Ganti air radiator beda merk

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

Post Reply
User avatar
Mozawa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 779
Joined: 02 Jan 2009, 00:47

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by Mozawa » 23 May 2017, 23:00

yozhuaa wrote:
20 May 2017, 01:09
dlu mobil saya selalu pke coolant honda, skitar 2thn sekali ganti air radiator.

pernah k bengkel coolant honda abis yauda ganti merk prestone kuning eh ga lama kalo ngebut 120km/h ke atas indikator hot nyala lalu ac lgsung keluar angin ga ad hawa dingin.

bawalah k tmpt servis radiator pas d buka berlumut byk yg mampet.
menurut feeling saya kykny ada pengaruh gonta ganti merk coolant.

atau jgn2 malah emg ud waktu ny mampet hrus d serpis.

note : mobil jazz gd3 2004
itu mobil beli dari baru bro? Jadi hafal history coolantnya? Endapan itu ada 2 . Yaitu endapan karena karat...dan endapan karena rust inhibitor ( phospate dan silicate) . Dan membedakannya mudah..kalau karat warna coklat kuningan , kalo inhibitor warnanya puyeh seperti lendir atau lumut....

bisa jadi telat ganti coolant sehingga endapan inhibitornya banyak.. asumsi selalu pakai coolant.
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black

User avatar
Mozawa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 779
Joined: 02 Jan 2009, 00:47

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by Mozawa » 23 May 2017, 23:08

vinchazz wrote:
19 May 2017, 22:52
Om RE3 crv ane pake prestone ijo pernah campur yg merah prestone juga
Gpp kan ya cuma beda warna gitu ?

ada 2 pendapat yg berbeda... pertama gak papa , tapi membuat daya tahan coolant menurun...misal dari 4 tahun menjadi 2 tahun.. dan tidak menimbulkan kerusakan.

kedua , membuat endapan , yang menyumbat celah2 kecil di cooling system .menurunkan perform coolant secara menyeluruh..dari boiling point , dan kemampuan menahan karat ,serta lubrikasi.

menurut ane ini bisa terjadi karena kandungan coolant itu berbeda beda tergantung merk meraciknya. Bisa jadi inhibitor 1 dicampur 2 gak papa, tapi lain reaksinya kalau campur coolant 3 , misalnya.

jadi utk kehati2an, lbh baik jangan dicampur.

atau di flush dgnair mengalir 4 x sebelum ganti merk atau tipe.
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black

User avatar
Mozawa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 779
Joined: 02 Jan 2009, 00:47

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by Mozawa » 23 May 2017, 23:17

DOHC wrote:
21 May 2017, 19:26
radiator coolant usahain tiap beberapa taon di kuras... buang dari baut bawah, isi air distilasi.. jalanin beberapa saat trus buang dan ulangi.. baru kasi coolant...

sebagus2 LLC nya jg tetep pasti ngendap stelah beberapa lama... coba aj buka tuh radiator stelah beberapa taon, senter ke dalem, pasti ad ngendap.. atau coba di tap, pasti tetep ad residu2 kotoran..
untuk yg konvensional misal prestone hijau, diganti 2 tahun...sedangkan yg extended life (oat atau hybrid oat) 4 tahun...

yup .emang ada life timenya.
karena etilen glikol atau propilen glikol (yg konven) itu saat berada dlm system , lambat laun akan membuat oksidasi menjadi asam...dan asam ini hisa membuat korosif....makanya diberi rust inhibitor yaitu pospat dan silikat untuk menjaga alkalinitas coolant dan melindungi dari korosi.

sementara inhibitor juga ada lifetimenya , akan membuat endapan sehingga konsentrasinya lama2 berkurang.

makanya perlu diganti baru untuk menjaga kandungan rust inhibitor.
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black

yozhuaa
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 95
Joined: 19 Apr 2015, 15:38

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by yozhuaa » 23 May 2017, 23:33

Mozawa wrote:
23 May 2017, 23:00
yozhuaa wrote:
20 May 2017, 01:09
dlu mobil saya selalu pke coolant honda, skitar 2thn sekali ganti air radiator.

pernah k bengkel coolant honda abis yauda ganti merk prestone kuning eh ga lama kalo ngebut 120km/h ke atas indikator hot nyala lalu ac lgsung keluar angin ga ad hawa dingin.

bawalah k tmpt servis radiator pas d buka berlumut byk yg mampet.
menurut feeling saya kykny ada pengaruh gonta ganti merk coolant.

atau jgn2 malah emg ud waktu ny mampet hrus d serpis.

note : mobil jazz gd3 2004
itu mobil beli dari baru bro? Jadi hafal history coolantnya? Endapan itu ada 2 . Yaitu endapan karena karat...dan endapan karena rust inhibitor ( phospate dan silicate) . Dan membedakannya mudah..kalau karat warna coklat kuningan , kalo inhibitor warnanya puyeh seperti lendir atau lumut....

bisa jadi telat ganti coolant sehingga endapan inhibitornya banyak.. asumsi selalu pakai coolant.

saya beli 2nd d tahun 2005/2006, sblmny mobil ini punya sepupu saya.

untuk mobil saya punya catatan buku kecil di laci mobil kalo abis dari bengkel suka saya catetin tanggal berapa apa aj yg di ganti dan simpenin bon serpis mobil,
jadi historicalnya ketahuan.

pas d serpis radiatornya keliatan endapan yg muncul itu putih lendir kyk ingus. itu endapan ny karena penggantian coolant radiator berbeda merk atau emg kanndungan coolant ny ud rusak om?

kalau kandungan coolant ny ud rusak berarti ganti radiator ny harus leebih cepat dr 2tahun ya, pdhl saya ganti liat d buku panduan mobilnya rekomendasi ganti coolant setiap 2tahun/40.000km.
:big_peace:

User avatar
Mozawa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 779
Joined: 02 Jan 2009, 00:47

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by Mozawa » 23 May 2017, 23:40

adityabp wrote:
22 May 2017, 09:36
Btw, ada yg jual aditif anti karatnya aja gak?
Saya mo coba pake aquadest aja.
Apakah pakai additif semacam redline waterwetter sdh cukup?
Thx.

mungkin ada..tapi kenapa gak pake yg ready use dari pabrikan.kan udah diuji di lab..

kalo aquadest plus inhibitor saja, dalam artian gak pakai glikol atau oat, titik boiling rendah, sehingga saat panas gelembung udara yg terjadi lebih banyak , dan ini nggak bagus untuk perlindungan thd karat...atau gak efektif... itu logikanya...

redline waterwetter itu kandungannya apa ya??

yang ane tau kandungan coolant itu ada 2. yaitu antifreezing /boiling , rust inhibitor juga berfungsi sbg buffer coolant menjaga dari ph asam , dan lubrikasi untuk waterpump..biasanya ada additive silikon... prestone menyebut silikon silikan formula...
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black

User avatar
Mozawa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 779
Joined: 02 Jan 2009, 00:47

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by Mozawa » 23 May 2017, 23:53

coklatMetalik wrote:
22 May 2017, 09:50
Kalo kuras radiator yg tadinya pake air biasa mau ganti ke coolant apa ada prosedur khusus?
sebenarnya gak ada...tapi lbh amannya di flush dg air mengalir, sampai bening...dahulu...

kalau karat di radiator sudah parah, biasanya pemakaian coolant justru mempercepat kebocoran terjadi....ane gak tau kenapa...secara sifat silikat itu melindungi aluminium , pospat melindungi besi...keduanya bersifat melindungi korosi terhadap logam yg telah korosi sekalipun....korosinya akan berkurang. Mungkin sifat mixture coolant tersebut berbeda dgn air biasa... heat transfer air tetap paling juara... jadi coolant itu lebih lambat panas , tapi lebihlambat mendingin..mungkin ini yg mengakibatkan radiatornya kaget hahaha..

pengalaman saya menggunakan coolant pada radiator yg tidak terlalu parah karatnya, justru membuat radiator bersih , juga dgn waterpump , dan pipa aluminiumnya tidak berlanjut korosinya...biasanya pipa aluminium patah dan menjadi tepung krn korosi..
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black

User avatar
Mozawa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 779
Joined: 02 Jan 2009, 00:47

