Ganti air radiator beda merk

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: b8099ok, y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo

Post Reply
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18528
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by Turboman » 14 Nov 2018, 12:50

Coolant buatan lokal yg Silicate free
IMG_20180428_195014_HHT.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 880
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by adityabp » 14 Nov 2018, 14:02

Turboman wrote:
14 Nov 2018, 12:50
Coolant buatan lokal yg Silicate free

IMG_20180428_195014_HHT.jpg
Berapa duit om?

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18528
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by Turboman » 14 Nov 2018, 15:06

adityabp wrote:
Turboman wrote:
14 Nov 2018, 12:50
Coolant buatan lokal yg Silicate free

IMG_20180428_195014_HHT.jpg
Berapa duit om?
lebih murah drpd Toyota punya

coba cek2 aja di online

User avatar
b8099ok
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2612
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2015 GNKI D4D AT

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by b8099ok » 14 Nov 2018, 18:07

Evans waterless coolant uda ada yg coba? Uwe sih lbh prefer glycol based. Krn emang buat cooling perlunya, bukan buat enviromental gajebo.
Tune and drive! :big_love:

Ramdaniram
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 16 Nov 2018, 21:46
Location: Indonesia bogor
Daily Vehicle: Indonesia bogor

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by Ramdaniram » 16 Nov 2018, 21:58

Mungpung lagi bahas mau tanya dong ana udah kepalang ganti air radiator dari air aqua yang biasa sekrang coba pake air coolant, baru 3 bulan si ganti radiator tapi bekas dan itu di isi air aqua dan sekrang di ganti aja pake coolant, nah coba di ganti aja saking penasaran nya pake air coolant tanpa nanya nanya dulu, itu pun di nyalain setengah jaman aman aman aja belum ada kendala si, itu sebenernya aman atau tidak yah ? Mungpung belum lama nih, apakah boleh di ganti lagi kerair biasa apa gimana ? Soalnya pas di buang air aquanya sebelum mau ganti air coolant air aquanya itu masih putih ga coklat juga atau keliatan kotor, gatau juga itu cuman sekali buang udah gitu langsung di isi air coolant aja, kira kira aman atau tidak ? Apa mending balikin lagi ke air aqua ? Tolong solusi terbaiknya yah belum mungpung jauh nih 😂

Ramdaniram
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 16 Nov 2018, 21:46
Location: Indonesia bogor
Daily Vehicle: Indonesia bogor

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by Ramdaniram » 16 Nov 2018, 22:08

Saya baru ganti air radiator dari air aqua ke cairan coolant, radiator baru pemakaian selama 3 bulanan kurang lebih mengunakan air aqua, apakah aman saya gunakan air coolant itu ? Tapi pas di kuras pas di keluarin air pertama itu ga ada kottoran atau keliatan air berwarna coklat gatau karena sekali buang, nah sesudah buang saya isi aja cairan coolant itu warna merah pas di nyalain mesin aman aja kok, tapi selama setengah jaman itu juga ga ada masalah yang di timbulkan amper radiator normal belum di pake jalan si gatau kalau lebih dari itu mah, nah saya mau nanya apakah saya harus kembaliin lagi aja ke air aqua ? Apa gimana ? Aman ga kalau kembali pake air aqua ? Apa lanjutin aja itu pake coolantnya, mungpung belum jauh saya pemakainya belum di apa apain lagi juga, mohon solusinya yah 🙏 :big_okay:

blueflag1905
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: 25 Apr 2017, 23:30

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by blueflag1905 » 19 Nov 2018, 15:02

Turboman wrote:
14 Nov 2018, 12:48
blueflag1905 wrote:Om mau tanya, mobil ane splash, selama ini msh pake coolant asli suzuki, nah ini di reservoir udah agak kurang, trs ane beli prestone hijau. Dicampur gapapa ga ya? Agak khawatir nih mau nyampur
kalo kurang dikit Top Up pake Amidis aja

Coolant2 mobil Jepang std nya kan Silucate free ?

