Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
Givrun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: 09 Nov 2018, 01:39

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Givrun »

Zevos wrote: 09 Feb 2024, 11:25
Yg Mobil saja om dexron VI, kinematics Visco @100c nya di 5.8 , kalo yg mobil 1 ATF justru d 7.sekian....gak cocok buat Toyota WS. Lagian official Mobil Indonesia gak ada jual Mobil 1 ATF.
Kalo yg LV gak d cantumkan kompatibel buat T-WS, jadi Mobil Dexron VI udah paling pas kayaknya ya, ada d cantumkan T-WS d websitenya, tapi Krn made in Korea gak d tulis T-WS nya.

Ya bener d toko lain ada yg jual 60-70 rban, tapi ane parno lah harga jomplang sama official store nya, lagian ini cuma ganti sekali 3-4 tahun.
Om kalau flushing, pakai mobil rugi ga ya? Atau mending pakai oli matic biasa dulu? Mobil saya yaris 2012 btw.. dan mau beli mobil1 dexron vi atf
Flush pakai apa om,, atf changer?.. Atf changer sih pasti perlu banyak atf,, 9-12 liter tergantung bengkel nya.. Kalau budget mepet saran flush metode gerlong aja.. Sering di share di mari langkah2 nya..
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5668
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sintoni »

Zevos wrote: 09 Feb 2024, 11:25
Om kalau flushing, pakai mobil rugi ga ya? Atau mending pakai oli matic biasa dulu? Mobil saya yaris 2012 btw.. dan mau beli mobil1 dexron vi atf
Yaris mah gerlong aja om, dulu ane pernah gerlong ATF Yaris cuma pake 7 liter kah.

Coba aja cek trit gerlong.
Greenhunter
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 508
Joined: 25 Aug 2014, 21:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Greenhunter »

Zevos wrote: 09 Feb 2024, 11:25 Om kalau flushing, pakai mobil rugi ga ya? Atau mending pakai oli matic biasa dulu? Mobil saya yaris 2012 btw.. dan mau beli mobil1 dexron vi atf
Oli matic dan oli mesin beda flushingnya.
Oli mesin di flushing dgn oli lain setelahnya baru diisi dgn oli yg hendak dipakai.
Kalau oli matic flushing langsung dengan oli yg bakal dipakai berikutnya.
Saya flusing pakai AFW+ di grand livina L10 abis 8 liter, oli sebelumnya gak tahu merk apa tapi penggantiannya agak terlambat sih, sktr 30.000 km kondisinya sdh parah, coklat² keruh warnanya. Melihat testimoni bbrp user disini sdh mantap untuk penggantian oli matic berikutnya bakal flushing pindah ke oli mobil dex VI.
Jadi kalau bapak kedepannya mau pakai mobil dex VI langsung siapin aja 8 liter bawa ke bengkel yg punya ATF Changer selesai dah.
Kalau teknik lain terserah aja, bisa drain and refill 2x, 3x, bisa gerlong, sudah banyak dibahas disini. saya pilih flushing dengan ATF changer karena lebih cepet aja dan tidak ribet prosesnya.
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 638
Joined: 20 Jun 2012, 01:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by azu »

Permisi...

Mau nanya untuk pengguna Toyota dengan CVT Fluid FE, untuk TMO CVT Fluid FE bagaimana ya pengalamannya selama ini? Apakah ada alternatif selain pakai TMO?

Rencananya nanti di KM 100 ribuan saya mau ganti CVT Fluid di Nav1 saya dan dari record pemilik sebelumnya terakhir kali ganti itu sekitar 3 tahun lalu di Km 80ribu menggunakan Castrol Transmax CVT. sekalian juga saya mau ganti strainer jadi buka carter transmisi.

sempet nanya ke salah satu spesialis matic di Bandung yg pernah kerja di pabrik transmisi honda, untuk kuras CVTF dan ganti strainer di 1,7 juta dengan CVTF pakai Total. Karena sebelumnya pakai Castrol dan sekarang ditawarin pakai total, saya coba cari data spek untuk CVT FE ini untuk mencari tahu kesesuaiannya. Tapi saya lihat kebanyakan CVT Fluid non pabrikan itu speknya lebih mendekati ke CVT TC yg merupakan CVTF standar sebelumnya. Sebagai tambahan, di FSM Nav1 ini mintanya pakai TC tapi di fill plug di gearbox tertulisnya FE, dan pas saya coba browsing memang mobilnya keluar di peralihan dari TC ke FE. DItambah saat ini TAM juga tidak menjual CVTF TC di Indonesia.

Berikut saya coba buat komparasi berdasarkan datasheet CVT Fluid yg ada di pasaran Indo.
CVTF.PNG
CVTF.PNG (57.08 KiB) Viewed 517 times
Kalau lihat di tabel di atas, perbedaan utama antara TC dan FE yg lebih baru adalah Visco yg lebih rendah (lebih encer).

Beberapa pertanyaan dari saya, mohon bantuannya:
- Apakah lebih baik saya pakai lagi TMO FE saja dengan viskositas yg lebih rendah atau bisa menggunakan CVT Fluid merk lain tetapi kebanyakan lebih viskositas lebih tinggi dari standar FE Toyota? Yang mendekati spek viskositas FE ini hanya Valvoline CVT Fluid (<6 cst), sedangkan merk lain lebih mendekati TC. Bahkan PTT memberi catatan kalau dipakai di gearbox yg meminta FE akan less fuel economy.
- Efek menggunakan CVTF dengan viskositas lebih tinggi selain less fuel economy itu apa saja ya?
- Kalau saya menggunakan TMO CVT Fluid FE, saran penggantian berikutnya setelah nanti saya kuras dulu itu di berapa KM/bulan?

Terima kasih sebelumnya :big_blushing:
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 624
Joined: 06 Jun 2016, 17:35

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by trebla88 »

azu wrote: 11 Feb 2024, 01:55 Permisi...

Mau nanya untuk pengguna Toyota dengan CVT Fluid FE, untuk TMO CVT Fluid FE bagaimana ya pengalamannya selama ini? Apakah ada alternatif selain pakai TMO?

Rencananya nanti di KM 100 ribuan saya mau ganti CVT Fluid di Nav1 saya dan dari record pemilik sebelumnya terakhir kali ganti itu sekitar 3 tahun lalu di Km 80ribu menggunakan Castrol Transmax CVT. sekalian juga saya mau ganti strainer jadi buka carter transmisi.

sempet nanya ke salah satu spesialis matic di Bandung yg pernah kerja di pabrik transmisi honda, untuk kuras CVTF dan ganti strainer di 1,7 juta dengan CVTF pakai Total. Karena sebelumnya pakai Castrol dan sekarang ditawarin pakai total, saya coba cari data spek untuk CVT FE ini untuk mencari tahu kesesuaiannya. Tapi saya lihat kebanyakan CVT Fluid non pabrikan itu speknya lebih mendekati ke CVT TC yg merupakan CVTF standar sebelumnya. Sebagai tambahan, di FSM Nav1 ini mintanya pakai TC tapi di fill plug di gearbox tertulisnya FE, dan pas saya coba browsing memang mobilnya keluar di peralihan dari TC ke FE. DItambah saat ini TAM juga tidak menjual CVTF TC di Indonesia.

Berikut saya coba buat komparasi berdasarkan datasheet CVT Fluid yg ada di pasaran Indo.
CVTF.PNG
Kalau lihat di tabel di atas, perbedaan utama antara TC dan FE yg lebih baru adalah Visco yg lebih rendah (lebih encer).

