Tanya : Ganti oli transmisi matic

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5703
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by sintoni »

DOHC wrote: Tue Sep 01, 2020 2:25
Kl scara spek, mobil3309 itu mirip2 ama aisin afw+ yg dibilang nya compatible ama toyota WS

Tp kl dbandingin side by side ama spek toyota WS, yah si mobil ama aisin itu lebi "kentel" drpd si WS
Ane cek di internet kok ga comply WS ya om? Cuma T-IV 3309.
W42d wrote: Tue Sep 01, 2020 2:04 Pagi om semua, kalau untuk honda 5AT yg bawaannya dikasih Honda DW-1, lbh baik stick di DW-1 atau ganti ke Aisin AFW+/PTT LV-1 ya? Pernah dibilangin ma montir di toda, kalau honda mending pake oli honda juga karena konstruksi matic honda beda dgn matic biasa. Mungkin ada yang bisa sharing.
AFW+ sih comply ke DW-1 om.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by maastricht889 »

W42d wrote: Tue Sep 01, 2020 2:04 Pagi om semua, kalau untuk honda 5AT yg bawaannya dikasih Honda DW-1, lbh baik stick di DW-1 atau ganti ke Aisin AFW+/PTT LV-1 ya? Pernah dibilangin ma montir di toda, kalau honda mending pake oli honda juga karena konstruksi matic honda beda dgn matic biasa. Mungkin ada yang bisa sharing.
Setau saya ya om, oli atf honda botol putih (z1/dw1) itu sampe cvtf hcf-2 mereka repacking dr idemitsu punya krn di bungkusnya jg ketulis.

Kl saya sendiri br nunggu 6-8 bulan lg buat kuras atf di crv k24 saya. Honda Atf z1 yg saya pake itu rada nyebelin soalnya, sampe hr ini br jalan 30rb-an sejak kuras terakhir udah berat banget tarikan, gigi sering nahan terus di rpm tinggi padahal lg cruising di tol, ngga heran kl boros banget crv krn karakteristik 5sp honda yg dudul ditambah atf yg standaran. Mau coba atf merk lain kaya ptt a1, krn selama atf kaya ptt itu compatible ke z1 ga masalah buat saya, begitu jg dg dw1
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26923
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by DOHC »

sintoni wrote: Tue Sep 01, 2020 2:29
DOHC wrote: Tue Sep 01, 2020 2:25
Kl scara spek, mobil3309 itu mirip2 ama aisin afw+ yg dibilang nya compatible ama toyota WS

Tp kl dbandingin side by side ama spek toyota WS, yah si mobil ama aisin itu lebi "kentel" drpd si WS
Ane cek di internet kok ga comply WS ya om? Cuma T-IV 3309.
W42d wrote: Tue Sep 01, 2020 2:04 Pagi om semua, kalau untuk honda 5AT yg bawaannya dikasih Honda DW-1, lbh baik stick di DW-1 atau ganti ke Aisin AFW+/PTT LV-1 ya? Pernah dibilangin ma montir di toda, kalau honda mending pake oli honda juga karena konstruksi matic honda beda dgn matic biasa. Mungkin ada yang bisa sharing.
AFW+ sih comply ke DW-1 om.
Mmg ga dtulis comply ke spek WS om

Tp characteristic nya om coba compare deh ama AFW+ agak2 mirip seh
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1494
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by MSU »

erwinign wrote: Tue Sep 01, 2020 2:42
W42d wrote: Tue Sep 01, 2020 2:04 Pagi om semua, kalau untuk honda 5AT yg bawaannya dikasih Honda DW-1, lbh baik stick di DW-1 atau ganti ke Aisin AFW+/PTT LV-1 ya? Pernah dibilangin ma montir di toda, kalau honda mending pake oli honda juga karena konstruksi matic honda beda dgn matic biasa. Mungkin ada yang bisa sharing.
Setau saya ya om, oli atf honda botol putih (z1/dw1) itu sampe cvtf hcf-2 mereka repacking dr idemitsu punya krn di bungkusnya jg ketulis.

Kl saya sendiri br nunggu 6-8 bulan lg buat kuras atf di crv k24 saya. Honda Atf z1 yg saya pake itu rada nyebelin soalnya, sampe hr ini br jalan 30rb-an sejak kuras terakhir udah berat banget tarikan, gigi sering nahan terus di rpm tinggi padahal lg cruising di tol, ngga heran kl boros banget crv krn karakteristik 5sp honda yg dudul ditambah atf yg standaran. Mau coba atf merk lain kaya ptt a1, krn selama atf kaya ptt itu compatible ke z1 ga masalah buat saya, begitu jg dg dw1
yaa...sebetulnya sih ga bisa akurat dibilang repack idemitsu om
idemitsu kan "dapur", mereka bisa bikin oli kayak apa aja dengan spek kayak apa...
selain bikin oli pabrikan dgn spek pabrik...mrk juga bikin brand sndr..makanya sering disimpulkan ni repack
W42d
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 121
Joined: Wed Jan 25, 2017 14:22

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by W42d »

erwinign wrote: Tue Sep 01, 2020 2:42
W42d wrote: Tue Sep 01, 2020 2:04 Pagi om semua, kalau untuk honda 5AT yg bawaannya dikasih Honda DW-1, lbh baik stick di DW-1 atau ganti ke Aisin AFW+/PTT LV-1 ya? Pernah dibilangin ma montir di toda, kalau honda mending pake oli honda juga karena konstruksi matic honda beda dgn matic biasa. Mungkin ada yang bisa sharing.
Setau saya ya om, oli atf honda botol putih (z1/dw1) itu sampe cvtf hcf-2 mereka repacking dr idemitsu punya krn di bungkusnya jg ketulis.