Prestone ijo terang bukannya masi ada Silicate nya ?
Waduhh gt ya om, udah terlanjur saya top up pake prestone ijo lagi. Dr hampir nyetuh batas low, saya top up sampe batas high. Gapapa kah? Apa mendingan kuras?

User avatar
josomba
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 962
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by josomba » 22 Nov 2018, 19:09

Hari ini abis eksekusi ganti air radiator 2 boil jepun di rumah pake prestun hejo.

Ngeliat dari balik botol sepertinya sudah silicate free ya? Ga ada tertera sodium silicate soalnya.

Image
Image
Image

User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2474
Joined: 08 Feb 2012, 18:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2011 Toyota Rush AT

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by Jambangan » 22 Nov 2018, 19:27

Ramdaniram wrote:
16 Nov 2018, 22:08
Saya baru ganti air radiator dari air aqua ke cairan coolant, radiator baru pemakaian selama 3 bulanan kurang lebih mengunakan air aqua, apakah aman saya gunakan air coolant itu ? Tapi pas di kuras pas di keluarin air pertama itu ga ada kottoran atau keliatan air berwarna coklat gatau karena sekali buang, nah sesudah buang saya isi aja cairan coolant itu warna merah pas di nyalain mesin aman aja kok, tapi selama setengah jaman itu juga ga ada masalah yang di timbulkan amper radiator normal belum di pake jalan si gatau kalau lebih dari itu mah, nah saya mau nanya apakah saya harus kembaliin lagi aja ke air aqua ? Apa gimana ? Aman ga kalau kembali pake air aqua ? Apa lanjutin aja itu pake coolantnya, mungpung belum jauh saya pemakainya belum di apa apain lagi juga, mohon solusinya yah 🙏 :big_okay:
Pake coolant aja terus
Mobil apapun harusnya pake coolant
Entah kenapa sering liat mobkas tahun baru isi reservoir radiatornya air biasa
Udah ga selera liatnya pasti bakalan bermasalah terus tuh cooling systemnya kedepannya

Dxo24
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: 22 Apr 2016, 07:15

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by Dxo24 » 22 Nov 2018, 20:20

om om sekalian, wajarkah kalo air coolant berkurang? saya sekitar 6 bulan lalu abis korok radiator dan nambal karena ada lobang kecil sekali, jd akhirnya saya putuskan utk ditambal dulu krn belum terlalu bermasalah. nah setelah beberapa minggu ini, air coolant berkurang beberapa mili, jd saya beberapa kali nambahin pake air accu krn memang terpaksa daripada pakai air sumur.

ohiya pada waktu abis jalan, dicek tdk ada rembesan dr air coolant. lalu air coolant nya pakai yg non merk warnanya hijau

User avatar
Herman7103
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 815
Joined: 03 Oct 2016, 06:17
Location: SOUTH SUMATRA

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by Herman7103 » 22 Nov 2018, 20:44

Dxo24 wrote:om om sekalian, wajarkah kalo air coolant berkurang? saya sekitar 6 bulan lalu abis korok radiator dan nambal karena ada lobang kecil sekali, jd akhirnya saya putuskan utk ditambal dulu krn belum terlalu bermasalah. nah setelah beberapa minggu ini, air coolant berkurang beberapa mili, jd saya beberapa kali nambahin pake air accu krn memang terpaksa daripada pakai air sumur.

ohiya pada waktu abis jalan, dicek tdk ada rembesan dr air coolant. lalu air coolant nya pakai yg non merk warnanya hijau
Dari pengalaman saya, wajar saja kalau coolant radiator berkurang bila mobil dipakai jalan jarak jauh (lebih dari 1000 km) cuma berkurang nya sedikit saja atau beberapa mili. Kalau berkurangnya banyak maka baru tidak wajar, apalagi sampai dibawah batas bawahnya.
:glodak:
HR15DE 2014

bismo16
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: 05 Jan 2018, 19:35

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by bismo16 » 22 Nov 2018, 21:18

Jambangan wrote:
Ramdaniram wrote:
16 Nov 2018, 22:08
Saya baru ganti air radiator dari air aqua ke cairan coolant, radiator baru pemakaian selama 3 bulanan kurang lebih mengunakan air aqua, apakah aman saya gunakan air coolant itu ? Tapi pas di kuras pas di keluarin air pertama itu ga ada kottoran atau keliatan air berwarna coklat gatau karena sekali buang, nah sesudah buang saya isi aja cairan coolant itu warna merah pas di nyalain mesin aman aja kok, tapi selama setengah jaman itu juga ga ada masalah yang di timbulkan amper radiator normal belum di pake jalan si gatau kalau lebih dari itu mah, nah saya mau nanya apakah saya harus kembaliin lagi aja ke air aqua ? Apa gimana ? Aman ga kalau kembali pake air aqua ? Apa lanjutin aja itu pake coolantnya, mungpung belum jauh saya pemakainya belum di apa apain lagi juga, mohon solusinya yah Image :big_okay:
Pake coolant aja terus
Mobil apapun harusnya pake coolant
Entah kenapa sering liat mobkas tahun baru isi reservoir radiatornya air biasa
Udah ga selera liatnya pasti bakalan bermasalah terus tuh cooling systemnya kedepannya
Betul sekali.. kemarin saya baru ganti pipa radiator & rumah thermostat sx4 2008 karena bocor akibat keropos. Padahal sejak dari tangan 1 selalu pake coolant, walo dulu pake coolant hijau & setelah saya pake saya ganti prestone botol kuning tutup merah.
Saya jadi mikir, yang diisi pake air keran kaya gimana lagi jadinya.. Image

User avatar
marmut
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3004
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by marmut » 22 Nov 2018, 23:43

Jambangan wrote:
22 Nov 2018, 19:27
Ramdaniram wrote:
16 Nov 2018, 22:08
Saya baru ganti air radiator dari air aqua ke cairan coolant, radiator baru pemakaian selama 3 bulanan kurang lebih mengunakan air aqua, apakah aman saya gunakan air coolant itu ? Tapi pas di kuras pas di keluarin air pertama itu ga ada kottoran atau keliatan air berwarna coklat gatau karena sekali buang, nah sesudah buang saya isi aja cairan coolant itu warna merah pas di nyalain mesin aman aja kok, tapi selama setengah jaman itu juga ga ada masalah yang di timbulkan amper radiator normal belum di pake jalan si gatau kalau lebih dari itu mah, nah saya mau nanya apakah saya harus kembaliin lagi aja ke air aqua ? Apa gimana ? Aman ga kalau kembali pake air aqua ? Apa lanjutin aja itu pake coolantnya, mungpung belum jauh saya pemakainya belum di apa apain lagi juga, mohon solusinya yah 🙏 :big_okay:
Pake coolant aja terus
Mobil apapun harusnya pake coolant
Entah kenapa sering liat mobkas tahun baru isi reservoir radiatornya air biasa
Udah ga selera liatnya pasti bakalan bermasalah terus tuh cooling systemnya kedepannya

coolant mahal bro..... tempo hari awakku pake jip mitsubishi '72 radiatornya isi air sawah ya adem-adem aja kok.


















