Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: b8099ok, y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo

User avatar
Omnibus
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1827
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by Omnibus »

kunaskun wrote:
20 May 2020, 20:42
DOHC wrote:
20 May 2020, 17:02
Denso generik om

Dingin nya ga "denso"banget :big_weee:
jangan2 kalau stiker denso dilepas, dibawahnya ada tulisan: COOL GEAR. :upss:
mending cool gear masih ada kata2 cool. gmn kalo CKE? :big_biglaugh:


Image

User avatar
kemuningauto
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 295
Joined: 23 Jun 2019, 14:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Contact:

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

kunaskun wrote:
DOHC wrote:
20 May 2020, 17:02
Denso generik om

Dingin nya ga "denso"banget :big_weee:
jangan2 kalau stiker denso dilepas, dibawahnya ada tulisan: COOL GEAR. :upss:
kemuningauto wrote:
20 May 2020, 17:05
Betul. Harganya jauh sama Compressor Denso buat mobil jadul kaya Mazda Interplay, Starlet, Panther.
dingin, tapi memberatkan kantong karena mesin jadi berat karena pendinginan berlebihan :big_biglaugh:
Denso Coolgear stickernya tetep Denso. Ngga ada yg stickernya Denso Coolgear, cuma bahan aja yg berbeda.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id

newcity_vtec
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: 15 Mar 2007, 07:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Tiger 2000

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by newcity_vtec »

Malam Om Kemuningauto, mau numpang tanya.
Ac belakang di On kan, angin tidak ada keluar sama sekali.
Sdh coba angin dibesarkan, tetap tidak ada angin sama sekali.
Ac Mobil yg belakang punya pengaturan temperatur sendiri.
Cek pakai prosedur pengecekan AC mobil toyota dr panel, keluar error code 49.
Kalau liat di list, error code 49 katanya ada masalah sama servo motor ac belakang untuk air mixing.
Ada pengalaman menemukan masalah yg sama Om?
Oh iya mobilnya Estima atau Previa ( ACR50).
Mohon pencerahannya Om.

User avatar
kemuningauto
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 295
Joined: 23 Jun 2019, 14:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Contact:

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »


newcity_vtec wrote:Malam Om Kemuningauto, mau numpang tanya.
Ac belakang di On kan, angin tidak ada keluar sama sekali.
Sdh coba angin dibesarkan, tetap tidak ada angin sama sekali.
Ac Mobil yg belakang punya pengaturan temperatur sendiri.
Cek pakai prosedur pengecekan AC mobil toyota dr panel, keluar error code 49.
Kalau liat di list, error code 49 katanya ada masalah sama servo motor ac belakang untuk air mixing.
Ada pengalaman menemukan masalah yg sama Om?
Oh iya mobilnya Estima atau Previa ( ACR50).
Mohon pencerahannya Om.
Siap. Tapi yg AC depan bagus ya? Sering kok nemu problem gini. Kadang ada yg AC depan bagus, belakang panas (sering di Alphard). Kadang ada juga problem yg kaya mobilnya si om ini. Dan betul, bisa dicek di Motor Servo/Actuator Blender nya, kemungkinan besar bermasalah jadinya udara ngga bisa keluar karena blendernya tertutup. Tapi musti dicek lagi, blowernya jalan atau ngga, kedengeran kan suara Motor Blowernya kalo muter. Dicek juga perkabelan dari Motor Servonya, bisa aja ada yg putus, atau socket kotor (hal2 kecil gini kadang bisa memberikan indikasi rusak motor seperti Error Code 049).
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id

newcity_vtec
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: 15 Mar 2007, 07:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Tiger 2000

