Mau sekir klep karena mesin pincang???

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
awunk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: Sat Jul 05, 2003 16:18
Location: Jakarta

Mau sekir klep karena mesin pincang???

Post by awunk »

Hallo semua... :)

Kalo boleh tanya lagi, gw mau nanya...
Gw mau turun mesin setengah (sekir klep) mobil gw, alesannya mesin mobil gw udah pincang, dan suaranya ada bunyi tek..tek...tek...
Kata montir-montir yang gw tanya, ini mesin perlu di sekir klep, n sampe sekarang mesin gw makin parah, yang tadinya cuma pincang satu trus merembaet jadi 2 yang pincang... Kok bisa yah..?!

Mau tanya, sekir klep itu diapain aja sih?? (Sori nih awam bgt.. :oops: )

Dan kira-kira alat-alat atau spare part apa saja yang biasanya kena ganti?? (mobil gw corolla twincam 90)

Apa sekir klep itu perlu bubut segala??

Ada yang tau gak harga kira-kira ongkos kerja relatifnya berapa??

ThanX Be 4... :) :D :P :wink:
BlacK CorLift
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Re: Mau sekir klep karena mesin pincang???

Post by Yongis_CD »

awunk wrote: Mau tanya, sekir klep itu diapain aja sih?? (Sori nih awam bgt.. :oops: )

Dan kira-kira alat-alat atau spare part apa saja yang biasanya kena ganti?? (mobil gw corolla twincam 90)

Apa sekir klep itu perlu bubut segala??

Ada yang tau gak harga kira-kira ongkos kerja relatifnya berapa??

ThanX Be 4... :) :D :P :wink:
1.skir klep dibutuhkan karena dudukan katup udah bocor karena usia dan pemakaian ,yg di skir atau dihaluskan kembali bisa lihat gambar

2.yg diganti meliputi paking kepala silinder ,seal seal seluruh klep dan mungkin kalo ada klep yg rusak atau tidakbisa di bersihkan lagi maka klep tersebut harus diganti

3.bila ditemukan cylinder head bengkok maka perlu dilakukan pembubutan ,bila kebengkokan diluar toleransi maka cyllinderhead harus diganti

4.ongkosnya bervariasi tergantung bengkelnya..


ada teman2 yg bisa nambahin?...

terima kasih
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Equalizer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 570
Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
Location: 600km away

Post by Equalizer »

Liftback ya mas ..
udah berapa bengkel yang ditanyain mas ?

Gimana kalo langsung ganti ke mesin 4A-GE aja :D
User avatar
awunk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: Sat Jul 05, 2003 16:18
Location: Jakarta

Post by awunk »

Equalizer wrote:Liftback ya mas ..
udah berapa bengkel yang ditanyain mas ?

Gimana kalo langsung ganti ke mesin 4A-GE aja :D
Yup...

Kira-kira udah nanya 2 bengkel, n 4 montir... hehe...

Maunya sih gitu, tapi masalahnya di fulusnya mas, gw dah nanya kisaran harga mesin 4A-GE sekitar 7-10 juta rp. Kalo memang ternyata udah parah n mesti sampe turun mesin (overhaul), nah mendingan ganti mesin skalian..

:) :D 8) :wink:
BlacK CorLift
User avatar
awunk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: Sat Jul 05, 2003 16:18
Location: Jakarta

Post by awunk »

To Om Yongis..

Sebelomnya trims atas penjelasannya..

Om, bagaimana kalo sekir klepnya gak segera?? Apa akan ngaruh ke yang lainnya?? Atau akan semakin parah dan merembet ke klep atau ke cylinderhead lainnya??

Soalnya mobil ini udah lama pincang, tarikannya gak nentu kadang enteng kadang berat, trus pas dicoba di tol makin banci aja, top speed nya nurun drastis cuma bisa sampe 120-130 km/jam..