:ngacir:
pipes - cigars - coffee

zzzprince
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 191
Joined: 05 Dec 2016, 01:38

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by zzzprince » 22 Nov 2018, 23:44

Sharing aja, ogut pernah pake Preston* radiator cool jerigen merah, isi merah sebagai pengganti coolant bawaan Toyota, udah coba berapa kali kuras radiator sebelum ganti pake itu barang. 2 bulan kemudian muncul gejala hampir overheat, kipas mesin gak mau mati, tunggu dingin, ogut buka radiator ternyata isinya kosong, ternyata setelah dicek radiator full berkerak sampai bikin itu coolant nguap gak karuan, abis itu turunin radiator karena nyumbat kerak sekalian bersihin termostat, radiator lama gak bisa selamat alhasil ganti radiator baru. Dapet info dari bbrp rekan, coolant terbaik adalah coolant bawaan pabrik, yang mana semisal mau ganti coolant sebaiknya pakai merk yang sama, atau semisal pas ganti dipastikan benar2 terkuras sisa coolant lamanya. Coolant oat dengan iat sama sekali gak boleh kecampur cmiiw. Dan coolant bawaan cenderung licin yang mana bersifat sebagai pelumas sil2 serta waterpump.

ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1770
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by ilhami » 23 Nov 2018, 09:59

Ramdaniram wrote:
16 Nov 2018, 22:08
Saya baru ganti air radiator dari air aqua ke cairan coolant, radiator baru pemakaian selama 3 bulanan kurang lebih mengunakan air aqua, apakah aman saya gunakan air coolant itu ? Tapi pas di kuras pas di keluarin air pertama itu ga ada kottoran atau keliatan air berwarna coklat gatau karena sekali buang, nah sesudah buang saya isi aja cairan coolant itu warna merah pas di nyalain mesin aman aja kok, tapi selama setengah jaman itu juga ga ada masalah yang di timbulkan amper radiator normal belum di pake jalan si gatau kalau lebih dari itu mah, nah saya mau nanya apakah saya harus kembaliin lagi aja ke air aqua ? Apa gimana ? Aman ga kalau kembali pake air aqua ? Apa lanjutin aja itu pake coolantnya, mungpung belum jauh saya pemakainya belum di apa apain lagi juga, mohon solusinya yah 🙏 :big_okay:
pengalaman nyata, kijang kapsul dengan air biasa tanpa coolant, suhu menunjukkan lebih dari setengah, panas !. Setelah ganti coolant merek Top One lumayan lebih adem, penunjuk suhu selalu dibawah setengah.
Coolant titik didih nya lebih tinggi dari air biasa, diatas 100C. Kalau pakai air biasa, akibat efek overheat diatas, air bisa mendidih cepat habis karena tekanan uap akan mendorong klep terbuka sehingga uap air keluar. Dan air yang mendidih itu kemampuan pendinginannya jauh berkurang.

User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2474
Joined: 08 Feb 2012, 18:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2011 Toyota Rush AT

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by Jambangan » 26 Nov 2018, 23:41

marmut wrote:
22 Nov 2018, 23:43


coolant mahal bro..... tempo hari awakku pake jip mitsubishi '72 radiatornya isi air sawah ya adem-adem aja kok.


















:ngacir:
buset pake air sawah :mky_07:
ilhami wrote:
23 Nov 2018, 09:59

pengalaman nyata, kijang kapsul dengan air biasa tanpa coolant, suhu menunjukkan lebih dari setengah, panas !. Setelah ganti coolant merek Top One lumayan lebih adem, penunjuk suhu selalu dibawah setengah.
Coolant titik didih nya lebih tinggi dari air biasa, diatas 100C. Kalau pakai air biasa, akibat efek overheat diatas, air bisa mendidih cepat habis karena tekanan uap akan mendorong klep terbuka sehingga uap air keluar. Dan air yang mendidih itu kemampuan pendinginannya jauh berkurang.
ane pernah pake coolant top 1 di swift mayan jg om
mobil yg tadinya ngelitik, setelah kuras pake coolant top 1 hilang ngelitiknya
entah pengaruh dari situ apa yg lain
curiga mesin sebelumnya agak panas (walaupun ga kebaca di indikator temperatur jarum selalu di tengah) jadi ngelitik gara2 awalnya suka ane tambahin air ledeng di reservoir gara2 agak kurang
mungkin titik didih coolant lamanya menurun karena campuran coolantnya berkurang gara2 suka ditambah air ledeng
setelah kuras ganti pake coolant top 1 hilang ngelitiknya
cuma coolant top one ini masih pake silicate setelah baca2 disini ga berani lagi pake coolant yg masih mengandung silicate

satu lagi coolant paling oke : toyota SLLC :mky_08:

erwinign
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 951
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: Semarang
Daily Vehicle: Ertiga

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by erwinign » 05 Dec 2018, 21:28

Mau nanya, 2 minggu lalu saya kuras coolant bawaan pabrik pake prestone ijo botol kuning (ready to use). Tadi siang saya cek, di botol reservoir dkt aki coolant nya hampir kosong, bahkan dibawah low. Akhirnya sy tambahin pake sisa yg ada di botol. Kira2 ini kenapa ya? Selama ini belum pernah ada masalah soal coolant ac dkk. Temperatur mesin juga oke. Apa coolant nya yg ndak cocok ya? Mobil br 4th padahal
Don't Judge The Book By It's Cover

User avatar
josomba
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 962
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by josomba » 06 Dec 2018, 07:14

erwinign wrote:
05 Dec 2018, 21:28
Mau nanya, 2 minggu lalu saya kuras coolant bawaan pabrik pake prestone ijo botol kuning (ready to use). Tadi siang saya cek, di botol reservoir dkt aki coolant nya hampir kosong, bahkan dibawah low. Akhirnya sy tambahin pake sisa yg ada di botol. Kira2 ini kenapa ya? Selama ini belum pernah ada masalah soal coolant ac dkk. Temperatur mesin juga oke. Apa coolant nya yg ndak cocok ya? Mobil br 4th padahal
Ini gatau bener apa gak ya um karena berdasarkan nonton Yusup...dulu saya juga pernah kuras cuman drain n refill kondisi mesin mati, dalam 3 hari udah ampe kurang dr low. Terus drpd takut kenapa2, coba nguras lg tp setelah liat cara orang di Yusup, yakni setelah drain n refill, nyalain mesin sampe 10-15 menit sambil tutup radiator dibuka. Pas kipas muter, si coolant gerak n agak turun. Saat turun isi lg pertahanin ketinggian di leher radiator. Pas proses gitu ada gelembung2 keluar juga, target kita sampe gelembungnya ilang sih, jd total bisa 15-25 menit mesin nyala. Nah setelah metode kedua ini sih pas ngecek 1 minggu, 2 minggu dst ga kurang lg. Nyoba lg metode sama bulan lalu di 2 mobil beda, no problemo juga.

Entah deh tuh kenapa gitu, CMIIW.
Image
Image

User avatar
touchme
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 93
Joined: 11 Jun 2015, 20:50

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by touchme » 06 Dec 2018, 08:54

nambain sharing, ane kalo nguras radiator urutannya:
1. buka tap buangan air radiator dan setelah habis tutup lagi.
2. buka selang atas yang balik ke radiator, lalu tutup lubang selang yang diradiator pakai plastik dan dikaretin. isi penuh radiator pake coolant. tutup radiator biarin terbuka..
3. minta bantuan orang laen buat idupin mesin dan rev ke 1500-2000 rpm. tujuannya biar suhu mesin naik dan termostat ngebuka (ane ga suka bebongkaran termostat kalo ga perlu) supaya coolant baru dari radiator tersirkulasi dan mendorong keluar sisa coolant yang ada di water jacket
4. begitu air mulai mengalir keluar (hati-hati air dari waterjacket panas) ikuti dengan tuang coolant keradiator lalu perhatiin air yang keluar... kalo warnanya uda bening seperti coolant baru dan air bisa ngalir lancar tanpa ada udara lagi, minta asisten matiin mesin.
5. pasang kembali selang, tambah coolant sampai penuh dan tutup capnya. kuras juga reservoirnya.
6. rev mesin lagi 5-10menit sampai suhu mesin normal sambil perhatikan apa ada kebocoran. tambah air di reservoir kalo berkurang. selesai. total coolant yang kepake sekitar 1 3/4 galon mobil innova bensin. biasa sisa coolantnya ane bawa dimobil buat jaga-jaga.

ane nguras 1-1,5 taun sekali tanpa liat kilometer. 13 taon mobil dipiara blom pernah nemu masalah radiator.. dan tiap kali nguras coolant yang keluar selalu bening tanpa ada tanda karat. coolant yang dipake gado gado sedapetnya aja dari toyota, prestone ijo ampe prestone long life coolant concentrate yang dioplos dulu pake aquades..
kalo untuk nambain ane usahain slalu pake coolant. ogah pake air lain karna diluted dong coolantnya

adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 880
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by adityabp » 06 Dec 2018, 11:17

josomba wrote:
06 Dec 2018, 07:14
erwinign wrote:
05 Dec 2018, 21:28
Mau nanya, 2 minggu lalu saya kuras coolant bawaan pabrik pake prestone ijo botol kuning (ready to use). Tadi siang saya cek, di botol reservoir dkt aki coolant nya hampir kosong, bahkan dibawah low. Akhirnya sy tambahin pake sisa yg ada di botol. Kira2 ini kenapa ya? Selama ini belum pernah ada masalah soal coolant ac dkk. Temperatur mesin juga oke. Apa coolant nya yg ndak cocok ya? Mobil br 4th padahal
Ini gatau bener apa gak ya um karena berdasarkan nonton Yusup...dulu saya juga pernah kuras cuman drain n refill kondisi mesin mati, dalam 3 hari udah ampe kurang dr low. Terus drpd takut kenapa2, coba nguras lg tp setelah liat cara orang di Yusup, yakni setelah drain n refill, nyalain mesin sampe 10-15 menit sambil tutup radiator dibuka. Pas kipas muter, si coolant gerak n agak turun. Saat turun isi lg pertahanin ketinggian di leher radiator. Pas proses gitu ada gelembung2 keluar juga, target kita sampe gelembungnya ilang sih, jd total bisa 15-25 menit mesin nyala. Nah setelah metode kedua ini sih pas ngecek 1 minggu, 2 minggu dst ga kurang lg. Nyoba lg metode sama bulan lalu di 2 mobil beda, no problemo juga.

Entah deh tuh kenapa gitu, CMIIW.
Yg saya bold, itu krn masih ada ruang kosong di jalur cooling system.
Jadi ketika mesin mati dan suhu mesin turun, terciptalah ruang vakum yg menyedot coolant dari reservoir.
anda lebih beruntung dari saya.
Dulu waktu saya pertama kali DIY ganti coolant, saya ngalamin hal yg lebih parah.
Baru jalan 300an meter dari rumah, tiba2x overheat. Saya buka kap, coolantnya ternyata luber dari reservoir ampe berceceran di jalan.
:mky_07:
Terpaksa balik kanan sambil terseok-seok, krn tiap kali jarum temp gauge naik, mesti brenti matiin mesin dulu.

adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 880
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by adityabp » 06 Dec 2018, 11:28

touchme wrote:
06 Dec 2018, 08:54
nambain sharing, ane kalo nguras radiator urutannya:
1. buka tap buangan air radiator dan setelah habis tutup lagi.
2. buka selang atas yang balik ke radiator, lalu tutup lubang selang yang diradiator pakai plastik dan dikaretin. isi penuh radiator pake coolant. tutup radiator biarin terbuka..
3. minta bantuan orang laen buat idupin mesin dan rev ke 1500-2000 rpm. tujuannya biar suhu mesin naik dan termostat ngebuka (ane ga suka bebongkaran termostat kalo ga perlu) supaya coolant baru dari radiator tersirkulasi dan mendorong keluar sisa coolant yang ada di water jacket
4. begitu air mulai mengalir keluar (hati-hati air dari waterjacket panas) ikuti dengan tuang coolant keradiator lalu perhatiin air yang keluar... kalo warnanya uda bening seperti coolant baru dan air bisa ngalir lancar tanpa ada udara lagi, minta asisten matiin mesin.
5. pasang kembali selang, tambah coolant sampai penuh dan tutup capnya. kuras juga reservoirnya.
6. rev mesin lagi 5-10menit sampai suhu mesin normal sambil perhatikan apa ada kebocoran. tambah air di reservoir kalo berkurang. selesai. total coolant yang kepake sekitar 1 3/4 galon mobil innova bensin. biasa sisa coolantnya ane bawa dimobil buat jaga-jaga.

ane nguras 1-1,5 taun sekali tanpa liat kilometer. 13 taon mobil dipiara blom pernah nemu masalah radiator.. dan tiap kali nguras coolant yang keluar selalu bening tanpa ada tanda karat. coolant yang dipake gado gado sedapetnya aja dari toyota, prestone ijo ampe prestone long life coolant concentrate yang dioplos dulu pake aquades..
kalo untuk nambain ane usahain slalu pake coolant. ogah pake air lain karna diluted dong coolantnya
Kalo saya, saya pake aquadest/air ac + radiator flush buat nguras coolant yg lama. Sirkulasikan sampai air yg terbuang bening tdk berbusa (gak ijo lagi), baru buang airnya lewat kran bawah radiator.
Setelah itu isi radiator dgn coolant yg baru, lalu sirkulasikan lagi sampe coolant yg baru terbuang kurleb 1 ltr, baru deh selang atas dipasang ke radiator.
Terakhir rev mesin sampai gak ada gelembung yg keluar dari lubang radiator.

iwing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1192
Joined: 23 Feb 2016, 09:09

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by iwing » 06 Dec 2018, 14:17

josomba wrote:
06 Dec 2018, 07:14
erwinign wrote:
05 Dec 2018, 21:28
Mau nanya, 2 minggu lalu saya kuras coolant bawaan pabrik pake prestone ijo botol kuning (ready to use). Tadi siang saya cek, di botol reservoir dkt aki coolant nya hampir kosong, bahkan dibawah low. Akhirnya sy tambahin pake sisa yg ada di botol. Kira2 ini kenapa ya? Selama ini belum pernah ada masalah soal coolant ac dkk. Temperatur mesin juga oke. Apa coolant nya yg ndak cocok ya? Mobil br 4th padahal
Ini gatau bener apa gak ya um karena berdasarkan nonton Yusup...dulu saya juga pernah kuras cuman drain n refill kondisi mesin mati, dalam 3 hari udah ampe kurang dr low. Terus drpd takut kenapa2, coba nguras lg tp setelah liat cara orang di Yusup, yakni setelah drain n refill, nyalain mesin sampe 10-15 menit sambil tutup radiator dibuka. Pas kipas muter, si coolant gerak n agak turun. Saat turun isi lg pertahanin ketinggian di leher radiator. Pas proses gitu ada gelembung2 keluar juga, target kita sampe gelembungnya ilang sih, jd total bisa 15-25 menit mesin nyala. Nah setelah metode kedua ini sih pas ngecek 1 minggu, 2 minggu dst ga kurang lg. Nyoba lg metode sama bulan lalu di 2 mobil beda, no problemo juga.

Entah deh tuh kenapa gitu, CMIIW.
kalo saya kuras coolant, gak pernah pake ritual pemanasan seperti itu. setelah semua selesai, coolant di reservoir selalu saya lebihkan (diatas upper). nanti nya setelah pemakaian saya cek lagi, kadang pas garis upper dan kadang sedikit dibawah garis upper. di motor juga saya terapkan hal yang sama

adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 880
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by adityabp » 06 Dec 2018, 17:24

iwing wrote:
06 Dec 2018, 14:17
josomba wrote:
06 Dec 2018, 07:14
erwinign wrote:
05 Dec 2018, 21:28
Mau nanya, 2 minggu lalu saya kuras coolant bawaan pabrik pake prestone ijo botol kuning (ready to use). Tadi siang saya cek, di botol reservoir dkt aki coolant nya hampir kosong, bahkan dibawah low. Akhirnya sy tambahin pake sisa yg ada di botol. Kira2 ini kenapa ya? Selama ini belum pernah ada masalah soal coolant ac dkk. Temperatur mesin juga oke. Apa coolant nya yg ndak cocok ya? Mobil br 4th padahal
Ini gatau bener apa gak ya um karena berdasarkan nonton Yusup...dulu saya juga pernah kuras cuman drain n refill kondisi mesin mati, dalam 3 hari udah ampe kurang dr low. Terus drpd takut kenapa2, coba nguras lg tp setelah liat cara orang di Yusup, yakni setelah drain n refill, nyalain mesin sampe 10-15 menit sambil tutup radiator dibuka. Pas kipas muter, si coolant gerak n agak turun. Saat turun isi lg pertahanin ketinggian di leher radiator. Pas proses gitu ada gelembung2 keluar juga, target kita sampe gelembungnya ilang sih, jd total bisa 15-25 menit mesin nyala. Nah setelah metode kedua ini sih pas ngecek 1 minggu, 2 minggu dst ga kurang lg. Nyoba lg metode sama bulan lalu di 2 mobil beda, no problemo juga.

Entah deh tuh kenapa gitu, CMIIW.
kalo saya kuras coolant, gak pernah pake ritual pemanasan seperti itu. setelah semua selesai, coolant di reservoir selalu saya lebihkan (diatas upper). nanti nya setelah pemakaian saya cek lagi, kadang pas garis upper dan kadang sedikit dibawah garis upper. di motor juga saya terapkan hal yang sama
IMHO, ritual pemanasan perlu dilakukan supaya tidak ada udara yg terjebak di jalur coolant system.
Seperti cerita saya di atas, kalau udara yg terjebak cukup banyak, malah bisa mendorong coolant keluar dari jalur coolant system (luber di reservoir) krn tekanan udara akibat panas jauh lebih tinggi daripada tekanan waterpump.

User avatar
josomba
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 962
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by josomba » 09 Dec 2018, 07:54

adityabp wrote:
06 Dec 2018, 11:17
Yg saya bold, itu krn masih ada ruang kosong di jalur cooling system.
Jadi ketika mesin mati dan suhu mesin turun, terciptalah ruang vakum yg menyedot coolant dari reservoir.
anda lebih beruntung dari saya.
Dulu waktu saya pertama kali DIY ganti coolant, saya ngalamin hal yg lebih parah.
Baru jalan 300an meter dari rumah, tiba2x overheat. Saya buka kap, coolantnya ternyata luber dari reservoir ampe berceceran di jalan.
:mky_07:
Terpaksa balik kanan sambil terseok-seok, krn tiap kali jarum temp gauge naik, mesti brenti matiin mesin dulu.
Thanks om buat penjelasannya. pemanasan itu berarti bener buat keluarin udara kosong itu ya.
Image
Image

Fraist
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: 18 Aug 2017, 15:03
Location: Duri
Daily Vehicle: Motor

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by Fraist » 06 Jan 2019, 13:48

Misi suhu,mohon bimbingan dan sarannya. Mobil ane honda civic awalnya pake radiator coolant bawaan honda yang warna biru cairannya. Pas ane minjemin mobil ke temen,dia nge top up pake coolant toyota yang merah.
Kalau kondisi kayak gini,apa mendingan kuras ganti total ama bawaan honda lagi,atau gimana ya? Was2 juga takut ngegumpal atau rusak radiator soalnya

Post Reply