Volvo 960

Segala jenis Hatchback dan tipe - tipe mobil lainnya.
(Jazz, Yaris, Swift, xover dll).

Moderators: b8099ok, y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo

Post Reply
Randi
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: 03 Feb 2006, 14:12

Volvo 960

Post by Randi » 03 Feb 2006, 14:18

Hai salam kenal semua.

Gue newbie nih. Ada yang bisa nolongin gue nggak ya ?

Gue punya problem, kadang kadang kalau lagi jalan mesin suka mati mendadak. Tapinya bisa start dan jalan lagi kalau udah agak dingin.

Pls, tologin gue donk .....

User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: 11 Jan 2006, 12:21
Location: Subang

Re: Volvo 960

Post by PenyuTurbo » 03 Feb 2006, 15:37

Randi wrote:Hai salam kenal semua.

Gue newbie nih. Ada yang bisa nolongin gue nggak ya ?

Gue punya problem, kadang kadang kalau lagi jalan mesin suka mati mendadak. Tapinya bisa start dan jalan lagi kalau udah agak dingin.

Pls, tologin gue donk .....

Mas Randi,

Itu typical problem untuk volvo seri 9XX.
Power Stage nya udah nggak beres.

Urutan sistim pengapian (Ignition System) pada volvo seri 9XX :

- Dari ACCU (AKI) pergi ke ECU
- Dari ECU pergi ke POWER STAGE (IGNITION AMPLIFIER)
- Dari POWER STAGE pergi ke COIL (IGNITION COIL)
- Dari IGNITION COIL pergi ke DISTRIBUTOR
- Dari DISTRIBUTOR pergi ke BUSI

Power Stage ini kayak transistor yang fungsi kerjanya memperbesar arus lemah dari ECU untuk di-supply ke Coil. Jika terlalu panas Power Stage ini ngambek, nggak ada lagi arus yang di supply ke Coil, alias kalau lagi jalan mesin mati mendadak. Tapi kalau udah dingin dikit mesin bisa dihidupkan lagi.

Power Stage ini diletakkan fender sebelah kiri, antara Pawer Stage dan Fender disisipi dengan Aluminium untuk mbuang panas. Bentuknya mirip segi enam, warnanya item dan diatasnya ada kotak warnanya abu-abu.

Ada dua kemungkinan penyebab nggak beresnya POWER STAGE :

1. Antara Power Stage dengan Aluminium pembuang panas ada karat, jadi panas nggak effektif dibuang, menyebabkan Power Stage kelebihan panas (overheated).

2. Gap Elektroda Busi udah nggak bener. Karena adanya erosi loncatan bunga api (Spark erosion). Untuk volvo seri 9XX, gap elektrodanya 0.7 mm. Jika gap-nya udah lebih dari 0.7 mm, maka dibutuhkan voltase (tegangan) yang lebih tinggi dari yang seharusnya. Untuk bisa mensupply tegangan yang lebih tinggi, COIL minta arus yang lebih dari Power Stage. Power Stage jadi overload, akibatnya tambah panas. Jika udah terlalu panas Power Stage jadi ngambek, kagak bagi arus ke Coil.

a. Jika ternyata penyebabnya no.1, bersihkan karatnya dan pasang kembali. Coba jalan lagi. Kalau masih ngambek lagi, ganti aja Power Stage nya.

b. Jika antara Power Stage dan Dudukannya (aluminium) nggak ada karat, maka yang perlu diganti Power Stage nya dan Busi. Karena kedua-duanya udah nggak bener. Kalau mau irit dikit, busi dibersihin kemudian pakai filler gauge 0.7 mm dan sisipkan antara dua elektroda busi. Ketok ketok dengan palu, kemudian cabut filler gauge nya. Yang jelas Power Stage nya musti digenti.

Semga ini membantu.

Randi
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: 03 Feb 2006, 14:12

Re: Volvo 960

Post by Randi » 03 Feb 2006, 19:12

Wah ... cool banget oom penyuturbo njelasinnya

Emang sih dua minggu lalu udah ganti coilnya, tapi belakangan ini ngadat lagi. Boleh nggak minta tolong lagi, bisa ndapetin part no. nya nggak ?

Trim's banget sebelumnya.

WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: 15 Sep 2004, 20:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP » 04 Feb 2006, 13:52

Ini sebenernya mestinya di Forum Sedan.....
tapi gak pa-pa lah.....
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear

User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: 11 Jan 2006, 12:21
Location: Subang

Re: Volvo 960

Post by PenyuTurbo » 04 Feb 2006, 22:24

Randi wrote:Wah ... cool banget oom penyuturbo njelasinnya

Emang sih dua minggu lalu udah ganti coilnya, tapi belakangan ini ngadat lagi. Boleh nggak minta tolong lagi, bisa ndapetin part no. nya nggak ?

Trim's banget sebelumnya.
Mas Randi,

Kalau begitu memang jelas bahwa yang udah culprit adalah Power Stage -nya.

Part No. untuk Pawer Stage : 0227100124.

Barang itu buatan BOSCH Germany.

Kalau saran saya diterima, setelah ganti Power Stage, sekalian ganti busi dan set gap elektroda ke 0.7 mm. Karena biasanya busi baru settingnya 1 mm.

Semoga Membantu.

User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: 11 Jan 2006, 12:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo » 04 Feb 2006, 22:25

WP wrote:Ini sebenernya mestinya di Forum Sedan.....
tapi gak pa-pa lah.....
Mas WP,

Nggak apa-apa dimanapun berada, yang penting forum ini bermanfaat dan saling membantu.

Randi
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: 03 Feb 2006, 14:12

Re: Volvo 960

Post by Randi » 08 Feb 2006, 11:41

Sorry oom penyuturbo, lambat ngejawab.

udah diganti kayak yang direcommen dan kagak ngadat lagi, makasih bantuannya yaa ...

satu lagi oom penyu, matic ni kalau jalan di D pindah giginya kagak smooth lagi kayak dulu ... kira-kira apanya ya oom ?

makasih banyak banyak sebelumnya oom.

User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: 11 Jan 2006, 12:21
Location: Subang

Re: Volvo 960

Post by PenyuTurbo » 08 Feb 2006, 13:43

Randi wrote:Sorry oom penyuturbo, lambat ngejawab.

udah diganti kayak yang direcommen dan kagak ngadat lagi, makasih bantuannya yaa ...

satu lagi oom penyu, matic ni kalau jalan di D pindah giginya kagak smooth lagi kayak dulu ... kira-kira apanya ya oom ?

makasih banyak banyak sebelumnya oom.
Alhamdulillah, kalau udah nggak ngadat lagi, ikut seneng aja.

Tentang Autotransmission ini yang udah nggak mulus lagi pindah giginya, ada beberapa kemungkinan :

1. Auto Tramsmission Fluid (ATF) nya udah kotor sekali, perlu dibersihkan. Bisa minta ke bengkel volvo atau bengkel lain yang bisa ngebersihin dan ATF nya diganti (Flushing ATF).

2. Valve Body pada Matic-nya udah aus, perlu diganti, khususnya steel ball yang ada dalam Body Valve yang biasanya aus duluan.

Pendapat gue, lebih baik Flushing ATF aja dulu yang gak mahal. Gue pernah juga DIY-Flushing ATF untuk RX300. Ada jerking kalau pindah gear. Lalu aku Flush ATF-nya, Alhamdulillah halus lagi shifting-nya sampai sekarang.

User avatar
didietkeren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 490
Joined: 29 Jun 2007, 17:23

Re: Volvo 960

Post by didietkeren » 08 Jan 2016, 14:41

nyimak nih.. nubie pake Volvo 960 juga..

User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: 16 Sep 2010, 13:04

Re: Volvo 960

Post by kapsul 97 » 08 Jan 2016, 14:54

didietkeren wrote:nyimak nih.. nubie pake Volvo 960 juga..
foto mobil nya taro sini dong Oom :big_blushing:

b0ku
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 964
Joined: 12 Jul 2013, 11:18

Re: Volvo 960

Post by b0ku » 08 Jan 2016, 14:57

jadi inget dulu suka bawa kantor punya 960 3000CC 6 silinder ex KTT nyaman bangeet ud ada ABSNya lagi mobil taon 1992 padahal

User avatar
didietkeren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 490
Joined: 29 Jun 2007, 17:23

Re: Volvo 960

Post by didietkeren » 08 Jan 2016, 15:49

kapsul 97 wrote:
didietkeren wrote:nyimak nih.. nubie pake Volvo 960 juga..
foto mobil nya taro sini dong Oom :big_blushing:
Ni fotonya...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

User avatar
didietkeren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 490
Joined: 29 Jun 2007, 17:23

Re: Volvo 960

Post by didietkeren » 10 Jun 2016, 10:29

Baca2 website luar: http://www.matthewsvolvosite.com/forums ... hp?t=31562
Ada cara setting AFR melalu baut di MAF Sensor (Open loop Injection).. ada yang bilang hanya berpengaruh saat kondisi idle ada yang bilang berpangaruh pada semua kondisi rpm...

Ada yang bisa bantu menjelaskan?

martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2348
Joined: 17 Aug 2015, 13:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Volvo 960

Post by martinnn » 10 Jun 2016, 10:35

sedan sekuat tank nih :mky_02: :mky_02: :mky_02:
Devikom.co.id ( Full service Branding Agency )
Interior Contractor
Property Broker
Sangjit Box Rental and Event Decorator
Allianz Insurance Agent
https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145

User avatar
marmut
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3005
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Volvo 960

Post by marmut » 10 Jun 2016, 23:27

kalo salah stel pas idle asap knalpot pedesnya minta ampun. ati-ati kalo mau kutak katik.
pipes - cigars - coffee

User avatar
didietkeren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 490
Joined: 29 Jun 2007, 17:23

Re: Volvo 960

Post by didietkeren » 16 Mar 2017, 13:33

didietkeren wrote:
10 Jun 2016, 10:29
Baca2 website luar: http://www.matthewsvolvosite.com/forums ... hp?t=31562
Ada cara setting AFR melalu baut di MAF Sensor (Open loop Injection).. ada yang bilang hanya berpengaruh saat kondisi idle ada yang bilang berpangaruh pada semua kondisi rpm...

Ada yang bisa bantu menjelaskan?
masih penasaran...

User avatar
didietkeren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 490
Joined: 29 Jun 2007, 17:23

Re: Volvo 960

Post by didietkeren » 17 Jan 2018, 23:56

Power Stage Bosch sekarang sudah ada yang Made In Taiwan. Sebelumnya pake Made In USA.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7236
Joined: 07 Dec 2012, 10:22

Re: Volvo 960

Post by newrubble » 18 Jan 2018, 05:13

didietkeren wrote:
08 Jan 2016, 15:49


Ni fotonya...
th 93 non-turbo? pake dr baru?

User avatar
marmut
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3005
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Volvo 960

Post by marmut » 18 Jan 2018, 10:37

made in usa kan tulisannya..... coba dipretelin itu isinya taiwan semua. motor central lock yg ada merk "bosch made in germany" pun saya pernah pretelin, dinamo kecilnya ada gravir tulisan "taiwan".





:glodak:
pipes - cigars - coffee

octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1446
Joined: 11 Nov 2005, 11:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Volvo 960

Post by octafiantos » 18 Jan 2018, 10:47

Normal di dunia industri. Sub kontrak pekerjaan ke pihak ketiga. Teman saya ada kerja di benua eropa, beli sepatu branded di Paris. Setelah rusak dia buka, dibalik padnya ada tulisan kenca alias kiri dalam bahasa sunda.
Kavling kosong, bisa dikridit.

User avatar
eridek
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 121
Joined: 18 Jun 2012, 12:19

Re: Volvo 960

Post by eridek » 21 Jan 2018, 14:15

octafiantos wrote:
18 Jan 2018, 10:47
Normal di dunia industri. Sub kontrak pekerjaan ke pihak ketiga. Teman saya ada kerja di benua eropa, beli sepatu branded di Paris. Setelah rusak dia buka, dibalik padnya ada tulisan kenca alias kiri dalam bahasa sunda.
cibaduyut...

inget iklan 960 saat awal muncul, enak lagunya...jalan anteng saja, tidak terprovokasi meskipun disalip hd, lambo, bahkan pesawat terbang. lagu berakhir dengan turunnya antena radio....maaf oot. ...

User avatar
didietkeren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 490
Joined: 29 Jun 2007, 17:23

Re: Volvo 960

Post by didietkeren » 01 Feb 2018, 13:13

newrubble wrote:
18 Jan 2018, 05:13


didietkeren wrote:
08 Jan 2016, 15:49


Ni fotonya...
th 93 non-turbo? pake dr baru?
'94 non turbo Om.. tidak dari baru Om..

newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7236
Joined: 07 Dec 2012, 10:22

Re: Volvo 960

Post by newrubble » 01 Feb 2018, 14:25

didietkeren wrote:
01 Feb 2018, 13:13
newrubble wrote:
18 Jan 2018, 05:13


didietkeren wrote:
08 Jan 2016, 15:49


Ni fotonya...
th 93 non-turbo? pake dr baru?
'94 non turbo Om.. tidak dari baru Om..
kalo nama pertama di bpkb itu tertulis 'soebechan s' artinya itu mobil pernah di salah 1 rumah alm ayah sy (alamat di iskandarsyah jkt)

Dekyarov
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 421
Joined: 24 Nov 2016, 11:11

Re: Volvo 960

Post by Dekyarov » 02 Feb 2018, 16:17

Kalo liat mobil ini jadi inget ama rudy salam, kalo main sinetron jadi bos.. Kendaraanya pasti ini dah.

User avatar
didietkeren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 490
Joined: 29 Jun 2007, 17:23

Re: Volvo 960

Post by didietkeren » 13 Jun 2019, 09:46

saya bikin review Volvo 960 GL (1994) di sini ya: viewtopic.php?f=19&t=28458
newrubble wrote:
01 Feb 2018, 14:25
didietkeren wrote:
01 Feb 2018, 13:13
newrubble wrote:
18 Jan 2018, 05:13




th 93 non-turbo? pake dr baru?
'94 non turbo Om.. tidak dari baru Om..
kalo nama pertama di bpkb itu tertulis 'soebechan s' artinya itu mobil pernah di salah 1 rumah alm ayah
sy (alamat di iskandarsyah jkt)
Nanti saya coba cek ya Om, mudah2an copy berkasnya masih ada.. :big_okay:

Post Reply