Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
rajaweb
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Wed Sep 20, 2006 4:48
Location: Jakarta Timur
Daily Vehicle: Honda

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by rajaweb »

aipiesblue wrote: Sat May 05, 2018 11:44
ChZ wrote: Sat May 05, 2018 10:13 Nah itu dia, kadang informasinya misled krn tiap negara standarnya beda beda.

Takutnya jonpis ngebaca spek US yang bilang 87 AKI dikira RON87 🤣
bisa jadi nih om mod, makanya dia bilang masih bisa nenggak RON 83 :mky_07:
Kalo gw baca link artikel https://www.liputan6.com/otomotif/read/ ... ak-premium

kayanya bukan nyuruh pakai premium ya. tetep rekomen 92.

Kalau bisa ya bisa aja.



bisa ancur kali ya :mky_01:
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by Winz »

rajaweb wrote: Sat May 05, 2018 22:55
aipiesblue wrote: Sat May 05, 2018 11:44
ChZ wrote: Sat May 05, 2018 10:13 Nah itu dia, kadang informasinya misled krn tiap negara standarnya beda beda.

Takutnya jonpis ngebaca spek US yang bilang 87 AKI dikira RON87 🤣
bisa jadi nih om mod, makanya dia bilang masih bisa nenggak RON 83 :mky_07:
Kalo gw baca link artikel https://www.liputan6.com/otomotif/read/ ... ak-premium

kayanya bukan nyuruh pakai premium ya. tetep rekomen 92.

Kalau bisa ya bisa aja.



bisa ancur kali ya :mky_01:
Namun menurut JohnPeace jika masih pakai Premium (RON 88) mesin masih tetap aman.

Itu tulisan berita’nya, secara enggak langsung membenarkan pemakaian harian pakai RON 88, fakta’nya banyak mesin ini bermasalah di BeRes aHond, kebanyakan ya CiAirPi ini, karena CiBo kan populasi’nya dikit banget jadi enggak kelihatan :ngacir:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2536
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by KielConstantine »

Haha sinting jg ya ini kasus mesin turbo honda..
pdhl mesin turbo mercy w204 C200 / C250 yg cgi masih oke2 aja minum pertamax 92..


Dan sekarang gw ngerti knp Toyota pasang harga CH-R hampir 500jt... coz dy ngasih napas ke honda buat jualan HR-V ... coba klo harganya 400jt an jg... bisa enggak jualan produk apa2 si honda wkwkwk :wkkk:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
adrianomyman
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 169
Joined: Mon Mar 26, 2018 13:04
Location: Indnesia
Daily Vehicle: Car

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by adrianomyman »

b0ku wrote: Sat May 05, 2018 17:16 yg gw baca seh kalkulasinya temprature x engine load sama apa lagi gitu dan di artikel diatas jg dijelasin ada beberapa case mereka ud test indikator mobilnya disuruh ganti oli tapi di test kualitas olinya masih bisa buat 2000km lagi, dan emang ada beberapa merek spare segitu :ngacir:
Indikatornya jadinya sangat tidak akurat ya om? Jadi sebaiknya owner nya cuekin aja ?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by ChZ »

Kemaren sempet ada postingan dari instagram Civic Turbonesia mengenai ini... intinya mereka tetap menganjurkan untuk ikuti anjuran dealer saja (per 6 bulan / 10.000 KM), toh garansi gak hangus... tapi klo mau lebih cepet ya monggo...

Civic ane lebih cepet kok, 900 KM udah ganti oli... wong 6 bulan gak pernah jalan :ngacir: tp karena uda 6 bulan ya udah ganti aja... gak dosa kok.

Abis itu ngobrol sama user GE8 AT boost 0.8 bar dipake daily... dia bilang "ah GE8 gua dah spek begitu aja ganti oli tetep di 5k dan aman-aman aja, nonsense lah 2000 km sekali kudu ganti, emangnye Lambo?"

CiBo sama CRVBo mah speknya gak ada apa-apanya dibanding GE8 dia ... :mky_07: orang sinting emang
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1299
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by mr_mytplx »

ChZ wrote: Mon May 07, 2018 2:13 Kemaren sempet ada postingan dari instagram Civic Turbonesia mengenai ini... intinya mereka tetap menganjurkan untuk ikuti anjuran dealer saja (per 6 bulan / 10.000 KM), toh garansi gak hangus... tapi klo mau lebih cepet ya monggo...

Civic ane lebih cepet kok, 900 KM udah ganti oli... wong 6 bulan gak pernah jalan :ngacir: tp karena uda 6 bulan ya udah ganti aja... gak dosa kok.

Abis itu ngobrol sama user GE8 AT boost 0.8 bar dipake daily... dia bilang "ah GE8 gua dah spek begitu aja ganti oli tetep di 5k dan aman-aman aja, nonsense lah 2000 km sekali kudu ganti, emangnye Lambo?"

CiBo sama CRVBo mah speknya gak ada apa-apanya dibanding GE8 dia ... :mky_07: orang sinting emang
bukan masalah spek nya mod, tp build quality.

honda pasang ring piston aja masih sering salah.

:big_dunno: :big_dunno:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by ChZ »

mr_mytplx wrote: Mon May 07, 2018 2:36
ChZ wrote: Mon May 07, 2018 2:13 Kemaren sempet ada postingan dari instagram Civic Turbonesia mengenai ini... intinya mereka tetap menganjurkan untuk ikuti anjuran dealer saja (per 6 bulan / 10.000 KM), toh garansi gak hangus... tapi klo mau lebih cepet ya monggo...

Civic ane lebih cepet kok, 900 KM udah ganti oli... wong 6 bulan gak pernah jalan :ngacir: tp karena uda 6 bulan ya udah ganti aja... gak dosa kok.

Abis itu ngobrol sama user GE8 AT boost 0.8 bar dipake daily... dia bilang "ah GE8 gua dah spek begitu aja ganti oli tetep di 5k dan aman-aman aja, nonsense lah 2000 km sekali kudu ganti, emangnye Lambo?"

CiBo sama CRVBo mah speknya gak ada apa-apanya dibanding GE8 dia ... :mky_07: orang sinting emang
bukan masalah spek nya mod, tp build quality.

honda pasang ring piston aja masih sering salah.

:big_dunno: :big_dunno:
he ring piston apaan yang salah om ? Motor ?

IMHO, klo GE 0.8bar aja olinya kuat-kuat aja sampe 5k dipake harian gak masalah apalagi CiBo/CRVBo yang factory build dan mass-produced, AFAIK buatan pabrik biasanya lebih presisi. Tuned sampe 0.8bar potensi problemnya lebih gede, apalagi ini GE yang basis mesin lama. Sama-sama L15, tapi internals nya beda total antara L15A dan L15B7 di CiBo/CRVBo. Temen saya cuma ganti stang piston sih, lain-lainnya stock... conrod std L15A diboost 0.4 aja bengkok.

Sy cari issues di mesin turbo Honda tentang oli / mesin sih banyakan di CR-V entah spek mana... oil dilution... di Civicnya issue engine sedikit sekali. Aneh... :e-think:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1299
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by mr_mytplx »

ChZ wrote: Mon May 07, 2018 2:48
mr_mytplx wrote: Mon May 07, 2018 2:36
ChZ wrote: Mon May 07, 2018 2:13 Kemaren sempet ada postingan dari instagram Civic Turbonesia mengenai ini... intinya mereka tetap menganjurkan untuk ikuti anjuran dealer saja (per 6 bulan / 10.000 KM), toh garansi gak hangus... tapi klo mau lebih cepet ya monggo...

Civic ane lebih cepet kok, 900 KM udah ganti oli... wong 6 bulan gak pernah jalan :ngacir: tp karena uda 6 bulan ya udah ganti aja... gak dosa kok.

Abis itu ngobrol sama user GE8 AT boost 0.8 bar dipake daily... dia bilang "ah GE8 gua dah spek begitu aja ganti oli tetep di 5k dan aman-aman aja, nonsense lah 2000 km sekali kudu ganti, emangnye Lambo?"

CiBo sama CRVBo mah speknya gak ada apa-apanya dibanding GE8 dia ... :mky_07: orang sinting emang
bukan masalah spek nya mod, tp build quality.

honda pasang ring piston aja masih sering salah.

:big_dunno: :big_dunno:
he ring piston apaan yang salah om ? Motor ?

IMHO, klo GE 0.8bar aja olinya kuat-kuat aja sampe 5k dipake harian gak masalah apalagi CiBo/CRVBo yang factory build dan mass-produced, AFAIK buatan pabrik biasanya lebih presisi. Tuned sampe 0.8bar potensi problemnya lebih gede, apalagi ini GE yang basis mesin lama. Sama-sama L15, tapi internals nya beda total antara L15A dan L15B7 di CiBo/CRVBo. Temen saya cuma ganti stang piston sih, lain-lainnya stock... conrod std L15A diboost 0.4 aja bengkok.

Sy cari issues di mesin turbo Honda tentang oli / mesin sih banyakan di CR-V entah spek mana... oil dilution... di Civicnya issue engine sedikit sekali. Aneh... :e-think:
itu lho mod yg di recall. konon pin nya kurang sip nguncinya sehingga memicu gesekan berlebih yg mengakibatkan overheat sampai kebakaran. :big_dunno:
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by Winz »

ChZ wrote: Mon May 07, 2018 2:48
mr_mytplx wrote: Mon May 07, 2018 2:36
ChZ wrote: Mon May 07, 2018 2:13 Kemaren sempet ada postingan dari instagram Civic Turbonesia mengenai ini... intinya mereka tetap menganjurkan untuk ikuti anjuran dealer saja (per 6 bulan / 10.000 KM), toh garansi gak hangus... tapi klo mau lebih cepet ya monggo...

Civic ane lebih cepet kok, 900 KM udah ganti oli... wong 6 bulan gak pernah jalan :ngacir: tp karena uda 6 bulan ya udah ganti aja... gak dosa kok.

Abis itu ngobrol sama user GE8 AT boost 0.8 bar dipake daily... dia bilang "ah GE8 gua dah spek begitu aja ganti oli tetep di 5k dan aman-aman aja, nonsense lah 2000 km sekali kudu ganti, emangnye Lambo?"

CiBo sama CRVBo mah speknya gak ada apa-apanya dibanding GE8 dia ... :mky_07: orang sinting emang
bukan masalah spek nya mod, tp build quality.

honda pasang ring piston aja masih sering salah.

:big_dunno: :big_dunno:
he ring piston apaan yang salah om ? Motor ?

IMHO, klo GE 0.8bar aja olinya kuat-kuat aja sampe 5k dipake harian gak masalah apalagi CiBo/CRVBo yang factory build dan mass-produced, AFAIK buatan pabrik biasanya lebih presisi. Tuned sampe 0.8bar potensi problemnya lebih gede, apalagi ini GE yang basis mesin lama. Sama-sama L15, tapi internals nya beda total antara L15A dan L15B7 di CiBo/CRVBo. Temen saya cuma ganti stang piston sih, lain-lainnya stock... conrod std L15A diboost 0.4 aja bengkok.

Sy cari issues di mesin turbo Honda tentang oli / mesin sih banyakan di CR-V entah spek mana... oil dilution... di Civicnya issue engine sedikit sekali. Aneh... :e-think:
karena yang Beli CRVBo jauh lebih banyak dari CiBo, jadi yang muncul ke permukaan ya CR-V, mod, cmiiw :mky_01:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by ChZ »


mr_mytplx wrote: itu lho mod yg di recall. konon pin nya kurang sip nguncinya sehingga memicu gesekan berlebih yg mengakibatkan overheat sampai kebakaran. :big_dunno:
Ha serius om? Yang mana yah ? Ada link beritanya?

Serem juga nih...
Winz wrote: karena yang Beli CRVBo jauh lebih banyak dari CiBo, jadi yang muncul ke permukaan ya CR-V, mod, cmiiw :mky_01:
Nope, itu website luar negeri...

Saya liatnya di carcomplaints.com bukan di kaskus atw some random users om...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1299
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by mr_mytplx »

ChZ wrote: Mon May 07, 2018 3:10
mr_mytplx wrote: itu lho mod yg di recall. konon pin nya kurang sip nguncinya sehingga memicu gesekan berlebih yg mengakibatkan overheat sampai kebakaran. :big_dunno:
Ha serius om? Yang mana yah ? Ada link beritanya?

Serem juga nih...
Winz wrote: karena yang Beli CRVBo jauh lebih banyak dari CiBo, jadi yang muncul ke permukaan ya CR-V, mod, cmiiw :mky_01:
Nope, itu website luar negeri...

Saya liatnya di carcomplaints.com bukan di kaskus atw some random users om...
Ini mod.

https://www.caranddriver.com/news/2016- ... lure-fires

tp setelah ane baca lebih teliti ternyata yg kena yg 2.0, yg 1.5 aman. :big_childish:

my bad mod. :big_peace:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by ChZ »

mr_mytplx wrote: Mon May 07, 2018 3:18
Ini mod.

https://www.caranddriver.com/news/2016- ... lure-fires

tp setelah ane baca lebih teliti ternyata yg kena yg 2.0, yg 1.5 aman. :big_childish:

my bad mod. :big_peace:
:mky_01: :mky_01: :mky_01: agak mirip sama nissan yang pasang shock absorber bisa kebalik... :big_slap:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: Sat May 17, 2014 23:11

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by andrijet »

ChZ wrote: Mon May 07, 2018 2:13 Kemaren sempet ada postingan dari instagram Civic Turbonesia mengenai ini... intinya mereka tetap menganjurkan untuk ikuti anjuran dealer saja (per 6 bulan / 10.000 KM), toh garansi gak hangus... tapi klo mau lebih cepet ya monggo...

Civic ane lebih cepet kok, 900 KM udah ganti oli... wong 6 bulan gak pernah jalan :ngacir: tp karena uda 6 bulan ya udah ganti aja... gak dosa kok.

Abis itu ngobrol sama user GE8 AT boost 0.8 bar dipake daily... dia bilang "ah GE8 gua dah spek begitu aja ganti oli tetep di 5k dan aman-aman aja, nonsense lah 2000 km sekali kudu ganti, emangnye Lambo?"

CiBo sama CRVBo mah speknya gak ada apa-apanya dibanding GE8 dia ... :mky_07: orang sinting emang
Gak menenangkan jawabannya.
Yang ngasih garansi kan HPM bukan Civic Turbonesia...
:mky_01:

Bandingin sama mobil lain yang turbonya modifan jg gak bs dijadiin acuan.
Ibarat bandingin istri sama istri tetangga yg udah operasi plastik, gak ada hubungannya, hehehe...
Ekspektasi kita tentu produk turbo pabrikan pasti bagus dan reliable, pst udah lulus rangkaian test.
Tp gak ada yg bisa jamin bebas cacat kan?
Itulah kenapa ada yg namanya recall di dunia ini.

Kasus Honda Turbo haus oli ini kan terjadi massal ya.
Bukan kasuistis, banyak yang ngalamin.
Sudah sewajarnya HPM even Honda Internasional yang ngeluarin rilis resmi untuk menjamin usernya.
Kl dibiarin gt doank, saya seh bener2 gak akan maen lagi ke dealer mobil Honda...
:big_peace:

Penasaran aja gmn nasib engine Turbo Honda setelah bbrp taun kl diservis per 10.000km/6bln.
Hanya waktu yg bisa menjawab...
:big_grin:

BTW,
Mobil free service and sparepart = servis per 12 bln.
Mobil bayar service and sparepart = servis per 6 bln.
:wkkk:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by ChZ »

andrijet wrote: Mon May 07, 2018 3:48
Gak menenangkan jawabannya.
Yang ngasih garansi kan HPM bukan Civic Turbonesia...
:mky_01:

Bandingin sama mobil lain yang turbonya modifan jg gak bs dijadiin acuan.
Ibarat bandingin istri sama istri tetangga yg udah operasi plastik, gak ada hubungannya, hehehe...
Ekspektasi kita tentu produk turbo pabrikan pasti bagus dan reliable, pst udah lulus rangkaian test.
Tp gak ada yg bisa jamin bebas cacat kan?
Itulah kenapa ada yg namanya recall di dunia ini.

Kasus Honda Turbo haus oli ini kan terjadi massal ya.
Bukan kasuistis, banyak yang ngalamin.
Sudah sewajarnya HPM even Honda Internasional yang ngeluarin rilis resmi untuk menjamin usernya.
Kl dibiarin gt doank, saya seh bener2 gak akan maen lagi ke dealer mobil Honda...
:big_peace:

Penasaran aja gmn nasib engine Turbo Honda setelah bbrp taun kl diservis per 10.000km/6bln.
Hanya waktu yg bisa menjawab...
:big_grin:

BTW,
Mobil free service and sparepart = servis per 12 bln.
Mobil bayar service and sparepart = servis per 6 bln.
:wkkk:
Ya gmn, gak ada tanggapan dari HPM mosok gak boleh nanya sesama user ? Sesama user kan lebih valid, untuk ngeliat mereka selama ini kebiasaannya gmn : ikut indikator oli atau service manual book ?

IMHO, ini jawaban lebih ke "apakah kalo dicuekin gugurin garansi" dan jawabannya sesuai di buku servis dan buku manual... ngikut interval servis biasa.

Temen saya juga cm mythbusting yang bilang engine turbo nggak awet atau makan oli / hrs ganti oli tiap 2000 km... wicis not true (ya memang not true, merek lain pun ganti oli normal-normal saja...).

Pertanyaannya ada berapa user yang ngalamin gini (ganti oli per 2000 km) ? Driving condition gimana ? Oli yang dipake apa ? Selama ganti oli ngikut jadwal yang mana ? Klo ada statistik akan lebih gampang untuk conclude drpd debat kusir berasumsi ga jelas.

Masalahnya dari dulu sy nanya sejak kasus overheating "ada brp unit yang kena" malah dibilang offending ke TSnya lah, ngebela HPM lah... :mky_05:

Saya nanya ke user Civic di luar negeri bilangnya memang varying sesuai kondisi pengendaraan... dan kalo mereka biasa ngikutin "maintenance minder" nya, dia malah bingung di Indo dan Malay kok ada jadwal berkalanya, ujungnya bilang "apapun yang gak gugurin warranty lo itu yang lo ikutin".

Image

Eniwei nanti jawaban HPM pasti nggak memuaskan kok, tenang aja... kapan jawaban khas PR ATPM Indonesia bisa memuaskan... sukur-sukur dijawab user "perlu diedukasi"...

Sebenernya kalo CR-V Turbo emang lagi saya hindari untuk rekomen ke orang atau beli... tapi lebih ke kasus tombol tuas patah yang lumayan masif.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1112
Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by IGedeAmat »

ChZ wrote: Mon May 07, 2018 3:36
:mky_01: :mky_01: :mky_01: agak mirip sama nissan yang pasang shock absorber bisa kebalik... :big_slap:
Heh... ??
Mantan montir motor kali,
kalo motor kan emang ada shock upside down..

:mky_07:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by ChZ »

IGedeAmat wrote: Mon May 07, 2018 4:12
ChZ wrote: Mon May 07, 2018 3:36
:mky_01: :mky_01: :mky_01: agak mirip sama nissan yang pasang shock absorber bisa kebalik... :big_slap:
Heh... ??
Mantan montir motor kali,
kalo motor kan emang ada shock upside down..

:mky_07:
Sempat rame dulu di X-Trail T32 batch pertama klo gak salah. Lucu aja sih dengernya :mky_01:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: Sat May 17, 2014 23:11

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by andrijet »

ChZ wrote: Mon May 07, 2018 4:09
andrijet wrote: Mon May 07, 2018 3:48
Gak menenangkan jawabannya.
Yang ngasih garansi kan HPM bukan Civic Turbonesia...
:mky_01:

Bandingin sama mobil lain yang turbonya modifan jg gak bs dijadiin acuan.
Ibarat bandingin istri sama istri tetangga yg udah operasi plastik, gak ada hubungannya, hehehe...
Ekspektasi kita tentu produk turbo pabrikan pasti bagus dan reliable, pst udah lulus rangkaian test.
Tp gak ada yg bisa jamin bebas cacat kan?
Itulah kenapa ada yg namanya recall di dunia ini.

Kasus Honda Turbo haus oli ini kan terjadi massal ya.
Bukan kasuistis, banyak yang ngalamin.
Sudah sewajarnya HPM even Honda Internasional yang ngeluarin rilis resmi untuk menjamin usernya.
Kl dibiarin gt doank, saya seh bener2 gak akan maen lagi ke dealer mobil Honda...
:big_peace:

Penasaran aja gmn nasib engine Turbo Honda setelah bbrp taun kl diservis per 10.000km/6bln.
Hanya waktu yg bisa menjawab...
:big_grin:

BTW,
Mobil free service and sparepart = servis per 12 bln.
Mobil bayar service and sparepart = servis per 6 bln.
:wkkk:
Ya gmn, gak ada tanggapan dari HPM mosok gak boleh nanya sesama user ? Sesama user kan lebih valid, untuk ngeliat mereka selama ini kebiasaannya gmn : ikut indikator oli atau service manual book ?

IMHO, ini jawaban lebih ke "apakah kalo dicuekin gugurin garansi" dan jawabannya sesuai di buku servis dan buku manual... ngikut interval servis biasa.

Temen saya juga cm mythbusting yang bilang engine turbo nggak awet atau makan oli / hrs ganti oli tiap 2000 km... wicis not true (ya memang not true, merek lain pun ganti oli normal-normal saja...).

Pertanyaannya ada berapa user yang ngalamin gini (ganti oli per 2000 km) ? Driving condition gimana ? Oli yang dipake apa ? Selama ganti oli ngikut jadwal yang mana ? Klo ada statistik akan lebih gampang untuk conclude drpd debat kusir berasumsi ga jelas.

Masalahnya dari dulu sy nanya sejak kasus overheating "ada brp unit yang kena" malah dibilang offending ke TSnya lah, ngebela HPM lah... :mky_05:

Saya nanya ke user Civic di luar negeri bilangnya memang varying sesuai kondisi pengendaraan... dan kalo mereka biasa ngikutin "maintenance minder" nya, dia malah bingung di Indo dan Malay kok ada jadwal berkalanya, ujungnya bilang "apapun yang gak gugurin warranty lo itu yang lo ikutin".

Image

Eniwei nanti jawaban HPM pasti nggak memuaskan kok, tenang aja... kapan jawaban khas PR ATPM Indonesia bisa memuaskan... sukur-sukur dijawab user "perlu diedukasi"...

Sebenernya kalo CR-V Turbo emang lagi saya hindari untuk rekomen ke orang atau beli... tapi lebih ke kasus tombol tuas patah yang lumayan masif.
Pengamatan sekilas:
Patokan ganti oli zaman now 10.000km.
Di luar negeri yg trafficnya lebih bagus range 5.000-10.000km.
Di tanah air yg trafficnya jelek range 2.000-5.000km.
Kl mikir simplenya seh udah bs menyimpulkan ‘engine Turbo Honda gak cocok sama kondisi lalu lintas Indonesia’ kecuali siap ganti oli sering2.

IMHO, ini jadi failed engineering terparah kedua setelah airbag Takata.
:big_childish:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5703
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by sintoni »

Ikut buku servis aja, kalo misal jebol tinggal minta baru sama HPM.

Hahaha.
osbertc0ol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by osbertc0ol »

sintoni wrote: Mon May 07, 2018 5:44 Ikut buku servis aja, kalo misal jebol tinggal minta baru sama HPM.

Hahaha.
Kalo jebolnya pas masih garansi sih oke om, kalo udah lewat garansi sih nyesek :frm_bang_head:

Gw aja sebenernya ga pengen pake Oli OEM, pingin pake amsoil sebenernya.
Tapi nanti kalo ga pake OEM honda garansi mesin dianggap gugur kan rese.
Jadi plan skrg sih per 5k aja lah, 5000km ganti sendiri, 10rb km ganti di honda, 15k ganti sendiri dst.
User avatar
808BB
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 152
Joined: Fri Apr 11, 2014 9:53
Location: Padang, West Sumatera
Daily Vehicle: KE5FW ANH30 FJA300

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by 808BB »

andrijet wrote: Mon May 07, 2018 3:48
ChZ wrote: Mon May 07, 2018 2:13 Kemaren sempet ada postingan dari instagram Civic Turbonesia mengenai ini... intinya mereka tetap menganjurkan untuk ikuti anjuran dealer saja (per 6 bulan / 10.000 KM), toh garansi gak hangus... tapi klo mau lebih cepet ya monggo...

Civic ane lebih cepet kok, 900 KM udah ganti oli... wong 6 bulan gak pernah jalan :ngacir: tp karena uda 6 bulan ya udah ganti aja... gak dosa kok.

Abis itu ngobrol sama user GE8 AT boost 0.8 bar dipake daily... dia bilang "ah GE8 gua dah spek begitu aja ganti oli tetep di 5k dan aman-aman aja, nonsense lah 2000 km sekali kudu ganti, emangnye Lambo?"

CiBo sama CRVBo mah speknya gak ada apa-apanya dibanding GE8 dia ... :mky_07: orang sinting emang
Gak menenangkan jawabannya.
Yang ngasih garansi kan HPM bukan Civic Turbonesia...
:mky_01:

Bandingin sama mobil lain yang turbonya modifan jg gak bs dijadiin acuan.
Ibarat bandingin istri sama istri tetangga yg udah operasi plastik, gak ada hubungannya, hehehe...
Ekspektasi kita tentu produk turbo pabrikan pasti bagus dan reliable, pst udah lulus rangkaian test.
Tp gak ada yg bisa jamin bebas cacat kan?
Itulah kenapa ada yg namanya recall di dunia ini.

Kasus Honda Turbo haus oli ini kan terjadi massal ya.
Bukan kasuistis, banyak yang ngalamin.
Sudah sewajarnya HPM even Honda Internasional yang ngeluarin rilis resmi untuk menjamin usernya.
Kl dibiarin gt doank, saya seh bener2 gak akan maen lagi ke dealer mobil Honda...
:big_peace:

Penasaran aja gmn nasib engine Turbo Honda setelah bbrp taun kl diservis per 10.000km/6bln.
Hanya waktu yg bisa menjawab...
:big_grin:

BTW,
Mobil free service and sparepart = servis per 12 bln.
Mobil bayar service and sparepart = servis per 6 bln.
:wkkk:
Bener banget yang free service dan spare part 1 tahun sekali
Haha

Kalo menurut saya kalo mobil udah ada reminder buat service ya memang udah saat nya service.
Masa iya mau alasan belum 5000 atau 10000
Percuma dong udah dikasih teknologi reminder. Walopun ada beberapa manufaktur yang kasih reminder berdasarkan km saja. Atau yang menggunakan alogoritma alias bisa baca Sesuai kondisi
Kecuali mobil nya belum ada ya silahkan aja.
Kalo case nya mobil jarang jalan ya. Boleh aja make bulan.
GGL15 Obsidian
F30 Havana
KE5FW Soul red
ANH30 White pearl
J300 Precious white
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by Winz »

ChZ wrote: Mon May 07, 2018 3:10
mr_mytplx wrote: itu lho mod yg di recall. konon pin nya kurang sip nguncinya sehingga memicu gesekan berlebih yg mengakibatkan overheat sampai kebakaran. :big_dunno:
Ha serius om? Yang mana yah ? Ada link beritanya?

Serem juga nih...
Winz wrote: karena yang Beli CRVBo jauh lebih banyak dari CiBo, jadi yang muncul ke permukaan ya CR-V, mod, cmiiw :mky_01:
Nope, itu website luar negeri...

Saya liatnya di carcomplaints.com bukan di kaskus atw some random users om...
apa gara2 settingan mesin'nya dibikin menghasilkan power dan torsi lebih besar?

Sumber : https://www.carmudi.co.id/journal/maksi ... r-v-turbo/

“Detailnya seperti ini, mesin Turbo pada All New Honda CR-V dijejali komponen baru untuk mendukung kinerja mesin. Salah satunya adalah adopsi piston Honda Civic Type R dan komponen turbo 9 fin, sehingga mampu meningkatkan jumlah pasokan udara yang dibutuhkan mesin saat proses pembakaran,” jelas Hirano, Jumat (28/4) di booth Honda IIMS 2017.

Struktur turbo ini beda dengan yang digunakan Honda Civic dengan fin turbo 11 diturunkan menjadi 9 fin.


wah, susah juga klo kaya gini, padahal harus'nya kan malah lebih baik ya, malah jadi lebih buruk
andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: Sat May 17, 2014 23:11

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by andrijet »

sintoni wrote: Mon May 07, 2018 5:44 Ikut buku servis aja, kalo misal jebol tinggal minta baru sama HPM.

Hahaha.
Gak minta juga udah diganti diem2 enginenya sama HPM kyk kasus yg viral itu...
:big_peace:

Jebol dan minta baru itu gak seindah nulis komen di forum.
Kebayang dramanya.
Debat sm pihak bengkel.
Dipingpong sana sini.
Bolak balik bengkel.
Buang2 waktu dan tenaga.
:mky_03:
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 808
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by mobilover »

andrijet wrote: Mon May 07, 2018 6:29
sintoni wrote: Mon May 07, 2018 5:44 Ikut buku servis aja, kalo misal jebol tinggal minta baru sama HPM.

Hahaha.
Gak minta juga udah diganti diem2 enginenya sama HPM kyk kasus yg viral itu...
:big_peace:

Jebol dan minta baru itu gak seindah nulis komen di forum.
Kebayang dramanya.
Debat sm pihak bengkel.
Dipingpong sana sini.
Bolak balik bengkel.
Buang2 waktu dan tenaga.
:mky_03:
Setuju. Drama ganti mesin itu gak segampang ganti oli. Pusing 7 keliling bisa bikin mau segera jual mobilnya begitu kelar urusan. Bagaimanapun jg ganti mesin oleh ATPM di sini gak sesimple itu urusannya biarpun ada cover dr garansi.

Paling enak mmg innova d4d lah. Isi oli sesuka hati pemilik mobil ttp ngacir terus biar bensinnya boros abis hahaha
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by ChZ »

808BB wrote: Mon May 07, 2018 6:07
Bener banget yang free service dan spare part 1 tahun sekali
Haha

Kalo menurut saya kalo mobil udah ada reminder buat service ya memang udah saat nya service.
Masa iya mau alasan belum 5000 atau 10000
Percuma dong udah dikasih teknologi reminder. Walopun ada beberapa manufaktur yang kasih reminder berdasarkan km saja. Atau yang menggunakan alogoritma alias bisa baca Sesuai kondisi
Kecuali mobil nya belum ada ya silahkan aja.
Kalo case nya mobil jarang jalan ya. Boleh aja make bulan.
dulu di otlendir lebih parah remindernya tiap 3 bulan sekali... ngeselin banget :e-wall: dimatiin aja akhirnya. Bukunya 6 bulan sekali kok ini per 3 bulan remindernya. Bokap dah kayak orang panik kalo remindernya nyala, ampe bingung prasaan barusan serpis kok minta serpis lagi.

gw seh seringnya mobil bulannya lebih cepet jalan daripada kilometernya. :ngacir: di oil life indicator gw normal, gak se-ekstrem 2000 KM sekali tapi semacet-macetnya ya gak segitunya juga ya... IMHO.
osbertc0ol wrote: Mon May 07, 2018 5:49 Kalo jebolnya pas masih garansi sih oke om, kalo udah lewat garansi sih nyesek :frm_bang_head:

Gw aja sebenernya ga pengen pake Oli OEM, pingin pake amsoil sebenernya.
Tapi nanti kalo ga pake OEM honda garansi mesin dianggap gugur kan rese.
Jadi plan skrg sih per 5k aja lah, 5000km ganti sendiri, 10rb km ganti di honda, 15k ganti sendiri dst.
Which yang janggal di video om mobi adalah si honda malah menyarankan pake oli sh*ll dan bukan oli oem :mky_05:

Sebenernya saya juga sempet mikir sih ni beneran spek oli turbo ma N/A disamain... oli Honda dipake di RE dan RM yang N/A aja berasa 5ribu dah kudu ganti...
Winz wrote: Mon May 07, 2018 6:15
apa gara2 settingan mesin'nya dibikin menghasilkan power dan torsi lebih besar?

Sumber : https://www.carmudi.co.id/journal/maksi ... r-v-turbo/

“Detailnya seperti ini, mesin Turbo pada All New Honda CR-V dijejali komponen baru untuk mendukung kinerja mesin. Salah satunya adalah adopsi piston Honda Civic Type R dan komponen turbo 9 fin, sehingga mampu meningkatkan jumlah pasokan udara yang dibutuhkan mesin saat proses pembakaran,” jelas Hirano, Jumat (28/4) di booth Honda IIMS 2017.

Struktur turbo ini beda dengan yang digunakan Honda Civic dengan fin turbo 11 diturunkan menjadi 9 fin.


wah, susah juga klo kaya gini, padahal harus'nya kan malah lebih baik ya, malah jadi lebih buruk
Problemnya bukan masalah turbonya om... masalah paling akut di CR-V Turbo itu oil dilution atau oli bercampur dengan bensin... jadi pengguna CR-V turbo baiknya cek dipstick karena gejalanya tiba-tiba dicek di dipstick volume oli bisa tambah banyak.

Sedihnya HPM nggak transparan soal problem-problem begini. memang repot merek mainstream jualan mobil canggih... saya kemaren ke H italic ngurusin santafe baru dapet orang beresnya berasa lbh pinter daripada H bold...

Mungkin baiknya beli mobil canggih beli merek eropa atau non-mainstream aja kali ya. Pembeli yang berani ngambil merek non-mainstream kan biasanya juga lebih "well-educated" a.k.a ngerti mobil... Salesperson dan staff bengkelnya juga lebih intelek.

Contoh waktu nyoba Mazda3, spv mazda yang ketemu saya bilang "mas itu Mazda3 mintanya pertaTurbo loh, liat aja fueltank nya" eh beneran liat fueltank tulisan RON95 minimum...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: Sat May 17, 2014 23:11

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by andrijet »

mobilover wrote: Mon May 07, 2018 7:24
andrijet wrote: Mon May 07, 2018 6:29
sintoni wrote: Mon May 07, 2018 5:44 Ikut buku servis aja, kalo misal jebol tinggal minta baru sama HPM.

Hahaha.
Gak minta juga udah diganti diem2 enginenya sama HPM kyk kasus yg viral itu...
:big_peace:

Jebol dan minta baru itu gak seindah nulis komen di forum.
Kebayang dramanya.
Debat sm pihak bengkel.
Dipingpong sana sini.
Bolak balik bengkel.
Buang2 waktu dan tenaga.
:mky_03:
Setuju. Drama ganti mesin itu gak segampang ganti oli. Pusing 7 keliling bisa bikin mau segera jual mobilnya begitu kelar urusan. Bagaimanapun jg ganti mesin oleh ATPM di sini gak sesimple itu urusannya biarpun ada cover dr garansi.

Paling enak mmg innova d4d lah. Isi oli sesuka hati pemilik mobil ttp ngacir terus biar bensinnya boros abis hahaha
Belum nunggu sparepartnya dateng entah brp purnama.
Masang engine dan cocokin sama ECUnya.
Trus urus surat-surat kl sampe ganti engine.
Kadang tetep keluar duit jg buat ‘uang jajan’ montirnya.
Kluar bengkel gak jaminan engine warning gak akan ada yg nyala yak.
Ttp was2 pastinya untuk bbrp lama.
Ini cuma nulis doank udah stress duluan saya...
:mky_01: