Oli Gardan dan Transmisi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: b8099ok, y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo

Post Reply
erwinign
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1637
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by erwinign »

Omnibus wrote:
28 Jun 2020, 14:03
erwinign wrote:
28 Jun 2020, 12:36
iroedii5 wrote:
28 Jun 2020, 11:26
Makasih om, soalnya liat di tokoijo yg jual nya blg bisa buat manual transmisi Image
Kok blm pernah denger ya om ATF bs dipake buat MTF wkwkwkwk
ini mirip sm yg jual amsoil, di kolom diskusi ada yg nanya atf botol merah dan biru bedanya apa, utk anki/anf. jawabannya yg merah aja soalnya orang2 umumnya beli yg merah. wkwkwkwk semprul.
Nah ini om, gemes saya sama jawaban begituan. Biasanya saya ngadepin kl soal oli gardan sama kl mereka rekomen oli 10W40, misal kaya di avanza. Slh satu bengkel non resmi yang kaya bengkel resmi terkenal di jateng (saya skrg langganan disini, walaupun saya cerewet banget sama SA-mekaniknya sampe mereka rada ngambek pas mbl saya diservis, tau lah ya namanya C :big_biglaugh: ) scr ngga langsung berkutat pakek kata2 "biasanya" padahal di buku panduan jelas salah. Rasanya minta tak lempar buku panduannya avanza sama innova ini, drpd debat sama mereka :big_biglaugh:
Don't Judge The Book By It's Cover

User avatar
Omnibus
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1831
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

marmut wrote:
28 Jun 2020, 20:22
Omnibus wrote:
28 Jun 2020, 18:38

jadi sirup cincau bisa


............. :ngacir:

nggak jelas ini infonya.
musti yang warna merah atau coklat bening?
kalau saya lebih suka yang warna coklat bening. yang merah cocok buat es serut.
ATF bekas kl mau coklat bening

:big_weee:

evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1652
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by evanbngdor »

erwinign wrote:
28 Jun 2020, 12:36
iroedii5 wrote:
28 Jun 2020, 11:26
erwinign wrote:
Khusus untuk ATF om basicnya. Kl fungsi lain bs buat oli power steering, krn udah meet standard dexron 3. MTF cari buat mobil apa om?
Makasih om, soalnya liat di tokoijo yg jual nya blg bisa buat manual transmisi Image
Kok blm pernah denger ya om ATF bs dipake buat MTF wkwkwkwk
Umumnya untuk oli gearbox manual sih minta nya yg spek GL-4 atau GL-5. Cuma memang ada pabrikan yg pakein ATF untuk oli gearbox manualnya
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T

DrgFredysen
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: 25 May 2019, 14:31
Location: Medan
Daily Vehicle: Innova diesel

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DrgFredysen »

evanbngdor wrote:
28 Jun 2020, 21:21
erwinign wrote:
28 Jun 2020, 12:36
iroedii5 wrote:
28 Jun 2020, 11:26
Makasih om, soalnya liat di tokoijo yg jual nya blg bisa buat manual transmisi Image
Kok blm pernah denger ya om ATF bs dipake buat MTF wkwkwkwk
Umumnya untuk oli gearbox manual sih minta nya yg spek GL-4 atau GL-5. Cuma memang ada pabrikan yg pakein ATF untuk oli gearbox manualnya
:mky_01:

Berarti tinggal beli oli spek GL-5 donk om. Bisa masuk d transmisi manual dan gardan

DrgFredysen
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: 25 May 2019, 14:31
Location: Medan
Daily Vehicle: Innova diesel

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DrgFredysen »

Saran donk om, merk oli transmisi manual dan oli gardan buat innova diesel 2012. Kalo bisa yg masuk untuk keduanya jadi gak ada oli sisa.

evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1652
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by evanbngdor »

DrgFredysen wrote:
03 Jul 2020, 16:22
Saran donk om, merk oli transmisi manual dan oli gardan buat innova diesel 2012. Kalo bisa yg masuk untuk keduanya jadi gak ada oli sisa.
Secara Spek sih beda ya untuk transmisi sama gardan, Kalau Transmisi itu GL-4, gardan itu GL-5. Jd emang mesti beli 2 jenis oli. Merek bebas, banyak juga kok jenisnya MTF, mulai dari shell, castrol, TMO, redline, dll. Oli Gardan malah lebih banyak lg mereknya. Disesuaikan sama dompet aja Om.

Cuma saya sendiri pernah coba Eneos GL-5 untuk transmisi jg, konon kata Om Turbo Eneos GL-5 lumayan aman untuk transmisi manual, meskipun idealnya dan seharusnya pake GL-4.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T

DrgFredysen
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: 25 May 2019, 14:31
Location: Medan
Daily Vehicle: Innova diesel

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DrgFredysen »

evanbngdor wrote:
05 Jul 2020, 07:46
DrgFredysen wrote:
03 Jul 2020, 16:22
Saran donk om, merk oli transmisi manual dan oli gardan buat innova diesel 2012. Kalo bisa yg masuk untuk keduanya jadi gak ada oli sisa.
Secara Spek sih beda ya untuk transmisi sama gardan, Kalau Transmisi itu GL-4, gardan itu GL-5. Jd emang mesti beli 2 jenis oli. Merek bebas, banyak juga kok jenisnya MTF, mulai dari shell, castrol, TMO, redline, dll. Oli Gardan malah lebih banyak lg mereknya. Disesuaikan sama dompet aja Om.

Cuma saya sendiri pernah coba Eneos GL-5 untuk transmisi jg, konon kata Om Turbo Eneos GL-5 lumayan aman untuk transmisi manual, meskipun idealnya dan seharusnya pake GL-4.
Saran donk om suhu, yg worth it merk apa. Setahun paling jauh naik 6000km. Saya di medan. Beres toyota sini malah cuman ada 1 spek saja, sae 90 atau sae 140 untuk double gardan gk dikasi tau gl 4 atau gl 5. Kalau gl4 masuk ke gardan apa bukan makin beresiko?

evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1652
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by evanbngdor »

DrgFredysen wrote:
05 Jul 2020, 19:53
evanbngdor wrote:
05 Jul 2020, 07:46
DrgFredysen wrote:
03 Jul 2020, 16:22
Saran donk om, merk oli transmisi manual dan oli gardan buat innova diesel 2012. Kalo bisa yg masuk untuk keduanya jadi gak ada oli sisa.
Secara Spek sih beda ya untuk transmisi sama gardan, Kalau Transmisi itu GL-4, gardan itu GL-5. Jd emang mesti beli 2 jenis oli. Merek bebas, banyak juga kok jenisnya MTF, mulai dari shell, castrol, TMO, redline, dll. Oli Gardan malah lebih banyak lg mereknya. Disesuaikan sama dompet aja Om.

Cuma saya sendiri pernah coba Eneos GL-5 untuk transmisi jg, konon kata Om Turbo Eneos GL-5 lumayan aman untuk transmisi manual, meskipun idealnya dan seharusnya pake GL-4.
Saran donk om suhu, yg worth it merk apa. Setahun paling jauh naik 6000km. Saya di medan. Beres toyota sini malah cuman ada 1 spek saja, sae 90 atau sae 140 untuk double gardan gk dikasi tau gl 4 atau gl 5. Kalau gl4 masuk ke gardan apa bukan makin beresiko?
Setau saya sih kalo oli gardan yg dijual itu pasti GL-5 ya Om.

Merek bebas aja sih Om, untuk oli gardan yg worth sih menurut saya ya Eneos itu, oli transmisi selama ini saya pake MTF nya Wuling, sebelum ada MTF nya wuling pernah pake Eneos GL-5, pernah pake Redline MTF, FK, Q8, dll.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T

DrgFredysen
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: 25 May 2019, 14:31
Location: Medan
Daily Vehicle: Innova diesel

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DrgFredysen »

evanbngdor wrote:
06 Jul 2020, 09:31
DrgFredysen wrote:
05 Jul 2020, 19:53
evanbngdor wrote:
05 Jul 2020, 07:46
Secara Spek sih beda ya untuk transmisi sama gardan, Kalau Transmisi itu GL-4, gardan itu GL-5. Jd emang mesti beli 2 jenis oli. Merek bebas, banyak juga kok jenisnya MTF, mulai dari shell, castrol, TMO, redline, dll. Oli Gardan malah lebih banyak lg mereknya. Disesuaikan sama dompet aja Om.

Cuma saya sendiri pernah coba Eneos GL-5 untuk transmisi jg, konon kata Om Turbo Eneos GL-5 lumayan aman untuk transmisi manual, meskipun idealnya dan seharusnya pake GL-4.
Saran donk om suhu, yg worth it merk apa. Setahun paling jauh naik 6000km. Saya di medan. Beres toyota sini malah cuman ada 1 spek saja, sae 90 atau sae 140 untuk double gardan gk dikasi tau gl 4 atau gl 5. Kalau gl4 masuk ke gardan apa bukan makin beresiko?
Setau saya sih kalo oli gardan yg dijual itu pasti GL-5 ya Om.

Merek bebas aja sih Om, untuk oli gardan yg worth sih menurut saya ya Eneos itu, oli transmisi selama ini saya pake MTF nya Wuling, sebelum ada MTF nya wuling pernah pake Eneos GL-5, pernah pake Redline MTF, FK, Q8, dll.

Thanks sarannya om

copper rod
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 154
Joined: 27 Jul 2009, 21:57

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by copper rod »

Mhn sarannya,
Innova G 2010 slm ini pake TMO T4,yg sy mau tanya dgn AFW+ bgs mana ya krn rencananya sy mau kuras oli matic...
Dan sy baca spec AFW+ bisa utk T4 dan secara harga jg lumayan bedanya

1lg,kira2 utk oli PS ATF M-III yg bgs apa ya dan mslh gak ya kl beda merk kl cm utk tambah oli PS yg kurang?

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 20499
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

copper rod wrote:Mhn sarannya,
Innova G 2010 slm ini pake TMO T4,yg sy mau tanya dgn AFW+ bgs mana ya krn rencananya sy mau kuras oli matic...
Dan sy baca spec AFW+ bisa utk T4 dan secara harga jg lumayan bedanya

1lg,kira2 utk oli PS ATF M-III yg bgs apa ya dan mslh gak ya kl beda merk kl cm utk tambah oli PS yg kurang?
AFW+

bisa utk T-4

Trusted seller

oli transmisi otomatis Aisin afw+
https://tokopedia.link/r8CiQ3JxN7 di toko td motor Rp70.000 di Tokopedia

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 20499
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

Kalo mau yg lebih mantap, dimana tarikan jadi lebih enteng

juga meet std T-4 / JWS 3309

PTT AUTOMAT A1

https://www.blibli.com/p/ptt-lubricants ... tCode=null

arielaar08
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 06 Jul 2020, 19:37
Location: Bali
Daily Vehicle: Honda Crv

Oli AT Honda crv 2013

Post by arielaar08 »

Permisi numpang tanya nih.. sy pakai honda crv tahun 2013, bulan 8 tahun 2019 lalu sempat ganti oli AT, nah trnyata bengkel nya salah kasi oli AT yg seharus nya pake ATF DW-1 malah di ksi ATF Z1 dan baru ketahuan nya hari ini karena sy blakangan ini ngrasa pas bawa mobil agak aneh, pas di gas terus di lepas pedal gas terasa spt shift down nya ada hentakan atau kurang smooth gtu, dan seperti kyk engine break gtu. Mohon pencerahan nya suhu2 sekalian.

AGSA
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: 11 Jan 2014, 01:26

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by AGSA »

@om turbo: Om kalau utk toyota Harrier tua 2.400 cc thn 2008 yg perlu oli t4 mendingan ptt automat apa afw+ ya? Sama mau nanya ini cara nya gerlong gmn ya kok saya cari d youtube tdk ada apa ada nama lain utk kuras gerlong?

copper rod
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 154
Joined: 27 Jul 2009, 21:57

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by copper rod »

Turboman wrote:
06 Jul 2020, 19:05
copper rod wrote:Mhn sarannya,
Innova G 2010 slm ini pake TMO T4,yg sy mau tanya dgn AFW+ bgs mana ya krn rencananya sy mau kuras oli matic...
Dan sy baca spec AFW+ bisa utk T4 dan secara harga jg lumayan bedanya

1lg,kira2 utk oli PS ATF M-III yg bgs apa ya dan mslh gak ya kl beda merk kl cm utk tambah oli PS yg kurang?
AFW+

bisa utk T-4

Trusted seller

oli transmisi otomatis Aisin afw+
https://tokopedia.link/r8CiQ3JxN7 di toko td motor Rp70.000 di Tokopedia
Siap,makasih sarannya om @Turboman

DrgFredysen
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: 25 May 2019, 14:31
Location: Medan
Daily Vehicle: Innova diesel

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DrgFredysen »

Baru baca transmisi manual reborn minyta GL3. Apakah sinkron mesh reborn lbh sensitif dari innova lama?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

User avatar
marmut
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3425
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by marmut »

DrgFredysen wrote:
11 Jul 2020, 10:12
Baru baca transmisi manual reborn minyta GL3. Apakah sinkron mesh reborn lbh sensitif dari innova lama?

synchromesh

itu dalam kurung ada tulisan GL-4 dan ada keterangan tambahan atau yang setara, ikuti saja yang didalam kurung dan/atau keterangan tambahannya. kalau bersikeras pakai GL-3, boleh cari di museum.
pipes - cigars - coffee

blloewy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 203
Joined: 18 Nov 2019, 08:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by blloewy »

WTA...untuk Transmisi MT.
Misalkan syarat pabrikan 75W-80 tp dikasi 85W-90 efeknya apa ya?
Lalu ada metode kuras juga kah? Kuras nya per brp rb km kalau penggantian tiap 20rb km atau 2 thn?
Krn selama ini taunya ya ganti oli MT aja, ngga paham ada kuras juga. :ungg:
nubie in all things - still need to learn

User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2027
Joined: 24 Jun 2016, 18:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by coklatMetalik »

blloewy wrote:
Yesterday, 06:44
WTA...untuk Transmisi MT.
Misalkan syarat pabrikan 75W-80 tp dikasi 85W-90 efeknya apa ya?
Lalu ada metode kuras juga kah? Kuras nya per brp rb km kalau penggantian tiap 20rb km atau 2 thn?
Krn selama ini taunya ya ganti oli MT aja, ngga paham ada kuras juga. :ungg:
Setau sy sih ganti/kuras transmisi MT ya gitu2 aja. Ga kaya AT yg bs bbrp metode.

MT sih cukup buka drain plug, tunggu sampe abis. Tutup lagi. Buka fill plug, isi oli GL4 dari situ, bisa pake pompa khusus atau pakai plastik jg bisa :ngacir: . Tutup lagi, selesai
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82

blloewy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 203
Joined: 18 Nov 2019, 08:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by blloewy »

coklatMetalik wrote:
Yesterday, 07:21
blloewy wrote:
Yesterday, 06:44
WTA...untuk Transmisi MT.
Misalkan syarat pabrikan 75W-80 tp dikasi 85W-90 efeknya apa ya?
Lalu ada metode kuras juga kah? Kuras nya per brp rb km kalau penggantian tiap 20rb km atau 2 thn?
Krn selama ini taunya ya ganti oli MT aja, ngga paham ada kuras juga. :ungg:
Setau sy sih ganti/kuras transmisi MT ya gitu2 aja. Ga kaya AT yg bs bbrp metode.

