Oli Gardan dan Transmisi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

iwansiagian
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 426
Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
Location: Bekasi
Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by iwansiagian »

DOHC wrote:
Omnibus wrote: Tue Aug 04, 2020 6:37
Om,

barusan pagi2 coba iseng drain n fill si ac60e, kali ini agak improvisasi dikit sehh caranya.. kl yg waktu itu om ajarin kan tujuan nya biar termostat atf kebuka kan om, nah kl ini saya coba mobil dipanasin trus dipake bawa jalan dl muter2 komplek sambil maen2 in gigi sports mode nya..

stelah panas, saya drain, kluar nya 2.6 liter, persis sperti dl jumlah yg saya masukin

Ud saya coba KOEO jg tetep ga kluar lg om atf nya, trus enjin on jg tetep ga kluar lg..

ini apa ac60e buat bensin lebi dikit yah kapasitas nya dbanding 2GD ?? boro2 3 liter bsa kluar :big_think: :big_think:

penampakan :
20200809_093142.jpg
20200809_092902.jpg
ternyata stelah pemakaian 13 rebu km dr penggantian terakir , warna masi blom berubah sama sekali
Iya Om referensi beda 1 liter kapasitas oli matic bensin dengan diesel.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11372
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Mon Aug 10, 2020 2:47
ahh ternyata masi jauh dr overheat

td soalnya saya takut bisa overheat om, scara 5 menitan aj ud bsa 40an derajat

wes dahh, kayanya nanti next drain n fill baru saya coba lg, ini jg soalnya atf lama yg kluar td masi bagus (warna nya mirip plek2 an ama atf yg baru), sayang kl saya buang lg
ga akan lewat dr 58°C meski lama banget, soalnya ga ada beban.

jauh dr 110°C nya oli mesin normal temp.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Mon Aug 10, 2020 4:07
DOHC wrote: Mon Aug 10, 2020 2:47
ahh ternyata masi jauh dr overheat

td soalnya saya takut bisa overheat om, scara 5 menitan aj ud bsa 40an derajat

wes dahh, kayanya nanti next drain n fill baru saya coba lg, ini jg soalnya atf lama yg kluar td masi bagus (warna nya mirip plek2 an ama atf yg baru), sayang kl saya buang lg
ga akan lewat dr 58°C meski lama banget, soalnya ga ada beban.

jauh dr 110°C nya oli mesin normal temp.
sip info nya, nanti saya coba lg deh om

btw, mnurut om iwansiagian
iwansiagian wrote: Mon Aug 10, 2020 2:58 ]Iya Om referensi beda 1 liter kapasitas oli matic bensin dengan diesel.
yg bensin emg beda seliter om katanya

jd binggung jg nehh
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
boschdot
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 115
Joined: Mon Jun 17, 2019 9:55
Location: kota Surabaya

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by boschdot »

evanbngdor wrote: Thu Aug 06, 2020 2:25
boschdot wrote: Thu Aug 06, 2020 2:23
evanbngdor wrote: Thu Aug 06, 2020 2:16

Oli matic boleh pake Aisin AFW+, oli gardan pake Eneos 75w-90. Cuma Eneos ini skg lg susah barangnya kecuali emang toko yg masih punya stok lama2
butuh berapa liter ya om untuk transmisi matic VNT ini?? untuk gardan nya jg brp liter yaa??
Liat di buku manualnya aja Om
o ya om, oli transmisi matic dan gardan ini sebaiknya diganti tiap jalan brp KM yaa??
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by maastricht889 »

boschdot wrote: Thu Aug 13, 2020 9:12
evanbngdor wrote: Thu Aug 06, 2020 2:25
boschdot wrote: Thu Aug 06, 2020 2:23

butuh berapa liter ya om untuk transmisi matic VNT ini?? untuk gardan nya jg brp liter yaa??
Liat di buku manualnya aja Om
o ya om, oli transmisi matic dan gardan ini sebaiknya diganti tiap jalan brp KM yaa??
Bantu jawab, gardan 20rb sama kaya oli trans manual om. Kl oli matic di interval 20rb km ganti yg di karter (2-3lt), interval 40rb km kuras (7-10lt). Saya kl oli matic pengalaman digeber sampe 50rb km ud mulai gaenak
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

erwinign wrote: Thu Aug 13, 2020 10:06
boschdot wrote: Thu Aug 13, 2020 9:12
evanbngdor wrote: Thu Aug 06, 2020 2:25

