Untung Rugi mencopot Termostat - what's u'r opinion ?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 332
- Joined: Sat Dec 28, 2013 23:45
Re: Untung Rugi mencopot Termostat - what's u'r opinion ?
Thread berumur hampir 15 tahun.sory oot
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Untung Rugi mencopot Termostat - what's u'r opinion ?
Taun lalu sy ganti thermostat krn ternyata sudah jebol
Gk kerasa bedanya....
Gk kerasa bedanya....
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 559
- Joined: Fri Jun 26, 2015 9:04
Untung Rugi mencopot Termostat - what's u'r opinion ?
CMIIW ya..Sejauh yg nubie tau mobil non thermostat terasa lebih loyo disaat panas, karena sirkulasi coolant yg tdk sempurna jelas berpengaruh ke suhu kerja mesin yg optimal, tapi memang betul ga kerasa bedanya kl cuma jalan sebentar macet2 dikit & ga digeber terus sampai redline.coklatMetalik wrote:Taun lalu sy ganti thermostat krn ternyata sudah jebol
Gk kerasa bedanya....
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 281
- Joined: Tue Oct 17, 2017 12:49
- Location: Solo
- Daily Vehicle: GerobakPerang
Re: Untung Rugi mencopot Termostat - what's u'r opinion ?
tergantung mobilnya juga sih, kalo mobil eropa lawas ya sepertinya banyak yang maen copot ya, tapi kalo peruntukkannya memang di iklim tropis seperti Indonesia,ya Thermostat sangat berguna ya.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 234
- Joined: Sat Jul 23, 2016 8:58
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
Re: Untung Rugi mencopot Termostat - what's u'r opinion ?
kalo ane sih termostat mesti terpasang, pernah ngalamin di kalo lepas di mesin jadul bensin yg pake karburator, pas dingin mesin brebet.
i am, a sleeper
G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Sun Dec 16, 2018 2:36
- Location: jakarta
- Daily Vehicle: proton exora
Re: Untung Rugi mencopot Termostat - what's u'r opinion ?
termostat di mobil dipasang untuk menjaga suhu engine di awal mobil berjalan cukup panas sehingga tidak merusak komponen dalam engine.
pada mobil yang ada indikator panas engine (tanda kunci biru), tanda tersebut harus mati sebelum mobil dijalankan.
Setelah mobil bergerak, otomatis suhu engine panas dan termostart terbuka selalu ditandai dengan kipas radiator yang berputar.
Justru kalau dibuka, suhu engine jadi stabil karena semua air radiator mendapat pendinginan yang langsung, tidak terjadi percampuran antara air dingin dan panas yang sangat berbahaya.
pada mobil yang ada indikator panas engine (tanda kunci biru), tanda tersebut harus mati sebelum mobil dijalankan.
Setelah mobil bergerak, otomatis suhu engine panas dan termostart terbuka selalu ditandai dengan kipas radiator yang berputar.
Justru kalau dibuka, suhu engine jadi stabil karena semua air radiator mendapat pendinginan yang langsung, tidak terjadi percampuran antara air dingin dan panas yang sangat berbahaya.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 53
- Joined: Mon Feb 29, 2016 4:15
Re: Untung Rugi mencopot Termostat - what's u'r opinion ?
Di 2 mobil diesel tua jadul sAya yAng Sama jenis dan tahun. Satu bertermostat, satu tidak.
Yang Dilepas termostat: Isi air keran,bypass disesuaikan dulu, handal dipakai di tanjakan ( maksimal 89 celcius), dalkot macet (75 celcius), kelebihan: awet selang hose (minim biaya ganti hose) , pede ditanjakan.
Di toll kecepatan 100kpj dinihari temperatur 59 celcius agak geter, kurangi kecepatan jadi 65celcius normal lagi.
Goal saya : minim biaya, tanpa resiko overhead, perjalanan jauh tidak ada kerusakan (rutin semarang-kediri).
Saya yakin resiko hose pecah lebih sering terjadi drpd mesin jebol karena overcool
Yang Dilepas termostat: Isi air keran,bypass disesuaikan dulu, handal dipakai di tanjakan ( maksimal 89 celcius), dalkot macet (75 celcius), kelebihan: awet selang hose (minim biaya ganti hose) , pede ditanjakan.
Di toll kecepatan 100kpj dinihari temperatur 59 celcius agak geter, kurangi kecepatan jadi 65celcius normal lagi.
Goal saya : minim biaya, tanpa resiko overhead, perjalanan jauh tidak ada kerusakan (rutin semarang-kediri).
Saya yakin resiko hose pecah lebih sering terjadi drpd mesin jebol karena overcool
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1435
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Untung Rugi mencopot Termostat - what's u'r opinion ?
