Berbagi pengalaman dung seputar radiator

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator

Post by doq »

iya, sy jg ngeliatnya ini sebagai langkah yg kurang solutif, berarti biang masalah sebenarnya belum terselesaikan................ :ungg:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator

Post by maskopat »

itu dia point yang mau ane sampein... :ungg:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
barathum
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Mon Apr 11, 2011 13:22

Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator

Post by barathum »

mohon maaf sebelumnya,,threat ini udah ada balesanny,,tp saya ingin masukan yang sebanyak2ny dari para master2 radiator yaaaaa (makany saya posting disini lagi)
salam kenal mas/pak/mbak/ibu2:...,
saya pengguna hyundai atoz manual 2004...
ada masalah dengan over heat/ (baru sekali ini)
Kronologis kejadian : radiator selalu pake air biasa sebelumnya(sy beli mobil 2nd),,selasa tgl 5/4/11,,tiba2 mesin mobil yng saya parkir ada bunyi terus menerus (ternyata kipas) padahal mesin mati,,lalu saya longok ke kolong,ternyata di sebelah dekat roda kanan depan ngocor air,,mobil sya nyalakan,gauge temperatur langsung 3/4 (belum smpe tanda merah),,saya telpon mekanik hyundai,,katany dibawa saja sambil ditambah air,,mobil selamat sampai bengkel resmi,,walo dgn suhu yng 3/4 td,,setelah di cek,ternyata yng kena namanya: plug engine (bocor),,radiator ga ada masalah,,,ok,plug ny cukup ditambal,,,setelah itu saya minta kuras plus ganti coolant,,nah,,setelah itu dalam seminggu,,sy udah isi reservoirnya 2x,,padahal sewaktu masih pake air ga pernah kurang,,,saya inisiatif bawa ke bengkel khusus radiator,,coba di cek lagi,,kali ini bener ga ada masalah radiator,,tapi ternyata thermostatny sdh ga layak kata bengkelnya,,harus ganti dibengkel resmi ato saran dari bengkel radiator dicopot aj karna bahaya(bisa overheat tiba2 klo thermostatny bermasalah),,saya telpon bengkel resmi,kbetulan stok habis,,datang 2 minggu lagi,,saya tanyakan klo thermostat dicopot gmana,,ga pa pa kata mekanik resminya,,ya sudah sementara thermostat ga dipake (sambil nunggu yang baru)...eh,pas sya pake sehari,,tuh air coolant di radiator reservoir udah berkurang lagi 1/4 nya,,dan sejak ga ada ni thermostat,gauge penunjuk suhu naiknya lama banget dan cm sedikit mendekati normal,,(padahal sbelum dicopot thermo nya langsung naik n normal2 aja)....
Pertanyaan :
1. Apakah klo ganti coolant jadi sperti itu(coolant malah berkurang di reservoir) dan harus ditambah?
2.Apa efeknya ga pake thermostat? (terhadap mesin maupun terhadap berkurangnya air di reservoir?)
3. Selanjutnya apakah thermostat perlu dipasang lagi?(mengingat bahkan mekanik resmi pun bilang ga pa pa, ga usah dipasang,,walo hati nurani bilang tetep mau saya pasang)
4. apakah fan radiator langsung nyala sterusnya klo tdk pake thermostat?apa efekny terhadap fan/kipas tsb?
5.klo pake thermostat apakah fan tsb hanya menyala pd saat2 tertentu?
Mohon sekali pencerahannya,,trimakasiiiiih banyaak
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator

Post by imsus2c »

barathum wrote:mohon maaf sebelumnya,,threat ini udah ada balesanny,,tp saya ingin masukan yang sebanyak2ny dari para master2 radiator yaaaaa (makany saya posting disini lagi)
salam kenal mas/pak/mbak/ibu2:...,
saya pengguna hyundai atoz manual 2004...
ada masalah dengan over heat/ (baru sekali ini)
Kronologis kejadian : radiator selalu pake air biasa sebelumnya(sy beli mobil 2nd),,selasa tgl 5/4/11,,tiba2 mesin mobil yng saya parkir ada bunyi terus menerus (ternyata kipas) padahal mesin mati,,lalu saya longok ke kolong,ternyata di sebelah dekat roda kanan depan ngocor air,,mobil sya nyalakan,gauge temperatur langsung 3/4 (belum smpe tanda merah),,saya telpon mekanik hyundai,,katany dibawa saja sambil ditambah air,,mobil selamat sampai bengkel resmi,,walo dgn suhu yng 3/4 td,,setelah di cek,ternyata yng kena namanya: plug engine (bocor),,radiator ga ada masalah,,,ok,plug ny cukup ditambal,,,setelah itu saya minta kuras plus ganti coolant,,nah,,setelah itu dalam seminggu,,sy udah isi reservoirnya 2x,,padahal sewaktu masih pake air ga pernah kurang,,,saya inisiatif bawa ke bengkel khusus radiator,,coba di cek lagi,,kali ini bener ga ada masalah radiator,,tapi ternyata thermostatny sdh ga layak kata bengkelnya,,harus ganti dibengkel resmi ato saran dari bengkel radiator dicopot aj karna bahaya(bisa overheat tiba2 klo thermostatny bermasalah),,saya telpon bengkel resmi,kbetulan stok habis,,datang 2 minggu lagi,,saya tanyakan klo thermostat dicopot gmana,,ga pa pa kata mekanik resminya,,ya sudah sementara thermostat ga dipake (sambil nunggu yang baru)...eh,pas sya pake sehari,,tuh air coolant di radiator reservoir udah berkurang lagi 1/4 nya,,dan sejak ga ada ni thermostat,gauge penunjuk suhu naiknya lama banget dan cm sedikit mendekati normal,,(padahal sbelum dicopot thermo nya langsung naik n normal2 aja)....
Pertanyaan :
1. Apakah klo ganti coolant jadi sperti itu(coolant malah berkurang di reservoir) dan harus ditambah?
2.Apa efeknya ga pake thermostat? (terhadap mesin maupun terhadap berkurangnya air di reservoir?)
3. Selanjutnya apakah thermostat perlu dipasang lagi?(mengingat bahkan mekanik resmi pun bilang ga pa pa, ga usah dipasang,,walo hati nurani bilang tetep mau saya pasang)
4. apakah fan radiator langsung nyala sterusnya klo tdk pake thermostat?apa efekny terhadap fan/kipas tsb?
5.klo pake thermostat apakah fan tsb hanya menyala pd saat2 tertentu?
Mohon sekali pencerahannya,,trimakasiiiiih banyaak
kayaknya pernah lihat posting ini deh...tapi entah dimana :e-think:

jawab sebisanya ya pak... dan silakan dikoreksi jika ada info yg ngawur :D

1. Kalau sebelumnya pakai air biasa (bertahun-tahun misalnya), trus ganti coolant, biasanya memang ada efek begitu, umumnya karena kotoran/kerak/karat terkikis dan terangkat coolant, tersirkulasi dan akhirnya menyumbat. Yg bikin berkurang, salah satunya ada "bocor alus" yg dulu ketahan kotoran/kerak, sekarang jadi plong karena keraknya kebawa coolant. Penyebab lain air berkurang, mungkin radiator cap-nya sudah lemah atau ngga kedap lagi
2. Ga pakai thermostat, artinya air bersirkulasi terus...efek jeleknya, mesin susah masuk temperatur kerja, yang paling kerasa jika mesin "dingin" biasanya FC kurang bagus dan emisi tinggi,
3. Sebaiknya iya...mesin akan optimal jika bekerja pada temperatur kerja-nya, biasanya sih sekitar 80-90 centigrade, kalo air sirkulasi terus...mesin dikhawatirkan tetap "dingin", dingin disini dalam arti negatif karena tidak mencapai temperatur kerja optimal
4. Tergantung koneksi kelistrikannya. bisa iya bisa tidak, mgkn yg lebih ahli bisa lebih fasih menjelaskan, kecuali mesin yg fan-nya langsung terhubung ke putaran mesin (fan non elektrik), yang ini sih selama mesin nyala ya tetep muter
5. Logika umumnya, fan menyala saat air radiator bersirkulasi untuk didinginkan. Salah satu pemicunya lewat thermostat. Seperti yg saya tulis diatas, buka-tutupnya menyesuaikan temperatur kerja mesin. Anggap aja, mesin optimal di suhu (suhu coolant) 80 sampai 90 centigrade, jadi saat suhu coolant melewati 90, air akan bersirkulasi dan fan akan nyala untuk menarik panas coolant yg lewat kisi2 radiator. Saat suhu coolant sudah dibawah 80, sirkulasi dihentikan dan kipas juga berhenti...begitu seterusnya
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator

Post by doq »

sy bukan master oom, tp coba bantu gpp yaaa :upss:

1.coolant/cairan radiator yg berkurang menandakan ada suatu kebocoran pd system. Coba dicek lg saat reservoir ketahuan berkurang itu, apa ada tanda2 kebocoran?? kalo udah pake coolant lbh mudah tuh carinya oom, soalnya khan berwarna hijau.

2-3.efek thermostat dilepas: temperatur mesin susah mencapai suhu kerja optimum, karena cairan terus ber-sirkulasi didalam jalur pendingin, efeknya tambahannya macam2 oom...........klo dr pengalaman saya bensin menjadi boros hampir 2x lipat normalnya, kenapa? wah agak panjang klo sy tulis disini, tapi di halaman2 belakang ada kok oom :mrgreen: selain itu ada kemungkinan mesin ngelitik......... apalagi yah? rekan2 yg lain bsa tambahkan?
intinya thermostat dilepas lbh banyak ruginya.

yg lain nya monggo ditambahkan rekan2 :upss:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator

Post by jalu »

maskopat wrote:maksud pertanyaan ane itu mempertanyakan penguapan karena mesin panas.... emang benar karena mesin panas...
pertanyaan berikutnya, koq bisa panas dengan single packing? :e-think:
karena single packing itu kan standarnya?

ah, si kakak pembina lagi di tengah hutan pulak... :frm_bang_head:
kalo emang standarnya single packing dan kondisinya normal, tentu temperatur akan normal, jd kalo sampe overheat berarti ada yg gak normal dan mesti diperbaiki. Intinya, mesin standar, kondisi normal gak mungkin overheat.

beberapa bengkel ada yg mengakali gejala overheat dng dbl packing, tujuannya supaya rasio kompresi turun, tentu temperaturnya ikut turun, mesin lbh adem.

ada jg yg pake dbl packing buat ngakali cyl head yg udah melengkung (tp gak parah) krn pernah overheat, artinya kalo dng single packing masih bocor, maka pasang dbl supaya lbh bisa "mengikuti lengkungan cyl head" sehingga kompresi, jalur pelumas dan coolant gak bocor

dan ada lg yg pake dbl packing krn cyl headnya pernah melengkung parah krn overheat lalu dibubut untuk diratakan/diluruskan kembali permukaannya, cyl head dibubut tentu efeknya ruang bakar makin mengecil, rasio kompresi naik....sehingga mesin jd lbh panas. Supaya mesinnya kembali adem, maka rasio kompresi diturunkan lg dng dbl packing

CMIIW sajaaa..... :cupss:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26921
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator

Post by DOHC »

mengenai kipas yg nyala terus padahal mesin uda mati... ane perna dikasi tau di bengkel langganan ane, kalo penyakit atos itu ada di system kelistrikan nya... terutama di kipas itu... jadi biasanya kalo uda error atau suka ga nyala pas mesin uda kepanasan, maka oleh montir2 suka seenak nya aja di bypass klistrikan nya... makanya kipas bisa nyala padahal mesin masi mati... CMIIW....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator

Post by jalu »

DOHC wrote:mengenai kipas yg nyala terus padahal mesin uda mati... ane perna dikasi tau di bengkel langganan ane, kalo penyakit atos itu ada di system kelistrikan nya... terutama di kipas itu... jadi biasanya kalo uda error atau suka ga nyala pas mesin uda kepanasan, maka oleh montir2 suka seenak nya aja di bypass klistrikan nya... makanya kipas bisa nyala padahal mesin masi mati... CMIIW....
begitulah chiong, banyak bengkel yang terlalu ngambil jalan pintas, padahal kalo mereka mau kreatif, meskipun sistem kelistrikan sama2 di bypass tapi bs sambil mengadopsi part2 untuk electric fan system dr mbl lain seperti thermoswitch, relay dll meskipun msh yg konvensional.

IMHO
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26921
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator

Post by DOHC »

betul kak, termostat maen seenak nya di cabut... akibat nya kalo di mobil karbu stengah mati kalo mau nyalain pagi2... kalo mobil injeksi malah bikin boros minta ampun... :e-doh: :e-doh: :e-doh: :e-doh: :e-doh:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator

Post by jalu »

thermostat dicabut atau nggak, waktu mau start mesin dipagi hari/dingin ya sama saja chiong, bedanya adalah setelah mesin mulai hidup sampe beberapa waktu berikutnya :D

CMIIW jg lho..
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26921
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator

Post by DOHC »

hoo... kalo di mobil2 karbu ane sehh dulu2 kalo pagi2 nyala susah... kalaupun nyala jg brebet2 mulu... geter2 ga jlas lama bangett... musti dibawa jalan2 dulu baru ilang... at least ampe tuh jarum temperatur naek dulu dikit baru stabil mesin nya...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator

Post by jalu »

DOHC wrote:hoo... kalo di mobil2 karbu ane sehh dulu2 kalo pagi2 nyala susah... kalaupun nyala jg brebet2 mulu... geter2 ga jlas lama bangett... musti dibawa jalan2 dulu baru ilang... at least ampe tuh jarum temperatur naek dulu dikit baru stabil mesin nya...
kalo waktu start susah nyala berarti karbunya kudu dicek jg chiong, terutama choke systemnya
tapi kalo udah idup trus brebet dan geter2 melulu (lama stabilnya/lama naik temp-nya)...nah itu efek krn cabut thermostat

CMIIW ya...
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26921
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator

Post by DOHC »

heran nya kalo di mobil diesel jadul laen crita... cabut termostat ga masalah... malah bagus, adem terus mesin nya... FC jg ga brubah...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator

Post by m4rio »

jalu wrote:
DOHC wrote:hoo... kalo di mobil2 karbu ane sehh dulu2 kalo pagi2 nyala susah... kalaupun nyala jg brebet2 mulu... geter2 ga jlas lama bangett... musti dibawa jalan2 dulu baru ilang... at least ampe tuh jarum temperatur naek dulu dikit baru stabil mesin nya...
kalo waktu start susah nyala berarti karbunya kudu dicek jg chiong, terutama choke systemnya
tapi kalo udah idup trus brebet dan geter2 melulu (lama stabilnya/lama naik temp-nya)...nah itu efek krn cabut thermostat

CMIIW ya...
klep, carry bokap ane kalo pagi start juga geter2 mulu idle RPM masih rendahh bgt. kalo dah panas baru dah anteng. thermostat gk dibuka loh, dipasang terus dari baru, karena ni mobil pake dari baru gress.
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator

Post by jalu »

DOHC wrote:heran nya kalo di mobil diesel jadul laen crita... cabut termostat ga masalah... malah bagus, adem terus mesin nya... FC jg ga brubah...
IMHO...krn rasio kompresi diesel yg lbh tinggi, makanya panas yg dihasilkan lbh besar...meski cabut thermostat tapi naiknya temperatur ke kondisi normal tidak sebegitu lama mesin bensin yg sama2 cabut thermostat

CMIIW
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator

Post by sjamsul »

imsus2c wrote: jawab sebisanya ya pak... dan silakan dikoreksi jika ada info yg ngawur :D


2. Ga pakai thermostat, artinya air bersirkulasi terus...efek jeleknya, mesin susah masuk temperatur kerja, yang paling kerasa jika mesin "dingin" biasanya FC kurang bagus dan emisi tinggi,
4. Tergantung koneksi kelistrikannya. bisa iya bisa tidak, mgkn yg lebih ahli bisa lebih fasih menjelaskan, kecuali mesin yg fan-nya langsung terhubung ke putaran mesin (fan non elektrik), yang ini sih selama mesin nyala ya tetep muter
5. Logika umumnya, fan menyala saat air radiator bersirkulasi untuk didinginkan. Salah satu pemicunya lewat thermostat. Seperti yg saya tulis diatas, buka-tutupnya menyesuaikan temperatur kerja mesin. Anggap aja, mesin optimal di suhu (suhu coolant) 80 sampai 90 centigrade, jadi saat suhu coolant melewati 90, air akan bersirkulasi dan fan akan nyala untuk menarik panas coolant yg lewat kisi2 radiator. Saat suhu coolant sudah dibawah 80, sirkulasi dihentikan dan kipas juga berhenti...begitu seterusnya
ane kasih tambahan dikit yah bro :
2. dg kata lain, pemakaian bbm akan lbh boros
4. ada mobil tertentu yg walaupun mesinnya udah mati, tp fannya msh tetap menyala sampai mesin dingin baru fan berhenti bekerja. Nah, pada mbl atoz ane ga tau detailnya nih.....
5. pemicunya bukan thermostart bro, tp ada part lain yg klo ga salah namanya 'switch thermo'... jadi pada suhu tertentu, switch ini akan memberikan perintah kepada fan untuk menyala atau mati.....coba deh perhatikan, klo di thermostart ga ada kabelnya..... sedangkan pada switch thermo ada 2 kabel, yg satu ke masa, sedangkan yg satunya ke relay....ini setau ane yah bro..... mohon koreksi klo ada kesalahan......
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator

Post by doq »

makasih yeeeee pak Image
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator

Post by sjamsul »

doq wrote:makasih yeeeee pak Image
hooh2.... jangan sungkan2 dek doq........ wakakakaka......
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator

Post by Hansen »

G...!! G....!!! :big_smoking:
Image
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator

Post by ZombiEE »

Hansen wrote:G...!! G....!!! :big_smoking:
Wat is the kamsud????
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator

Post by doq »

btt...btt Image
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator

Post by jalu »

doq wrote:btt...btt Image
ini kesiram air radiator ya...? :upss: :ngacir:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator

Post by doq »

belon tau preman cempaka putih ye? :big_smoking:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator

Post by jalu »

lbh serem preman cempaka hitam.... :upss: :ngacir:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26921
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator

Post by DOHC »

ehemm... ini si hamsiong ama om dog koq signature nya aneh2 aja... :ungg: :ungg: :ungg: :ungg:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: