Knalpot ber-air saat pagi, kenapa ya !?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

boplang
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: Thu Aug 28, 2003 7:51
Location: Depan Karfur MT

Knalpot ber-air saat pagi, kenapa ya !?

Post by boplang »

gua barusan ke tukang knalpot karena udah gak tahan suara mobil gua yg kayak metromini ........ sember .... rrrrrrrrrbb bb bb b ....rrrrrrr !
lucunya .... tukang knalpot langsung memfonis : " neh mobil jarang dipake ya pak !?", dan langsung gua iyakan karena memang demikian.
Si tukang bilang jika mobil jarang dipakai malah bikin knalpot cepat jebol, terutama tabung2nya ( muffler & silencer). penyebabnya adalah karena adanya air yg ngendon di muffler, trus bereaksi dg dinding muffler hingga terjadi karat.
Laen halnya jika mobil sering dipake, air yg ada di muffler akan beruap karena panas dan terdorong keluar, paling tidak ..... proses pengkaratan agak tertunda.

Pertanyaan gua, logikanya gimana ya hingga ada air yg ngendon di muffler ? kondensasi udara di dalam knalpot saat malam hari ? tapi koq bisa cukup banyak ? coba deh di geber saat pagi hari ! ..... pasti akan netes banyak dari ujung knalpot !
User avatar
hery_jul
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
Location: Anywhere in front of you

Post by hery_jul »

knalpotnya tutup aja pake plastik :)
makanya kalo pagi panasin dulu tuh mobil, jangan asal ngacir ke kantor ...
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

tentu saja banyak,karena proses dari panas ke dingin itu kan selisih ratusan derajat celcius, dan mobil yang baik memang bagitu adanya, ato gini aja deh pake cara speda motor pada mobil anda, siramkan oli bekas secara periodik ke dalam muffler anda mudah2 an bisa membantu
chihuahua
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Fri Dec 19, 2003 17:25

Post by chihuahua »

setau gua,justru proses pembakaran yang baik itu menghasilkan air.
bensin itu dibakar dengan oksigen kan?persamaannnya :

CxHy(bensin) + O2 + N2 ---> CO2 + CO + NOx + HC + H2O(air)

ini alasan mengapa ada air di knalpot.memang air bakal paling banyak pas pagi hari,ga tau juga sih kenapa :D tapi kalo menurut gua gara-gara suhu udara yang dingin pada pagi hari jadinya H2O yang keluar bukan berupa uap tapi cair.
tapi yang aneh seharusnya airnya ga ngendon di muffler sih.
bingung juga kenapa,tapi bener juga bung hery_jul,buang dulu airnya dengan cara manasin mesin dulu.
BLUE RX-KING 2003
User avatar
mamie
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: Fri May 02, 2003 7:01
Location: pangkalan taxi

Re: Knalpot ber-air saat pagi, kenapa ya !?

Post by mamie »

chihuahua wrote:tapi yang aneh seharusnya airnya ga ngendon di muffler sih.
sepertinya permasalahannya di sini deh :
boplang wrote:tukang knalpot langsung memfonis : " neh mobil jarang dipake ya pak !?", dan langsung gua iyakan karena memang demikian.
katanya nih .. *mamie bukan pakarnya sih* .. kalo mobil abis dipanasin di pagi hari lalu dipake kan uap airnya itu lama2 hilang (mungkin karna panas ?) tapi kalo cuma dipanasin lalu mesin dimatiin lagi maka uap air tsb akan ngendon di muffler. CMIIW :)
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

ya bener mam saya juga ngalami sendiri kok.......
boplang
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: Thu Aug 28, 2003 7:51
Location: Depan Karfur MT

Post by boplang »

gua setuju bahwa air ( H2O ) adalah part of hasil pembakaran, tapi saat pembakaran kan gak akan kelihatan, karena disamping jumlahnya gak significant dan bentuknya juga berupa gas.

gua dah coba begini : sekarang mobil rutin dipake ngantor, pas pulang malam hari & parkir digarasi, begitu mati'in mesin ....... ujung knalpot langsung gua sumpal pake plastik, pokoknya rapet dech ! ..... begitu pagi hari dan dipanasi sebelum rolling ........ asap putih ( asap uap air lho ! .... bukan asap oli yg ikut terbakar ) plus air yg menetes keluar dari ujung knalpot ! ...... nah lho !?

gua pikir, air yg ngendon didalam knalpot berasal dari hasil pendinginan uap air yg ada di udara luar yg tersedot saat proses pendinginan logam knalpot, dan mencair trus ngendon di muffler ...... ternyata ........... !?

gua setuju ngasih oli ke dalam muffler periodically, tapi pertanyaan gua bukan itu ...... but .... napa ada air yg cukup banyak dipagi hari !?

lagian ...... yg bisa dikasi oli cuman yg diujung, trus mufller yg di tengah ( ato apalah namanya .... ) gimana !? .... mobil mesti ditunggingin 45 derajat !? ..... wah ..... susah !
kumpul ora kumpul ... seng penting mangan ben ora kaliren
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

pada mobil2 tertentu yg mufflernya jauh dari ujung knalpot emang susah , tapi kalo sedan yg mufflernya dibelakang dan dekat ujung knalpot relatif mudah karena pake semprotan oli biasa ,cuma walaupun bisa kayaknya cara2 ini kurang direkomendasikan karena bisa bikin knalpot ngebul dan mengganggu pengendara dibelakang,kalo motor sih ada lubang kecil untuk buang air dari knalpot jadi oli yg disemprotkan kalo berlebih juga akan keluar dari sini sehingga asap tidak terlalu pekat ,untuk saya sendiri sih tetep nyemprotin oli tapi dikit2 aja biar ga ngebul....
boplang
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: Thu Aug 28, 2003 7:51
Location: Depan Karfur MT

Post by boplang »

satu lagi pengalaman gua, muffler yg barusan jebol adalah bikinan local bermerk ( standard adi knalpot ), dan memang bahannya bagus .... galvanized plat, tapi sebenarnya mufller hand made bikinan tukang knalpot pinggir jalan ( yg jadi penggantinya ) juga gak kalah tangguh !, bahannya ? ..... dari plat galvanize ex-drum bahan kimia ! ..... qualitas galvanizenya lebih bagus, dan bahannya lebih tebal ! dan harganya cuman pek go ( 150 rebu ), bandingin dg harga knalpot local ternama yg paling murah sekitar sa pek go ( 350 rebu ) ...... itu harga 2 taon yg lalu ! tau deh sekarang !?
User avatar
hery_jul
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
Location: Anywhere in front of you

Post by hery_jul »

mahal bukan berarti lebih baik khan ... ;)
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

bener gw juga biasa ganti yg kelas pinggir jalan aja malah ga nyampe 150 cuma 110rb termasuk ongkos pasang tahan sampe 1 1/2 taun walaujarang dipake........
indy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 466
Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16

Post by indy »

Pernah coba pake kuningan? Awet lho!! Dulu sekale pernah bikinin, tapi sekarang nggak pernah bikin lagi soalnya yang bikin agak ngawur. Masak mentok sasis, bukan pipanya dibelokin.....ee...malah sasisnya yang diketok>........!!!!! :x :x
User avatar
Takumi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
Location: 1 minute before you..
Daily Vehicle: Mitsubishi Man

Post by Takumi »

Btw.. gue tadi jalan2 ke Standar Adi Kenalpot..tadi sih gue sekalian liat2 Header buat mobil gue , cuman dia bilang gue gak ada headernya., tapi.. huih Bagus2 header, Tabung2 nya.. banyakan buatan Kansai.. ,cuman gue akuin lekukanya bagus2.. top ..

CUMAN!!!!
Bangke.. gue kan bawa Kenalpot sendiri , gue cuman mao minta dipasang doang.. ,
di Tempat gue biasa pasang kenalpot.. paling kena antara 30-50 ribu lah.. ongkos pasang 1 tabung doang.. di Standar Adi Knalpot Harganya Gak manusiawi.. dia minta Rp175.000 !!!
Bangke... Alasan katanya pake las listrik segala.. , langsung ajah gue cabut.. pasang di tempat gue biasa cuman kena 40.000 ,
saran gue Mendingan kalo mo Beli header, Tabung sih di sana.. cuman beli ajah.. kalo pasang sih gue bilang di tempat laen deh..
boplang
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: Thu Aug 28, 2003 7:51
Location: Depan Karfur MT

Post by boplang »

dah dibilang ..... beli tabung disono juga mahal, dan belum tentu tahan lama, cuman menang visual aja .... dilihatnya bagus, tapi gak awet, kecuali kalo bahannyar stainless steel.

ya jelas kalo ngelas disono mahal, soalnya bukan sembarang las listrik ... tapi las argon/las dingin, electrodenya berupa gulungan dan ngelasnya pakai gas argon untuk mengcover permukaan las, gas argon mahal man ..... makanya ngelasnya juga mahal
kumpul ora kumpul ... seng penting mangan ben ora kaliren