Mobil MPV Mulai Ditinggalkan?

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

Post Reply
User avatar
y_anjasrana
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 8694
Joined: 14 Feb 2003, 16:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Mobil MPV Mulai Ditinggalkan?

Post by y_anjasrana » 13 Jun 2013, 18:33

takut beresnya ga sanggup nanganin pa takut ga laku ya?
Accurate V5 Accounting System Consultant

User avatar
pcx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 579
Joined: 04 Sep 2010, 10:44

Re: Mobil MPV Mulai Ditinggalkan?

Post by pcx » 17 Jun 2013, 12:24

http://www.autoviva.com/news/nissan_qas ... german/882
Bahkan di negara dedengkot otomotif Eropa, Jerman
Nissan Qashqai satu satunya brand Asia yang jadi mobil favorit menyelip diantara brand luxury Jerman, top 3 lagi :frm_salut: :e-clap:
Unbelievable but if you can make a good car, people will want to buy it
It is so simple (Jeremy Clarkson)
y_anjasrana wrote:takut beresnya ga sanggup nanganin pa takut ga laku ya?
Nah good point om anjasrana :frm_tumbleft:
Karena pada 2008, kasus Nissan GL juga semakin merebak sejak meluncur April 2007
Mungkin Nissan Jepun memang tidak memberikan kepercayaan kepada NMI untuk handle nama besar Qashqai :e-think:
Ada opini juga NMI takut Qashqai bakal makan penjualan Nissan X-Tral T31 (juga masuk Indo Juni 2008)
Baru terlihat sekarang kalo T31 sendiri juga jeblok salesnya, kalah jauh dibanding CRV gen IiI :e-whistle:
Pokoknya blunder NMI deh :shrug:

Lihat di autoblog, konsumen US yang notabene demen bodi dan kapasitas mesin mobil gambot pada komplain kenapa Qashqai tidak masuk ke US
ketimbang persembahan nightmare: Nissan Rogue :wkkk:
ZERO EMISSION...............BETTER FUTURE

User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11055
Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Mobil MPV Mulai Ditinggalkan?

Post by VanzMatic » 18 Jun 2013, 10:57

Ijin post gambar...
Image



:mky_04:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "

User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5395
Joined: 28 Aug 2008, 17:32

Re: Mobil MPV Mulai Ditinggalkan?

Post by evolution21 » 18 Jun 2013, 14:06

waduh apaan tuh?
calon peraih the world most ugly car?

:ngacir:

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16677
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mobil MPV Mulai Ditinggalkan?

Post by DOHC » 18 Jun 2013, 14:32

tampang depanya ancur culun banget... samping nya masi lmayan padahal

itu emblem merek apa sehh.... caur banget desain nya....


*stelah dliat... ohh pantesan.. maklum dehh.. :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11959
Joined: 23 Jan 2013, 17:18
Location: Indonesia

Re: Mobil MPV Mulai Ditinggalkan?

Post by ricz » 18 Jun 2013, 14:48

Roti bantal kajol... :off_bored:
2013 RM3 2.4
2009 KUN40 2.5

-semua ini hanya pendapat pribadi nubie semata. mohon maaf jika ada kesalahan-

User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13575
Joined: 29 Nov 2012, 15:52
Location: Surabaya

Re: Mobil MPV Mulai Ditinggalkan?

Post by madcat015 » 18 Jun 2013, 14:57

Idung nya... Murano wannabe... failed gloriously :mrgreen:
Obey the mahakitteh. :big_cat:

Image

Image << Panic button for mere miserable mortals

User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11055
Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Mobil MPV Mulai Ditinggalkan?

Post by VanzMatic » 19 Jun 2013, 10:06

madcat015 wrote:Idung nya... Murano wannabe... failed gloriously :mrgreen:


:wkkk: :wkkk:
Jlebb banget... Demen banget dengan titah bos Honda Tuban yang bold large...
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "

User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11055
Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Mobil MPV Mulai Ditinggalkan?

Post by VanzMatic » 19 Jun 2013, 10:08

Upp lagi ahh...
VanzMatic wrote:Ijin post gambar...
Image



:mky_04:
Melanjutkeun titah sabda berikut...
pcx wrote:-cut-

Lihat di autoblog, konsumen US yang notabene demen bodi dan kapasitas mesin mobil gambot pada komplain kenapa Qashqai tidak masuk ke US
ketimbang persembahan nightmare: Nissan Rogue :wkkk:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "

User avatar
pcx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 579
Joined: 04 Sep 2010, 10:44

Re: Mobil MPV Mulai Ditinggalkan?

Post by pcx » 20 Jun 2013, 13:25

VanzMatic wrote:Upp lagi ahh...
VanzMatic wrote:Ijin post gambar...
Image



:mky_04:
Melanjutkeun titah sabda berikut...
pcx wrote:-cut-

Lihat di autoblog, konsumen US yang notabene demen bodi dan kapasitas mesin mobil gambot pada komplain kenapa Qashqai tidak masuk ke US
ketimbang persembahan nightmare: Nissan Rogue :wkkk:
Hayuk hayuk om VM :mrgreen: :off_good_job:

Liat pic dari om VM dan komen komen om evo21, mods klep, ricz, madcat :mky_03: :mky_03:
Ga heran konsumen US ngamuk ngamuk :mky_03: :mky_03:
apalagi setelah CEO Honda Jepang sendiri juga terang terangan mengaku iri kepada kesuksesan Qasqai :mrgreen:
http://otomotif.kompas.com/read/2011/12 ... .Adik.CR-V
TOKYO, KOMPAS.com - Honda Motor Company dikabarkan tengah menyiapkan produk baru sport utility vehicle (SUV) kompak yang diposisikan bakal mengisi segmen di bawah CR-V. Rencana ini tersirat dari ucapan Bos Besar Honda, Takanobu Ito yang secara jelas-jelas mengaku iri terhadap kesuksesan Nissan Qashqai di Eropa.

mereka tambah mencak mencak :wkkk: :wkkk: :mky_07: :mky_07:

Bai de wei, eniwei, baswei sepertinya Rogue dengan Joke memang cocok jadi bapak anak mobil kecebong
:ngacir: :ngacir:
ZERO EMISSION...............BETTER FUTURE

User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13575
Joined: 29 Nov 2012, 15:52
Location: Surabaya

Re: Mobil MPV Mulai Ditinggalkan?

Post by madcat015 » 20 Jun 2013, 14:30

VanzMatic wrote:
madcat015 wrote:Idung nya... Murano wannabe... failed gloriously :mrgreen:


:wkkk: :wkkk:
Jlebb banget... Demen banget dengan titah bos Honda Tuban yang bold large...
Wahhh... makasih om... Biasanya kalo di kantor, kalo ane bersabda pada ngakak semua... :big_slap:


@bro PCX: yak, moga2 Honda LSUV itu yang jadi andalan Hando... :e-pray:
Obey the mahakitteh. :big_cat:

Image

Image << Panic button for mere miserable mortals

User avatar
pcx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 579
Joined: 04 Sep 2010, 10:44

Re: Mobil MPV Mulai Ditinggalkan?

Post by pcx » 20 Jun 2013, 15:35

@madcat: ane juga berharap begitu bro, semoga :e-pray:
ZERO EMISSION...............BETTER FUTURE

User avatar
fabreguz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 687
Joined: 17 Jan 2011, 13:32
Location: Paragon City

Re: Mobil MPV Mulai Ditinggalkan?

Post by fabreguz » 15 Jul 2013, 00:00

pcx wrote:
ricz wrote:Qashqai koq gk masuk ya, malah lele penyet yg masuk...
Bodi bawahnya Qashqai sudah masuk duluan kok :big_smoking:
Liat aza brosur Juke

:big_weee: :big_weee:
Pertanyaan yang belum terjawab sampai sekarang, bro :mrgreen:
Medio Juni 2008, NMI pernah mengirim media gathering ke Portugal untuk test drive Nissan Qashqai.
Ada opsi bakal masuk ke Indonesia dengan harga Rp230-250jt untuk pelapis di bawah X-Trail
tapi entah sampe sekarang, ga ada kelanjutannya sama sekali :e-whistle:
nissan qasqai itu yg lebih apel to apel dengan outlander sp drpd juke?
saya pernah liat tapi pake nama dualis, nek ga salah built up dan ada panoramic roof
memang bagusan itu drpd juke
tapi istri tetap pengen juke hahaha :wkkk: :mky_07:
untung bakalan ada urban suv honda :mky_03: :mky_01:

saya kirain nissan yg hebat cuman nissan gtr thok
lha wong xtrail jg melempem :mky_03: :mky_01:
tadi siang ngeliat gtr putih, suara mesin gtr
menggelegar membahana bikin seisi jalan dan mal melirik semua :mky_03: :mky_01:
apalagi pas banyak nonik nonik unyu
dahsyat tenan :mky_01: :mky_02:
Don't Imageate

User avatar
etoh
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 216
Joined: 14 Aug 2007, 09:09

Re: Mobil MPV Mulai Ditinggalkan?

Post by etoh » 19 Jul 2013, 01:40

kemaren liat tuh yg mirip

tapi nissan dualis sih , emang belum keluar di sini juga khan?

hasil foto

Image


nih foto dari web
Image
Image

Michaelktp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 485
Joined: 02 Nov 2013, 15:00

Re: Mobil MPV Mulai Ditinggalkan?

Post by Michaelktp » 02 Nov 2013, 16:10

VanzMatic wrote:
Nightster Guy wrote:Sayang Kuda last gen tampangnya kek odong2. Asal tempel banget tu lampu model daun ke front fascia Kuda. Sumpeh bok jaka sembung. Tail lamp juga hadooow kek karoserian minibus punya. Gatot cacat bener.

Cakepan Kuda yg pertama kedua kemana2.
Kuda 2000 (gen1)
Image
Mirip dengan
Image

Kuda 2002 (Gen2)
Image
Guanteeeengngng....!
:mky_02:
Malah banyak minibus L300 karoserian yang aplikasi lampu gen kedua ini.

Kuda 2004 (Gen3)
Image
Image

Hancur total sudah reputasi Mitsu Kuda dengan model gen3 diatas...
:frm_bang_head:
:frm_bang_head:
:frm_bang_head:
:big_slap:
:big_slap:
:big_slap:
Halo Teman2 salam kenal semuanya, selama ini sy sebagai pembaca setia seraya motor dan ini salah threade yang menarik bagi sy.
Karena membahas ttg mobil Mpv Mitsubishi Kuda.
Sayang diskusi tdk berlanjut lagi dan sy saat ini menanyakan masalah Mitsubishi kuda sy.
Sy mengalami masalah , waktu radiator pecah terus sy bw ke bengkel Mitsubishi , oleh pihak teknisi dibetulkan tanpa hrs ganti baru, tp mulut radiator diganti yg Kuningan tp sy pakai 1 thn kemudian mulai bocor, setiap sy naik tanjakan dan kecepatan tinggi air yg dicadangkan berkurang tinggal seperempat dan sy selalu harus tambah air. Lama2 kan capek. Apakah ada teman2 yg pernah mengalami seperti sy? Sy minta petunjuknya teman2. Apa ada solusi lain daripada sy hrs ganti satu gelondong radiator dgn harga 2,5 jt.
Terima kasih dan mohon petunjuknya.

User avatar
an15wn
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 467
Joined: 16 Aug 2008, 06:31
Location: Jakarta Timur

Re: Mobil MPV Mulai Ditinggalkan?

Post by an15wn » 02 Nov 2013, 17:03

Nah, terbukti analisisnya Mitsubishi emang kagak bener.

Setelah Ertiga muncul, penjualan Avanza malah menggila di angka 20rb-an. Belum bentar lagi muncul Mobilio. Mangkin ngaplo aja tuh Mitsubishi gak punya jagoan MPV entry level. Bakal jadi penonton doank, nih.

User avatar
Felixz_Yaris
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3210
Joined: 27 Mar 2013, 11:32
Location: Jombang, Jawa Timur

Re: Mobil MPV Mulai Ditinggalkan?

Post by Felixz_Yaris » 02 Nov 2013, 19:16

an15wn wrote:Nah, terbukti analisisnya Mitsubishi emang kagak bener.

Setelah Ertiga muncul, penjualan Avanza malah menggila di angka 20rb-an. Belum bentar lagi muncul Mobilio. Mangkin ngaplo aja tuh Mitsubishi gak punya jagoan MPV entry level. Bakal jadi penonton doank, nih.
segmen yg lagi rame kan LMPV & LCGC..
nah wong mazda, honda , bahkan chevy ngeluarin LMPV kenapa mitsu gak ??
:ngacir: *sebelum ditimpuk penboi mitsu
[TYCI 917]
[YKC]

User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13575
Joined: 29 Nov 2012, 15:52
Location: Surabaya

Re: Mobil MPV Mulai Ditinggalkan?

Post by madcat015 » 02 Nov 2013, 19:18

Felixz_Yaris wrote:
an15wn wrote:Nah, terbukti analisisnya Mitsubishi emang kagak bener.

Setelah Ertiga muncul, penjualan Avanza malah menggila di angka 20rb-an. Belum bentar lagi muncul Mobilio. Mangkin ngaplo aja tuh Mitsubishi gak punya jagoan MPV entry level. Bakal jadi penonton doank, nih.
segmen yg lagi rame kan LMPV & LCGC..
nah wong mazda, honda , bahkan chevy ngeluarin LMPV kenapa mitsu gak ??
:ngacir: *sebelum ditimpuk penboi mitsu
Dulu Mitsu sempat mw rebrand R3...