MT sih cukup buka drain plug, tunggu sampe abis. Tutup lagi. Buka fill plug, isi oli GL4 dari situ, bisa pake pompa khusus atau pakai plastik jg bisa :ngacir: . Tutup lagi, selesai
Owh kirain ada metode baru...
Thanks om share nya
nubie in all things - still need to learn

evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1652
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by evanbngdor »

blloewy wrote:
Yesterday, 08:02
coklatMetalik wrote:
Yesterday, 07:21
blloewy wrote:
Yesterday, 06:44
WTA...untuk Transmisi MT.
Misalkan syarat pabrikan 75W-80 tp dikasi 85W-90 efeknya apa ya?
Lalu ada metode kuras juga kah? Kuras nya per brp rb km kalau penggantian tiap 20rb km atau 2 thn?
Krn selama ini taunya ya ganti oli MT aja, ngga paham ada kuras juga. :ungg:
Setau sy sih ganti/kuras transmisi MT ya gitu2 aja. Ga kaya AT yg bs bbrp metode.

MT sih cukup buka drain plug, tunggu sampe abis. Tutup lagi. Buka fill plug, isi oli GL4 dari situ, bisa pake pompa khusus atau pakai plastik jg bisa :ngacir: . Tutup lagi, selesai
Owh kirain ada metode baru...
Thanks om share nya
Kalo mau bener2 bersih sih begitu oli lama dibuang sampe habis, tuang oli baru kira-kira 0,5 liter biarin aja ngalir jd kayak sirkulasi. Setelah itu baru diisi lg.

Seumur2 sih saya ngga pernah ada masalah sama transmisi, perawatannya ya sederhana aja, ganti oli transmisi tiap 20rb km atau maksimal setahun, sama shiftingnya ya jangan kayak di film fast&furious
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T

User avatar
Suryaputra
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1326
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Jakarta - Bekasi

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Suryaputra »

evanbngdor wrote:
Yesterday, 09:41
blloewy wrote:
Yesterday, 08:02
coklatMetalik wrote:
Yesterday, 07:21


Setau sy sih ganti/kuras transmisi MT ya gitu2 aja. Ga kaya AT yg bs bbrp metode.

MT sih cukup buka drain plug, tunggu sampe abis. Tutup lagi. Buka fill plug, isi oli GL4 dari situ, bisa pake pompa khusus atau pakai plastik jg bisa :ngacir: . Tutup lagi, selesai
Owh kirain ada metode baru...
Thanks om share nya
Kalo mau bener2 bersih sih begitu oli lama dibuang sampe habis, tuang oli baru kira-kira 0,5 liter biarin aja ngalir jd kayak sirkulasi. Setelah itu baru diisi lg.

Seumur2 sih saya ngga pernah ada masalah sama transmisi, perawatannya ya sederhana aja, ganti oli transmisi tiap 20rb km atau maksimal setahun, sama shiftingnya ya jangan kayak di film fast&furious
:mky_01:
:big_biglaugh: setelah shooting lgs OH transmisi itu :big_biglaugh:

________________________________________________________________

By the way kmrn ganti lendir matic Honda mobilio,
pakai CTVF Honda HCF-2 di beres soe-ta bandung.

harga lendirnya di beres murah banget, relatif lbh murah dibanding toko2 online yg jual perlendiran :mky_01:

tuang 3.4 liter dgn interval ganti 2 thn / 20rb KM
hasilnya josssss, lbh responsif, toel dikit gasnya udh meluncur.

jadi sebetulnya spec ATF bawaan beres udh cukup, yg penti gantinya lbh sering aja.
insya Allah awet.

lbh bagus lagi klo tiap 2x ganti oli mesin, juga ganti CVTF, jadi filter ATFnya jg lbh awet dan gak cepat kotor.