Beberapa pertanyaan dari saya, mohon bantuannya:
- Apakah lebih baik saya pakai lagi TMO FE saja dengan viskositas yg lebih rendah atau bisa menggunakan CVT Fluid merk lain tetapi kebanyakan lebih viskositas lebih tinggi dari standar FE Toyota? Yang mendekati spek viskositas FE ini hanya Valvoline CVT Fluid (<6 cst), sedangkan merk lain lebih mendekati TC. Bahkan PTT memberi catatan kalau dipakai di gearbox yg meminta FE akan less fuel economy.
- Efek menggunakan CVTF dengan viskositas lebih tinggi selain less fuel economy itu apa saja ya?
- Kalau saya menggunakan TMO CVT Fluid FE, saran penggantian berikutnya setelah nanti saya kuras dulu itu di berapa KM/bulan?

Terima kasih sebelumnya :big_blushing:
Mantep tabelnya
Spirax encer jg ya ga nyangka
Kayanya spirax bisa utk fe jg
Lah sy kmaren² pake q8 trus ke amsoil di lipindut cvtnya
Berat jg kalau liat d tabel
Bsok² coba valvoline atau shell aja kalau gtu :big_biglaugh:
Chr1stm1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 465
Joined: 21 Apr 2021, 16:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: All New Veloz 2022 ANR 2018 Avanza K3VE 2011 Wuling Confero S ACT 2020

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Chr1stm1 »

azu wrote: 11 Feb 2024, 01:55 Permisi...

Mau nanya untuk pengguna Toyota dengan CVT Fluid FE, untuk TMO CVT Fluid FE bagaimana ya pengalamannya selama ini? Apakah ada alternatif selain pakai TMO?

Rencananya nanti di KM 100 ribuan saya mau ganti CVT Fluid di Nav1 saya dan dari record pemilik sebelumnya terakhir kali ganti itu sekitar 3 tahun lalu di Km 80ribu menggunakan Castrol Transmax CVT. sekalian juga saya mau ganti strainer jadi buka carter transmisi.

sempet nanya ke salah satu spesialis matic di Bandung yg pernah kerja di pabrik transmisi honda, untuk kuras CVTF dan ganti strainer di 1,7 juta dengan CVTF pakai Total. Karena sebelumnya pakai Castrol dan sekarang ditawarin pakai total, saya coba cari data spek untuk CVT FE ini untuk mencari tahu kesesuaiannya. Tapi saya lihat kebanyakan CVT Fluid non pabrikan itu speknya lebih mendekati ke CVT TC yg merupakan CVTF standar sebelumnya. Sebagai tambahan, di FSM Nav1 ini mintanya pakai TC tapi di fill plug di gearbox tertulisnya FE, dan pas saya coba browsing memang mobilnya keluar di peralihan dari TC ke FE. DItambah saat ini TAM juga tidak menjual CVTF TC di Indonesia.

Berikut saya coba buat komparasi berdasarkan datasheet CVT Fluid yg ada di pasaran Indo.
CVTF.PNG
Kalau lihat di tabel di atas, perbedaan utama antara TC dan FE yg lebih baru adalah Visco yg lebih rendah (lebih encer).

Beberapa pertanyaan dari saya, mohon bantuannya:
- Apakah lebih baik saya pakai lagi TMO FE saja dengan viskositas yg lebih rendah atau bisa menggunakan CVT Fluid merk lain tetapi kebanyakan lebih viskositas lebih tinggi dari standar FE Toyota? Yang mendekati spek viskositas FE ini hanya Valvoline CVT Fluid (<6 cst), sedangkan merk lain lebih mendekati TC. Bahkan PTT memberi catatan kalau dipakai di gearbox yg meminta FE akan less fuel economy.
- Efek menggunakan CVTF dengan viskositas lebih tinggi selain less fuel economy itu apa saja ya?
- Kalau saya menggunakan TMO CVT Fluid FE, saran penggantian berikutnya setelah nanti saya kuras dulu itu di berapa KM/bulan?

Terima kasih sebelumnya :big_blushing:

Setau saya kalau kebutuhan CVT TC, bisa substitusi ke WS karena v100nya range 5,5 sd 6,5 an
Amsoil Atf LV di 6.3 cst
Q8 Auto MV 5,8 cst

Cmiiw yah
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 624
Joined: 06 Jun 2016, 17:35

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by trebla88 »

Oli Atf sebaiknya jgn dimasukin ke cvt
Cmiiw
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 638
Joined: 20 Jun 2012, 01:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by azu »

Chr1stm1 wrote: 11 Feb 2024, 09:02

Setau saya kalau kebutuhan CVT TC, bisa substitusi ke WS karena v100nya range 5,5 sd 6,5 an
Amsoil Atf LV di 6.3 cst
Q8 Auto MV 5,8 cst

Cmiiw yah
Saya carinya yg CVT FE sih om, karena di baut fillingnya tertulis FE, meskipun di service manual GSIC mintanya TC. Dan setau saya ATF tidak disarankan utk CVT meskipun visconya mirip2.

Tapi pas lihat viscosity FE ini ternyata rendah dibandingkan CVTF lain. Saya coba cari brand yg jual FE ini hanya ada Mobil, itupun tidak dijual di Indonesia. Kayanya sih kalau gini gantinya pakai TGO CVT FE aja beli di beres, liat di OL shop mah ragu palsu mana banyak yg jual pakai kemasan galon dengan label birunyg kalaublihat NTPN nya itu terdaftar di tahun 2013 :mky_01:

Pas cek NTPN untuk TGO CVT FE ini saya lihat ada produksi ExxonMobil dan Nippon Oil/Eneos. Tapi kalau saya lihat berdasarkan foto2 yg dijual di online itu produksi Eneos semua :big_childish:
Screenshot_2024-02-11-09-11-54-524_com.android.chrome.jpg
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
Chr1stm1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 465
Joined: 21 Apr 2021, 16:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: All New Veloz 2022 ANR 2018 Avanza K3VE 2011 Wuling Confero S ACT 2020

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Chr1stm1 »

azu wrote: 11 Feb 2024, 10:22
Chr1stm1 wrote: 11 Feb 2024, 09:02

Setau saya kalau kebutuhan CVT TC, bisa substitusi ke WS karena v100nya range 5,5 sd 6,5 an
Amsoil Atf LV di 6.3 cst
Q8 Auto MV 5,8 cst

Cmiiw yah
Saya carinya yg CVT FE sih om, karena di baut fillingnya tertulis FE, meskipun di service manual GSIC mintanya TC. Dan setau saya ATF tidak disarankan utk CVT meskipun visconya mirip2.

Tapi pas lihat viscosity FE ini ternyata rendah dibandingkan CVTF lain. Saya coba cari brand yg jual FE ini hanya ada Mobil, itupun tidak dijual di Indonesia. Kayanya sih kalau gini gantinya pakai TGO CVT FE aja beli di beres, liat di OL shop mah ragu palsu mana banyak yg jual pakai kemasan galon dengan label birunyg kalaublihat NTPN nya itu terdaftar di tahun 2013 :mky_01:

Pas cek NTPN untuk TGO CVT FE ini saya lihat ada produksi ExxonMobil dan Nippon Oil/Eneos. Tapi kalau saya lihat berdasarkan foto2 yg dijual di online itu produksi Eneos semua :big_childish:

Screenshot_2024-02-11-09-11-54-524_com.android.chrome.jpg
Teraman yg shell CVT paling Om, mengingat v100 ya paling mendekati spek standar CVTFE
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 638
Joined: 20 Jun 2012, 01:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by azu »

Chr1stm1 wrote: 11 Feb 2024, 11:31

Teraman yg shell CVT paling Om, mengingat v100 ya paling mendekati spek standar CVTFE
V100 paling mendekati sebenarnya Valvoline di 5.6, tapi kalau liat yg jual di Tokopedia jarang bgt hanya ada beberapa :mky_01:
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9233
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: 12 and 117 HP

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

azu wrote: 11 Feb 2024, 01:55 Permisi...

Mau nanya untuk pengguna Toyota dengan CVT Fluid FE, untuk TMO CVT Fluid FE bagaimana ya pengalamannya selama ini? Apakah ada alternatif selain pakai TMO?

