Page 1 of 2

Mobil dengan Power to Weight ratio terbaik dan sebaliknya

Posted: Thu Nov 08, 2018 6:37
by fabreguz
sesaui dgn judul

bijimane menurut master2 sm di mari ? :big_deal: :big_okay:
lebih baek disingkat pwr sahaza :big_grin: :big_grin:
baik boil bensin, dijel, cc besar n kecil, tranny manual metik bahkan triptonic
seiring dgn smakin panjang nya jalan tol yg terbangun sperti nya mulai byk yg memperhitungkan pwr sbagai salah satu poin saat membeli boil baru :big_smile] :big_comfort:
suatu mobil dinilai pwr nya baik ato buruk dari saat crusing high spid di jalan tol, overtake kendaraan laen dan juga di jalur menanjak biasa dan esktrim
kalo jalan macet2 an jlas off the reocrd
malah boros2in bensin tok wae :big_biglaugh: :big_grin: :mky_07:
kalo dari boil newbie tok skrg ini crv 2400 cc generasi 4 sy rasakan termasuk baik n enak pwr nya di 3 kondisi di atas :big_exellent: :big_exellent:
mungkin karna enjin besar tapi kata nya enjin dijel tu paling enak bwat menanjak karna torsi lebih besar dari bensin
:big_think: :big_think:
oleh karna itu sy rencana menambah boil enjin dijel, tapi ndak usah yg gede2 cukup diejl cenggo cc sahaza kalo ada nanti :mky_03: :mky_01:

antara tranny manual dan metik mesti nya jg berbeda karna denger2 pwr boil manual jauh lbih baik drpd metik
ada perbedaan dan sensasi lbih mendalam saat pakai boil manual
tapi walopun gitu sy kok ttp ndak tertarik utk beli boil manual ya :mky_03: :mky_01:

Re: Mobil dengan Power to Weight ratio terbaik dan sebaliknya

Posted: Thu Nov 08, 2018 6:41
by asepcm
Biasanya di-iringi dengan konsumsi bahan bakar lebih baik yah? Efesiensi..

Re: Mobil dengan Power to Weight ratio terbaik dan sebaliknya

Posted: Thu Nov 08, 2018 7:14
by Rakean
kalo ane malah butuh power gede itu malah bukan di jalan tol.... biasanya ane di jalan tol pemakaian tenaga mobil g gede2 amat, karena lebih ke cruising santai dan bukan buat high speed...

power gede malah lebih dibutuhkan buat di jalan nasional akap, terutama jalan yg cuman 2 lajur dan 2 arah, kerasa bgt enaknya power besar utk overtake gitu... bisa lebih gesit ajah..

Re: Mobil dengan Power to Weight ratio terbaik dan sebaliknya

Posted: Thu Nov 08, 2018 7:49
by tigerkenceng
Mungkin hitung2an Power To Weight Ratio (PWR) akan lebih berguna untuk figur akselerasi dalam berkendara dimana dalam kehidupan sehari-hari berguna untuk overtake, stop n go dan jalan menanjak. Belum tentu mobil dengan tenaga besar akselerasi akan lebih cepat dari mobil kecil. Yang sudah2, mobil dengan rasio PWR terbaik akan menemukan titik efisiensi yang baik pula. Sebetulnya saya ada concern terhadap ATPM yang menjual kendaraan mereka hanya menampilkan figur tenaga yang besar di brosur sebagain gimmick marketing, tanpa mengedukasi konsumennya dengan teori2 yang benar :wkkk: :wkkk:

Re: Mobil dengan Power to Weight ratio terbaik dan sebaliknya

Posted: Thu Nov 08, 2018 8:30
by krniawnhdr
budgetnya dilimit om, biar ga kemana2 sarannya hehehe

Re: Mobil dengan Power to Weight ratio terbaik dan sebaliknya

Posted: Thu Nov 08, 2018 8:46
by Pugman
Mobil Petrol Turbo itu 1500cc sekarang saja powernya sudah setara bahkan lebih dari yang 2500cc, tapi powernya kan keluar di rpm lebih tinggi, jadi untuk akselerasi kadang mesti injak gas lebih dalam belum lagi BBM harus pertabo.

