Masa depan Diesel kita, Euro 4 & Kandungan Nabati

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Ngasepngaspal
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: Fri Dec 07, 2018 3:33
Location: Makassar
Daily Vehicle: Captiva diesel nfl 2007

Masa depan Diesel kita, Euro 4 & Kandungan Nabati

Post by Ngasepngaspal »

Sebulan kebelekangan, tepatnya sebelum meminang seekor badak Captiva VCDi tahun 2009. Mata dan telinga, saya set sensitivitasnya pada level tertinggi terkait isu2 persolar dan per dieselan.

Alhasil ada 3 topik utama, dua topik nya sebenarnya terhubung dengan benang merah yg sama. Namun satu lagi saya belum mengerti bisa nyambungnya dimana.

Dua topik yg berkaitan yakni penambahan kandungan nabati secara bertahap bahkan hingga B100, dan rencana pengurangan pajak kendaraan diesel. Asumsi saya pengurangan pajak ini merupakan bentuk kompensasi terhadap industri dan user terkait meningkatnya kandungan nabati, dsn yg terpenting untuk meningkatkan daya serap dr solar nabati itu sendiri, apalagi dicanangkan hingga kandungan nabatinya mencapai 100%. Pajak turun, tentu jd stimulus untuk pasar.

Saya sendiri tidak terlalu paham sejauh mana implikasi dari semakin meningkatnya kandungan nabati ini, mungkin teman2 bisa saling berdiskusi disini.

Namun dr referensi beberapa referensi yg saya dapatkan, sebenarnya berbagai masalah yg sekarang dituduhkan sebagai kelemahan dr kandungan nabati, pada dasarnya bukan salah kandungan nabati itu sendiri, tp lebih kearah pemilihan FAME sebagai bentuk olahan nabati yg di masukkan kedalam solar, padahal ada alternatif lain selain FAME yg jauh lebih ramah bagi mesin yakni HVO dan HPO https://indopetronews.com/2018/10/31/ke ... nen-solar/

Dari dua topik diatas yg memang saling berkaitan, ada satu yg aga ga nyambung, tp tetap berkaitan dg diesel itu senditi, yakni mulainya pembahasam ttg euro 4 kendaraan diesel, apakah kemudian dg meningkatnya kandungan nabati ini, memungkinkan bahan bakar kita untuk mencapai standar euro 4, atau mesin kita yg semakin di adaptasi menerima kandungan nabati tinggi mampu untuk sampai ke euro 4.

Silahkan teman2 saling memberikan pandangannya terkait masa depan solar Indonesia.

Last edited by Ngasepngaspal on Mon Dec 17, 2018 7:30, edited 2 times in total.
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Masa depan Diesel kita, Euro 4 & Kandungan Nabati

Post by martinnn »

masa depan diesel uda suram... negara2 eropa sudah membanned diesel... truk dan bus masa depan akan beralih ke listrik
:big_biglaugh:
slowipah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: Fri Sep 30, 2016 3:52

Re: Masa depan Diesel kita, Euro 4 & Kandungan Nabati

Post by slowipah »

martinnn wrote: Mon Dec 17, 2018 9:14 masa depan diesel uda suram... negara2 eropa sudah membanned diesel... truk dan bus masa depan akan beralih ke listrik
negara ketiga hanya jd tmpt buangan teknologi usang dr negara maju. bagaimanapun jg principal brand ingin dpt return selama mgkn dr investasi dia
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1397
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Masa depan Diesel kita, Euro 4 & Kandungan Nabati

Post by iwing »

saya melihat nya justru positif jika bener2 100 persen cpo dibanding kendaraan listrik. saya melihat kendaraan listrik itu bukan tanpa polusi ya jika dilihat bagaimana listrik itu dihasilkan dan baterai itu sendiri. dalam hal keselamatan kendaraan listrik juga masih meragukan jika terjadi kecelakaan, misal siapa sih yang berani langsung menolong korban dari kecelakaan mobil listrik kalo bukan dari si pembuat mobil listrik nya (minimal saat ini)..?? imho
Ngasepngaspal
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: Fri Dec 07, 2018 3:33
Location: Makassar
Daily Vehicle: Captiva diesel nfl 2007

Re: Masa depan Diesel kita, Euro 4 & Kandungan Nabati

Post by Ngasepngaspal »

iwing wrote:saya melihat nya justru positif jika bener2 100 persen cpo dibanding kendaraan listrik. saya melihat kendaraan listrik itu bukan tanpa polusi ya jika dilihat bagaimana listrik itu dihasilkan dan baterai itu sendiri. dalam hal keselamatan kendaraan listrik juga masih meragukan jika terjadi kecelakaan, misal siapa sih yang berani langsung menolong korban dari kecelakaan mobil listrik kalo bukan dari si pembuat mobil listrik nya (minimal saat ini)..?? imho
Perspektif yg menarik, tinggal bagaimana ada produk nabati yg memang well-produced dan bisa ramah untuk mesin yg juga ramah lingkungan (mengejar standar euro). Karena klo bicara FAME yg merupakan produk nabati saat ini, jauh dr kata sempurna dan saya lihat malah banyak negatifnya, khususnya implikasi kerusakan terhadap kendaraan dan kandungan sulfur yg tinggi.
Nugrohonug
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 193
Joined: Sat Sep 10, 2016 16:26
Daily Vehicle: D4-D and CRDi

Re: Masa depan Diesel kita, Euro 4 & Kandungan Nabati

Post by Nugrohonug »

Menurut analisa sotoy saya sih indo masih jauh om ke mobil listrik dan masih ngandelin mesin diesel,org gmn mau euro 4 org kadang kualitas dex masih ngga merata
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Masa depan Diesel kita, Euro 4 & Kandungan Nabati

Post by ginting »

setuju ama oom Nugrohonug.

utk Indo kira kira roadmapnta begini.

Tahap 1
mobil listrik hybrid sdh masuk, mobil bensin ada, diesel ada

Tahap 2. Mobil listrik makin banyak, brnsin makin dikit, tapi solar malah nambah, terdorong pajak yg diturunkan, BBM diesel lbh murah, FC lbh irit

Tahap selanjutnya mobil listrik dan diesel (utk niaga)

Tahap selanjutnya mobil listrik kabeh.
entah kapan ...
964
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 150
Joined: Sat Feb 24, 2018 9:31

Re: Masa depan Diesel kita, Euro 4 & Kandungan Nabati

Post by 964 »

Mau standard euro 4? Truk dan bis penggerak ekonomi negara mau dikemanain? Salah membuat kebijakan tentang solar, dampak ekonominya sangat terasa. Solar murah untuk jangka waktu yg lumayan lama akan tetap ada. Jadi bersukurlah yg masih pelihara diesel purba disaat bbm lain makin mahal.
ashrikurniawan
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Tue Feb 06, 2018 1:36
Location: Semarang
Daily Vehicle: Chevrolet_captiva_2010

Re: Masa depan Diesel kita, Euro 4 & Kandungan Nabati

Post by ashrikurniawan »

Ijin nyimak om..
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Masa depan Diesel kita, Euro 4 & Kandungan Nabati

Post by kunaskun »

diesel engine for passenger or commercial kayanya akan suram, karena emang semacam sudah mentok di sulfur, Nox dan well maenan catalytic, juga issue soal palm oil -berbau politis- yang ditolak EU, padahal merek Europe kan leader di small diesel engine. sedangkan bensin masih bisa dikulik ala2 mazda atau toyota juga seperti sudah berhasil "cracked-the-code" dengan enjin Dynamic Force agar bensin bisa makin bersih dan makin powerful seperti diesel tapi dengan cara yang selintas tidak "nyusahin" kaya mazda.

rise of electric car juga kenceng, setelah tesla hype, china uda jago bikin motor listrik murmer, batere juga makin bisa mendukung karena solar cell power plant juga kenceng di china. sempet baca berita dimana di Shenzen udah mulai regenerasi bus diesel dengan listrik, UK juga menyusul, next ya kota2 metro lainnya. yang jadi masalah tinggal: nyedian listrik yg bersih untuk isi itu batere.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Masa depan Diesel kita, Euro 4 & Kandungan Nabati

Post by maskopat »

pokoke, next, dah gak ada lagi mobil yang fun to drive... :big_slap:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1112
Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Masa depan Diesel kita, Euro 4 & Kandungan Nabati

Post by IGedeAmat »

maskopat wrote: Tue Dec 18, 2018 6:19 pokoke, next, dah gak ada lagi mobil yang fun to drive... :big_slap:
musim berganti, waktu berlalu, jaman berubah seh om...
bisa aja dimasa depan definisi fun to drive itu beda ama yang sekarang,
misalnya kalo kita tanya ke embah buyut, mobil apa yang fun to drive pada jamannya,
mungkin beliau bakal menjawab Ford Model T..
:mky_03:
krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1283
Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
Location: Jakarta

Re: Masa depan Diesel kita, Euro 4 & Kandungan Nabati

Post by krniawnhdr »

dari bahas hybrid vehicle, jadi bandingin sendiri soal pembangkit listrik di europe yang udah makin beralih dari pembangkit dari nuklir, sementara indonesia pakai pembangkit dari nuklir aja belum.
segitulah ketertinggalannya kita :) :mky_02:
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1397
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Masa depan Diesel kita, Euro 4 & Kandungan Nabati

Post by iwing »

krniawnhdr wrote: Tue Dec 18, 2018 8:24 dari bahas hybrid vehicle, jadi bandingin sendiri soal pembangkit listrik di europe yang udah makin beralih dari pembangkit dari nuklir, sementara indonesia pakai pembangkit dari nuklir aja belum.
segitulah ketertinggalannya kita :) :mky_02:
kalo tenaga nuklir kita sudah lama mampu om. cuma masyarakat sekitar yang akan ditempatkan tenaga nuklir nya itu yang gak mau. banyak yang kuatir sama radiasi nya
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Masa depan Diesel kita, Euro 4 & Kandungan Nabati

Post by maskopat »

IGedeAmat wrote: Tue Dec 18, 2018 7:15
maskopat wrote: Tue Dec 18, 2018 6:19 pokoke, next, dah gak ada lagi mobil yang fun to drive... :big_slap:
musim berganti, waktu berlalu, jaman berubah seh om...
bisa aja dimasa depan definisi fun to drive itu beda ama yang sekarang,
misalnya kalo kita tanya ke embah buyut, mobil apa yang fun to drive pada jamannya,
mungkin beliau bakal menjawab Ford Model T..
:mky_03:
tetap masih 80s dan 90s... :mky_01:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green