LCGC Suzuki - Karimun Wagon R

Segala jenis Hatchback dan tipe - tipe mobil lainnya.
(Jazz, Yaris, Swift, xover dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2968
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: LCGC Suzuki - Karimun Wagon R

Post by imingwahyudi »

Leonhart wrote:
newrubble wrote:Jendela putar manual antisipasi kalo tenggelam di kali krn overspeed / underskill. Yg didalam masih bisa buka jendela sblm mati
Image Image

Image

:wkkk: :wkkk: :wkkk:
djia
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
Daily Vehicle: laptop_dan_hape

Re: LCGC Suzuki - Karimun Wagon R

Post by djia »

Kakak ane juga lagi dilema mau ambil Ayla ato Wagon-R. Kalo Wagon-R dipake touring jarak jauh (300 - 600 km sekali jalan) kira2 aman2 aja gak ya? Kalo liat bodi luar kok agak ragu dipake bwt dipake di pantura.

Kalo Agya Ayla ane pernah beberapa kali liat dengan plat nomor & posisi kendaraan berjauhan (asumsi ane berarti dari luar kota).
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: LCGC Suzuki - Karimun Wagon R

Post by ricz »

newrubble wrote:Jendela putar manual antisipasi kalo tenggelam di kali krn overspeed / underskill. Yg didalam masih bisa buka jendela sblm mati
:mky_07: :mky_07: :big_laugh:
2021 Fortuner VRZ
nis
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: Fri Oct 30, 2009 0:59

Re: LCGC Suzuki - Karimun Wagon R

Post by nis »

djia wrote:Kakak ane juga lagi dilema mau ambil Ayla ato Wagon-R. Kalo Wagon-R dipake touring jarak jauh (300 - 600 km sekali jalan) kira2 aman2 aja gak ya? Kalo liat bodi luar kok agak ragu dipake bwt dipake di pantura.

Kalo Agya Ayla ane pernah beberapa kali liat dengan plat nomor & posisi kendaraan berjauhan (asumsi ane berarti dari luar kota).
mobil LCGC kayaknya ga ada yg recommended deh buat dibawa ke pantura... kalo sekedar bisa sih yakin bisa, tapi recommended kayaknya nggak.

kebetulan gue pengguna gogon ini... setelah sebelumnya pake ainex yang 1300, sekarang gue iseng nyoba si gogon. so far baru jalan sekitar 600 km full dalem kota, rute the bronx alias super padat, dari cengkareng - puri - meruya - jl panjang - patal senayan - PS, biasa2 aja feel nya, ga ada yg aneh, FC pake premium dapet 1:12, kalo lewat tol dapet 1:14. gogon ini lemah di putaran <2000 rpm, jadi kalo mau nanjak2 harus jaga rpm diatas itu. sementara buat cruising di tol, mesin nya oke, 120 kpj anteng di rpm 4000 dan bunyi mesin nya masih senyap.

oli pake 0W-20, bawaan beres BIT pondok indah, AC selalu on di termostat setengah, bensin full premium, dan ban masih standar 145/80 yang kayak ban motor itu, hehehe... kira2 gitu kondisi harian si gogon.
djia
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
Daily Vehicle: laptop_dan_hape

Re: LCGC Suzuki - Karimun Wagon R

Post by djia »

nis wrote:
djia wrote:Kakak ane juga lagi dilema mau ambil Ayla ato Wagon-R. Kalo Wagon-R dipake touring jarak jauh (300 - 600 km sekali jalan) kira2 aman2 aja gak ya? Kalo liat bodi luar kok agak ragu dipake bwt dipake di pantura.

Kalo Agya Ayla ane pernah beberapa kali liat dengan plat nomor & posisi kendaraan berjauhan (asumsi ane berarti dari luar kota).
mobil LCGC kayaknya ga ada yg recommended deh buat dibawa ke pantura... kalo sekedar bisa sih yakin bisa, tapi recommended kayaknya nggak.

kebetulan gue pengguna gogon ini... setelah sebelumnya pake ainex yang 1300, sekarang gue iseng nyoba si gogon. so far baru jalan sekitar 600 km full dalem kota, rute the bronx alias super padat, dari cengkareng - puri - meruya - jl panjang - patal senayan - PS, biasa2 aja feel nya, ga ada yg aneh, FC pake premium dapet 1:12, kalo lewat tol dapet 1:14. gogon ini lemah di putaran <2000 rpm, jadi kalo mau nanjak2 harus jaga rpm diatas itu. sementara buat cruising di tol, mesin nya oke, 120 kpj anteng di rpm 4000 dan bunyi mesin nya masih senyap.

