Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 661
Joined: 25 Aug 2014, 21:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Greenhunter »

gifgof wrote: 16 Aug 2024, 13:33 Selamat siang om-om semua,

Saya user Livina Xgear 2008 AT, bulan April 2024 lalu saya flushing oli matic pakai Idemitsu ATF di posisi 169.000KM, habis sekitar 8L, nah setelah 4000km berjalan sekarang saya ngalami kendala kalo pagi maticnya delay di posisi D mungkin sekitar 3-5 detikan, tapi kalo mesin udah panas transmisinya responsif, untuk odometernya sendiri sekarang baru 173.000km, ada saran dari mekanik bengkel langganan pakai aditif oli, tapi setelah saya riset kebanyakan aditif yang beredar di pasaran baunya menyengat seperti thinner/terpentin, saya cek di youtube juga ada aditif lokal setelah dituang ternyata bikin rontok cat, takut juga kalo daleman transmisi malah jebol.

ada saran kah untuk aditif oli yang rekomended yang bisa memperpanjang umur sebelum dioverhaul maticnya? atau memang udah harus turun transmisi ini om-om semua?

sekalian saran om untuk ATF yang rekomended apa saja?

terimakasih banyak sebelumnya
coba baca ini : viewtopic.php?p=1288239#p1288239 atau yang ini viewtopic.php?t=31984&start=75
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by marmut »

gifgof wrote: 16 Aug 2024, 13:33




sekarang saya ngalami kendala kalo pagi maticnya delay di posisi D mungkin sekitar 3-5 detikan, tapi kalo mesin udah panas transmisinya responsif,


bongkar body valve-nya dibersihin.
biasanya kotor. sekalian solenoid dites 1 per 1 masih bagus apa enggak.

nanti saat ngisi atf, musti fine tuning.

kalo bengkel yg ngerjain ga ngerti fine tuning atf, panggil mesin giling ratain aja sm tanah.
Past :
PPD213
PPD30A
PPD508
PPD P29
PPD AC21
MB 905
MB AC05
Mkrlt M01
PPD P44
MM 610
Kwnbst T512
Kpj 86
PPD AC16
B04 Kokol-BSD
D08 Putat-BSD
PUSAKA Tgr-Bgr
MB AC34
AgraMas C
PPD P45
PPD AC11
Now :
KRL
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by marmut »

ikanbawel wrote: 27 Aug 2024, 11:52 Mbah permisi mau tanya kalo oli transmisi march automatic.. itu kapasitasnya brp liter ya?
Untuk sekedar tap oli/ganti oli layaknya oli mesin..
Soalnya beda2 info yg sy dpt dr bengkel2 yg sy tanya
bengkel A info 4 liter
Bengkel B info 3 liter
Bengkel sy ganti kmrn di nissan arena bsd cuma diisi 2,8 liter

Salahnya kmrn lupa juga untuk ukur.. soalnya mekanik langsung sekalian tap olinya pas abis tap oli mesin
Setau sy oli transmisi hrs akurat ya? Kalo ga nanti ada aneh aneh.. betul ga nda mbah?
🙏🏻


mangkanya kalo ganti oli entah mesin entah atf jangan pindah², kalo perlu 1 org yg kerjakan supaya akurat hasilnya.

kalo pindah² tempat ganti² orang, lain tangan lain hasil.
Past :
PPD213
PPD30A
PPD508
PPD P29
PPD AC21
MB 905
MB AC05
Mkrlt M01
PPD P44
MM 610
Kwnbst T512
Kpj 86
PPD AC16
B04 Kokol-BSD
D08 Putat-BSD
PUSAKA Tgr-Bgr
MB AC34
AgraMas C
PPD P45
PPD AC11
Now :
KRL
ikanbawel
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: 17 Aug 2024, 22:30
Location: Tangerang
Daily Vehicle: March

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by ikanbawel »

marmut wrote: 27 Aug 2024, 22:58 mangkanya kalo ganti oli entah mesin entah atf jangan pindah², kalo perlu 1 org yg kerjakan supaya akurat hasilnya.

kalo pindah² tempat ganti² orang, lain tangan lain hasil.
Nda pindah2 mbah.. cuma beda cabang, kirain meski beda cabang tetep sama SOP/info nya
Kemarin beda info dari hasil tanya via wa ke bengkel2 lain sebelum akhirnya esekusi di bengkel spesialis arena nissan..

Tapi memang beda kayanya
Pas ganti sebelum ini di nissan arena gading serpong seinget sy 3,5 liter pake fk massimo (maen diisi aja, sy kira idemitsu)

Lalu yang terakhir ini di nissan arena bsd.. mekanik senior nya ngekeh 2,8 liter aja.. meski sy ud info history di cabang gading serpong dan hasil dr nanya bengkel lain.. dia tetep info 2,8 liter
Last edited by ikanbawel on 28 Aug 2024, 06:06, edited 1 time in total.
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 661
Joined: 25 Aug 2014, 21:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Greenhunter »

ikanbawel wrote: 28 Aug 2024, 06:03
marmut wrote: 27 Aug 2024, 22:58 mangkanya kalo ganti oli entah mesin entah atf jangan pindah², kalo perlu 1 org yg kerjakan supaya akurat hasilnya.

kalo pindah² tempat ganti² orang, lain tangan lain hasil.
Nda pindah2 mbah.. cuma beda cabang, kirain meski beda cabang tetep sama SOP/info nya
Kemarin beda info dari hasil tanya via wa ke bengkel2 lain sebelum akhirnya esekusi di bengkel spesialis arena nissan..

Tapi memang beda kayanya
Pas ganti sebelum ini di nissan arena gading serpong seinget sy 3,5 liter pake fk massimo (maen diisi aja, sy kira idemitsu)

Lalu yang terakhir ini di nissan arena bsd.. mekanik senior nya ngekeh 2,8 liter aja.. meski sy ud info history di cabang gading serpong dan hasil dr nanya bengkel lain.. dia tetep info 2,8 liter
Fine tuning sendiri saat pagi hidupin mesin, pindah ke P R N D, kira kira 3 sampai 5 detik lalu pindah ke P dengan mesin tetep hidup. cek deepstik oli level cold, sesuaikan olinya.
pakai jalan sktr 5 menit, lalu ulang lagi hidupin mesin, pindah ke P R N D, kira kira 3 sampai 5 detik lalu pindah ke P dengan mesin tetep hidup. cek deepstik oli level hot, sesuaikan olinya.
nambahin oli maticnya dari lubang deepstick oli.
habis flushing matic grand livina lama saya lakukan fine tuning sendiri nambah sktr 600 ml oli matic
ikanbawel
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: 17 Aug 2024, 22:30
Location: Tangerang
Daily Vehicle: March

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by ikanbawel »

Greenhunter wrote: 28 Aug 2024, 11:01
Fine tuning sendiri saat pagi hidupin mesin, pindah ke P R N D, kira kira 3 sampai 5 detik lalu pindah ke P dengan mesin tetep hidup. cek deepstik oli level cold, sesuaikan olinya.
pakai jalan sktr 5 menit, lalu ulang lagi hidupin mesin, pindah ke P R N D, kira kira 3 sampai 5 detik lalu pindah ke P dengan mesin tetep hidup. cek deepstik oli level hot, sesuaikan olinya.
nambahin oli maticnya dari lubang deepstick oli.
habis flushing matic grand livina lama saya lakukan fine tuning sendiri nambah sktr 600 ml oli matic
Mmg kemarin sempet baca soal fine tunning ini di history SM sblmnya.. thanks om nanti dicoba

Btw kalo march kan deepstick transmisinya super kecil nan mini.. di livia juga sama om? Kalo sama mohon panduan cara cek levelnya gmna.. :big_childish:
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 661
Joined: 25 Aug 2014, 21:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Greenhunter »

ikanbawel wrote: 28 Aug 2024, 20:57
Greenhunter wrote: 28 Aug 2024, 11:01
Fine tuning sendiri saat pagi hidupin mesin, pindah ke P R N D, kira kira 3 sampai 5 detik lalu pindah ke P dengan mesin tetep hidup. cek deepstik oli level cold, sesuaikan olinya.
pakai jalan sktr 5 menit, lalu ulang lagi hidupin mesin, pindah ke P R N D, kira kira 3 sampai 5 detik lalu pindah ke P dengan mesin tetep hidup. cek deepstik oli level hot, sesuaikan olinya.
nambahin oli maticnya dari lubang deepstick oli.
habis flushing matic grand livina lama saya lakukan fine tuning sendiri nambah sktr 600 ml oli matic
Mmg kemarin sempet baca soal fine tunning ini di history SM sblmnya.. thanks om nanti dicoba

Btw kalo march kan deepstick transmisinya super kecil nan mini.. di livia juga sama om? Kalo sama mohon panduan cara cek levelnya gmna.. :big_childish:
Deepsticknya beda om, kalau grand livina L10 bentuknya kayak deepstick oli mesin gitu panjang ada coakan atas dan bawah, ada tulisan hot cold semacam ini.
Screenshot_20240829-141340_Chrome.jpg
Screenshot_20240829-141340_Chrome.jpg (34.42 KiB) Viewed 659 times
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 661
Joined: 25 Aug 2014, 21:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Greenhunter »

ikanbawel wrote: 28 Aug 2024, 20:57
Greenhunter wrote: 28 Aug 2024, 11:01
Fine tuning sendiri saat pagi hidupin mesin, pindah ke P R N D, kira kira 3 sampai 5 detik lalu pindah ke P dengan mesin tetep hidup. cek deepstik oli level cold, sesuaikan olinya.
pakai jalan sktr 5 menit, lalu ulang lagi hidupin mesin, pindah ke P R N D, kira kira 3 sampai 5 detik lalu pindah ke P dengan mesin tetep hidup. cek deepstik oli level hot, sesuaikan olinya.
nambahin oli maticnya dari lubang deepstick oli.
habis flushing matic grand livina lama saya lakukan fine tuning sendiri nambah sktr 600 ml oli matic
Mmg kemarin sempet baca soal fine tunning ini di history SM sblmnya.. thanks om nanti dicoba

Btw kalo march kan deepstick transmisinya super kecil nan mini.. di livia juga sama om? Kalo sama mohon panduan cara cek levelnya gmna.. :big_childish:
Saya gak pernah pegang nissan march, tapi baca dari website ini caranya :
https://otomotifnet.gridoto.com/read/23 ... -long-life

Saya gak tahu bener atau tidak mungkin suhu² yang lain bisa bantu konfirmasi
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27150
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by DOHC »

marmut wrote: 27 Aug 2024, 22:56
gifgof wrote: 16 Aug 2024, 13:33




sekarang saya ngalami kendala kalo pagi maticnya delay di posisi D mungkin sekitar 3-5 detikan, tapi kalo mesin udah panas transmisinya responsif,


bongkar body valve-nya dibersihin.
biasanya kotor. sekalian solenoid dites 1 per 1 masih bagus apa enggak.

nanti saat ngisi atf, musti fine tuning.

kalo bengkel yg ngerjain ga ngerti fine tuning atf, panggil mesin giling ratain aja sm tanah.
nganu mbah

fine tuning opo

kita orang biasa patokan cuman masupin seember swallow warna item doank :ungg: :ungg:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
ikanbawel
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: 17 Aug 2024, 22:30
Location: Tangerang
Daily Vehicle: March

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by ikanbawel »

Greenhunter wrote: 29 Aug 2024, 14:14
Deepsticknya beda om, kalau grand livina L10 bentuknya kayak deepstick oli mesin gitu panjang ada coakan atas dan bawah, ada tulisan hot cold semacam ini.Screenshot_20240829-141340_Chrome.jpg
Oo.. kalo di march yang sy baca ternyata dipstick kecil itu bukan alat ukur.. jadi karna dia sistem long life drain.. ga ada alat buat cek jadi cuma ganti tiap 120rb km aja :big_chicken:
Greenhunter wrote: 29 Aug 2024, 16:44
Saya gak pernah pegang nissan march, tapi baca dari website ini caranya :
https://otomotifnet.gridoto.com/read/23 ... -long-life

Saya gak tahu bener atau tidak mungkin suhu² yang lain bisa bantu konfirmasi
Makasih mbah.. iy ini ud baca jugaaa pas kmrn googling..
Kapan2 mau coba ngolong deh cari baut overfil di march ada apa ngga..
yang agak bingung, kalo dr artikel di google..
Mesin dinyalain, fine tunning lalu buka baut drain.. apa ga keluar itu? Atau mmg akan kesedot naik keatas maksudnya ya?
gifgof
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: 21 Mar 2024, 08:35
Location: Yogyakarta
Daily Vehicle: Nissan Livina X-Gear

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by gifgof »

sahabatq8 wrote: 27 Aug 2024, 13:17
gifgof wrote: 16 Aug 2024, 13:33 Selamat siang om-om semua,

Saya user Livina Xgear 2008 AT, bulan April 2024 lalu saya flushing oli matic pakai Idemitsu ATF di posisi 169.000KM, habis sekitar 8L, nah setelah 4000km berjalan sekarang saya ngalami kendala kalo pagi maticnya delay di posisi D mungkin sekitar 3-5 detikan, tapi kalo mesin udah panas transmisinya responsif, untuk odometernya sendiri sekarang baru 173.000km, ada saran dari mekanik bengkel langganan pakai aditif oli, tapi setelah saya riset kebanyakan aditif yang beredar di pasaran baunya menyengat seperti thinner/terpentin, saya cek di youtube juga ada aditif lokal setelah dituang ternyata bikin rontok cat, takut juga kalo daleman transmisi malah jebol.

ada saran kah untuk aditif oli yang rekomended yang bisa memperpanjang umur sebelum dioverhaul maticnya? atau memang udah harus turun transmisi ini om-om semua?

sekalian saran om untuk ATF yang rekomended apa saja?

terimakasih banyak sebelumnya
Additive oli yang dimaksud biasanya kerja dengan cara melunakan dan membengkakan seal yang sudah keras. Bisa membantu , bisa tidak. Tapi pelumasan sendiri saya rasa akan makin buruk dengan additive yang sifatnya seperti solvent senyawa thinner.

In general kalo oli transmisi pake yang bagus sih, jangankan 170rb km, biasa 400rb km aja masih aman belom perlu overhaul. Sebelum flushing ini telat ganti oli kah? Filter transmisi udah diganti?

Kalo mau coba ATF bagusan bisa coba Q8 Auto JK, tapi kalo kondisi udah ada problem seperti ini, bukan jaminan jadi solusi :big_peace: .
Terimakasih sarannya om, akhirnya kemarin pake Trans-X dituang sekitar 150ml, besok paginya langsung ngacir lagi pas mesin dingin :big_peace: , lumayan bisa manjangin umur soalnya mobilnya dipake buat ternak :big_grin:
gifgof
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: 21 Mar 2024, 08:35
Location: Yogyakarta
Daily Vehicle: Nissan Livina X-Gear

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by gifgof »

marmut wrote: 27 Aug 2024, 22:56
gifgof wrote: 16 Aug 2024, 13:33




sekarang saya ngalami kendala kalo pagi maticnya delay di posisi D mungkin sekitar 3-5 detikan, tapi kalo mesin udah panas transmisinya responsif,


bongkar body valve-nya dibersihin.
biasanya kotor. sekalian solenoid dites 1 per 1 masih bagus apa enggak.

nanti saat ngisi atf, musti fine tuning.

kalo bengkel yg ngerjain ga ngerti fine tuning atf, panggil mesin giling ratain aja sm tanah.
terimakasih sarannya om, akhirnya udah sembuh ni matic, dituang pake Trans-X 150ml, sempet agak pesimis, tapi besok paginya dicoba langsung ngacir, jedug ilang, nggak ada delay lagi :big_biglaugh:
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 661
Joined: 25 Aug 2014, 21:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Greenhunter »

gifgof wrote: 05 Sep 2024, 08:50
marmut wrote: 27 Aug 2024, 22:56
gifgof wrote: 16 Aug 2024, 13:33




sekarang saya ngalami kendala kalo pagi maticnya delay di posisi D mungkin sekitar 3-5 detikan, tapi kalo mesin udah panas transmisinya responsif,


bongkar body valve-nya dibersihin.
biasanya kotor. sekalian solenoid dites 1 per 1 masih bagus apa enggak.

nanti saat ngisi atf, musti fine tuning.

kalo bengkel yg ngerjain ga ngerti fine tuning atf, panggil mesin giling ratain aja sm tanah.
terimakasih sarannya om, akhirnya udah sembuh ni matic, dituang pake Trans-X 150ml, sempet agak pesimis, tapi besok paginya dicoba langsung ngacir, jedug ilang, nggak ada delay lagi :big_biglaugh:
Selamat datang di klub mendang mending. :big_deal: :big_deal: :big_deal:
Anggotanya menganut prinsip :
* coba dulu
* diakali dulu
* jangan langsung bongkar, mending ini dulu, mending itu dulu
:big_peace: :big_peace: :big_peace:
gifgof
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: 21 Mar 2024, 08:35
Location: Yogyakarta
Daily Vehicle: Nissan Livina X-Gear

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by gifgof »

Greenhunter wrote: 05 Sep 2024, 10:40
gifgof wrote: 05 Sep 2024, 08:50
marmut wrote: 27 Aug 2024, 22:56



bongkar body valve-nya dibersihin.
biasanya kotor. sekalian solenoid dites 1 per 1 masih bagus apa enggak.

nanti saat ngisi atf, musti fine tuning.

kalo bengkel yg ngerjain ga ngerti fine tuning atf, panggil mesin giling ratain aja sm tanah.
terimakasih sarannya om, akhirnya udah sembuh ni matic, dituang pake Trans-X 150ml, sempet agak pesimis, tapi besok paginya dicoba langsung ngacir, jedug ilang, nggak ada delay lagi :big_biglaugh:
Selamat datang di klub mendang mending. :big_deal: :big_deal: :big_deal:
Anggotanya menganut prinsip :
* coba dulu
* diakali dulu
* jangan langsung bongkar, mending ini dulu, mending itu dulu
:big_peace: :big_peace: :big_peace:
salaman dulu om :big_deal:
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2142
Joined: 26 Sep 2021, 17:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Contact:

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sahabatq8 »

gifgof wrote: 05 Sep 2024, 08:50
marmut wrote: 27 Aug 2024, 22:56
gifgof wrote: 16 Aug 2024, 13:33




sekarang saya ngalami kendala kalo pagi maticnya delay di posisi D mungkin sekitar 3-5 detikan, tapi kalo mesin udah panas transmisinya responsif,


bongkar body valve-nya dibersihin.
biasanya kotor. sekalian solenoid dites 1 per 1 masih bagus apa enggak.

nanti saat ngisi atf, musti fine tuning.

kalo bengkel yg ngerjain ga ngerti fine tuning atf, panggil mesin giling ratain aja sm tanah.
terimakasih sarannya om, akhirnya udah sembuh ni matic, dituang pake Trans-X 150ml, sempet agak pesimis, tapi besok paginya dicoba langsung ngacir, jedug ilang, nggak ada delay lagi :big_biglaugh:
Trans x crc punya ya?
gifgof
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: 21 Mar 2024, 08:35
Location: Yogyakarta
Daily Vehicle: Nissan Livina X-Gear

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by gifgof »

sahabatq8 wrote: 05 Sep 2024, 13:58
gifgof wrote: 05 Sep 2024, 08:50
marmut wrote: 27 Aug 2024, 22:56



bongkar body valve-nya dibersihin.
biasanya kotor. sekalian solenoid dites 1 per 1 masih bagus apa enggak.

nanti saat ngisi atf, musti fine tuning.

kalo bengkel yg ngerjain ga ngerti fine tuning atf, panggil mesin giling ratain aja sm tanah.
terimakasih sarannya om, akhirnya udah sembuh ni matic, dituang pake Trans-X 150ml, sempet agak pesimis, tapi besok paginya dicoba langsung ngacir, jedug ilang, nggak ada delay lagi :big_biglaugh:
Trans x crc punya ya?
iyes betul sekali om,
Image
awalnya disaranin pake Lucas Oil sama temen yang pake Juke & Serena, cuma susah nyari barangnya trus nanya ke bengkel langganan disaranin pake transx ini, ternyata dia nyetok, selamat dah nggak jadi turun transmisi, trus maticnya kerasa jadi jauh lebih smooth & responsif :mky_01:
Last edited by gifgof on 05 Sep 2024, 14:04, edited 2 times in total.
Chr1stm1
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 598
Joined: 21 Apr 2021, 16:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Chr1stm1 »

Drain n refill di Toda km 15rb, AN Veloz usia 2,5 thn
Buat maintain aja biar long lasting
Attachments
PXL_20240915_054636486.jpg
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10743
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

Chr1stm1 wrote: 15 Sep 2024, 16:19 Drain n refill di Toda km 15rb, AN Veloz usia 2,5 thn
Buat maintain aja biar long lasting
lifetime :mky_03: :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1635
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by MSU »

Chr1stm1 wrote: 15 Sep 2024, 16:19 Drain n refill di Toda km 15rb, AN Veloz usia 2,5 thn
Buat maintain aja biar long lasting
vs standardnya ada berasa beda om?
Ama butuh berapa liter?
Chr1stm1
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 598
Joined: 21 Apr 2021, 16:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Chr1stm1 »

MSU wrote: 15 Sep 2024, 16:32
Chr1stm1 wrote: 15 Sep 2024, 16:19 Drain n refill di Toda km 15rb, AN Veloz usia 2,5 thn
Buat maintain aja biar long lasting
vs standardnya ada berasa beda om?
Ama butuh berapa liter?

Vs standar mirip Om, yg ke notice siulan kalo rpm rendah lebih senyap dan pindah dari gigi D ke N, geternya minim.

Kebetulan di toda gading serpong pake metode sedot melalui lubang dipstick, tersedot 2,8 liter...saya masukan juga 2,8 liter..

Fyi warna oli ini ternyata kuning cerah mirip oli mesin, sy kira warnanya merah spt oli2 atf / cvt pada umumnya
Chr1stm1
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 598
Joined: 21 Apr 2021, 16:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Chr1stm1 »

Suryaputra wrote: 15 Sep 2024, 16:21
Chr1stm1 wrote: 15 Sep 2024, 16:19 Drain n refill di Toda km 15rb, AN Veloz usia 2,5 thn
Buat maintain aja biar long lasting
lifetime :mky_03: :mky_03:
Nanti awal 2026 drain n refill lagi Mbah..hehe
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2142
Joined: 26 Sep 2021, 17:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Contact:

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sahabatq8 »

Chr1stm1 wrote: 15 Sep 2024, 16:54
MSU wrote: 15 Sep 2024, 16:32
Chr1stm1 wrote: 15 Sep 2024, 16:19 Drain n refill di Toda km 15rb, AN Veloz usia 2,5 thn
Buat maintain aja biar long lasting
vs standardnya ada berasa beda om?
Ama butuh berapa liter?

Vs standar mirip Om, yg ke notice siulan kalo rpm rendah lebih senyap dan pindah dari gigi D ke N, geternya minim.

Kebetulan di toda gading serpong pake metode sedot melalui lubang dipstick, tersedot 2,8 liter...saya masukan juga 2,8 liter..

Fyi warna oli ini ternyata kuning cerah mirip oli mesin, sy kira warnanya merah spt oli2 atf / cvt pada umumnya
Klo Q8 oli semua atf merah, cvt kuning
feri307
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 65
Joined: 01 Sep 2018, 19:23
Location: Padang
Daily Vehicle: Honda Brio

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by feri307 »

Suryaputra wrote: 31 Jul 2024, 23:10 Perlu (in my opinion)
Gantinya di 5rb km pertama jg gpp klo gak sempet.

Selanjutnya bisa per 20-30rb km, tergantung jarak, durasi atau gaya mengemudi.

Krn masa breakin period itu meluruhkan lapisan material dari internal girboks.
Jd bikin oli cepat kotor dan banyak gram untuk awal2.
Makasih infonya, om..
User avatar
wenk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 911
Joined: 20 Aug 2008, 17:42

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by wenk »

Permisi... mo tanya nih...

Kalau mobil baru, apakah perlu ganti oli CVT dan gardan setelah pemakaian 1000 km? Seperti oli mesin...
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10743
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

wenk wrote: Yesterday, 09:57 Permisi... mo tanya nih...

Kalau mobil baru, apakah perlu ganti oli CVT dan gardan setelah pemakaian 1000 km? Seperti oli mesin...
Personal choice aja.

klo saya ganti di 5-7rb km
/ pas ganti oli mesin ke-2

Di 1500 km: ganti olmes + filter oli
Di 5-7rb km: ganti olmes + filter oli + oli CVT (klo ada gardan ya sekalian)
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post