waterlo wrote:bisa jadi beralih ke transmover karena maintenance cost nya ya. rwd itu irit perawatan kaki2, yes. setuju banget. dulu pernah piara kijang kapsul bodi udah berantakan, baret sana-sini, tapi kaki2nya cukup tangguh. km nyaris 200k. paling yg diganti bushing2, tierod, longtierod, dkk nya. dan buat kijang lama begitu, ganti satu set bagian depan dgn merk 555 gak lebih mahal daripada turun mesin motor honda vario 125 hahahaha....
itulah knp akhirnya sy jadi ambil mobil rwd lagi. biar boros tp cukup peace of mind.
Harus dibedakan antara pengaruh RWD dan ladder frame om.
Avanza, Innova, Rush, dkk, itu kaki2 kuat karena ladder frame atau biasa disebut sasis truk. Ladder frame ini yang pengaruh banyak di awet nya kaki2. Sedangkan RWD hanya sedikit lebih awet dari FWD, tidak terlalu besar pengaruh nya. Jadi kalo pakai monocoque walaupun RWD ya pasti kalah awet dengan ladder frame FWD (ada ya?)
Selain itu, memang kaki2 Toyota itu kuat sih. Saya dulu pakai Panther, dibandingkan dengan Kijang yang sama-sama menggunakan ladder frame, kaki2 kijang memang lebih awet. Tapi ya gitu, spare part kijang 2x harga spare part Panther.