Untung ga jadi, kalo ga makin banyak klonengan keliaran... :ngacir:
Obey the mahakitteh. :big_cat:

Image

Image << Panic button for mere miserable mortals

User avatar
artoodetoo
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 5950
Joined: 26 Aug 2007, 10:43

Re: Mobil MPV Mulai Ditinggalkan?

Post by artoodetoo » 02 Nov 2013, 19:47

madcat015 wrote: Dulu Mitsu sempat mw rebrand R3...

Untung ga jadi, kalo ga makin banyak klonengan keliaran... :ngacir:
Usul ke Mitsu ah, bikin klonengan Mazda 8 saja :upss:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net

User avatar
an15wn
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 467
Joined: 16 Aug 2008, 06:31
Location: Jakarta Timur

Re: Mobil MPV Mulai Ditinggalkan?

Post by an15wn » 03 Nov 2013, 04:48

madcat015 wrote:
Felixz_Yaris wrote:
an15wn wrote:Nah, terbukti analisisnya Mitsubishi emang kagak bener.

Setelah Ertiga muncul, penjualan Avanza malah menggila di angka 20rb-an. Belum bentar lagi muncul Mobilio. Mangkin ngaplo aja tuh Mitsubishi gak punya jagoan MPV entry level. Bakal jadi penonton doank, nih.
segmen yg lagi rame kan LMPV & LCGC..
nah wong mazda, honda , bahkan chevy ngeluarin LMPV kenapa mitsu gak ??
:ngacir: *sebelum ditimpuk penboi mitsu
Dulu Mitsu sempat mw rebrand R3...

Untung ga jadi, kalo ga makin banyak klonengan keliaran... :ngacir:
Kalo kebanyakan klonengan, tinggal panggil momod aja utk ngeban... :wkkk:

liacila
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: 05 Jun 2012, 15:37
Location: Jakarta Selatan
Contact:

Re: Mobil MPV Mulai Ditinggalkan?

Post by liacila » 16 Nov 2013, 19:36

Kalo yang saya liat sih selama harga MPV masih terjangkau susah deh konsumen di Indonesia berpindah ke mobil jenis SUV atau lainnya

User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8287
Joined: 25 Mar 2008, 02:52
Location: djakarta

Re: Mobil MPV Mulai Ditinggalkan?

Post by andy1800 » 22 Nov 2013, 21:07

mobil MPV pertama kali di dunia tu apa ya?
mobil MPV pertama kali di indonesia tu apa ya?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image

User avatar
walid_007
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2817
Joined: 30 Mar 2013, 07:52
Location: pekalongan, indonesia

Re: Mobil MPV Mulai Ditinggalkan?

Post by walid_007 » 23 Nov 2013, 16:51

andy1800 wrote:mobil MPV pertama kali di dunia tu apa ya?
mobil MPV pertama kali di indonesia tu apa ya?
keliatannya mpv tu truck gt,, yg penting bids digunsksn ngsngkut org dan barang

bisa jadi colt
Image

LGX
the legend of toyota

User avatar
fabreguz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 687
Joined: 17 Jan 2011, 13:32
Location: Paragon City

Re: Mobil MPV Mulai Ditinggalkan?

Post by fabreguz » 18 Dec 2013, 20:10

walau berharga lebih murah, spertine mobil lcgc pun belum bsa menggeser mobil mpv di indonesia :mky_03: :mky_01:
prediksi tahun depan 2014 mpv akan tetap berjaya
apalagi dari sang market leader :mky_03: :mky_01:

http://otomotif.news.viva.co.id/news/re ... -pada-2014
Tren Mobil yang Bakal Digandrungi pada 2014
Mobil murah tengah booming saat ini.
VIVAnews - Mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC) tengah ramai diminati pasar saat ini. Sebagai pemain baru di kelas city car, LCGC langsung bercokol dalam daftar lima mobil terlaris nasional pada bulan lalu.

Meski laku keras, Toyota Astra Motor (TAM) selaku produsen mobil murah Agya, menilai LCGC belum bisa mengalahkan pamor Multi Purpose Vehicle (MPV).

Dengan begitu, mereka berpendapat, tren mobil yang bakal populer pada tahun depan masih dari tipe MPV atau mobil keluarga tujuh penumpang.

"Setiap bulan, penjualan Agya hanya tembus 4-5 ribu unit. Masih jauh dibanding Avanza (MPV) yang rata-rata 18 ribu unit," kata Direktur Pemasaran TAM, Rahmat Samulo, akhir pekan lalu.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, volume maker penjualan mobil nasional masih dari tipe MPV, lantaran sesuai karakter konsumen Tanah Air --butuh mobil dengan kapasitas penumpang banyak.

"Jadi, tren tahun depan masih MPV, mungkin setelah itu baru city car atau hatchback, mengingat ada Agya dan banyaknya model serupa dari merek lain," imbuhnya.
Don't Imageate

User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11055
Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Mobil MPV Mulai Ditinggalkan?

Post by VanzMatic » 20 Dec 2013, 16:20

Michaelktp wrote:
Halo Teman2 salam kenal semuanya, selama ini sy sebagai pembaca setia seraya motor dan ini salah threade yang menarik bagi sy.
Karena membahas ttg mobil Mpv Mitsubishi Kuda.
Sayang diskusi tdk berlanjut lagi dan sy saat ini menanyakan masalah Mitsubishi kuda sy.
Sy mengalami masalah , waktu radiator pecah terus sy bw ke bengkel Mitsubishi , oleh pihak teknisi dibetulkan tanpa hrs ganti baru, tp mulut radiator diganti yg Kuningan tp sy pakai 1 thn kemudian mulai bocor, setiap sy naik tanjakan dan kecepatan tinggi air yg dicadangkan berkurang tinggal seperempat dan sy selalu harus tambah air. Lama2 kan capek. Apakah ada teman2 yg pernah mengalami seperti sy? Sy minta petunjuknya teman2. Apa ada solusi lain daripada sy hrs ganti satu gelondong radiator dgn harga 2,5 jt.
Terima kasih dan mohon petunjuknya.
Kasian banget nih belum dijawab jawab....Jangan jangan dah keburu kuciwa dan kabur,...

Izinkan ane membantu share ya om..

Air di cadangan radiator sebenarnya bukan sekedar cadangan tapi lebih tepat kita menyebutnya reservoir yaitu penampungan. Saat mesin kita pacu maka temperatur didalam mesin sudah pasti meningkat, air pendingin mesin yaitu air radiator akan mengambil panas mesin tersebut sehingga temperatur air radiator menjadi tinggi.

Tingginya temperatur air radiator mengakibatkan pemuaian dan juga peningkatan tekanan didalam sistem pendinginan. Ketika air radiator memuai dan tekanan sudah mencapai tekanan buka pada tutup radiator (tertera angka 0.9 atau 1.1 kgf/cm2) maka air radiator akan mengalir dari radiator ke tabung reservoir.

Disana air tersebut ditampung sementara sampai ketika mesin tidak digunakan, air didalam radiator mengalami pendinginan sehingga terajadi penyusutan secara volume, dengan ada nya penyusutan maka diikuti oleh tekanan negatif atau vacuum dari dalam sistem radiator sehingga valve vacuum pada tutup radiator terbuka dan air dari tabung reservoir terhisap kembali ke dalam sistem (radiator) demikian seterusnya air akan bersiklus dari radiator ke reservoir dan kemudian dari reservoir ke radiator.

Dari penjabaran di atas maka kasus pada Om Michael ini adalah kemungkinan yang ada :
1. Apakah om Michael mengisi air cadangan tidak melebihi garis full ? apabila melebihi garis full maka air akan terbuang saat air radiator menuju ke mesin.
2. Apakah Tutup radiator yang di beli sudah sesuai dengan Spec kendaraan anda dan Original ?
3. Apakah temperatur mesin pada temperatur kerja rata-rata ? Jika tidak memang akan mengalami penguapan sehingga sebagian air terbuang dalam bentuk gas
5. Periksa kebocoran, mungkin saja terdapat kebocoran halus yang sulit terditeksi, seperti pada waterpump,selang by pass, tutup radiator, atau radiator itu sendiri (mulut radiator).

IMHO, peranti peranti yg berhubungan dengan mesin dan pendinginan sebaiknya jangan diakalin apabila menyangkut bagian yang krusial. Mulut radiator menanggung tekanan yang luar biasa tinggi, karena dia harus menahan tekanan air panas di dalam supaya TIDAK sama dengan tekanan udara di luar, bergantung spesifikasi standarnya. Jadi... saran ane sih, lebih baik ganti satu gelondong radiator orisinil saja, supaya penanganan masalah menjadi lebih gampang, karena alternatif kemungkinan kerusakan bisa diperkecil lagi.

Artinya, apabila radiator bekerja baik, dan air di reservoir masih berkurang, silakan cek komponen lainnya, oia tadi lupa ngetik, thermostat dicek ya. Jangan dicabut.

CMIIW..
:big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "

Post Reply