Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Post Reply
AR93
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 119
Joined: 12 May 2020, 12:32
Daily Vehicle: Suzuki Swift ST

Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by AR93 »

1596516212672.jpg
1596516212672.jpg (28.71 KiB) Viewed 4178 times
Udah mulai banyak desas-desus sana sini kalo Toyota-Daihatsu mau rilis LMPV baru taun depan. Kalo kata orang awam All New Avanza, tapi bukan, ini produk baru. Loh kok bukan gantiin Avanza? Karena FWD. Akan saya jelaskan lebih lanjut soal itu dibawah.

Saya agak heran kenapa rumor soal ini jarang sekali dan kalo ada cuma sepirit-pirit atau setidaknya tersebar-sebar. I mean, ini LMPV Toyodai buat gebuk Xpander loh! Makanya saya coba mulai untuk bahas dan rangkum disini karena setau saya belum ada forum diskusi untuk topik ini dimanapun.

Dari hasil ngulik2 komenan di berbagai sosmed (termasuk celetukan dari orang dalem), gali2 info di penjuru internet maupun rumor dari negara tetangga atau asalnya, saya bisa nyimpulkan kurang lebih begini:

*(kalo italic artinya itu opini/analisis saya pribadi, selain itu memang potongan informasi yang saya terima)

- Kode development D26A (ADM) dan D27A (Perodua), kembaran dengan penerus Perodua Alza

- Produksi di Indonesia dan Malaysia (Perodua). Sepertinya development ada input dari Jepang, Indonesia, Malaysia dan bahkan mungkin Thailand ikutan melalui Toyota Daihatsu Engineering & Manufacturing (TDEM). Bukan gak mungkin diproduksi di Jepang juga

- Yang saya tangkap, di Indonesia bakal diproduksi di plant Sunter, sementara plant Karawang untuk A-SUV project berkode D55 (Raize-Rocky). Sedang ada project retooling untuk produksi D26 dan D55 di kedua plant tersebut yang sempet ketahan pandemi.

- Line production di Indonesia siap akhir tahun ini, rilis mungkin 2021, sempat mundur karena pandemi. Rilis bukan di 2020 karena Daihatsu pernah mengaku gak akan rilis model baru di 2020. Expect awal 2021 lah. (https://otodriver.com/berita/2020/daiha ... aicaahg020), (https://oto.detik.com/mobil/d-5016411/d ... -tahun-ini)

Image

- Kemungkinan besar dijual juga di Jepang, entah produksi mana. Sudah ada rumor di website otomotif Jepang (https://creative311.com/?p=92182&page=2), dan display head unitnya bocor dari sebuah blog pribadi lokal inisial K menampilkan kalimat berhuruf kanji yang ketika saya cek pakai Google Translate kurang lebih isinya adalah peringatan 'jangan gunakan saat berkendara'. Artinya, itu tampilan head unit saat pertama dinyalakan (start-up image)

- ini seakan menunjukkan betapa 'oke' mobil ini sampai mereka berani jual model yang sama di Jepang. Bakal buka segmen LMPV pintu non-geser di Jepang lagi yang dulu sempat menghilang

- Gambar siluet diatas diyakini beneran wujud LMPV baru ini, tapi kita gak ada yang tau jangan-jangan itu gambar asal (placeholder) buat mengecoh. Saya pribadi gak melihat ada yang janggal dari gambar siluet ini, desain terlihat up-to-date dan proporsi sebagai sebuah LMPV masih masuk akal.

- mengenai blog berinisial K tsb, saya gak bisa bilang semua info dari sana akurat semua karena banyak yang melenceng. makanya informasi dari sana selalu saya coba cocokkan ke sumber lain, namun di lain sisi blog tsb banyak ngasih info eksklusif yang gak terdengar dimanapun yang ternyata akurat makanya saya jadikan acuan. tdk saya sebutkan langsung takut ada yg kurang berkenan atau gimana

- Penggerak FWD, platform DNGA kayak Raize-Rocky. Maka dari itu kemungkinan banyak kesamaan parts sama Raize-Rocky, bukan Rush-Terios atau produk ADM saat ini, mungkin seperti lingkar setir, tapi jelas BUKAN Raize-Rocky yang dimelarin.

- Dimensi lebih besar, wheelbase lebih panjang, mungkin gak jauh dari Xpander atau Ertiga

Image

- Karena FWD bukan RWD, Toyodai bakal lebih jualan empat aspek: desain, platform DNGA, kenyamanan dan fitur. Fitur active safety Smart Assist kemungkinan ada. Head unit kemungkinan seperti Raize-Rocky. Gambar diatas menunjukkan fitur head unit yang bocor, berupa outside temperature, coolant temperature, audio voltage dan inclinometer.

