"Mengoprek" Kompresi Rasio Mesin

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Betty
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28

"Mengoprek" Kompresi Rasio Mesin

Post by Betty »

Selamat siang saudara - saudara sebangsa dan se-Seraya Motor, para Master dan Suhu serta Pencinta Otomotif... Pas siang - siang ogud "sourcing" dan baca - baca... ketemu artikel berikut ini...

Cara untuk Meningkatkan Kompresi Mesin
Meskipun sebernarnya akan ada efek samping atau dampak yang akan terjadi jika kita mencoba untuk melakukan modifikasi untuk meningkatkan kompresi pada mesin mobil kita, tapi tetap saja masih banyak orang yang mengabaikannya demi memperoleh apa yang mereka inginkan pada mesin mobil mereka yakni peningkatan power pada mesin mobil mereka. Sebab, kompresi mesin yang tinggi akan membuat mesin mampu menghasilkan tenaga yang besar pula.

Cara untuk Meningkatkan Kompresi Mesin

Apa efek samping atau dampak yang akan terjadi jika kita meningkatkan kompresi mesin mobil?

Efek samping atau dampak yang paling terasa dari peningkatan kompresi mesin adalah mesin akan menjadi lebih cepat panas dari sebelumnya. Selain itu, kompresi mesin yang tinggi juga sangat rawan menyebabkan knocking, tapi anda tidak perlu khawatir, sebab untuk masalah ini kita masih bisa menyiasatinya dengan menggunakan bahan bakar yang memiliki kadar oktan tinggi.

Lalu, bagaimana cara untuk meningkatkan kompresi mesin agar mesin mobil lebih memiliki power?

Langkah pertama yang harus anda lakukan untuk menaikkan kompresi mesin adalah dengan memperkecil volume ruang bakar. Anda bisa melakukannya dengan cara memapas headnya. Langkah ini harus anda lakukan agar tekanan menjadi lebih meningkat. Tapi pemapasan pada head ini sebaiknya tidak lebih dari 5 mm.

Setelah langkah pertama selesai anda lakukan, kemudian lanjutkan dengan langkah kedua yakni dengan memperhalus lubang hisap pada kepala silinder. Proses ini juga dikenal dengan sebutan porting polish. Proses menghaluskan lubang hisap ini bertujuan supaya proses pengabutan menjadi lebih cepat sebab udara yang masuk ke ruang pembakaran menjadi lancar tidak ada hambatan sedikitpun.

Dan langkah terakhir yang harus anda lakukan adalah dengan mengganti piston bawaan mobil dengan piston dome atau piston yang bagian atasnya memiliki kubah tinggi. Sebab dengan melakukan pergantian piston dengan piston dome maka volume ruang bakar akan menjadi lebih sempit sehingga tekanan akan menjadi lebih besar dan tentunya kompresi yang dihasilkan oleh mesin juga akan menjadi lebih meningkat pula.

sumber :
http://tips-otomotif-terbaru.blogspot.c ... mesin.html

Dengan asumsi bahwa semakin tinggi kompresi rasio mesin maka tenaga output mesin akan semakin besar dan konsumsi BBM akan semakin irit, Ogud yang buta otomotif dan permesinan ini hendak memohon petunjuk kepada para master :
1. Apakah "mengakali" kompresi rasio mesin termasuk modifikasi "berat" dalam arti lebih beresiko (membuat rusak mesin, memperpendek umur mesin) dan merupakan alternatif terakhir dalam hal menambah tenaga dan irit bahan bakar? (Baca : Lebih disarankan memasang PiggyBack dulu atau TBS, ProCapacitor dan pernak pernik lain yang sifatnya Plug & Play). Notes : Ogud kurang prefer menambah pernak pernik seperti itu, sejak make motor maling 15 tahun yang lalu, lebih seneng ngoprek mesin langsung (mis : Korek, Papas Head, dll).

2. Anggaplah mesin "gerobak" ogud kompresi rasionya saat ini di 10,5 : 1. Nah dengan modifikasi maksimal, kompresi bisa dinaikan sampe ke level berapa? apakah memungkinkan untuk sampai ke level 11 : 1 atau 12 : 1? (Asumsi kebutuhan BBM bergizi tidak perlu dikhawatirkan lah).

