Alasan Mesin Diesel Lebih Baik Tidak Dimatikan

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Fertille
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Mon Dec 24, 2018 11:29

Alasan Mesin Diesel Lebih Baik Tidak Dimatikan

Post by Fertille »

Halo Rekan SMers,

Sesuai judul, apakah benar jika mesin diesel lebih baik dalam keadaan langsam jika dipakai untuk jarak jauh? Apakah teori nya sama untuk mesin diesel walau dipakai untuk kendaraan non komersil? Saya tertarik membahas ini karena ada korelasi dengan penggunaan oli.

Code: Select all

https://otomania.gridoto.com/read/241184954/alasan-bus-jarang-matikan-mesin-meski-berhenti-lama
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1494
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Alasan Mesin Diesel Lebih Baik Tidak Dimatikan

Post by MSU »

cmiiw...menurut saya penjelasan narasumber itu kurang tepat..yang penting kalo udh cukup idle-nya dimatikan pun harusnya gpp..
di bus2 menurut saya jarang dimatikan karena faktor ac...supaya kabin tetap dingin karena mungkin ga semua penumpang turun.
saya pun kalo hanya berhenti sebentar juga mending idle..daripada sering2 mati / nyalakan mesin, asumsi saya supaya aki lebih tahan lama
kalo penggunaan oli, mungkin cocok apabila dihubungkan ke engine hour mesin
slowipah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: Fri Sep 30, 2016 3:52

Re: Alasan Mesin Diesel Lebih Baik Tidak Dimatikan

Post by slowipah »

narasumber2 di artikel masih byk yang old school/jadul pengetahuannya.. kyk supir2 pribadi sering ane liat msh pagi2 panasin mobil lamaaa bgt..
Fertille
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Mon Dec 24, 2018 11:29

Re: Alasan Mesin Diesel Lebih Baik Tidak Dimatikan

Post by Fertille »

MSU wrote: Mon May 20, 2019 5:59 cmiiw...menurut saya penjelasan narasumber itu kurang tepat..yang penting kalo udh cukup idle-nya dimatikan pun harusnya gpp..
di bus2 menurut saya jarang dimatikan karena faktor ac...supaya kabin tetap dingin karena mungkin ga semua penumpang turun.
saya pun kalo hanya berhenti sebentar juga mending idle..daripada sering2 mati / nyalakan mesin, asumsi saya supaya aki lebih tahan lama
kalo penggunaan oli, mungkin cocok apabila dihubungkan ke engine hour mesin
Memang menurut sayapun kurang tepat om. Karena itu saya coba up agar bisa diluruskan para pakar nya. Sebagai orang awan dunia otomatif tentu mesin tidak dimatikan membuat komponen jauh lebih cepat aus, disamping penurunan viskositas oli itu sendiri.
slowipah wrote: Mon May 20, 2019 6:30 narasumber2 di artikel masih byk yang old school/jadul pengetahuannya.. kyk supir2 pribadi sering ane liat msh pagi2 panasin mobil lamaaa bgt..
Mungkin ini masih terbawa teknologi karburator ya om? Ada juga yang masih naikkan rpm sebelum mematikan mobil. Padahal teknologi sudah injeksi.
krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1283
Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
Location: Jakarta

Re: Alasan Mesin Diesel Lebih Baik Tidak Dimatikan

Post by krniawnhdr »

slowipah wrote: Mon May 20, 2019 6:30 narasumber2 di artikel masih byk yang old school/jadul pengetahuannya.. kyk supir2 pribadi sering ane liat msh pagi2 panasin mobil lamaaa bgt..
atau geber2 kenceng sblm matiin mobil :mky_01:
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Alasan Mesin Diesel Lebih Baik Tidak Dimatikan

Post by martinnn »

coba tanyakan ke mister bebin djuana di Klinik otomotif sonora
:big_biglaugh:
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1560
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Alasan Mesin Diesel Lebih Baik Tidak Dimatikan