Ini kurang cocok untuk orang yang tipe nyetirnya ngurut gas seperti saya. Jadi saya lebih prefer mobil NA min 2000cc dan Maks 2500cc.
Kurang dari 2000cc untuk NA terkadang masih terasa underpower dan Lebih dari 2500cc sudah diluar jalur ke ekonomian.

Re: Mobil dengan Power to Weight ratio terbaik dan sebaliknya

Posted: Thu Nov 08, 2018 11:10
by geofreyap
Kalo masalah fun, tidak selamanya PWR bagus bakal lebih fun.
Chassis tuning & distribusi beban lebih berperan sih.

Btw, cx3 PWRnya not bad. Mobil enteng dikasih 2.0 jadi enak bgt.
Mazda3 jg enak.

Kalo mobil kecil mgkn brio 1.3 yg CBU dulu itu ya.
Swift sport juga.

Jgn lupa duo kaleng yg kencang itu.
:mky_01:



CMIIW

Re: Mobil dengan Power to Weight ratio terbaik dan sebaliknya

Posted: Thu Nov 08, 2018 13:20
by fabreguz
asepcm wrote: Thu Nov 08, 2018 6:41 Biasanya di-iringi dengan konsumsi bahan bakar lebih baik yah? Efesiensi..
kalo emang bisa diiringi dgn konsumsi bahan bakar yg lbih baik tentu bisa dianggap bonus
tapi kalo kondisi jalan masih sperti skrg ya sulit rasa nya :mky_03: :mky_01:
trutama jalur dalam kota yg padat dan macet :big_bored: :big_dunno:
Rakean wrote: Thu Nov 08, 2018 7:14 kalo ane malah butuh power gede itu malah bukan di jalan tol.... biasanya ane di jalan tol pemakaian tenaga mobil g gede2 amat, karena lebih ke cruising santai dan bukan buat high speed...

power gede malah lebih dibutuhkan buat di jalan nasional akap, terutama jalan yg cuman 2 lajur dan 2 arah, kerasa bgt enaknya power besar utk overtake gitu... bisa lebih gesit ajah..
se7 banget bung rakean :big_exellent: :big_exellent:
tepat sperti yg sy maksud overtake kendaraan laen tapi di jalan yg cuman 2 lajur dan 2 arah sperti jalan nasional akap :big_deal: :big_okay:
henak banget jika power enjin gede tinggal toel gas boil dah mluncur
daripada kudu ancang2 dulu sblom overtake dgn power enjin yg pas2 an :big_slap: :big_chicken:
pas sampe di tujuan badan pegel2 dan teler duluan :big_biglaugh: :big_grin:

tigerkenceng wrote: Thu Nov 08, 2018 7:49 Mungkin hitung2an Power To Weight Ratio (PWR) akan lebih berguna untuk figur akselerasi dalam berkendara dimana dalam kehidupan sehari-hari berguna untuk overtake, stop n go dan jalan menanjak. Belum tentu mobil dengan tenaga besar akselerasi akan lebih cepat dari mobil kecil. Yang sudah2, mobil dengan rasio PWR terbaik akan menemukan titik efisiensi yang baik pula. Sebetulnya saya ada concern terhadap ATPM yang menjual kendaraan mereka hanya menampilkan figur tenaga yang besar di brosur sebagain gimmick marketing, tanpa mengedukasi konsumennya dengan teori2 yang benar :wkkk: :wkkk:
yg sy bold asli stujuh banget
pwr yg bagus tentu segala nya di boil akan bagus dan seimbang banget :big_exellent: :big_exellent:
nah kalo ini kaitan nya dgn pajak pkb bung tigerkenceng [emo-police] [emo-police]
master2 di sini jg pernah menyoroti boil yg masuk dgn enjin yg ndak sesuai dgn berat bodi nya shingga underpowered di jalanan
salah satu tujuan nya agar harga bisa masuk dan terbeli oleh konsumen endo :mky_05: :mky_06:
padahal jlas2 jadi lemot banget itu boil dgn enjin segitu :big_dunno: :big_bored:
kalo cewe yg setir sih mestinya ndak ambil pusing kale ya :mky_03: :mky_01:
smoga dgn infratruktur yg membaik dan euro 4 yg barusan berlaku, bakal ada perubahan pkb kapasitas enjin shingga boil2 n enjin yg dulu ndak bisa masuk jadi bias masuk dan dinikmatin di sini :big_deal: :big_okay:
krniawnhdr wrote: Thu Nov 08, 2018 8:30 budgetnya dilimit om, biar ga kemana2 sarannya hehehe
ndak papa ke mana2 bung krniawnhdr :big_deal: :big_okay:
syukur2 kl bisa boil2 yg beredar di endo dulu n jaman now dikupas pwr nya, apakah cocok ato ndak sbenere ? :mky_03: :mky_01:
kalo sy yg awam kok yakin mayoritas boil2 di endo pwr nya pasti ndak sesuai [emo-police] [emo-police]
Pugman wrote: Thu Nov 08, 2018 8:46 Mobil Petrol Turbo itu 1500cc sekarang saja powernya sudah setara bahkan lebih dari yang 2500cc, tapi powernya kan keluar di rpm lebih tinggi, jadi untuk akselerasi kadang mesti injak gas lebih dalam belum lagi BBM harus pertabo.