3. Dengan meningkatkan kompresi rasio hingga 1 atau 2 point, pengiritan BBM dan "pembesaran" tenaga output itu bisa hingga berapa besar ya... Ujung - ujungnya, mohon pendapat dari para suhu dan master sekalian... apakah "Worth" mengoprek kompresi rasio dengan hasil yang didapatkan? (Yang ingin dihindari adalah ngoprek biaya besar... pengiritan dan penambahan tenaga ga seberapa... umur mesin langsung menjadi sangat pendek) :big_chicken:

4. Apakah ada cara yang paling aman untuk meningkatkan kompresi rasio mesin? Sehingga umur mesin seolah - olah tidak terpengaruh (sama dengan bawaan pabrik)? Bila ada, Caranya bagaimana dan kira - kira Bengkel mana yang bisa mengerjakannya? (Recommended) :mky_01:

Pertanyaan - pertanyaan di atas didasarkan pada keinginan ogud "mengoprek" mesin "gerobak perang" menjadi lebih efektif dan efisien tanpa mengorbankan umur pakai secara signifikan... apa daya kaum dhuafa sepertinya "gerobak perang" bakalan ogud pake lagi sampai beberapa tahun ke depan... dan mumpung garansi sudah mau habis... saatnya melakukan sedikit "optimalisasi" :mky_03:

Sebelumnya ogud mohon maaf bila topik serupa sudah pernah dibahas, hasil searching sepertinya belum ada trit yang membahas topik ini... bila ada kesamaan trit dan kesalahan kamar... Mohon Para Moderator bersedia mengampuni dan membantu "mengembalikan ke jalan yang benar"...

Atas segala penjelasan dan uraian dari para master dan suhu otomotif SM ogud haturkan beribu terima kasih... :frm_salut:
REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

:mky_03:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: "Mengoprek" Kompresi Rasio Mesin

Post by b0ku »

paling murah katanya seh papas head :ngacir:

cuma gw ogah bgt paling efektif worthed katanya ganti packing head yg lebih tipis cuma nyari packing head aftermarket susah bener :frm_bang_head:

yg mahal n gampang beli piston Jun :ngacir:
User avatar
Betty
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28

Re: "Mengoprek" Kompresi Rasio Mesin

Post by Betty »

b0ku wrote:paling murah katanya seh papas head :ngacir:

cuma gw ogah bgt paling efektif worthed katanya ganti packing head yg lebih tipis cuma nyari packing head aftermarket susah bener :frm_bang_head:

yg mahal n gampang beli piston Jun :ngacir:
Apakah sudah dipraktekin di mobil sendiri Om, Papas Head, Ganti Packing dan Ganti Piston?

Btw Ganti Piston Jun itu maksudnya apa ya?

Yang lebih disarankan untuk kebutuhan harian apa ya Om?

Atas penjelasannya Thanks ya Om....

:frm_salut:
REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

:mky_03:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: "Mengoprek" Kompresi Rasio Mesin

Post by b0ku »

Betty wrote:
b0ku wrote:paling murah katanya seh papas head :ngacir:

cuma gw ogah bgt paling efektif worthed katanya ganti packing head yg lebih tipis cuma nyari packing head aftermarket susah bener :frm_bang_head:

yg mahal n gampang beli piston Jun :ngacir:
Apakah sudah dipraktekin di mobil sendiri Om, Papas Head, Ganti Packing dan Ganti Piston?

Btw Ganti Piston Jun itu maksudnya apa ya?

Yang lebih disarankan untuk kebutuhan harian apa ya Om?

Atas penjelasannya Thanks ya Om....

:frm_salut:
yg mau dipraktekin seh ganti packing head boss cuma so far gw belom nemu aftermarket buat GE8 :frm_bang_head:

kalo ganti packing aman gw kalo mau balikin std tinggal ganti packing std aja papas head kan kagak bisa :ngacir:

kalo packing dulu temen ada twincamnya cuma ganti packing TRD katanya naek lumayan powernya soalnya logikanya sama aja ama papas head

ganti piston jun maksudnya ganti jeroan pistonya pake yg merek jun punya pernah liat GE8 di modcom pake ni piston jun + modifikasi laen tapi N/A nonturbo dapet 180hp dari stdnya ge 119hp

Image
User avatar
Betty
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28

Re: "Mengoprek" Kompresi Rasio Mesin

Post by Betty »

b0ku wrote:
Betty wrote:
b0ku wrote:paling murah katanya seh papas head :ngacir:

cuma gw ogah bgt paling efektif worthed katanya ganti packing head yg lebih tipis cuma nyari packing head aftermarket susah bener :frm_bang_head:

yg mahal n gampang beli piston Jun :ngacir:
Apakah sudah dipraktekin di mobil sendiri Om, Papas Head, Ganti Packing dan Ganti Piston?

