Suhu coolant mah kalo pemakaian normal and mobil kondisi normal segitu segitu aja. Mau pake coolant atau air juga seharusnya dia ngikut thermostatnya.Opeakkk wrote: 18 Apr 2025, 17:53Kalau segini di L10 normal ga mbah? jalan sekitar 2 jam, kondisi mendung, dalkot ga macetDOHC wrote: 18 Apr 2025, 14:49biar gmanapun, tetep suhu olmes mustinya ga bole sbegitu tinggi, kcuali lg dipake rpm tinggi konstan, kaya misal lg lari di tol, sirkuit dsbSuryaputra wrote: 18 Apr 2025, 12:01
Emg gtu mbah
Ya makanya oli mesin dirancang titik nyala apinya bs sampai >200C
Klo gak pk coolant, ya spt bbrp motor pendingin udara - air cooled, tanpa coolant, blok mesin buat dialirin udara, olinya lbh kentel dgn titik nyala lbh tinggi.![]()
tp kl rpm konstan cruisin di 80kph, sejauh yg kita orang tau ga bakal tralu beda jauh ama coolant, dan suhu coolant itu ga bole lebi tinggi dari 120an drajat .. perbezaan suhu olmes dan coolant pun jg by default ga bole tralu beda jauh, kcuali dapet oli ampas, atau oli mikrolet, yah itu laen crita dah
pengecualian oli girbok manual dan atf, ini emg biasanya mo pemakaian normal pun suhu kerja nya bsa d atas suhu coolant
Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
- sahabatq8
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2565
- Joined: 26 Sep 2021, 17:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
- Contact:
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27651
- Joined: 01 Feb 2009, 00:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
itu L10 nya diisi pake aer kembang dari gunung apa ?? adem ametOpeakkk wrote: 18 Apr 2025, 17:53Kalau segini di L10 normal ga mbah? jalan sekitar 2 jam, kondisi mendung, dalkot ga macetDOHC wrote: 18 Apr 2025, 14:49biar gmanapun, tetep suhu olmes mustinya ga bole sbegitu tinggi, kcuali lg dipake rpm tinggi konstan, kaya misal lg lari di tol, sirkuit dsbSuryaputra wrote: 18 Apr 2025, 12:01
Emg gtu mbah
Ya makanya oli mesin dirancang titik nyala apinya bs sampai >200C
Klo gak pk coolant, ya spt bbrp motor pendingin udara - air cooled, tanpa coolant, blok mesin buat dialirin udara, olinya lbh kentel dgn titik nyala lbh tinggi.![]()
tp kl rpm konstan cruisin di 80kph, sejauh yg kita orang tau ga bakal tralu beda jauh ama coolant, dan suhu coolant itu ga bole lebi tinggi dari 120an drajat .. perbezaan suhu olmes dan coolant pun jg by default ga bole tralu beda jauh, kcuali dapet oli ampas, atau oli mikrolet, yah itu laen crita dah
pengecualian oli girbok manual dan atf, ini emg biasanya mo pemakaian normal pun suhu kerja nya bsa d atas suhu coolant
numpang lewat aja....