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by Mozawa » 24 May 2017, 00:05

vinchazz wrote:
23 May 2017, 07:35
new_shogun wrote:
22 May 2017, 23:20
ikut nanya dong suhu2 sekalian...

mobil saya Vios 2009 MT, air radiatornya warna merah. apakah itu coolant bawaan dari toyota?
kalau iya merknya apa? kapasitas radiator berapa liter? soalnya saya ada rencana flush dan beli coolant di bengkel luaran biar lebih murah. trims.
udah sejak 2009 berarti udah pernah di flush ya om ? coba tanya aja ke tempat terakhir flush pake air radiator toyota ato merk laen macem prestone yng ada warna merahnya
saran saya tetap pake merk toyota.wong udah terbukti cocok...dan itu OAT yg tahan lama...lifetimenya..

jangan pernah pakai prestone oat warna merah atau orange..

karena compatible dgn dexcool , yaitu kandungan sebacate plus 2EHA . 2EHA TErbukti bersifat melembekkan seal karet shg bisa bocor...
saya korbannya...

coolant toyota kalau ane lihat dari google , itu oat plus sebacate tanpa 2EHA. jadi aman. corossion Inhibitornya pakai pospat...tanpa silikat..

silikat memiliki kelemahan gampang mengendap , dan heat transfernya rendah..

kalo ane lihat , coolant toyota dan honda sama..yaitu oat plus inhibitor sebacate plus inhibitor tradisional pospat...jadi masuk kategori hybrid oat...
cmiiw.....
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16705
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by DOHC » 24 May 2017, 08:27

umm kayanya coolant toyota ama ahond rada beda om...

toyota punya yg LLC itu mungkin bener yg long life punya... tp ahond punya ad 2 macem (mreka sourcing dr seiken)... yg dr pabrikan (warna biru) konon katanya long life, tp yg dijual di kemasan botol (smuanya warna ijo doank) itu mirip ama coolant biasa yg ijo... makanya tiap 2 taon dsuru ganti ... beda ama yg bawaan, bsa tahan ampe 4 taon katanya..

btw dulu pengalaman make batu makam GL... coolant bawaan pas odo 40 rebu dan 2 taon pemakaian, ud banyak endapan putih di reservoir... lgs ane ganti pake prestone yg oren... pake jalan ampe 120 rebu km baru dikuras... masi bening bebas endapan.. untung ga ad seal rembes atau rusak..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

iwing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1129
Joined: 23 Feb 2016, 09:09

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by iwing » 24 May 2017, 10:19

ada yang punya pendapat tentang pertamina coolant gak..?? yang 30 persen konsentrat. mobil dan motor saya pada pakai ini. selama ini sih gak ada masalah. warna cairan nya hijau muda. pertimbangan saya pakai ini hanya karena boiling point nya tinggi

User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: 09 Nov 2014, 22:35

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by daftar » 24 May 2017, 10:25

Mozawa wrote:
23 May 2017, 21:23
daftar wrote:
22 May 2017, 23:21
Kalo nambah dikit lebih baik air aki (bukan zuur) ketimbang air mineral, namanya air mineral ada kandungan mineral yg kemungkinan bisa bikin karat
gak ada bedanya antara air murni , air ac , air sumur dan air kran dan air mineral...ketiganya sama sama merupakaan salah satu pembentuk karat.

karena karat adalah hasil reaksi kimia h2o (air) , fe (besi) , dan o2(oksigen).

yang ane heran , banyak yg nyaranin air ac saja , dgn asumsi air ac itu murni , jadi merupakan pelindung karat yang baik...hahahaha......

memang kandungan mineral di air ada yg bisa berfungsi sebagai katalis , misal garam, ataupun asam.

tapi garam tidak ada kandungannya di air sumur, kecuali sumur dekat pantai berair payau.

untuk air mineral , memang air ini ditambahkan kandungan mineral didalamnya..tapi jumlahnya sangat sedikit dan tidak berfungsi sbg katalis karat..

mineral yg terlalu hanyak mengakibatkan pembentukan kerak..(misal air pdam , dgn kandungan kaporit).

untuk air aki , memang sebenarnya adalah air murni..tapi yg perlu diperhatikan adalah , banyak produsen yang menambahkan sedikit h2so4 (asam sulfat - salah satu zat yang paling korosif thd besi) didalamnya..mungkin untuk pengawet dari kandungan organik yang hidup didalam air, misal lumut.

untuk pengencer coolant , memang idealnya air murni.
ini kan maksudnya buat nambahin dikit aja ke reservoir om, lha coolant itu kan juga bahan utamanya air, jadi kalo nambah air dikit2 aja nggak masalah saya kira. cuman kalo bisa kan air yang paling murni
:ngacir:

adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 849
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by adityabp » 24 May 2017, 11:36

Mozawa wrote:
23 May 2017, 23:40
adityabp wrote:
22 May 2017, 09:36
Btw, ada yg jual aditif anti karatnya aja gak?
Saya mo coba pake aquadest aja.
Apakah pakai additif semacam redline waterwetter sdh cukup?
Thx.

mungkin ada..tapi kenapa gak pake yg ready use dari pabrikan.kan udah diuji di lab..

kalo aquadest plus inhibitor saja, dalam artian gak pakai glikol atau oat, titik boiling rendah, sehingga saat panas gelembung udara yg terjadi lebih banyak , dan ini nggak bagus untuk perlindungan thd karat...atau gak efektif... itu logikanya...

redline waterwetter itu kandungannya apa ya??

yang ane tau kandungan coolant itu ada 2. yaitu antifreezing /boiling , rust inhibitor juga berfungsi sbg buffer coolant menjaga dari ph asam , dan lubrikasi untuk waterpump..biasanya ada additive silikon... prestone menyebut silikon silikan formula...
Krn coolant terbaik tetaplah air, krn heat capacity-nya paling tinggi.
Cuma memang perlu ditambah additif yg gunanya :
1. Mengurangi/menghilangkan gelembung ketika air menjadi panas. Ingat kan kalo ngerebus air pasti muncul gelembung.
2. Mengurangi tegangan permukaaan air (surfactant), supaya air benar2x 'nempel' dgn metal agar heat transfer berlangsung sempurna.
3. Mencegah karat.

Penambahan etilen/propilen glikol memang menaikan titik didih air, namun heat capacity jadi berkurang jauh.
Makanya sekarang saya pake coolant seiken 30%. Gak lagi pake yg 50%, krn walaupun titik didih naik cukup besar, tapi heat capacity-nya juga berkurang cukup besar. Heat capacity berkurang artinya coolant jadi cepat panas.

adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 849
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by adityabp » 24 May 2017, 11:46

Ariazaki wrote:
23 May 2017, 21:46
adityabp wrote:
22 May 2017, 13:52
coklatMetalik wrote:
22 May 2017, 12:49


Wah brarti cara mudahnya ganti radiatornya aja sekalian ya...
Ya.
Apesnya kalo ternyata ada sisa deposit karat yg bandel yg baru rontok setelah mobil jalan sekian lama, radiator bisa mampet :D
Ciri radiator mampet : Coolant di botol cadangan naik tinggi banget kalo mesin panas banget, terutama kalo kena macet.
Wah kalo kemaren waktu saya kuras coolant sendiri malah pas panas di reservoir coolantnya turun. Begitu di pas in sampai batas maximum eh pas udh dingin naik diatas batas maximum.....
Sekarang kalo mobil abis dipake jalan (mesin panas), coolant yg direservoir turun atau naik?

adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 849
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by adityabp » 24 May 2017, 11:52

daftar wrote:
24 May 2017, 10:25
Mozawa wrote:
23 May 2017, 21:23
daftar wrote:
22 May 2017, 23:21
Kalo nambah dikit lebih baik air aki (bukan zuur) ketimbang air mineral, namanya air mineral ada kandungan mineral yg kemungkinan bisa bikin karat
gak ada bedanya antara air murni , air ac , air sumur dan air kran dan air mineral...ketiganya sama sama merupakaan salah satu pembentuk karat.

karena karat adalah hasil reaksi kimia h2o (air) , fe (besi) , dan o2(oksigen).

yang ane heran , banyak yg nyaranin air ac saja , dgn asumsi air ac itu murni , jadi merupakan pelindung karat yang baik...hahahaha......