oli pake 0W-20, bawaan beres BIT pondok indah, AC selalu on di termostat setengah, bensin full premium, dan ban masih standar 145/80 yang kayak ban motor itu, hehehe... kira2 gitu kondisi harian si gogon.
walah, FC nya kok idem papanjah ane gitu om? kirain bisa tembus 15-18 km/l.
kalo salipan atau disalip sama kendaraan besar di tol masih stabil apa goyang2 om? ane agak miris aja liat bodi sama kuda2 yang ditopang ban motor itu. hehe...
nis
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: Fri Oct 30, 2009 0:59

Re: LCGC Suzuki - Karimun Wagon R

Post by nis »

djia wrote: walah, FC nya kok idem papanjah ane gitu om? kirain bisa tembus 15-18 km/l.
kalo salipan atau disalip sama kendaraan besar di tol masih stabil apa goyang2 om? ane agak miris aja liat bodi sama kuda2 yang ditopang ban motor itu. hehe...
gue tipe yang nyetir sesuka gue... gue sama sekali ga peduli dengan shift indicator... prinsipnya gue ga suka jalan ngegeloyor, gue suka kalo di gigi berapapun, tenaga mobil itu kerasa... tapi, kalo mau irit, kayaknya shift indicator ini harus diperhatiin... banyak testi di forum sebelah bahwa dalkot FC nya bisa 1:15-16.

selain itu, jalur pp rumah-kantor gue emang jalur neraka, lo harus sodok2 an di jalur ini, ga ada namanya ngalah ngasih jalan, bisa2 lo ga maju2 kalo pake sungkan... di jalur ini, ainex xi gue pun cuma dapet 1:10 an, kalo pake tol baru 1:12.

soal ban, awalnya emang kerasa limbung, tapi setelah terbiasa, biasa2 aja tuh... cuma ga enak dipandang aja, buat kestabilan ga ngaruh, apa lagi kalo udah tau teknik ngegas mobil ini. harus rada jaga rpm biar body roll nya ketahan ama mesin. acara jaga rpm ini juga mungkin membuat FC lebih boros. satu yg menyebalkan soal ban adalah bunyinya... pas jalan, suara mesin ga kedenger, tapi suara ban kenceng banget... gt radial champiro eco ini berisik tenan... anehnya, ada testi bilang kalo diganti ke 175/70, bunyinya hilang. tapi liat nanti lah, kalo udah ganggu bgt, mungkin gue ganti ke bs ecopia aja yang 165/70.

gitu aja testi gue... gue bukan fanboy maupun sales so gue omong apa adanya... ga irit2 amat, tapi buat harga 91,7 jt, not bad lah.
hariy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT

Re: LCGC Suzuki - Karimun Wagon R

Post by hariy »

setuju,om nis..yg suka wagon R ya monggo di beli,yg ga suka silahken cari merk laen..(bukan sales/user merk S)
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: LCGC Suzuki - Karimun Wagon R

Post by VanzMatic »

siang biasanya lebih boros, karena O2 kurang sepadat kala malam. Wajar klo lebih boros.
Lagipula, ane juga pemakai merk lain, ngga begitu pusingin FC lah klo dalkot. Apalagi Jakarta. Mau ngarepin irit sebrapa?

Kadang kalo ada teman testi bisa sekian belas km perliter dalkot, ya kita kudu telaah lebih bijaksana aja lah..:
1. Sendirian atau berempat alias sekeluarga?
2. Siang atau malam?
3. Rute nya mana aja?
4. Kakinya santai atau cuek.
5. Upshift gear pada rpm berapa.
6. Tekanan ban berapa..?

Saya ngga terlalu percaya klo kayak papanjah bisa 1:12 dalkot jakarta isi 4 orang tembus kemacetan.
Minimal 60% tol dan 40% jalan biasa, isi 1 orang aja, ngga buru buru, baru dapat lah segitu.

Saya waktu bawa GL XV a/t, katanya bisa irit, mana? Saya bawa ndirian aja, lewat macet macetan ya cuman dapat 1:8,5.

