Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Halo agan2 sekalian ini saya mau nanya untuk mobil weekend an dengan budget 80 N
Option 1
- BMW E46 N42 km 80 rb an, PR speed sensor, grill depan, shock mesti ganti (punya temen masih bisa nego utk budget rapihin) / track record baik ganti per olian rutin
atau
Option 2
- Crv 2.0 MT 2007 Km 80 rb an, PR racksteer ada indikasi kena, cat exterior kurang rapih, interior masih rapih , track record ganti oli kurang tahu
Kira2 mana yng lebih worth dan fun ya? mohon pencerahannya suhu2 , bakal jarang2 dipakai utk weekend an aja paling Terimakasih suhu2
E46 N42:
Perhatikan apakah udah pernah turun 1/2 mesin ganti semua seal head dan vanos, penyakit #1 nya N42 N46 soalnya. Cara cek visual sih knalpot ada gejala oli kebakar asap putih naik perlahan
Metik pastikan gak telat ganti ATF dan gak delay, jedug pas masuk gigi, atau nggak stuck naik giginya
RE1 2.0 MT:
Cek seal vtec, kruk as, dan as pulley ada oli meler gak.
Getaran mesin berlebih gak karena eng.mounting honda semasa cepat kena.
Manualnya sih asyik dia 6 speed, paling agak sabar kalo udah waktunya kampas perlu ganti karena gak sebanyak peredaran kampas/kopling set brio mobilio jazz.
Di luar teknis, ada occasion keluar kota banyak orang atau banyak bawaan? Jawabannya cr-v aja.
Kalo betul2 pingin fun di akhir pekan aja baru E46 no debat.
BMW. Kelas Tersendiri
Honda. Citra Tersendiri
Jalankaki. Kelelahan Tersendiri
Cuma bisa ngasi masukan seandainya ambil crv gen3 manual :
Penyakit gen3 terutama yang 2.0/R20A :
- mesin bergetar ketika idle dan ac nyala, sebelum vonis engine mounting, cek visual engine mounting kanan apa mulai ada retak dan basah rembes ga, klo ga ada lalu pengetesan ketika idle tanpa ac ketika mesin uda nyala 10 menit halus apa tidak getarannya, klo halus berarti EM aman, klo getar ya EM kena
Penyakit di gen3 R20A itu sensitif sih klo mesin gak fit, saya sudah confirm untuk menghilangkan getaran di unit saya : selain tune up biasa (bersih TB), carbon clean via lubang busi, juga wajib sekalian bersih2 EGR sama MAF sensor
Klo dua komponen ini dibersihkan, itu getar ketika ac nyala dan idle, lamgsung hilang jadi alusss seperti mobil baru
Tapi pembersihan MAF sensor wajib pake MAF sensor cleaner, jangan pake carb cleaner buat TB dll
Unit saya R20A odo 180ribuan EM masi aman padahal sempat suspect gara2 getaran/rough idle td
Setelah DIY EGR dan MAF clean, lamgsung ilang
Pemyakit lain gen3 2.0 itu kaki2 berupa racksteer udah pasti kena dan servis, murah aja kok, sama sekalian cek support shock
imho 6 speed di gen3 manual itu menyenangkan, tarikan enteng, aksel 0-100 malah lumayan signifikan lebih kemcang ketimbang 2.4 5AT (ya bottle neck honda era ini ya 5ATnya itu) dan irit dapet,
Yang lain dan tergolong ringan penyakitnya ya seal vtec dan seal2 desklep karena umur
Klo seal kruk as, lebih karena faktor pengisian oli terlalu banyak, jadi cepat kalah itu
Jangan lupakan cooling system, wajib coolant dikuras dan ganti pake yg bermutu tapi ga usah mahal, bisa pake denso slcc, seiken, hitachi astemo
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Komentar sedikit, saya dulu pernah pakai CRV 2007 2.0 MT, menurut saya kalau pas tanjakan boyo banget. Kudu gigi 1, gigi 2 gak kuat. Terus kalau lepas kopling ada gejala geter mesinnya. Entah semuanya begini atau punya saya aja. Sudah pernah ganti kampas kopling.
BMW belum pernah pakai, yang jelas lebih fun to drive untuk dikendarai.
privatemember wrote: Sun May 11, 2025 1:16
E46 N42:
Perhatikan apakah udah pernah turun 1/2 mesin ganti semua seal head dan vanos, penyakit #1 nya N42 N46 soalnya. Cara cek visual sih knalpot ada gejala oli kebakar asap putih naik perlahan
Metik pastikan gak telat ganti ATF dan gak delay, jedug pas masuk gigi, atau nggak stuck naik giginya
RE1 2.0 MT:
Cek seal vtec, kruk as, dan as pulley ada oli meler gak.
Getaran mesin berlebih gak karena eng.mounting honda semasa cepat kena.
Manualnya sih asyik dia 6 speed, paling agak sabar kalo udah waktunya kampas perlu ganti karena gak sebanyak peredaran kampas/kopling set brio mobilio jazz.
Di luar teknis, ada occasion keluar kota banyak orang atau banyak bawaan? Jawabannya cr-v aja.
Kalo betul2 pingin fun di akhir pekan aja baru E46 no debat.
Ok siap om bakal di cek dulu seperti yg om sebutkan diatas terimakasih
Last edited by wetpsy on Sun May 11, 2025 6:58, edited 1 time in total.
Jujur saya belum pernah naik CRV RE manual, jadi gatau impresinya gimana. Cuman klo berkaca dari pengalaman nyoba yang maticnya, klo ngejar fun to drive dan dipake weekend doang kok kurang yah menurut saya, feel mobil hariannya masih kental banget.
Nah klo bahas E46, saya dulu pernah punya versi M54 dan N42. Sebetulnya N42 not bad, cuman klo dibanding M54 mah langit-bumi dah experience nya, to the point N42 ga worth krn cuma selisih dikit doang harganya.
Klo budget di 80an buat ambil mobilnya doang diluar beresin PR, masih dapet E46 M54 kondisi semi bahan. Rapiin pelan2 aja. Akhir taun kemaren saya bantu jual 325i 2002 punya kerabat laku di 7X jt kondisi pajak 2x mati dan pr mechanical tergolong minor krn transmisi masih aman.
Tapi klo om TS masih ragu sama M54, dan klo saya ada di posisinya om, saya prefer ambil E36 aja yang 320i. Agak boyo memang, tapi yang dikejar kan fun to drive nya. Sensasi 6 cyl dengan combo manual + RWD tetep gaada gantinya walaupun secara power mesin pas2an.
Kalo mau E46 318i cari yg taon 2000 an sebelom facelift.
Pake engine M43 seinget ane. Itu lebih badak dan gampang dirawat drpd engine N series di facelift nya. Dan denger2 bisa dikasih minum premium / or pertalit wkwkwkwk