memang kandungan mineral di air ada yg bisa berfungsi sebagai katalis , misal garam, ataupun asam.

tapi garam tidak ada kandungannya di air sumur, kecuali sumur dekat pantai berair payau.

untuk air mineral , memang air ini ditambahkan kandungan mineral didalamnya..tapi jumlahnya sangat sedikit dan tidak berfungsi sbg katalis karat..

mineral yg terlalu hanyak mengakibatkan pembentukan kerak..(misal air pdam , dgn kandungan kaporit).

untuk air aki , memang sebenarnya adalah air murni..tapi yg perlu diperhatikan adalah , banyak produsen yang menambahkan sedikit h2so4 (asam sulfat - salah satu zat yang paling korosif thd besi) didalamnya..mungkin untuk pengawet dari kandungan organik yang hidup didalam air, misal lumut.

untuk pengencer coolant , memang idealnya air murni.
ini kan maksudnya buat nambahin dikit aja ke reservoir om, lha coolant itu kan juga bahan utamanya air, jadi kalo nambah air dikit2 aja nggak masalah saya kira. cuman kalo bisa kan air yang paling murni
Beli aquadest aja om di toko kimia. Kalo perlu yg medical grade, itu bener2x steril. :D

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18090
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by Turboman » 25 May 2017, 09:28

Utk nambah air radiator bisa pake air low TDS spt Amidis

jangan pake aqua / merek2 lain, apalagi yg pH tinggi karena air pH tinggi kandungan mineral nya cukup lumayan

Tapi kalo utk minuman kita sendiri, saya pribadi pilih yg pH di atas 7

Ariazaki
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 154
Joined: 08 Jul 2016, 13:15

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by Ariazaki » 25 May 2017, 09:59

adityabp wrote:
24 May 2017, 11:46
Ariazaki wrote:
23 May 2017, 21:46
adityabp wrote:
22 May 2017, 13:52

Ya.
Apesnya kalo ternyata ada sisa deposit karat yg bandel yg baru rontok setelah mobil jalan sekian lama, radiator bisa mampet :D
Ciri radiator mampet : Coolant di botol cadangan naik tinggi banget kalo mesin panas banget, terutama kalo kena macet.
Wah kalo kemaren waktu saya kuras coolant sendiri malah pas panas di reservoir coolantnya turun. Begitu di pas in sampai batas maximum eh pas udh dingin naik diatas batas maximum.....
Sekarang kalo mobil abis dipake jalan (mesin panas), coolant yg direservoir turun atau naik?
Wah ternyata pas lg panas coolant di reservoir naik. Pas udh dingin coolantnya turun lagi.....
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
2012 HR15DE - Total Quartz 9000 Future 5w30
2017 K12M - Kendall GT1 Max 0w20

Jagonyaaki
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 128
Joined: 11 Jan 2016, 09:08
Location: Bandung

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by Jagonyaaki » 25 May 2017, 11:02

Ariazaki wrote:
25 May 2017, 09:59
adityabp wrote:
24 May 2017, 11:46
Ariazaki wrote:
23 May 2017, 21:46


Wah kalo kemaren waktu saya kuras coolant sendiri malah pas panas di reservoir coolantnya turun. Begitu di pas in sampai batas maximum eh pas udh dingin naik diatas batas maximum.....
Sekarang kalo mobil abis dipake jalan (mesin panas), coolant yg direservoir turun atau naik?
Wah ternyata pas lg panas coolant di reservoir naik. Pas udh dingin coolantnya turun lagi.....
Setau sy emang normal wkt mesin panas volume air coolant d reservoir pasti naik, dingin turun lg...

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18090
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by Turboman » 25 May 2017, 13:06

Amidis

Image

* bukan seles air botol *

adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 849
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by adityabp » 26 May 2017, 15:51

Ariazaki wrote:
25 May 2017, 09:59
adityabp wrote:
24 May 2017, 11:46
Ariazaki wrote:
23 May 2017, 21:46


Wah kalo kemaren waktu saya kuras coolant sendiri malah pas panas di reservoir coolantnya turun. Begitu di pas in sampai batas maximum eh pas udh dingin naik diatas batas maximum.....
Sekarang kalo mobil abis dipake jalan (mesin panas), coolant yg direservoir turun atau naik?
Wah ternyata pas lg panas coolant di reservoir naik. Pas udh dingin coolantnya turun lagi.....
Karena coolant memuai ketika panas, makanya luber ke reservoir.
Ketika dingin, coolant menyusut mengakibatkan terbentuknya ruang vakum di radiator yg menyedot coolant dari reservoir balik ke radiator.

Yg penting diingat-ingat aja om posisi coolant di reservoir ketika mesin sdh panas. Kalo suatu hari coolant naik lebih tinggi lagi apalagi kalo abis kena macet parah, itu indikasi radiator mulai mampet.

tokezz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: 25 Jun 2015, 22:34

Re: RE: Re: Ganti air radiator beda merk

Post by tokezz » 26 May 2017, 18:20

Mozawa wrote:sebenarnya gak masalah..asal kandungannya sama..
masalahnya kita tidak tau kandungan dan gak dijelaskan di kemasan..

untuk mobil lama , disarankan memakai coolant tradisional ,( bukan long life) , yg memakai pospat dan atau silikat untuk rust inhibibitornya...(biasanya usianya 2 tahunan wajib dikuras).

untuk mobil baru biasanya pakai long life , oat (organic acid technology) , sebagai rust inhibitor , yg ramah lingkungan....biasanya coolant diganti lebih dari 4 sd 5 tahunan..

oat itu ada yg mengandung Potassium 2-ethylhexanoate dan ethylhexanoic acid yang incompatible dgn nylon 6,6 dan silicone rubber, yg istilahnya plasticizer. (merk dexcool yg ramai di eropa karena kerusakan seal pada truk gm ), dan ada kasus kebocoran pada honda crv.

kalau kita memakai oat yg mengandung 2 eha tersebut , biasanya seal2 karet akan bocor (sering terjadi di eropa yg memakai dexcool oat) . Mulai dari niple selang2 , bahkan seal2 water pump bisa bocor.

oat toyota dan honda memakai sebacate dan tidak mengandung 2 eha. Jadi kemungkinan relatif aman thd karet..

kalo prestone , yg tradisional warna hijau , yg oat warna orange...cuma kandungan yg orange ane gak tau...tapi ane pernah pakai dan sukses membuat bocor seal2 pada niple selang radiator dan water pump pada mobil jadul ane civic.

kalo pengen aman ,pakai yg tradisional agar seal terlindungi..atau oat tanpa 2 EHA.


makanya kita hrs hati2 pakai coolant...

nb: jangan pakai radiator flush ya...atau bolong kecil2 radiatornya..
Bro persis bner kjadianya kya saya. Jd mbil saya ford fiesta, krna ngerasa udh 3 tahunan sya gnti air radiatornya sesuai dgn spek ford yaitu prestone dexcool botol silver. Gk lama kmudian waterpump mnta dgnti krna bnyi ngorok gde bgt.

Akhirnya ane ke spesialis ford, dger" dia crita mslhnya fiesta yg gk kuat itu seal waterpumpnya sehingga sring bcor dn akhirnya air msuk ke bearing. Bearing lma" karat kna air trs dia pertma brisik lma" klo dibiarin bsa stuck akhirnya bsa bkin ptus vbelt.

Kmren bru gnti waterpump dn diisi pke preatone dexcool.Klo sran bro gmana yah? Air radiator mding dgnti lg atau gmana? Klo gnti mke merk apanyah? Ktnya prestone yg hijau gk ccok buat fiesta?

Thank you saranya hehehe

Sent from my SM-G920F using Seraya Motor mobile app


User avatar
Herman7103
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 792
Joined: 03 Oct 2016, 06:17
Location: SOUTH SUMATRA

Re: RE: Re: RE: Re: Ganti air radiator beda merk

Post by Herman7103 » 26 May 2017, 20:18

Herman7103 wrote:
Hanggar wrote:Saya dulu piara Nissan March matic selama 4,5 tahun ngak pernah kuras radiator . . . .soale pas servis di Beres belum masa nya. Paling air di reservoir turun sedikit.
Sama om, saya juga skrg pelihara ANGL CVT 2014 sampe skrg blm pernah kuras cuma beberapa bln lalu beli radiator coolant di beres rupanya merk Prestone dgn cairan warna hijau ready use yg saya pake utk top up supaya ke batas atas.

Sent from my Redmi Note 3 using Seraya Motor mobile app
I am sorry, Saya mau melakukan koreksi postingan lalu saya, coolant ANGL yg saya tulis Prestone dgn isi cairan warna biru, bukan merk Prestone tapi merk Nissan Long Life Coolant Advance formulation for Aluminum and Cast Iron Engine Parts, barusan saya lihat lagi di Botolnya dlm BOX dekat garasi saya. Sorry atas kesalahan tsb dan saya koreksi skrg.

Sent from my Redmi Note 3 using Seraya Motor mobile app

:glodak:
HR15DE 2014

IqbalMaruapey
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 24 May 2015, 04:06

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by IqbalMaruapey » 31 May 2017, 04:21

Saya pakai aqua karena ngikutin saran tukang servis radiator, waktu itu ngebersihin di dia

Jadi bingung yg bener sebenarnya yg mana ...

Sent from my ASUS_Z012DB using Seraya Motor mobile app


vinchazz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 460
Joined: 11 Aug 2016, 21:27
Location: Serpong
Daily Vehicle: Honda CR-V
Contact:

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by vinchazz » 31 May 2017, 08:16

IqbalMaruapey wrote:
31 May 2017, 04:21
Saya pakai aqua karena ngikutin saran tukang servis radiator, waktu itu ngebersihin di dia

Jadi bingung yg bener sebenarnya yg mana ...

Sent from my ASUS_Z012DB using Seraya Motor mobile app
radiator udah pernah servis om ? ya aqua aja terus daripada ganti coolant
tar kalo pake coolant, kerak" yang nutup lobang jadi lepas malah bkin bocor makin banyak

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18090
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by Turboman » 01 Jun 2017, 07:20

Kalo pakai air minum dgn kadar mineral yg tinggi :

saat panas dan air nguap, yg nguap itu H2O murni dan mineral2 tertinggal, akhirnya konsentrasi mineral di air makin lama makin tinggi.......dan selanjutnya silakan tebak sendiri

Pilih air low TDS spt aquadest atau Amidis jika mau pakai coolant konsentrat

atau lebih praktis pake coolant ready to use yg gak perlu campur air lagi

zzzprince
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: 05 Dec 2016, 01:38

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by zzzprince » 11 Jul 2017, 16:48

Izin nimbrung om
Kebetulan sekarang lagi Miara lcgc calya, di forum lagi rame bahas overheat, dan ogut cek sendiri via obd, temperatur mesin bisa sampe 98 derajat celcius, sampe akhirnya fan nyala dan temperatur turun ke 92 an. Posisi fluida mobil sekarang standar ting ting, kira kira kalo ogut ganti coolant ke engine ice yg konon adalah coolant paling baik, kira kira ritual apa aja ya, yang harus di praktek kan, supaya sisa coolant lama bs bersih? Thank you

Sent from my MI 5 using Seraya Motor mobile app


User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18090
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: RE: Re: Ganti air radiator beda merk

Post by Turboman » 12 Jul 2017, 09:10

zzzprince wrote:Izin nimbrung om
Kebetulan sekarang lagi Miara lcgc calya, di forum lagi rame bahas overheat, dan ogut cek sendiri via obd, temperatur mesin bisa sampe 98 derajat celcius, sampe akhirnya fan nyala dan temperatur turun ke 92 an. Posisi fluida mobil sekarang standar ting ting, kira kira kalo ogut ganti coolant ke engine ice yg konon adalah coolant paling baik, kira kira ritual apa aja ya, yang harus di praktek kan, supaya sisa coolant lama bs bersih? Thank you

Sent from my MI 5 using Seraya Motor mobile app
aneh juga gerakan rentang suhu coolant bisa sampe sejauh itu

kalo suhu normal coolant di 92 deg C, harusnya begitu 94 deg C kipas lgs mutar

apakah kipasnya kecil atau size radiatornya kecil yah ?

sudah coba kasi extra fan ?

Post Reply