coba baca ini : viewtopic.php?p=1288239#p1288239 atau yang ini viewtopic.php?t=31984&start=75gifgof wrote: ↑16 Aug 2024, 13:33 Selamat siang om-om semua,
Saya user Livina Xgear 2008 AT, bulan April 2024 lalu saya flushing oli matic pakai Idemitsu ATF di posisi 169.000KM, habis sekitar 8L, nah setelah 4000km berjalan sekarang saya ngalami kendala kalo pagi maticnya delay di posisi D mungkin sekitar 3-5 detikan, tapi kalo mesin udah panas transmisinya responsif, untuk odometernya sendiri sekarang baru 173.000km, ada saran dari mekanik bengkel langganan pakai aditif oli, tapi setelah saya riset kebanyakan aditif yang beredar di pasaran baunya menyengat seperti thinner/terpentin, saya cek di youtube juga ada aditif lokal setelah dituang ternyata bikin rontok cat, takut juga kalo daleman transmisi malah jebol.
ada saran kah untuk aditif oli yang rekomended yang bisa memperpanjang umur sebelum dioverhaul maticnya? atau memang udah harus turun transmisi ini om-om semua?
sekalian saran om untuk ATF yang rekomended apa saja?
terimakasih banyak sebelumnya
Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 661
- Joined: 25 Aug 2014, 21:12
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
- marmut
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11374
- Joined: 16 Oct 2013, 13:27
- Location: tangerang selatan
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
bongkar body valve-nya dibersihin.
biasanya kotor. sekalian solenoid dites 1 per 1 masih bagus apa enggak.
nanti saat ngisi atf, musti fine tuning.
kalo bengkel yg ngerjain ga ngerti fine tuning atf, panggil mesin giling ratain aja sm tanah.
Past :
PPD213
PPD30A
PPD508
PPD P29
PPD AC21
MB 905
MB AC05
Mkrlt M01
PPD P44
MM 610
Kwnbst T512
Kpj 86
PPD AC16
B04 Kokol-BSD
D08 Putat-BSD
PUSAKA Tgr-Bgr
MB AC34
AgraMas C
PPD P45
PPD AC11
Now :
KRL
PPD213
PPD30A
PPD508
PPD P29
PPD AC21
MB 905
MB AC05
Mkrlt M01
PPD P44
MM 610
Kwnbst T512
Kpj 86
PPD AC16
B04 Kokol-BSD
D08 Putat-BSD
PUSAKA Tgr-Bgr
MB AC34
AgraMas C
PPD P45
PPD AC11
Now :
KRL
- marmut
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11374
- Joined: 16 Oct 2013, 13:27
- Location: tangerang selatan
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
ikanbawel wrote: ↑27 Aug 2024, 11:52 Mbah permisi mau tanya kalo oli transmisi march automatic.. itu kapasitasnya brp liter ya?
Untuk sekedar tap oli/ganti oli layaknya oli mesin..
Soalnya beda2 info yg sy dpt dr bengkel2 yg sy tanya
bengkel A info 4 liter
Bengkel B info 3 liter
Bengkel sy ganti kmrn di nissan arena bsd cuma diisi 2,8 liter
Salahnya kmrn lupa juga untuk ukur.. soalnya mekanik langsung sekalian tap olinya pas abis tap oli mesin
Setau sy oli transmisi hrs akurat ya? Kalo ga nanti ada aneh aneh.. betul ga nda mbah?
mangkanya kalo ganti oli entah mesin entah atf jangan pindah², kalo perlu 1 org yg kerjakan supaya akurat hasilnya.
kalo pindah² tempat ganti² orang, lain tangan lain hasil.
Past :
PPD213
PPD30A
PPD508
PPD P29
PPD AC21
MB 905
MB AC05
Mkrlt M01
PPD P44
MM 610
Kwnbst T512
Kpj 86
PPD AC16
B04 Kokol-BSD
D08 Putat-BSD
PUSAKA Tgr-Bgr
MB AC34
AgraMas C
PPD P45
PPD AC11
Now :
KRL
PPD213
PPD30A
PPD508
PPD P29
PPD AC21
MB 905
MB AC05
Mkrlt M01
PPD P44
MM 610
Kwnbst T512
Kpj 86
PPD AC16
B04 Kokol-BSD
D08 Putat-BSD
PUSAKA Tgr-Bgr
MB AC34
AgraMas C
PPD P45
PPD AC11
Now :
KRL
-
- Newbie
- Posts: 11
- Joined: 17 Aug 2024, 22:30
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: March
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Nda pindah2 mbah.. cuma beda cabang, kirain meski beda cabang tetep sama SOP/info nya
Kemarin beda info dari hasil tanya via wa ke bengkel2 lain sebelum akhirnya esekusi di bengkel spesialis arena nissan..
Tapi memang beda kayanya
Pas ganti sebelum ini di nissan arena gading serpong seinget sy 3,5 liter pake fk massimo (maen diisi aja, sy kira idemitsu)
Lalu yang terakhir ini di nissan arena bsd.. mekanik senior nya ngekeh 2,8 liter aja.. meski sy ud info history di cabang gading serpong dan hasil dr nanya bengkel lain.. dia tetep info 2,8 liter
Last edited by ikanbawel on 28 Aug 2024, 06:06, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 661
- Joined: 25 Aug 2014, 21:12
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Fine tuning sendiri saat pagi hidupin mesin, pindah ke P R N D, kira kira 3 sampai 5 detik lalu pindah ke P dengan mesin tetep hidup. cek deepstik oli level cold, sesuaikan olinya.ikanbawel wrote: ↑28 Aug 2024, 06:03Nda pindah2 mbah.. cuma beda cabang, kirain meski beda cabang tetep sama SOP/info nya
Kemarin beda info dari hasil tanya via wa ke bengkel2 lain sebelum akhirnya esekusi di bengkel spesialis arena nissan..
Tapi memang beda kayanya
Pas ganti sebelum ini di nissan arena gading serpong seinget sy 3,5 liter pake fk massimo (maen diisi aja, sy kira idemitsu)
Lalu yang terakhir ini di nissan arena bsd.. mekanik senior nya ngekeh 2,8 liter aja.. meski sy ud info history di cabang gading serpong dan hasil dr nanya bengkel lain.. dia tetep info 2,8 liter
pakai jalan sktr 5 menit, lalu ulang lagi hidupin mesin, pindah ke P R N D, kira kira 3 sampai 5 detik lalu pindah ke P dengan mesin tetep hidup. cek deepstik oli level hot, sesuaikan olinya.
nambahin oli maticnya dari lubang deepstick oli.
habis flushing matic grand livina lama saya lakukan fine tuning sendiri nambah sktr 600 ml oli matic
-
- Newbie
- Posts: 11
- Joined: 17 Aug 2024, 22:30
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: March
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Mmg kemarin sempet baca soal fine tunning ini di history SM sblmnya.. thanks om nanti dicobaGreenhunter wrote: ↑28 Aug 2024, 11:01
Fine tuning sendiri saat pagi hidupin mesin, pindah ke P R N D, kira kira 3 sampai 5 detik lalu pindah ke P dengan mesin tetep hidup. cek deepstik oli level cold, sesuaikan olinya.
pakai jalan sktr 5 menit, lalu ulang lagi hidupin mesin, pindah ke P R N D, kira kira 3 sampai 5 detik lalu pindah ke P dengan mesin tetep hidup. cek deepstik oli level hot, sesuaikan olinya.
nambahin oli maticnya dari lubang deepstick oli.
habis flushing matic grand livina lama saya lakukan fine tuning sendiri nambah sktr 600 ml oli matic
Btw kalo march kan deepstick transmisinya super kecil nan mini.. di livia juga sama om? Kalo sama mohon panduan cara cek levelnya gmna..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 661
- Joined: 25 Aug 2014, 21:12
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Deepsticknya beda om, kalau grand livina L10 bentuknya kayak deepstick oli mesin gitu panjang ada coakan atas dan bawah, ada tulisan hot cold semacam ini.ikanbawel wrote: ↑28 Aug 2024, 20:57Mmg kemarin sempet baca soal fine tunning ini di history SM sblmnya.. thanks om nanti dicobaGreenhunter wrote: ↑28 Aug 2024, 11:01
Fine tuning sendiri saat pagi hidupin mesin, pindah ke P R N D, kira kira 3 sampai 5 detik lalu pindah ke P dengan mesin tetep hidup. cek deepstik oli level cold, sesuaikan olinya.
pakai jalan sktr 5 menit, lalu ulang lagi hidupin mesin, pindah ke P R N D, kira kira 3 sampai 5 detik lalu pindah ke P dengan mesin tetep hidup. cek deepstik oli level hot, sesuaikan olinya.
nambahin oli maticnya dari lubang deepstick oli.
habis flushing matic grand livina lama saya lakukan fine tuning sendiri nambah sktr 600 ml oli matic
Btw kalo march kan deepstick transmisinya super kecil nan mini.. di livia juga sama om? Kalo sama mohon panduan cara cek levelnya gmna..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 661
- Joined: 25 Aug 2014, 21:12
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Saya gak pernah pegang nissan march, tapi baca dari website ini caranya :ikanbawel wrote: ↑28 Aug 2024, 20:57Mmg kemarin sempet baca soal fine tunning ini di history SM sblmnya.. thanks om nanti dicobaGreenhunter wrote: ↑28 Aug 2024, 11:01
Fine tuning sendiri saat pagi hidupin mesin, pindah ke P R N D, kira kira 3 sampai 5 detik lalu pindah ke P dengan mesin tetep hidup. cek deepstik oli level cold, sesuaikan olinya.
pakai jalan sktr 5 menit, lalu ulang lagi hidupin mesin, pindah ke P R N D, kira kira 3 sampai 5 detik lalu pindah ke P dengan mesin tetep hidup. cek deepstik oli level hot, sesuaikan olinya.
nambahin oli maticnya dari lubang deepstick oli.
habis flushing matic grand livina lama saya lakukan fine tuning sendiri nambah sktr 600 ml oli matic
Btw kalo march kan deepstick transmisinya super kecil nan mini.. di livia juga sama om? Kalo sama mohon panduan cara cek levelnya gmna..
https://otomotifnet.gridoto.com/read/23 ... -long-life
Saya gak tahu bener atau tidak mungkin suhu² yang lain bisa bantu konfirmasi
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27150
- Joined: 01 Feb 2009, 00:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
nganu mbah
fine tuning opo
kita orang biasa patokan cuman masupin seember swallow warna item doank
numpang lewat aja....
-
- Newbie
- Posts: 11
- Joined: 17 Aug 2024, 22:30
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: March
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Oo.. kalo di march yang sy baca ternyata dipstick kecil itu bukan alat ukur.. jadi karna dia sistem long life drain.. ga ada alat buat cek jadi cuma ganti tiap 120rb km ajaGreenhunter wrote: ↑29 Aug 2024, 14:14
Deepsticknya beda om, kalau grand livina L10 bentuknya kayak deepstick oli mesin gitu panjang ada coakan atas dan bawah, ada tulisan hot cold semacam ini.Screenshot_20240829-141340_Chrome.jpg
Makasih mbah.. iy ini ud baca jugaaa pas kmrn googling..Greenhunter wrote: ↑29 Aug 2024, 16:44
Saya gak pernah pegang nissan march, tapi baca dari website ini caranya :
https://otomotifnet.gridoto.com/read/23 ... -long-life
Saya gak tahu bener atau tidak mungkin suhu² yang lain bisa bantu konfirmasi
Kapan2 mau coba ngolong deh cari baut overfil di march ada apa ngga..
yang agak bingung, kalo dr artikel di google..
Mesin dinyalain, fine tunning lalu buka baut drain.. apa ga keluar itu? Atau mmg akan kesedot naik keatas maksudnya ya?
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: 21 Mar 2024, 08:35
- Location: Yogyakarta
- Daily Vehicle: Nissan Livina X-Gear
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Terimakasih sarannya om, akhirnya kemarin pake Trans-X dituang sekitar 150ml, besok paginya langsung ngacir lagi pas mesin dingin , lumayan bisa manjangin umur soalnya mobilnya dipake buat ternaksahabatq8 wrote: ↑27 Aug 2024, 13:17Additive oli yang dimaksud biasanya kerja dengan cara melunakan dan membengkakan seal yang sudah keras. Bisa membantu , bisa tidak. Tapi pelumasan sendiri saya rasa akan makin buruk dengan additive yang sifatnya seperti solvent senyawa thinner.gifgof wrote: ↑16 Aug 2024, 13:33 Selamat siang om-om semua,
Saya user Livina Xgear 2008 AT, bulan April 2024 lalu saya flushing oli matic pakai Idemitsu ATF di posisi 169.000KM, habis sekitar 8L, nah setelah 4000km berjalan sekarang saya ngalami kendala kalo pagi maticnya delay di posisi D mungkin sekitar 3-5 detikan, tapi kalo mesin udah panas transmisinya responsif, untuk odometernya sendiri sekarang baru 173.000km, ada saran dari mekanik bengkel langganan pakai aditif oli, tapi setelah saya riset kebanyakan aditif yang beredar di pasaran baunya menyengat seperti thinner/terpentin, saya cek di youtube juga ada aditif lokal setelah dituang ternyata bikin rontok cat, takut juga kalo daleman transmisi malah jebol.
ada saran kah untuk aditif oli yang rekomended yang bisa memperpanjang umur sebelum dioverhaul maticnya? atau memang udah harus turun transmisi ini om-om semua?
sekalian saran om untuk ATF yang rekomended apa saja?
terimakasih banyak sebelumnya
In general kalo oli transmisi pake yang bagus sih, jangankan 170rb km, biasa 400rb km aja masih aman belom perlu overhaul. Sebelum flushing ini telat ganti oli kah? Filter transmisi udah diganti?
Kalo mau coba ATF bagusan bisa coba Q8 Auto JK, tapi kalo kondisi udah ada problem seperti ini, bukan jaminan jadi solusi .
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: 21 Mar 2024, 08:35
- Location: Yogyakarta
- Daily Vehicle: Nissan Livina X-Gear
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
terimakasih sarannya om, akhirnya udah sembuh ni matic, dituang pake Trans-X 150ml, sempet agak pesimis, tapi besok paginya dicoba langsung ngacir, jedug ilang, nggak ada delay lagi
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 661
- Joined: 25 Aug 2014, 21:12
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Selamat datang di klub mendang mending.gifgof wrote: ↑05 Sep 2024, 08:50terimakasih sarannya om, akhirnya udah sembuh ni matic, dituang pake Trans-X 150ml, sempet agak pesimis, tapi besok paginya dicoba langsung ngacir, jedug ilang, nggak ada delay lagi
Anggotanya menganut prinsip :
* coba dulu
* diakali dulu
* jangan langsung bongkar, mending ini dulu, mending itu dulu
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: 21 Mar 2024, 08:35
- Location: Yogyakarta
- Daily Vehicle: Nissan Livina X-Gear
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
salaman dulu omGreenhunter wrote: ↑05 Sep 2024, 10:40Selamat datang di klub mendang mending.
Anggotanya menganut prinsip :
* coba dulu
* diakali dulu
* jangan langsung bongkar, mending ini dulu, mending itu dulu
- sahabatq8
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2142
- Joined: 26 Sep 2021, 17:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
- Contact:
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Trans x crc punya ya?gifgof wrote: ↑05 Sep 2024, 08:50terimakasih sarannya om, akhirnya udah sembuh ni matic, dituang pake Trans-X 150ml, sempet agak pesimis, tapi besok paginya dicoba langsung ngacir, jedug ilang, nggak ada delay lagi
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: 21 Mar 2024, 08:35
- Location: Yogyakarta
- Daily Vehicle: Nissan Livina X-Gear
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
iyes betul sekali om,
awalnya disaranin pake Lucas Oil sama temen yang pake Juke & Serena, cuma susah nyari barangnya trus nanya ke bengkel langganan disaranin pake transx ini, ternyata dia nyetok, selamat dah nggak jadi turun transmisi, trus maticnya kerasa jadi jauh lebih smooth & responsif
Last edited by gifgof on 05 Sep 2024, 14:04, edited 2 times in total.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 598
- Joined: 21 Apr 2021, 16:07
- Location: Bandung & Jakarta
- Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Drain n refill di Toda km 15rb, AN Veloz usia 2,5 thn
Buat maintain aja biar long lasting
Buat maintain aja biar long lasting
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10743
- Joined: 30 Apr 2013, 14:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
lifetime
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1635
- Joined: 06 Jan 2019, 09:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 598
- Joined: 21 Apr 2021, 16:07
- Location: Bandung & Jakarta
- Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Vs standar mirip Om, yg ke notice siulan kalo rpm rendah lebih senyap dan pindah dari gigi D ke N, geternya minim.
Kebetulan di toda gading serpong pake metode sedot melalui lubang dipstick, tersedot 2,8 liter...saya masukan juga 2,8 liter..
Fyi warna oli ini ternyata kuning cerah mirip oli mesin, sy kira warnanya merah spt oli2 atf / cvt pada umumnya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 598
- Joined: 21 Apr 2021, 16:07
- Location: Bandung & Jakarta
- Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Nanti awal 2026 drain n refill lagi Mbah..hehe
- sahabatq8
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2142
- Joined: 26 Sep 2021, 17:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
- Contact:
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Klo Q8 oli semua atf merah, cvt kuningChr1stm1 wrote: ↑15 Sep 2024, 16:54
Vs standar mirip Om, yg ke notice siulan kalo rpm rendah lebih senyap dan pindah dari gigi D ke N, geternya minim.
Kebetulan di toda gading serpong pake metode sedot melalui lubang dipstick, tersedot 2,8 liter...saya masukan juga 2,8 liter..
Fyi warna oli ini ternyata kuning cerah mirip oli mesin, sy kira warnanya merah spt oli2 atf / cvt pada umumnya
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 65
- Joined: 01 Sep 2018, 19:23
- Location: Padang
- Daily Vehicle: Honda Brio
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Makasih infonya, om..Suryaputra wrote: ↑31 Jul 2024, 23:10 Perlu (in my opinion)
Gantinya di 5rb km pertama jg gpp klo gak sempet.
Selanjutnya bisa per 20-30rb km, tergantung jarak, durasi atau gaya mengemudi.
Krn masa breakin period itu meluruhkan lapisan material dari internal girboks.
Jd bikin oli cepat kotor dan banyak gram untuk awal2.
- wenk
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 911
- Joined: 20 Aug 2008, 17:42
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Permisi... mo tanya nih...
Kalau mobil baru, apakah perlu ganti oli CVT dan gardan setelah pemakaian 1000 km? Seperti oli mesin...
Kalau mobil baru, apakah perlu ganti oli CVT dan gardan setelah pemakaian 1000 km? Seperti oli mesin...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10743
- Joined: 30 Apr 2013, 14:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Personal choice aja.
klo saya ganti di 5-7rb km
/ pas ganti oli mesin ke-2
Di 1500 km: ganti olmes + filter oli
Di 5-7rb km: ganti olmes + filter oli + oli CVT (klo ada gardan ya sekalian)
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Similar Topics
- Replies
- Views
- Last post
-
- 2504 Replies
- 128875 Views
-
Last post by sh00t
-
- 501 Replies
- 25959 Views
-
Last post by lemonadelovers
-
- 0 Replies
- 921 Views
-
Last post by sammyon7
-
- 5 Replies
- 589 Views
-
Last post by Flox2011
-
- 26 Replies
- 6906 Views
-
Last post by ChZ
-
- 11 Replies
- 5000 Views
-
Last post by RBCrew
-
- 19 Replies
- 3407 Views
-
Last post by Opeakkk
-
- 39 Replies
- 7583 Views
-
Last post by Suryaputra
-
- 89 Replies
- 8252 Views
-
Last post by ilhami
-
- 2 Replies
- 1557 Views
-
Last post by sahabatq8