Re: Serba Serbi Ban Part 4

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

Post Reply
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8699
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: 12 and 117 HP

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

iamwewe wrote: 03 Oct 2023, 12:05
Suryaputra wrote: 03 Oct 2023, 10:29
Yah emg ladder frame gtu mbah

Tp drpd monokok, ttp lbh mantep ladder frame buat hajar jalan rusak sih mbah.
ngelanjutin masalah treadwear jadi datanya sy dpt alenza saya treadwear 300 nih. trus knp ya om? kalo di LM705 nggak ketemu nih tulisan treadwear. entah apa saya yg gk teliti. lagi puanas pol di luar, berdebu pula wkwkw
WhatsApp Image 2023-10-03 at 11.51.25 (1).jpeg

gara2 si om.. saya jadi baca2 lagi tulisan di pipi ban wkwkwkw

menariknya disini ditulis si alenza tahan cuma max 44ps vs si lm705 di 51ps
WhatsApp Image 2023-10-03 at 11.51.25.jpeg
WhatsApp Image 2023-10-03 at 11.51.25 (2).jpeg

nah ini stiker rekomendasi pabrikan utk tekanan ban
WhatsApp Image 2023-10-03 at 11.51.25 (3).jpeg

dan ini nih kembang alenza saya di taro di belakang. abisnya ya sama aja nih, kiri kanan yg abis tengahnya msh ada kembangan
WhatsApp Image 2023-10-03 at 11.51.25 (4).jpeg

iya kalo ladder buat hajar jalan rusak sih no debat deh emang.. gk usah sayang2 jalan pelan2 bodo amat. tapi tetep aja rasanya kalo anginnya kekencengan, 40psi gitu sih kerasa banget grebek2nya
Klo dilihat under inflate itu, spt diskusi awal.

Itu alenza load indexnya brp?
94 juga?
Size gak diup?

Sesuai manual di rekomendasi pabrikan.
Disclaimer

*Colek me if I'm wrong
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 981
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by iamwewe »

Suryaputra wrote: 03 Oct 2023, 12:13
iamwewe wrote: 03 Oct 2023, 12:05
Suryaputra wrote: 03 Oct 2023, 10:29
Yah emg ladder frame gtu mbah

Tp drpd monokok, ttp lbh mantep ladder frame buat hajar jalan rusak sih mbah.
ngelanjutin masalah treadwear jadi datanya sy dpt alenza saya treadwear 300 nih. trus knp ya om? kalo di LM705 nggak ketemu nih tulisan treadwear. entah apa saya yg gk teliti. lagi puanas pol di luar, berdebu pula wkwkw
WhatsApp Image 2023-10-03 at 11.51.25 (1).jpeg

gara2 si om.. saya jadi baca2 lagi tulisan di pipi ban wkwkwkw

menariknya disini ditulis si alenza tahan cuma max 44ps vs si lm705 di 51ps
WhatsApp Image 2023-10-03 at 11.51.25.jpeg
WhatsApp Image 2023-10-03 at 11.51.25 (2).jpeg

nah ini stiker rekomendasi pabrikan utk tekanan ban
WhatsApp Image 2023-10-03 at 11.51.25 (3).jpeg

dan ini nih kembang alenza saya di taro di belakang. abisnya ya sama aja nih, kiri kanan yg abis tengahnya msh ada kembangan
WhatsApp Image 2023-10-03 at 11.51.25 (4).jpeg

iya kalo ladder buat hajar jalan rusak sih no debat deh emang.. gk usah sayang2 jalan pelan2 bodo amat. tapi tetep aja rasanya kalo anginnya kekencengan, 40psi gitu sih kerasa banget grebek2nya
Klo dilihat under inflate itu, spt diskusi awal.

Itu alenza load indexnya brp?
94 juga?
Size gak diup?

Sesuai manual di rekomendasi pabrikan.
nah si alenza ini jadi dulu ceritanya karena pake venturer ngerasa kok keras banget nih dibanding 2kd. dulu curiganya karena 215/55. sok ide lah, udah ganti alenza 215/60 full depan blkg. tapi setelah ganti alenza ini juga rasanya bantingan ya gitu2 aja grebekan juga. minimal sih harapan kaya si 2kd.

jadi emang sebenernya bannya udah gk sesuai manual book nih

akhirnya skrg ganti LM705, balik lagi sizenya 215/55. tapi baru depan doang. yang ban blkg masih alenza 215/60 om
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15066
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: 03 Oct 2023, 11:06
ChZ wrote: 03 Oct 2023, 10:57
Suryaputra wrote: 03 Oct 2023, 10:50
oh pantes mengembang nya gak banyak

itu Honda FL5 kan WAJIB >40 psi klo hi speed,
kan ente sukanya hi speed :big_weee:
klo lari 200 kmh buat FL5 gak high speed lah itungannya :upss: di indo bejek 200 jg abis itu ngerem pasti :big_peace:
Enak klo ban hi pressure.
Ditekuk lbh tajam, rubber flexnya minim.

Nyelap nyelip lbh pede (dlm batas kecepatan aman) :big_weee:
Ah ga jg mbah over inflate malah kadang steer rasanya melayang :ungg:

Klo kayak FK8 pake 245/30/20 ya emg jangan kempes2 wkwkw.

Klo di ane pasnya 30-32 aja. Kadang 29. Di atas 32 ride qualitynya agak kurang tolerable dan ud berasa melayang.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1379
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by MSU »

iamwewe wrote: 03 Oct 2023, 12:05
Suryaputra wrote: 03 Oct 2023, 10:29
Yah emg ladder frame gtu mbah

Tp drpd monokok, ttp lbh mantep ladder frame buat hajar jalan rusak sih mbah.
ngelanjutin masalah treadwear jadi datanya sy dpt alenza saya treadwear 300 nih. trus knp ya om? kalo di LM705 nggak ketemu nih tulisan treadwear. entah apa saya yg gk teliti. lagi puanas pol di luar, berdebu pula wkwkw
WhatsApp Image 2023-10-03 at 11.51.25 (1).jpeg

gara2 si om.. saya jadi baca2 lagi tulisan di pipi ban wkwkwkw

menariknya disini ditulis si alenza tahan cuma max 44ps vs si lm705 di 51ps
WhatsApp Image 2023-10-03 at 11.51.25.jpeg
WhatsApp Image 2023-10-03 at 11.51.25 (2).jpeg

nah ini stiker rekomendasi pabrikan utk tekanan ban
WhatsApp Image 2023-10-03 at 11.51.25 (3).jpeg

dan ini nih kembang alenza saya di taro di belakang. abisnya ya sama aja nih, kiri kanan yg abis tengahnya msh ada kembangan
WhatsApp Image 2023-10-03 at 11.51.25 (4).jpeg

iya kalo ladder buat hajar jalan rusak sih no debat deh emang.. gk usah sayang2 jalan pelan2 bodo amat. tapi tetep aja rasanya kalo anginnya kekencengan, 40psi gitu sih kerasa banget grebek2nya
kalo liat sticker bukannya rekomendasi max 36psi ya om?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8699
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: 12 and 117 HP

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: 03 Oct 2023, 12:28
Suryaputra wrote: 03 Oct 2023, 11:06
ChZ wrote: 03 Oct 2023, 10:57

klo lari 200 kmh buat FL5 gak high speed lah itungannya :upss: di indo bejek 200 jg abis itu ngerem pasti :big_peace:
Enak klo ban hi pressure.
Ditekuk lbh tajam, rubber flexnya minim.

Nyelap nyelip lbh pede (dlm batas kecepatan aman) :big_weee:
Ah ga jg mbah over inflate malah kadang steer rasanya melayang :ungg:

Klo kayak FK8 pake 245/30/20 ya emg jangan kempes2 wkwkw.