- Mesin: rumor dari negara tetangga 1.0 TURBO (1KR-VET) atau 1.2 HYBRID (mesin baru sepertinya). Desas desus dari Malaysia soal ini udah terdengar sejak berbulan-bulan lalu (https://paultan.org/2020/05/27/2021-per ... 2l-hybrid/) 1KR-VET cuma 98 PS jadi bisa aja output dinaikkan untuk model ini. Kemungkinan untuk dua mesin ini pake CVT.

- Mesin turbo dan mesin hybrid memanfaatkan struktur pajak baru yang berlaku Oktober 2021 yang bakal bener-bener menguntungkan mobil beremisi rendah, konsumsi BBM rendah dan dengan teknologi elektrifikasi. Gak heran Mitsubishi yang keuangannya megap-megap semangat bikin Xpander Hybrid

- Mesin 1.5 bensin (2NR-VE) harusnya ada tapi saya belum dengar soal itu. Mesin tsb kan baru mulai produksi Indonesia pada 2015, masa baktinya masih lama.

Image
Daihatsu Boon Luminas (dan kembarannya, Toyota Passo Sette), 'mbahnya' si LMPV baru ini


- Nama: masih misterius, tapi ada celetukan namanya adalah Toyota VELOZ (tanpa Avanza) dan Daihatsu LUMINAS. Ya, kalo ditarik lurus dia seakan penerus Daihatsu Boon Luminas yang pernah dijual di Jepang 2008-2012 dan di Malaysia sebagai Perodua ALZA karena LMPV FWD buatan Daihatsu. Namun saya masih kurang yakin soal kebenaran rumor yang satu ini, dalam artian kalo ternyata salah saya ga kaget

- AVANZA dan XENIA TETAP ADA untuk melayani konsumen yang masih mau RWD, bisa jadi bakal jadi model abadi seperti APV. Setidaknya akan terus diproduksi sampe 2027, dengan major change secepatnya. Mereka sepertinya menyadari penjualan masih tinggi banget dan banyak yang masih membutuhkan aspek RWD dan dimensi kecil. Mungkin versi 1.5 dan tipe Veloz akan dihapus biar gak bentrok.

- Produk baru ini diposisikan sebagai lawan sejati Xpander, Ertiga, Livina, Mobilio dkk. Konon antara Avanza/Xenia dan Rush/Terios, tapi mengingat fitur dan platform lebih modern bisa aja diatas Rush

- ADM/TAM pastinya ingin produk ini bener2 hits dan meledak di pasaran kayak Xpander dulu, kalo bisa melebihi. Mungkin mereka gemes juga jalanan tiba2 banyak Xpander.

- Untuk produk ini mereka sama sekali gak mau mengambil resiko bikin produk gagal. Makanya itu produk ini bakal bener-bener jadi kebanggaan ADM karena cukup revolusioner dibanding produk2 sebelumnya, raising the bar. Seperti yang saya bilang, jualan utamanya adalah DNGA dan fitur, selain itu desain fresh juga pengaruh besar

- Rumor2 soal new product Daihatsu juga suka kecampur sama Raize-Rocky, makanya saya cukup berhati-hati buat ngefilter informasi yang saya terima biar gak ketuker. Saya liat seseorang yang mengaku tau info mengenai mobil ini bahkan sampe leak harganya, setelah dicrosscheck ternyata yang dia maksud itu D55 project (Raize-Rocky) bukan D26.

- Tidak ada jaminan info ini benar semua, dan pastinya kurang meyakinkan gara2 gak ada satupun media massa yang mengabarkan dan saya sendiri juga anonim. Toh statusnya baru gosip/rumor. Tapi saya pribadi cukup yakin, info sudah saya pilah-pilah dan crosscheck.

- Saya bukan orang dalem, dan tidak terafiliasi dengan siapapun dan apapun. Kalo ada yang tau lebih dalam atau mau koreksi monggo. Terima kasih juga sama mas Indra Fathan yang membahas singkat soal project D26 ini di Instagram.

Opini saya, New LMPV ini bentuk pembuktian Daihatsu kalo mereka bisa bikin mobil yang gak kaleng2 kerupuk minim fitur macam Avanza. Mereka juga gak berani langsung ubah Avanza jadi RWD, melainkan secara gradual karena AvXen masih terus produksi cukup lama. Kalo diibaratkan seperti APV dan Ertiga. APV tetap dijual peruntukannya sebagai mobil semi-komersial, Ertiga lebih ke end user dengan pengalaman berkendara, keamanan dan kenyamanan yang JAUH lebih proper. Begitu kira-kira relationship antara AvXen dan New LMPV ini.
1526837.jpg
1526837.jpg (109.27 KiB) Viewed 4183 times
Last edited by AR93 on 04 Aug 2020, 15:10, edited 5 times in total.
User avatar
fabreguz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 799
Joined: 17 Jan 2011, 13:32
Location: Paragon City

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by fabreguz »

akir nya lou empivi hatoyo daihasut fwd jg :big_grin: :big_grin:
Don't Imageate
satriakarisma
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 409
Joined: 13 Oct 2016, 11:34

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by satriakarisma »

wah lagi rame nih.

beberapa temen supplier kedapatan banjir order tools untuk proyek ini
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10362
Joined: 15 Aug 2010, 14:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by ak4ng »

Waduh ntar ga kuat nanjak :big_weee:

:big_biglaugh:
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 909
Joined: 04 Feb 2010, 15:44

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by marama »

setuju sih avanza xenia tetap ad, gimanapun dibullynya mobil ini tetep aja mesin uang dan pasarnya diluar jakarta banyak, kalau LMPV baru ini nongol yg discontinue kok feeling2nya sienta ya hahahaa
AR93
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 119
Joined: 12 May 2020, 12:32
Daily Vehicle: Suzuki Swift ST

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by AR93 »

marama wrote: 04 Aug 2020, 14:17 setuju sih avanza xenia tetap ad, gimanapun dibullynya mobil ini tetep aja mesin uang dan pasarnya diluar jakarta banyak, kalau LMPV baru ini nongol yg discontinue kok feeling2nya sienta ya hahahaa
Ada kabar burung tahun depan Sienta bakal discontinue, sesuai sih sama kebiasaan Toyota kalo produk CKD gagal masih ditarik-tarik sampe 4-5 taunan (Etios Valco, NAV1). Lagian sedih jual 1.000 unit setaun aja susah payah pake diskon puluhan juta, ujung-ujungnya rugi kan
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2861
Joined: 17 Aug 2015, 13:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by martinnn »

kalo avanza veloz gak ada tinggal si wooling yang lmpv rwd
Morv.co.id ( Audio Visual Production )
Astha Jaya Indo ( Distributor LED Lamp and PJU Solar panel , interior and Lighting Designer )

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145
Galaxy14
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 199
Joined: 01 Feb 2017, 09:24

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by Galaxy14 »

Siluetnya seperti perkawinan antara rush dan brv :big_think:
pengendiesel
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1196
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by pengendiesel »

marama wrote: 04 Aug 2020, 14:17 setuju sih avanza xenia tetap ad, gimanapun dibullynya mobil ini tetep aja mesin uang dan pasarnya diluar jakarta banyak, kalau LMPV baru ini nongol yg discontinue kok feeling2nya sienta ya hahahaa
Lmpv baru ini gak nongol aja, tetep kemungkinan besar sienta didiscontinue :big_biglaugh:
GrandNewInnovaV
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: 21 Mar 2018, 15:53
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Innova Old

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by GrandNewInnovaV »

¼ bagian belakangnya bener² carbon copy mobilio :ngacir:
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1456
Joined: 03 Oct 2016, 06:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by Herman7103 »

At last kalau memang jadi kenyataan nantinya, Toyota Daihatsu juga ngak mau ketinggalan dengan memproduksi mobil FWD yg memang sudah lebih efficient dalam penggunaan bahan bakar dibandingkan Mobil RWD nya. Apalagi kalau transmisi matic nya pakai CVT juga, akan ada improvement fuel consumption.
:glodak:
HR15DE 2014
ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4119
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by ginting »

AR93 wrote: 04 Aug 2020, 13:23 1596516212672.jpg

Udah mulai banyak desas-desus sana sini kalo Toyota-Daihatsu mau rilis LMPV baru taun depan. Kalo kata orang awam All New Avanza, tapi bukan, ini produk baru. Loh kok bukan gantiin Avanza? Karena FWD. Akan saya jelaskan lebih lanjut soal itu dibawah.

Saya agak heran kenapa rumor soal ini jarang sekali dan kalo ada cuma sepirit-pirit atau setidaknya tersebar-sebar. I mean, ini LMPV Toyodai buat gebuk Xpander loh! Makanya saya coba mulai untuk bahas dan rangkum disini karena setau saya belum ada forum diskusi untuk topik ini dimanapun.

Dari hasil ngulik2 komenan di berbagai sosmed (termasuk celetukan dari orang dalem), gali2 info di penjuru internet maupun rumor dari negara tetangga atau asalnya, saya bisa nyimpulkan kurang lebih begini:

*(kalo italic artinya itu opini/analisis saya pribadi, selain itu memang potongan informasi yang saya terima)

- Kode development D26A (ADM) dan D27A (Perodua), kembaran dengan penerus Perodua Alza

- Produksi di Indonesia dan Malaysia (Perodua). Sepertinya development ada input dari Jepang, Indonesia, Malaysia dan bahkan mungkin Thailand ikutan melalui Toyota Daihatsu Engineering & Manufacturing (TDEM). Bukan gak mungkin diproduksi di Jepang juga

- Yang saya tangkap, di Indonesia bakal diproduksi di plant Sunter, sementara plant Karawang untuk A-SUV project berkode D55 (Raize-Rocky). Sedang ada project retooling untuk produksi D26 dan D55 di kedua plant tersebut yang sempet ketahan pandemi.

- Line production di Indonesia siap akhir tahun ini, rilis mungkin 2021, sempat mundur karena pandemi. Rilis bukan di 2020 karena Daihatsu pernah mengaku gak akan rilis model baru di 2020. Expect awal 2021 lah. (https://otodriver.com/berita/2020/daiha ... aicaahg020), (https://oto.detik.com/mobil/d-5016411/d ... -tahun-ini)

Image

- Kemungkinan besar dijual juga di Jepang, entah produksi mana. Sudah ada rumor di website otomotif Jepang (https://creative311.com/?p=92182&page=2), dan display head unitnya bocor dari sebuah blog pribadi lokal inisial K menampilkan kalimat berhuruf kanji yang ketika saya cek pakai Google Translate kurang lebih isinya adalah peringatan 'jangan gunakan saat berkendara'. Artinya, itu tampilan head unit saat pertama dinyalakan (start-up image)

- ini seakan menunjukkan betapa 'oke' mobil ini sampai mereka berani jual model yang sama di Jepang. Bakal buka segmen LMPV pintu non-geser di Jepang lagi yang dulu sempat menghilang

- Gambar siluet diatas diyakini beneran wujud LMPV baru ini, tapi kita gak ada yang tau jangan-jangan itu gambar asal (placeholder) buat mengecoh. Saya pribadi gak melihat ada yang janggal dari gambar siluet ini, desain terlihat up-to-date dan proporsi sebagai sebuah LMPV masih masuk akal.

- mengenai blog berinisial K tsb, saya gak bisa bilang semua info dari sana akurat semua karena banyak yang melenceng. makanya informasi dari sana selalu saya coba cocokkan ke sumber lain, namun di lain sisi blog tsb banyak ngasih info eksklusif yang gak terdengar dimanapun yang ternyata akurat makanya saya jadikan acuan. tdk saya sebutkan langsung takut ada yg kurang berkenan atau gimana

- Penggerak FWD, platform DNGA kayak Raize-Rocky. Maka dari itu kemungkinan banyak kesamaan parts sama Raize-Rocky, bukan Rush-Terios atau produk ADM saat ini, mungkin seperti lingkar setir, tapi jelas BUKAN Raize-Rocky yang dimelarin.

- Dimensi lebih besar, wheelbase lebih panjang, mungkin gak jauh dari Xpander atau Ertiga

Image

- Karena FWD bukan RWD, Toyodai bakal lebih jualan empat aspek: desain, platform DNGA, kenyamanan dan fitur. Fitur active safety Smart Assist kemungkinan ada. Head unit kemungkinan seperti Raize-Rocky. Gambar diatas menunjukkan fitur head unit yang bocor, berupa outside temperature, coolant temperature, audio voltage dan inclinometer.

- Mesin: rumor dari negara tetangga 1.0 TURBO (1KR-VET) atau 1.2 HYBRID (mesin baru sepertinya). Desas desus dari Malaysia soal ini udah terdengar sejak berbulan-bulan lalu (https://paultan.org/2020/05/27/2021-per ... 2l-hybrid/) 1KR-VET cuma 98 PS jadi bisa aja output dinaikkan untuk model ini. Kemungkinan untuk dua mesin ini pake CVT.

- Mesin turbo dan mesin hybrid memanfaatkan struktur pajak baru yang berlaku Oktober 2021 yang bakal bener-bener menguntungkan mobil beremisi rendah, konsumsi BBM rendah dan dengan teknologi elektrifikasi. Gak heran Mitsubishi yang keuangannya megap-megap semangat bikin Xpander Hybrid

- Mesin 1.5 bensin (2NR-VE) harusnya ada tapi saya belum dengar soal itu. Mesin tsb kan baru mulai produksi Indonesia pada 2015, masa baktinya masih lama.

Image
Daihatsu Boon Luminas (dan kembarannya, Toyota Passo Sette), 'mbahnya' si LMPV baru ini


- Nama: masih misterius, tapi ada celetukan namanya adalah Toyota VELOZ (tanpa Avanza) dan Daihatsu LUMINAS. Ya, kalo ditarik lurus dia seakan penerus Daihatsu Boon Luminas yang pernah dijual di Jepang 2008-2012 dan di Malaysia sebagai Perodua ALZA karena LMPV FWD buatan Daihatsu. Namun saya masih kurang yakin soal kebenaran rumor yang satu ini, dalam artian kalo ternyata salah saya ga kaget

- AVANZA dan XENIA TETAP ADA untuk melayani konsumen yang masih mau RWD, bisa jadi bakal jadi model abadi seperti APV. Setidaknya akan terus diproduksi sampe 2027, dengan major change secepatnya. Mereka sepertinya menyadari penjualan masih tinggi banget dan banyak yang masih membutuhkan aspek RWD dan dimensi kecil. Mungkin versi 1.5 dan tipe Veloz akan dihapus biar gak bentrok.

- Produk baru ini diposisikan sebagai lawan sejati Xpander, Ertiga, Livina, Mobilio dkk. Konon antara Avanza/Xenia dan Rush/Terios, tapi mengingat fitur dan platform lebih modern bisa aja diatas Rush

- ADM/TAM pastinya ingin produk ini bener2 hits dan meledak di pasaran kayak Xpander dulu, kalo bisa melebihi. Mungkin mereka gemes juga jalanan tiba2 banyak Xpander.

- Untuk produk ini mereka sama sekali gak mau mengambil resiko bikin produk gagal. Makanya itu produk ini bakal bener-bener jadi kebanggaan ADM karena cukup revolusioner dibanding produk2 sebelumnya, raising the bar. Seperti yang saya bilang, jualan utamanya adalah DNGA dan fitur, selain itu desain fresh juga pengaruh besar

- Rumor2 soal new product Daihatsu juga suka kecampur sama Raize-Rocky, makanya saya cukup berhati-hati buat ngefilter informasi yang saya terima biar gak ketuker. Saya liat seseorang yang mengaku tau info mengenai mobil ini bahkan sampe leak harganya, setelah dicrosscheck ternyata yang dia maksud itu D55 project (Raize-Rocky) bukan D26.

- Tidak ada jaminan info ini benar semua, dan pastinya kurang meyakinkan gara2 gak ada satupun media massa yang mengabarkan dan saya sendiri juga anonim. Toh statusnya baru gosip/rumor. Tapi saya pribadi cukup yakin, info sudah saya pilah-pilah dan crosscheck.

- Saya bukan orang dalem, dan tidak terafiliasi dengan siapapun dan apapun. Kalo ada yang tau lebih dalam atau mau koreksi monggo. Terima kasih juga sama mas Indra Fathan yang membahas singkat soal project D26 ini di Instagram.

Opini saya, New LMPV ini bentuk pembuktian Daihatsu kalo mereka bisa bikin mobil yang gak kaleng2 kerupuk minim fitur macam Avanza. Mereka juga gak berani langsung ubah Avanza jadi RWD, melainkan secara gradual karena AvXen masih terus produksi cukup lama. Kalo diibaratkan seperti APV dan Ertiga. APV tetap dijual peruntukannya sebagai mobil semi-komersial, Ertiga lebih ke end user dengan pengalaman berkendara, keamanan dan kenyamanan yang JAUH lebih proper. Begitu kira-kira relationship antara AvXen dan New LMPV ini.

1526837.jpg
Feeling feeling saya sih (tebakan) adalah Perodua Alza baru.
Nama bisa saja dibuat khusus untuk Indo market.
Saya pernah naek grab dari hotel di KL ke KLIA naek itu, supirnya orang Jawa tp sudah jadi WN Malaysia, mobilnya Alza ini.
Rasanya biasa aja tp row 3
racho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 381
Joined: 29 Dec 2012, 05:59
Location: CID +6221
Daily Vehicle: Kawa EX650E

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by racho »

AR93 wrote: 04 Aug 2020, 13:23 1596516212672.jpg
- Kemungkinan besar dijual juga di Jepang, entah produksi mana. Sudah ada rumor di website otomotif Jepang (https://creative311.com/?p=92182&page=2), dan display head unitnya bocor dari sebuah blog pribadi lokal inisial K menampilkan kalimat berhuruf kanji yang ketika saya cek pakai Google Translate kurang lebih isinya adalah peringatan 'jangan gunakan saat berkendara'. Artinya, itu tampilan head unit saat pertama dinyalakan (start-up image)
kalo bener LMPV ini dijual di Jepang dan kelasnya "cuma" Low MPV... mobil ini jadi kurang menyenangkan.
kenapa? karena 'kutukan Jepang' 1,7meter!

hari gini pake MPV yg lebarnya 1.695mm itu rasanya rada2 sempit2 gimanaaaa gitu...
mengingat Xpander udah berhasil nembus itu angka terkutuk (and tentunya, Xpander tidak dijual di Jepang :mky_03:)
The Government wants Power! They rob it from our engines.

EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-YA5 '09
ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4119
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by ginting »

https://www.youtube.com/watch?v=UhWhyCD3smw

Benarkah Subaru akan masuk lagi ke Indo market ?
Apakah oom oom ada info ?
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1386
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by lemonadelovers »

Maticnya palingan CVT kayak sientong

Hmm nanti setelah peluncuran tiba2 suara miring ttg FWD dan CVT ilang sendiri, hehehe
User avatar
piraku
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: 29 Sep 2017, 18:02
Location: Bandung

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by piraku »


racho wrote:
AR93 wrote: 04 Aug 2020, 13:23 1596516212672.jpg
- Kemungkinan besar dijual juga di Jepang, entah produksi mana. Sudah ada rumor di website otomotif Jepang (https://creative311.com/?p=92182&page=2), dan display head unitnya bocor dari sebuah blog pribadi lokal inisial K menampilkan kalimat berhuruf kanji yang ketika saya cek pakai Google Translate kurang lebih isinya adalah peringatan 'jangan gunakan saat berkendara'. Artinya, itu tampilan head unit saat pertama dinyalakan (start-up image)
kalo bener LMPV ini dijual di Jepang dan kelasnya "cuma" Low MPV... mobil ini jadi kurang menyenangkan.
kenapa? karena 'kutukan Jepang' 1,7meter!

hari gini pake MPV yg lebarnya 1.695mm itu rasanya rada2 sempit2 gimanaaaa gitu...
mengingat Xpander udah berhasil nembus itu angka terkutuk (and tentunya, Xpander tidak dijual di Jepang :mky_03:)
Rasanya yg paling berpengaruh itu body styling nya. Xpander boxy, ya khas minivan, lebar 1.7 jg. Voxy dkk jg lebarnya segitu ko, 1695.
Yg perlu diperhatiin itu dimensi interior. Sayang disini kayanya ga ada pabrikan yg cantumin di brosur/spesifikasi nya. Karena trim trim interior, tebel jok, dll mempengaruhi luas sempitnya kabin.
Rezawihardja
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 05 Nov 2018, 19:03
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Xpander Ultimate

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by Rezawihardja »

Kalo tebak ane.. kayanya perodua alza tp modelnya dikin 6 seater mirip Freed. Soalnya sirion baru mirip jazz GE8, jadi mungkin ini yg gedean dikit mirip freed.

Tp kalo bener sih menarik ya asal segmen nya bener targetin 2nd car and ga maksa utk jadi 7 seater kaya sienta. Menurut ane malah sienta ini harusnya yg bisa ambil market yg ditinggal freed tapi ya karena 'keras kepala' masuk ke customer avanza ya gitu deh..
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4343
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by sintoni »

FWD ya?

Takutnya bernasib seperti Sientong. Haha.
User avatar
Suryaputra
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2922
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by Suryaputra »

sintoni wrote: 05 Aug 2020, 09:28 FWD ya?

Takutnya bernasib seperti Sientong. Haha.
klo ada sienta xover mungkin lain cerita :big_biglaugh:
https://aturkuliner.id/ - Hemat dari Puluhan Juta Hingga Milyaran Rupiah, untuk Pebisnis Kuliner
https://mentorkuliner.com/ - Membangun Masa Depan Bisnis Kuliner yang berkelanjutan
AR93
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 119
Joined: 12 May 2020, 12:32
Daily Vehicle: Suzuki Swift ST

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by AR93 »

racho wrote: 04 Aug 2020, 21:09
AR93 wrote: 04 Aug 2020, 13:23 1596516212672.jpg
- Kemungkinan besar dijual juga di Jepang, entah produksi mana. Sudah ada rumor di website otomotif Jepang (https://creative311.com/?p=92182&page=2), dan display head unitnya bocor dari sebuah blog pribadi lokal inisial K menampilkan kalimat berhuruf kanji yang ketika saya cek pakai Google Translate kurang lebih isinya adalah peringatan 'jangan gunakan saat berkendara'. Artinya, itu tampilan head unit saat pertama dinyalakan (start-up image)
kalo bener LMPV ini dijual di Jepang dan kelasnya "cuma" Low MPV... mobil ini jadi kurang menyenangkan.
kenapa? karena 'kutukan Jepang' 1,7meter!

hari gini pake MPV yg lebarnya 1.695mm itu rasanya rada2 sempit2 gimanaaaa gitu...
mengingat Xpander udah berhasil nembus itu angka terkutuk (and tentunya, Xpander tidak dijual di Jepang :mky_03:)
Saya juga sempat kepikiran soal ini. Batas 1,7 meter di Jepang gak se-keramat dulu kok, banyak yang udah ngelewatin tapi tetep laku keras. Contohnya Corolla yang akhirnya tembus 1.745 tapi sukses di pasaran, begitu juga Vezel, C-HR dll

Tapi memang kalo diperhatikan Daihatsu belum pernah bikin model dengan lebar diatas itu (kecuali Perodua Myvi generasi 3, gak dijual di Jepang) bahkan Terios aja mentok 1.695. Kembali lagi tergantung Daihatsu maunya mobil ini sukses di Jepang atau Indonesia/Malaysia. Saya perkirakan justru Jepang bakal jadi secondary market, primary market ya Indonesia. Kalo liat market leader LMPV FWD (Xpander) dia tembus 1.750, lalu Ertiga 1.735, jadi saya pikir gak jauh2 dari situ.
JukeJoken
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 273
Joined: 09 Jan 2016, 15:03
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by JukeJoken »

Yang nyampe ke kuping ane , namanya katanya Toyota Veloz. Jadi sepertinya dari kemarin kemarin Veloz ini mulai dipisahin pelan pelan , awal beda muka , terus Facelift terakhir jadi beda fitur , nah sekarang bakal beda total sama Avanza , tapi secara nama ya udah dikenal dan “terafiliasi” sama Avanza. Untuk mesin turbo 1.2 itu ada kemungkinan dipake , soalnya unit Kei Kar daihatsu banyak yang dari tahun kemarin di tes di Indo dengan mesin 1.2 turbo. Tapi menurut ane sih.....pas “Avanza” baru ini keluar , Xpander nasibnya bakal ibaratnya “from hero to Zero” Ane sih skrg pengguna Xpander , tapi kemungkinan akan beralih ke “Avanza” baru ini karena Mitsubishi tutup mata sama masalah suspensi Xpander ane.
ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4119
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by ginting »

JukeJoken wrote: 05 Aug 2020, 15:43 Yang nyampe ke kuping ane , namanya katanya Toyota Veloz. Jadi sepertinya dari kemarin kemarin Veloz ini mulai dipisahin pelan pelan , awal beda muka , terus Facelift terakhir jadi beda fitur , nah sekarang bakal beda total sama Avanza , tapi secara nama ya udah dikenal dan “terafiliasi” sama Avanza. Untuk mesin turbo 1.2 itu ada kemungkinan dipake , soalnya unit Kei Kar daihatsu banyak yang dari tahun kemarin di tes di Indo dengan mesin 1.2 turbo. Tapi menurut ane sih.....pas “Avanza” baru ini keluar , Xpander nasibnya bakal ibaratnya “from hero to Zero” Ane sih skrg pengguna Xpander , tapi kemungkinan akan beralih ke “Avanza” baru ini karena Mitsubishi tutup mata sama masalah suspensi Xpander ane.
kira kira output 1.2 L turbo di Veloz ini kira kira brp HP oom ?
Bisa 120 HP kah ?
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3232
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by kunaskun »

kerjaan malaysia dong ya jadinya kalau buat lanjutin boon/luminas = perodua alza = dulu banget juga sempet rame heboh kalau ini mobil bakal masuk indo karena barengan dengan avanza new gen (yg sekarang), ternyata avanza tetep kaya sekarang dan berita alza itu nguap.

rada rumit ya jadinya kategori mobil toyota untuk MPV.
Calya > Avanza > Sienta > Voxy > Alphard.

celah level 300 juta kebawah ini sudah rapat, malah jadi makin rapat. padahal sudah ada Rush yg kalau mau masuk definisi MPV orang Indo juga masuk karena 7 seater. apalagi ini FWD. kaum mendang mending yg ga akan beli pasti koar2 terus ditambah keriuhan netijen maha benar juga makin rame dah apalagi kalau ditambahin turbo + cvt = gorengan pedege. :big_biglaugh:

tapi ya kalau buat ngejer market mepet 300 jutaan seperti halnya xpander cross dan ertiga cross (xl7) mungkin bisa ya dengan Sienta dimatikan? sayang banget padahal sienta itu bagus sayang kebanyakan diacak2 untuk localized. tapi ya ini produk ternyata ga jalan juga di malaysia (senasib dengan BRV) cuma kesisa Thailand. you can't beat sliding door combo with boxy body. tapi ya market Indo memang unik :mky_03:

juga gossip kenceng Toyota Raize/Daihatsu Rocky apakah akan tetap lanjut? jual harga 200 jutaan makin rame aja, apa setega itu toyota bikin jadiin kelas LCGC biar komplit trio LCGC ada MPV/hatback/crossover. kalau batal sayang banget padahal lucu juga itu, mesin yg sama juga sudah rame kan ada daihtsu Thor keliling2 buat ngerusakin mesin 1000cc turbo yg sama dengan mesin LCGC sekarang dikasi turbo.

tapi baguslah, biar makin rame jalanan indo, apalagi ini kalau Malaysia juga ikutan develop ga cuma R&D Indo yg bentuknya suka bikin mikir :big_biglaugh: :big_exellent:
JukeJoken
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 273
Joined: 09 Jan 2016, 15:03
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by JukeJoken »

ginting wrote: 05 Aug 2020, 17:45
JukeJoken wrote: 05 Aug 2020, 15:43 Yang nyampe ke kuping ane , namanya katanya Toyota Veloz. Jadi sepertinya dari kemarin kemarin Veloz ini mulai dipisahin pelan pelan , awal beda muka , terus Facelift terakhir jadi beda fitur , nah sekarang bakal beda total sama Avanza , tapi secara nama ya udah dikenal dan “terafiliasi” sama Avanza. Untuk mesin turbo 1.2 itu ada kemungkinan dipake , soalnya unit Kei Kar daihatsu banyak yang dari tahun kemarin di tes di Indo dengan mesin 1.2 turbo. Tapi menurut ane sih.....pas “Avanza” baru ini keluar , Xpander nasibnya bakal ibaratnya “from hero to Zero” Ane sih skrg pengguna Xpander , tapi kemungkinan akan beralih ke “Avanza” baru ini karena Mitsubishi tutup mata sama masalah suspensi Xpander ane.
kira kira output 1.2 L turbo di Veloz ini kira kira brp HP oom ?
Bisa 120 HP kah ?
kalau diliat liat sih , mesin seri NR itu ada versi Turbonya , 8NR-FTE Om , kapasitasnya paling kecil di keluarga mesin NR (2NR-VE/FE 1.5L 106 HP , 1NR-VE 1.3L 96 HP) , kalau si 8NR 1.2L Turbo ini sih outputnya gak gede Om , sekitar 114 HP , kurang lebih sama kayak mesin Juke (HR15DE N/A juga sekitar 114HP). Tapi karena turbo torsinya gede sih. Tapi sejauh ini jarang banget sih Produk Toyota yang punya tenaga (HP) yang paling gede di kelasnya , biasanya selalu paling kecil.
JukeJoken
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 273
Joined: 09 Jan 2016, 15:03
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander

Re: Rumor Recap: New LMPV Toyota-Daihatsu, tapi bukan penerus Avanza-Xenia

Post by JukeJoken »

kunaskun wrote: 05 Aug 2020, 21:56 kerjaan malaysia dong ya jadinya kalau buat lanjutin boon/luminas = perodua alza = dulu banget juga sempet rame heboh kalau ini mobil bakal masuk indo karena barengan dengan avanza new gen (yg sekarang), ternyata avanza tetep kaya sekarang dan berita alza itu nguap.

rada rumit ya jadinya kategori mobil toyota untuk MPV.
Calya > Avanza > Sienta > Voxy > Alphard.

celah level 300 juta kebawah ini sudah rapat, malah jadi makin rapat. padahal sudah ada Rush yg kalau mau masuk definisi MPV orang Indo juga masuk karena 7 seater. apalagi ini FWD. kaum mendang mending yg ga akan beli pasti koar2 terus ditambah keriuhan netijen maha benar juga makin rame dah apalagi kalau ditambahin turbo + cvt = gorengan pedege. :big_biglaugh:

tapi ya kalau buat ngejer market mepet 300 jutaan seperti halnya xpander cross dan ertiga cross (xl7) mungkin bisa ya dengan Sienta dimatikan? sayang banget padahal sienta itu bagus sayang kebanyakan diacak2 untuk localized. tapi ya ini produk ternyata ga jalan juga di malaysia (senasib dengan BRV) cuma kesisa Thailand. you can't beat sliding door combo with boxy body. tapi ya market Indo memang unik :mky_03:

juga gossip kenceng Toyota Raize/Daihatsu Rocky apakah akan tetap lanjut? jual harga 200 jutaan makin rame aja, apa setega itu toyota bikin jadiin kelas LCGC biar komplit trio LCGC ada MPV/hatback/crossover. kalau batal sayang banget padahal lucu juga itu, mesin yg sama juga sudah rame kan ada daihtsu Thor keliling2 buat ngerusakin mesin 1000cc turbo yg sama dengan mesin LCGC sekarang dikasi turbo.

tapi baguslah, biar makin rame jalanan indo, apalagi ini kalau Malaysia juga ikutan develop ga cuma R&D Indo yg bentuknya suka bikin mikir :big_biglaugh: :big_exellent:
Sienta taun depan hampir pasti discontinue Om , sayang banget , padahal Sienta enak banget suspensinya. Tenaganya juga lumayan. Selama ini walau penjualan ancur tapi masih dijual di Indonesia karena sekalian produksi buat di ekspor ke Thailand. Sienta rakitan Indonesia penjualannya di Thailand lumayan , bahkan sering jadi nomor 1. Mungkin bisa juga produksi Sienta dipindah ke Thailand , dan line produksi Sienta di TMMIN yang kosong bisa diganti ke produk yang lebih menjual , misal Corolla Cross dijadiin CKD atau nantinya Toyota Raize di CKD.
Post Reply