FWD vs RWD vs AWD
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
FWD vs RWD vs AWD
SMers...
Share knowledge and opinion dunk.
Apa sih untung-rugi mobil dengan sistem penggerak:
FWD (roda depan)
RWD (roda belakang)
AWD/4x4 (semuanya)
Trus apa alasannya produsen mobil kok milih FWD atau RWD buat mobil dengan 1 gardan ya?
Kalo emang sudah pernah dibahas, share link-nya dan gusur aja topic ini, soalnya sudah saya cari2 di fasilitas "search" tapi ga ketemu.
Thanks @all
Share knowledge and opinion dunk.
Apa sih untung-rugi mobil dengan sistem penggerak:
FWD (roda depan)
RWD (roda belakang)
AWD/4x4 (semuanya)
Trus apa alasannya produsen mobil kok milih FWD atau RWD buat mobil dengan 1 gardan ya?
Kalo emang sudah pernah dibahas, share link-nya dan gusur aja topic ini, soalnya sudah saya cari2 di fasilitas "search" tapi ga ketemu.
Thanks @all
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Tidak tahu tepatnya merangkaikan butir-2 ini :
1. Ada kaitan dengan posisi mesin North-South (/searah gerakan mobil), East-West (/Melintang),
2. Ada kaitan dengan penggunaan jenis chassis monocoque atau ladder frame,
3. Ada kaitan dengan gejala-2 oversteer dan understeer pada waktu membelok,
4. Menghemat tempat
5. Mengurangi tenaga yang hilang di gardan.
6. Susahnya engineering gardan depan terkompensasi oleh keuntungan (apa ya ???)
7. Ada kaitan dengan penggunaan suspensi belakang... (misalnya FWD = lebih mudah untuk jenis independen)
8. AWD lebih banyak kaitan dengan masalah traksi...
udah ah bingung... lagi pilek nih....
1. Ada kaitan dengan posisi mesin North-South (/searah gerakan mobil), East-West (/Melintang),
2. Ada kaitan dengan penggunaan jenis chassis monocoque atau ladder frame,
3. Ada kaitan dengan gejala-2 oversteer dan understeer pada waktu membelok,
4. Menghemat tempat
5. Mengurangi tenaga yang hilang di gardan.
6. Susahnya engineering gardan depan terkompensasi oleh keuntungan (apa ya ???)
7. Ada kaitan dengan penggunaan suspensi belakang... (misalnya FWD = lebih mudah untuk jenis independen)
8. AWD lebih banyak kaitan dengan masalah traksi...
udah ah bingung... lagi pilek nih....
Dari Solo ke Oslo


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Hemmm.. masa sih belum ada. Seraya Motor gitu lho..

Idealnya AWD dengan tenaga relatif besar. Kekurangannya cuma 1. MUAHALL.
Demi cost dan power saving, dibuatlah RWD. Masih kurang banyak saving nya, dibuat FWD.
- FWD : ++ Cost dan bobot lebih ringan. Di banding RWD, Lebih sedikit kehilangan tenaga saat penyaluran dari mesin sampe ke roda. Ceteris Paribus.
-- Traksi kurang. Menurut hukum fisika dari mbah marijan, setiap benda yg bergerak ke belakang, dia akan mendapat gaya yg berlawanan, dalam hal ini menekan bagian belakang mobil. Akibatnya bagian belakang mobil akan tertekan (sedikit banyak) dan ban depan mudah kehilangan traksi. Itu kondisi datar. Apalagi kalo nanjak, emang ban belakang kondisi tertekan ban depan lebih "mengambang". Silakan dikoreksi hukum fisika ngawur gw...

- RWD : Kebalikan dari plus/minus FWD.
Baik FWD/RWD akan punya minus over/under steer, dibanding AWD.
hemm ini nggak ada hubungan ama Livina vs Innova khan...?? He..he..he..


Idealnya AWD dengan tenaga relatif besar. Kekurangannya cuma 1. MUAHALL.
Demi cost dan power saving, dibuatlah RWD. Masih kurang banyak saving nya, dibuat FWD.
- FWD : ++ Cost dan bobot lebih ringan. Di banding RWD, Lebih sedikit kehilangan tenaga saat penyaluran dari mesin sampe ke roda. Ceteris Paribus.
-- Traksi kurang. Menurut hukum fisika dari mbah marijan, setiap benda yg bergerak ke belakang, dia akan mendapat gaya yg berlawanan, dalam hal ini menekan bagian belakang mobil. Akibatnya bagian belakang mobil akan tertekan (sedikit banyak) dan ban depan mudah kehilangan traksi. Itu kondisi datar. Apalagi kalo nanjak, emang ban belakang kondisi tertekan ban depan lebih "mengambang". Silakan dikoreksi hukum fisika ngawur gw...


- RWD : Kebalikan dari plus/minus FWD.
Baik FWD/RWD akan punya minus over/under steer, dibanding AWD.
hemm ini nggak ada hubungan ama Livina vs Innova khan...?? He..he..he..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
penggerak 2WD ada dua macam, depan dan belakang.
4WD sendiri ada yg permanen 4WD dan ada yg temporal
Mobil2 keluaran jaman baheula pakai penggerak sistem RWD. alasannya mekanisme sederhana, roda depan buat belok, roda belakang buat maju.
kemudian bla bla bla, makin besar usaha orang untuk meningkatkan efisiensi transfer RWD makin mahal biayanya...
ntah bagaimana, munculah kontrol FWD. keunggulan dibanding RWD adalah kestabilan di jalan licin dan nilai ekonomis serta transfer rate yang lumayan. tapi bukannya tanpa cacat, FWD juga punya titik kelemahan mematikan, FWD secara umum tidak bisa mengatasi tenaga yang besar tanpa mengorbankan kenyamanan (Drag race FWD 600hp merombak total struktur rangka dengan penghitungan geometris super rumit yang mungkin tidak bisa dibuat kembarannya, apalagi massal)
muncullah 4WD, kombinasi dari dua sistem penggerak 2WD, dengan harapan bisa mengeliminasi masing2 kelemahan dari dua sistem itu. Sukses? ternyata tidak juga, mesin 4WD dibanding RWD dengan output yang sama tidak memiliki performa yang sama. kestabilan mungkin iya, tapi akselerasinya tidak. kelemahan FWD masih terbawa, dan pengalihan output 4WD F-R sampai dengan 0-100 masih belum ada yg bisa. drag coefficient yang juga lebih besar dibanding FWD membawa efek lift saat akselerasi dan di high speed.
masing2 sistem berbeda penggunaan. liat aja F1 yang top speednya gila2an, tetap lengket sama RWD, sedangkan reli, yang punya trek maut, mau tak mau menggunakan 4WD kalo tidak mau jungkir balik (4WD juga masih jungkir balik)
FWD? buat city car aja deh, hehehe
4WD sendiri ada yg permanen 4WD dan ada yg temporal
Mobil2 keluaran jaman baheula pakai penggerak sistem RWD. alasannya mekanisme sederhana, roda depan buat belok, roda belakang buat maju.
kemudian bla bla bla, makin besar usaha orang untuk meningkatkan efisiensi transfer RWD makin mahal biayanya...
ntah bagaimana, munculah kontrol FWD. keunggulan dibanding RWD adalah kestabilan di jalan licin dan nilai ekonomis serta transfer rate yang lumayan. tapi bukannya tanpa cacat, FWD juga punya titik kelemahan mematikan, FWD secara umum tidak bisa mengatasi tenaga yang besar tanpa mengorbankan kenyamanan (Drag race FWD 600hp merombak total struktur rangka dengan penghitungan geometris super rumit yang mungkin tidak bisa dibuat kembarannya, apalagi massal)
muncullah 4WD, kombinasi dari dua sistem penggerak 2WD, dengan harapan bisa mengeliminasi masing2 kelemahan dari dua sistem itu. Sukses? ternyata tidak juga, mesin 4WD dibanding RWD dengan output yang sama tidak memiliki performa yang sama. kestabilan mungkin iya, tapi akselerasinya tidak. kelemahan FWD masih terbawa, dan pengalihan output 4WD F-R sampai dengan 0-100 masih belum ada yg bisa. drag coefficient yang juga lebih besar dibanding FWD membawa efek lift saat akselerasi dan di high speed.
masing2 sistem berbeda penggunaan. liat aja F1 yang top speednya gila2an, tetap lengket sama RWD, sedangkan reli, yang punya trek maut, mau tak mau menggunakan 4WD kalo tidak mau jungkir balik (4WD juga masih jungkir balik)
FWD? buat city car aja deh, hehehe
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
RWD enak buat ngepot2 oversteer gaya film action Hollywood... tinggal rasakan aja, bokong lari kemana... setir ikut counter ke arah yang sama.... Kalo FWD bisa membuat leg room kabin blakang lebih lega tanpa tonjolan gardan..
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 126
- Joined: Tue May 01, 2007 14:30
setau aku kl RWD kerja power steering pasti lebih ringan daripada FWD.karena roda depan murni berfungsi sbg pengendali arah,karena hal itu,komponen2 yang ada pasti lebih sedikit drpd FWD. Sedangkan kelebihan FWD adalah mesin yg relatif ringkas dan kehilangan tenaga karena penggerak roda(gardan,cross joint,dll)pasti lebih sedikit karena komponen2 tersebut tidak ada atau sudah dijadikan satu kesatuan....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1023
- Joined: Wed Dec 01, 2004 10:17
Setau saya sih ya:
FWD: menang di efisien, interior space lebih lapang, traksi lebih baik dr RWD di kondisi jalanan licin (salju).
RWD: handling lebih baik, lebih fun to drive, tp lebih mahal dr FWD dan interior space berkurang, traksi lebih buruk dr FWD di jalanan licin (salju). Then again sebenernya untuk traksi ini sih lebih terpalikasi untuk mobil yang powernya besar, biasa kalo di snow tuh ga bisa jalan, tapi cuma belakangnya doang yg gerak kanan kiri. Tapi untuk model2 RWD di indo dengan power seadanya sih harusnya no problem
AWD: better traction than FWD & AWD, more expensive and complicated as well. Kalau sekarang sih untuk mobil2 high end lebih byk ke AWD dengan RWD bias, or intelligent AWD seperti SH-AWD, Quattro dengan torque vectoring, Xdrive baru dr BMW yg bakal diaplikasi di BMW X6, etc etc... CMIIW
FWD: menang di efisien, interior space lebih lapang, traksi lebih baik dr RWD di kondisi jalanan licin (salju).
RWD: handling lebih baik, lebih fun to drive, tp lebih mahal dr FWD dan interior space berkurang, traksi lebih buruk dr FWD di jalanan licin (salju). Then again sebenernya untuk traksi ini sih lebih terpalikasi untuk mobil yang powernya besar, biasa kalo di snow tuh ga bisa jalan, tapi cuma belakangnya doang yg gerak kanan kiri. Tapi untuk model2 RWD di indo dengan power seadanya sih harusnya no problem

AWD: better traction than FWD & AWD, more expensive and complicated as well. Kalau sekarang sih untuk mobil2 high end lebih byk ke AWD dengan RWD bias, or intelligent AWD seperti SH-AWD, Quattro dengan torque vectoring, Xdrive baru dr BMW yg bakal diaplikasi di BMW X6, etc etc... CMIIW
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Nggak lah pak...murni "take n give knowledge" aja hehehe.... Apalagi saya bukan penggemar/pemake/penjual keduanyauch wrote:Hemmm.. masa sih belum ada. Seraya Motor gitu lho..![]()
hemm ini nggak ada hubungan ama Livina vs Innova khan...?? He..he..he..

Oya, bagaimana karakter di tanjakan? mendingan RWD ato FWD ya? (asumsi jenis/tipe mobil sama, mesin sekelas).
Saya perhatikan akhir-akhir ini produsen mobil kalo bikin H/T SUV (jip banci/ 1 gardan) malah biasanya pake sistim FWD (CRV, Xtrail, GV, Escape, Santa Fe, etc, etc...). Justru H/T SUV yg tenaga/mesinnya pas-pasan malah RWD (Rush, Terios, Taruna, etc).StRaDe_Jazz wrote:FWD? buat city car aja deh, hehehe

Kenapa ya?
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 183
- Joined: Mon Aug 16, 2004 18:19
mini SUV = RWD, objectivenya biar murah.
GV itu RWD.
GV itu RWD.
imsus2c wrote:Nggak lah pak...murni "take n give knowledge" aja hehehe.... Apalagi saya bukan penggemar/pemake/penjual keduanyauch wrote:Hemmm.. masa sih belum ada. Seraya Motor gitu lho..![]()
hemm ini nggak ada hubungan ama Livina vs Innova khan...?? He..he..he..![]()
Oya, bagaimana karakter di tanjakan? mendingan RWD ato FWD ya? (asumsi jenis/tipe mobil sama, mesin sekelas).
Saya perhatikan akhir-akhir ini produsen mobil kalo bikin H/T SUV (jip banci/ 1 gardan) malah biasanya pake sistim FWD (CRV, Xtrail, GV, Escape, Santa Fe, etc, etc...). Justru H/T SUV yg tenaga/mesinnya pas-pasan malah RWD (Rush, Terios, Taruna, etc).StRaDe_Jazz wrote:FWD? buat city car aja deh, hehehe![]()
Kenapa ya?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Terbalik itu pak. Production Cost RWD malah lebih mahal. At least begitu lah menurut Paman Gugel. Tapi masuk akal, kovel nya aja udah berapa..?ZombiEE wrote:sampai sekarang BMW masi menerapkan RWD lho..katenye jurnalis2 majalah luar sih..chassis mobil BMW itu paling dinamis..handling nya etc etc..I wonder..RWD ini lebih unggul kah?ataukah RWD BMW nya yg laen?karena dari posting2 di atas..diketahui production cost mobil RWD lbh murah?:)
Asumsi tenaga mesin, gear ratio dan bobot sama. Yg FWD punya gain di tenaga on wheel. Tapi bayangin aja tanjakan ekstrem, beban akan terpusat ke ban belakang, ban depan relatif "mengambang". Itu yg bikin spin (kalo tanjakan ekstrem). Di tanjakan (ekstrem), RWD gain di torsi roda belakang yg lebih kuat. CMIIW.Oya, bagaimana karakter di tanjakan? mendingan RWD ato FWD ya? (asumsi jenis/tipe mobil sama, mesin sekelas).
Hipotesa doang.Saya perhatikan akhir-akhir ini produsen mobil kalo bikin H/T SUV (jip banci/ 1 gardan) malah biasanya pake sistim FWD (CRV, Xtrail, GV, Escape, Santa Fe, etc, etc...). Justru H/T SUV yg tenaga/mesinnya pas-pasan malah RWD (Rush, Terios, Taruna, etc).
SUV FWD itu sebenarnya basis utamanya AWD. Posisi mesin melintang dari ban depan kiri ke kanan. Dibuat versi FWD dengan tujuan mendapatkan varian yg lebih murah. Kalo mo bikin yg FWD, tinggal "copot" mekanis RWD nya. Lebih simple daripada mengubah AWD dengan mesin melintang, ke RWD tok.
Again, it's just hipotesa. Sila dikorek2 kalo ngawur.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Lho...kalo saya perhatikan justru ada mobil yg aslinya 4x4 (AWD), posisi mesinnya malah membujur (seperti RWD), setidaknya itu yg saya lihat di mesinnya cherokee.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 183
- Joined: Mon Aug 16, 2004 18:19
lebih mahal kalo RWD independent; spt di mobil2 sedan & mirip FWD krn pakai CV joint dan konstruksi suspensi rumit. kalo RWD rigid axle spt mulai dari carry s/d innova, lebih murah.
Terbalik itu pak. Production Cost RWD malah lebih mahal. At least begitu lah menurut Paman Gugel. Tapi masuk akal, kovel nya aja udah berapa..?
Terbalik itu pak. Production Cost RWD malah lebih mahal. At least begitu lah menurut Paman Gugel. Tapi masuk akal, kovel nya aja udah berapa..?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
^^^
mungkin yg dimaksud kaki itu "as penggerak/couple" kali ya/ CMIIW juga hehehe...
Kalo itu yg dimaksud, jelas FWD lebih lemah, soalnya selain berfungsi sebagai penggerak roda juga sebagai pembelok roda (fungsi ganda). Perlindungannya pun rentan, karena couple-nya biasanya hanya ditutup sama karet/boot. Kalo ini sobek dan ga ketahuan...alamat deh pelumas/grease-nya habis trus kotoran masu trus rontok tuh as.
Kalo RWD, as pembelok hanya berfungsi sebagai pembelok, as penggerak hanya sebagai penggerak dan letaknya tertutup (perlindungan lebih baik). Bener ga nih teori?
mungkin yg dimaksud kaki itu "as penggerak/couple" kali ya/ CMIIW juga hehehe...
Kalo itu yg dimaksud, jelas FWD lebih lemah, soalnya selain berfungsi sebagai penggerak roda juga sebagai pembelok roda (fungsi ganda). Perlindungannya pun rentan, karena couple-nya biasanya hanya ditutup sama karet/boot. Kalo ini sobek dan ga ketahuan...alamat deh pelumas/grease-nya habis trus kotoran masu trus rontok tuh as.
Kalo RWD, as pembelok hanya berfungsi sebagai pembelok, as penggerak hanya sebagai penggerak dan letaknya tertutup (perlindungan lebih baik). Bener ga nih teori?
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Betul jg...imsus2c wrote:Lho...kalo saya perhatikan justru ada mobil yg aslinya 4x4 (AWD), posisi mesinnya malah membujur (seperti RWD), setidaknya itu yg saya lihat di mesinnya cherokee.
Nama nya jg dugaan2 doang.
Terus terang gw jg bingung tuh kenapa sebagian besar (walaupun nggak semua) SUV 2WD menggunakan FWD. Ingat-ingat sambil kedip2, ternyata mobil tsb di negara asalnya sono punya varian 4WD.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
mobil2 RWD cenderung lebih boros dibanding FWD karena banyak tenaga yang hilang saat di gardan. liat aja Innova, gila. tapi sistem differentialnya BMW uda canggih, sehingga bedanya dibanding FWD gak jauh2 amat.
perasaan gardannya RUsh Terios, Avanzaxenia ama Taruna sama semua toh? uda mass production, harganya jadi murah
perasaan gardannya RUsh Terios, Avanzaxenia ama Taruna sama semua toh? uda mass production, harganya jadi murah
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Nimbrung lagi ah ......
Sistem FWD..lebih lancar di jalan yang licin/salju karena ada beban mesin yang bisa menambah traksi.
4 WD ada dua macam : Full Time dan Part Time
All Wheel Drive /AWD = Full Time = 4 roda masing-2 mempunyai traksi. Kopel depan terpisah dengan kopel belakang.
AWD juga aman dijalan yang berliku-liku dan halus seperti jalan biasa.
AWD tidak mempunyai perbandingan gigi rendah sekali..
Part Time
4 roda bekerja bersama-sama..
Mempunyai perbandingan gigi rendah sekali (posisi 4L)
Hanya bisa digunakan di jalan yang licin / jelek sekali. Sangat berbahaya di jalan aspal
Ada lagi nih mengenai traksi : Selain 4 WD, bisa juga menggunakan Limited Slip Differential atau menggunakan Locker. Dimana yang bekerja bersama bukan roda depan-belakang tetapi kanan-kiri
Penjelasan lebih lanjut ada di thread mengenai LSD (Limited Slip Differential)..
Saya pernah pakai Locker di Vitara... tetapi baru beberapa bulan... dimarahin sama istri hehheheheeee....soalnya dia sering kaget...
Sistem FWD..lebih lancar di jalan yang licin/salju karena ada beban mesin yang bisa menambah traksi.
4 WD ada dua macam : Full Time dan Part Time
All Wheel Drive /AWD = Full Time = 4 roda masing-2 mempunyai traksi. Kopel depan terpisah dengan kopel belakang.
AWD juga aman dijalan yang berliku-liku dan halus seperti jalan biasa.
AWD tidak mempunyai perbandingan gigi rendah sekali..
Part Time
4 roda bekerja bersama-sama..
Mempunyai perbandingan gigi rendah sekali (posisi 4L)
Hanya bisa digunakan di jalan yang licin / jelek sekali. Sangat berbahaya di jalan aspal
Ada lagi nih mengenai traksi : Selain 4 WD, bisa juga menggunakan Limited Slip Differential atau menggunakan Locker. Dimana yang bekerja bersama bukan roda depan-belakang tetapi kanan-kiri
Penjelasan lebih lanjut ada di thread mengenai LSD (Limited Slip Differential)..
Saya pernah pakai Locker di Vitara... tetapi baru beberapa bulan... dimarahin sama istri hehheheheeee....soalnya dia sering kaget...
Dari Solo ke Oslo


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 646
- Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
- Location: Surabaya
kagetnya gimana bro, apakah ada sentakan tiba-tiba ?, atau gejala apa ?, soalnya penasaran ama efek LSD€lj€p€ wrote:Nimbrung lagi ah ......
Sistem FWD..lebih lancar di jalan yang licin/salju karena ada beban mesin yang bisa menambah traksi.
4 WD ada dua macam : Full Time dan Part Time
All Wheel Drive /AWD = Full Time = 4 roda masing-2 mempunyai traksi. Kopel depan terpisah dengan kopel belakang.
AWD juga aman dijalan yang berliku-liku dan halus seperti jalan biasa.
AWD tidak mempunyai perbandingan gigi rendah sekali..
Part Time
4 roda bekerja bersama-sama..
Mempunyai perbandingan gigi rendah sekali (posisi 4L)
Hanya bisa digunakan di jalan yang licin / jelek sekali. Sangat berbahaya di jalan aspal
Ada lagi nih mengenai traksi : Selain 4 WD, bisa juga menggunakan Limited Slip Differential atau menggunakan Locker. Dimana yang bekerja bersama bukan roda depan-belakang tetapi kanan-kiri
Penjelasan lebih lanjut ada di thread mengenai LSD (Limited Slip Differential)..
Saya pernah pakai Locker di Vitara... tetapi baru beberapa bulan... dimarahin sama istri hehheheheeee....soalnya dia sering kaget...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
^^^^€lj€p€ wrote:Nimbrung lagi ah ......
Sistem FWD..lebih lancar di jalan yang licin/salju karena ada beban mesin yang bisa menambah traksi.
4 WD ada dua macam : Full Time dan Part Time
All Wheel Drive /AWD = Full Time = 4 roda masing-2 mempunyai traksi. Kopel depan terpisah dengan kopel belakang.
AWD juga aman dijalan yang berliku-liku dan halus seperti jalan biasa.
AWD tidak mempunyai perbandingan gigi rendah sekali..
Kalo dari penjelasannya pak eljepe, berarti emang bener kalo H/T SUV lebih cocok pake FWD atau AWD sekalian ya...
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18