Klo di ane pasnya 30-32 aja. Kadang 29. Di atas 32 ride qualitynya agak kurang tolerable dan ud berasa melayang.
iya balik lg tergantung kondisi mobil dan load index ban nya yaa
karena beda load index, apalagi udh beda size, dan beda beban dosa yg dibawa... ya beda itungan :upss: :big_biglaugh:
Last edited by Suryaputra on 03 Oct 2023, 13:22, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Colek me if I'm wrong
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8699
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: 12 and 117 HP

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

iamwewe wrote: 03 Oct 2023, 12:22
Suryaputra wrote: 03 Oct 2023, 12:13
iamwewe wrote: 03 Oct 2023, 12:05

ngelanjutin masalah treadwear jadi datanya sy dpt alenza saya treadwear 300 nih. trus knp ya om? kalo di LM705 nggak ketemu nih tulisan treadwear. entah apa saya yg gk teliti. lagi puanas pol di luar, berdebu pula wkwkw
WhatsApp Image 2023-10-03 at 11.51.25 (1).jpeg

gara2 si om.. saya jadi baca2 lagi tulisan di pipi ban wkwkwkw

menariknya disini ditulis si alenza tahan cuma max 44ps vs si lm705 di 51ps
WhatsApp Image 2023-10-03 at 11.51.25.jpeg
WhatsApp Image 2023-10-03 at 11.51.25 (2).jpeg

nah ini stiker rekomendasi pabrikan utk tekanan ban
WhatsApp Image 2023-10-03 at 11.51.25 (3).jpeg

dan ini nih kembang alenza saya di taro di belakang. abisnya ya sama aja nih, kiri kanan yg abis tengahnya msh ada kembangan
WhatsApp Image 2023-10-03 at 11.51.25 (4).jpeg

iya kalo ladder buat hajar jalan rusak sih no debat deh emang.. gk usah sayang2 jalan pelan2 bodo amat. tapi tetep aja rasanya kalo anginnya kekencengan, 40psi gitu sih kerasa banget grebek2nya
Klo dilihat under inflate itu, spt diskusi awal.

Itu alenza load indexnya brp?
94 juga?
Size gak diup?

Sesuai manual di rekomendasi pabrikan.
nah si alenza ini jadi dulu ceritanya karena pake venturer ngerasa kok keras banget nih dibanding 2kd. dulu curiganya karena 215/55. sok ide lah, udah ganti alenza 215/60 full depan blkg. tapi setelah ganti alenza ini juga rasanya bantingan ya gitu2 aja grebekan juga. minimal sih harapan kaya si 2kd.

jadi emang sebenernya bannya udah gk sesuai manual book nih

akhirnya skrg ganti LM705, balik lagi sizenya 215/55. tapi baru depan doang. yang ban blkg masih alenza 215/60 om
hmm beda size ya.

klo LM705 blm ketauan pinggirnya gmn?
Disclaimer

*Colek me if I'm wrong
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15066
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: 03 Oct 2023, 13:11
iya balik lg tergantung kondisi mobil dan load index ban nya yaa
karena beda load index, apalagi udh beda size, dan beda beban dosa yg dibawa... ya beda itungan :upss: :big_biglaugh:
FK8 kalo normal jg cuma 33-35 koq rekomendasinya.

mending ban cepet abis tapi dinikmatin sih eksperimen sendiri enak di tekanan berapa. ngikutin rekomen pabrik kadang ane suka ga dapet antara ngorbanin feel atau jadi terlalu keras. toh kan pabrik ban jg pasti kasih gitu turun 1-2 psi di atas / di bawah rekomendasi jg masih aman :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8699
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: 12 and 117 HP

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: 03 Oct 2023, 13:44
Suryaputra wrote: 03 Oct 2023, 13:11
iya balik lg tergantung kondisi mobil dan load index ban nya yaa
karena beda load index, apalagi udh beda size, dan beda beban dosa yg dibawa... ya beda itungan :upss: :big_biglaugh:
FK8 kalo normal jg cuma 33-35 koq rekomendasinya.

mending ban cepet abis tapi dinikmatin sih eksperimen sendiri enak di tekanan berapa. ngikutin rekomen pabrik kadang ane suka ga dapet antara ngorbanin feel atau jadi terlalu keras. toh kan pabrik ban jg pasti kasih gitu turun 1-2 psi di atas / di bawah rekomendasi jg masih aman :upss:
iya klo under inflate (let say <32 psi)
itu rentan benjol klo hantam lobang

apalagi klo profil tipis
velg lebar dan body berat :upss:
Disclaimer

*Colek me if I'm wrong
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15066
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: 03 Oct 2023, 13:55
iya klo under inflate (let say <32 psi)
itu rentan benjol klo hantam lobang

apalagi klo profil tipis
velg lebar dan body berat :upss:
buset under 32 engga under inflate lah mbah. tiap hari ane pake nguli jg ban 225/45/18 ampe jumping2 kadang kena sambungan jembatan. itu tipis banget kali macem 205/40 atau 215/35.

tergantung jenis ban jg lah mbah. klo ane demen ban UHP ya karena itu. sidewall rata rata stronk.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8699
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: 12 and 117 HP

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: 03 Oct 2023, 14:00
Suryaputra wrote: 03 Oct 2023, 13:55
iya klo under inflate (let say <32 psi)
itu rentan benjol klo hantam lobang

apalagi klo profil tipis
velg lebar dan body berat :upss:
buset under 32 engga under inflate lah mbah. tiap hari ane pake nguli jg ban 225/45/18 ampe jumping2 kadang kena sambungan jembatan. itu tipis banget kali macem 205/40 atau 215/35.

tergantung jenis ban jg lah mbah. klo ane demen ban UHP ya karena itu. sidewall rata rata stronk.
zzz
Disclaimer

*Colek me if I'm wrong
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15066
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: 03 Oct 2023, 14:01
zzz
ya 32 under inflate kalo recommended pressure nya 36 atau lebih kan ente sndiri bilang tadi tergantung load index ma jenis ban :upss:

klo recommended 32 mah 30 blm under inflate atuh. kasian bokong dipakein keras keras :ungg: jalur bumpy banget ini suspensi ud keras masa disuruh keras juga. kita orang CRV isi 5 orang + barang angin 32 aja ud diprotesin seisi mobil loh.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8699
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: 12 and 117 HP

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: 03 Oct 2023, 14:13
Suryaputra wrote: 03 Oct 2023, 14:01
zzz
ya 32 under inflate kalo recommended pressure nya 36 atau lebih kan ente sndiri bilang tadi tergantung load index ma jenis ban :upss:

klo recommended 32 mah 30 blm under inflate atuh. kasian bokong dipakein keras keras :ungg: jalur bumpy banget ini suspensi ud keras masa disuruh keras juga. kita orang CRV isi 5 orang + barang angin 32 aja ud diprotesin seisi mobil loh.
perasaan ane nyoba pakai venturer
isi 35 psi, oem turanza, happy happy aja
lbh enak handling nya

beda pantat emang :big_biglaugh:
Disclaimer

*Colek me if I'm wrong
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15066
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: 03 Oct 2023, 14:26
perasaan ane nyoba pakai venturer
isi 35 psi, oem turanza, happy happy aja
lbh enak handling nya

beda pantat emang :big_biglaugh:
lah iya, makanya kan relatif. mobilnya aja beda.

klo bobot se pentulel isi 32 ya lembek. bobot kendaraannya aja brp. blom mbl segede gaban gitu ditopang cuma velg 17 + ban 215/55 (cmiiw) yaiyala.

CRV mah emang mintanya 30-33 psi ban uk 235/60/18. makanya ane blg isi 30 aja wong gak minta tinggi2.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8699
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: 12 and 117 HP

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: 03 Oct 2023, 14:34
Suryaputra wrote: 03 Oct 2023, 14:26
perasaan ane nyoba pakai venturer
isi 35 psi, oem turanza, happy happy aja
lbh enak handling nya

beda pantat emang :big_biglaugh:
lah iya, makanya kan relatif. mobilnya aja beda.

klo bobot se pentulel isi 32 ya lembek. bobot kendaraannya aja brp. blom mbl segede gaban gitu ditopang cuma velg 17 + ban 215/55 (cmiiw) yaiyala.

CRV mah emang mintanya 30-33 psi ban uk 235/60/18. makanya ane blg isi 30 aja wong gak minta tinggi2.
iya artinya rule of thumb nya ideal ya kisaran >32 psi

masih masuk range kan.
daripada dipas2in <32 psi

lbh baik lebih dikit klo saya mah :big_biglaugh:
Disclaimer

*Colek me if I'm wrong
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15066
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: 03 Oct 2023, 14:40
iya artinya rule of thumb nya ideal ya kisaran >32 psi

masih masuk range kan. :big_biglaugh:
nyesuaiin selera bokong aja sama rute dan feel. ya manut pabrikan oke, klo ane sih kurang cocok. balik k selera aja kan kita2 jg yang pake mobilnya ngerasain suka feel yang kek gimana.

ya ane si gak tau seumur idup isi angin ban ya selalu 30 mobil apapun wong mobilnya jg gak pernah jauh2 dari itu-itu aja wkakkaak. SUV ya selalu monokok pantesan gak relate angin gede2 :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by darrelund »

ChZ wrote: 03 Oct 2023, 12:28
Suryaputra wrote: 03 Oct 2023, 11:06
ChZ wrote: 03 Oct 2023, 10:57

klo lari 200 kmh buat FL5 gak high speed lah itungannya :upss: di indo bejek 200 jg abis itu ngerem pasti :big_peace:
Enak klo ban hi pressure.
Ditekuk lbh tajam, rubber flexnya minim.

Nyelap nyelip lbh pede (dlm batas kecepatan aman) :big_weee:
Ah ga jg mbah over inflate malah kadang steer rasanya melayang :ungg:

Klo kayak FK8 pake 245/30/20 ya emg jangan kempes2 wkwkw.

Klo di ane pasnya 30-32 aja. Kadang 29. Di atas 32 ride qualitynya agak kurang tolerable dan ud berasa melayang.
dulu waktu masi pake enasep, pernah isi angin self service di salah satu pom kerang

oe ud jongkok tu ad kali 10 menit kok di mesin anginnya pres gak naik, yauda akirnya krn cape beres dah

dijalan koq rasa stir ringan bgt, bawa di tol super floaty, kriting sedikit mental mentul

krn kepikiran yauda melipir ke pom kerang tp cek pke mesin nitro punya

taunya pres roda depan kanan 61psi, depan kiri 58psi (default harusnya 36psi)

untung slamet, kg pecah ban

:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 981
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by iamwewe »

MSU wrote: 03 Oct 2023, 12:50
kalo liat sticker bukannya rekomendasi max 36psi ya om?
yap harusnya sih max 36. makanya entahlah, isi full rata dpn blkg 36 juga kembangannya abis nya gini ya udh lah terima nasip aja.
Suryaputra wrote: 03 Oct 2023, 13:13
hmm beda size ya.

klo LM705 blm ketauan pinggirnya gmn?
hooh sementara pakai dulu alenzanya sampe abis, walo jadi agak aneh mobilnya. blkg tebel, dpn lbh tipis.

LM705 baru pake under 1000km nih om.. bener2 baru banget ganti jadi blm tau nih abis nya nanti gimana
ChZ wrote: 03 Oct 2023, 14:34
Suryaputra wrote: 03 Oct 2023, 14:26
perasaan ane nyoba pakai venturer
isi 35 psi, oem turanza, happy happy aja
lbh enak handling nya

beda pantat emang :big_biglaugh:
lah iya, makanya kan relatif. mobilnya aja beda.

klo bobot se pentulel isi 32 ya lembek. bobot kendaraannya aja brp. blom mbl segede gaban gitu ditopang cuma velg 17 + ban 215/55 (cmiiw) yaiyala.

CRV mah emang mintanya 30-33 psi ban uk 235/60/18. makanya ane blg isi 30 aja wong gak minta tinggi2.
nah iya juga nih. kayanya ini sih beda mobil, beda ukuran ban, jadi emang rekomendasi pabrikannya beda2. LC200, pakai R20 bawaan aja ditulisnya max 38psi. padahal tau sndiri bobotnya udh berapa tau mobil sendiri aja.

btw pentulel ditopang r17 utk kendaraan dan penumpang oke lah.. kalo r17 masih kurang, gimana yang tipe dibawahnya masih r16 kan. ini gak bicara fitment yaa wkwkw
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 981
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by iamwewe »

darrelund wrote: 03 Oct 2023, 16:46
ChZ wrote: 03 Oct 2023, 12:28
Suryaputra wrote: 03 Oct 2023, 11:06
Enak klo ban hi pressure.
Ditekuk lbh tajam, rubber flexnya minim.

Nyelap nyelip lbh pede (dlm batas kecepatan aman) :big_weee:
Ah ga jg mbah over inflate malah kadang steer rasanya melayang :ungg:

Klo kayak FK8 pake 245/30/20 ya emg jangan kempes2 wkwkw.

Klo di ane pasnya 30-32 aja. Kadang 29. Di atas 32 ride qualitynya agak kurang tolerable dan ud berasa melayang.
dulu waktu masi pake enasep, pernah isi angin self service di salah satu pom kerang

oe ud jongkok tu ad kali 10 menit kok di mesin anginnya pres gak naik, yauda akirnya krn cape beres dah

dijalan koq rasa stir ringan bgt, bawa di tol super floaty, kriting sedikit mental mentul

krn kepikiran yauda melipir ke pom kerang tp cek pke mesin nitro punya

taunya pres roda depan kanan 61psi, depan kiri 58psi (default harusnya 36psi)

untung slamet, kg pecah ban

:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
buset ini om pernah isi sampe 61psi.. ngeri banget itu dah.

oh ya, ini kan kalo isi angin nya over gini nih, bawanya kan jadi kasar nanti kalo kena jalan rusak. kaki2 jadi lebih cepet rusak gk sih dibanding kalo kita isi angin normal rekomendasi pabrik?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8699
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: 12 and 117 HP

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

iamwewe wrote: 03 Oct 2023, 17:50
darrelund wrote: 03 Oct 2023, 16:46
ChZ wrote: 03 Oct 2023, 12:28

Ah ga jg mbah over inflate malah kadang steer rasanya melayang :ungg:

Klo kayak FK8 pake 245/30/20 ya emg jangan kempes2 wkwkw.

Klo di ane pasnya 30-32 aja. Kadang 29. Di atas 32 ride qualitynya agak kurang tolerable dan ud berasa melayang.
dulu waktu masi pake enasep, pernah isi angin self service di salah satu pom kerang

oe ud jongkok tu ad kali 10 menit kok di mesin anginnya pres gak naik, yauda akirnya krn cape beres dah

dijalan koq rasa stir ringan bgt, bawa di tol super floaty, kriting sedikit mental mentul

krn kepikiran yauda melipir ke pom kerang tp cek pke mesin nitro punya

taunya pres roda depan kanan 61psi, depan kiri 58psi (default harusnya 36psi)

untung slamet, kg pecah ban

:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
buset ini om pernah isi sampe 61psi.. ngeri banget itu dah.

oh ya, ini kan kalo isi angin nya over gini nih, bawanya kan jadi kasar nanti kalo kena jalan rusak. kaki2 jadi lebih cepet rusak gk sih dibanding kalo kita isi angin normal rekomendasi pabrik?
Ya paling aman ikutin rekomendasi pabrikan.
Tp ada rentang aman jg di situ.

Klo bisa jangan kurang, lebih dikit gpp.
Krn klo kurang angin, mudhorotnya lbh banyak.

Spt case di gerobak lio
Itu rangenya 32 ~ 43 psi (kondisi full load)

Ya udah sy ambil tengah aja antara itu.
Selama ini sy aman ambil tengah gtu,... bener2 bisa dipush sampai 1mm dr TWI tanpa benjol dan bocor halus.

Krn klo kurang angin sampai 20 psi misalnya.. itu klo hantam lobang, bisa bikin benjol, atau parahnya bikin bocor halus di bibir sidewall, dan bibir velg ikut penyok :big_biglaugh:

Klo udah upgrade size, ya pakai tyre pressure calculator dr mbah gugel.

Jujurly.. sy agak confused jg sama kasus mobil mbah, udh ikutin saran pabrik, tp msh bisa habis pinggir dalam dan luar :upss:
Disclaimer

*Colek me if I'm wrong
gboooster
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: 17 May 2021, 14:59
Location: Surabaya

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by gboooster »

Suryaputra wrote: 03 Oct 2023, 14:40
ChZ wrote: 03 Oct 2023, 14:34
Suryaputra wrote: 03 Oct 2023, 14:26
perasaan ane nyoba pakai venturer
isi 35 psi, oem turanza, happy happy aja
lbh enak handling nya

beda pantat emang :big_biglaugh:
lah iya, makanya kan relatif. mobilnya aja beda.

klo bobot se pentulel isi 32 ya lembek. bobot kendaraannya aja brp. blom mbl segede gaban gitu ditopang cuma velg 17 + ban 215/55 (cmiiw) yaiyala.

CRV mah emang mintanya 30-33 psi ban uk 235/60/18. makanya ane blg isi 30 aja wong gak minta tinggi2.
iya artinya rule of thumb nya ideal ya kisaran >32 psi

masih masuk range kan.
daripada dipas2in <32 psi

lbh baik lebih dikit klo saya mah :big_biglaugh:
Selera saya mirip dengan om ChZ.
Di all new HRV yang standarnya 32-30, saya kasih 33-31 isi 2 orang+bagasi full udah berasa keras, sambungan jembatan tol berasa banget. Jadi max isi standarnya aja 32-30.
Nyamannya 30-30, lebih lembek dari itu saya ga berani.

Kalau dulu di GE8, tekanan dibikin gimanapun tetep keras :big_biglaugh:
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 981
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by iamwewe »

Suryaputra wrote: 03 Oct 2023, 19:08
Ya paling aman ikutin rekomendasi pabrikan.
Tp ada rentang aman jg di situ.

Klo bisa jangan kurang, lebih dikit gpp.
Krn klo kurang angin, mudhorotnya lbh banyak.

Spt case di gerobak lio
Itu rangenya 32 ~ 43 psi (kondisi full load)

Ya udah sy ambil tengah aja antara itu.
Selama ini sy aman ambil tengah gtu,... bener2 bisa dipush sampai 1mm dr TWI tanpa benjol dan bocor halus.

Krn klo kurang angin sampai 20 psi misalnya.. itu klo hantam lobang, bisa bikin benjol, atau parahnya bikin bocor halus di bibir sidewall, dan bibir velg ikut penyok :big_biglaugh:

Klo udah upgrade size, ya pakai tyre pressure calculator dr mbah gugel.

Jujurly.. sy agak confused jg sama kasus mobil mbah, udh ikutin saran pabrik, tp msh bisa habis pinggir dalam dan luar :upss:
hooh om ga apa saya mah cuma nimbrung aja mumpung lagi seru2 bahas bannya hehe. secara umur pemakaian udh lbh dari cukup kok buat saya. kurleb 40rb km abis kaya gini sih udh oke lah

lanjut ommmmm
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15066
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by ChZ »

darrelund wrote: 03 Oct 2023, 16:46 dulu waktu masi pake enasep, pernah isi angin self service di salah satu pom kerang

oe ud jongkok tu ad kali 10 menit kok di mesin anginnya pres gak naik, yauda akirnya krn cape beres dah

dijalan koq rasa stir ringan bgt, bawa di tol super floaty, kriting sedikit mental mentul

krn kepikiran yauda melipir ke pom kerang tp cek pke mesin nitro punya

taunya pres roda depan kanan 61psi, depan kiri 58psi (default harusnya 36psi)

untung slamet, kg pecah ban

:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
ah gile angin 61 di enasep, prasaan enasep 32 aja udah ga enak :ungg:
iamwewe wrote: 03 Oct 2023, 17:47
nah iya juga nih. kayanya ini sih beda mobil, beda ukuran ban, jadi emang rekomendasi pabrikannya beda2. LC200, pakai R20 bawaan aja ditulisnya max 38psi. padahal tau sndiri bobotnya udh berapa tau mobil sendiri aja.

btw pentulel ditopang r17 utk kendaraan dan penumpang oke lah.. kalo r17 masih kurang, gimana yang tipe dibawahnya masih r16 kan. ini gak bicara fitment yaa wkwkw
wkwkwk makanya klo rasio bobot ma velg+ban sebenernya CRV ga butuh angin gede2 wajar, soalnya pentulel lebih berat secara mobil. pentulel 1.7-1.8ton, CRV 1.5-1.6ton.

velg kecil + bobot kendaraan gede, ya anginnya musti gede. itu reborn G ama V pake velg imut kliatan bannya kyk kempes mulu. wakkakaka.

SUV / truck pasti angin perlu gede. klo offroad use malah sengaja dikurangin biar traksinya bagus.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1262
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Or4cle »

Honda pressure nya sekitar 30 psi - 35 psi, yang masih bisa ditoleransi kenyamanannya
Kalau mobilio dikasih sampai 43 psi gak kebayang rasanya :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15066
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by ChZ »

gboooster wrote: 04 Oct 2023, 06:53 Selera saya mirip dengan om ChZ.
Di all new HRV yang standarnya 32-30, saya kasih 33-31 isi 2 orang+bagasi full udah berasa keras, sambungan jembatan tol berasa banget. Jadi max isi standarnya aja 32-30.
Nyamannya 30-30, lebih lembek dari itu saya ga berani.

Kalau dulu di GE8, tekanan dibikin gimanapun tetep keras :big_biglaugh:
stau ane juga dari dulu ngisi honda gak pernah lbh dari 30. :ungg: klo masih 28 ke atas itu aman lah ga perlu terlalu takut sobek apa benjol.

klo ban masi bangsanya 225/55 atau 235/60 apalagi UHP tyre si aman mbah ampe 27-28 jg kalo mau extra grip dan ga sering bawa orang :mky_03:

di atas 33 buat honda2 imo terlalu kejem buat bokong wkwkwk.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8699
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: 12 and 117 HP

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

Or4cle wrote: 04 Oct 2023, 09:52 Honda pressure nya sekitar 30 psi - 35 psi, yang masih bisa ditoleransi kenyamanannya
Kalau mobilio dikasih sampai 43 psi gak kebayang rasanya :big_biglaugh:
40 psi di honda 7 seater, Harus full load + bagasi
Baru terasa pas

Asli itu klo 7 org duduk, tekanan 30 psi terasa lebih floaty dgn ban eco pula :big_biglaugh:
Disclaimer

*Colek me if I'm wrong
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post