:big_blushing:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 703
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: LCGC Suzuki - Karimun Wagon R

Post by azu »

saya baca2 katanya Karimun Wagon R ini pakai oli 0W-20 ya? pakai merknya apa ya dan berapaan? karena setau saya Suzuki ga ngeluarin SGO yg 0W-20..
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
nis
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: Fri Oct 30, 2009 0:59

Re: LCGC Suzuki - Karimun Wagon R

Post by nis »

azu wrote:saya baca2 katanya Karimun Wagon R ini pakai oli 0W-20 ya? pakai merknya apa ya dan berapaan? karena setau saya Suzuki ga ngeluarin SGO yg 0W-20..
nah ini yg emang sedikit aneh... kapan hari waktu service pertama di suzuki pondok indah, di dalem mobil di kaca depan kanan atas ditempel sticker tentang oli apa dan kapan harus ganti oli, disitu ditulis 0W-20. tapi di buku servis, ditulis 5W-30.

dari testi beberapa orang di group kwr di facebook, ternyata bahkan ada yg dikasih oli 10W-40 ama beres pas servis pertama. jadi aneh menurut gue, kesan nya kayak ngasal, oli apa aja bisa. tapi di sisi lain gue jadi seneng juga, kalo bener oli apapun bisa, gue mau coba pakai oli yg sudah bertahun2 gue percaya yaitu fastron 10W-40... bagus dan hemat :)
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 703
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: LCGC Suzuki - Karimun Wagon R

Post by azu »

nis wrote:
azu wrote:saya baca2 katanya Karimun Wagon R ini pakai oli 0W-20 ya? pakai merknya apa ya dan berapaan? karena setau saya Suzuki ga ngeluarin SGO yg 0W-20..
nah ini yg emang sedikit aneh... kapan hari waktu service pertama di suzuki pondok indah, di dalem mobil di kaca depan kanan atas ditempel sticker tentang oli apa dan kapan harus ganti oli, disitu ditulis 0W-20. tapi di buku servis, ditulis 5W-30.

dari testi beberapa orang di group kwr di facebook, ternyata bahkan ada yg dikasih oli 10W-40 ama beres pas servis pertama. jadi aneh menurut gue, kesan nya kayak ngasal, oli apa aja bisa. tapi di sisi lain gue jadi seneng juga, kalo bener oli apapun bisa, gue mau coba pakai oli yg sudah bertahun2 gue percaya yaitu fastron 10W-40... bagus dan hemat :)
oke om.. tapi kalau boleh saran, lbh baik jangan pakai 10W-40 om.. paling tidak 5W-30.. karena pasti akan sedikit berpengaruh ke tarikan dan konsumsi bbm juga, karena yg ujungnya 40 lebih kental.. saya sendiri di Ertiga yg keluarga mesinnya mirip2 (Ertiga K14B, KWR K10) juga pakai 5W-30.. apalagi mobil2 sekarang rata2 mensyaratkan olinya minimal 5W-30.. atau coba lihat om di manual book viskositas berapa yg direkomendasikan :D
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
nis
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: Fri Oct 30, 2009 0:59

Re: LCGC Suzuki - Karimun Wagon R

Post by nis »

mesin K10B ini dipake di karimun estilo, dan di club2 estilo, rekomendasi olinya adalah 10W-40... makanya rada aneh juga kenapa ini sijuki jadi ngerekomen 5W-30... kode depan nya sih ga masalah, mau 0, 5, atau 10 cuma beda2 tipis, karena toh negara kita tidak ada musim saljunya... tapi kode belakangnya itu yang aneh, secara negara kita itu iklim nya panas, apa lagi sering macet, apa kuat tuh dikasih kode 30 doang ?

selaen mobil, gue juga pengguna motor hando bebek, rekomen pabrikan adalah 10W-30, tapi dari pengalaman, kalo jalan siang2 pas panas2nya, 10W-30 itu ancur banget, rasanya kayak naek mesin ga pake oli, terus dari temen2 disaranin pake 10W-40 (enduro racing) dan ternyata enak... pagi gampang start, siang juga masih berasa alus, tarikan dan konsumsi bbm sama2 aja, ga ada perubahan.

sekarang sih berhubung oli si gogon masih gratis dari beres yah gue sih oke2 aja lah, tapi ke depan nya kayaknya gue mau eksperimen... btw, ngobrol ama SA di sijuki pondok indah, dia bilang sijuki nyediain 2 jenis oli... 5W-30 buat "performance" dan 10W-40 buat "ekonomis", dua2nya direkomendasikan untuk pemakaian sampe dengan 5000 km.
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: LCGC Suzuki - Karimun Wagon R

Post by ilhami »

Kekentalan oli lebih tergantung ke clearance mesinnya sendiri, Jadi kalau mesinnya sudah mulai uzur, sebaiknya naik ke oli 10w-40, 20W-50. Kalau suhu mesin relatif stabil karena ada radiator. Dan sebaiknya pakai oli 5W-30 yang berkualitas tinggi.

Kalau di motor gak ada radiator jadi suhu mesin bisa panas banget, tapi kan olinya juga sudah beda dan lebih sering diganti.
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: LCGC Suzuki - Karimun Wagon R

Post by Jambangan »

ilhami wrote:Kekentalan oli lebih tergantung ke clearance mesinnya sendiri, Jadi kalau mesinnya sudah mulai uzur, sebaiknya naik ke oli 10w-40, 20W-50. Kalau suhu mesin relatif stabil karena ada radiator. Dan sebaiknya pakai oli 5W-30 yang berkualitas tinggi.

Kalau di motor gak ada radiator jadi suhu mesin bisa panas banget, tapi kan olinya juga sudah beda dan lebih sering diganti.
yup setuju ama om ilhami :D
kalo mobil msh baru mending pake 5-30 aja
ane jg pake 5-30 utk mobil odo 18rb KM
ntar kalo mulai boros oli baru downgrade ke 10-40
pernah nyobain 10-40 buset tarikannya ga ada :e-doh:
padahal dulu ane penganut paham oli kental lebih baik :mky_01:
setelah pake oli encer males balik ke oli kental :D
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 703
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: LCGC Suzuki - Karimun Wagon R

Post by azu »

nis wrote:mesin K10B ini dipake di karimun estilo, dan di club2 estilo, rekomendasi olinya adalah 10W-40... makanya rada aneh juga kenapa ini sijuki jadi ngerekomen 5W-30... kode depan nya sih ga masalah, mau 0, 5, atau 10 cuma beda2 tipis, karena toh negara kita tidak ada musim saljunya... tapi kode belakangnya itu yang aneh, secara negara kita itu iklim nya panas, apa lagi sering macet, apa kuat tuh dikasih kode 30 doang ?

selaen mobil, gue juga pengguna motor hando bebek, rekomen pabrikan adalah 10W-30, tapi dari pengalaman, kalo jalan siang2 pas panas2nya, 10W-30 itu ancur banget, rasanya kayak naek mesin ga pake oli, terus dari temen2 disaranin pake 10W-40 (enduro racing) dan ternyata enak... pagi gampang start, siang juga masih berasa alus, tarikan dan konsumsi bbm sama2 aja, ga ada perubahan.

sekarang sih berhubung oli si gogon masih gratis dari beres yah gue sih oke2 aja lah, tapi ke depan nya kayaknya gue mau eksperimen... btw, ngobrol ama SA di sijuki pondok indah, dia bilang sijuki nyediain 2 jenis oli... 5W-30 buat "performance" dan 10W-40 buat "ekonomis", dua2nya direkomendasikan untuk pemakaian sampe dengan 5000 km.
maaf om mau nambahin saja, oli yg buntutnya 30 justru untuk konsumsi BBM yg ekonomis sedangkan oli dgn viskositas tinggi (mis: 5W-40, 0W-50) biasanya utk kendaraan performa tinggi.. kalau dulu oli yg buntytnua 30 biasanya tertera logo API Energy Conserving.. dan oli SGO 10W-40 lbh disediakan untuk mobil2 komersialnya (Carry dkk)..

seperti yg om turbo telah jelaskan di thread pemilihan oli, sekarang oli buntut 20 banyak digunakan karena di AS sana CAFE Standard (lihat http://environment.about.com/od/environ ... ndards.htm ) dimana pabrikan harus membuat kendaraan produksinya lebih efisien dan ramah lingkungan, dimana oli buntut 20 dapat membantu mesin lebih efisien sehingga lebih ramah lingkungan (dan ini juga salah satu tujuan LCGC).. oleh karena itu sekarang banyak pabrikan yg merekomendasikan penggunaan oli buntut kecil, seperti 10W-30, 5W-30, 0W-20.

saya setuju dgn om ilhami dan om jambangan, dimana mobil baru yg clearencenya masih kecil lebih baik pakai oki encer saja.. penggunaan oli encer sendiri juga agar efisiensi mesin lebih tinggi dan dimana kondisi mesin baru cenderung lebih efisien.. mungkin seperti mumpung mesin masih bagus ya manfaatkan sebaik mungkin, kalau nanti kan pengen irit kaya mesin baru tidak gampang :D

saya sendiri di Ertiga pakai Shell HX8 5W-30, gantinya setiap 10rb km atau 6 bulan.. performa terasa stabil, kecuali menjelang pemakaian 10rb km terasa penurunannya dan penguapannya juga minim..

sedangkan di motor saya pakainya malah 15w-50 karena sudah oversize 3 kali, jadi mau ga mau pakai oli kental :mrgreen:

sharing saja ya om :)
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
User avatar
loadeddiapers
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Fri Jan 24, 2014 5:06

Re: LCGC Suzuki - Karimun Wagon R

Post by loadeddiapers »

kodoq_ijo wrote:
WongZo wrote: serius gan? Ada something wrong sma tuh ayla.
Ga tau tuh dan ga berani tanya juga,soal nya dikomplek saya suka pada sensi kalo ngomongin urusan mobil :mky_01:
:big_biglaugh:
fanboy jejadian semua ya om di kompleknya :mky_07:
Image
nis
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: Fri Oct 30, 2009 0:59

Re: LCGC Suzuki - Karimun Wagon R

Post by nis »

azu wrote:maaf om mau nambahin saja, oli yg buntutnya 30 justru untuk konsumsi BBM yg ekonomis sedangkan oli dgn viskositas tinggi (mis: 5W-40, 0W-50) biasanya utk kendaraan performa tinggi.. kalau dulu oli yg buntytnua 30 biasanya tertera logo API Energy Conserving.. dan oli SGO 10W-40 lbh disediakan untuk mobil2 komersialnya (Carry dkk)..

seperti yg om turbo telah jelaskan di thread pemilihan oli, sekarang oli buntut 20 banyak digunakan karena di AS sana CAFE Standard (lihat http://environment.about.com/od/environ ... ndards.htm ) dimana pabrikan harus membuat kendaraan produksinya lebih efisien dan ramah lingkungan, dimana oli buntut 20 dapat membantu mesin lebih efisien sehingga lebih ramah lingkungan (dan ini juga salah satu tujuan LCGC).. oleh karena itu sekarang banyak pabrikan yg merekomendasikan penggunaan oli buntut kecil, seperti 10W-30, 5W-30, 0W-20.

saya setuju dgn om ilhami dan om jambangan, dimana mobil baru yg clearencenya masih kecil lebih baik pakai oki encer saja.. penggunaan oli encer sendiri juga agar efisiensi mesin lebih tinggi dan dimana kondisi mesin baru cenderung lebih efisien.. mungkin seperti mumpung mesin masih bagus ya manfaatkan sebaik mungkin, kalau nanti kan pengen irit kaya mesin baru tidak gampang :D

saya sendiri di Ertiga pakai Shell HX8 5W-30, gantinya setiap 10rb km atau 6 bulan.. performa terasa stabil, kecuali menjelang pemakaian 10rb km terasa penurunannya dan penguapannya juga minim..

sedangkan di motor saya pakainya malah 15w-50 karena sudah oversize 3 kali, jadi mau ga mau pakai oli kental :mrgreen:

sharing saja ya om :)
ic ic, thank you sharing nya... gue baru aja sempet login lagi di SM ini, nice info, masuk akal juga sih kata2 om ilhami... motor gue ga pake radiator, sementara mobil pasti ada radiator, sehingga suhunya terjaga... gue asli ga merhatiin soal radiator ini :D
nis
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: Fri Oct 30, 2009 0:59

Re: LCGC Suzuki - Karimun Wagon R

Post by nis »

update soal wagon r... berawal dari testimoni pengguna di ka*kus yang katanya kalo pake shell 92, FC dalem kota bisa dapet 1:16, gue nyobain pake shell 92 ini... dan setelah 2 kali full-to-full, ternyata di mobil gue hal ini ga terbukti.

FC shell 92 sama persis dengan FC full premium... 1:12 dalam kota non tol... perbedaan shell 92 dan premium cuma bahwa kalo pake shell, tenaga si gogon sudah keluar sejak di rpm bawah... kalo pake premium, baru keluar diatas rpm 2500... jadi dengan shell, impresi driving nya emang jadi sedikit lebih menyenangkan.
User avatar
WongZo
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
Location: Bandung

Re: LCGC Suzuki - Karimun Wagon R

Post by WongZo »

nis wrote:update soal wagon r... berawal dari testimoni pengguna di ka*kus yang katanya kalo pake shell 92, FC dalem kota bisa dapet 1:16, gue nyobain pake shell 92 ini... dan setelah 2 kali full-to-full, ternyata di mobil gue hal ini ga terbukti.

FC shell 92 sama persis dengan FC full premium... 1:12 dalam kota non tol... perbedaan shell 92 dan premium cuma bahwa kalo pake shell, tenaga si gogon sudah keluar sejak di rpm bawah... kalo pake premium, baru keluar diatas rpm 2500... jadi dengan shell, impresi driving nya emang jadi sedikit lebih menyenangkan.
Berarti lebih bagus pke shell jngan dipakein premium. Di forum bisa 1:16 mungkin menyetir sngat santai, oper gigi <2000rpm :big_grin:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26923
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: LCGC Suzuki - Karimun Wagon R

Post by DOHC »

Jambangan wrote:
ilhami wrote:Kekentalan oli lebih tergantung ke clearance mesinnya sendiri, Jadi kalau mesinnya sudah mulai uzur, sebaiknya naik ke oli 10w-40, 20W-50. Kalau suhu mesin relatif stabil karena ada radiator. Dan sebaiknya pakai oli 5W-30 yang berkualitas tinggi.

Kalau di motor gak ada radiator jadi suhu mesin bisa panas banget, tapi kan olinya juga sudah beda dan lebih sering diganti.
yup setuju ama om ilhami :D
kalo mobil msh baru mending pake 5-30 aja
ane jg pake 5-30 utk mobil odo 18rb KM
ntar kalo mulai boros oli baru downgrade ke 10-40
pernah nyobain 10-40 buset tarikannya ga ada :e-doh:
padahal dulu ane penganut paham oli kental lebih baik :mky_01:
setelah pake oli encer males balik ke oli kental :D
ipah jadul ane odo uda nyaris 150 rebu... mau dipakein oli 10-40 ama 5-30 ampe 0-20 penguapan nya sama2 aja... merek apapun dari 3 jenis oli tsb kira2 kalo ampe 5000 km minimal nambah oli skitar 300-500 cc... tapi berasa bgt beda nya utk tarikan, 0-20 enteng rev up nya... cuman kalo suara mesin pas uda panas, 10-40 lebi alus... tp kalo cold start pagi, 10-40 bikin suara mesin ada tambahan bunyi tek2 kenceng bgt... skrg sehh ane stick di 5-30 aja dehh... cari merek plg murah... :upss: :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: LCGC Suzuki - Karimun Wagon R

Post by nugroho bagor »

Wagon R yang Matic belum ada kabar ya
Leonhart
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 531
Joined: Wed Sep 26, 2012 21:17
Location: South Sumatera
Daily Vehicle: Honda_HR-V_1,8

Re: LCGC Suzuki - Karimun Wagon R

Post by Leonhart »

kodoq_ijo wrote:
m4rio wrote:
Andrian wrote:kalo liat dari data di website sih tinggian alay 10 mm untuk GC nya mar.

http://www.suzuki.co.id/cars_prods_kari ... r_spec.php

http://daihatsu.co.id/products/specification/ayla

beda 1 cm doank ya....... :big_childish:
masih bingung mw pilih ayla X atau wagon R GL, kalo ayla naksirnya ada MID, kalo wagon R sudah immobilizer kan ya??? ( bener gk ya nulisnya ).
Kaya nya mendingan Wagon R deh,soal nya tetangga depan rumah pake Ayla baru 3 bulan kok suara mesin nya udah mirip kaya angkot :big_slap:

Kebanyakan diisi premium tuh
Kan ini sebenernya harus pertamax si agya ayla
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: LCGC Suzuki - Karimun Wagon R

Post by nugroho bagor »

Mosok Harus om,let's go om,adalah buat ngakalin
Leonhart
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 531
Joined: Wed Sep 26, 2012 21:17
Location: South Sumatera
Daily Vehicle: Honda_HR-V_1,8

Re: LCGC Suzuki - Karimun Wagon R

Post by Leonhart »

nugroho bagor wrote:Mosok Harus om,let's go om,adalah buat ngakalin
ya kalo mikirnya kyk kt ya aman.. kita akalin
tp kan lebih dr 60% orng khususnya agya ayla buyer taunya isi Minyak jalan doang
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: LCGC Suzuki - Karimun Wagon R

Post by nugroho bagor »

:big_love: coba liat di youtube,2013 SUZUKI WAGON R STINGRAY(Radar Brake Support)- Exterior & Interior keren