Berhub. topiknya membahas mobil enak jadi ingin gabung juga
Slow moving parts itu berkaitan erat dengan umur pakai misalnya sudah tembus 100.000, 200.000km, 500.000km, 750.000km, 1.000.000km. Bukan patokan pasti, tergantung pemilik lama termasuk tukang rawat mobil atau cuma taunya pakai. Apabila beli mobil 500.000km kondisi sangat terawat, tentu udah ngga ada PR lagi.
Fast moving:
Filter udara, oli, bensin. Wiper blade.
Slow moving tahap 1 (yang aus dibawah 200.000KM)
-Piringan rem disc brake & brake shoes
-Repair kit caliper (seal karet)
-Wheel bearings
-Elektrik fuel pump (Ngga jelas 300E pakai mechanic atau elektrik). Kalau elektrik FP boil eropa di indo ganti FP tiap 2-3tahun
itu wajar sih.
-Understel (shocks, shock mountings, joints, rods, bushing, link stabil, dst) - tiap 2th kira2.
-Engine mountings (di eropa mountingnya banyak karet, sering aus karena menahan berat).
-Dinamo starter
-Selang2 sambungan Cooling sytem
-Selang2 & seal2 power steering
-Gasket2, selang2 & seal2 lain
-AC Fan blower (di kabin)
-Belts & pulleys.
Slow moving tahap 2 (& yg potensi rusak diatas 200.000km / diatas 10tahun)
-ESP / ABS braking system & calipers
-Master rem atas
-Bodi joints (bushingnya bodi, eropa sih banyak makanya nyaman)
-Pneumatic regulator di mercy
-Fuel regulator
-Cooling system radiator, water pump.
-Power window regulator
-Karet2 pintu & jendela
-Alternator
-Compressor AC
-Koil pengapian
-Komputer2 kabin (AC dll)
-ECU & Electrical harnesses.
-OBD, Interior clusters & Speedometer
-PSpump assy
-Sensor2 engine, MAF sensor, Throttle position sensor, Crankcase sensor, dst *penyebab rusak = usia pakai
-Engine recondition parts yg aus pernah direkondisi belum oleh pemilik lama misalnya oversize piston, ring piston, per klep, klep, Hydraulic valve adjuster, metal duduk, dan mekanikal lain.
Mesin XU pada 406 ini dari desainnya adalah mesin durable, all steel parts. Begitu juga dengan mesin 300E kodenya lupa. Cooling system juga all metal parts. Untuk jangka panjang tidak ada bom waktu yang fatal.
Untuk reparasi 10juta, asalkan bisa dapat kondisi mint, budget reparasinya masuk. Artinya tidak ada PR yg berarti. Sudah digarap PRnya oleh pemilik lama. Jika dapat yang kondisi kurang terawat, 20-30juta pasti masuk tergantung tingkat kerusakan yang mana aja.