Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Saya newbie dalam dunia mobil Eropa, khususnya merek seperti Mercedes, BMW, dan Peugeot. Selama ini banyak yang bilang mobil Eropa itu "harus siap servis mahal" dan "lebih sering rewel" dibanding mobil Jepang.
Nah, saya pengen tanya nih:
Bener gak sih semua mobil Eropa pasti mahal perawatan dan suku cadangnya?
Ada gak model tertentu yang terkenal bandel dan part-nya masih banyak/murah?
Kalau budget 150β200 jutaan, mending ambil Eropa second atau Jepang yang lebih baru?
Saya ngincar kenyamanan dan safety, tapi gak pengen jadi langganan bengkel juga
Kalau ada pengalaman agan-agan semua, entah itu W204, E90, Volvo, atau lainnya, boleh banget dishare.
Pertanyaannya kenapa anda memilih punya mobil eropa daripada mobil jepang?
Kenapa sparepart mobil eropa mahal? Ya karena dibuatnya di eropa ongkos kirimnya berapa,masuk sini kena pajak berlipat2
Yang bayar siapa?ya yang beli sparepartnya kenapa mobil jepang sparepart lebih murah?ya karena dibuat lokal disini atau negara yang jaraknya lebih dekat daripada eropa pajak dan ongkos kirimnya tentu beda dengan barang eropa kan?
Belum lagi gaji pekerja asia dan gaji pekerja negara eropa juga beda
Belum lagi biaya patent teknologinya beda
Belum lagi kualitas sparepartnya
Jadi? Wajar kan kalau perawatan mobil eropa lebih tinggi?
Bujet 150-200 juta saran saya ambil jepangan muda 75% dana,25% dana untuk peremajaan misal Daihatsu Luxio 2018 150 juta,50 juta buat peremajaan part pasti sisa2 PR anda pemakaian 100ribu km juga cuma ganti oli2 aja
Kalau ambil eropaan bujet segitu anda ambil unitnya 30% dana contoh mercedes E320 W124 harga 50-60juta ,70% sisa dana untuk peremajaan dan perbaikan
Coba aja dulu, enak kok. Mobil europe dibikin buat autobahn proof.
Long haul cruising toll di high speed kg berasa ngeri/serem. Safety mumpuni, yg pasti mobilnya engaging to drive.
Prestige jadi point tambahan jg seh
Wang 200jt coba aja berburu:
Bmw E90 320i LCI (130-150 jutaan)
Atau Merc W204 C200 kompresor (110-130 jutaan)
Sisa budgetnya buat restorasi & running cost bbrapa tahun kedepan
Former:
2007 Mercedes (W211) E200k
2010 BMW (E90) 325i LCI
2010 Pajero Sport Exceed
2011 Honda Jazz GE8 RS
Current:
2013 Innova 2.5V A/T Stage 3+
2017 Audi A4 (B9) 2.0 TFSI Quattro S-Tronic
mercy w204 c200kompresor 2007-2008 bisa kayanya dpt 90-110jt, mobil cukup badak
audi a4 b8 2008-2010 juga dapet sih 90-120jtan, mobil oke juga cm transmisi perlu perhatian lebih aja.
Klo ngejar kenyamanan n safety mobil jepangan banyak. Tapi coba kejar yg peace of mind jg, mobil eropa tahun tua minimal ada parts yang perlu peremajaan. Kan ga lucu lagi macet2an tiba2 mobil overheat n mogok, bikin traffic makin kacau. Pertimbangkan jg posisi sensor2, beberapa terlalu di bawah n rentan rusak klo hajar genangan yang bagi mobil lain sebenernya ga terlalu tinggi
fenrear969 wrote: Sun Jul 27, 2025 9:12
Halo agan-agan sekalian,
Saya newbie dalam dunia mobil Eropa, khususnya merek seperti Mercedes, BMW, dan Peugeot. Selama ini banyak yang bilang mobil Eropa itu "harus siap servis mahal" dan "lebih sering rewel" dibanding mobil Jepang.
Nah, saya pengen tanya nih:
Bener gak sih semua mobil Eropa pasti mahal perawatan dan suku cadangnya?
Ada gak model tertentu yang terkenal bandel dan part-nya masih banyak/murah?
Kalau budget 150β200 jutaan, mending ambil Eropa second atau Jepang yang lebih baru?
Saya ngincar kenyamanan dan safety, tapi gak pengen jadi langganan bengkel juga
Kalau ada pengalaman agan-agan semua, entah itu W204, E90, Volvo, atau lainnya, boleh banget dishare.
kalo msh tinggal di jabodetabek hrsnya aman. bengkel spesialisnya msh banyak yg bs handle. kl dari sy, ya BMW or mercedes. serinya bs w204. or F30. tp kl gak masalah sm umurnya yg lebih tua bsa consider E36,E46,E39 atau E30 , kl mercy w124, w210 / w202 jg masuk budget sepertinya
fenrear969 wrote: Sun Jul 27, 2025 9:12
Halo agan-agan sekalian,
Saya newbie dalam dunia mobil Eropa, khususnya merek seperti Mercedes, BMW, dan Peugeot. Selama ini banyak yang bilang mobil Eropa itu "harus siap servis mahal" dan "lebih sering rewel" dibanding mobil Jepang.
Nah, saya pengen tanya nih:
Bener gak sih semua mobil Eropa pasti mahal perawatan dan suku cadangnya?
Ada gak model tertentu yang terkenal bandel dan part-nya masih banyak/murah?
Kalau budget 150β200 jutaan, mending ambil Eropa second atau Jepang yang lebih baru?
Saya ngincar kenyamanan dan safety, tapi gak pengen jadi langganan bengkel juga
Kalau ada pengalaman agan-agan semua, entah itu W204, E90, Volvo, atau lainnya, boleh banget dishare.
Thanks sebelumnya
Peugeot yang mana?
Volvo yang mana?
Volvo S90 2+2 LWB (1999) harganya gelap
940 estate Turbo gede yang mulus tinggal greng harganya gelap
262 Bertone kinclong harganya gelappp
perawatan ya gitu2 aja
ada di youtube semua
kunci atau toolsnya ada ngga?
balik lagi, seneng ngolong apa engga om
kalau maunya greng, katakanlah beli w140 107 juta
bangunnya 150 juta
fenrear969 wrote: Sun Jul 27, 2025 9:12
Halo agan-agan sekalian,
Saya newbie dalam dunia mobil Eropa, khususnya merek seperti Mercedes, BMW, dan Peugeot. Selama ini banyak yang bilang mobil Eropa itu "harus siap servis mahal" dan "lebih sering rewel" dibanding mobil Jepang.
Nah, saya pengen tanya nih:
Bener gak sih semua mobil Eropa pasti mahal perawatan dan suku cadangnya?
Ada gak model tertentu yang terkenal bandel dan part-nya masih banyak/murah?
Kalau budget 150β200 jutaan, mending ambil Eropa second atau Jepang yang lebih baru?
Saya ngincar kenyamanan dan safety, tapi gak pengen jadi langganan bengkel juga
Kalau ada pengalaman agan-agan semua, entah itu W204, E90, Volvo, atau lainnya, boleh banget dishare.
Thanks sebelumnya
Peugeot yang mana?
Volvo yang mana?
Volvo S90 2+2 LWB (1999) harganya gelap
940 estate Turbo gede yang mulus tinggal greng harganya gelap
262 Bertone kinclong harganya gelappp
perawatan ya gitu2 aja
ada di youtube semua
kunci atau toolsnya ada ngga?
balik lagi, seneng ngolong apa engga om
kalau maunya greng, katakanlah beli w140 107 juta
bangunnya 150 juta
belum inden2 nungguin partnya wkwkwkwk
hahaha ya masa volvo 262 bertone om.
kalo mau coba volvo, kayanya di jakarta ini lebih aman yang 2012 kebawah ya..
kalo peugeot modern sih rata2 mesin prince engine juga di pake mini cooper gen R56. cm parts yaa.. ada sih tp ga melimpah.
kalo ditanya perawatan mahal atau ga, ya relatif sih.
barusan service peugeot 3008 2020, ganti oli, filter oli, busi 4, filter bensin sama jasa sih 2 juta. bagi saya sih masih oke.