Kl saya sendiri br nunggu 6-8 bulan lg buat kuras atf di crv k24 saya. Honda Atf z1 yg saya pake itu rada nyebelin soalnya, sampe hr ini br jalan 30rb-an sejak kuras terakhir udah berat banget tarikan, gigi sering nahan terus di rpm tinggi padahal lg cruising di tol, ngga heran kl boros banget crv krn karakteristik 5sp honda yg dudul ditambah atf yg standaran. Mau coba atf merk lain kaya ptt a1, krn selama atf kaya ptt itu compatible ke z1 ga masalah buat saya, begitu jg dg dw1
Saya biasa pakai harian aja om dalam kota, berasanya agak ga enal kalau pemakaian uda diatas 1 jam atau pas lagi siang2 panas terik. Rada slip dan tarikan jadi rada lemot, terus agak malas turun gigi. Saya pernah baca tapi lupa dimana, oli matic honda katanya banyak kandungan magnesium, mungkin karena konstruksi matic nya lebih mirip ke manual ketimbang matic biasa yg pake planetaty gear. Dan mereka lebih rekomendasi stick ke oem. Tapi kalau baca2 di bitog/fitfreak, banyak yg ganti ke merk lain dan ngaku nya jauh lbh enak drpd oem honda. Yg jd concern apakah ganti oli merk lain bisa pengaruhin longevity dari transmisi nya.
casabalancas
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 600
Joined: Mon Oct 02, 2017 10:20
Location: Jakarta

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by casabalancas »

Profith83 wrote: Tue Jun 23, 2020 1:41
gendatss wrote: Mon Jun 22, 2020 17:11 Om turbo mohon pencerahan lagi. Saya pemakai Innova Diesel Matic tahun 2012, km 80rb. Sepertinya belum pernah ganti atau kuras oli maticnya kalau liat diiwayat service di beres. Rencana saya mau flushing oli maticnya. Yang bagus pakai apa om? Ada rencana pakai AFW+, atau ada yang lebih bagus atau cocok untuk matic innova? Dan butuh berapa liter untuk flushing di innova? Soalnya rencana mau beli online dan mau flushing di carfix. Atau ada saran lainnya om? Makasih
sharing pengalaman saya pemakai innova diesel matic 2012 KM 75rb. Pergantian oli matic tiap 2 thn atau max 40 rb km.
Oli selalu pakai Toyota ATF IV. Beli saja di Bengkel resmi kalau takut dapat oli palsu. Atau kalau yakin di luaran dapat asli, harganya akan lebih murah.
Pakai alat ATF charger di luaran bisa berkisar 75 b atau 150 rb ongkosnya.

Selama ini saya pakai enak terus maticnya. mesin Innova 2 KD ini pakai ATF Toyota T4 menurut saya pribadi lebih dari cukup.
Kecuali di modif baru pikirin oli.

Kalau mesin 2GD(Innova Reborn) nah ini yang rada rewel. Oli matic katanya minta Toyota ATF WS tapi tetap shifting nya kurang pas. Saya akhirnya pakai PTT LV1.
Tapi kalau Innova diesel 2012 Toyota ATF WS sudah cukup
Maaf Om, mohon sarannya, kalau untuk transmisi matic innova reborn bensin apakah speknya sama dengan oli matic innova diesel atau beda Om ? atau ada alternatif oli matic yang lebih bagus ? Makasih
W42d
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 121
Joined: Wed Jan 25, 2017 14:22

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by W42d »

Maaaf barusan saya double post
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11328
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Tue Sep 01, 2020 2:25
dmahat wrote: Mon Aug 31, 2020 15:17 malam om, mau tanya, saya baru tau kalo innova 2GD 2016 udah pake ATF WS, awal taun saya ganti pake MOBIL 3309, udah jalan dpt 10 rb km, apa harus segera kuras yah? mohon pencerahannya
Kl scara spek, mobil3309 itu mirip2 ama aisin afw+ yg dibilang nya compatible ama toyota WS

Tp kl dbandingin side by side ama spek toyota WS, yah si mobil ama aisin itu lebi "kentel" drpd si WS

Btw, kl saya pribadi seh, kl mobil matic geared utk torsi gede, buat towingz atau mobilnya berat, malah cari nya aTf yg sdikit lebi kentel
mbah, menurut info toyota WS ngga backward compatible dgn T-IV dan versi sebelumnya. artinya kandungannya berbeda. konon mengandung ethylene glycol bahan yg sama dipakai utk brake fluid dan coolant yg sifatnya hygroscopic (menyerap moisture). selain itu wajib tuang dr botol baru yg sealnya msh utuh.
kl menggunakan oli yg sdh lama dibuka jamin jeduk.

* ga tau atf lain mengandung ethylene glycol juga ngga, kayanya sih mengandung juga mungkin dlm kadar yg berbeda.


cited from Wikipedia :
Screenshot_20200901_113615~2.jpg
baca full story disini, banyak info penting:

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Toyota_ ... sion_Fluid
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26923
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Tue Sep 01, 2020 4:45
DOHC wrote: Tue Sep 01, 2020 2:25
dmahat wrote: Mon Aug 31, 2020 15:17 malam om, mau tanya, saya baru tau kalo innova 2GD 2016 udah pake ATF WS, awal taun saya ganti pake MOBIL 3309, udah jalan dpt 10 rb km, apa harus segera kuras yah? mohon pencerahannya
Kl scara spek, mobil3309 itu mirip2 ama aisin afw+ yg dibilang nya compatible ama toyota WS

Tp kl dbandingin side by side ama spek toyota WS, yah si mobil ama aisin itu lebi "kentel" drpd si WS

Btw, kl saya pribadi seh, kl mobil matic geared utk torsi gede, buat towingz atau mobilnya berat, malah cari nya aTf yg sdikit lebi kentel
mbah, menurut info toyota WS ngga backward compatible dgn T-IV dan versi sebelumnya. artinya kandungannya berbeda. konon mengandung ethylene glycol bahan yg sama dipakai utk brake fluid dan coolant yg sifatnya hygroscopic (menyerap moisture). selain itu wajib tuang dr botol baru yg sealnya msh utuh.
kl menggunakan oli yg sdh lama dibuka jamin jeduk.

* ga tau atf lain mengandung ethylene glycol juga ngga, kayanya sih mengandung juga mungkin dlm kadar yg berbeda.


cited from Wikipedia :

Screenshot_20200901_113615~2.jpg

baca full story disini, banyak info penting:

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Toyota_ ... sion_Fluid
Hmm sudah kuduga

Emg kayanya ga bsa sehh mbah, ga kebayang tranny aisin jadul yg masi 4 speed, dikasi ATF seencer WS.. bsa2 selip2 mulu tuh

Ahh benarr.. perihal ethylene glycol itu saya jg perna baca mbah d forum tacoma (atau tundra, lupa yg mana).. kl atf, apalagi yh ud embel2 full syn, bsa cover 5 speed and above itu higroskopis, makanya musti d tutup rapet.. tp ga ampe separah minyak rem koq.. asal d tutup rapet, masi bsa d simpen jg d shelf rada lama
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by maastricht889 »

W42d wrote: Tue Sep 01, 2020 2:58
erwinign wrote: Tue Sep 01, 2020 2:42
W42d wrote: Tue Sep 01, 2020 2:04 Pagi om semua, kalau untuk honda 5AT yg bawaannya dikasih Honda DW-1, lbh baik stick di DW-1 atau ganti ke Aisin AFW+/PTT LV-1 ya? Pernah dibilangin ma montir di toda, kalau honda mending pake oli honda juga karena konstruksi matic honda beda dgn matic biasa. Mungkin ada yang bisa sharing.
Setau saya ya om, oli atf honda botol putih (z1/dw1) itu sampe cvtf hcf-2 mereka repacking dr idemitsu punya krn di bungkusnya jg ketulis.

Kl saya sendiri br nunggu 6-8 bulan lg buat kuras atf di crv k24 saya. Honda Atf z1 yg saya pake itu rada nyebelin soalnya, sampe hr ini br jalan 30rb-an sejak kuras terakhir udah berat banget tarikan, gigi sering nahan terus di rpm tinggi padahal lg cruising di tol, ngga heran kl boros banget crv krn karakteristik 5sp honda yg dudul ditambah atf yg standaran. Mau coba atf merk lain kaya ptt a1, krn selama atf kaya ptt itu compatible ke z1 ga masalah buat saya, begitu jg dg dw1
Saya biasa pakai harian aja om dalam kota, berasanya agak ga enal kalau pemakaian uda diatas 1 jam atau pas lagi siang2 panas terik. Rada slip dan tarikan jadi rada lemot, terus agak malas turun gigi. Saya pernah baca tapi lupa dimana, oli matic honda katanya banyak kandungan magnesium, mungkin karena konstruksi matic nya lebih mirip ke manual ketimbang matic biasa yg pake planetaty gear. Dan mereka lebih rekomendasi stick ke oem. Tapi kalau baca2 di bitog/fitfreak, banyak yg ganti ke merk lain dan ngaku nya jauh lbh enak drpd oem honda. Yg jd concern apakah ganti oli merk lain bisa pengaruhin longevity dari transmisi nya.
Selama saya kurasin oli metik di mobil2 saya, nggak pernah ada masalah pake merk luar bengkel resmi punya om. Asalkan merk oli atf yg bersangkutan itu asli sama compatible ke spek yg diminta di buku panduan mobil sdh cukup, bukan compatible menurut mekanik2 yg saya kurang percaya. Kl oli matic honda punya/atpm punya, saya ga harap banyak dan ga bs bicara banyak om karena ga ada pds-nya. Kasian orang RnD pabrikan mobil udah buat buku panduan setebel itu masa ga kita baca sbg user, lbh parah lg rata2 mekanik "bisa jadi" kaga pernah ngebaca buku panduan itu.

Justru jauhhhh lebih enak pake merk luaran, kaya ptt automat 1a/lv1 sama q8 auto mv/jk selama speknya masuk di kedua oli atf yg saya sebutin itu. Soal longevity, yang penting teratur aja tiap 20rb km sekali ganti di karter, tiap 40-50rb km sekali kuras (kuras sdh termasuk ganti yg di karter) dan ngerti karakter mobil kita. Kl udah ngerti karakternya pasti kerasa kl oper2an gigi udah lain yg nandain hrs ganti/kuras.

Sharing aja om, atf terbusuk yg pernah saya coba itu shell spirax d3 botol item di yaris bakpao. Baru jalan 20rb udah ngga enak kaya transmisi bingungan oper gigi, suka nahan2 gigi. Sy nekat wkt itu ga ganti yg di karter stlh 20rb km. Akhirnya stl saya pelajari, atf ini emang ga kompatibel sama spek atf yaris bakpao saya (spek yaris bakpao atf WS, di kemasan shellnya cm dexron 3, toyota atf t-iv). Untung ini toyota, efeknya ga seburuk merk lain. Akhirnya sy kuras ke q8 auto jk langsung tokcer dan halus tarikannya. Pernah jg krn gatau di ertiga, suzuki asal cekokin atf 3317 di karter atf saya, jalan 15rb km stlh ganti aja jd ga keruan. Tarikan boyo dan dengung abis. Akhirnya sy kuras pake q8 auto jk krn speknya masuk (AW1) langsung tokcer dan halus.

Dr 2 kasus mobil saya ini sy analisa ternyata bermasalah di faham mekaniknya, krn saya jg blm tau apa2 wkt itu dan sy pernah tny spv mekanik di suzuki sampe mas2 SnD soal spek rata2 mereka anggepan kalo atfnya udah dexron 3 udah pasti compatible, pdhl di buku panduan jelas ga ngmg begitu (beda cerita kl kaya avxen ya, emang speknya dex 3 doang di buku panduan)
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5703
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by sintoni »

DOHC wrote: Tue Sep 01, 2020 4:56
Omnibus wrote: Tue Sep 01, 2020 4:45
DOHC wrote: Tue Sep 01, 2020 2:25

Kl scara spek, mobil3309 itu mirip2 ama aisin afw+ yg dibilang nya compatible ama toyota WS

Tp kl dbandingin side by side ama spek toyota WS, yah si mobil ama aisin itu lebi "kentel" drpd si WS

Btw, kl saya pribadi seh, kl mobil matic geared utk torsi gede, buat towingz atau mobilnya berat, malah cari nya aTf yg sdikit lebi kentel
mbah, menurut info toyota WS ngga backward compatible dgn T-IV dan versi sebelumnya. artinya kandungannya berbeda. konon mengandung ethylene glycol bahan yg sama dipakai utk brake fluid dan coolant yg sifatnya hygroscopic (menyerap moisture). selain itu wajib tuang dr botol baru yg sealnya msh utuh.
kl menggunakan oli yg sdh lama dibuka jamin jeduk.

* ga tau atf lain mengandung ethylene glycol juga ngga, kayanya sih mengandung juga mungkin dlm kadar yg berbeda.


cited from Wikipedia :

Screenshot_20200901_113615~2.jpg

baca full story disini, banyak info penting:

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Toyota_ ... sion_Fluid
Hmm sudah kuduga

Emg kayanya ga bsa sehh mbah, ga kebayang tranny aisin jadul yg masi 4 speed, dikasi ATF seencer WS.. bsa2 selip2 mulu tuh

Ahh benarr.. perihal ethylene glycol itu saya jg perna baca mbah d forum tacoma (atau tundra, lupa yg mana).. kl atf, apalagi yh ud embel2 full syn, bsa cover 5 speed and above itu higroskopis, makanya musti d tutup rapet.. tp ga ampe separah minyak rem koq.. asal d tutup rapet, masi bsa d simpen jg d shelf rada lama
Numpang ikut diskusi mbah2,

Ini Yasir ane masih 4 speed jadul rikuesnya WS jg. Haha
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26923
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by DOHC »

sintoni wrote: Tue Sep 01, 2020 5:46
DOHC wrote: Tue Sep 01, 2020 4:56
Omnibus wrote: Tue Sep 01, 2020 4:45

mbah, menurut info toyota WS ngga backward compatible dgn T-IV dan versi sebelumnya. artinya kandungannya berbeda. konon mengandung ethylene glycol bahan yg sama dipakai utk brake fluid dan coolant yg sifatnya hygroscopic (menyerap moisture). selain itu wajib tuang dr botol baru yg sealnya msh utuh.
kl menggunakan oli yg sdh lama dibuka jamin jeduk.