Liat di buku manualnya aja Om
o ya om, oli transmisi matic dan gardan ini sebaiknya diganti tiap jalan brp KM yaa??
Bantu jawab, gardan 20rb sama kaya oli trans manual om. Kl oli matic di interval 20rb km ganti yg di karter (2-3lt), interval 40rb km kuras (7-10lt). Saya kl oli matic pengalaman digeber sampe 50rb km ud mulai gaenak
Kayanya oli matic tertentu bsa d tarik lebi jauh dikit d om

Saya pake afw+ dipake jalan 13 rebu aj, warna nya masi sama persis ama yg baru d tuang dr botol, kayanya bsa dtarik ampe 30 rebu neh

Kcuali kl hcf2, itu 15 rebu aja warnanya ud gelap banget
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by maastricht889 »

DOHC wrote: Thu Aug 13, 2020 10:09
erwinign wrote: Thu Aug 13, 2020 10:06
boschdot wrote: Thu Aug 13, 2020 9:12

o ya om, oli transmisi matic dan gardan ini sebaiknya diganti tiap jalan brp KM yaa??
Bantu jawab, gardan 20rb sama kaya oli trans manual om. Kl oli matic di interval 20rb km ganti yg di karter (2-3lt), interval 40rb km kuras (7-10lt). Saya kl oli matic pengalaman digeber sampe 50rb km ud mulai gaenak
Kayanya oli matic tertentu bsa d tarik lebi jauh dikit d om

Saya pake afw+ dipake jalan 13 rebu aj, warna nya masi sama persis ama yg baru d tuang dr botol, kayanya bsa dtarik ampe 30 rebu neh

Kcuali kl hcf2, itu 15 rebu aja warnanya ud gelap banget
Nah kalo kaya aisin, q8 mungkin banget sih om. Ini sy di ertiga pake q8 auto jk udah jalan 1,5th (7000km) oper2an gigi msh smooth cuma ada kerasa nahan dikit wkt jalan dalkot tp lepas gas. Msh mau ganti yg di karter akhir th ini apa enggak.

Sblm flush ke q8, dg kondisi atf bawaan pabrik combine atf sgo 3317 di karter yg nyebabin tarikan gaenak banget aja sy terusin sampe hampir 60rb km om. Di dipstick atf udah warnanya cenderung ungu gelap, dan sama mekaniknya msh dibilang bagus wkt itu wkwkwkwk (jun 2014-des 2018)
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by indeskey »

DOHC wrote:
erwinign wrote: Thu Aug 13, 2020 10:06
boschdot wrote: Thu Aug 13, 2020 9:12 o ya om, oli transmisi matic dan gardan ini sebaiknya diganti tiap jalan brp KM yaa??
Bantu jawab, gardan 20rb sama kaya oli trans manual om. Kl oli matic di interval 20rb km ganti yg di karter (2-3lt), interval 40rb km kuras (7-10lt). Saya kl oli matic pengalaman digeber sampe 50rb km ud mulai gaenak
Kayanya oli matic tertentu bsa d tarik lebi jauh dikit d om

Saya pake afw+ dipake jalan 13 rebu aj, warna nya masi sama persis ama yg baru d tuang dr botol, kayanya bsa dtarik ampe 30 rebu neh

Kcuali kl hcf2, itu 15 rebu aja warnanya ud gelap banget
Saya pake produk aisin cfex buat cvt 15k juga masih merah merona hehe... Top lah inj aisin, tp kabarnya nggak ikut sni ya. Harus cari alternatif lain ini.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

Aisin sehh yg afw+ saya liat ad stiker sni nya yah, mustinya yg type laen jg ad

Tp yah kasian jg sehh ini si aisin, ga selaku merk laen, nyari nya musti d toko2 tertentu doank
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11056
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by marmut »

indeskey wrote: Mon Aug 17, 2020 0:34
DOHC wrote:
erwinign wrote: Thu Aug 13, 2020 10:06

Bantu jawab, gardan 20rb sama kaya oli trans manual om. Kl oli matic di interval 20rb km ganti yg di karter (2-3lt), interval 40rb km kuras (7-10lt). Saya kl oli matic pengalaman digeber sampe 50rb km ud mulai gaenak
Kayanya oli matic tertentu bsa d tarik lebi jauh dikit d om

Saya pake afw+ dipake jalan 13 rebu aj, warna nya masi sama persis ama yg baru d tuang dr botol, kayanya bsa dtarik ampe 30 rebu neh

Kcuali kl hcf2, itu 15 rebu aja warnanya ud gelap banget
Saya pake produk aisin cfex buat cvt 15k juga masih merah merona hehe... Top lah inj aisin, tp kabarnya nggak ikut sni ya. Harus cari alternatif lain ini.

apa pentingnya juga SNI dibanding standar internasional? cuma ajang ngerampok yang dilegalkan.
mau ngadu mesran dengan royal purple?


20200521_094340.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
SG58
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Fri Jul 19, 2019 16:24
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Hrv

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by SG58 »

maaf mau nanya krn msi newbie dan mau coba rwat mobil sndri, utk HRV matic apakah oli gardan nya prlu dignti jka sdh smpai ODO 40rb Km? ganti nya di bengkel umum apakah bs? thnk you
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11056
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by marmut »

SG58 wrote: Mon Aug 17, 2020 17:40 maaf mau nanya krn msi newbie dan mau coba rwat mobil sndri, utk HRV matic apakah oli gardan nya prlu dignti jka sdh smpai ODO 40rb Km? ganti nya di bengkel umum apakah bs? thnk you

gardan jadi satu dengan transmisi.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by maastricht889 »

marmut wrote: Tue Aug 18, 2020 0:30
SG58 wrote: Mon Aug 17, 2020 17:40 maaf mau nanya krn msi newbie dan mau coba rwat mobil sndri, utk HRV matic apakah oli gardan nya prlu dignti jka sdh smpai ODO 40rb Km? ganti nya di bengkel umum apakah bs? thnk you

gardan jadi satu dengan transmisi.
Om, kl trans cvt ini bener bs dibilang gardan ya? Pas dulu servis skutik di honda oli cvt dibilang oli gardan sampe garuk2 kepala saya.
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by indeskey »

marmut wrote:
indeskey wrote: Mon Aug 17, 2020 0:34
DOHC wrote: Kayanya oli matic tertentu bsa d tarik lebi jauh dikit d om

Saya pake afw+ dipake jalan 13 rebu aj, warna nya masi sama persis ama yg baru d tuang dr botol, kayanya bsa dtarik ampe 30 rebu neh

Kcuali kl hcf2, itu 15 rebu aja warnanya ud gelap banget
Saya pake produk aisin cfex buat cvt 15k juga masih merah merona hehe... Top lah inj aisin, tp kabarnya nggak ikut sni ya. Harus cari alternatif lain ini.

apa pentingnya juga SNI dibanding standar internasional? cuma ajang ngerampok yang dilegalkan.
mau ngadu mesran dengan royal purple?


