bertahan atau ganti kendaraan apa?kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi/market price

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 687
Joined: 21 Feb 2014, 02:08

bertahan atau ganti kendaraan apa?kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi/market price

Post by zonepublic »

Kalau harga bahan bakar di negara konoha ini tidak lagi disubsidi/ menggunakan market price apakah anda akan ganti kendaraan?
Kendaraan saat ini honda jazz GE8,tidak akan ganti kendaraan karena ketika dulu beli mikirnya udah siap hidup seperti rakyat negara paman sam yang ga disubsidi BBMnya makannya ambil yg paling balance power&fuel consumptionnya untuk medan pulau jawa asumsi dinaikin 4 orang
Kalau bosen incerannya ganti santafe disel sebelum grand santafe
Kalau anda?
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1890
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: bertahan atau ganti kendaraan apa?kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi/market price

Post by darrelund »

krn oe gaperna pake yg subsidi, ya kemungkinan ttp pake yg ada aja :big_biglaugh:

ato ga yg paling sedan disel yurop lah

mau gmn jg bengsin ud mahal, jadi ya oe gimana caranya nempuh jarak plg jauh dengan uang yg di keluarin :big_biglaugh:

masda 2 siy, rute kombi klo kaki sopan pke pertagreen bisa 650-700km, pke pertamak paling 550-600 sahaja
fansdiesel
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: 19 Jul 2018, 12:30

Re: bertahan atau ganti kendaraan apa?kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi/market price

Post by fansdiesel »

Paling make sense si ganti mobil setrum sambil disambi grab ...biar diabuse cari duit tiap hari
adriangaut
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: 04 Feb 2017, 08:38
Location: Jakarta - Bandung
Daily Vehicle: 1988 300E MT
Contact:

Re: bertahan atau ganti kendaraan apa?kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi/market price

Post by adriangaut »

Hmmm mobil sekarang 300E, borossss

Realistisnya tambah 1 lagi deh agya manual buat irit aja
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: bertahan atau ganti kendaraan apa?kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi/market price

Post by rakyatwkwkland »

Kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi, buat warga mamakota kalau mau berhemat, pilihan kendaraan yang jelas hematnya ga ada obat adalah transjakarta/commuter line/MRT/LRT. Apalagi transjakarta dan commuter line, dijamin opsi kendaraan lain jadi gabakal masuk hitungannya, kecuali sepeda.

Pengecualian kalau situasinya adalah : rumahnya jauh dari halte atau stasiun jadi ke halte atau stasiunnya harus naik motor atau ojek dulu, dikomparasikan sama bawa motor pribadi, nah baru deh ada kemungkinan motor pribadi lebih murah.

Buat mobil di rumah, cukup pake pas weekend atau pas mau keluar kota aja. Beli yang kencang, boros jg gpp, toh keluar jarang2 ini. Mau bengsin naik jd 20k per liter juga kayanya ga terlalu ngaruh lah.

Opsi ini tidak berlaku untuk orang yang tinggal di kabupaten atau tinggal di kota yang public transportnya benar2 sampah, sebut saja seperti kota yang plat nomornya D dan L :ngacir:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3602
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: bertahan atau ganti kendaraan apa?kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi/market price

Post by kendibocor »

rakyatwkwkland wrote: 01 Jul 2024, 23:29 Kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi, buat warga mamakota kalau mau berhemat, pilihan kendaraan yang jelas hematnya ga ada obat adalah transjakarta/commuter line/MRT/LRT. Apalagi transjakarta dan commuter line, dijamin opsi kendaraan lain jadi gabakal masuk hitungannya.

Pengecualian kalau situasinya adalah : rumahnya jauh dari halte atau stasiun jadi ke halte atau stasiunnya harus naik motor atau ojek dulu, dikomparasikan sama bawa motor pribadi, nah baru deh ada kemungkinan motor pribadi lebih murah.

Buat mobil di rumah, cukup pake pas weekend atau pas mau keluar kota aja. Beli yang kencang, boros jg gpp, toh keluar jarang2 ini. Mau bengsin naik jd 20k per liter juga kayanya ga terlalu ngaruh lah.

Opsi ini tidak berlaku untuk orang yang tinggal di kabupaten atau tinggal di kota yang public transportnya benar2 sampah, sebut saja seperti kota yang plat nomornya D dan L :ngacir:
Di ibukota mass transport jg blm semasif itu bisa menjangkau seluruh wilayah om walaupun semakin baik ya. Kalo liat jakpus, jaksel mungkin uda lumayan oke ya tp diluar itu masih blm semuanya terjangkau. Sarana pendukungnya seperti jalur pejalan kaki segala blm optimal. Rumah saya ke jalur busway terdekat ga sampe 1 km, cuman jalanan depan rumah sangat ramai, ga ada jalur pejalan kaki dan trafficnya sangat padat. Jalan ga sampe 1 km tp risk keserempet motornya gede :upss:
Butuh dana buat beli M4 :big_weee:
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: bertahan atau ganti kendaraan apa?kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi/market price

Post by rakyatwkwkland »

kendibocor wrote: 01 Jul 2024, 23:41
rakyatwkwkland wrote: 01 Jul 2024, 23:29 Kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi, buat warga mamakota kalau mau berhemat, pilihan kendaraan yang jelas hematnya ga ada obat adalah transjakarta/commuter line/MRT/LRT. Apalagi transjakarta dan commuter line, dijamin opsi kendaraan lain jadi gabakal masuk hitungannya.

Pengecualian kalau situasinya adalah : rumahnya jauh dari halte atau stasiun jadi ke halte atau stasiunnya harus naik motor atau ojek dulu, dikomparasikan sama bawa motor pribadi, nah baru deh ada kemungkinan motor pribadi lebih murah.

Buat mobil di rumah, cukup pake pas weekend atau pas mau keluar kota aja. Beli yang kencang, boros jg gpp, toh keluar jarang2 ini. Mau bengsin naik jd 20k per liter juga kayanya ga terlalu ngaruh lah.

Opsi ini tidak berlaku untuk orang yang tinggal di kabupaten atau tinggal di kota yang public transportnya benar2 sampah, sebut saja seperti kota yang plat nomornya D dan L :ngacir:
Di ibukota mass transport jg blm semasif itu bisa menjangkau seluruh wilayah om walaupun semakin baik ya. Kalo liat jakpus, jaksel mungkin uda lumayan oke ya tp diluar itu masih blm semuanya terjangkau. Sarana pendukungnya seperti jalur pejalan kaki segala blm optimal. Rumah saya ke jalur busway terdekat ga sampe 1 km, cuman jalanan depan rumah sangat ramai, ga ada jalur pejalan kaki dan trafficnya sangat padat. Jalan ga sampe 1 km tp risk keserempet motornya gede :upss:
Kalo mau menghitung mikrotrans (a.k.a. angkot jaklingko) hitungannya udah cukup masif oom. Paling enggak mungkin 70-80% tempat di jakarta jaraknya ke bus stop transjak non-BRT (yang di pinggir jalan bukan yang halte tinggi) dan bus stop mikrotrans itu jaraknya udah under 2 km lah. Kecuali kalau mau mengeliminasi mikrotrans, sampai kapanpun hitungannya mass transport di jkt bakal banyak blank spotnya karena berdasarkan pengamatan ane banyak sekali jalanan di jkt yang gak feasible dilalui bus.

Trotoar ini nah ane gatau dah di daerah lain pengembangannya gimana. Soalnya kalau di daerah ane sendiri, di wilayah cengkareng jakarta barat sebagian besar jalanan yang rame udah ada trotoarnya, meski kalau bilang bagus atau enggak ya itu urusan belakangan :upss: Tapi minimal ada space aman buat jalan kaki dan ga adu mekanik sama motor lah.
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 465
Joined: 02 Jan 2016, 18:03

Re: bertahan atau ganti kendaraan apa?kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi/market price

Post by Bibieight »

darrelund wrote: 01 Jul 2024, 18:59 krn oe gaperna pake yg subsidi, ya kemungkinan ttp pake yg ada aja :big_biglaugh:
Nah sama oom, pas saya piara ANKI jg sy minumin Dex, apapun kata bapack2 pisbuk urusan biosolar. Pas sy tuker jd I5 pas Dex di 18000an, krasa juga pas pindah stroom. Tadinya 1,5 juta - 1.8 juta pas stroom listrik rumah 1 jt 3 minggu jd 1 juta 2 minggu, nambah +/_ 150an lah seminggu....