* ga tau atf lain mengandung ethylene glycol juga ngga, kayanya sih mengandung juga mungkin dlm kadar yg berbeda.


cited from Wikipedia :

Screenshot_20200901_113615~2.jpg

baca full story disini, banyak info penting:

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Toyota_ ... sion_Fluid
Hmm sudah kuduga

Emg kayanya ga bsa sehh mbah, ga kebayang tranny aisin jadul yg masi 4 speed, dikasi ATF seencer WS.. bsa2 selip2 mulu tuh

Ahh benarr.. perihal ethylene glycol itu saya jg perna baca mbah d forum tacoma (atau tundra, lupa yg mana).. kl atf, apalagi yh ud embel2 full syn, bsa cover 5 speed and above itu higroskopis, makanya musti d tutup rapet.. tp ga ampe separah minyak rem koq.. asal d tutup rapet, masi bsa d simpen jg d shelf rada lama
Numpang ikut diskusi mbah2,

Ini Yasir ane masih 4 speed jadul rikuesnya WS jg. Haha
Binggung jg yah

Jangan2 ini WS, jd sapujagat utk smua girbok matic nya

Itungan nya berarti backward compatible jg donk
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5703
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by sintoni »

DOHC wrote: Tue Sep 01, 2020 6:37
Binggung jg yah

Jangan2 ini WS, jd sapujagat utk smua girbok matic nya

Itungan nya berarti backward compatible jg donk
Emang ATF ini ngeri2 sedap om. Haha.

Banyak jenis terus tiap pabrikan punya standard sendiri2 sih. Haha.
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1494
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by MSU »

Omnibus wrote: Tue Sep 01, 2020 4:45
DOHC wrote: Tue Sep 01, 2020 2:25
dmahat wrote: Mon Aug 31, 2020 15:17 malam om, mau tanya, saya baru tau kalo innova 2GD 2016 udah pake ATF WS, awal taun saya ganti pake MOBIL 3309, udah jalan dpt 10 rb km, apa harus segera kuras yah? mohon pencerahannya
Kl scara spek, mobil3309 itu mirip2 ama aisin afw+ yg dibilang nya compatible ama toyota WS

Tp kl dbandingin side by side ama spek toyota WS, yah si mobil ama aisin itu lebi "kentel" drpd si WS

Btw, kl saya pribadi seh, kl mobil matic geared utk torsi gede, buat towingz atau mobilnya berat, malah cari nya aTf yg sdikit lebi kentel
mbah, menurut info toyota WS ngga backward compatible dgn T-IV dan versi sebelumnya. artinya kandungannya berbeda. konon mengandung ethylene glycol bahan yg sama dipakai utk brake fluid dan coolant yg sifatnya hygroscopic (menyerap moisture). selain itu wajib tuang dr botol baru yg sealnya msh utuh.
kl menggunakan oli yg sdh lama dibuka jamin jeduk.

* ga tau atf lain mengandung ethylene glycol juga ngga, kayanya sih mengandung juga mungkin dlm kadar yg berbeda.


cited from Wikipedia :

Screenshot_20200901_113615~2.jpg

baca full story disini, banyak info penting:

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Toyota_ ... sion_Fluid
di artikel yg saya baca T-IV bisa menggantikan D3...tp D3 tidak bisa gantikan T-IV krn T-IV udh lebih modern
T-IV & WS tidak bisa tukar pake
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11328
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Omnibus »

ga perlu bingung. sebetulnya kita perlu baca lebih teliti aja sih. meskipun ada website official yg misleading juga menurut saya.

karena Q8 selalu disebut membuat sy jadi ngecek ke websitenya, meskipun sy bukan user q8. kita ambil aja sbg contoh perbandingan 2 jenis atf.

di website official q8 disebutkan q8 auto MV dan q8 auto JK keduanya sama-sama compatible dgn AW-1 dan Toyota WS.
*check disini utk q8 auto MV: https://www.q8oils.com/product/q8-auto-mv/
*check disini utk q8 auto JK: https://www.q8oils.com/product/q8-auto-jk/
silahkan confirm yg saya utarakan di atas.

anomalinya adalah q8 auto JK juga compatible dgn T-IV. Sementara kita tau WS tidak backward compatible dgn T-IV krn beda viscosity.

TERNYATA, kalau kita klik PDS (product data sheet) yg ada link tautannya di web official tersebut jelas disebutkan kalau MV lebih encer viskositasnya daripada JK. DAN disitu jelas yg compatible dgn AW-1 dan Toyota WS adalah HANYA yg q8 auto MV.
PDS q8 auto MV: https://www.q8oils.com/wp-content/uploa ... -MV_en.pdf
PDS q8 auto JK (disini tidak lagi disebut compatible dgn AW-1 ataupun Toyota WS): https://www.q8oils.com/wp-content/uploa ... -JK_en.pdf

silahkan cek link PDS tersebut.

jadi yg sy temui antara description di website official dan di official Product Data Sheet (PDS) ada perbedaan penjelasan. :big_bored:

kalau ada discrepancy seperti itu, maka saya akan lebih percaya yg PDS karena dibuat berdasarkan standard ISO. sementara yg website bisa aja salah krn fungsi controlnya tidak baku.
Last edited by Omnibus on Tue Sep 01, 2020 7:39, edited 1 time in total.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5703
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by sintoni »

