Page 1 of 2

(ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Posted: Wed Jun 29, 2016 1:27
by lemonadelovers
Yth. Rekan2 SM-ers,

langsung saja..

begini satu minggu yang lalu Innova D4D saya dilakukan purging di KM 78ribu.. pakai cairannya Liqui Moly Diesel Purge.. di bengkel tersebut metode purgingnya adalah selang masuk ke injector dan selang balik dari injector dilepas dari fuel filter dan kedua selang tersebut dimasukkan ke dalam botol obat purging (selang balik cairan purging disirkulasi di botol purging sampe habis dibakar mesin).. dibiarkan idle beberapa menit kemudian digeber hingga sekitar 2500 rpm hingga obat hampir habis.. Saat digeber tampak asap hitam tidak terlalu tebal keluar dari knalpot, kemudian sisa cairan purging dituang ke tangki BBM, prosesnya kira2 makan waktu 15 menit. kira2 begini picnya :

Image

Image

nah iseng iseng saya liat di youtube supaya next time bisa DIY Purging, tapi kok metode purgingnya berbeda ya (kebetulan di video tersebut pakai cairan purging yang berbeda), caranya selang inlet ke injector dimasukan ke botol purging tapi selang baliknya dituang ke botol lain untuk selanjutnya dibuang (ga disirkulasi masuk ke kaleng obat purging), hasil cairan dari selang balik tampak keruh dan proses purging sekitar 10 menitan, ini cuplikan picnya :

Image

video youtube nya:
[youtube]http://www.youtube.com/watch?v=FpViXMjp40A[/youtube]

kemudian ada juga cara yang lain, mekanisnmenya mirip yang pertama tapi dari botol purging ke selang inlet injector dikasih semacam fuel filter.. jadi meskipun cairan purging dari selang balik bersirkulasi ke selang masuk tapi kotorannya sudah disaring.. ini picnya:
Image

dan ini ada yg DIY:
Image

Nah yang jadi pertanyaan saya dari metode diatas, mana yang benar dan terbaik? yang menjadi ganjalan saya setelah liat video youtube, klo gitu cara kemarin saya purging d bengkel ga efektif dong ya karena cairan dari selang balik yang kotor dipaksa masuk lagi ke injector.. :big_bored:

klo memang kemarin purging saya salah, bolehkah jika dalam waktu dekat ini saya purging kembali?
skalian mau tanya kemarin purging botol LM kok kemasan plastik ya bukan kaleng, apa ini kemasan baru?

mohon pencerahannya dan terima kasih.. :big_deal:

Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Posted: Wed Jun 29, 2016 2:29
by Turboman
Yg penting jangan digeber om, karena cairan purging itu "keset" / gak licin

sesekali di gas ke 2500 RPM trus lepas selang 5 menit sekali boleh

Bagusnya mmg dikasih filter kecil juga

Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Posted: Wed Jun 29, 2016 3:20
by A7Corsair
Om Turbo ... kemaren pas servis 20K di beres, 4D56 saya cuman dikasih cairan purging mitsu langsung ke tanki bahan bakar.
Apakah ini efektif ?
Kira2 perlu purging yang langsung pake selang ke injektor gak ?
Bahan bakar selalu pertadex.

Thx

Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Posted: Thu Jan 19, 2017 0:30
by Wongsuroboyo
Om turbo, kalo purging di masukkan di tangki solar, trus di bawa ke tol buat di geber2 boleh? Mohon info nya, trims

Re: RE: Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Posted: Thu Jan 19, 2017 1:50
by Turboman

kalo mobilnya pake elec fuel pump di tangki, purging pake tabung bertekanan

Re: RE: Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Posted: Thu Jan 19, 2017 1:52
by Turboman
A7Corsair wrote:Om Turbo ... kemaren pas servis 20K di beres, 4D56 saya cuman dikasih cairan purging mitsu langsung ke tanki bahan bakar.
Apakah ini efektif ?
Kira2 perlu purging yang langsung pake selang ke injektor gak ?
Bahan bakar selalu pertadex.

Thx
Kalo gitu purging lah di bengkel yg ngerti cara purging

Re: RE: Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Posted: Sun Mar 12, 2017 14:05
by Nugrohonug
Turboman wrote: Thu Jan 19, 2017 1:52
A7Corsair wrote:Om Turbo ... kemaren pas servis 20K di beres, 4D56 saya cuman dikasih cairan purging mitsu langsung ke tanki bahan bakar.
Apakah ini efektif ?
Kira2 perlu purging yang langsung pake selang ke injektor gak ?
Bahan bakar selalu pertadex.

Thx
Kalo gitu purging lah di bengkel yg ngerti cara purging
Om turbo,kalo penyebab asep mesin diesel bikin perih mata itu knp ya om ? Thx om turbo

Re: RE: Re: RE: Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Posted: Sun Mar 12, 2017 18:01
by Turboman
Nugrohonug wrote:
Turboman wrote: Thu Jan 19, 2017 1:52
A7Corsair wrote:Om Turbo ... kemaren pas servis 20K di beres, 4D56 saya cuman dikasih cairan purging mitsu langsung ke tanki bahan bakar.
Apakah ini efektif ?
Kira2 perlu purging yang langsung pake selang ke injektor gak ?
Bahan bakar selalu pertadex.

Thx
Kalo gitu purging lah di bengkel yg ngerti cara purging
Om turbo,kalo penyebab asep mesin diesel bikin perih mata itu knp ya om ? Thx om turbo
setahu ane yg bikin perih di mata itu emisi knalpot mesin bensin jika pembakaran nggak sempurna, akhirnya emisi HC tinggi

Btw utk kondisi anda tolong ceritakan scr detail

mobil apa

solarnya apa

kondisi mesin bagaimana

std / piggy

Re: RE: Re: RE: Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Posted: Mon Mar 13, 2017 0:49
by michaelgiri93
Turboman wrote: Sun Mar 12, 2017 18:01
setahu ane yg bikin perih di mata itu emisi knalpot mesin bensin jika pembakaran nggak sempurna, akhirnya emisi HC tinggi

Btw utk kondisi anda tolong ceritakan scr detail

mobil apa

solarnya apa

kondisi mesin bagaimana

std / piggy
Om turbo
Maaf oot
Saya mau tanya, tetangga saya ada yang punya isuzu panther kotak, tahunnya saya kurang tahu, sekitar 95-96 an
Bodynya sudah di ganti ke model escudo sidekick
Pertanyaannya, kalau pagi mobil itu di panasin asapnya banyak banget, baunya kaya pengasapan di anti nyamuk om, selain itu suara mesinnya terlalu kasar untuk mesin diesel, saya pernah ada mobil kantor nyokap panther kotak '95 itu suaranya jauh lebih halus di bandingkan panther tetangga saya om. Kira2 apa yang bermasalah ya untuk bau yang menyengat itu? Nozzlenya? Bospomnya? Atau apa ya om?
:mky_01:

Re: RE: Re: RE: Re: RE: Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Posted: Mon Mar 13, 2017 0:54
by Turboman
michaelgiri93 wrote:
Turboman wrote: Sun Mar 12, 2017 18:01
setahu ane yg bikin perih di mata itu emisi knalpot mesin bensin jika pembakaran nggak sempurna, akhirnya emisi HC tinggi