Rencananya nanti di KM 100 ribuan saya mau ganti CVT Fluid di Nav1 saya dan dari record pemilik sebelumnya terakhir kali ganti itu sekitar 3 tahun lalu di Km 80ribu menggunakan Castrol Transmax CVT. sekalian juga saya mau ganti strainer jadi buka carter transmisi.

sempet nanya ke salah satu spesialis matic di Bandung yg pernah kerja di pabrik transmisi honda, untuk kuras CVTF dan ganti strainer di 1,7 juta dengan CVTF pakai Total. Karena sebelumnya pakai Castrol dan sekarang ditawarin pakai total, saya coba cari data spek untuk CVT FE ini untuk mencari tahu kesesuaiannya. Tapi saya lihat kebanyakan CVT Fluid non pabrikan itu speknya lebih mendekati ke CVT TC yg merupakan CVTF standar sebelumnya. Sebagai tambahan, di FSM Nav1 ini mintanya pakai TC tapi di fill plug di gearbox tertulisnya FE, dan pas saya coba browsing memang mobilnya keluar di peralihan dari TC ke FE. DItambah saat ini TAM juga tidak menjual CVTF TC di Indonesia.

Berikut saya coba buat komparasi berdasarkan datasheet CVT Fluid yg ada di pasaran Indo.
CVTF.PNG
Kalau lihat di tabel di atas, perbedaan utama antara TC dan FE yg lebih baru adalah Visco yg lebih rendah (lebih encer).

Beberapa pertanyaan dari saya, mohon bantuannya:
- Apakah lebih baik saya pakai lagi TMO FE saja dengan viskositas yg lebih rendah atau bisa menggunakan CVT Fluid merk lain tetapi kebanyakan lebih viskositas lebih tinggi dari standar FE Toyota? Yang mendekati spek viskositas FE ini hanya Valvoline CVT Fluid (<6 cst), sedangkan merk lain lebih mendekati TC. Bahkan PTT memberi catatan kalau dipakai di gearbox yg meminta FE akan less fuel economy.
- Efek menggunakan CVTF dengan viskositas lebih tinggi selain less fuel economy itu apa saja ya?
- Kalau saya menggunakan TMO CVT Fluid FE, saran penggantian berikutnya setelah nanti saya kuras dulu itu di berapa KM/bulan?

Terima kasih sebelumnya :big_blushing:
Ikutin Fill plug ajah.
Krn itu lgs dr pihak manufaktur yg masang.

Gantinya sih tetap aja (amannya) di max tiap 20rb / 2thn klo cvt.
Disclaimer

*Colek me if I'm wrong
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 638
Joined: 20 Jun 2012, 01:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by azu »

siap om.

berarti amannya setiap 20rb itu drain and fill aja ya.

kalau di bandung ada rekomen bengkel spesialis matic om? kalau di rumah punya car lift sih sebenernya mending kerjain sendiri :big_biglaugh:
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9233
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: 12 and 117 HP

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

azu wrote: 12 Feb 2024, 11:37 siap om.

berarti amannya setiap 20rb itu drain and fill aja ya.

kalau di bandung ada rekomen bengkel spesialis matic om? kalau di rumah punya car lift sih sebenernya mending kerjain sendiri :big_biglaugh:
Wah dream big-tool banget itu punya car lift sendiri.

Bengkel mana aja bisa.
Selama kita paham caranya, jadi kita yg instruksiin.

Biasanya ke bengkel cuci mobil yg ada car lift dan bw kunci torsi sendiri :big_biglaugh:
Disclaimer

*Colek me if I'm wrong
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11233
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Omnibus »

azu wrote: 12 Feb 2024, 11:37 siap om.

berarti amannya setiap 20rb itu drain and fill aja ya.

kalau di bandung ada rekomen bengkel spesialis matic om? kalau di rumah punya car lift sih sebenernya mending kerjain sendiri :big_biglaugh:
beli dongkrak buaya aja sama jack stand sepasang. gaskeun ... masa ganti oli matic aja ga bisa sendiri. :big_grin:

mampir ke tret hentul aja banyak penyamun disono
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 638
Joined: 20 Jun 2012, 01:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by azu »

Suryaputra wrote: 12 Feb 2024, 11:50

Wah dream big-tool banget itu punya car lift sendiri.

Bengkel mana aja bisa.
Selama kita paham caranya, jadi kita yg instruksiin.

Biasanya ke bengkel cuci mobil yg ada car lift dan bw kunci torsi sendiri :big_biglaugh:
nah cari tukang cuci yg bisa dipinjem liftnya itu kayanya susah :big_biglaugh:

pas kemaren2 ke bengkel detailing lihat ada scissor lift yang tidak terlalu besar, kok kayanya bagus ya dipasang di garasi. tapi lihat di online harganya lebih dari 30jt terus harus pakai listrik 3 fasa, kayanya ga mungkin beli scissor lift deh :big_biglaugh:

Omnibus wrote: 12 Feb 2024, 12:31

beli dongkrak buaya aja sama jack stand sepasang. gaskeun ... masa ganti oli matic aja ga bisa sendiri. :big_grin:

mampir ke tret hentul aja banyak penyamun disono
sebenernya saya udah ada dongkrak buaya 2 ton dan jackstand 4 om omni, biasa saya pakai untuk rotasi roda dan bersihin rem yg Vios. Masalahnya ini dongkrak buayanya ga kuat angkat ini Nav1 sampai ketinggian untuk pasang jackstand :big_cry:
pas saya ganti oli kemarin juga kepaksa ngolong pakai dongkrak saja tanpa jack stand soalnya kalau ga didongkrak badan ga bisa masuk ke kolong untuk buka baut pembuangan dan ganti filter oli :big_biglaugh:

pengen beli dongkrak buaya 3 ton yg low profile dan ketinggian angkat maksimumnya di 500mm, tapi lihat harganya udah nyentuh 2 jutaan kayanya agak susah ini perijinan ke menkeu di rumah :big_biglaugh:

untuk yg sekarang mungkin saya ke spesialis matic dulu karena mau ganti strainernya juga jadi harus buka carter dulu, untuk nanti ganti oli kedepannya bisa lah sendiri sambil ngumpulin untuk beli dongkrak dan scantool yg bisa active test :mky_01:

meskipun untuk Nav1 ini bisa sih jumper kabel ke port OBD untuk masuk ke mode deteksi suhu transmisi dan idle control mode :mky_01:

sayangnya link untuk GSIC Service Manual Nav1 punya TAM sekarang udah ga bisa dibuka, tapi untuk mesin dan transmisi masih bisa lihat Service Manualnya Rav4 (yg mesin dan transmisinya sejenis) yg bisa diakses online :mky_02:
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11233
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Omnibus »

azu wrote: 12 Feb 2024, 14:07 ...... Masalahnya ini dongkrak buayanya ga kuat angkat ini Nav1 sampai ketinggian untuk pasang jackstand
ganjel balok kayu antara dongkrak n jacking point spy dongkraknya jd tinggi reach nya.
abis itu ALWAYS pasang jeksten.

penghalang kecil itu ... masa gitu aja nyerah :mky_03:
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 638
Joined: 20 Jun 2012, 01:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by azu »

Omnibus wrote: 12 Feb 2024, 14:19
azu wrote: 12 Feb 2024, 14:07 ...... Masalahnya ini dongkrak buayanya ga kuat angkat ini Nav1 sampai ketinggian untuk pasang jackstand
ganjel balok kayu antara dongkrak n jacking point spy dongkraknya jd tinggi reach nya.
abis itu ALWAYS pasang jeksten.

penghalang kecil itu ... masa gitu aja nyerah :mky_03:
wah saya kok ga kepikiran ya masang balok kayu :ungg:

brb cari kayu bekas bantalan rel kereta :ngacir: mudah2an bisa diselipin diantara dongkrak dan jacking pointnya :big_biglaugh:
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
setiabk
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: 28 Apr 2021, 08:27
Daily Vehicle: Innova Reborn

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by setiabk »

DOHC wrote: 13 Oct 2023, 18:12
k1493nk wrote: 12 Oct 2023, 18:16
k1493nk wrote:Iya mbah betul, tp ternyata di pengecekan level itu overflownya dibuka lagi (pada temp 35 derajat) terus ditunggu sampai drips come out, trus langsung ditutup lagi tanpa di tambah yg 1,5 l seperti di prosedur refill.

Jadi agak bingung...

Atau mungkin pas prosedur refill emang diisi lbh banyak dulu biar yg terganti dengan atf baru lebih banyak.
My bad, ternyata pada prosedur pengecekan level atf dilakukan saat engine running. Jadi yg di pan sudah ada yg dipompa ke sistem transmisinya. Thanks mbah2 atas koreksinya.
utk rebon

kl mo versi pelit medit pait nya, bsa dgn cara, buang oli lama ampe ga netes lg, trus isi 3 liter aj lgs, nah ntar pas suhu atf ud kisaran deket2 40 drajat, buka baut cek nya, buang kira2 segelas akua.. beress

kl mo fine tuning, laen lg caranya , tp ahh sudalah, cara bar2 d atas jg ud ckup enak koq :upss: :upss:
Mengutip postingan agan DOHC, cara ngecek oli transmisi nya mirip² dgn cara yg di yutub, dimana buka baut cek (kunci L ukuran 5 mm) sampai aliran nya pelan (netes), pada kondisi mesin hidup, idling di N.

Sudah oke ya agan² ? Btw apa pengaruh oli transmisi kalau kebanyakan? Trims 🙏
Chr1stm1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 465
Joined: 21 Apr 2021, 16:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: All New Veloz 2022 ANR 2018 Avanza K3VE 2011 Wuling Confero S ACT 2020

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Chr1stm1 »

setiabk wrote: 25 Feb 2024, 11:01
DOHC wrote: 13 Oct 2023, 18:12
k1493nk wrote: 12 Oct 2023, 18:16 My bad, ternyata pada prosedur pengecekan level atf dilakukan saat engine running. Jadi yg di pan sudah ada yg dipompa ke sistem transmisinya. Thanks mbah2 atas koreksinya.
utk rebon

kl mo versi pelit medit pait nya, bsa dgn cara, buang oli lama ampe ga netes lg, trus isi 3 liter aj lgs, nah ntar pas suhu atf ud kisaran deket2 40 drajat, buka baut cek nya, buang kira2 segelas akua.. beress

kl mo fine tuning, laen lg caranya , tp ahh sudalah, cara bar2 d atas jg ud ckup enak koq :upss: :upss:
Mengutip postingan agan DOHC, cara ngecek oli transmisi nya mirip² dgn cara yg di yutub, dimana buka baut cek (kunci L ukuran 5 mm) sampai aliran nya pelan (netes), pada kondisi mesin hidup, idling di N.

Sudah oke ya agan² ? Btw apa pengaruh oli transmisi kalau kebanyakan? Trims 🙏
Oli matic kalo kebanyakan bikin sluggish Om, better pas2 aja
setiabk
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: 28 Apr 2021, 08:27
Daily Vehicle: Innova Reborn

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by setiabk »

Chr1stm1 wrote: 25 Feb 2024, 16:08
setiabk wrote: 25 Feb 2024, 11:01
Mengutip postingan agan DOHC, cara ngecek oli transmisi nya mirip² dgn cara yg di yutub, dimana buka baut cek (kunci L ukuran 5 mm) sampai aliran nya pelan (netes), pada kondisi mesin hidup, idling di N.

Sudah oke ya agan² ? Btw apa pengaruh oli transmisi kalau kebanyakan? Trims 🙏
Oli matic kalo kebanyakan bikin sluggish Om, better pas2 aja
Well noted, trims gan 🙏
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post