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by newcity_vtec »

kemuningauto wrote:
21 May 2020, 23:24
newcity_vtec wrote:Malam Om Kemuningauto, mau numpang tanya.
Ac belakang di On kan, angin tidak ada keluar sama sekali.
Sdh coba angin dibesarkan, tetap tidak ada angin sama sekali.
Ac Mobil yg belakang punya pengaturan temperatur sendiri.
Cek pakai prosedur pengecekan AC mobil toyota dr panel, keluar error code 49.
Kalau liat di list, error code 49 katanya ada masalah sama servo motor ac belakang untuk air mixing.
Ada pengalaman menemukan masalah yg sama Om?
Oh iya mobilnya Estima atau Previa ( ACR50).
Mohon pencerahannya Om.
Siap. Tapi yg AC depan bagus ya? Sering kok nemu problem gini. Kadang ada yg AC depan bagus, belakang panas (sering di Alphard). Kadang ada juga problem yg kaya mobilnya si om ini. Dan betul, bisa dicek di Motor Servo/Actuator Blender nya, kemungkinan besar bermasalah jadinya udara ngga bisa keluar karena blendernya tertutup. Tapi musti dicek lagi, blowernya jalan atau ngga, kedengeran kan suara Motor Blowernya kalo muter. Dicek juga perkabelan dari Motor Servonya, bisa aja ada yg putus, atau socket kotor (hal2 kecil gini kadang bisa memberikan indikasi rusak motor seperti Error Code 049).
Ac depan normal Om, hanya ac belakang yg ndak keluar angin.
Saya belum cek apakah blowernya jalan atau tidak.
Nanti akan saya coba cek apa ada suara aneh di bagian belakang.
Trims Om atas sarannya.

User avatar
kemuningauto
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 295
Joined: 23 Jun 2019, 14:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Contact:

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

newcity_vtec wrote:
kemuningauto wrote:
21 May 2020, 23:24
newcity_vtec wrote:Malam Om Kemuningauto, mau numpang tanya.
Ac belakang di On kan, angin tidak ada keluar sama sekali.
Sdh coba angin dibesarkan, tetap tidak ada angin sama sekali.
Ac Mobil yg belakang punya pengaturan temperatur sendiri.
Cek pakai prosedur pengecekan AC mobil toyota dr panel, keluar error code 49.
Kalau liat di list, error code 49 katanya ada masalah sama servo motor ac belakang untuk air mixing.
Ada pengalaman menemukan masalah yg sama Om?
Oh iya mobilnya Estima atau Previa ( ACR50).
Mohon pencerahannya Om.
Siap. Tapi yg AC depan bagus ya? Sering kok nemu problem gini. Kadang ada yg AC depan bagus, belakang panas (sering di Alphard). Kadang ada juga problem yg kaya mobilnya si om ini. Dan betul, bisa dicek di Motor Servo/Actuator Blender nya, kemungkinan besar bermasalah jadinya udara ngga bisa keluar karena blendernya tertutup. Tapi musti dicek lagi, blowernya jalan atau ngga, kedengeran kan suara Motor Blowernya kalo muter. Dicek juga perkabelan dari Motor Servonya, bisa aja ada yg putus, atau socket kotor (hal2 kecil gini kadang bisa memberikan indikasi rusak motor seperti Error Code 049).
Ac depan normal Om, hanya ac belakang yg ndak keluar angin.
Saya belum cek apakah blowernya jalan atau tidak.
Nanti akan saya coba cek apa ada suara aneh di bagian belakang.
Trims Om atas sarannya.
Siap sama2 om.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id

Laksanama
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: 17 Oct 2017, 07:11
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Peugeot505GTI

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by Laksanama »

kemuningauto wrote:
19 May 2020, 23:00
Laksanama wrote:om kemuning, mobil saya jazz 2004, kalau kompresor ngorok itu bisa diperbaiki gak yah? untuk AC kondisinya sekarang dingin, belum lama ganti magnetic clutch.
Kalo compressor ngorok, uda ngga bisa diperbaikin. Krn as compressor nya udah kena. Lebih baik diganti baru atau copotan sblm oli compressor-nya hitam krn ada gram akibat gesekan as compressor yg nantinya harus ganti condenser juga sekalian kalo oli nya hitam.
kalau ganti kompresor perlu dana berapa om?
Ori nya masih banyak tersedia kah?
plus condenser nya, in case condenser juga kena.

newcity_vtec
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: 15 Mar 2007, 07:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Tiger 2000

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by newcity_vtec »

kemuningauto wrote:
22 May 2020, 08:49
newcity_vtec wrote:
kemuningauto wrote:
21 May 2020, 23:24


Siap. Tapi yg AC depan bagus ya? Sering kok nemu problem gini. Kadang ada yg AC depan bagus, belakang panas (sering di Alphard). Kadang ada juga problem yg kaya mobilnya si om ini. Dan betul, bisa dicek di Motor Servo/Actuator Blender nya, kemungkinan besar bermasalah jadinya udara ngga bisa keluar karena blendernya tertutup. Tapi musti dicek lagi, blowernya jalan atau ngga, kedengeran kan suara Motor Blowernya kalo muter. Dicek juga perkabelan dari Motor Servonya, bisa aja ada yg putus, atau socket kotor (hal2 kecil gini kadang bisa memberikan indikasi rusak motor seperti Error Code 049).
Ac depan normal Om, hanya ac belakang yg ndak keluar angin.
Saya belum cek apakah blowernya jalan atau tidak.
Nanti akan saya coba cek apa ada suara aneh di bagian belakang.
Trims Om atas sarannya.
Siap sama2 om.
Om, saya sdh cek, blower belakang kl ditest langsung nyala.
Apa mungkin dr resistor yg mengatur putaran kipas rusak?
Part number densonya berapa ya Om? Sama kaya punya alphard.

User avatar
kemuningauto
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 295
Joined: 23 Jun 2019, 14:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Contact:

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

Laksanama wrote:
kemuningauto wrote:
19 May 2020, 23:00
Laksanama wrote:om kemuning, mobil saya jazz 2004, kalau kompresor ngorok itu bisa diperbaiki gak yah? untuk AC kondisinya sekarang dingin, belum lama ganti magnetic clutch.
Kalo compressor ngorok, uda ngga bisa diperbaikin. Krn as compressor nya udah kena. Lebih baik diganti baru atau copotan sblm oli compressor-nya hitam krn ada gram akibat gesekan as compressor yg nantinya harus ganti condenser juga sekalian kalo oli nya hitam.
kalau ganti kompresor perlu dana berapa om?
Ori nya masih banyak tersedia kah?
plus condenser nya, in case condenser juga kena.
Kisaran 3 ribuan kalo Comp nya (ori), Condenser kisaran 700-900 (imitasi). Masih banyak beredar di pasaran partsnya.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id

User avatar
kemuningauto
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 295
Joined: 23 Jun 2019, 14:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Contact:

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

newcity_vtec wrote:
kemuningauto wrote:
22 May 2020, 08:49
newcity_vtec wrote:
Ac depan normal Om, hanya ac belakang yg ndak keluar angin.
Saya belum cek apakah blowernya jalan atau tidak.
Nanti akan saya coba cek apa ada suara aneh di bagian belakang.
Trims Om atas sarannya.
Siap sama2 om.
Om, saya sdh cek, blower belakang kl ditest langsung nyala.
Apa mungkin dr resistor yg mengatur putaran kipas rusak?
Part number densonya berapa ya Om? Sama kaya punya alphard.
Kalo Resistor yg bermasalah, misalnya ada 4 setup blower speed ya, di blower 1-2-3 ngga nyala, di 4 baru nyala karena strum langsung yg nomor 4, dan yg 1-2-3 dari resistor. Tapi kalo kadang nyala kadang ngga, coba dicek dari Motor Blowernya bermasalah atau ngga. Beberapa rare case di panel juga bisa error.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id

User avatar
kemuningauto
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 295
Joined: 23 Jun 2019, 14:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Contact:

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

Baru pertama nanganin Tata Varicor (Diesel). Ternyata Compressornya sama persis kaya Outlander. Dibuat untuk sistem Double Blower lagi di Tata Varicor. Buat sistem Single Blower aja di Outlander terlalu kecil menurut saya, makanya sering di KM 40.000-60.000 jebol.
IMG_20200505_141805.jpg
IMG_20200505_141810.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id

User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1374
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by josomba »

kemuningauto wrote:
04 Jun 2020, 13:33
Kalo Resistor yg bermasalah, misalnya ada 4 setup blower speed ya, di blower 1-2-3 ngga nyala, di 4 baru nyala karena strum langsung yg nomor 4, dan yg 1-2-3 dari resistor. Tapi kalo kadang nyala kadang ngga, coba dicek dari Motor Blowernya bermasalah atau ngga. Beberapa rare case di panel juga bisa error.
Om kemuning, kalau cuman mau ganti bearing blower AC gitu apakah om jual? Atau itu spesifik tiap merk?

mobil saya tiap abis semprot AC Cleaner (terutama yg foam tebel kek honda punya) lgsg dengung blowernya, ujung2nya semprot white lithium ke area bearing sih bertahan sampai dengan saya semprot ac cleaner selanjutnya (kalau semprot silicone cuman tahan 2 bulanan).
Image

User avatar
kemuningauto
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 295
Joined: 23 Jun 2019, 14:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Contact:

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

josomba wrote:
kemuningauto wrote:
04 Jun 2020, 13:33
Kalo Resistor yg bermasalah, misalnya ada 4 setup blower speed ya, di blower 1-2-3 ngga nyala, di 4 baru nyala karena strum langsung yg nomor 4, dan yg 1-2-3 dari resistor. Tapi kalo kadang nyala kadang ngga, coba dicek dari Motor Blowernya bermasalah atau ngga. Beberapa rare case di panel juga bisa error.
Om kemuning, kalau cuman mau ganti bearing blower AC gitu apakah om jual? Atau itu spesifik tiap merk?

mobil saya tiap abis semprot AC Cleaner (terutama yg foam tebel kek honda punya) lgsg dengung blowernya, ujung2nya semprot white lithium ke area bearing sih bertahan sampai dengan saya semprot ac cleaner selanjutnya (kalau semprot silicone cuman tahan 2 bulanan).
Kalo Blower AC ngga pernah ganti bearingnya sih saya. Pasti ganti Motor Blowernya langsung, soalnya biasa kena di KM tinggi (sekitar 75.000 KM lebih) jadi jarang juga customer yg minta ganti bearingnya doang, mungkin harga juga ga terlalu mahal kalo buat mobil2 Toyota, Honda.

Sedikit IMO kalo buat cleaner, sebenernya agak2 pro kontra sih, tujuannya buat cleaner, tp saya ga masuk logika bersihinnya kemana. Kalo dibilang ke pembersihan blower mending dicopot dicuci sendiri, kalo dibilang ke Evap agak ga mungkin, masa foam bs bersihin Evap. Kalo emg bisa berarti foamnya bisa lama2 makan bahan Aluminium Evap. Karena kan cuma nempel doang tanpa disikat dll.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id

kunaskun
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2633
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kunaskun »

kemuningauto wrote:
04 Jun 2020, 14:09
Sedikit IMO kalo buat cleaner, sebenernya agak2 pro kontra sih, tujuannya buat cleaner, tp saya ga masuk logika bersihinnya kemana. Kalo dibilang ke pembersihan blower mending dicopot dicuci sendiri, kalo dibilang ke Evap agak ga mungkin, masa foam bs bersihin Evap. Kalo emg bisa berarti foamnya bisa lama2 makan bahan Aluminium Evap. Karena kan cuma nempel doang tanpa disikat dll.
kalau percobaan saya di AC Rumah, pakai yang branded keluaran WD40. menurut saya lumayanlah ada cleansing effect, terlihat dari air buangan AC yang lebih kotor. tapi bersih banget mah ngga, ini lebih ke arah maintenance, jadi kurangi interval cuci evap dengan pressure washer.

kalau di youtube pernah lihat cooling coil cleaner gitu untuk AC central rumahan di USA, yang bentuk unit outdoor kotak gede gitu, memang ditujukan untuk tempat2 yang ga memungkinkan pakai pressure washer. tapi ribet juga itu foam yang digunakan, setelah pemakaian dinetralkan dengan kimia lagi ga bisa pakai air, tapi memang bersih banget.

User avatar
kemuningauto
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 295
Joined: 23 Jun 2019, 14:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Contact:

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

kunaskun wrote:
kemuningauto wrote:
04 Jun 2020, 14:09
Sedikit IMO kalo buat cleaner, sebenernya agak2 pro kontra sih, tujuannya buat cleaner, tp saya ga masuk logika bersihinnya kemana. Kalo dibilang ke pembersihan blower mending dicopot dicuci sendiri, kalo dibilang ke Evap agak ga mungkin, masa foam bs bersihin Evap. Kalo emg bisa berarti foamnya bisa lama2 makan bahan Aluminium Evap. Karena kan cuma nempel doang tanpa disikat dll.
kalau percobaan saya di AC Rumah, pakai yang branded keluaran WD40. menurut saya lumayanlah ada cleansing effect, terlihat dari air buangan AC yang lebih kotor. tapi bersih banget mah ngga, ini lebih ke arah maintenance, jadi kurangi interval cuci evap dengan pressure washer.

kalau di youtube pernah lihat cooling coil cleaner gitu untuk AC central rumahan di USA, yang bentuk unit outdoor kotak gede gitu, memang ditujukan untuk tempat2 yang ga memungkinkan pakai pressure washer. tapi ribet juga itu foam yang digunakan, setelah pemakaian dinetralkan dengan kimia lagi ga bisa pakai air, tapi memang bersih banget.
Mirip2 kimia pembersih aluminium ya? Ada beberapa bengkel yg emang pake biar Evaporator bersih kinclong bgt kaya baru. Cuma kalo saya pribadi kurang suka, mending pelan2 pake sabun + sikat atau sikat gigi kalo di sudut2 susah. Kalo kimia sayang takutnya kekikis malah bocor
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id

kunaskun
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2633
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kunaskun »

kemuningauto wrote:
04 Jun 2020, 17:10
Mirip2 kimia pembersih aluminium ya? Ada beberapa bengkel yg emang pake biar Evaporator bersih kinclong bgt kaya baru. Cuma kalo saya pribadi kurang suka, mending pelan2 pake sabun + sikat atau sikat gigi kalo di sudut2 susah. Kalo kimia sayang takutnya kekikis malah bocor
saya rasa iya ya, kalau di indo mungkin caustic soda/lye/soda api ya? banyak disalah gunakan, seperti biasa :mky_02: tapi kalau yg dipake di luar negeri mungkin beda ya?

kalau sabun konon ga boleh rinso/detergent/sabun colek kan ya kalau ke aluminum karena ada phosphate, yang lama2 akan korosi? kalau saya selama ini cuci AC mobil atau rumah, anti sabun, malah dulu banget pernah bela2in beli sunlight ijo yg biasa ke indomaret karena tukang AC mobil bebal banget dibilangin ga mau pake rinso/detergent. karena udah tanggung dibongkar disitu, akhirnya saya belai2n beliin, abis itu ga mau lagi balik ke tu bengkel. bengkel yang aneh, resiko di saya kok malah dia yang bebal :big_think:

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 18063
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by DOHC »

josomba wrote:
04 Jun 2020, 13:59
kemuningauto wrote:
04 Jun 2020, 13:33
Kalo Resistor yg bermasalah, misalnya ada 4 setup blower speed ya, di blower 1-2-3 ngga nyala, di 4 baru nyala karena strum langsung yg nomor 4, dan yg 1-2-3 dari resistor. Tapi kalo kadang nyala kadang ngga, coba dicek dari Motor Blowernya bermasalah atau ngga. Beberapa rare case di panel juga bisa error.
Om kemuning, kalau cuman mau ganti bearing blower AC gitu apakah om jual? Atau itu spesifik tiap merk?

mobil saya tiap abis semprot AC Cleaner (terutama yg foam tebel kek honda punya) lgsg dengung blowernya, ujung2nya semprot white lithium ke area bearing sih bertahan sampai dengan saya semprot ac cleaner selanjutnya (kalau semprot silicone cuman tahan 2 bulanan).
hrv saya perna skali di semprot2 ntuh ac cleaner waktu servis di beres, 2 hari kmudian ac jd ngadat ga mau nyala kompresor nya, entah apanya korslet diganti baru nyala... cuman ampe skrg, tiap kl abis parkir cuaca panas, kl baru nyala ad bau2 obat aneh gt

kapok deh pake semprot2 cleaner lg
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

User avatar
kemuningauto
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 295
Joined: 23 Jun 2019, 14:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Contact:

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

kunaskun wrote:
kemuningauto wrote:
04 Jun 2020, 17:10
Mirip2 kimia pembersih aluminium ya? Ada beberapa bengkel yg emang pake biar Evaporator bersih kinclong bgt kaya baru. Cuma kalo saya pribadi kurang suka, mending pelan2 pake sabun + sikat atau sikat gigi kalo di sudut2 susah. Kalo kimia sayang takutnya kekikis malah bocor
saya rasa iya ya, kalau di indo mungkin caustic soda/lye/soda api ya? banyak disalah gunakan, seperti biasa :mky_02: tapi kalau yg dipake di luar negeri mungkin beda ya?

kalau sabun konon ga boleh rinso/detergent/sabun colek kan ya kalau ke aluminum karena ada phosphate, yang lama2 akan korosi? kalau saya selama ini cuci AC mobil atau rumah, anti sabun, malah dulu banget pernah bela2in beli sunlight ijo yg biasa ke indomaret karena tukang AC mobil bebal banget dibilangin ga mau pake rinso/detergent. karena udah tanggung dibongkar disitu, akhirnya saya belai2n beliin, abis itu ga mau lagi balik ke tu bengkel. bengkel yang aneh, resiko di saya kok malah dia yang bebal :big_think:
Pake Mama Lemon, atau Sunlight lebih amaan.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id

User avatar
kemuningauto
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 295
Joined: 23 Jun 2019, 14:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Contact:

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

DOHC wrote:
josomba wrote:
04 Jun 2020, 13:59
kemuningauto wrote:
04 Jun 2020, 13:33
Kalo Resistor yg bermasalah, misalnya ada 4 setup blower speed ya, di blower 1-2-3 ngga nyala, di 4 baru nyala karena strum langsung yg nomor 4, dan yg 1-2-3 dari resistor. Tapi kalo kadang nyala kadang ngga, coba dicek dari Motor Blowernya bermasalah atau ngga. Beberapa rare case di panel juga bisa error.
Om kemuning, kalau cuman mau ganti bearing blower AC gitu apakah om jual? Atau itu spesifik tiap merk?

mobil saya tiap abis semprot AC Cleaner (terutama yg foam tebel kek honda punya) lgsg dengung blowernya, ujung2nya semprot white lithium ke area bearing sih bertahan sampai dengan saya semprot ac cleaner selanjutnya (kalau semprot silicone cuman tahan 2 bulanan).
hrv saya perna skali di semprot2 ntuh ac cleaner waktu servis di beres, 2 hari kmudian ac jd ngadat ga mau nyala kompresor nya, entah apanya korslet diganti baru nyala... cuman ampe skrg, tiap kl abis parkir cuaca panas, kl baru nyala ad bau2 obat aneh gt

kapok deh pake semprot2 cleaner lg
Banyak yg nanya AC Cleaner di tempat kita, selalu kita edukasiin dan lebih baik ngga pake daripada problem malahan AC nya.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id

User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1374
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by josomba »

kemuningauto wrote:
04 Jun 2020, 14:09
Kalo Blower AC ngga pernah ganti bearingnya sih saya. Pasti ganti Motor Blowernya langsung, soalnya biasa kena di KM tinggi (sekitar 75.000 KM lebih) jadi jarang juga customer yg minta ganti bearingnya doang, mungkin harga juga ga terlalu mahal kalo buat mobil2 Toyota, Honda.

Sedikit IMO kalo buat cleaner, sebenernya agak2 pro kontra sih, tujuannya buat cleaner, tp saya ga masuk logika bersihinnya kemana. Kalo dibilang ke pembersihan blower mending dicopot dicuci sendiri, kalo dibilang ke Evap agak ga mungkin, masa foam bs bersihin Evap. Kalo emg bisa berarti foamnya bisa lama2 makan bahan Aluminium Evap. Karena kan cuma nempel doang tanpa disikat dll.
nah ... permasalahannya mobil saya mazda 2 sky, kalau cek2 harga blower mayan juga padahal cuman bearing berisik aja :big_biglaugh: :big_biglaugh: Sementara biarin dulu aja deh berarti, semprot2 white lithium kalau abis bersih2...

Thank you om buat insight ac cleaner-nya, jujur saya juga ga paham begimana kerja kimianya....tp kalau cuman debu2 ringan nampaknya meluruh sih.. pertama kali ni angkut mobil (bekas) 2 tahun lalu, pertama kali semprot ac cleaner air buangannya agak hitam n banyak debu2 gitu sepertinya. Tapi setiap 6 bulan kemudian saya pake yaa cmn bening agak keruh dikit aja (mungkin sudah bersih?) ... ac filter sih selalu pake, cuman yah tetep 6-8 bulan saya ganti n itu dah mayan abu2 sih...
Image

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 18063
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by DOHC »

kemuningauto wrote:
05 Jun 2020, 08:57
DOHC wrote:
josomba wrote:
04 Jun 2020, 13:59


O
hrv em malahan AC nya.
Om kemuning,

Kl motor blower ac saya semprot wd40 dikit, bole ga ? Ini ac saya kl d nyalain, ad suara iiinggggg, ga kenceng, cuman kl lg kondisi fa brisik, noticeable jg
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1374
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by josomba »

DOHC wrote:
05 Jun 2020, 11:20

Om kemuning,

Kl motor blower ac saya semprot wd40 dikit, bole ga ? Ini ac saya kl d nyalain, ad suara iiinggggg, ga kenceng, cuman kl lg kondisi fa brisik, noticeable jg
Mbah, ane punya malah semprot white lithium, secara kekentalan malah lebi berat drpd wd/silicone spray lainnya... Sil spray cmn bertahan 2-3 bulan abis itu ngingggg pelan2 lg :big_biglaugh:
Image

User avatar
kemuningauto
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 295
Joined: 23 Jun 2019, 14:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Contact:

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

DOHC wrote:
kemuningauto wrote:
05 Jun 2020, 08:57
DOHC wrote: hrv em malahan AC nya.
Om kemuning,

Kl motor blower ac saya semprot wd40 dikit, bole ga ? Ini ac saya kl d nyalain, ad suara iiinggggg, ga kenceng, cuman kl lg kondisi fa brisik, noticeable jg
Boleh gapapa, abis semprot WD, olesin oli sedikit di as Motor Blowernya.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 18063
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by DOHC »

josomba wrote:
05 Jun 2020, 11:41
DOHC wrote:
05 Jun 2020, 11:20

Om kemuning,

Kl motor blower ac saya semprot wd40 dikit, bole ga ? Ini ac saya kl d nyalain, ad suara iiinggggg, ga kenceng, cuman kl lg kondisi fa brisik, noticeable jg
Mbah, ane punya malah semprot white lithium, secara kekentalan malah lebi berat drpd wd/silicone spray lainnya... Sil spray cmn bertahan 2-3 bulan abis itu ngingggg pelan2 lg :big_biglaugh:
Saya ga punya white lithium, tp nanti mau coba saran om kemuning deh, pake oli mesin tetesin dikit
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

kunaskun
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2633
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kunaskun »

kemuningauto wrote:
05 Jun 2020, 08:56
Pake Mama Lemon, atau Sunlight lebih amaan.
siap berarti benar ya saya selama ini. kalau ketemu tukang cuci ac rumah atau mobil selalu bilangnya ga bersih :big_biglaugh:
DOHC wrote:
05 Jun 2020, 11:20
Om kemuning,

Kl motor blower ac saya semprot wd40 dikit, bole ga ? Ini ac saya kl d nyalain, ad suara iiinggggg, ga kenceng, cuman kl lg kondisi fa brisik, noticeable jg
tandanya perlu ganti mobil itu. masa ac semprot2 WD40 :big_weee:
btw WD40 itu bukan pelumas loh, banyak yang salah kaprah soal ini. pertamanya saja licin, tapi ga lama juga hilang itu licinnya.

Post Reply