Btw utk kondisi anda tolong ceritakan scr detail

mobil apa

solarnya apa

kondisi mesin bagaimana

std / piggy
Om turbo
Maaf oot
Saya mau tanya, tetangga saya ada yang punya isuzu panther kotak, tahunnya saya kurang tahu, sekitar 95-96 an
Bodynya sudah di ganti ke model escudo sidekick
Pertanyaannya, kalau pagi mobil itu di panasin asapnya banyak banget, baunya kaya pengasapan di anti nyamuk om, selain itu suara mesinnya terlalu kasar untuk mesin diesel, saya pernah ada mobil kantor nyokap panther kotak '95 itu suaranya jauh lebih halus di bandingkan panther tetangga saya om. Kira2 apa yang bermasalah ya untuk bau yang menyengat itu? Nozzlenya? Bospomnya? Atau apa ya om?
:mky_01:
suru aja Purging coba

kalo masi ngebul juga, suru bawa ke Unggul Jaya Diesel di Jatinegara

Re: RE: Re: RE: Re: RE: Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Posted: Mon Mar 13, 2017 1:08
by ginting
michaelgiri93 wrote:
Turboman wrote: Sun Mar 12, 2017 18:01
setahu ane yg bikin perih di mata itu emisi knalpot mesin bensin jika pembakaran nggak sempurna, akhirnya emisi HC tinggi

Btw utk kondisi anda tolong ceritakan scr detail

mobil apa

solarnya apa

kondisi mesin bagaimana

std / piggy
Om turbo
Maaf oot
Saya mau tanya, tetangga saya ada yang punya isuzu panther kotak, tahunnya saya kurang tahu, sekitar 95-96 an
Bodynya sudah di ganti ke model escudo sidekick
Pertanyaannya, kalau pagi mobil itu di panasin asapnya banyak banget, baunya kaya pengasapan di anti nyamuk om, selain itu suara mesinnya terlalu kasar untuk mesin diesel, saya pernah ada mobil kantor nyokap panther kotak '95 itu suaranya jauh lebih halus di bandingkan panther tetangga saya om. Kira2 apa yang bermasalah ya untuk bau yang menyengat itu? Nozzlenya? Bospomnya? Atau apa ya om?
:mky_01:
Dugaan saya nozzle sdh perlu dikalibrasi.
Mungkin pengabutan sdh jelek.
Suara keras
Asap banyak
Itu tetangga protes tuh


Sent from my K012 using Tapatalk


Re: RE: Re: RE: Re: RE: Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Posted: Mon Mar 13, 2017 2:15
by michaelgiri93
Turboman wrote: Mon Mar 13, 2017 0:54
suru aja Purging coba

kalo masi ngebul juga, suru bawa ke Unggul Jaya Diesel di Jatinegara
Oke oke thanks om ntr saya ta blg ke tetangga saya.
Wah lokasi saya 10 jam mengemudi dari jakarta om :mky_01:
ginting wrote: Mon Mar 13, 2017 1:08 Dugaan saya nozzle sdh perlu dikalibrasi.
Mungkin pengabutan sdh jelek.
Suara keras
Asap banyak
Itu tetangga protes tuh


Sent from my K012 using Tapatalk
Iya om asap banyak, suara kasar
Apalagi yang punya mobil rumahnya persis di sebelah rumah saya
Kalau manasi mobil kadang baunya masuk rumah saya, tapi positifnya malah serasa di fogging sih :wkkk:

Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Posted: Mon Mar 13, 2017 2:49
by Turboman
Kalo posisi di JaTim

kalibrasi pompa injeksi bisa ke DIZZO di Sidoarjo

gugel aja

Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Posted: Mon Mar 13, 2017 3:00
by michaelgiri93
Turboman wrote: Mon Mar 13, 2017 2:49 Kalo posisi di JaTim

kalibrasi pompa injeksi bisa ke DIZZO di Sidoarjo

gugel aja
lebih tepatnya di surakarta posisinya om
tapi trims om turbo buat infonya :big_deal:

Re: RE: Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Posted: Mon Mar 13, 2017 4:11
by Turboman
michaelgiri93 wrote:
Turboman wrote: Mon Mar 13, 2017 2:49 Kalo posisi di JaTim

kalibrasi pompa injeksi bisa ke DIZZO di Sidoarjo

gugel aja
lebih tepatnya di surakarta posisinya om
tapi trims om turbo buat infonya :big_deal:
Nah telpon aja si Dizzo (pak Wawan)

dia udah ada perwakilan di Solo belom

kalo Semarang kayaknya dah ada

Re: RE: Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Posted: Mon Mar 13, 2017 8:29
by michaelgiri93
Turboman wrote: Mon Mar 13, 2017 4:11
michaelgiri93 wrote:
Turboman wrote: Mon Mar 13, 2017 2:49 Kalo posisi di JaTim

kalibrasi pompa injeksi bisa ke DIZZO di Sidoarjo

gugel aja
lebih tepatnya di surakarta posisinya om
tapi trims om turbo buat infonya :big_deal:
Nah telpon aja si Dizzo (pak Wawan)

dia udah ada perwakilan di Solo belom

kalo Semarang kayaknya dah ada
Oke2 om
Siappp
Thank you om :mky_02:

Re: RE: Re: RE: Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Posted: Mon Mar 13, 2017 17:32
by Nugrohonug
Turboman wrote: Sun Mar 12, 2017 18:01
Nugrohonug wrote:
Turboman wrote: Thu Jan 19, 2017 1:52
Kalo gitu purging lah di bengkel yg ngerti cara purging
Om turbo,kalo penyebab asep mesin diesel bikin perih mata itu knp ya om ? Thx om turbo
setahu ane yg bikin perih di mata itu emisi knalpot mesin bensin jika pembakaran nggak sempurna, akhirnya emisi HC tinggi

Btw utk kondisi anda tolong ceritakan scr detail


mobil apa

solarnya apa

kondisi mesin bagaimana

std / piggy
Maaf om baru reply,mobilnya truk colt diesel 100ps kalo ngga salah mesin 4d31 (koreksi om kalo salah) tahun 2002,km udh 400rban om,selalu solar biasa om dari baruu,kondisi mesin blm pernah turun mesin om dan mesin jg keadaannya kering om ngga ada rembes rembes oli, nah mulai akhir akhir ini ngga lolos emisi uji kir om karna asepnya banyak banget jelaga dan asepnya pedes banget dimata,udh coba di purging pake cairan diesel purge emng sih abis di purging asep berkurang jauh om tapi nanti 6 bln kemudian parah lg om asepnya :off_no: ,nah kira kira penanganannya harus gimana ya om ? Apa turun mesin buat ngebersihin kerak keraknya om ? Bengkel diesel yg rekomen buat nanganin ini dimana ya om ? Thx om turbo

Re: RE: Re: RE: Re: RE: Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Posted: Tue Mar 14, 2017 3:07
by Turboman
Nugrohonug wrote:
Turboman wrote: Sun Mar 12, 2017 18:01
Nugrohonug wrote: Om turbo,kalo penyebab asep mesin diesel bikin perih mata itu knp ya om ? Thx om turbo
setahu ane yg bikin perih di mata itu emisi knalpot mesin bensin jika pembakaran nggak sempurna, akhirnya emisi HC tinggi

Btw utk kondisi anda tolong ceritakan scr detail


mobil apa

solarnya apa

kondisi mesin bagaimana

std / piggy
Maaf om baru reply,mobilnya truk colt diesel 100ps kalo ngga salah mesin 4d31 (koreksi om kalo salah) tahun 2002,km udh 400rban om,selalu solar biasa om dari baruu,kondisi mesin blm pernah turun mesin om dan mesin jg keadaannya kering om ngga ada rembes rembes oli, nah mulai akhir akhir ini ngga lolos emisi uji kir om karna asepnya banyak banget jelaga dan asepnya pedes banget dimata,udh coba di purging pake cairan diesel purge emng sih abis di purging asep berkurang jauh om tapi nanti 6 bln kemudian parah lg om asepnya :off_no: ,nah kira kira penanganannya harus gimana ya om ? Apa turun mesin buat ngebersihin kerak keraknya om ? Bengkel diesel yg rekomen buat nanganin ini dimana ya om ? Thx om turbo
periksa pompa injeksi di Unggul Jaya Diesel - Jatinegara

kayaknya mrk utk cek mesin juga bisa

utk mesin kalo tahun segitu ya cek kompresi dulu dah

Re: RE: Re: RE: Re: RE: Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Posted: Tue Mar 14, 2017 6:59
by Nugrohonug
Turboman wrote: Tue Mar 14, 2017 3:07
Nugrohonug wrote:
Turboman wrote: Sun Mar 12, 2017 18:01
setahu ane yg bikin perih di mata itu emisi knalpot mesin bensin jika pembakaran nggak sempurna, akhirnya emisi HC tinggi

Btw utk kondisi anda tolong ceritakan scr detail


mobil apa

solarnya apa

kondisi mesin bagaimana

std / piggy
Maaf om baru reply,mobilnya truk colt diesel 100ps kalo ngga salah mesin 4d31 (koreksi om kalo salah) tahun 2002,km udh 400rban om,selalu solar biasa om dari baruu,kondisi mesin blm pernah turun mesin om dan mesin jg keadaannya kering om ngga ada rembes rembes oli, nah mulai akhir akhir ini ngga lolos emisi uji kir om karna asepnya banyak banget jelaga dan asepnya pedes banget dimata,udh coba di purging pake cairan diesel purge emng sih abis di purging asep berkurang jauh om tapi nanti 6 bln kemudian parah lg om asepnya :off_no: ,nah kira kira penanganannya harus gimana ya om ? Apa turun mesin buat ngebersihin kerak keraknya om ? Bengkel diesel yg rekomen buat nanganin ini dimana ya om ? Thx om turbo
periksa pompa injeksi di Unggul Jaya Diesel - Jatinegara

kayaknya mrk utk cek mesin juga bisa

utk mesin kalo tahun segitu ya cek kompresi dulu dah
Makasih banyak ya om turbo sarannya :big_exellent:

Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Posted: Sat Dec 09, 2017 15:54
by wa2nlinux
Ada yang pernah purging colorado 2012 kah ?

Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Posted: Tue Oct 30, 2018 17:12
by g4d1ng
Halo para suhu.. mau sedikit share.. ternyata purging sendiri sangat mudah..
Tonton youtube saya ya Gan.. Trims
https://www.youtube.com/watch?v=NAUidTIYLOY

Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Posted: Thu Jun 20, 2019 2:17
by Profith83
Kalau mau beli selang untuk purging.

Seharusnya selang yang tahan panas yah? karena solar balik panas? sepanas apa yah?
Yang sudah pernah purging mungkin bisa share.
Kalau tidak terlalu panas harusnya selang biasa juga cukup

Selang merek apa dan ukuran berapa?

Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Posted: Thu Jun 20, 2019 2:50
by MSU
Profith83 wrote: Thu Jun 20, 2019 2:17 Kalau mau beli selang untuk purging.

Seharusnya selang yang tahan panas yah? karena solar balik panas? sepanas apa yah?
Yang sudah pernah purging mungkin bisa share.
Kalau tidak terlalu panas harusnya selang biasa juga cukup

Selang merek apa dan ukuran berapa?
saya malah cuma pake selang akuarium beli di toko bangunan wkwk...pilih yang paling tebal
nb : diesel jadul non commonrail

Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Posted: Sat Oct 12, 2019 5:49
by K8055PK
review diy purging 2kd pakai merk wurth

solar yang keluar dari selang balik jernih gak item seperti di tutorial, gak tau apakah kurang manjur obatnya atau memang injektor masih bersih, kondisi 15rb km dari terakhir service injector, bbm full bio solar + racun psdk / rl85.

Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Posted: Fri Dec 13, 2019 12:24
by Dieselmani4
Pengen diy purging sendiri, tapi kalo nyalain mesin diesel sampe 15 - 30 menit, takutnya diprotes sm tetangga