Kalo sekarang, pake stroom buat mobil perang dalkot si dah feasibel, selama gak overthinking ganti batere lah, resale value lah (yg ini liat di marketplace blun ada yg jual). Harga yg < 400 jg dah banyak, Binguo ama Neta, nambah dikit dah ketemu MG4.

Asal jgn AirEV ya, ini arsitektur forklift, voltase aja cuma 120V. Yg kesian ya yg pdg pegang ini barang, banjir < 400 jt dah runyam nglepasnya....
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 723
Joined: 17 Mar 2005, 16:01
Location: Jakarta

Re: bertahan atau ganti kendaraan apa?kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi/market price

Post by tesna »

bisa beli mobil buat keperluan pribadi ratusan juta masih mikirin nikmatin subsidi? harga bbm naik ya simple kurangin aja jalan2 yang ga perlu......

udah subsidi buat kendaraan umum dan sepeda motor sajaaaaaaa. saya happy bgt ketika spbu coco 31 langganan tau2 koq sepi.. ternayta udah ga jualan pertalite lagi!! YEAHHHHH biasanya antrian membludak.

memang ada shell dan bp di daerah situ jg, tapi ntah knapa mbl saya cocok nya sm pertamina (pertamax turbo dan dex) , ke BP juga oke sih.. (tp ini harus rada muter), shell ahhhh ntah knapa di mobil saya jadinya lebih boros km/liter nya.
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15956
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: bertahan atau ganti kendaraan apa?kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi/market price

Post by ChZ »

kalau msh mikirin bensin naik/turun

ya artinya emang blom siap punya mobil.

logisnya coba aja itung cicilan brp... sanggup nyicil segitu ngisi bensin 300 ribu seminggu gak sanggup. naik pertalite dari 10ribu ke 15ribu ya kalo tangki 40 liter cuma nambah 200 ribu...

kalo mikir ngirit ya naik bus udah pasti ngirit.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
carlzeiss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 638
Joined: 04 Jul 2016, 23:27
Daily Vehicle: Reborn Bensin

Re: bertahan atau ganti kendaraan apa?kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi/market price

Post by carlzeiss »

sekarang ke kantor pakai reborn bensin metik + pertalite = tahap realistis keadaan + mesin yang dari jaman batu ga cocok suplemen mahal haha
dirumah ada brio metik cuman dipake keliling deket rumah aja

klo nanti uda ga subsidi ya tinggal dibalik aja dari susunan diatas

atau berharap ketika bensin subsidi ikut market price maka harusnya senada dengan peningkatan kualitas udara karena harusnya mengalami penurunan penggunaan kendaraan bermotor, maka sepeda lipet to the rescue, olahraga + sehat ( mengingat harga sepeda lipat udah pada turun loh saya cek cek di ace )
Now : Reborn Bensin Musuh SMers
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2625
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: bertahan atau ganti kendaraan apa?kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi/market price

Post by KielConstantine »

darrelund wrote: 01 Jul 2024, 18:59 ato ga yg paling sedan disel yurop lah
Diesel2 europ banyak yg puas sih pakenya

Rata2 bisa jalan sampe 700-800 km skali full tank udah include macet2an

Mgkn kalo kaki sopan sekolah bs tembus sampe 1000 kilo

Pertadex yah pertadex dah full tank gpp. Skali2 liat struk gastank tembus 1 juta gitu biar ada hiburan :ngacir:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3602
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: bertahan atau ganti kendaraan apa?kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi/market price

Post by kendibocor »

KielConstantine wrote: 02 Jul 2024, 10:38
Diesel2 europ banyak yg puas sih pakenya

Rata2 bisa jalan sampe 700-800 km skali full tank udah include macet2an

Mgkn kalo kaki sopan sekolah bs tembus sampe 1000 kilo

Pertadex yah pertadex dah full tank gpp. Skali2 liat struk gastank tembus 1 juta gitu biar ada hiburan :ngacir:
Bentar lg ente kan isi 80 L x 14400 = Rp 1.152.000 om :ngacir: :ngacir:
Last edited by kendibocor on 02 Jul 2024, 10:53, edited 1 time in total.
Butuh dana buat beli M4 :big_weee:
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15956
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: bertahan atau ganti kendaraan apa?kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi/market price

Post by ChZ »

carlzeiss wrote: 02 Jul 2024, 10:14
atau berharap ketika bensin subsidi ikut market price maka harusnya senada dengan peningkatan kualitas udara karena harusnya mengalami penurunan penggunaan kendaraan bermotor, maka sepeda lipet to the rescue, olahraga + sehat ( mengingat harga sepeda lipat udah pada turun loh saya cek cek di ace )
ini yang harus kita kejar terus ... gimana warga jabodetabek mau hidup sehat. tiap hari AQI skyrocket terus :mky_07:

alihkan subsidi buat dorong insentif ke industry yang mau pindah ke luar jabodetabek... itung2 juga ngurangin kepadatan jabodetabek. polusi pasti berkurang sendiri. index2 economy juga pasti naik krn ekonomi ngga terpusat ke jabodetabek.

tapi ngarep apa sama pemerintah wakanda yang data aja dibobol dan mentrinya gak mau mundur... ya gak mau mundur krn kalo mundur mau makan apa susah cari kerjaan dgn reputasi begitu...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1890
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: bertahan atau ganti kendaraan apa?kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi/market price

Post by darrelund »

KielConstantine wrote: 02 Jul 2024, 10:38
darrelund wrote: 01 Jul 2024, 18:59 ato ga yg paling sedan disel yurop lah
Diesel2 europ banyak yg puas sih pakenya

Rata2 bisa jalan sampe 700-800 km skali full tank udah include macet2an

Mgkn kalo kaki sopan sekolah bs tembus sampe 1000 kilo

Pertadex yah pertadex dah full tank gpp. Skali2 liat struk gastank tembus 1 juta gitu biar ada hiburan :ngacir:
nah itu mbah

bengsin mahal ya mau diapain, ga ngisi malah mobilna ga jalan

mending cari yg bisa jalan jauh sekalian :big_biglaugh:

passat disel tu mantap, rekornya bisa tembus 2000km sekali isi


b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4423
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: bertahan atau ganti kendaraan apa?kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi/market price

Post by b0ku »

ChZ wrote: 02 Jul 2024, 09:57 kalau msh mikirin bensin naik/turun

ya artinya emang blom siap punya mobil.

logisnya coba aja itung cicilan brp... sanggup nyicil segitu ngisi bensin 300 ribu seminggu gak sanggup. naik pertalite dari 10ribu ke 15ribu ya kalo tangki 40 liter cuma nambah 200 ribu...

kalo mikir ngirit ya naik bus udah pasti ngirit.
ya ud tau gak sanggup beli bensin eh mobilnya di pake buat kerja :big_dunno:

kan ada tranport murah namanya motor beli bekas cuma 3-5jt rusak benerin turun mesin aja cuma 1-2jt :big_bored:

ya kerja naek motor lah :big_bored:

sekarang aja saya nyari dagangan naek gocar ntah kenapa males pake mobil buat nyari duit, maunya itu mobil dipake buat jalan2x sama rekreasi aja atau pegi2x beli keperluan rumah :big_bored:

lagian kek saya kalo lagi bokek ya isi aja 100rb turbo cuma dapet 7lt jazz mah bisa buat keliling juga kok paling kalo pergi jauhan saya isi 200rb, pajero karena masih remek saya isi dex 100rb aja mayan kok bisa sebulan sekali baru isi :big_weee:

tapi lebih lucu yang treak2x bensin mahal malah beli mobil listrik :wkkk:
Opeakkk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: 15 Apr 2023, 00:17
Location: Bandung
Daily Vehicle: Grand Livina

Re: bertahan atau ganti kendaraan apa?kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi/market price

Post by Opeakkk »

Sepertinya aman untuk beberapa lama lagi :big_peace:
Attachments
IMG_0551.jpeg
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15956
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: bertahan atau ganti kendaraan apa?kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi/market price

Post by ChZ »

b0ku wrote: 02 Jul 2024, 12:56 ya ud tau gak sanggup beli bensin eh mobilnya di pake buat kerja :big_dunno:

kan ada tranport murah namanya motor beli bekas cuma 3-5jt rusak benerin turun mesin aja cuma 1-2jt :big_bored:

ya kerja naek motor lah :big_bored:

sekarang aja saya nyari dagangan naek gocar ntah kenapa males pake mobil buat nyari duit, maunya itu mobil dipake buat jalan2x sama rekreasi aja atau pegi2x beli keperluan rumah :big_bored:

lagian kek saya kalo lagi bokek ya isi aja 100rb turbo cuma dapet 7lt jazz mah bisa buat keliling juga kok paling kalo pergi jauhan saya isi 200rb, pajero karena masih remek saya isi dex 100rb aja mayan kok bisa sebulan sekali baru isi :big_weee:

tapi lebih lucu yang treak2x bensin mahal malah beli mobil listrik :wkkk:
kalo bensin naik seribu rupiah langsung mikir mau ganti mobil ....

mending jual mobilnya beli pick up buat usaha charteran.

syukur nanti 5 thn lagi gak lagi mikir mau ngisi subsidian... naik 5 ribu per liter juga santai.

moblis ngirit kan cuma itung charge, biaya akuisisi mobilnya aja udah berapa :big_bored: tetep aja punya mobil itu = mahal. wong memang negara serba impor makanan aja mahal apalagi mobil.

orang makan di mall kalo msh mikirin harga beras naik juga kenapa gak masak di rumah aja... brarti blom sanggup finansialnya makan di mall setiap hari.

saya pake mobil bensinnya sejak brapa taun yang lalu udah naik 5 ribu rupiah... ya mikir mau ganti mobil malah nambah cost buat apa. fulltank dari 400 ribu ke 600 ribu. nikmati aja. bersyukur bisa beli mobil bagus ya dirawat.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27060
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: bertahan atau ganti kendaraan apa?kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi/market price

Post by DOHC »

jaman lagi (dan makin) susah gini justru bagusan pili mobil yg teknologi simple, awet, spare part KW1000 berjibun, kuat dikasi bensin terbusuk sejagat ini

justru jgn cari yg irit irit, itu alamat perlu prawatan klaas proper, bukan klaas asemreges musatek, palagi bengkel cuan2an, resing2, enjinering2an, sepit2an

boros bensin sikit tp prawatan asemreges friendly jatoh nya bakal lebi irit ktimbang irit bensin tp prawatan wajip beres
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Jenson
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 316
Joined: 22 Aug 2014, 16:41

Re: bertahan atau ganti kendaraan apa?kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi/market price

Post by Jenson »

DOHC wrote: 02 Jul 2024, 15:47 jaman lagi (dan makin) susah gini justru bagusan pili mobil yg teknologi simple, awet, spare part KW1000 berjibun, kuat dikasi bensin terbusuk sejagat ini

justru jgn cari yg irit irit, itu alamat perlu prawatan klaas proper, bukan klaas asemreges musatek, palagi bengkel cuan2an, resing2, enjinering2an, sepit2an

boros bensin sikit tp prawatan asemreges friendly jatoh nya bakal lebi irit ktimbang irit bensin tp prawatan wajip beres
Dari kriterianya cocok ambil suzuki kopi yg bsa nyamar jd bajaj oren ya om :mky_02:
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7536
Joined: 07 Dec 2012, 10:22

Re: bertahan atau ganti kendaraan apa?kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi/market price

Post by newrubble »

bensin di subsidi dibukan negara yg kayaminyak itu ga bener
(meski sy selalu pakai bensin yg paling banyak subsidinya jaman di indo krn itubukan hal ilegal)

punya mobil tapi bingung bayar bensinnya (apalagi sampe ganti mobil)
buat sy seperti org punya rumah tapi bingung bayar listriknya
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27060
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: bertahan atau ganti kendaraan apa?kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi/market price

Post by DOHC »