Btw Ganti Piston Jun itu maksudnya apa ya?

Yang lebih disarankan untuk kebutuhan harian apa ya Om?

Atas penjelasannya Thanks ya Om....

:frm_salut:
yg mau dipraktekin seh ganti packing head boss cuma so far gw belom nemu aftermarket buat GE8 :frm_bang_head:

kalo ganti packing aman gw kalo mau balikin std tinggal ganti packing std aja papas head kan kagak bisa :ngacir:

kalo packing dulu temen ada twincamnya cuma ganti packing TRD katanya naek lumayan powernya soalnya logikanya sama aja ama papas head

ganti piston jun maksudnya ganti jeroan pistonya pake yg merek jun punya pernah liat GE8 di modcom pake ni piston jun + modifikasi laen tapi N/A nonturbo dapet 180hp dari stdnya ge 119hp

Image
Ganti Packing lumayan aman ya... boleh - boleh.... *Catet2 dulu* thanks banget om atas uraiannya...

Kira - kira ada masukan lain ga dari pakar - pakar permesinan dan otomotif... Ogud Mohon pencerahannya ya...

:frm_salut:
REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

:mky_03:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: "Mengoprek" Kompresi Rasio Mesin

Post by b0ku »

Betty wrote:
b0ku wrote:
Betty wrote:
Apakah sudah dipraktekin di mobil sendiri Om, Papas Head, Ganti Packing dan Ganti Piston?

Btw Ganti Piston Jun itu maksudnya apa ya?

Yang lebih disarankan untuk kebutuhan harian apa ya Om?

Atas penjelasannya Thanks ya Om....

:frm_salut:
yg mau dipraktekin seh ganti packing head boss cuma so far gw belom nemu aftermarket buat GE8 :frm_bang_head:

kalo ganti packing aman gw kalo mau balikin std tinggal ganti packing std aja papas head kan kagak bisa :ngacir:

kalo packing dulu temen ada twincamnya cuma ganti packing TRD katanya naek lumayan powernya soalnya logikanya sama aja ama papas head

ganti piston jun maksudnya ganti jeroan pistonya pake yg merek jun punya pernah liat GE8 di modcom pake ni piston jun + modifikasi laen tapi N/A nonturbo dapet 180hp dari stdnya ge 119hp

Image
Ganti Packing lumayan aman ya... boleh - boleh.... *Catet2 dulu* thanks banget om atas uraiannya...

Kira - kira ada masukan lain ga dari pakar - pakar permesinan dan otomotif... Ogud Mohon pencerahannya ya...

:frm_salut:
emang loe ud modif apa aja boss??? :ngacir:
User avatar
Betty
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28

Re: "Mengoprek" Kompresi Rasio Mesin

Post by Betty »

b0ku wrote:
Betty wrote:
b0ku wrote:
yg mau dipraktekin seh ganti packing head boss cuma so far gw belom nemu aftermarket buat GE8 :frm_bang_head:

kalo ganti packing aman gw kalo mau balikin std tinggal ganti packing std aja papas head kan kagak bisa :ngacir:

kalo packing dulu temen ada twincamnya cuma ganti packing TRD katanya naek lumayan powernya soalnya logikanya sama aja ama papas head

ganti piston jun maksudnya ganti jeroan pistonya pake yg merek jun punya pernah liat GE8 di modcom pake ni piston jun + modifikasi laen tapi N/A nonturbo dapet 180hp dari stdnya ge 119hp

Image
Ganti Packing lumayan aman ya... boleh - boleh.... *Catet2 dulu* thanks banget om atas uraiannya...

Kira - kira ada masukan lain ga dari pakar - pakar permesinan dan otomotif... Ogud Mohon pencerahannya ya...

:frm_salut:
emang loe ud modif apa aja boss??? :ngacir:
Ogud sebenarnya tidak begitu menggemari modif om..... karena :
1. Buta Otomotif (Mobil).
2. Mobil dipake untuk "nyari sesuap nasi" kalau kenapa - napa serem ntar kelangsungan idup terancam
3. Ngoprek mobil butuh modal besar.... modal besar mending dipake buat "sesuap nasi"
:big_slap:

Nah ini mulai - mulai pengen ngoprek mesin murni karena berdasarkan pengalaman dari ngoprek motor pas "muda" dulu :mky_01: Dulu, motor dioprek bisa buat "Racing Harian" (nama yang popular pada saat itu... ga jelas dari mana... Uda Racing harian pula.... mau saban hari racing gitu :big_chicken: )

Racing Harian -> Performa naek... motor tetap enak dibawa buat "mencari sesuap nasi"

Nah jadi kalau ada cara buat "Tweaking" sedikit untuk hasil yang optimal... kenapa tidak.... :mky_03:

Gitu Om Kira - kira... :mky_01:
REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

:mky_03:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: "Mengoprek" Kompresi Rasio Mesin

Post by Turboman »

Mobil apa nih yg mau dioprek ?
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Betty
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28

Re: "Mengoprek" Kompresi Rasio Mesin

Post by Betty »

Turboman wrote:Mobil apa nih yg mau dioprek ?
*Dengan sedikit Minder dan Malu - malu*
:ungg:

Grand Livina Om Turbo... Mesin HR15DE... Standar Ting...... Ting........

Tapi pengetahuan tentang Kompresi Rasio sangat menarik buat Ogud... yah siapa tau besok - besok ada rezeki buat ngoprek Gerobak laen... :mky_03:
REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

:mky_03:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: "Mengoprek" Kompresi Rasio Mesin

Post by b0ku »

Betty wrote:
Ogud sebenarnya tidak begitu menggemari modif om..... karena :
1. Buta Otomotif (Mobil).
2. Mobil dipake untuk "nyari sesuap nasi" kalau kenapa - napa serem ntar kelangsungan idup terancam
3. Ngoprek mobil butuh modal besar.... modal besar mending dipake buat "sesuap nasi"
:big_slap:

Nah ini mulai - mulai pengen ngoprek mesin murni karena berdasarkan pengalaman dari ngoprek motor pas "muda" dulu :mky_01: Dulu, motor dioprek bisa buat "Racing Harian" (nama yang popular pada saat itu... ga jelas dari mana... Uda Racing harian pula.... mau saban hari racing gitu :big_chicken: )

Racing Harian -> Performa naek... motor tetap enak dibawa buat "mencari sesuap nasi"

Nah jadi kalau ada cara buat "Tweaking" sedikit untuk hasil yang optimal... kenapa tidak.... :mky_03:

Gitu Om Kira - kira... :mky_01:

mau paling efisien dan murah seh mulai dari exaust fullset dulu, kalo exaust kurang puas lsg naek dastek aja modif aman ala gw kayak gitu aja cuma gw jg ada itungan di chasis, rem dan grip :ngacir:
User avatar
Betty
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28

Re: "Mengoprek" Kompresi Rasio Mesin

Post by Betty »

b0ku wrote:
Betty wrote:
Ogud sebenarnya tidak begitu menggemari modif om..... karena :
1. Buta Otomotif (Mobil).
2. Mobil dipake untuk "nyari sesuap nasi" kalau kenapa - napa serem ntar kelangsungan idup terancam
3. Ngoprek mobil butuh modal besar.... modal besar mending dipake buat "sesuap nasi"
:big_slap:

Nah ini mulai - mulai pengen ngoprek mesin murni karena berdasarkan pengalaman dari ngoprek motor pas "muda" dulu :mky_01: Dulu, motor dioprek bisa buat "Racing Harian" (nama yang popular pada saat itu... ga jelas dari mana... Uda Racing harian pula.... mau saban hari racing gitu :big_chicken: )

Racing Harian -> Performa naek... motor tetap enak dibawa buat "mencari sesuap nasi"

Nah jadi kalau ada cara buat "Tweaking" sedikit untuk hasil yang optimal... kenapa tidak.... :mky_03:

Gitu Om Kira - kira... :mky_01:

mau paling efisien dan murah seh mulai dari exaust fullset dulu, kalo exaust kurang puas lsg naek dastek aja modif aman ala gw kayak gitu aja cuma gw jg ada itungan di chasis, rem dan grip :ngacir:
Ganti Exaust bukannya bikin FC makin boros ya??? Tenaga juga bisa ngempos karena "tendang balik"-nya kurang? CMIIW *nanya serius*. Btw, Om Ganti Exaust full set efek yang dirasakan gimana? Bisa meningkatkan Tenaga kah secara signifikan? FC makin baik kah? Cuma ga tau ya... untuk "gerobak" ogud tersedia ga ya performance parts nya... soalnya kayanya ini tipe jarang diapa - apain orang yak... :ngacir:

Kalau Dastek... Errrr.... Sorry... belum tertarik... hehehe... :mky_01:
REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

:mky_03:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: "Mengoprek" Kompresi Rasio Mesin

Post by b0ku »

Betty wrote:
b0ku wrote:
Betty wrote:
Ogud sebenarnya tidak begitu menggemari modif om..... karena :
1. Buta Otomotif (Mobil).
2. Mobil dipake untuk "nyari sesuap nasi" kalau kenapa - napa serem ntar kelangsungan idup terancam
3. Ngoprek mobil butuh modal besar.... modal besar mending dipake buat "sesuap nasi"
:big_slap:

Nah ini mulai - mulai pengen ngoprek mesin murni karena berdasarkan pengalaman dari ngoprek motor pas "muda" dulu :mky_01: Dulu, motor dioprek bisa buat "Racing Harian" (nama yang popular pada saat itu... ga jelas dari mana... Uda Racing harian pula.... mau saban hari racing gitu :big_chicken: )

Racing Harian -> Performa naek... motor tetap enak dibawa buat "mencari sesuap nasi"

Nah jadi kalau ada cara buat "Tweaking" sedikit untuk hasil yang optimal... kenapa tidak.... :mky_03:

Gitu Om Kira - kira... :mky_01:

mau paling efisien dan murah seh mulai dari exaust fullset dulu, kalo exaust kurang puas lsg naek dastek aja modif aman ala gw kayak gitu aja cuma gw jg ada itungan di chasis, rem dan grip :ngacir:
Ganti Exaust bukannya bikin FC makin boros ya??? Tenaga juga bisa ngempos karena "tendang balik"-nya kurang? CMIIW *nanya serius*. Btw, Om Ganti Exaust full set efek yang dirasakan gimana? Bisa meningkatkan Tenaga kah secara signifikan? FC makin baik kah? Cuma ga tau ya... untuk "gerobak" ogud tersedia ga ya performance parts nya... soalnya kayanya ini tipe jarang diapa - apain orang yak... :ngacir:

Kalau Dastek... Errrr.... Sorry... belum tertarik... hehehe... :mky_01:

kalo chevy gw dulu seh agak ngempos dibawah gak berasa, ketauannya pas gw videoin 0-100nya ada selisih 1 detikan tapi mungkin gara2x pasang resonator ditengah jadi ada tendangan balik tapi tuh mobil di tol jadi beringas tadianya enteng 160kmh jadi 180kmh entengnya itu juga karena gw pasang header 4-1 kalo 4-2-1 katanya tarikan bawahnya bakal lebih buas tapi makan diatas kalo nanya FC jgn sama gw semua mobil boros sama gw :wkkk: tapi gw liatin seh gak ada bedanya malah cenderung sedikit lebih irit :ngacir:

yang penting cari tukang kenalpot yg jago aja kalo gw berani bayar agak mahal dikit asal orgnya kebukti jago itung2xannya :ngacir:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: "Mengoprek" Kompresi Rasio Mesin

Post by ilhami »

harusnya si om beli mazda active aja, kompresi nya sudah diatas 11, nggak perlu modifikasi. jadi tinggal beli piggy back nya aja.
kompresi avanza dan livina sebenarnya juga sudah cukup tinggi
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26923
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: "Mengoprek" Kompresi Rasio Mesin

Post by DOHC »

kl HR15DE mahh ud ga usa pusing... tinggal buka website nismo nya malon... pesen supercharger kit nya impul.... tinggal plug and play ama HR15DE... tenaga jaminan naek...

atau kl mau pahe, pakein dastek aj... dl jaman OGL aj ud ad yg GL nya naek dastek... lmayan nambah 10an hp kira2..

atau port and polish head nya aj... sebenernya default pabrikan jg ud lumayan rapi bkinan nya(apalagi compared to buatan toyota lokal, jauhh banget), tp bagian intake nya masi agak kasar... coba di alusin dikit...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: "Mengoprek" Kompresi Rasio Mesin

Post by paidjho »

Newbie juga mohon pencerahan nih...

