serba serbi volvo S40 1st generation

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

yunan
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: Thu Dec 18, 2008 2:26

serba serbi volvo S40 1st generation

Post by yunan »

para bro's
bisa minta share pengalaman or info mengenai volvo S40 yg generasi pertama?
keunggulan/kelemahan/biaya dll
thx
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: serba serbi volvo S40 1st generation

Post by gmx »

enginenya pake 4g93-nya mitsu ya kalo kata wiki?
yunan
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: Thu Dec 18, 2008 2:26

Re: serba serbi volvo S40 1st generation

Post by yunan »

gmx wrote:enginenya pake 4g93-nya mitsu ya kalo kata wiki?
g pikir cm sasisnya, masa brikut mesin. volvo cm pasang cap ajah, rugi donk harga volvo tp jeroan mitsubhishi
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: serba serbi volvo S40 1st generation

Post by Risol1 »

yunan wrote:
gmx wrote:enginenya pake 4g93-nya mitsu ya kalo kata wiki?
g pikir cm sasisnya, masa brikut mesin. volvo cm pasang cap ajah, rugi donk harga volvo tp jeroan mitsubhishi
Tergantung tipe mesinnya. Kalo S40 yg 1800cc kayaknya bener pake mesin mitsu 4g93, tapi kalo yg 1900cc turbo (US model) kayaknya pake mesin Volvo B42......tapi memang chassisnya sharing dengan carisma
yunan
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: Thu Dec 18, 2008 2:26

Re: serba serbi volvo S40 1st generation

Post by yunan »

Risol1 wrote:
yunan wrote:
gmx wrote:enginenya pake 4g93-nya mitsu ya kalo kata wiki?
g pikir cm sasisnya, masa brikut mesin. volvo cm pasang cap ajah, rugi donk harga volvo tp jeroan mitsubhishi
Tergantung tipe mesinnya. Kalo S40 yg 1800cc kayaknya bener pake mesin mitsu 4g93, tapi kalo yg 1900cc turbo (US model) kayaknya pake mesin Volvo B42......tapi memang chassisnya sharing dengan carisma
kualitasnya gmn yach bro Risol1, g demen sama volvo karena tidak terlalu ngikutin jaman jadi modelnya lebih awet. lagian baca di web volvo indo klu data tahan mobil2 volvo sangat lama, juga rata2 pemilik volvo memelihara mobilnya mencapai 18.5 tahun; bisa tolong dishare juga?
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: serba serbi volvo S40 1st generation

Post by Risol1 »

yunan wrote:
Risol1 wrote: Tergantung tipe mesinnya. Kalo S40 yg 1800cc kayaknya bener pake mesin mitsu 4g93, tapi kalo yg 1900cc turbo (US model) kayaknya pake mesin Volvo B42......tapi memang chassisnya sharing dengan carisma
kualitasnya gmn yach bro Risol1, g demen sama volvo karena tidak terlalu ngikutin jaman jadi modelnya lebih awet. lagian baca di web volvo indo klu data tahan mobil2 volvo sangat lama, juga rata2 pemilik volvo memelihara mobilnya mencapai 18.5 tahun; bisa tolong dishare juga?
Wah saya sih engga pernah punya volvo Om Yunan (paling banter cuma naik atau test drive sebentar), jadi untuk mengetahui detail kualitas long termnya volvo musti ditanyakan langsung ke pengguna.
IMO, kalo mao beli volvo jangan yg tipe S40 apalagi yg gen 1 karena itu sebenernya mobil mitsu carisma (kaya lancer gitu) berbaju volvo. Chassis sama mesin (yg 1800cc 4cyl) itu semuanya nempel plek punyanya mitsu cuma interior aja yg beda. Yg S40 gen2 keluar thn 2004 udah pake chassisnya ford C1 untuk mobil2 kelas compact (pada waktu itu Volvo udah diakuisisi oleh Ford).
Menurut saya sih kalo mau lebih merasakan genuine mobil volvo (walaupun jaman sekarang engga ada lagi yg namanya "the true volvo" karena udah nyampur teknologi dengan ford dan mazda), mendingan ambil model2 volvo kelas atasnya spt S60, S80, atau XC90 karena model2 tsb udah pake volvo's P2 platform. Kalo engga salah, walaupun platform ini di share juga dengan bbrp model2 Ford, tapi P2 platform ini sebenernya dibangun oleh Volvo. Di sektor mesin jg gitu, contohnya volvo S60 udah pake mesin asli Volvo B52 (5 silinder 2500cc)....begitu pun dengan mesin 6 cyl 3200cc nya jg kebanyakan di developed sama Volvo. Ford cuma nyontek doang :mrgreen:

Kalo cuma dari denger2 sih katanya volvo spare partnya lebih mahal dari mobil eropa sekelas dan agak susah nyarinya (kalo part yg slow moving malah musti order).
Hehehe...kalo mao tau ttg volvo sebenernya, ya jangan ambil referensi dari website resminya karena ada kemungkinan bersifat "advertorial". mendingan join aja mailing listnya supaya kira2 tau apa aja penyakitnya dan juga perkiraan biaya2 nya kalo rusak sebelum beli mobilnya.
Tapi susahnya jg kalo join mailing list/forum khusus volvo pasti isinya penggemar semua......hehehe....jadi mobil rewel pun dibilang bagus karena mereka memang hobi volvo, jadi buat mereka berburu parts itu menyenangkan. Lain hal nya kalo buat saya yg cuma pengen pake doang, males ngurusin kalo mobil rewel........nah orang2 kaya saya bisa kejebak kalo cuma denger testimoni dari penggemar2 tsb.......hehehe...just my 2 cents :mrgreen:
yunan
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: Thu Dec 18, 2008 2:26

Re: serba serbi volvo S40 1st generation

Post by yunan »

Risol1 wrote:
yunan wrote:
Risol1 wrote: Tergantung tipe mesinnya. Kalo S40 yg 1800cc kayaknya bener pake mesin mitsu 4g93, tapi kalo yg 1900cc turbo (US model) kayaknya pake mesin Volvo B42......tapi memang chassisnya sharing dengan carisma
kualitasnya gmn yach bro Risol1, g demen sama volvo karena tidak terlalu ngikutin jaman jadi modelnya lebih awet. lagian baca di web volvo indo klu data tahan mobil2 volvo sangat lama, juga rata2 pemilik volvo memelihara mobilnya mencapai 18.5 tahun; bisa tolong dishare juga?
Wah saya sih engga pernah punya volvo Om Yunan (paling banter cuma naik atau test drive sebentar), jadi untuk mengetahui detail kualitas long termnya volvo musti ditanyakan langsung ke pengguna.
IMO, kalo mao beli volvo jangan yg tipe S40 apalagi yg gen 1 karena itu sebenernya mobil mitsu carisma (kaya lancer gitu) berbaju volvo. Chassis sama mesin (yg 1800cc 4cyl) itu semuanya nempel plek punyanya mitsu cuma interior aja yg beda. Yg S40 gen2 keluar thn 2004 udah pake chassisnya ford C1 untuk mobil2 kelas compact (pada waktu itu Volvo udah diakuisisi oleh Ford).
Menurut saya sih kalo mau lebih merasakan genuine mobil volvo (walaupun jaman sekarang engga ada lagi yg namanya "the true volvo" karena udah nyampur teknologi dengan ford dan mazda), mendingan ambil model2 volvo kelas atasnya spt S60, S80, atau XC90 karena model2 tsb udah pake volvo's P2 platform. Kalo engga salah, walaupun platform ini di share juga dengan bbrp model2 Ford, tapi P2 platform ini sebenernya dibangun oleh Volvo. Di sektor mesin jg gitu, contohnya volvo S60 udah pake mesin asli Volvo B52 (5 silinder 2500cc)....begitu pun dengan mesin 6 cyl 3200cc nya jg kebanyakan di developed sama Volvo. Ford cuma nyontek doang :mrgreen:

Kalo cuma dari denger2 sih katanya volvo spare partnya lebih mahal dari mobil eropa sekelas dan agak susah nyarinya (kalo part yg slow moving malah musti order).
Hehehe...kalo mao tau ttg volvo sebenernya, ya jangan ambil referensi dari website resminya karena ada kemungkinan bersifat "advertorial". mendingan join aja mailing listnya supaya kira2 tau apa aja penyakitnya dan juga perkiraan biaya2 nya kalo rusak sebelum beli mobilnya.
Tapi susahnya jg kalo join mailing list/forum khusus volvo pasti isinya penggemar semua......hehehe....jadi mobil rewel pun dibilang bagus karena mereka memang hobi volvo, jadi buat mereka berburu parts itu menyenangkan. Lain hal nya kalo buat saya yg cuma pengen pake doang, males ngurusin kalo mobil rewel........nah orang2 kaya saya bisa kejebak kalo cuma denger testimoni dari penggemar2 tsb.......hehehe...just my 2 cents :mrgreen:
makasih buat info lengkapnya bung Risol1, bisa jadi pertimbangan buat g mikir2 lagi :thanks:
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: serba serbi volvo S40 1st generation

Post by asudarsono »

Volvo S40 yg chasis Ford 2000 cc turbo pernah pinjam, kenceng juga ya, walau 200 kpj masih stabil. Kalau aja ada bengkel resmi di Jakarta Timur, aku tadinya mau ambil (yg bekas khan cuma cepekan). Kalau bengkel biasa sih ada cuma, yah gitulah, maunya beres aja.

Itu mobil MY 2000 tapi jok kulitnya masih kayak baru. Kalau pas buka pintu, harum banget.
Ready to Race
yunan
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: Thu Dec 18, 2008 2:26

Re: serba serbi volvo S40 1st generation

Post by yunan »

asudarsono wrote:Volvo S40 yg chasis Ford 2000 cc turbo pernah pinjam, kenceng juga ya, walau 200 kpj masih stabil. Kalau aja ada bengkel resmi di Jakarta Timur, aku tadinya mau ambil (yg bekas khan cuma cepekan). Kalau bengkel biasa sih ada cuma, yah gitulah, maunya beres aja.

Itu mobil MY 2000 tapi jok kulitnya masih kayak baru. Kalau pas buka pintu, harum banget.
itu g suka dari volvo bro Asudarsono: speed, safety, fitur ok semua ditambah everlast style
:big_peace:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: serba serbi volvo S40 1st generation

Post by Risol1 »

emang sih volvo terkenal karena safetynya, tapi kalo jaman sekarang kayaknya safety semua mobil rasanya hampir2 sama ya tergantung fitur2 safetynya aja......kalo udah tabrakan, yg penting sebenernya adalah adanya fitur2 passive safety yg dikasi sama pabrikan misalnya crumple zone, berbagai macam airbags, dll.....

nih contohnya, volvo lama seri 940 (sama kaya 960 disini) yg moncongnya panjang diadu dengan mini MPV Renault yg bodinya jauh lebih kecil dengan moncong yg jauh lebih pendek tapi punya passive safety yg lebih bagus dari volvo jadul tsb:
Diadu head on collision di kec 130kpj
http://www.youtube.com/watch?v=qBDyeWofcLY
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: serba serbi volvo S40 1st generation

Post by asudarsono »

Komentar yang menyertai videonya adalah "Where are you better off in a head-on crash? A modern-day 5* Euro NCAP car, or an old banger that's built like a tank?". Makanya emang mobil jaman sekarang jauh lebih aman dari mobil yang udah berusia 20 tahun. Mobil Volvo yang modern juga safetynya mengikuti perkembangan jaman.

Kalau 940 sih emang "monster tank" tapi kalau diadu ke Renault yg dibuat sebelum Megane bisa berbeda hasilnya. Megane ini pelopor mobil aman modern yg ramah lingkungan, sayangnya nggak gitu laku di Indonesia ya.

Volvo S40 yang dites NCAP pada tahun 1997 memperoleh 4 bintang untuk org di dalam mobilnya dan 2 bintang untuk pejalan kaki.
http://www.euroncap.com/tests/volvo_s40_1997/5.aspx
Ready to Race
yunan
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: Thu Dec 18, 2008 2:26

Re: serba serbi volvo S40 1st generation

Post by yunan »

Risol1 wrote:emang sih volvo terkenal karena safetynya, tapi kalo jaman sekarang kayaknya safety semua mobil rasanya hampir2 sama ya tergantung fitur2 safetynya aja......kalo udah tabrakan, yg penting sebenernya adalah adanya fitur2 passive safety yg dikasi sama pabrikan misalnya crumple zone, berbagai macam airbags, dll.....

nih contohnya, volvo lama seri 940 (sama kaya 960 disini) yg moncongnya panjang diadu dengan mini MPV Renault yg bodinya jauh lebih kecil dengan moncong yg jauh lebih pendek tapi punya passive safety yg lebih bagus dari volvo jadul tsb:
Diadu head on collision di kec 130kpj
http://www.youtube.com/watch?v=qBDyeWofcLY
betul bro, cuman volvo jadul buat g ttp ada inner beautynya :frm_tumbleft: temen g ada volvo 740 turbo angkatan 90 full orisinil, g liat interiornya masih mulus trus space lega cuman ajah emang exteriornya boxy bgt :mrgreen:
yunan
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: Thu Dec 18, 2008 2:26

Re: serba serbi volvo S40 1st generation

Post by yunan »

asudarsono wrote:Komentar yang menyertai videonya adalah "Where are you better off in a head-on crash? A modern-day 5* Euro NCAP car, or an old banger that's built like a tank?". Makanya emang mobil jaman sekarang jauh lebih aman dari mobil yang udah berusia 20 tahun. Mobil Volvo yang modern juga safetynya mengikuti perkembangan jaman.

Kalau 940 sih emang "monster tank" tapi kalau diadu ke Renault yg dibuat sebelum Megane bisa berbeda hasilnya. Megane ini pelopor mobil aman modern yg ramah lingkungan, sayangnya nggak gitu laku di Indonesia ya.

Volvo S40 yang dites NCAP pada tahun 1997 memperoleh 4 bintang untuk org di dalam mobilnya dan 2 bintang untuk pejalan kaki.
http://www.euroncap.com/tests/volvo_s40_1997/5.aspx
betul bro, di sini fitur safety blm jadi pertimbangan calon konsumen untuk beli mobil buruannya. kali karena UU permobilan jg kurang mendukung mobil dgn fitur safety, emisi, konsumsi BBM.