Jenson wrote: 02 Jul 2024, 16:06
DOHC wrote: 02 Jul 2024, 15:47 jaman lagi (dan makin) susah gini justru bagusan pili mobil yg teknologi simple, awet, spare part KW1000 berjibun, kuat dikasi bensin terbusuk sejagat ini

justru jgn cari yg irit irit, itu alamat perlu prawatan klaas proper, bukan klaas asemreges musatek, palagi bengkel cuan2an, resing2, enjinering2an, sepit2an

boros bensin sikit tp prawatan asemreges friendly jatoh nya bakal lebi irit ktimbang irit bensin tp prawatan wajip beres
Dari kriterianya cocok ambil suzuki kopi yg bsa nyamar jd bajaj oren ya om :mky_02:
:mky_03: :mky_03:

susuki kopi masi itungan nya bukan asemreges friendly om

tp mbah sepuh nya tuh, yg dipake KWK, ama bejibun ngetem d bogor sana, itu baru real definisi yg kita orang maksut :mky_03: :mky_03:

mo jaman perang pun jg idup tu mobil
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
hosea
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 509
Joined: 27 Mar 2013, 09:05

Re: bertahan atau ganti kendaraan apa?kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi/market price

Post by hosea »

zonepublic wrote: 01 Jul 2024, 18:07 Kalau harga bahan bakar di negara konoha ini tidak lagi disubsidi/ menggunakan market price apakah anda akan ganti kendaraan?
Kendaraan saat ini honda jazz GE8,tidak akan ganti kendaraan karena ketika dulu beli mikirnya udah siap hidup seperti rakyat negara paman sam yang ga disubsidi BBMnya makannya ambil yg paling balance power&fuel consumptionnya untuk medan pulau jawa asumsi dinaikin 4 orang
Kalau bosen incerannya ganti santafe disel sebelum grand santafe
Kalau anda?
Kalau saya, pelihara mobil yang ada saja selama ga rewel mobilnuya. Ke kantor naik motor , karena sendirian lebih efisien. Mobil yang boros buat weekend .
Atau kalau ada dana, tukar sama mobil hybrid atoyot..lebih irit dan reliable.
Altis hybrid dipakai nyonya setiap senin sampai sabtu, sebulan cuma isi bensin 1-2 kali. Average 19 km/liter.
Mz175
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 211
Joined: 25 Jan 2017, 23:43

Re: bertahan atau ganti kendaraan apa?kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi/market price

Post by Mz175 »

darrelund wrote: 01 Jul 2024, 18:59 krn oe gaperna pake yg subsidi, ya kemungkinan ttp pake yg ada aja :big_biglaugh:

ato ga yg paling sedan disel yurop lah

mau gmn jg bengsin ud mahal, jadi ya oe gimana caranya nempuh jarak plg jauh dengan uang yg di keluarin :big_biglaugh:

masda 2 siy, rute kombi klo kaki sopan pke pertagreen bisa 650-700km, pke pertamak paling 550-600 sahaja
Setuju ini. Kalau rute saya pake pertamax antara 600-625km. Begitu ganti turbo dapat 725-740km.
Gerobak sama dengan om darrelund
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1143
Joined: 24 Aug 2015, 12:06

Re: bertahan atau ganti kendaraan apa?kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi/market price

Post by kenop »

Mz175 wrote: 02 Jul 2024, 19:44
darrelund wrote: 01 Jul 2024, 18:59 krn oe gaperna pake yg subsidi, ya kemungkinan ttp pake yg ada aja :big_biglaugh:

ato ga yg paling sedan disel yurop lah

mau gmn jg bengsin ud mahal, jadi ya oe gimana caranya nempuh jarak plg jauh dengan uang yg di keluarin :big_biglaugh:

masda 2 siy, rute kombi klo kaki sopan pke pertagreen bisa 650-700km, pke pertamak paling 550-600 sahaja
Setuju ini. Kalau rute saya pake pertamax antara 600-625km. Begitu ganti turbo dapat 725-740km.
Gerobak sama dengan om darrelund
Td mau plg kantor hrs ke erpot dl, uda cek rute kayaknya ga bakal nemu pertamina, isi lah shell deket kantor

Biasa isi pertamax, td isi vpower, lahh beda ya rasanya :big_biglaugh:
Bsk2 coba isi super, td mgkn krn beda oktannya

========

Oiya menjawab pertanyaan TS, kayaknya sih bertahan aja, plg kurang2in jalan2 yg ga perlu
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post