Mengatasi Overheating Oli/Transmisi Matic

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1274
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Mengatasi Overheating Oli/Transmisi Matic

Post by singachu »

Tennoheika wrote: Sun Dec 30, 2018 8:40
Gak pake extra fan, atf cooler nya diletakkan di depan kondensor AC. Namun demikian, supaya pendinginan kondensor nya gak terpengaruh banyak, posisi atf cooler terhadap kondensor AC nya dikasih jarak sekitar 1 cm, gak mepet.

Efek las bocor, kebetulan terdeteksi saat masih trial mesin idle, bocornya pun halus keliatan rembes aja. Jadi repot bongkar pasang atf nya aja sama sedikit atf fluid kebuang.

DIY, tapi nutup lubang pengisian radiatornya pake jasa las aluminium. Bikin male/male hose adaptornya pake bahan kuningan di bengkel bubut.
selang bensin dipakai buat selang ATF kuat ga ya ?
Kepikir ada radiator matic bekas bocor, mau bongkar ambil cooler maticnya aja :D

regards,
singachu
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: Mengatasi Overheating Oli/Transmisi Matic

Post by kapsul 97 »

maskopat wrote:
kapsul 97 wrote: Mon Jan 21, 2019 3:24
maskopat wrote: apa lagi nih ANSL? :big_think:
[emoji23]
btw, kapsul ke mana?
Udah lama ke lego Oom he he he
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: Mengatasi Overheating Oli/Transmisi Matic

Post by kapsul 97 »

singachu wrote:
Tennoheika wrote: Sun Dec 30, 2018 8:40
Gak pake extra fan, atf cooler nya diletakkan di depan kondensor AC. Namun demikian, supaya pendinginan kondensor nya gak terpengaruh banyak, posisi atf cooler terhadap kondensor AC nya dikasih jarak sekitar 1 cm, gak mepet.

Efek las bocor, kebetulan terdeteksi saat masih trial mesin idle, bocornya pun halus keliatan rembes aja. Jadi repot bongkar pasang atf nya aja sama sedikit atf fluid kebuang.

DIY, tapi nutup lubang pengisian radiatornya pake jasa las aluminium. Bikin male/male hose adaptornya pake bahan kuningan di bengkel bubut.
selang bensin dipakai buat selang ATF kuat ga ya ?
Kepikir ada radiator matic bekas bocor, mau bongkar ambil cooler maticnya aja :D

regards,
singachu
Setahu saya spek selang harus yg bisa tuk hodrolik katanya, karena suhu atf nya, kalo pressurr ga besar katanya, jd pake kleman biasa bisa
Tennoheika
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Mon Jul 03, 2017 10:48
Location: Tangerang
Daily Vehicle: B-6619-ges

Re: Mengatasi Overheating Oli/Transmisi Matic

Post by Tennoheika »

kapsul 97 wrote: Mon Jan 21, 2019 11:08
singachu wrote:
Tennoheika wrote: Sun Dec 30, 2018 8:40
Gak pake extra fan, atf cooler nya diletakkan di depan kondensor AC. Namun demikian, supaya pendinginan kondensor nya gak terpengaruh banyak, posisi atf cooler terhadap kondensor AC nya dikasih jarak sekitar 1 cm, gak mepet.

Efek las bocor, kebetulan terdeteksi saat masih trial mesin idle, bocornya pun halus keliatan rembes aja. Jadi repot bongkar pasang atf nya aja sama sedikit atf fluid kebuang.

DIY, tapi nutup lubang pengisian radiatornya pake jasa las aluminium. Bikin male/male hose adaptornya pake bahan kuningan di bengkel bubut.
selang bensin dipakai buat selang ATF kuat ga ya ?
Kepikir ada radiator matic bekas bocor, mau bongkar ambil cooler maticnya aja :D

regards,
singachu
Setahu saya spek selang harus yg bisa tuk hodrolik katanya, karena suhu atf nya, kalo pressurr ga besar katanya, jd pake kleman biasa bisa
Saya pake selang hidrolik.

Btw, saya sendiri belum pernah bongkar radiator ex mobil matic, tapi klo liat secara kasat mata sepertinya metode pendinginan AFF itu oleh cairan radiator. Menurut bayangan saya, jalur ATF terendam oleh cairan radiator. Jadinya menimbulkan pertanyaan, nanti om singachu bikin rubahan seperti gimana, klo maunya didinginkan udara seperti atf cooler after market kaya merk hay*en gitu, apa modifnya gak pusing?

Cuma ya... itu kan baru perkiraan berdasarkan asumsi saya terhadap konstruksi radiator mobil matic, bisa jadi asumsi saya itu salah.
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1274
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Mengatasi Overheating Oli/Transmisi Matic

Post by singachu »

Tennoheika wrote: Tue Jan 22, 2019 18:19 Saya pake selang hidrolik.

Btw, saya sendiri belum pernah bongkar radiator ex mobil matic, tapi klo liat secara kasat mata sepertinya metode pendinginan AFF itu oleh cairan radiator. Menurut bayangan saya, jalur ATF terendam oleh cairan radiator. Jadinya menimbulkan pertanyaan, nanti om singachu bikin rubahan seperti gimana, klo maunya didinginkan udara seperti atf cooler after market kaya merk hay*en gitu, apa modifnya gak pusing?

Cuma ya... itu kan baru perkiraan berdasarkan asumsi saya terhadap konstruksi radiator mobil matic, bisa jadi asumsi saya itu salah.
sama, saya juga blom liat bentuk pendingin ATF yang tertanam di radiator matic seperti apa, kalau ngelihat sih sepertinya dimensinya ga lebih besar dari cover bawah radiator.

Kalau ubahan paling double, dari transmisi matic tetap masuk ke pendingin bawaan yang di dalam radiator, outputnya ga langsung balik ke transmisi matic tapi ke pendingin tambahan baru setelahnya balik transmisi...... ya di "seri" aja.
Kalau Ya hasil modifikasi sih bisa dipantau dari temperatur

regards,
singachu
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1274
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Mengatasi Overheating Oli/Transmisi Matic

Post by singachu »

kalau yang dimaksud ubahan sirip2 pendingin, itu belom terpikir, liat ntar aja setelah beneran bongkar radiator matic punya...
Mungkin ada sirip tapi ga sebanyak kalau didinginkan udara kali....
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Mengatasi Overheating Oli/Transmisi Matic

Post by adityabp »

AFAIK, ATF cooler yg di radiator cuma berbentuk tabung metal direndam coolant.
Makanya, kalo mesin dah panas lebih tepat disebut ATF warmer.
:mky_01:
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Mengatasi Overheating Oli/Transmisi Matic

Post by octafiantos »

Ini Optra tahun berapa Om udah ada gejala oli AT overheat.
Kaya transmisi ZF kalo dah tua, overheat kalo dipasang di D lama dalam kondisi macet. Bisa jedag atau malah masuk limp mode, kalo yang 5 speed engange di gigi 3. Total flush dan ganti filter normal lagi biasanya kalo di ZF.
Kavling kosong, bisa dikridit.
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Mengatasi Overheating Oli/Transmisi Matic

Post by kompresorz »

sbenarnya kalo mobil standar n waktu pemakaian sebentar aja gak terlalu diperlukan...

alphard saya pernah kandas cvt nya krn perjalanan luar kota PP jakarta medan n itu benar2 di paksa...jam 5.30 pagi berangkat tar istirahat total jam 11 malam....brenti cuma buang air kecil...makan minum di mobil stok roti n akua n pocari n uci 1000...bgtu trs sampe tujuan...
itupun ngebut forever..lintas sumatera bisa lari 160....mau motong pindah main manual trs...kepuasan jiwa mamennnnnn.....naik alphard terbaru lintas sumatera..4 bulan keluar sowrom lgsg lintas jakarta medan...skrg semua terasa biasa aja...mau ke papua naik BOGAR ky gak ada sesuatu emosional....biasa aja..cuma biar gak bosan aja sehari hari...

akhirnya awal berasa perpindahan gigi sedikit duk lama2 mogok...

yah itu pun setelah balik jakarta n berjalan bbrp bulan kmudian...
tapi setelah di perbaiki sampe skrg masih awet..cuma jeduk dikit aja awal masuk D...krn rute dalam kota jarak pendek jd aman aja..pdhl masih ngebut n main manual sampe mentok rpm..ngerem pun paksa manual...
slapnuts
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 373
Joined: Sun Nov 18, 2012 12:16

Re: Mengatasi Overheating Oli/Transmisi Matic

Post by slapnuts »

kompresorz wrote: Fri Jan 25, 2019 15:03 sbenarnya kalo mobil standar n waktu pemakaian sebentar aja gak terlalu diperlukan...

alphard saya pernah kandas cvt nya krn perjalanan luar kota PP jakarta medan n itu benar2 di paksa...jam 5.30 pagi berangkat tar istirahat total jam 11 malam....brenti cuma buang air kecil...makan minum di mobil stok roti n akua n pocari n uci 1000...bgtu trs sampe tujuan...
itupun ngebut forever..lintas sumatera bisa lari 160....mau motong pindah main manual trs...kepuasan jiwa mamennnnnn.....naik alphard terbaru lintas sumatera..4 bulan keluar sowrom lgsg lintas jakarta medan...skrg semua terasa biasa aja...mau ke papua naik BOGAR ky gak ada sesuatu emosional....biasa aja..cuma biar gak bosan aja sehari hari...

akhirnya awal berasa perpindahan gigi sedikit duk lama2 mogok...

yah itu pun setelah balik jakarta n berjalan bbrp bulan kmudian...
tapi setelah di perbaiki sampe skrg masih awet..cuma jeduk dikit aja awal masuk D...krn rute dalam kota jarak pendek jd aman aja..pdhl masih ngebut n main manual sampe mentok rpm..ngerem pun paksa manual...
Wah kalau tiap baca pengalaman om kompre serem juga ya tar pembeli yang dapat mobil bekas om, ga Alphard, ANKI, ANF semuanya disiksa habis gas pol rem pol. Pemakaiannya benar-benar diabuse bahkan Alphardnya sampai mogok..hahaha
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: Mengatasi Overheating Oli/Transmisi Matic

Post by kapsul 97 »

kompresorz wrote:sbenarnya kalo mobil standar n waktu pemakaian sebentar aja gak terlalu diperlukan...

alphard saya pernah kandas cvt nya krn perjalanan luar kota PP jakarta medan n itu benar2 di paksa...jam 5.30 pagi berangkat tar istirahat total jam 11 malam....brenti cuma buang air kecil...makan minum di mobil stok roti n akua n pocari n uci 1000...bgtu trs sampe tujuan...
itupun ngebut forever..lintas sumatera bisa lari 160....mau motong pindah main manual trs...kepuasan jiwa mamennnnnn.....naik alphard terbaru lintas sumatera..4 bulan keluar sowrom lgsg lintas jakarta medan...skrg semua terasa biasa aja...mau ke papua naik BOGAR ky gak ada sesuatu emosional....biasa aja..cuma biar gak bosan aja sehari hari...

akhirnya awal berasa perpindahan gigi sedikit duk lama2 mogok...

yah itu pun setelah balik jakarta n berjalan bbrp bulan kmudian...
tapi setelah di perbaiki sampe skrg masih awet..cuma jeduk dikit aja awal masuk D...krn rute dalam kota jarak pendek jd aman aja..pdhl masih ngebut n main manual sampe mentok rpm..ngerem pun paksa manual...
Edaann ha ha ha...
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: Mengatasi Overheating Oli/Transmisi Matic

Post by kapsul 97 »

octafiantos wrote:Ini Optra tahun berapa Om udah ada gejala oli AT overheat.
Kaya transmisi ZF kalo dah tua, overheat kalo dipasang di D lama dalam kondisi macet. Bisa jedag atau malah masuk limp mode, kalo yang 5 speed engange di gigi 3. Total flush dan ganti filter normal lagi biasanya kalo di ZF.
2003 Oom
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11029
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Mengatasi Overheating Oli/Transmisi Matic

Post by marmut »

octafiantos wrote: Fri Jan 25, 2019 11:35 Ini Optra tahun berapa Om udah ada gejala oli AT overheat.
Kaya transmisi ZF kalo dah tua, overheat kalo dipasang di D lama dalam kondisi macet. Bisa jedag atau malah masuk limp mode, kalo yang 5 speed engange di gigi 3. Total flush dan ganti filter normal lagi biasanya kalo di ZF.

ZF emang begitu kalo kena jalanan macet om.... di volvo 940 dan 960 ya begitu itu kalo kena macet musti pasang di N.
User avatar
erdinkurniawan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: Tue Jul 11, 2017 8:04
Location: Madiun
Daily Vehicle: Mirage

Re: Mengatasi Overheating Oli/Transmisi Matic

Post by erdinkurniawan »

kompresorz wrote:sbenarnya kalo mobil standar n waktu pemakaian sebentar aja gak terlalu diperlukan...

alphard saya pernah kandas cvt nya krn perjalanan luar kota PP jakarta medan n itu benar2 di paksa...jam 5.30 pagi berangkat tar istirahat total jam 11 malam....brenti cuma buang air kecil...makan minum di mobil stok roti n akua n pocari n uci 1000...bgtu trs sampe tujuan...
itupun ngebut forever..lintas sumatera bisa lari 160....mau motong pindah main manual trs...kepuasan jiwa mamennnnnn.....naik alphard terbaru lintas sumatera..4 bulan keluar sowrom lgsg lintas jakarta medan...skrg semua terasa biasa aja...mau ke papua naik BOGAR ky gak ada sesuatu emosional....biasa aja..cuma biar gak bosan aja sehari hari...

akhirnya awal berasa perpindahan gigi sedikit duk lama2 mogok...

yah itu pun setelah balik jakarta n berjalan bbrp bulan kmudian...
tapi setelah di perbaiki sampe skrg masih awet..cuma jeduk dikit aja awal masuk D...krn rute dalam kota jarak pendek jd aman aja..pdhl masih ngebut n main manual sampe mentok rpm..ngerem pun paksa manual...
Ini mah edan make ny.
Sy jam 05-19 gak berhenti. Makan minum sesekali di mobil berhenti huat sholat dan pipis.
Cvt sy normal krn pakai D terus. Dan rpm nya santai.

Klo pakai mode high rev untuk nanjak. 30 menit dah panas dengan tanda2 blinking transmisi di MID.

Klo suka main high rev / manual cvt ya sering2 kuras oli aja om.

Menurut sy cvt itu nyaman. Tp klo buat highrev terus2an ya hamsyong juga.


Kembali ke overheat.
Mungkin krn ada yg gak beres dengan mobil nya.
Klo sudah overheat mending flush atf nya aja dan klo bisa di cari penyebab nya overheat.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26924
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mengatasi Overheating Oli/Transmisi Matic

Post by DOHC »

Mengenai overheat, coba oli nya di upgrade, misal dr atf mineral ke semi syn atau full syn, ini jg ngaruh banyak ke performance in long run..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: Mengatasi Overheating Oli/Transmisi Matic

Post by kapsul 97 »

marmut wrote:
octafiantos wrote: Fri Jan 25, 2019 11:35 Ini Optra tahun berapa Om udah ada gejala oli AT overheat.
Kaya transmisi ZF kalo dah tua, overheat kalo dipasang di D lama dalam kondisi macet. Bisa jedag atau malah masuk limp mode, kalo yang 5 speed engange di gigi 3. Total flush dan ganti filter normal lagi biasanya kalo di ZF.

ZF emang begitu kalo kena jalanan macet om.... di volvo 940 dan 960 ya begitu itu kalo kena macet musti pasang di N.
Ohh gitu ya.. Rentan overheat ya, selenoid kena
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: Mengatasi Overheating Oli/Transmisi Matic

Post by kapsul 97 »

DOHC wrote:Mengenai overheat, coba oli nya di upgrade, misal dr atf mineral ke semi syn atau full syn, ini jg ngaruh banyak ke performance in long run..
Siapp Oom
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Mengatasi Overheating Oli/Transmisi Matic

Post by kompresorz »

slapnuts wrote: Sat Jan 26, 2019 1:39

Wah kalau tiap baca pengalaman om kompre serem juga ya tar pembeli yang dapat mobil bekas om, ga Alphard, ANKI, ANF semuanya disiksa habis gas pol rem pol. Pemakaiannya benar-benar diabuse bahkan Alphardnya sampai mogok..hahaha
:ungg: ....

hobi om.......
sampe skrg sering dinasehatin hopeng dr sekolah dasar jangan ngebut udah umur...

btw...

biasanya mobil yg mau saya jual di rapiin/perbaiki...ky anki itu selang n kleman semua di ganti baru toyota....ampe baut kecil2 pun ganti...ky baru lagi lah...
saya tuh sayang bgt sama mobil sendiri....
cuma emang pake mobil bgtu...grasak grusuk..
bmw aja girbok manual ampe ngorok...

w204 n w205 aja yg kuat...pdhl sama itu ngebut trs sering pindah2 manual..paksa rem jg manual....

kapsul 97 wrote: Sat Jan 26, 2019 2:18
Edaann ha ha ha...
ya toyotaaa eduaannnn....mobil 1 M lebih bikin transmisi lemah syahwat....

:ngacir:



erdinkurniawan wrote: Sun Jan 27, 2019 6:09

Ini mah edan make ny.
Sy jam 05-19 gak berhenti. Makan minum sesekali di mobil berhenti huat sholat dan pipis.
Cvt sy normal krn pakai D terus. Dan rpm nya santai.

Klo pakai mode high rev untuk nanjak. 30 menit dah panas dengan tanda2 blinking transmisi di MID.

Klo suka main high rev / manual cvt ya sering2 kuras oli aja om.

Menurut sy cvt itu nyaman. Tp klo buat highrev terus2an ya hamsyong juga.


Kembali ke overheat.
Mungkin krn ada yg gak beres dengan mobil nya.
Klo sudah overheat mending flush atf nya aja dan klo bisa di cari penyebab nya overheat.
:big_biglaugh: ...


saya menganggap pabrikan buat mobil harusnya sudah diperhitungkan om....istilahnya tes 24 jam perjalanan semi ekstrim lah...

bagi saya no problem sih mobil yg rusak yg penting orgnya sehat...
apalg lintas sumatera klo kita terlalu bnyk pertimbangan saat ingin menyalip bisa mobil n nyawa melayang..yah jalanin aja sikattt blehhhhh....maklum ini alphard yg tenaganya tidak sama dengan anki n vrz....vrz kmrn lintas sumatera dapat lari 180...
:upss:

oli sih masih baru om..wong baru 10 ribu KM...lgsg bgerak ke medan...

tapi sbenarnya mau ganti transmisi sih...cuma krn msh bisa jalan kiri kanan ky lagu goyang dangdut yah biar sajalah ampe jebol skalian...wong pas masuk D aja lgsg bodi nyentak ke depan...setelah itu halus aja semuanya ky baru..

maklum tar ganti 110 juta di auto 2000 lewat garansi 1 taun khawatir kandas lagi...... :wkkk:

but its ok...

puas hati saya sudah menaklukan PP lintas sumatera dengan alphard terbaru....

kerusakan anggap aja buang sial....toh masih bisa di ganti...yg penting kan orgnya sehat n selamat...

rejeki orang solehhh....mungkin krn gak pernah mau susahin rejeki org kerja sowrom demi sesuap nasi gara2 org yg hobi tes drive tapi gak ada niat beli....akhirnya abis waktu gak mencapai penjualan di pecat dah....kasian tuh sales....krn bnyk anak ababil milenial yang kepoooo... :big_cry:

mknya saya beruntung sering di doain baik bnyk rejeki n sehat makin jaya raya n kaya raya sama semua sales mobil yg saya beli dagangannya...

:ngacir: ........ :ngacir: ............................................................ :ngacir:
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: Mengatasi Overheating Oli/Transmisi Matic

Post by kapsul 97 »

Beda sama saya Oom, kalo pake mobil di sayang sayang, karena belum tentu kebeli lagi, jadi biar awet wakwkwk
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Mengatasi Overheating Oli/Transmisi Matic

Post by adityabp »

marmut wrote: Sat Jan 26, 2019 5:25
octafiantos wrote: Fri Jan 25, 2019 11:35 Ini Optra tahun berapa Om udah ada gejala oli AT overheat.
Kaya transmisi ZF kalo dah tua, overheat kalo dipasang di D lama dalam kondisi macet. Bisa jedag atau malah masuk limp mode, kalo yang 5 speed engange di gigi 3. Total flush dan ganti filter normal lagi biasanya kalo di ZF.

ZF emang begitu kalo kena jalanan macet om.... di volvo 940 dan 960 ya begitu itu kalo kena macet musti pasang di N.
Lho, bukannya volvo 940/960 pake atf cooler external om?
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11029
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Mengatasi Overheating Oli/Transmisi Matic

Post by marmut »

adityabp wrote: Tue Jan 29, 2019 2:24
Lho, bukannya volvo 940/960 pake atf cooler external om?

internal om, jadinya ATF heater, bukan cooler.
osbertc0ol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51

Re: Mengatasi Overheating Oli/Transmisi Matic

Post by osbertc0ol »

marmut wrote: Tue Jan 29, 2019 2:34
adityabp wrote: Tue Jan 29, 2019 2:24
Lho, bukannya volvo 940/960 pake atf cooler external om?

internal om, jadinya ATF heater, bukan cooler.
Om Marmut, nanya kalo oli matic kan biasa bisa up to 110'c. nah radiator temp kan biasa >95'c
apa itu sebenernya membantu?

Atau tetap jadi Heater?
Mungkin heater yang saya nangkap, mempercepat sampati 90'c kali ya? biar cepet ke operating temp?
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11029
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Mengatasi Overheating Oli/Transmisi Matic

Post by marmut »

osbertc0ol wrote: Tue Jan 29, 2019 5:22

Om Marmut, nanya kalo oli matic kan biasa bisa up to 110'c. nah radiator temp kan biasa >95'c
apa itu sebenernya membantu?

Atau tetap jadi Heater?
Mungkin heater yang saya nangkap, mempercepat sampati 90'c kali ya? biar cepet ke operating temp?

kalo "suhu kerja" sepengertian saya bukan untuk pelumasnya, tapi untuk si mesinnya sendiri.
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: Mengatasi Overheating Oli/Transmisi Matic

Post by dimasapri »

adityabp wrote: Fri Jan 25, 2019 9:40 AFAIK, ATF cooler yg di radiator cuma berbentuk tabung metal direndam coolant.
Makanya, kalo mesin dah panas lebih tepat disebut ATF warmer.
:mky_01:
Gak juga sih menurut ku.
Soalnya tabungnya di sisi bawah, sdh dingin.
Thermostat rata2 mulai membuka di 83 °C dan full terbuka di 90 °C.
Malah kalau turun dari 83 °C akan menutup kembali.
Dari situ ada gambaran seberapa panas air radiator di sisi bawahnya.
aGoenk
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Wed Mar 27, 2019 13:12
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Proton Gen 2

Re: Mengatasi Overheating Oli/Transmisi Matic

Post by aGoenk »

Hallo om2 semua yang baek hati dan tidak sombong... Sy mau tanyak... Ada yg pernah mengalami mobil maticnya kalau setelah kena macet ekstrim lama lalu saat digas mobil terasa sangat berat untuk bergerak maju... Bahkan pernah berhenti dan gas harus diinjak dalam2 beberapa kali utk dapat melaju kembali. Itu juga lemot banget.. Tp setelah lalin lancar mobil kembali normal seperti biasa.. Jadi apakah hal tsb krn transmisi maticnya overheat?.. Atau karena masalah lain?.. Mohon pencerahannya om.. Terima kasih