Post by pengendiesel »

krniawnhdr wrote: Mon May 20, 2019 6:44
slowipah wrote: Mon May 20, 2019 6:30 narasumber2 di artikel masih byk yang old school/jadul pengetahuannya.. kyk supir2 pribadi sering ane liat msh pagi2 panasin mobil lamaaa bgt..
atau geber2 kenceng sblm matiin mobil :mky_01:
Dari dulu penasaran banget logika di balik kegiatan ini. Sempat tanya ke temen yang punya hobi ini, dijawab : ah susah jelasinnya ke kamu.
Hmmm...kayaknya dia sendiri juga gak ngerti kenapa harus reving sebelum matiin mesin :mky_07:
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1558
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Alasan Mesin Diesel Lebih Baik Tidak Dimatikan

Post by lemonadelovers »

Imho yaa:

Biar AC tetap dingin
Ga ada resiko ga bisa start klo aki ternyata udah ga bagus (ga mungkin jumper kan)
kebiasaan lama
Klo starter kayaknya getarannya bikin ga nyaman
Klo idle mesin diesel irit banget kok, dan solar jg tanggungan perusahaan ngapain diirit2
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Alasan Mesin Diesel Lebih Baik Tidak Dimatikan

Post by martinnn »

pengendiesel wrote: Mon May 20, 2019 11:30
krniawnhdr wrote: Mon May 20, 2019 6:44
slowipah wrote: Mon May 20, 2019 6:30 narasumber2 di artikel masih byk yang old school/jadul pengetahuannya.. kyk supir2 pribadi sering ane liat msh pagi2 panasin mobil lamaaa bgt..
atau geber2 kenceng sblm matiin mobil :mky_01:
Dari dulu penasaran banget logika di balik kegiatan ini. Sempat tanya ke temen yang punya hobi ini, dijawab : ah susah jelasinnya ke kamu.
Hmmm...kayaknya dia sendiri juga gak ngerti kenapa harus reving sebelum matiin mesin :mky_07:
kata orang sih biar aki nya ngisi dulu sebelum mesin mati.... :mky_01: :mky_01:
:big_biglaugh:
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: Wed May 03, 2017 9:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R

Re: Alasan Mesin Diesel Lebih Baik Tidak Dimatikan

Post by FU27 »

Kebiasaan mesin diesel yang tidak dimatikan klo berhenti itu sepertinya dari kebiasaan bus. Klo di bus kan biar AC tetap aktif, selain itu juga biar turbonya idling dulu. Karena pelumasan turbo kan ikut pelumasan mesin, tapi putarannya kan ga ikut mesin, mesin mati aja turbo masih mutar.
Fertille
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Mon Dec 24, 2018 11:29

Re: Alasan Mesin Diesel Lebih Baik Tidak Dimatikan

Post by Fertille »

martinnn wrote: Mon May 20, 2019 12:34
pengendiesel wrote: Mon May 20, 2019 11:30
krniawnhdr wrote: Mon May 20, 2019 6:44

atau geber2 kenceng sblm matiin mobil :mky_01:
Dari dulu penasaran banget logika di balik kegiatan ini. Sempat tanya ke temen yang punya hobi ini, dijawab : ah susah jelasinnya ke kamu.
Hmmm...kayaknya dia sendiri juga gak ngerti kenapa harus reving sebelum matiin mesin :mky_07:
kata orang sih biar aki nya ngisi dulu sebelum mesin mati.... :mky_01: :mky_01:
Entah sumber dari mana. Saya pernah dengar agar bensin nyangkut di karburator. Jadi start awal langsung jreeng. Tapi itu dulu jaman karburator. :mky_01:
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1397
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Alasan Mesin Diesel Lebih Baik Tidak Dimatikan

Post by iwing »

di tempat kerja ada tracktor yang digunakan untuk memindahkan barang antar gudang. tracktor ini menarik rangkaian kereta bikinan sendiri. waktu masih baru, tracktor ini sering nyala mati seperti umum nya mobil lah. gak lama, gigi roda gila (kalo gak salah namanya) itu rompal. sejak itu klo tracktor ini nyala, gak pernah mati kecuali kalo memang mati nya bakalan lama
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Alasan Mesin Diesel Lebih Baik Tidak Dimatikan

Post by adityabp »

Karakter mesin diesel sendiri kan memang mengandalkan panas hasil kompresi utk membakar solar.
Makanya biar pembakaran tetap optimal, mesin harus tetap panas.
Alasan lainnya, khususnya utk bis/truk, ya biar akinya awet atau malah krn akinya udah soak tapi blom mau ganti.
:mky_01:
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1112
Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Alasan Mesin Diesel Lebih Baik Tidak Dimatikan

Post by IGedeAmat »

Jadi inget pengalaman naik Kopaja waktu SMA dulu,
sopirnya seruntulan banget, gak mau berenti, gak mau ngalah sama mobil laen,
waktu ada penumpang negur, sopirnya jawab;
"kopeling ku rusak bang, kalo sampe berenti, bakal mogok ini,
harus dorong kau.. "

saya turun dihalte berikutnya walau masih jauh...
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 779
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: Alasan Mesin Diesel Lebih Baik Tidak Dimatikan

Post by Kaleng »

Turunnya gimana tuh om kalau bisnya tidak boleh berhenti?
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1112
Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Alasan Mesin Diesel Lebih Baik Tidak Dimatikan

Post by IGedeAmat »

Kaleng wrote: Tue May 21, 2019 2:53 Turunnya gimana tuh om kalau bisnya tidak boleh berhenti?
Loncat, jaman naik kopaja waktu SMA dulu emang gak pernah nunggu sampe berenti seh,
mobil masih jalan pelan udah loncat aja..
makin kenceng mobilnya waktu kita turun, makin berasa keren gitu....
:mky_01:

kayaknya tuh kopaja gak bisa masuk gigi 1, start gigi 2 gak kuat.
makanya sopirnya jaga supaya mobilnya tetap ngegelinding walau pelan,
asal jangan sampai berenti total aja..
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11029
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Alasan Mesin Diesel Lebih Baik Tidak Dimatikan

Post by marmut »

IGedeAmat wrote: Tue May 21, 2019 2:59
Kaleng wrote: Tue May 21, 2019 2:53 Turunnya gimana tuh om kalau bisnya tidak boleh berhenti?
Loncat, jaman naik kopaja waktu SMA dulu emang gak pernah nunggu sampe berenti seh,
mobil masih jalan pelan udah loncat aja..
makin kenceng mobilnya waktu kita turun, makin berasa keren gitu....
:mky_01:

kayaknya tuh kopaja gak bisa masuk gigi 1, start gigi 2 gak kuat.
makanya sopirnya jaga supaya mobilnya tetap ngegelinding walau pelan,
asal jangan sampai berenti total aja..

ah, jadi merindukan serunya turun kaki kiri duluan dan badan condong ke arah kiri/belakang dengan santai walaupun bis/metromini tetap melaju cukup kencang....
bagi yang tetap mendahulukan kaki kanan sudah pasti jumpalitan kalau diterapkan saat turun dari bis.
Galaxy14
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Wed Feb 01, 2017 2:24

Re: Alasan Mesin Diesel Lebih Baik Tidak Dimatikan

Post by Galaxy14 »

itu kebiasaan bus ya, pernah denger kalo matiin mesin bus minimal 25-30 menit setelah berhenti. Ga tau juga alesannya kenapa.
Fertille
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Mon Dec 24, 2018 11:29

Re: Alasan Mesin Diesel Lebih Baik Tidak Dimatikan

Post by Fertille »

Galaxy14 wrote: Tue May 21, 2019 5:25 itu kebiasaan bus ya, pernah denger kalo matiin mesin bus minimal 25-30 menit setelah berhenti. Ga tau juga alesannya kenapa.
Seperti nya masih terlalu banyak kebiasaan atau mitos yang tidak mengikuti perkembangan teknologi mesin ya om. :mky_02:
Jan07
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 424
Joined: Thu Dec 22, 2016 18:18

Re: Alasan Mesin Diesel Lebih Baik Tidak Dimatikan

Post by Jan07 »

Fertille wrote: Mon May 20, 2019 14:21
martinnn wrote: Mon May 20, 2019 12:34
pengendiesel wrote: Mon May 20, 2019 11:30

Dari dulu penasaran banget logika di balik kegiatan ini. Sempat tanya ke temen yang punya hobi ini, dijawab : ah susah jelasinnya ke kamu.
Hmmm...kayaknya dia sendiri juga gak ngerti kenapa harus reving sebelum matiin mesin :mky_07:
kata orang sih biar aki nya ngisi dulu sebelum mesin mati.... :mky_01: :mky_01:
Entah sumber dari mana. Saya pernah dengar agar bensin nyangkut di karburator. Jadi start awal langsung jreeng. Tapi itu dulu jaman karburator. :mky_01:
Saya jg gatau kenapa harus gini..Kakek saya pake jazz vtec juga gini sebelom mati di reving :big_dunno:
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Alasan Mesin Diesel Lebih Baik Tidak Dimatikan

Post by ak4ng »

Galaxy14 wrote: Tue May 21, 2019 5:25 itu kebiasaan bus ya, pernah denger kalo matiin mesin bus minimal 25-30 menit setelah berhenti. Ga tau juga alesannya kenapa.
Susah start nya lagi spertinya, juga penumpang protes kabinnya panas :glodak:
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1112
Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Alasan Mesin Diesel Lebih Baik Tidak Dimatikan

Post by IGedeAmat »

marmut wrote: Tue May 21, 2019 3:14
IGedeAmat wrote: Tue May 21, 2019 2:59
Kaleng wrote: Tue May 21, 2019 2:53 Turunnya gimana tuh om kalau bisnya tidak boleh berhenti?
Loncat, jaman naik kopaja waktu SMA dulu emang gak pernah nunggu sampe berenti seh,
mobil masih jalan pelan udah loncat aja..
makin kenceng mobilnya waktu kita turun, makin berasa keren gitu....
:mky_01:

kayaknya tuh kopaja gak bisa masuk gigi 1, start gigi 2 gak kuat.
makanya sopirnya jaga supaya mobilnya tetap ngegelinding walau pelan,
asal jangan sampai berenti total aja..

ah, jadi merindukan serunya turun kaki kiri duluan dan badan condong ke arah kiri/belakang dengan santai walaupun bis/metromini tetap melaju cukup kencang....
bagi yang tetap mendahulukan kaki kanan sudah pasti jumpalitan kalau diterapkan saat turun dari bis.
diiringi teriakan dari bang kenek,
"kaki kiri.. !! kaki kiri..!!"

kalo anak muda tapi turunnya lelet, ditambah teriakan..
"tahan... nenek-nenek bunt*ng gendong anak...."
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Alasan Mesin Diesel Lebih Baik Tidak Dimatikan

Post by evanbngdor »

Saya pengguna mobil diesel, dan saya jarang banget mematikan mesin waktu perjalanan jauh.

Tapi alasannya bukan karena yg tertulis di artikel tersebut, alasannya ya karena seringkali non stop perjalanan, kalaupun berhenti paling cuma buang air. Biarin aja mesin nyala&AC nyala biar tetep dingin kabinnya
:mky_03:

Pernah belasan jam lebih ngga matiin mesin sama sekali, pas nyampe tujuan baru dimatiin mesinnya.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
osbertc0ol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51

Re: Alasan Mesin Diesel Lebih Baik Tidak Dimatikan

Post by osbertc0ol »

Mesin diesel ada yang pas udah panas dimatiin, nyalain nya lagi susah.. kenapa ya?
Galaxy14
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Wed Feb 01, 2017 2:24

Re: Alasan Mesin Diesel Lebih Baik Tidak Dimatikan

Post by Galaxy14 »

Fertille wrote: Tue May 21, 2019 5:49
Galaxy14 wrote: Tue May 21, 2019 5:25 itu kebiasaan bus ya, pernah denger kalo matiin mesin bus minimal 25-30 menit setelah berhenti. Ga tau juga alesannya kenapa.
Seperti nya masih terlalu banyak kebiasaan atau mitos yang tidak mengikuti perkembangan teknologi mesin ya om. :mky_02:
yups haha, oadahal bus sekarang juga udah canggih macam mercy 0500R dan scania yang mulai bertebaran