Combustion engine salah satu variable utama thd power adalah pada pressure yg dihasilkan dari pembakaran.
Pressure dihasilkan dari fuel, kompresi dan volume bahan bakar/afr.
Kompresi bisa dihitung dari volume total dikurang volume saat TMA.
Afr bisa dari injector/carb, ecu, luas penampang intake/air flow, atau sampai force induction.
CWIIW.... :big_peace:

Suhu2 disini ada yg tahu, berapa pressure mesin petrol & diesel yg effektif untuk daily driving kondisi dalkot & cruising santai di tol? So, kemungkinan yang di kejar adalah graph di low - mid rev.

Hatur nuhun sebelumnya...
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11029
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: "Mengoprek" Kompresi Rasio Mesin

Post by marmut »

mobil dipake untuk harian? kompresi sekarang 10,5:1? itu sudah lebih dari cukup menurut saya.
mau bikin 11:1 atau 12:1 silahkan saja, apa punya duit buat isi oktan 95?
sistem pendinginan juga harus diperhatikan, setidaknya electric fan standar wajib diganti dengan yang daya hisapnya lebih besar.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11029
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: "Mengoprek" Kompresi Rasio Mesin

Post by marmut »

@ paidjho,
untuk petrol sekitar 10-12 bar.
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: "Mengoprek" Kompresi Rasio Mesin

Post by paidjho »

marmut wrote:@ paidjho,
untuk petrol sekitar 10-12 bar.
Matur nuwun Om Marmut...


Om TS, maaf udah nebeng di trit nya...
:big_peace:
sm4
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 193
Joined: Thu Jan 21, 2016 13:57
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota F653RM

Re: "Mengoprek" Kompresi Rasio Mesin

Post by sm4 »

ikut nyimak.

penasaran sama...

biaya total modifikasi v.s total penghematan bbm + peningkatan HP/tenaga mobil

berapa lama kira2 bisa balik modal dengan total penghematan BBM yang dihasilkan :big_childish:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11029
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: "Mengoprek" Kompresi Rasio Mesin

Post by marmut »

sm4 wrote:ikut nyimak.

penasaran sama...

biaya total modifikasi v.s total penghematan bbm + peningkatan HP/tenaga mobil

berapa lama kira2 bisa balik modal dengan total penghematan BBM yang dihasilkan :big_childish:
pake mobil apa?
kalo niat modifikasi mesin, jangan bicara balik modal. sampe lebaran kuda ngga akan bisa balik modal, yang ada keluar modal terus.
kalo pengen balik modal dagang dipasar aja.
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1558
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: "Mengoprek" Kompresi Rasio Mesin

Post by lemonadelovers »

Klo mau simple knp ga coba TUSS d pr*vis aja liat2 testinya bagus2 tp saya blm pernah tau hasil dyno nya
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
User avatar
Betty
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28

Re: "Mengoprek" Kompresi Rasio Mesin

Post by Betty »

ilhami wrote:harusnya si om beli mazda active aja, kompresi nya sudah diatas 11, nggak perlu modifikasi. jadi tinggal beli piggy back nya aja.
kompresi avanza dan livina sebenarnya juga sudah cukup tinggi
Aminnnnn Ommmmmmm :e-pray: Didoain kebeli Mazda...

Yup 10,5 : 1 sudah cukup tinggi... bahkan ga jarang dengan Kompresi segitu malah ngelitik dengan bahan bakar standar yang ada... Cuma anggaplah ogud saat ini berhasil "meracik" BBM berkualitas di atas spek kompresi 10,5 : 1 dan rezeki buat "bungkus" Mazda belom tiba... Sebagai pemula yang pengen belajar otomotif, boleh dong om belajar "Nge-Tweak" mesin "Gerobak Tempur" Harian... :big_peace:
REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

:mky_03:
User avatar
Betty
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28

Re: "Mengoprek" Kompresi Rasio Mesin

Post by Betty »

DOHC wrote:kl HR15DE mahh ud ga usa pusing... tinggal buka website nismo nya malon... pesen supercharger kit nya impul.... tinggal plug and play ama HR15DE... tenaga jaminan naek...

atau kl mau pahe, pakein dastek aj... dl jaman OGL aj ud ad yg GL nya naek dastek... lmayan nambah 10an hp kira2..

atau port and polish head nya aj... sebenernya default pabrikan jg ud lumayan rapi bkinan nya(apalagi compared to buatan toyota lokal, jauhh banget), tp bagian intake nya masi agak kasar... coba di alusin dikit...
Wah Master GL uda bersabda *Menjura Hormat Dulu*

:frm_salut:

Nambah Dastek itu HP nambah... kalau "sekolahin kaki", FC bisa lebih baik daripada standar ga om? anggap situasi jalan raya normal dalam kota ya Om...

Port and Polish head itu berarti mesin langsung berubah jadi Ga standar ya? (Ini sama dengan mapas head gitu ga sih Om? CMIIW) Nah ngalusin bagian intake yang kasar itu ada bengkel recommended ga ya Om? Resiko terbesar Port and Polish head sama ngalusin intake itu apa ya kira2?

Nubitol mohon petunjuknya ya Om.... Sebelum dan Sesudahnya beribu terima kasih.

:frm_salut:

*menjura hormat*
REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

:mky_03:
User avatar
Betty
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28

Re: "Mengoprek" Kompresi Rasio Mesin

Post by Betty »

marmut wrote:mobil dipake untuk harian? kompresi sekarang 10,5:1? itu sudah lebih dari cukup menurut saya.
mau bikin 11:1 atau 12:1 silahkan saja, apa punya duit buat isi oktan 95?
sistem pendinginan juga harus diperhatikan, setidaknya electric fan standar wajib diganti dengan yang daya hisapnya lebih besar.
Errr... Kompresi 10,5 : 1 juga disarankan ngisi RON 95 sih Om sebenarnya...

Sistem Pendinginan ya... Oke - oke... ogud catet... Terima kasih banget Om atas masukannya...

:frm_salut:
REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

:mky_03:
User avatar
Betty
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28

Re: "Mengoprek" Kompresi Rasio Mesin

Post by Betty »

marmut wrote:
sm4 wrote:ikut nyimak.

penasaran sama...

biaya total modifikasi v.s total penghematan bbm + peningkatan HP/tenaga mobil

berapa lama kira2 bisa balik modal dengan total penghematan BBM yang dihasilkan :big_childish:
pake mobil apa?
kalo niat modifikasi mesin, jangan bicara balik modal. sampe lebaran kuda ngga akan bisa balik modal, yang ada keluar modal terus.
kalo pengen balik modal dagang dipasar aja.
Pengalaman ogud ngoprek mesin motor dulu... justru disitulah letaknya nikmatnya "ngoprek" mesin... Sesuatu yang Unggggggg.... :mky_02: Gimana caranya ngelukisin pake kata - kata... nikmat dah pokoknya... Dan setuju ini bukan dagang... Kurang tepat ngebahas untung rugi... Cuma yang namanya "simple tweak" itu seharusnya tidak perlu Efforts yang terlalu besar dengan hasil yang Optimal (Bukan maksimal... ya... Sukur - sukur bisa maksimal sih). Itu sebabnya di awal ogud sebutkan dan tanyakan... Apakah "mengoprek" kompresi rasio itu bisa dikategorikan "simple tweak" atau malah itu hal terakhir yang dipilih untuk dilakukan para mekanik untuk memodifikasi mesin...

Nah misalnya ada penjelasan suhu di atas... Ganti Packing Head... itu kan simple.. mau balikin ke standar lagi juga dengan ganti Packing standar aja... Ya itu contoh lah. Karena Ogud bener - bener buta mesin mobil, Trit ini murni sebagai pertanyaan dan permohonan masukan dari saudara - saudara yang sudah berpengalaman...

:big_peace:
REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

:mky_03: