan Dakar lebih bagus resale valuenya, apalagi dengan bermodal merk Jepang, dijual lagi sih masih lebih bagus (CMIIW)dante193 wrote:jadi gini ceritanya, pas iims kemaren bokap kepincut sama santa fe, bahkan udah langsung spk imo karena tampangnya yg beda dan mungkin dia bosen sama tampang panther yg kaku. nah, tapi ketika ngobrol2 jadi kepikiran soal after sales, bbm (bisa dicampur apa engga), sama reliability dari santi ini karena jarak yg ditempuh lumayan jauh setiap harinya. dan kebetulan pas bokap lewat dealer mitsu liat deh tuh PS lagi diskon. jadi deh bokap galau mau yg mana, di satu sisi pengen tambil beda tapi di sisi lain pengen mobil yg kuli juga.
opsi buat dcab kyknya engga, soalnya sekali2 bakal dipake keluar kota juga sama keluarga dan soal fortuner bokap ga demen, innova bgt katanya.
makanya nih ane bantuin nanya di SM supaya dapet pencerahan
Kalau soal bbm, mungkin tanya sama yg pake dakar, bisa nggak pake biosolar. Kalau sodara gue pake exceed sih diminumin biosolar aja, nggak tau tuh kalau dakar bisa atau enggak.
Kalau mau liat review Santa Fe ada disini:
http://serayamotor.com/diskusi/viewtopi ... 12&t=16847
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: PS Dakar or Santa Fe
Kalo mau buat angkut barang2 sih pilih PJS Dakar aja atau 42ner VNTdante193 wrote:Permisi suhu2 SM semua, newbie numpang nanya, bokap pengen ganti mobil buat gantiin panther grand touring 05 dia. Pilihannya sampe saat ini ada PS dakar sama Santa Fe. Sebenernya ga ada kriteria khusus buat mobilnya, kedua mobil itu udah diliat langsung dan test drive sebentar tapi beliau malah makin bingung mau pilih yg mana, mungkin lebih ke overall lebih baik mobil mana diantara dua itu. Mobil akan dipakai lumayan lama >5 tahun, weekdays dipake kerja sendiri + barang2 yg cukup banyak. Mungkin dari suhu2 atau pemakai mobil di atas bisa kasih saran buat bokap ane.
Thank you semua!!
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: PS Dakar or Santa Fe
nah. mantap ini...dante193 wrote:jadi gini ceritanya, pas iims kemaren bokap kepincut sama santa fe, bahkan udah langsung spk imo karena tampangnya yg beda dan mungkin dia bosen sama tampang panther yg kaku. nah, tapi ketika ngobrol2 jadi kepikiran soal after sales, bbm (bisa dicampur apa engga), sama reliability dari santi ini karena jarak yg ditempuh lumayan jauh setiap harinya. dan kebetulan pas bokap lewat dealer mitsu liat deh tuh PS lagi diskon. jadi deh bokap galau mau yg mana, di satu sisi pengen tambil beda tapi di sisi lain pengen mobil yg kuli juga.
opsi buat dcab kyknya engga, soalnya sekali2 bakal dipake keluar kota juga sama keluarga dan soal fortuner bokap ga demen, innova bgt katanya.
makanya nih ane bantuin nanya di SM supaya dapet pencerahan
soal cerita yg pelik utk dipecahkan

Re: PS Dakar or Santa Fe
Masalah kemampuan kuli, jangan hanggap remeh santa fe ini. Ya jika TS maunya bawa barang banyak di lingkungan pertambangan atau jalan hancur banget tiap hari, mending beli double cap aja. Beli suv ginian agak mubazir. Sayang sebenernya.
Tapi jika maksudnya adalah sering bawa barang banyak, tapi mainnya toh di dalam kota dimana kondisi jalan bagus, meskipun ya tau sendiri kondisi jalan di kota kota Indonesia banding negara maju, menurut saya, justru harus tau masing masing calon mobil daya angkut maximumnya berapa kg sebelum overload. Seperti orang beli truck, pasti cari tau dulu daya angkut maximumnya berapa (max payload). Mana bisa cuman lihat tampang doang bisa tau siapa lebih jago kuli ?
Untuk ini, saya langsung sajikan infonya, mendasarkan formula Maximum payload (daya angkut max) = Gross vehicle weight - kerb weight. Baru bisa ketahuan SUV mana yang daya angkut barang dan atau penumpang lebih jago.
mitsu pajero sport dakar :
gross vehicle weight = 2600 kg
curb weight = 1935 kg
daya angkut max = 2600 - 1935 = 665 kg
http://www.ktb.co.id/pajerosport/specification.html
fortuner diesel vnt :
gross vehicle weight = 2380 kg
curb weight = 1810 kg
Daya angkut max = 2380 - 1810 = 570 kg
http://www.toyota.astra.co.id/product/? ... l=Fortuner
hyundai new santa fe crd :
gross vehicle weight = 2550 kg
curb weight = 1896 kg
daya angkut max = 2550 - 1896 = 654 kg
http://www.hyundai.co.uk/new-cars/new-g ... n-santa-fe
Tinggal pilih sesuai kebutuhan. Jelas daya angkut max pajero sport dakar no.1 (665 kg), santa fe no. 2 (654 kg), fortuner vnt no.3 (570 kg)
Tapi jika maksudnya adalah sering bawa barang banyak, tapi mainnya toh di dalam kota dimana kondisi jalan bagus, meskipun ya tau sendiri kondisi jalan di kota kota Indonesia banding negara maju, menurut saya, justru harus tau masing masing calon mobil daya angkut maximumnya berapa kg sebelum overload. Seperti orang beli truck, pasti cari tau dulu daya angkut maximumnya berapa (max payload). Mana bisa cuman lihat tampang doang bisa tau siapa lebih jago kuli ?
Untuk ini, saya langsung sajikan infonya, mendasarkan formula Maximum payload (daya angkut max) = Gross vehicle weight - kerb weight. Baru bisa ketahuan SUV mana yang daya angkut barang dan atau penumpang lebih jago.
mitsu pajero sport dakar :
gross vehicle weight = 2600 kg
curb weight = 1935 kg
daya angkut max = 2600 - 1935 = 665 kg
http://www.ktb.co.id/pajerosport/specification.html
fortuner diesel vnt :
gross vehicle weight = 2380 kg
curb weight = 1810 kg
Daya angkut max = 2380 - 1810 = 570 kg
http://www.toyota.astra.co.id/product/? ... l=Fortuner
hyundai new santa fe crd :
gross vehicle weight = 2550 kg
curb weight = 1896 kg
daya angkut max = 2550 - 1896 = 654 kg
http://www.hyundai.co.uk/new-cars/new-g ... n-santa-fe
Tinggal pilih sesuai kebutuhan. Jelas daya angkut max pajero sport dakar no.1 (665 kg), santa fe no. 2 (654 kg), fortuner vnt no.3 (570 kg)