:P :)
BlacK CorLift
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

merembetnya bisa kemana mana,dikarenakan getaran dan kerja mesin yg sudah abnormal sehinggga bisa aja lama2 klepnya bisa terbakar semua sebaiknya jangan tunggu lama2 deh...mendingan buruan skir klep dulu sambil dicek piston dan blok mesinya...paling enggak mesin bisa enakan dikit memberi waktu buat anda berpikir2 mau overhaul sekalian atau ganti mesin...
boplang
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: Thu Aug 28, 2003 7:51
Location: Depan Karfur MT

Post by boplang »

gw pernah ngalami mesin pincang, dan gw selidiki ternyata karena kabel businya ada yg mati, saat di test pake ohm-meter/multi tester tidak ada arus sama sekali pada kabel busi yg mati tsb. begitu ganti baru pincangnya hilang. so ...... sebaiknya dicheck dulu system pembakarannya, bisa jadi kabel businya ada yg mati, ato juga bisa jadi businya udah ada yg mati dan waktunya ganti.
kumpul ora kumpul ... seng penting mangan ben ora kaliren
User avatar
hery_jul
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
Location: Anywhere in front of you

Post by hery_jul »

bener kata boplang, kalo cuman masalah pincang biasanya ada masalah dgn sistem pengapian, entah dari busi, kabel busi, sampe cdi, maksudnya ada salah satu silinder yg nggak berfungsi karena nggak ada pengapian di silinder itu, makanya mesin pincang.
kalo skir klep kejadiannya selain kompresi udah nggak normal, ada yg paling gampang ngerasainnya, pas kunci kontak dimatiin mesin masih nyala (matinya susah), ini artinya udah banyak kerak di ruang bakar, makanya ruang bakar kudu dibersiin, termasuk bersiin klepnya.
Jadi chek dulu sistem pengapiannya sebelum belah mesin.

pis guys
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

wah jangan2 awunk keburu sekir klep nih.........
kami tunggu konfirmasinya segera.............
User avatar
awunk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: Sat Jul 05, 2003 16:18
Location: Jakarta

Post by awunk »

Hehe... saya blom skir klep kok..

Tapi udah diperiksa montir seblomnya, busi serta kabel businya no problem, cuma kabel busi udah agak melemah tapi dikit.. tinggal cdi yang blom dicek..(abis agak susah, soalnya mesti ke bengkel khusus..).

Soal kunci kontak, mesin kayaknya masih normal matinya.

Waktu itu pernah stasioner diset pada 700-800 rpm, tapi tak lama setelah itu kira-kira 2 bulan, stasioner turun sendiri jadi 400-500 rpm. Sesudah itu, sempet saya bawa tune up karburator (di Yono, Taman Mini), ketika itu tarikan sempet bagus, tapi cepet kembali lemah setelah 3 mingguan. Kira-kira itu kenapa yah kok bisa gitu??
Jadi binunn.. :roll: :roll:

btw, thx 4 any suggestion... :wink: :)
BlacK CorLift
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

ya benar saya kira kalo bengkel yg baik ga akan langsung vonis skir klep pasti dia periksa bagian2 luar dahulu,...saya kira ga ada salahnya segera belah mesin agar segera diketahui penyebabnya...
deanz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Tue Sep 10, 2002 1:57
Location: Jakarta/Bandung

Post by deanz »

Saya pernah punya twincam, soal bunyi tektek bukan dari mie tektek tetapi dari koin pendorong katup.
Mobil konvensional pake sistem pelatuk dan twincam ini pake sistem koin. Bisa jadi koinnya sudah tipis sebagian sehingga ada sebagian silinder bukaan katupnya tidak maksimal dan akibatnya mesinnya pincang.
FYI, efek negatif bila katup diskir biasanya suara klep akan lebih berisik sedikit......hehe.....