Dgn gas toel dikit udh jalan, mesin pun lbh efisien, apalagi lendir mesin pake Q8 0W20, maknyusss :big_grin:
*Colek Me if I'm Wrong

kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4982
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by kompresorz »

evanbngdor wrote:
Yesterday, 09:41


Kalo mau bener2 bersih sih begitu oli lama dibuang sampe habis, tuang oli baru kira-kira 0,5 liter biarin aja ngalir jd kayak sirkulasi. Setelah itu baru diisi lg.

Seumur2 sih saya ngga pernah ada masalah sama transmisi, perawatannya ya sederhana aja, ganti oli transmisi tiap 20rb km atau maksimal setahun, sama shiftingnya ya jangan kayak di film fast&furious
:mky_01:

transmisi kijang n fortuner sering sifting ky film fas furius sambil mentokin spido awet aja tuh....dengan modif lipatin tenaga mesin...
kadang bawa batu...gak kdodoran tuh...

berarti emang transmisi kuat...


kijang dilawan...tiada 2 nya....



:ngacir:

evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1652
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by evanbngdor »

kompresorz wrote:
Yesterday, 10:08
evanbngdor wrote:
Yesterday, 09:41


Kalo mau bener2 bersih sih begitu oli lama dibuang sampe habis, tuang oli baru kira-kira 0,5 liter biarin aja ngalir jd kayak sirkulasi. Setelah itu baru diisi lg.

Seumur2 sih saya ngga pernah ada masalah sama transmisi, perawatannya ya sederhana aja, ganti oli transmisi tiap 20rb km atau maksimal setahun, sama shiftingnya ya jangan kayak di film fast&furious
:mky_01:

transmisi kijang n fortuner sering sifting ky film fas furius sambil mentokin spido awet aja tuh....dengan modif lipatin tenaga mesin...
kadang bawa batu...gak kdodoran tuh...

berarti emang transmisi kuat...


kijang dilawan...tiada 2 nya....



:ngacir:
Kalo AT nya sih aman Om, karena masih diprotect sama komputer shiftingnya. Temen saya jg nyetir AT ala2 MT, dari L dulu sampe redline abis itu oper ke 2. Tp kalo shifting MT nya kayak film2 mah paling lama setahun jg minimal kopling jebol itu
:mky_04:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T

User avatar
Omnibus
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1831
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

evanbngdor wrote:
Yesterday, 11:45
kompresorz wrote:
Yesterday, 10:08
evanbngdor wrote:
Yesterday, 09:41


Kalo mau bener2 bersih sih begitu oli lama dibuang sampe habis, tuang oli baru kira-kira 0,5 liter biarin aja ngalir jd kayak sirkulasi. Setelah itu baru diisi lg.

Seumur2 sih saya ngga pernah ada masalah sama transmisi, perawatannya ya sederhana aja, ganti oli transmisi tiap 20rb km atau maksimal setahun, sama shiftingnya ya jangan kayak di film fast&furious
:mky_01:

transmisi kijang n fortuner sering sifting ky film fas furius sambil mentokin spido awet aja tuh....dengan modif lipatin tenaga mesin...
kadang bawa batu...gak kdodoran tuh...

berarti emang transmisi kuat...


kijang dilawan...tiada 2 nya....



:ngacir:
Kalo AT nya sih aman Om, karena masih diprotect sama komputer shiftingnya. Temen saya jg nyetir AT ala2 MT, dari L dulu sampe redline abis itu oper ke 2. Tp kalo shifting MT nya kayak film2 mah paling lama setahun jg minimal kopling jebol itu
:mky_04:
mending kopling jebol, synchromesh rontok om wkwkwk

apalagi pas ngoper nyangkut dulu kreekkk krrreeekkk hahahaha

that's the beauty of MT. pake MT ga seru kl ga gaya FnF

Post Reply