Omnibus wrote: Tue Sep 01, 2020 7:28 ga perlu bingung. sebetulnya kita perlu baca lebih teliti aja sih. meskipun ada website official yg misleading juga menurut saya.

karena Q8 selalu disebut membuat sy jadi ngecek ke websitenya, meskipun sy bukan user q8. kita ambil aja sbg contoh perbandingan 2 jenis atf.

di website official q8 disebutkan q8 auto MV dan q8 auto JK keduanya sama-sama compatible dgn AW-1 dan Toyota WS.
*check disini utk q8 auto MV: https://www.q8oils.com/product/q8-auto-mv/
*check disini utk q8 auto JK: https://www.q8oils.com/product/q8-auto-jk/
silahkan confirm yg saya utarakan di atas.

anomalinya adalah q8 auto JK juga compatible dgn T-IV. Sementara kita tau WS tidak backward compatible dgn T-IV krn beda viscosity.

TERNYATA, kalau kita klik PDS (product data sheet) yg ada link tautannya di web official tersebut jelas disebutkan kalau MV lebih encer viskositasnya daripada JK. DAN disitu jelas yg compatible dgn AW-1 dan Toyota WS adalah HANYA yg q8 auto MV.
PDS q8 auto MV: https://www.q8oils.com/wp-content/uploa ... -MV_en.pdf
PDS q8 auto JK (disini tidak lagi disebut compatible dgn AW-1 ataupun Toyota WS): https://www.q8oils.com/wp-content/uploa ... -JK_en.pdf

silahkan cek link PDS tersebut.

jadi yg sy temui antara description di website official dan di official Product Data Sheet (PDS) ada perbedaan penjelasan. :big_bored:
Dampak/efek viskositas encer atau kental di oli metik ini gimana om?

Misal mobil ane Yaris 4sp, nah tadi om Klep ngmg kalau AFW+ lebih kentel daripada WS bawaan jadi bagaimana?
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11328
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Omnibus »

sintoni wrote: Tue Sep 01, 2020 7:39
Dampak/efek viskositas encer atau kental di oli metik ini gimana om?

Misal mobil ane Yaris 4sp, nah tadi om Klep ngmg kalau AFW+ lebih kentel daripada WS bawaan jadi bagaimana?
viskositas encer utamanya utk fuel efficiency. tapi matic yg model jadul yg tidak didesain utk itu (sebelum standard WS dan seangkatannya muncul) tidak bisa pakai.

kl yaris om minta di buku pedomannya Toyota WS maka berikanlah itu. tinggal beli atf yg betul2 ada tulisannya di belakang botol compatible with Toyota WS, that's it.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11328
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Omnibus »

dengan perbandingan yg sama dgn sebelumnya, skrg kita tampilkan 2 jenis ATF dari amsoil. Yg botol merah dan yg botol biru.

yg botol merah sejenis dgn q8 auto JK.

yg botol biru low viscosity (encer) sejenis dgn q8 auto MV. compatible dgn AW-1 dan Toyota WS.

Bedanya kl amsoil ga ada perbedaan penjelasan di official website vs PDS nya, jadi orang ga bingung.


ini linknya, silakan compare kinematic viscosity di halaman 2 nya (angka lebih rendah artinya lebih encer) bahwa yg biru (AW-1 & WS compatible) lebih encer. dan compare juga compatibility list nya dari 2 jenis atf tsb. cukup jelas bahwa yg merah compatible dgn T-IV tapi tidak compatible dgn WS. sebaliknya yg biru compatible dgn WS tapi tidak compatible dgn T-IV.
https://amsoilcontent.com/ams/lit/datab ... /g3110.pdf
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by maastricht889 »

Omnibus wrote: Tue Sep 01, 2020 7:28 ga perlu bingung. sebetulnya kita perlu baca lebih teliti aja sih. meskipun ada website official yg misleading juga menurut saya.

karena Q8 selalu disebut membuat sy jadi ngecek ke websitenya, meskipun sy bukan user q8. kita ambil aja sbg contoh perbandingan 2 jenis atf.

di website official q8 disebutkan q8 auto MV dan q8 auto JK keduanya sama-sama compatible dgn AW-1 dan Toyota WS.
*check disini utk q8 auto MV: https://www.q8oils.com/product/q8-auto-mv/
*check disini utk q8 auto JK: https://www.q8oils.com/product/q8-auto-jk/
silahkan confirm yg saya utarakan di atas.

anomalinya adalah q8 auto JK juga compatible dgn T-IV. Sementara kita tau WS tidak backward compatible dgn T-IV krn beda viscosity.

TERNYATA, kalau kita klik PDS (product data sheet) yg ada link tautannya di web official tersebut jelas disebutkan kalau MV lebih encer viskositasnya daripada JK. DAN disitu jelas yg compatible dgn AW-1 dan Toyota WS adalah HANYA yg q8 auto MV.
PDS q8 auto MV: https://www.q8oils.com/wp-content/uploa ... -MV_en.pdf
PDS q8 auto JK (disini tidak lagi disebut compatible dgn AW-1 ataupun Toyota WS): https://www.q8oils.com/wp-content/uploa ... -JK_en.pdf

silahkan cek link PDS tersebut.

jadi yg sy temui antara description di website official dan di official Product Data Sheet (PDS) ada perbedaan penjelasan. :big_bored:

kalau ada discrepancy seperti itu, maka saya akan lebih percaya yg PDS karena dibuat berdasarkan standard ISO. sementara yg website bisa aja salah krn fungsi controlnya tidak baku.
Weleh kayanya ada update/improvement formula ini om dr q8-nya. Saya beli q8 auto jk wkt 2018 akhir di pdsnya masih masuk aw1 dan di kemasannya msh ketulis compatible to aw1 (msh saya simpen botol yg belum kepake). Malah dpt info baru ini, thx om. Sy inget banget wkt itu cari2 dan udah baca pds+tanya2 berkali2 aw1 sama ws masih bs di q8 uni jk
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by benzz89 »

Omnibus wrote:ga perlu bingung. sebetulnya kita perlu baca lebih teliti aja sih. meskipun ada website official yg misleading juga menurut saya.

karena Q8 selalu disebut membuat sy jadi ngecek ke websitenya, meskipun sy bukan user q8. kita ambil aja sbg contoh perbandingan 2 jenis atf.

di website official q8 disebutkan q8 auto MV dan q8 auto JK keduanya sama-sama compatible dgn AW-1 dan Toyota WS.
*check disini utk q8 auto MV: https://www.q8oils.com/product/q8-auto-mv/
*check disini utk q8 auto JK: https://www.q8oils.com/product/q8-auto-jk/
silahkan confirm yg saya utarakan di atas.

anomalinya adalah q8 auto JK juga compatible dgn T-IV. Sementara kita tau WS tidak backward compatible dgn T-IV krn beda viscosity.

TERNYATA, kalau kita klik PDS (product data sheet) yg ada link tautannya di web official tersebut jelas disebutkan kalau MV lebih encer viskositasnya daripada JK. DAN disitu jelas yg compatible dgn AW-1 dan Toyota WS adalah HANYA yg q8 auto MV.
PDS q8 auto MV: https://www.q8oils.com/wp-content/uploa ... -MV_en.pdf
PDS q8 auto JK (disini tidak lagi disebut compatible dgn AW-1 ataupun Toyota WS): https://www.q8oils.com/wp-content/uploa ... -JK_en.pdf

silahkan cek link PDS tersebut.

jadi yg sy temui antara description di website official dan di official Product Data Sheet (PDS) ada perbedaan penjelasan. :big_bored:

kalau ada discrepancy seperti itu, maka saya akan lebih percaya yg PDS karena dibuat berdasarkan standard ISO. sementara yg website bisa aja salah krn fungsi controlnya tidak baku.
Asem emang ini ATF Q8 bikin spec kok abu2 begini... ane juga ganti Q8 Auto JK karena keterangan dibelakang labelnya compatible dengan WS, itu orang toda juga bilangnya pakai Auto JK,

Kemarin main2 lagi ke toda iseng2 liat yang Auto MV terus ane baca keterangannya juga compatible dengan WS, jadi mana yang benar? Next pilih ATF yang pasti2 aja keterangan di labelnya, terakhirlah ane pake ATF Q8 ini, bikin bingung aja spec nya.

Next ganti Amsoil, PTT atau Redline aja. Maunya sih Amsoil aja, so far pake oli mesinnya sih puas, pake PTT Automate A1 juga enak sih, Redline belum pernah coba, penasaran juga ini oli ATF nya.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9678
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

benzz89 wrote: Tue Sep 01, 2020 10:16
Omnibus wrote:ga perlu bingung. sebetulnya kita perlu baca lebih teliti aja sih. meskipun ada website official yg misleading juga menurut saya.

karena Q8 selalu disebut membuat sy jadi ngecek ke websitenya, meskipun sy bukan user q8. kita ambil aja sbg contoh perbandingan 2 jenis atf.

di website official q8 disebutkan q8 auto MV dan q8 auto JK keduanya sama-sama compatible dgn AW-1 dan Toyota WS.
*check disini utk q8 auto MV: https://www.q8oils.com/product/q8-auto-mv/
*check disini utk q8 auto JK: https://www.q8oils.com/product/q8-auto-jk/
silahkan confirm yg saya utarakan di atas.

anomalinya adalah q8 auto JK juga compatible dgn T-IV. Sementara kita tau WS tidak backward compatible dgn T-IV krn beda viscosity.

TERNYATA, kalau kita klik PDS (product data sheet) yg ada link tautannya di web official tersebut jelas disebutkan kalau MV lebih encer viskositasnya daripada JK. DAN disitu jelas yg compatible dgn AW-1 dan Toyota WS adalah HANYA yg q8 auto MV.
PDS q8 auto MV: https://www.q8oils.com/wp-content/uploa ... -MV_en.pdf
PDS q8 auto JK (disini tidak lagi disebut compatible dgn AW-1 ataupun Toyota WS): https://www.q8oils.com/wp-content/uploa ... -JK_en.pdf

silahkan cek link PDS tersebut.

jadi yg sy temui antara description di website official dan di official Product Data Sheet (PDS) ada perbedaan penjelasan. :big_bored:

kalau ada discrepancy seperti itu, maka saya akan lebih percaya yg PDS karena dibuat berdasarkan standard ISO. sementara yg website bisa aja salah krn fungsi controlnya tidak baku.
Asem emang ini ATF Q8 bikin spec kok abu2 begini... ane juga ganti Q8 Auto JK karena keterangan dibelakang labelnya compatible dengan WS, itu orang toda juga bilangnya pakai Auto JK,

Kemarin main2 lagi ke toda iseng2 liat yang Auto MV terus ane baca keterangannya juga compatible dengan WS, jadi mana yang benar? Next pilih ATF yang pasti2 aja keterangan di labelnya, terakhirlah ane pake ATF Q8 ini, bikin bingung aja spec nya.

