Data Penjualan Mobil - Part 03

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, y_anjasrana, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

Post Reply
Denmashood
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: 09 Sep 2018, 14:45
Location: Depok

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by Denmashood » 17 Oct 2019, 08:36

Hindari Inden Lama, Produksi Terios dan Rush Dipisah
CNN Indonesia | Rabu, 16/10/2019 03:11 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Astra Daihatsu Motor memisahkan kegiatan produksi Terios dan Rush di dua lokasi pabrik berbeda. Sebab permintaan dua model itu sedang membeludak. Produksi mobil 'kembar' itu kini juga dilakukan di dua pabrik Daihatsu yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat, dan Sunter, Jakarta Utara.

Direktur Marketing Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra mengatakan strategi tersebut mampu menjaga jumlah produksi Terios dan Rush.

"Sejak dipindahkan jadi diproduksi di dua tempat suplai Terios tidak bermasalah," kata Amelia di Bandung, Jawa Barat belum lama ini.

Menurut Amelia, pihaknya dapat menjaga produksi Terios sebanyak 2.000-2.500 unit per bulan, alhasil bisa memangkas masa inden. Pada Juli, ADM mengakui inden Terios hingga tiga bulan lamanya.

"Jadi September kami full untuk produksi di dua tempat itu," ucapnya.

Lihat juga: Inden Terios Sampai 3 Bulan, Pabrikan Tambah Jalur Produksi
Amelia mengatakan sebelumnya pabrik Karawang Daihatsu yang punya kemampuan kapasitas produksi 200 ribu unit per tahun hanya memproduksi mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) Toyota dan Daihatsu.

"Jadi sekarang sudah nambah dengan produksi Rush dan Terios," ujarnya.

Sementara itu volume produksi Xenia selama dua bulan (Juli-Agustus) 2019 diketahui mengecil. Hal tersebut disebabkan pabrik Daihatsu juga harus memenuhi produksi mobil Toyota.

Permintaan mobil Toyota juga tengah meningkat, bahkan ekspor Rush sedang naik hingga 240 persen. Imbasnya jumlah penjualan wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) Xenia mengecil pada Juli 676 unit, Agustus (462 unit), dan September 2019 naik ke level 1.500 unit.

"Terus ada peningkatan ekspor Rush 240 persen jadi ya harus dipenuhi dulu. Terus Avanza mintanya juga banyak. Nah Xenia yang jadi suplainya terhambat," ungkap Amelia.

Lihat juga: Penjualan Xenia Ambruk karena 'Mengalah' Demi Avanza
Untuk Xenia dan Avanza produksinya hanya dilakukan di pabrik Daihatsu Sunter yang memiliki kapasitas produksi 330 ribu unit per tahun yang juga digunakan untuk memproduksi Gran Max.

Ia menambahkan strategi memecah produksi Xenia-Avanza ke Karawang untuk mengantisipasi menurunnya suplai seperti Juli-Agustus tidak mungkin dilakukan. Sebab kapasitas produksi di dua pabrik Daihatsu saat ini sudah terlampau penuh.

"Kapasitasnya sudah penuh. Kalau dibuat lagi (seperti Rush-Terios di Karawang) ini mesti gedein pabrik lagi. Kalau pabrik ditambah lagi bisa," tutup Amelia.

:big_think:

https://cnnindonesia.com/teknologi/2019 ... sh-dipisah

User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2289
Joined: 16 Aug 2017, 15:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS_Dakar

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by Winz » 17 Oct 2019, 09:38

Denmashood wrote:
17 Oct 2019, 08:36
Hindari Inden Lama, Produksi Terios dan Rush Dipisah
CNN Indonesia | Rabu, 16/10/2019 03:11 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Astra Daihatsu Motor memisahkan kegiatan produksi Terios dan Rush di dua lokasi pabrik berbeda. Sebab permintaan dua model itu sedang membeludak. Produksi mobil 'kembar' itu kini juga dilakukan di dua pabrik Daihatsu yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat, dan Sunter, Jakarta Utara.

Direktur Marketing Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra mengatakan strategi tersebut mampu menjaga jumlah produksi Terios dan Rush.

"Sejak dipindahkan jadi diproduksi di dua tempat suplai Terios tidak bermasalah," kata Amelia di Bandung, Jawa Barat belum lama ini.

Menurut Amelia, pihaknya dapat menjaga produksi Terios sebanyak 2.000-2.500 unit per bulan, alhasil bisa memangkas masa inden. Pada Juli, ADM mengakui inden Terios hingga tiga bulan lamanya.

"Jadi September kami full untuk produksi di dua tempat itu," ucapnya.

Lihat juga: Inden Terios Sampai 3 Bulan, Pabrikan Tambah Jalur Produksi
Amelia mengatakan sebelumnya pabrik Karawang Daihatsu yang punya kemampuan kapasitas produksi 200 ribu unit per tahun hanya memproduksi mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) Toyota dan Daihatsu.

"Jadi sekarang sudah nambah dengan produksi Rush dan Terios," ujarnya.

Sementara itu volume produksi Xenia selama dua bulan (Juli-Agustus) 2019 diketahui mengecil. Hal tersebut disebabkan pabrik Daihatsu juga harus memenuhi produksi mobil Toyota.

Permintaan mobil Toyota juga tengah meningkat, bahkan ekspor Rush sedang naik hingga 240 persen. Imbasnya jumlah penjualan wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) Xenia mengecil pada Juli 676 unit, Agustus (462 unit), dan September 2019 naik ke level 1.500 unit.

"Terus ada peningkatan ekspor Rush 240 persen jadi ya harus dipenuhi dulu. Terus Avanza mintanya juga banyak. Nah Xenia yang jadi suplainya terhambat," ungkap Amelia.

Lihat juga: Penjualan Xenia Ambruk karena 'Mengalah' Demi Avanza
Untuk Xenia dan Avanza produksinya hanya dilakukan di pabrik Daihatsu Sunter yang memiliki kapasitas produksi 330 ribu unit per tahun yang juga digunakan untuk memproduksi Gran Max.

Ia menambahkan strategi memecah produksi Xenia-Avanza ke Karawang untuk mengantisipasi menurunnya suplai seperti Juli-Agustus tidak mungkin dilakukan. Sebab kapasitas produksi di dua pabrik Daihatsu saat ini sudah terlampau penuh.

"Kapasitasnya sudah penuh. Kalau dibuat lagi (seperti Rush-Terios di Karawang) ini mesti gedein pabrik lagi. Kalau pabrik ditambah lagi bisa," tutup Amelia.

:big_think:

https://cnnindonesia.com/teknologi/2019 ... sh-dipisah
Persiapan buat perang tahun 2020 mungkin, om

Pasar LSUV kan pasti memanas gara2 Sijuki dan Mitsu

kunaskun
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2132
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by kunaskun » 17 Oct 2019, 12:05

Denmashood wrote:
28 Sep 2019, 19:30
Kalo emang bener strateginya begitu seharusnya Rush menjadi raja baru malahan kah.. :big_think:
dari dulu kan daitoyo gitu, kalau dai menang, kembarannya yang yoyota di push, jadi harus tetep nomor dua. Rush penjualan nomor satu kan di LSUV? malah ngelebihin xpander.

emang unik market indo. dikasi mobil ga enak gitu malah laku. gara2 exterior ala2 SUV. :mky_07:

User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3447
Joined: 03 Jul 2014, 08:13

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by sandal » 26 Oct 2019, 07:50



Xenia is back....

dualock
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: 19 Apr 2017, 15:33
Daily Vehicle: toyota

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by dualock » 28 Oct 2019, 15:02

Kehebatan daitoyo memang tidak bisa dipungkiri.
Hal ini membuat pabrikan lain sulit utk bersaing.

Sekarang sudah ada pabrikan yg siap2 utk cabut dari indo. :big_dunno:

User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 625
Joined: 15 Jul 2013, 09:40

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by mobilover » 28 Oct 2019, 15:59

Chevrolet resmi cabut dr indonesia nyusul saudaranya Ford.

Well, begitulah pabrikan amerika. Gak bs bersaing dgn merek jepang terus yah cabut aja....

User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 625
Joined: 15 Jul 2013, 09:40

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by mobilover » 28 Oct 2019, 16:00

Merek jepang yg saya tunggu comebacknya itu subaru. Semoga urusan masalah pajak bs cepet beres biar subaru bs jualan lg di sini. Sayang ini merek jepang bagus mobilnya

Michaelktp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 519
Joined: 02 Nov 2013, 15:00

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by Michaelktp » 28 Oct 2019, 17:05

Manufaktur otomotif macam Subaru yang tidak bisa cetak volume di Indo DM jaman now jelas #mimpidisiangbolong.
Volume, volume dan volume hahaha.

FU27
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 362
Joined: 03 May 2017, 16:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R
Contact:

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by FU27 » 28 Oct 2019, 17:18

Di top 10 cuma keselak Xpander, Brio & HRV aja. Selebihnya 6 Daihatsu & 1 Toyota

User avatar
pcx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 648
Joined: 04 Sep 2010, 10:44

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by pcx » 05 Nov 2019, 12:11

Subaru emank boil super enak kalo bokap bilang. Bokap ane jg tertarik ama ini merk dan emank gampang banget liatna di KL, Singapur dan Bangkok :frm_salut:

Begitu geser letak geo ke bawah langsung ilang semua ni merk wkwkwk tapi ga nyangka waktu ke Solo lumayan gampang ketemu di jalananna. isi garasi hopeng2 bokap di sana jg byk yg Subaru :mrgreen:
ZERO EMISSION...............BETTER FUTURE

User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2289
Joined: 16 Aug 2017, 15:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS_Dakar

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by Winz » 05 Nov 2019, 12:57

mobilover wrote:
28 Oct 2019, 16:00
Merek jepang yg saya tunggu comebacknya itu subaru. Semoga urusan masalah pajak bs cepet beres biar subaru bs jualan lg di sini. Sayang ini merek jepang bagus mobilnya
Tapi klo mau ComeBack dituntut bayar Pajak dulu sama Pemerintah

Yang terjadi kesalahpahaman ATPM tentang AWD berbeda dengan 4WD

Padahal di Samsat dianggap sama aja, aneh juga subaru sampai ga ngerti

martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2419
Joined: 17 Aug 2015, 13:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by martinnn » 05 Nov 2019, 13:02

gak mungkin balik lagi lah.... mau balik lagi kalau ada pemutihan kale :lol:
Devikom.co.id ( Full service Branding Agency )
Interior Contractor
Property Broker
Sangjit Box Rental and Event Decorator
Allianz Insurance Agent
https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145

User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 695
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by Omnibus » 05 Nov 2019, 13:25

dulu juga sebelum kena kasus pajak jualannya ga bagus2 amat...

udah lah jangan sukanya kasih harapan palsu ke merk2 mobil gurem tp ga ada willingness to buy. begitu mereka masuk n jualan malah ga ada yg beli, kasian kan bangkrut lagi bangkrut lagi

osbertc0ol
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: 22 Apr 2008, 21:51

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by osbertc0ol » 05 Nov 2019, 14:24

Winz wrote:
05 Nov 2019, 12:57
mobilover wrote:
28 Oct 2019, 16:00
Merek jepang yg saya tunggu comebacknya itu subaru. Semoga urusan masalah pajak bs cepet beres biar subaru bs jualan lg di sini. Sayang ini merek jepang bagus mobilnya
Tapi klo mau ComeBack dituntut bayar Pajak dulu sama Pemerintah

Yang terjadi kesalahpahaman ATPM tentang AWD berbeda dengan 4WD

Padahal di Samsat dianggap sama aja, aneh juga subaru sampai ga ngerti
Mereka taulah pasti, mereka itu pintar.. tapi belum sepintar itu.

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 8917
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by ChZ » 05 Nov 2019, 15:05

Omnibus wrote:
05 Nov 2019, 13:25
dulu juga sebelum kena kasus pajak jualannya ga bagus2 amat...

udah lah jangan sukanya kasih harapan palsu ke merk2 mobil gurem tp ga ada willingness to buy. begitu mereka masuk n jualan malah ga ada yg beli, kasian kan bangkrut lagi bangkrut lagi
HAHAHAHA ... sad but true... "kasih harapan palsu ke merk mobil gurem tp ga ada willingness to buy".

"biar konsumen banyak pilihan" "konsumen yang diuntungkan dgn banyak pilihan" ... iya jd pilihan doang dari sekian banyak opsi yang dibeli ya itu lagi itu lagi. jd pilihan doang tapi atas nama kompromi dengan hal lain ujungnya kagak dipilih.

subaru hahaha yang punya subaru aja pasrah gak berharap mereknya jualan lagi... mrk sudah siap.

bakar duitnya terlalu banyak klo harus bayar pajak terus jualan disini lagi. kapan balik modalnya... ngapain buang sekian triliun untuk masa depan yang tdk jelas.
"Yang musuhmu nggak akan dengerin penjelasanmu, yang cinta sama kamu nggak butuh dijelasin" - Sujiwo Tejo

sealplayerz
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: 17 Aug 2016, 20:37

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by sealplayerz » 05 Nov 2019, 16:35

ChZ wrote:
05 Nov 2019, 15:05
Omnibus wrote:
05 Nov 2019, 13:25
dulu juga sebelum kena kasus pajak jualannya ga bagus2 amat...

udah lah jangan sukanya kasih harapan palsu ke merk2 mobil gurem tp ga ada willingness to buy. begitu mereka masuk n jualan malah ga ada yg beli, kasian kan bangkrut lagi bangkrut lagi
HAHAHAHA ... sad but true... "kasih harapan palsu ke merk mobil gurem tp ga ada willingness to buy".

"biar konsumen banyak pilihan" "konsumen yang diuntungkan dgn banyak pilihan" ... iya jd pilihan doang dari sekian banyak opsi yang dibeli ya itu lagi itu lagi. jd pilihan doang tapi atas nama kompromi dengan hal lain ujungnya kagak dipilih.

subaru hahaha yang punya subaru aja pasrah gak berharap mereknya jualan lagi... mrk sudah siap.

bakar duitnya terlalu banyak klo harus bayar pajak terus jualan disini lagi. kapan balik modalnya... ngapain buang sekian triliun untuk masa depan yang tdk jelas.
Lagian kalo beneran rindu sama subaru ada toyota 86, mobil kembaran dari subaru brz yg dijual resmi sama TAM.

Post Reply