20200521_094340.jpg
Tukang rampok mending di iris2 aja ya mbah...
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

erwinign wrote: Tue Aug 18, 2020 1:06
marmut wrote: Tue Aug 18, 2020 0:30
SG58 wrote: Mon Aug 17, 2020 17:40 maaf mau nanya krn msi newbie dan mau coba rwat mobil sndri, utk HRV matic apakah oli gardan nya prlu dignti jka sdh smpai ODO 40rb Km? ganti nya di bengkel umum apakah bs? thnk you

gardan jadi satu dengan transmisi.
Om, kl trans cvt ini bener bs dibilang gardan ya? Pas dulu servis skutik di honda oli cvt dibilang oli gardan sampe garuk2 kepala saya.
Bukan si mbah
Tp iseng jawap

Kl motor skutik beda,emg ad gardan nya

Tp kl matic mobil2 jepun biasanya jd satu gear transmisi ama differensial (gardan), regardless itu matic cvt atau TC jadul

Kcuali utk matic2 eropa sperti punya nya VAG, nah ini dr jaman baheula aj ud dipisah, FWD matic tp ad "gardan" nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by b8099ok »

Emang bisa ya CVTF sampe 40rb?
FWD + eRWD + 4WD + 4WD = :big_cat:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11056
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by marmut »

erwinign wrote: Tue Aug 18, 2020 1:06

Om, kl trans cvt ini bener bs dibilang gardan ya? Pas dulu servis skutik di honda oli cvt dibilang oli gardan sampe garuk2 kepala saya.

yang saya tau, skutik itu cvt-nya tidak pakai pelumas. pelumasan hanya mesin dan gardan.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4603
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Profith83 »

b8099ok wrote: Tue Aug 18, 2020 2:27 Emang bisa ya CVTF sampe 40rb?
Bisa dan pernah coba, tapi gak enak jadinya.
Sebaiknya 30rb atau 2 thn
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5721
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by sintoni »

Kemaren baru beli AFW+ 2 galon buat ganti di Yasir ane.

Tinggal tunggu datang mungkin 10 harian lg, secara ikut ekspedisi.

Kepikiran mau ganti sendiri aja pake metode Gerlong yg ada di trit sebelah.

Kemaren2 sempet tanya biaya flushing di bengkel kalau bawa oli sendiri, dihitung 30rb / liter.

Mobil sudah 5.5 tahun kilometer 64rb belum pernah flushing atau tap oli metik, soalnya di buku manual tertulis 120rb. Zzzz.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11056
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by marmut »

sintoni wrote: Tue Aug 18, 2020 4:09 Kemaren baru beli AFW+ 2 galon buat ganti di Yasir ane.

Tinggal tunggu datang mungkin 10 harian lg, secara ikut ekspedisi.

Kepikiran mau ganti sendiri aja pake metode Gerlong yg ada di trit sebelah.

Kemaren2 sempet tanya biaya flushing di bengkel kalau bawa oli sendiri, dihitung 30rb / liter.

Mobil sudah 5.5 tahun kilometer 64rb belum pernah flushing atau tap oli metik, soalnya di buku manual tertulis 120rb. Zzzz.

kerjain sendiri aja, gampang.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4603
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Profith83 »

marmut wrote: Tue Aug 18, 2020 4:13
sintoni wrote: Tue Aug 18, 2020 4:09 Kemaren baru beli AFW+ 2 galon buat ganti di Yasir ane.

Tinggal tunggu datang mungkin 10 harian lg, secara ikut ekspedisi.

Kepikiran mau ganti sendiri aja pake metode Gerlong yg ada di trit sebelah.

Kemaren2 sempet tanya biaya flushing di bengkel kalau bawa oli sendiri, dihitung 30rb / liter.

Mobil sudah 5.5 tahun kilometer 64rb belum pernah flushing atau tap oli metik, soalnya di buku manual tertulis 120rb. Zzzz.

kerjain sendiri aja, gampang.
Ajarin om ganti sendiri, ada link, bisa paste lewat DM om saya mau DIY juga
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

Profith83 wrote: Tue Aug 18, 2020 4:42
marmut wrote: Tue Aug 18, 2020 4:13
sintoni wrote: Tue Aug 18, 2020 4:09 Kemaren baru beli AFW+ 2 galon buat ganti di Yasir ane.

Tinggal tunggu datang mungkin 10 harian lg, secara ikut ekspedisi.

Kepikiran mau ganti sendiri aja pake metode Gerlong yg ada di trit sebelah.

Kemaren2 sempet tanya biaya flushing di bengkel kalau bawa oli sendiri, dihitung 30rb / liter.

Mobil sudah 5.5 tahun kilometer 64rb belum pernah flushing atau tap oli metik, soalnya di buku manual tertulis 120rb. Zzzz.

kerjain sendiri aja, gampang.
Ajarin om ganti sendiri, ada link, bisa paste lewat DM om saya mau DIY juga
DiY GNKI masi mendingan om

AnKI tuh baru pe er, baut ngisi nya d kolong deket as kopel , baut cek jg d kolong

Saya kl tap atf anki, biasanya 2 penghuni kebon binatang kluar

Paling enak tap hrv, kebon binatang libur
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

sintoni wrote: Tue Aug 18, 2020 4:09 Kemaren baru beli AFW+ 2 galon buat ganti di Yasir ane.

Tinggal tunggu datang mungkin 10 harian lg, secara ikut ekspedisi.

Kepikiran mau ganti sendiri aja pake metode Gerlong yg ada di trit sebelah.

Kemaren2 sempet tanya biaya flushing di bengkel kalau bawa oli sendiri, dihitung 30rb / liter.

Mobil sudah 5.5 tahun kilometer 64rb belum pernah flushing atau tap oli metik, soalnya di buku manual tertulis 120rb. Zzzz.
@mafia

Jgn lupa d post d marih om, btw itu bawaan nya T4 atau WS om ? Kl WS sehh kayanya mantep tuh warna nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5721
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by sintoni »

marmut wrote: Tue Aug 18, 2020 4:13
kerjain sendiri aja, gampang.
Iyo om, beberapa waktu lalu baca2 rasanya gampang sih ngeflush sendiri, karena itu mau coba DIY. Terinsiprasi dari om hamster + om Klep + om Omni jg jadi pengen DIY yang gampang2, kayak kemaren ganti SA belakang, mau ganti yg depan tunggu treker dulu beli online. Haha. Makasih supportnya om.


Profith83 wrote: Tue Aug 18, 2020 4:42
Ajarin om ganti sendiri, ada link, bisa paste lewat DM om saya mau DIY juga
Ane liat disini om:

viewtopic.php?t=25582

Klop sudah buat ane secara mobil ane ada dipstik ATF jg.

DOHC wrote: Tue Aug 18, 2020 5:04
Jgn lupa d post d marih om, btw itu bawaan nya T4 atau WS om ? Kl WS sehh kayanya mantep tuh warna nya
Siap om, kemaren iseng2 ane cek via dipstik sih ga keliatan sudah butek atau masih bening.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4603
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Profith83 »

sintoni wrote: Tue Aug 18, 2020 5:35
marmut wrote: Tue Aug 18, 2020 4:13
kerjain sendiri aja, gampang.
Iyo om, beberapa waktu lalu baca2 rasanya gampang sih ngeflush sendiri, karena itu mau coba DIY. Terinsiprasi dari om hamster + om Klep + om Omni jg jadi pengen DIY yang gampang2, kayak kemaren ganti SA belakang, mau ganti yg depan tunggu treker dulu beli online. Haha. Makasih supportnya om.


Profith83 wrote: Tue Aug 18, 2020 4:42
Ajarin om ganti sendiri, ada link, bisa paste lewat DM om saya mau DIY juga
Ane liat disini om:

viewtopic.php?t=25582

Klop sudah buat ane secara mobil ane ada dipstik ATF jg.

DOHC wrote: Tue Aug 18, 2020 5:04
Jgn lupa d post d marih om, btw itu bawaan nya T4 atau WS om ? Kl WS sehh kayanya mantep tuh warna nya
Siap om, kemaren iseng2 ane cek via dipstik sih ga keliatan sudah butek atau masih bening.
Selangnya itu yg ane gak yakin. Selang mana yang dilepas untuk dibuang ATF nya