BTW suara tekteknya tu knocking bukan sih??
User avatar
awunk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: Sat Jul 05, 2003 16:18
Location: Jakarta

Post by awunk »

Suara tektek..tek itu kayaknya sih knocking abis kayak diketok-ketok mulu.. heheh..., tapi biasanya bunyi kayak gitu kalo lagi pas pertama mesin diidupin atau dipanasin. Trus kalo udah kira-kira 10-15 menitan baru knockingnya agak ilang. Dan sekilas mesinnya kedengaran agak kayak mesin diesel gitu.

:cry: :mad: :roll:
BlacK CorLift
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

hehehehe bang didin tepatnya sih kalo istilah sekolaan saya koin itu namanya SHIM ato pengganjal,kayaknya si koin itu ga bakalan tipis deh ,yg terjadi sebenarnya kan camshaft dan rumah shim nya aus oleh umur dan itulah yg menyebabkan jaraknya jadi jauh dan menimbulkan bunyi sehingga shim nya harus ditambah agar clereance katup kembali normal ,kalo uda panas baru suaranya agak hilang ya wajar karena sirkulasi oli yg sudah merata dan suhu mesin yg sudah panas
steve
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Tue Nov 04, 2003 18:22

Post by steve »

wuah....saya punya nissan coupe taun 1990 mesin twin cam...suara mesinnya juga kasar sekali, ada juga yang bilang karena bearing tensioner timing belt!
apa bisa suara kasar itu karena shimnya juga?kalo diganti shim yang lebih gede apa bisa diambil dari mobil lain?

kalo mau ganti mesin rujukannya dimana ya?
alamat?
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

kalo bearing tensioner sih tepatnya bukan menimbulkan suara kasar tapi berisik.....sseeeerrrrrrrrrrrr gitu kan?....jadi bukan suara klotakan macam valve sistem yg rusak, cara satu2 nya ya tensionernya ganti baru dong, harganya ga mahal dan bengkel2 tau benar caranya karena tensioner timing belt termasuk fast moving parts,seperti juga timing beltnya sendiri,sebaiknya biar aman dan ga repot ganti timing belt berikut tensionernya.....
steve
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Tue Nov 04, 2003 18:22

Post by steve »

wuah saya lupa kasih tau ya...suaranya kayak kreeeeeekkkkk gituu.....
kasar2nya seperti itu lah kira2nya nah kalo dijalankan konstan pada 300rpm keatas di dalam kabin terdengar suara mendengung..

saya juga bingung soalnya suara bearingnya nda seperti misalnya suara bearing kompresor ac yang rusak

saya sangat berminat mencari mesin ex luar negeri dimana ya kalo mencari?
steve
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Tue Nov 04, 2003 18:22

Post by steve »

oya saya lupa kasih tau mendengungnya tuh ngung....ngung...ngung.... bukan nguuuuuuung yang panjang tapi ngung....ngung...ngung....

hauhauhaua susah jelasinnya sih
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

ya cek aja dulu kebengkel jangan ditunda tunda...karena ada beberapa suara kasar yg mirip.....antara lain:
-waterpump rusak
-tensioner timing belt aus
-bearing Alternator
-bearing AC

orang bengkelnya ngecek pake alat yg mirip stetoskop dokter itu loh tiap bagian yg bergerak dia dengar dengan seksama, jadi ga bakal salah analisis...

buat temen2 yg lain ada yg bisa bantu steve soal ganti mesin?........

terima kasih.
steve
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Tue Nov 04, 2003 18:22

Post by steve »

kalo yang laen2 sih rasane enggak soalnya suaranya seputar mesin aja bukan ac, alternator, dll tapi di bagian tensioner, mau lepas tuh susah soalnya mobilnya kecil jadi kalo mau bongkar susah n lama....jadi enakan konsultasi dulu sblm maen bongkar
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Mau sekir klep karena mesin pincang???

Post by y_anjasrana »

akhirnya gimana om, jd diskir klepnya atau malah udah dijual?
Accurate V5 Accounting System Consultant