- marmut
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11891
- Joined: 16 Oct 2013, 13:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
pasang thermo king di depan radiator
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27651
- Joined: 01 Feb 2009, 00:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
kirain pake aer dari gunung kawi


numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12601
- Joined: 30 Apr 2013, 14:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
Kap mesinnya dilepas
Jd air intake tempnya jg adem
Jd air intake tempnya jg adem

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 286
- Joined: 27 Mar 2017, 08:38
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: vroom
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
Nah kemarin qr25 dipakai trans Jawa kecepatan konstan di 120-140, suhu coolant di obd sekitar 85.. Nempuh jarak sekitar 500 km ya sekitar segitu aja. Tapi begitu jalan merayap sekitar 40 km/jam dalam kota yang cuaca lagi panas itu obd sampai ke 99, turun lagi sih emang ke 95 an. Begini apa normal? Kalau lihat di dashboard sih aman kurang dari setengah temperaturnya.DOHC wrote: 18 Apr 2025, 14:49biar gmanapun, tetep suhu olmes mustinya ga bole sbegitu tinggi, kcuali lg dipake rpm tinggi konstan, kaya misal lg lari di tol, sirkuit dsbSuryaputra wrote: 18 Apr 2025, 12:01Emg gtu mbahilhami wrote: 18 Apr 2025, 11:27 kok bisa suhu oli sangat tinggi, padahal dinding blok mesin dialiri coolant
Ya makanya oli mesin dirancang titik nyala apinya bs sampai >200C
Klo gak pk coolant, ya spt bbrp motor pendingin udara - air cooled, tanpa coolant, blok mesin buat dialirin udara, olinya lbh kentel dgn titik nyala lbh tinggi.![]()
tp kl rpm konstan cruisin di 80kph, sejauh yg kita orang tau ga bakal tralu beda jauh ama coolant, dan suhu coolant itu ga bole lebi tinggi dari 120an drajat .. perbezaan suhu olmes dan coolant pun jg by default ga bole tralu beda jauh, kcuali dapet oli ampas, atau oli mikrolet, yah itu laen crita dah
pengecualian oli girbok manual dan atf, ini emg biasanya mo pemakaian normal pun suhu kerja nya bsa d atas suhu coolant
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12601
- Joined: 30 Apr 2013, 14:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
normalsevermaya wrote: 19 Apr 2025, 13:37Nah kemarin qr25 dipakai trans Jawa kecepatan konstan di 120-140, suhu coolant di obd sekitar 85.. Nempuh jarak sekitar 500 km ya sekitar segitu aja. Tapi begitu jalan merayap sekitar 40 km/jam dalam kota yang cuaca lagi panas itu obd sampai ke 99, turun lagi sih emang ke 95 an. Begini apa normal? Kalau lihat di dashboard sih aman kurang dari setengah temperaturnya.DOHC wrote: 18 Apr 2025, 14:49biar gmanapun, tetep suhu olmes mustinya ga bole sbegitu tinggi, kcuali lg dipake rpm tinggi konstan, kaya misal lg lari di tol, sirkuit dsbSuryaputra wrote: 18 Apr 2025, 12:01
Emg gtu mbah
Ya makanya oli mesin dirancang titik nyala apinya bs sampai >200C
Klo gak pk coolant, ya spt bbrp motor pendingin udara - air cooled, tanpa coolant, blok mesin buat dialirin udara, olinya lbh kentel dgn titik nyala lbh tinggi.![]()
tp kl rpm konstan cruisin di 80kph, sejauh yg kita orang tau ga bakal tralu beda jauh ama coolant, dan suhu coolant itu ga bole lebi tinggi dari 120an drajat .. perbezaan suhu olmes dan coolant pun jg by default ga bole tralu beda jauh, kcuali dapet oli ampas, atau oli mikrolet, yah itu laen crita dah
pengecualian oli girbok manual dan atf, ini emg biasanya mo pemakaian normal pun suhu kerja nya bsa d atas suhu coolant
mirip2 honda 1500 cc
klo di tol jalan konstan, sirkulasi udara muter,
suhu ATF jg lbh rendah itu.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
- sahabatq8
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2565
- Joined: 26 Sep 2021, 17:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
- Contact:
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
Normal , t32 saya jg segituan. Suhu luar 42c bisa nyampe 95 csevermaya wrote: 19 Apr 2025, 13:37Nah kemarin qr25 dipakai trans Jawa kecepatan konstan di 120-140, suhu coolant di obd sekitar 85.. Nempuh jarak sekitar 500 km ya sekitar segitu aja. Tapi begitu jalan merayap sekitar 40 km/jam dalam kota yang cuaca lagi panas itu obd sampai ke 99, turun lagi sih emang ke 95 an. Begini apa normal? Kalau lihat di dashboard sih aman kurang dari setengah temperaturnya.DOHC wrote: 18 Apr 2025, 14:49biar gmanapun, tetep suhu olmes mustinya ga bole sbegitu tinggi, kcuali lg dipake rpm tinggi konstan, kaya misal lg lari di tol, sirkuit dsbSuryaputra wrote: 18 Apr 2025, 12:01
Emg gtu mbah
Ya makanya oli mesin dirancang titik nyala apinya bs sampai >200C
Klo gak pk coolant, ya spt bbrp motor pendingin udara - air cooled, tanpa coolant, blok mesin buat dialirin udara, olinya lbh kentel dgn titik nyala lbh tinggi.![]()
tp kl rpm konstan cruisin di 80kph, sejauh yg kita orang tau ga bakal tralu beda jauh ama coolant, dan suhu coolant itu ga bole lebi tinggi dari 120an drajat .. perbezaan suhu olmes dan coolant pun jg by default ga bole tralu beda jauh, kcuali dapet oli ampas, atau oli mikrolet, yah itu laen crita dah
pengecualian oli girbok manual dan atf, ini emg biasanya mo pemakaian normal pun suhu kerja nya bsa d atas suhu coolant
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 290
- Joined: 06 Aug 2019, 21:02
- Daily Vehicle: 1VD - L15Z - FB25
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
kalau di push max 121C untuk oil temp, kalau cruising santai dapat 98-100C, eneos x 0w20 gratisan. memang perlu obd display euy buat baca cvt dan coolant temp secara pasti

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12601
- Joined: 30 Apr 2013, 14:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
Normal itu, masih di bawah indikator merah jugamkamil wrote: 19 Apr 2025, 20:01 kalau di push max 121C untuk oil temp, kalau cruising santai dapat 98-100C, eneos x 0w20 gratisan. memang perlu obd display euy buat baca cvt dan coolant temp secara pasti![]()
IMG_5719.jpeg
Mobil apa ini mbah?
Menarik ada engine oil temp nya.
Jarang2 soalnya

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 290
- Joined: 06 Aug 2019, 21:02
- Daily Vehicle: 1VD - L15Z - FB25
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
outback kangSuryaputra wrote: 19 Apr 2025, 20:14Normal itu, masih di bawah indikator merah jugamkamil wrote: 19 Apr 2025, 20:01 kalau di push max 121C untuk oil temp, kalau cruising santai dapat 98-100C, eneos x 0w20 gratisan. memang perlu obd display euy buat baca cvt dan coolant temp secara pasti![]()
IMG_5719.jpeg
Mobil apa ini mbah?
Menarik ada engine oil temp nya.
Jarang2 soalnya![]()
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: 08 Aug 2023, 12:30
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
Ijin tanya mbah..
Rush 2018 dibuat mudik. Berkendara berjam berjam. Ketika mesin nyala dan panas, saya buka kap mobil kok mesin ada bunyi lirih klek klek klek ya mbah?
Besok paginya sy coba di mesin dingin. Gak ada sama sekali bunyi klek klek klek.
Kira2 normal kah mbah?
Rush 2018 dibuat mudik. Berkendara berjam berjam. Ketika mesin nyala dan panas, saya buka kap mobil kok mesin ada bunyi lirih klek klek klek ya mbah?
Besok paginya sy coba di mesin dingin. Gak ada sama sekali bunyi klek klek klek.
Kira2 normal kah mbah?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1624
- Joined: 20 Mar 2022, 08:17
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
sebelah mana? kalo di mesin 1NZ bunyi nya "tik tik tik" dari vacum valve yg dari saluran bensin ke intake yg ngebuka kalo mesin udah panas, kalo baru nyala emang ga bunyi. Ga tau deh di mesin NR gitu juga ga.JusMusiq wrote: 19 Apr 2025, 21:46 Ijin tanya mbah..
Rush 2018 dibuat mudik. Berkendara berjam berjam. Ketika mesin nyala dan panas, saya buka kap mobil kok mesin ada bunyi lirih klek klek klek ya mbah?
Besok paginya sy coba di mesin dingin. Gak ada sama sekali bunyi klek klek klek.
Kira2 normal kah mbah?
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27651
- Joined: 01 Feb 2009, 00:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
mbaht105erd wrote: 19 Apr 2025, 21:57sebelah mana? kalo di mesin 1NZ bunyi nya "tik tik tik" dari vacum valve yg dari saluran bensin ke intake yg ngebuka kalo mesin udah panas, kalo baru nyala emang ga bunyi. Ga tau deh di mesin NR gitu juga ga.JusMusiq wrote: 19 Apr 2025, 21:46 Ijin tanya mbah..