Ini kurang cocok untuk orang yang tipe nyetirnya ngurut gas seperti saya. Jadi saya lebih prefer mobil NA min 2000cc dan Maks 2500cc.
Kurang dari 2000cc untuk NA terkadang masih terasa underpower dan Lebih dari 2500cc sudah diluar jalur ke ekonomian.
se7 pria peugeot
mertua saya yg bilang turbo itu mudah rewel apalage jika bensin nya ndak cocok
langsung modar dulu drpd enjin NA :big_chicken: :big_slap:
geofreyap wrote: Thu Nov 08, 2018 11:10 Kalo masalah fun, tidak selamanya PWR bagus bakal lebih fun.
Chassis tuning & distribusi beban lebih berperan sih.

Btw, cx3 PWRnya not bad. Mobil enteng dikasih 2.0 jadi enak bgt.
Mazda3 jg enak.

Kalo mobil kecil mgkn brio 1.3 yg CBU dulu itu ya.
Swift sport juga.

Jgn lupa duo kaleng yg kencang itu.
:mky_01:



CMIIW
wah cx3 pasti uenak tu pwr nya bung geofreyap
malah temen ada yg bilang pwr nya cx3 lbih baik drpd cx5 2500 palage otlander spot:big_exellent: :big_exellent:
bayangin aja bodi mazda2 hb yg dtinggikan sedikit tapi diinstal enjin skyactiv noceng cc :big_cat: :big_love:
jlas lbih fun to drive dari cx5 2500 yg lbih tinggi, panjang n berat :big_grin: :big_grin:

se7 jg utk papanja
si lmpv termasuk boil yg ngibrit dan ndak lemot jg, walo goyang dombreng di tol :mky_07: :wkkk:
mungkin karna body ringan kaleng tapi ditopang enjin cengsa yg mayan galak torsi nya :mky_03: :mky_01:

Re: Mobil dengan Power to Weight ratio terbaik dan sebaliknya

Posted: Thu Nov 08, 2018 13:47
by asepcm
Sepengalamanku y
20180215_061407.jpg
yaris bakpao MT 2007 untuk PWR terbaik...[emoji16] ( alasan gesit aja : opini pribadi ya [emoji120] )

Re: Mobil dengan Power to Weight ratio terbaik dan sebaliknya

Posted: Thu Nov 08, 2018 14:08
by Herman7103
Power to weight ratio city car
https://autonetmagz.com/komparasi-power ... esia/4725/
Power to weight ratio LMPV
Perbandingan-Mesin-Xpander-vs-Avanza-Mobilio-Ertiga-Livina.jpg

Re: Mobil dengan Power to Weight ratio terbaik dan sebaliknya

Posted: Thu Nov 08, 2018 14:29
by mike22
Coba kalo datsun cross pake mesin 1.5 nya march/livina, gausah pake vsc abs blablabla asal harganya bersaing, jamin dah pasti enak. Ini makanya ga laku kl masih sama ama lcgcnya.

Re: Mobil dengan Power to Weight ratio terbaik dan sebaliknya

Posted: Thu Nov 08, 2018 14:42
by saturday
Idem sama duo kaleng, terutama yang mesin 1.5L nya. Sering minjem kaleng punya teman yang keluaran 2013 jambakannya cukup beringas, ditambah dengan rasio gearing yang tinggi, larinya jadi enteng banget. Tapi kalo udah di toll yah 100 km/h aja udah teriak-teriak di 3000 RPM.

Re: Mobil dengan Power to Weight ratio terbaik dan sebaliknya

Posted: Thu Nov 08, 2018 15:08
by Rbspj
Herman7103 wrote: Thu Nov 08, 2018 14:08 Power to weight ratio city car
https://autonetmagz.com/komparasi-power ... esia/4725/
Power to weight ratio LMPV
Perbandingan-Mesin-Xpander-vs-Avanza-Mobilio-Ertiga-Livina.jpg
Apa benar om, avanza penggerak roda depan?

Re: Mobil dengan Power to Weight ratio terbaik dan sebaliknya

Posted: Thu Nov 08, 2018 15:28
by gerobak nippon
Rasio power yg besar dibanding dgn bobot mobil akan membuat starting / stop and go lebih enak di kemacetan..
Juga enak utk akselerasi pada saat over taking..
Menurut saya, mobil dgn mesin2 diesel modern (+turbo) sudah memenuhi kriteria itu..

Re: Mobil dengan Power to Weight ratio terbaik dan sebaliknya

Posted: Thu Nov 08, 2018 15:43
by Herman7103
Rbspj wrote:
Herman7103 wrote: Thu Nov 08, 2018 14:08 Power to weight ratio city car
https://autonetmagz.com/komparasi-power ... esia/4725/
Power to weight ratio LMPV
Perbandingan-Mesin-Xpander-vs-Avanza-Mobilio-Ertiga-Livina.jpg
Apa benar om, avanza penggerak roda depan?
Avanza, Xenia RWD bukan FWD sorry, ini hasil unduhan.

Re: Mobil dengan Power to Weight ratio terbaik dan sebaliknya

Posted: Thu Nov 08, 2018 20:18
by Rbspj
Herman7103 wrote: Thu Nov 08, 2018 15:43
Rbspj wrote:
Herman7103 wrote: Thu Nov 08, 2018 14:08 Power to weight ratio city car
https://autonetmagz.com/komparasi-power ... esia/4725/
Power to weight ratio LMPV
Perbandingan-Mesin-Xpander-vs-Avanza-Mobilio-Ertiga-Livina.jpg
Apa benar om, avanza penggerak roda depan?
Avanza, Xenia RWD bukan FWD sorry, ini hasil unduhan.
Siap om @Herman7103

Re: Mobil dengan Power to Weight ratio terbaik dan sebaliknya

Posted: Thu Nov 08, 2018 22:53
by r12qiSonH4ji
Mau sharing pengalaman pernah punya mobil dgn Power to weight ratio terbaik menurut ane, yaitu :

VW Golf 1.4 Tsi Mk7
Dgn body yg sangat ringan tapi punya torsi 250nm, meskipun punya HP cuman 140 hp tapi sangat mudah untuk mencapai 200 kpj

Ingin sekali newbie mencoba punya Golf GTI mk7, akan seperti apa itu power to weight ratio nya

:big_love:

Re: Mobil dengan Power to Weight ratio terbaik dan sebaliknya

Posted: Fri Nov 09, 2018 0:41
by krniawnhdr
Hyundai i30N, tapi sayang belum masuk Indonesia..
tipe standarnya aja power 250 ps, torsi 353 nM. AJIB :)

Re: Mobil dengan Power to Weight ratio terbaik dan sebaliknya

Posted: Fri Nov 09, 2018 1:22
by pcx
Atoyot Fortie non VNT. PWR na buruk :e-snooty:

Ga terhitung berapa banyak kenalan ane yang komplen mobil ini lemot banget :2gunfire: :frm_bang_head:

Untung ane ga pernah punya dan tertarik wkwkwk :mrgreen:

:ngacir:

Re: Mobil dengan Power to Weight ratio terbaik dan sebaliknya

Posted: Fri Nov 09, 2018 2:11
by ak4ng
Pwr yg terbaik menurut ane, grenmek pikap 1.5, bobot 800an kg power 100hp, ini cuma bicara pwr ya diluar aerodinamis dan lain2nya

Re: Mobil dengan Power to Weight ratio terbaik dan sebaliknya

Posted: Fri Nov 09, 2018 2:20
by tigerkenceng
tigerkenceng wrote: Thu Nov 08, 2018 7:49 Mungkin hitung2an Power To Weight Ratio (PWR) akan lebih berguna untuk figur akselerasi dalam berkendara dimana dalam kehidupan sehari-hari berguna untuk overtake, stop n go dan jalan menanjak. Belum tentu mobil dengan tenaga besar akselerasi akan lebih cepat dari mobil kecil. Yang sudah2, mobil dengan rasio PWR terbaik akan menemukan titik efisiensi yang baik pula. Sebetulnya saya ada concern terhadap ATPM yang menjual kendaraan mereka hanya menampilkan figur tenaga yang besar di brosur sebagain gimmick marketing, tanpa mengedukasi konsumennya dengan teori2 yang benar :wkkk: :wkkk:
yg sy bold asli stujuh banget
pwr yg bagus tentu segala nya di boil akan bagus dan seimbang banget :big_exellent: :big_exellent:
nah kalo ini kaitan nya dgn pajak pkb bung tigerkenceng [emo-police] [emo-police]
master2 di sini jg pernah menyoroti boil yg masuk dgn enjin yg ndak sesuai dgn berat bodi nya shingga underpowered di jalanan
salah satu tujuan nya agar harga bisa masuk dan terbeli oleh konsumen endo :mky_05: :mky_06:
padahal jlas2 jadi lemot banget itu boil dgn enjin segitu :big_dunno: :big_bored:
kalo cewe yg setir sih mestinya ndak ambil pusing kale ya :mky_03: :mky_01:
smoga dgn infratruktur yg membaik dan euro 4 yg barusan berlaku, bakal ada perubahan pkb kapasitas enjin shingga boil2 n enjin yg dulu ndak bisa masuk jadi bias masuk dan dinikmatin di sini :big_deal: :big_okay:

Emang harusnya pengkategorian PKB kendaraan berdasarkan CC harus sudah waktunya direvisi. Seperti PKB sedan yang masuk hitungan barang mewah padahal mah kelasnya entry level, tapi harganya mendekati mobil minibus yg kelasnya diatasnya. Tapi kalo mau cari kendaraan yg mendekati PWR terbaik yaa beli aja mobil yg dijel engine modern, ditoel dikit torsi khas dijel modern udah njambak. dari sisi efisiensipun dapet. :ungg: :ungg:

Re: Mobil dengan Power to Weight ratio terbaik dan sebaliknya

Posted: Fri Nov 09, 2018 2:41
by Rakean
Pugman wrote: Thu Nov 08, 2018 8:46 Mobil Petrol Turbo itu 1500cc sekarang saja powernya sudah setara bahkan lebih dari yang 2500cc, tapi powernya kan keluar di rpm lebih tinggi, jadi untuk akselerasi kadang mesti injak gas lebih dalam belum lagi BBM harus pertabo.

Ini kurang cocok untuk orang yang tipe nyetirnya ngurut gas seperti saya. Jadi saya lebih prefer mobil NA min 2000cc dan Maks 2500cc.
Kurang dari 2000cc untuk NA terkadang masih terasa underpower dan Lebih dari 2500cc sudah diluar jalur ke ekonomian.
bukan nya mesin bensin turbo itu malah power nya udah keluar di rpm rendah? contoh kayak CRV turbo gitu... yang 1500cc ajah torsi puncak nya flat mulai dri rpm 2000 sampe 5000 dan peak power nya 190 di rpm 5000 an?

Re: Mobil dengan Power to Weight ratio terbaik dan sebaliknya

Posted: Fri Nov 09, 2018 3:05
by Arrobi
Rakean wrote:
Pugman wrote: Thu Nov 08, 2018 8:46 Mobil Petrol Turbo itu 1500cc sekarang saja powernya sudah setara bahkan lebih dari yang 2500cc, tapi powernya kan keluar di rpm lebih tinggi, jadi untuk akselerasi kadang mesti injak gas lebih dalam belum lagi BBM harus pertabo.

Ini kurang cocok untuk orang yang tipe nyetirnya ngurut gas seperti saya. Jadi saya lebih prefer mobil NA min 2000cc dan Maks 2500cc.
Kurang dari 2000cc untuk NA terkadang masih terasa underpower dan Lebih dari 2500cc sudah diluar jalur ke ekonomian.
bukan nya mesin bensin turbo itu malah power nya udah keluar di rpm rendah? contoh kayak CRV turbo gitu... yang 1500cc ajah torsi puncak nya flat mulai dri rpm 2000 sampe 5000 dan peak power nya 190 di rpm 5000 an?
Di mesin Turbo biasanya ada turbo lagnya , kl dr rpm bawah mau naik ada sedikit jeda, sementara di mesin NA karakternya lsg ngikut irama pedal. Mungkin itu kali ya maksude.

Re: Mobil dengan Power to Weight ratio terbaik dan sebaliknya

Posted: Fri Nov 09, 2018 5:38
by Pugman
Rakean wrote: Fri Nov 09, 2018 2:41
Pugman wrote: Thu Nov 08, 2018 8:46 Mobil Petrol Turbo itu 1500cc sekarang saja powernya sudah setara bahkan lebih dari yang 2500cc, tapi powernya kan keluar di rpm lebih tinggi, jadi untuk akselerasi kadang mesti injak gas lebih dalam belum lagi BBM harus pertabo.

Ini kurang cocok untuk orang yang tipe nyetirnya ngurut gas seperti saya. Jadi saya lebih prefer mobil NA min 2000cc dan Maks 2500cc.
Kurang dari 2000cc untuk NA terkadang masih terasa underpower dan Lebih dari 2500cc sudah diluar jalur ke ekonomian.
bukan nya mesin bensin turbo itu malah power nya udah keluar di rpm rendah? contoh kayak CRV turbo gitu... yang 1500cc ajah torsi puncak nya flat mulai dri rpm 2000 sampe 5000 dan peak power nya 190 di rpm 5000 an?
Arrobi wrote: Fri Nov 09, 2018 3:05
Di mesin Turbo biasanya ada turbo lagnya , kl dr rpm bawah mau naik ada sedikit jeda, sementara di mesin NA karakternya lsg ngikut irama pedal. Mungkin itu kali ya maksude.
Nah maksudnya itu, turbolag di low rpm. Makanya saya juga spesifik sebut mesin petrol/bensin. Karena kalau diesel sudah secara alami punya high torque di low rpm

:mky_03:

Re: Mobil dengan Power to Weight ratio terbaik dan sebaliknya

Posted: Fri Nov 09, 2018 5:59
by racho
fabreguz wrote: Thu Nov 08, 2018 6:37 seiring dgn smakin panjang nya jalan tol yg terbangun sperti nya mulai byk yg memperhitungkan pwr sbagai salah satu poin saat membeli boil baru :big_smile] :big_comfort:

...

antara tranny manual dan metik mesti nya jg berbeda karna denger2 pwr boil manual jauh lbih baik drpd metik
ada perbedaan dan sensasi lbih mendalam saat pakai boil manual
tapi walopun gitu sy kok ttp ndak tertarik utk beli boil manual ya :mky_03: :mky_01:
kalo tujuan akhirnya buat tol,
maka yang penting adalah cari mobil yang ada Cruise Control-nya. atau minimal bisa ditambahin sendiri.

kalo manual ato matic jelas mending matic...
toh kalo tolnya bener (dalam artian bebas hambatan, gak ada lanehogger sntloyo -- yes, karena mirip orang ngangon bebek),
matic akan selalu lock-up dan jatuh2nya jadi efisien juga.

kalo ngitung "Power to Weight Ratio" yang bener2 "real dan useful" ini agak tricky. terutama buat mobil-mobil kaleng bertenaga seadanya.
pabrikan mobil gak semuanya ngeluarin data kerb weight, dan kerb weight itu juga harus ditambah dengan estimasi berat penumpang + barang yang bakal sering dibawa... kalo berat kosong mah gak bisa dipake. ya kali mobilnya bisa jalan sendiri tanpa BBM dan tanpa supir...

ini juga diperpusing lagi dengan gearing.
sama-sama matic 2400cc 160hp, satunya CVT satunya matic 4-speed udah beda lagi akselerasinya...