Wah kalau baca sekilas dari depan, banyak yang berasosiasi thermostat itu untuk mengatur sirkulasi air radiator di mobil.
Sedikit meluruskan persepsi saja, bahwa secara elektronik, thermostat adalah skalar otomatis yang bekerja berdasar suhu.
Saklar otomatis ini memberi perintah on dan off yang terhubung dengan actuator sesuai fungsi, ada yang terhubung ke valve atau solenoid valve kalau yang diatur adalah aliran zat atau material. Atau terhubung dengan relay jika yang dikontrol adalah arus listrik.
Di mobil modern bisa jadi akan punya banyak thermostat, ada untuk radiator, AC plus heater, seat heater, dll.
Dispenser air dirumah, pemanas air otomatis, AC, kulkas dan semua yang bekerja dengan suhu akan menggunakan thermostat.
Karena dijudul ga spesifik, jadi ya jelas rugi kalau lepas thermostat
Sedikit meluruskan persepsi saja, bahwa secara elektronik, thermostat adalah skalar otomatis yang bekerja berdasar suhu.
Saklar otomatis ini memberi perintah on dan off yang terhubung dengan actuator sesuai fungsi, ada yang terhubung ke valve atau solenoid valve kalau yang diatur adalah aliran zat atau material. Atau terhubung dengan relay jika yang dikontrol adalah arus listrik.
Di mobil modern bisa jadi akan punya banyak thermostat, ada untuk radiator, AC plus heater, seat heater, dll.
Dispenser air dirumah, pemanas air otomatis, AC, kulkas dan semua yang bekerja dengan suhu akan menggunakan thermostat.
Karena dijudul ga spesifik, jadi ya jelas rugi kalau lepas thermostat
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 372
- Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: GNA G 1300 AT
Re: Untung Rugi mencopot Termostat - what's u'r opinion ?
Pengalaman saya di Daihatsu Taft, pernah satu waktu saat malam hari saya ngerasa mesin kurang bertenaga, suaranya lebih "nggratak" dari biasanya.
Trus sekilas saya lihat indikator suhu mesin, kok jarumnya rebah banget ke kiri. Ternyata thermostatnya macet, bersyukur sih macetnya di posisi terbuka terus.
Besoknya ganti thermostat baru dan tenaga mesin enak lagi, suara mesin pun kembali ke normal plus jarum indikator suhu kembali ke posisi hampir setengah.
Trus sekilas saya lihat indikator suhu mesin, kok jarumnya rebah banget ke kiri. Ternyata thermostatnya macet, bersyukur sih macetnya di posisi terbuka terus.
Besoknya ganti thermostat baru dan tenaga mesin enak lagi, suara mesin pun kembali ke normal plus jarum indikator suhu kembali ke posisi hampir setengah.
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2726
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125
Re: Untung Rugi mencopot Termostat - what's u'r opinion ?
Thermostat ini umurnya brp tahun ya??
Kalo 5 tahun ganti oke ga ya??
Kalo 5 tahun ganti oke ga ya??
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11029
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 372
- Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: GNA G 1300 AT
Re: Untung Rugi mencopot Termostat - what's u'r opinion ?
Sebenernya ngga ada patokan sekian tahun harus ganti sih om. Part satu ini umurnya termasuk cukup panjang. Cuma memang namanya barang ya ada umurnya, di kasus saya air radiator selalu pakai coolant dari baru, jalur air semua bersih, tapi ya akhirnya thermostat rusak juga setelah umur 9 tahunan.Jambangan wrote:Thermostat ini umurnya brp tahun ya??
Kalo 5 tahun ganti oke ga ya??
Untuk yang lokasi thermostatnya mudah dijangkau sih ga ada salahnya dibuka dan dicek kalo udah umurnya 5 tahun lebih. Pas dingin dia posisi selalu nutup, pas panas harusnya membuka (bisa dites dengan direbus). Kebetulan si Taft posisi thermostatnya sangat mudah buat diperiksa...ini ada fotonya pas dulu saya cek rutin.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 44
- Joined: Thu Apr 07, 2016 17:42
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 340
- Joined: Mon Mar 06, 2017 10:39
- Daily Vehicle: terios
Re: Untung Rugi mencopot Termostat - what's u'r opinion ?
Pengalaman punya mobil tanpa termostat, jarum suhunya fluktuatif naik turun.
Kalau malam ademmm banget.
Kalau siang bolong bikin dagdigdug.
Kalau jalanan gunung naik turun, jarum temperatur juga naik turun.
Tapi gak pernah mesin mogok.
Konsumsi bbm juga gak pernah ngetes.
Btw skrg jaman teknologi mobil sudah berubah, lebih reliable, handal, jadi rasa2nya isu seperti ini hanya utk mobil2 generasi dulu ya.
Jadi menurut saya kerugian melepas termostat ya buang2 waktu aja.
Keuntungan melepas termostat ya kalau termostatnya dijual, bisa dapat untung.
Kalau malam ademmm banget.
Kalau siang bolong bikin dagdigdug.
Kalau jalanan gunung naik turun, jarum temperatur juga naik turun.
Tapi gak pernah mesin mogok.
Konsumsi bbm juga gak pernah ngetes.
Btw skrg jaman teknologi mobil sudah berubah, lebih reliable, handal, jadi rasa2nya isu seperti ini hanya utk mobil2 generasi dulu ya.
Jadi menurut saya kerugian melepas termostat ya buang2 waktu aja.
Keuntungan melepas termostat ya kalau termostatnya dijual, bisa dapat untung.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 44
- Joined: Thu Apr 07, 2016 17:42
Re: Untung Rugi mencopot Termostat - what's u'r opinion ?
Salute....classicrock wrote: ↑Thu May 09, 2019 19:32Sebenernya ngga ada patokan sekian tahun harus ganti sih om. Part satu ini umurnya termasuk cukup panjang. Cuma memang namanya barang ya ada umurnya, di kasus saya air radiator selalu pakai coolant dari baru, jalur air semua bersih, tapi ya akhirnya thermostat rusak juga setelah umur 9 tahunan.Jambangan wrote:Thermostat ini umurnya brp tahun ya??
Kalo 5 tahun ganti oke ga ya??
Untuk yang lokasi thermostatnya mudah dijangkau sih ga ada salahnya dibuka dan dicek kalo udah umurnya 5 tahun lebih. Pas dingin dia posisi selalu nutup, pas panas harusnya membuka (bisa dites dengan direbus). Kebetulan si Taft posisi thermostatnya sangat mudah buat diperiksa...ini ada fotonya pas dulu saya cek rutin.
IMG20170418110342.jpgIMG20170418112235.jpg
Mobil Taft tp msh pake coolant, mana warnanya sueger bgt
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 697
- Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
- Location: Perawang, Riau
- Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Re: Untung Rugi mencopot Termostat - what's u'r opinion ?
Ngapain juga dicopot. Tu insinyur nempelin sesuatu ke mobil kan sudah dihitung untung ruginya, apalagi yang menyangkut soal mesin. Kecuali krom2an ya. Dicopot juga gak ada untungnya pun. Kalo saya bawaan mobil apalagi menyangkut soal mesin saya biarkan nempel ditempatnya. Toh kita juga gak bisa liat kalo gak buka kap mesin
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 372
- Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: GNA G 1300 AT
Re: Untung Rugi mencopot Termostat - what's u'r opinion ?
Hehehehe....saat itu mobil umur udah 15 tahun om. Sekarang udah ga di saya. Udah dijual. Tapi pake coolant dari baru emang manfaatnya luar biasa. Jalur air bersih. Ini ada foto daleman blok saat waterpump lagi dicopot.samkenny95 wrote:Salute....classicrock wrote: ↑Thu May 09, 2019 19:32Sebenernya ngga ada patokan sekian tahun harus ganti sih om. Part satu ini umurnya termasuk cukup panjang. Cuma memang namanya barang ya ada umurnya, di kasus saya air radiator selalu pakai coolant dari baru, jalur air semua bersih, tapi ya akhirnya thermostat rusak juga setelah umur 9 tahunan.Jambangan wrote:Thermostat ini umurnya brp tahun ya??
Kalo 5 tahun ganti oke ga ya??
Untuk yang lokasi thermostatnya mudah dijangkau sih ga ada salahnya dibuka dan dicek kalo udah umurnya 5 tahun lebih. Pas dingin dia posisi selalu nutup, pas panas harusnya membuka (bisa dites dengan direbus). Kebetulan si Taft posisi thermostatnya sangat mudah buat diperiksa...ini ada fotonya pas dulu saya cek rutin.
IMG20170418110342.jpgIMG20170418112235.jpg
Mobil Taft tp msh pake coolant, mana warnanya sueger bgt [emoji7]
Maaf jadi OOT. Haha.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 44
- Joined: Thu Apr 07, 2016 17:42
Re: Untung Rugi mencopot Termostat - what's u'r opinion ?
Betul om manfaat serta hasil yg diperoleh luar biasa.
Sy pelihara mobil 2005, 2007, 2008 pake coolant semua masihan. Yg 2008 itu dpt second udah karatan dicampur air sama owner sblmnya, ane kuras sampe bersih toh ujung2nya balik ke coolant lg
Sy pelihara mobil 2005, 2007, 2008 pake coolant semua masihan. Yg 2008 itu dpt second udah karatan dicampur air sama owner sblmnya, ane kuras sampe bersih toh ujung2nya balik ke coolant lg