Rush 2018 dibuat mudik. Berkendara berjam berjam. Ketika mesin nyala dan panas, saya buka kap mobil kok mesin ada bunyi lirih klek klek klek ya mbah?
Besok paginya sy coba di mesin dingin. Gak ada sama sekali bunyi klek klek klek.
Kira2 normal kah mbah?
kl 1NZ ud panas suka bunyi dari arah rante keteng, knapa tu mbah
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12601
- Joined: 30 Apr 2013, 14:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
Gantengmkamil wrote: 19 Apr 2025, 20:56outback kangSuryaputra wrote: 19 Apr 2025, 20:14Normal itu, masih di bawah indikator merah jugamkamil wrote: 19 Apr 2025, 20:01 kalau di push max 121C untuk oil temp, kalau cruising santai dapat 98-100C, eneos x 0w20 gratisan. memang perlu obd display euy buat baca cvt dan coolant temp secara pasti![]()
IMG_5719.jpeg
Mobil apa ini mbah?
Menarik ada engine oil temp nya.
Jarang2 soalnya![]()
Best AWD monokok in class

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1624
- Joined: 20 Mar 2022, 08:17
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
waduh belum pernah ngalamin, mudah2an bukan tensioner timing chain nya, sama apatuh namanya yg kaya sabit yg di sebrangnya.DOHC wrote: 20 Apr 2025, 10:39mbaht105erd wrote: 19 Apr 2025, 21:57sebelah mana? kalo di mesin 1NZ bunyi nya "tik tik tik" dari vacum valve yg dari saluran bensin ke intake yg ngebuka kalo mesin udah panas, kalo baru nyala emang ga bunyi. Ga tau deh di mesin NR gitu juga ga.JusMusiq wrote: 19 Apr 2025, 21:46 Ijin tanya mbah..
Rush 2018 dibuat mudik. Berkendara berjam berjam. Ketika mesin nyala dan panas, saya buka kap mobil kok mesin ada bunyi lirih klek klek klek ya mbah?
Besok paginya sy coba di mesin dingin. Gak ada sama sekali bunyi klek klek klek.
Kira2 normal kah mbah?
kl 1NZ ud panas suka bunyi dari arah rante keteng, knapa tu mbah
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 724
- Joined: 03 May 2017, 17:30
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
mkamil wrote: 19 Apr 2025, 20:01 kalau di push max 121C untuk oil temp, kalau cruising santai dapat 98-100C, eneos x 0w20 gratisan. memang perlu obd display euy buat baca cvt dan coolant temp secara pasti![]()
wiw subaru gratisannya eneos x boleh jugaSuryaputra wrote: 19 Apr 2025, 20:14Normal itu, masih di bawah indikator merah jugamkamil wrote: 19 Apr 2025, 20:01 kalau di push max 121C untuk oil temp, kalau cruising santai dapat 98-100C, eneos x 0w20 gratisan. memang perlu obd display euy buat baca cvt dan coolant temp secara pasti![]()
IMG_5719.jpeg
Mobil apa ini mbah?
Menarik ada engine oil temp nya.
Jarang2 soalnya![]()

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 63
- Joined: 27 Dec 2019, 21:02
- Location: indonesia
- Daily Vehicle: HR15DE
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
l10 saya jg segitu mbah kalo pas jalan konstan ga macetOpeakkk wrote: 18 Apr 2025, 17:53Kalau segini di L10 normal ga mbah? jalan sekitar 2 jam, kondisi mendung, dalkot ga macetDOHC wrote: 18 Apr 2025, 14:49biar gmanapun, tetep suhu olmes mustinya ga bole sbegitu tinggi, kcuali lg dipake rpm tinggi konstan, kaya misal lg lari di tol, sirkuit dsbSuryaputra wrote: 18 Apr 2025, 12:01
Emg gtu mbah
Ya makanya oli mesin dirancang titik nyala apinya bs sampai >200C
Klo gak pk coolant, ya spt bbrp motor pendingin udara - air cooled, tanpa coolant, blok mesin buat dialirin udara, olinya lbh kentel dgn titik nyala lbh tinggi.![]()
tp kl rpm konstan cruisin di 80kph, sejauh yg kita orang tau ga bakal tralu beda jauh ama coolant, dan suhu coolant itu ga bole lebi tinggi dari 120an drajat .. perbezaan suhu olmes dan coolant pun jg by default ga bole tralu beda jauh, kcuali dapet oli ampas, atau oli mikrolet, yah itu laen crita dah
pengecualian oli girbok manual dan atf, ini emg biasanya mo pemakaian normal pun suhu kerja nya bsa d atas suhu coolant
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 31
- Joined: 06 Jan 2023, 12:42
- Location: sukoharjo
- Daily Vehicle: innova reborn diesel type G
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
selamat siang mbah, mohon maaf kalau sudah pernah di tanyakan
untuk penggunaan aditif merk psdk apakah rekomen ya?
kebetulan gerobak pakai anki 2019, odo 250rb, oli pakai ptt 5w30
semisal memang perlu rencana mau mulai rutin memakai
matursuwun mbah
untuk penggunaan aditif merk psdk apakah rekomen ya?
kebetulan gerobak pakai anki 2019, odo 250rb, oli pakai ptt 5w30
semisal memang perlu rencana mau mulai rutin memakai
matursuwun mbah
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: 05 Apr 2025, 08:27
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: CX-5
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
Malam om, sori kalo uda sering dibahas sebelumnya. Baru ambil Harrier XU30, 2AZ-FE, tahun 2008, odo 111k. Dari kitiran oli keliatan 2019 terakhir pake 5w30 di odo 83k, selanjutnya sampe odo 108k cuma ditulis TMO aja. Pertanyaan saya:
1. Terakhir ganti olmes dan filter di odo 108k Desember 2024. Apakah perlu ganti skrg ato nunggu sampe odo 113k aja?
2. Ganti berikutnya sebaiknya 5w30 ato coba 0w20? Dua2 masuk di list opsi buku manual.
3. Gimana caranya utk cek ato preventif oli nguap?
Sekalian tanya utk oli matic, terakhir ganti pake TMO T-IV di odo 101k Maret 2024. Saya rencana tunggu sampe odo 120k baru ganti oli maticnya.
1. Apa aja yg sebaiknya dikerjain yah? Ganti gasket?
2. TMO vs Aisin lbh bagus mana?
Thank you, om2
1. Terakhir ganti olmes dan filter di odo 108k Desember 2024. Apakah perlu ganti skrg ato nunggu sampe odo 113k aja?
2. Ganti berikutnya sebaiknya 5w30 ato coba 0w20? Dua2 masuk di list opsi buku manual.
3. Gimana caranya utk cek ato preventif oli nguap?
Sekalian tanya utk oli matic, terakhir ganti pake TMO T-IV di odo 101k Maret 2024. Saya rencana tunggu sampe odo 120k baru ganti oli maticnya.
1. Apa aja yg sebaiknya dikerjain yah? Ganti gasket?
2. TMO vs Aisin lbh bagus mana?
Thank you, om2
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 731
- Joined: 28 Sep 2018, 08:31
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
Unit: Civic FD2 2011
Pemakaian: 7300 km
Interval: 27 Oktober 2024 - 19 April 2025
Rute: 35% dalkot, 65% toll
BBM: BP 95/Shell 95 + ROX
UOA kali ini spek mesin sudah naik kompresi dari 9.8 ke 10.2 dan 3 angle valve job.
Silicone content mungkin bisa diabaikan dulu. Terakhir kali UOA baru lakukan perbaikan bocor timing chain cover, cover klep, dan VTC. Kemungkinan silicone content dari silicone sealant yang digunakan.
Sedangkan UOA kali ini, saya gunakan cylinder head copotan kosong untuk dibubut. Sehingga ada kemungkinan juga silicone sealant digunakan ketika perakitan ulang komponen.
Fuel dilution pada UOA kali ini mungkin lebih banyak. Mobil saya sempat dua kasus trouble yang mengakibatkan AFR banjir ke 11-12 sampai tidak bisa idle. Yang terjadi adalah:
1. Setelah ganti header, EGR mampet. Menyebabkan AFR banjir ke area 11-12. Mobil maunya lari terus dan tidak bisa idle lebih dari beberapa detik. Menurut mekanik bengkel resmi Honda, kasus ini sudah beberapa kali ia tangani ketika penggantian header/downpipe di Mobilio dan Brio.
2. Bobok sirip box filter udara. Rupanya sirip yang ada pada box filter udara itu punya fungsi memperlambat dan menghaluskan aliran udara sehingga udara yang masuk me Mass Air Flow sensor stabil dan laminar.
Karena sekat dibobok, MAF sensor tidak bisa membaca udara secara akurat karena udara yang masuk ke MAF sensor terlalu turbulen. MAF sensor membaca udara terlalu banyak padahal tidak demikian, lalu karena udara seakan banyak, ECU perintahkan semprot bensin sesuai udara yang seakan masuk. AFR ngaco ke area 11-13 dan tidak bisa idle.
Next UOA: United Eco Zen sekali lagi. Tapi dengan kondisi AFR lebih rich (mau di tune ulang kondisi close loop).
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4632
- Joined: 14 Jul 2008, 09:54
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
Lagi bahas temperature oli ....
Mobil HRV saya 1 thn cuma jalan 3rb KM.
Oli yang saya pakai sebelum dan sesudah ganti oli adalah : PTT Performa Syntec Plus SAE 5W-30 API SP
Waktu saya belum ganti oli, masukin mobil ke garasi mundur/atret, terdengar suara fan nya otomatis nyala kencang banget.
Setelah saya ganti oli, hampir gak pernah bunyi. Bunyi fan pun kecil sekali.
Oli lama di Mobil terdegrasi dan cepat panas
Mobil HRV saya 1 thn cuma jalan 3rb KM.
Oli yang saya pakai sebelum dan sesudah ganti oli adalah : PTT Performa Syntec Plus SAE 5W-30 API SP
Waktu saya belum ganti oli, masukin mobil ke garasi mundur/atret, terdengar suara fan nya otomatis nyala kencang banget.
Setelah saya ganti oli, hampir gak pernah bunyi. Bunyi fan pun kecil sekali.
Oli lama di Mobil terdegrasi dan cepat panas
- sahabatq8
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2565
- Joined: 26 Sep 2021, 17:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
- Contact:
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
Kalo di tes lab mungkin bisa tau penyebabnya. Tapi brati degradasinya lumayan signifikan ya sampe cepat panas gitu.Profith83 wrote: 21 Apr 2025, 21:47 Lagi bahas temperature oli ....
Mobil HRV saya 1 thn cuma jalan 3rb KM.
Oli yang saya pakai sebelum dan sesudah ganti oli adalah : PTT Performa Syntec Plus SAE 5W-30 API SP
Waktu saya belum ganti oli, masukin mobil ke garasi mundur/atret, terdengar suara fan nya otomatis nyala kencang banget.
Setelah saya ganti oli, hampir gak pernah bunyi. Bunyi fan pun kecil sekali.
Oli lama di Mobil terdegrasi dan cepat panas
Kalo mobil jalannya dikit, suka short trip juga mempengaruhi umur oli.
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4632
- Joined: 14 Jul 2008, 09:54
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
Sebenarnya waktu mundur masukin mobil yang nyala fan nya ... itu cuma nyala 2 sd 4 detik. Gak nyala terus terusan.sahabatq8 wrote: 21 Apr 2025, 21:51Kalo di tes lab mungkin bisa tau penyebabnya. Tapi brati degradasinya lumayan signifikan ya sampe cepat panas gitu.Profith83 wrote: 21 Apr 2025, 21:47 Lagi bahas temperature oli ....
Mobil HRV saya 1 thn cuma jalan 3rb KM.
Oli yang saya pakai sebelum dan sesudah ganti oli adalah : PTT Performa Syntec Plus SAE 5W-30 API SP
Waktu saya belum ganti oli, masukin mobil ke garasi mundur/atret, terdengar suara fan nya otomatis nyala kencang banget.
Setelah saya ganti oli, hampir gak pernah bunyi. Bunyi fan pun kecil sekali.
Oli lama di Mobil terdegrasi dan cepat panas
Kalo mobil jalannya dikit, suka short trip juga mempengaruhi umur oli.
Normal sih, mundur mesti pelan pelan karena garasi kecil. Kira dan kanan mepet. Muka dan belakang juga mepat.
Cuma habis ganti oli fan nya juga nyala tapi pelan.
Masih normal kok.
Cuma cukup surprise kalau olinya baru suara fan nya cuma kecil.
Alias biarpun pakai 1 thn masih OK, cuma yah itu fan sempat nyala kenceng saja, itupun cuma 2 sd 4 detik saja
Sering kan kita dengar fan mobil lain nyala kencang juga bahkan lama gak henti2x
Tapi barunya betul betul bagus, gak ada suara fan kencang sama sekali.
Puas pakai oli 1 thn lebih 1 atau 2 bulan.
Kalau mau yang harga 180rb an wah itu oli bagus banget, licin banget
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 724
- Joined: 03 May 2017, 17:30
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
wow nice UOA.saturday wrote: 21 Apr 2025, 21:17 Screenshot_2025-04-21-20-01-45-098_com.google.android.apps.docs-edit.jpgScreenshot_2025-04-21-20-02-08-174_com.google.android.apps.docs-edit.jpg
UOA United Eco Zen 0W30 API SP
Unit: Civic FD2 2011
Pemakaian: 7300 km
Interval: 27 Oktober 2024 - 19 April 2025
Rute: 35% dalkot, 65% toll
BBM: BP 95/Shell 95 + ROX
UOA kali ini spek mesin sudah naik kompresi dari 9.8 ke 10.2 dan 3 angle valve job.
Silicone content mungkin bisa diabaikan dulu. Terakhir kali UOA baru lakukan perbaikan bocor timing chain cover, cover klep, dan VTC. Kemungkinan silicone content dari silicone sealant yang digunakan.
Sedangkan UOA kali ini, saya gunakan cylinder head copotan kosong untuk dibubut. Sehingga ada kemungkinan juga silicone sealant digunakan ketika perakitan ulang komponen.
Fuel dilution pada UOA kali ini mungkin lebih banyak. Mobil saya sempat dua kasus trouble yang mengakibatkan AFR banjir ke 11-12 sampai tidak bisa idle. Yang terjadi adalah:
1. Setelah ganti header, EGR mampet. Menyebabkan AFR banjir ke area 11-12. Mobil maunya lari terus dan tidak bisa idle lebih dari beberapa detik. Menurut mekanik bengkel resmi Honda, kasus ini sudah beberapa kali ia tangani ketika penggantian header/downpipe di Mobilio dan Brio.
2. Bobok sirip box filter udara. Rupanya sirip yang ada pada box filter udara itu punya fungsi memperlambat dan menghaluskan aliran udara sehingga udara yang masuk me Mass Air Flow sensor stabil dan laminar.
Karena sekat dibobok, MAF sensor tidak bisa membaca udara secara akurat karena udara yang masuk ke MAF sensor terlalu turbulen. MAF sensor membaca udara terlalu banyak padahal tidak demikian, lalu karena udara seakan banyak, ECU perintahkan semprot bensin sesuai udara yang seakan masuk. AFR ngaco ke area 11-13 dan tidak bisa idle.
Next UOA: United Eco Zen sekali lagi. Tapi dengan kondisi AFR lebih rich (mau di tune ulang kondisi close loop).
hmmm ca cukup tinggi.
TBN udah level 3.0
-
- Similar Topics
- Replies
- Views
- Last post
-
- 2478 Replies
- 232532 Views
-
Last post by sh00t
-
- 14 Replies
- 12687 Views
-
Last post by ilhami
-
- 10 Replies
- 16308 Views
-
Last post by silentIm2
-
- 6 Replies
- 6115 Views
-
Last post by farizfsa
-
- 9 Replies
- 584 Views
-
Last post by farizfsa
-
- 43 Replies
- 4228 Views
-
Last post by b0ku
-
- 89 Replies
- 57632 Views
-
Last post by ilhami
-
- 2 Replies
- 8566 Views
-
Last post by sahabatq8
-
- 356 Replies
- 120503 Views
-
Last post by bk583dv
-
- 912 Replies
- 127493 Views
-
Last post by josomba