Next ganti Amsoil, PTT atau Redline aja. Maunya sih Amsoil aja, so far pake oli mesinnya sih puas, pake PTT Automate A1 juga enak sih, Redline belum pernah coba, penasaran juga ini oli ATF nya.
Mengacu ke file PDS aja om.

karena klo info di website, bisa aja admin webnya typo atau ke-skip ketika input informasi di CMS web tsb :upss:
itu cukup common koq
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11328
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Omnibus »

benzz89 wrote: Tue Sep 01, 2020 10:16 Asem emang ini ATF Q8 bikin spec kok abu2 begini... ane juga ganti Q8 Auto JK karena keterangan dibelakang labelnya compatible dengan WS, itu orang toda juga bilangnya pakai Auto JK,

Kemarin main2 lagi ke toda iseng2 liat yang Auto MV terus ane baca keterangannya juga compatible dengan WS, jadi mana yang benar? Next pilih ATF yang pasti2 aja keterangan di labelnya, terakhirlah ane pake ATF Q8 ini, bikin bingung aja spec nya.

Next ganti Amsoil, PTT atau Redline aja. Maunya sih Amsoil aja, so far pake oli mesinnya sih puas, pake PTT Automate A1 juga enak sih, Redline belum pernah coba, penasaran juga ini oli ATF nya.
kayanya dibikin sesuai namanya om ...

MV stands for mild viscosity

JK stands for just kidding :big_biglaugh:
AGSA
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Fri Jan 10, 2014 18:26

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by AGSA »

Mau nanya bro ini saya kan Uda kuras oli matic Toyota Harrier saya dengan aisin afw+. Sedangkan mbl saya itu spek nya adalah T IV ini. Aisin afw+ saya baca bisa compatible dengan TIV dan WS makanya saya pakai. Ini sy baca bahwa WS tdk kompatibel dgn TIV saya jd makin bingung. Karena yg aisin afw biasa itu mmg dex3 sampai TIV saja tdk comply WS. Mohon arahan nya suhu2 apakah penggunaan oli saya sdh tepat?
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5703
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by sintoni »

AGSA wrote: Tue Sep 01, 2020 14:36 Mau nanya bro ini saya kan Uda kuras oli matic Toyota Harrier saya dengan aisin afw+. Sedangkan mbl saya itu spek nya adalah T IV ini. Aisin afw+ saya baca bisa compatible dengan TIV dan WS makanya saya pakai. Ini sy baca bahwa WS tdk kompatibel dgn TIV saya jd makin bingung. Karena yg aisin afw biasa itu mmg dex3 sampai TIV saja tdk comply WS. Mohon arahan nya suhu2 apakah penggunaan oli saya sdh tepat?
Mungkin kalau pake oli WS emang ga bs om, tapi kalau AFW+ bisa comply ke 2-2nya.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11328
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Omnibus »

AGSA wrote: Tue Sep 01, 2020 14:36 Mau nanya bro ini saya kan Uda kuras oli matic Toyota Harrier saya dengan aisin afw+. Sedangkan mbl saya itu spek nya adalah T IV ini. Aisin afw+ saya baca bisa compatible dengan TIV dan WS makanya saya pakai. Ini sy baca bahwa WS tdk kompatibel dgn TIV saya jd makin bingung. Karena yg aisin afw biasa itu mmg dex3 sampai TIV saja tdk comply WS. Mohon arahan nya suhu2 apakah penggunaan oli saya sdh tepat?
sy bukan suhu tp bantu jawab aja

kl harrier minta spec T-IV pakai afw+ harusnya aman. sebab menurut importirnya compatibility include nissan matic J dan D, Toyota T-II dan T-III yg mana semuanya itu viskositasnya lbh kental dr spec WS yg seharusnya. jadi krn lebih kental itu lbh condong cocok ke T-IV ketimbang WS.

7bc27588278007f3fe520a48027f9833.jpeg
ba3aa0fd1fa0f6c2c3621800ca71c1d1.jpeg

justru kl mobilnya minta spec WS tp dikasih afw+, itu sy agak ragu. ok bisa aja argue itu kan oli merk aisin sama dgn yg bikin transmisi merk aisin juga, udah pasti bener. ya ngga tau deh kl mikirnya gitu. lagian kenapa juga bikin 2 tipe afw dan afw+ tapi cuma beda yg afw+ compatible with WS. secara inventory bikin ribet, kenapa ga jual yg afw+ aja kl emang sapu jagat. ya suka2 dia lah ... gitu kan jawabnya. ha ha ...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.