Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
808BB
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 152
Joined: Fri Apr 11, 2014 9:53
Location: Padang, West Sumatera
Daily Vehicle: KE5FW ANH30 FJA300

Re: Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil

Post by 808BB »

Contoh size yang diturunkan
Bawaan nya 19
Ini pakai ukuran 18
Image

Mobil jadi lebih empuk dari bawaan :big_peace:
GGL15 Obsidian
F30 Havana
KE5FW Soul red
ANH30 White pearl
J300 Precious white
feri307
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Sat Sep 01, 2018 12:23
Location: Padang
Daily Vehicle: Honda Brio

Re: Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil

Post by feri307 »

aabx wrote: Fri Aug 17, 2018 6:08 ...

Kalo di saya kasusnya bukan diameter velg, tapi overall diameter ban dikecilin dari 195 60 15 ke 195 55. Alasannya karena profil 60 sangat gak sporty hehe. Ini pernah ada yang ulas juga kalau ban profil 45-55 paling optimal untuk handling. Profil 195 55 juga lebih banyak pilihan ban bagus daripada 195 60.

...
Saya ngalamin sebaliknya om, susah cari ban R15 dengan ukuran 195/55. Yg banyak justru 195/60 (katanya karena banyak pabrikan pake ukuran ini untuk ban OEM-nya). Ukuran lain yang gampang dicari untuk R15 ya 195/50. Saya jg lagi mikir2 ni, mau maksa cari 195/55 atau paksa aja pasang 195/60 di brio saya. Risiko pake profil 60, ada kemungkinan gasruk ke fender kalo kena ayunan suspensi yg banyak. Risiko kedua, "tipuan" speedo dan odo. Mungkin bisa sharing pengalamannya yg pernah upsize/downsize profil ban.
feri307
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Sat Sep 01, 2018 12:23
Location: Padang
Daily Vehicle: Honda Brio

Re: Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil

Post by feri307 »

808BB wrote: Fri Aug 17, 2018 8:14 Contoh size yang diturunkan
Bawaan nya 19
Ini pakai ukuran 18

Mobil jadi lebih empuk dari bawaan :big_peace:
Overall Diameter (OD) gimana om? Tetap, berkurang atau malah nambah ini?
User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil

Post by vulvy8858 »

feri307 wrote: Sun Sep 02, 2018 11:27 Saya ngalamin sebaliknya om, susah cari ban R15 dengan ukuran 195/55. Yg banyak justru 195/60 (katanya karena banyak pabrikan pake ukuran ini untuk ban OEM-nya). Ukuran lain yang gampang dicari untuk R15 ya 195/50. Saya jg lagi mikir2 ni, mau maksa cari 195/55 atau paksa aja pasang 195/60 di brio saya. Risiko pake profil 60, ada kemungkinan gasruk ke fender kalo kena ayunan suspensi yg banyak. Risiko kedua, "tipuan" speedo dan odo. Mungkin bisa sharing pengalamannya yg pernah upsize/downsize profil ban.
pengalaman maksain pasang Champiro Eco 195/60-15 OEM nya Wuling Confero S di Brio, pelek si Brio pake Jazz VTEC lawas, saya lupa lebarnya 5 inch atau 5.5 inch, muat, fits perfectly, pas belok2 patah juga fender ga gasruk, diisi 4 orang, +/- total 300 kg, masi aman aman aja, ban belakangnya ga gasruk fender. ekstrimnya, saya pasang kepet rally di ban sebesar itu pun ga gesrot ke kepetnya pas diisi 4 orang.

gasruk cuma terjadi pas hard braking pas lagi belok ke salah satu sisi, baik kiri maupun kanan, hard braking di turunan panjang pas diisi 4 orang, dan pas menghajar polisi tidur dengan muatan diatas 2 orang.

tipuan speedo dan odo, ini yang lumayan.

as we know, Brio dilimit di 145 kpj
pas masi standard, ban 175/65-14, 145 kpj on speedo kebaca 138 kpj on Ullyssee Speedometer, fuel cons bisa 1:22-23.
sekarang pake ban 195/60-15, 145 kpj on speedo kebaca 148 kpj on Ullyssee Speedometer, fuel cons mentok tok tok di 1:17.

sekarang lari 120 kpj uda berasa kenceng bener. geter si kagak, goyang kagak, melayang juga enggak, stabil stabil aja.
cuma 120 pas pake ban standar sama ban yang sekarang beda bener berasa kencengya.

sekarang saya ganti oli uda itungan maksimal 4 bulan sekali ganti, maks 3500 km on odometernya. soalnya sebulan kalo menurut bacaan speedo yang baru, ga ampe 1000 km ni mobil naiknya.
ganti oli matic 3 liter tiap 4x ganti oli mesin.
soalnya saya uda ga tau ini mobil naik kilometernya seberapa kalo dicompare ke bacaan speedo aselinya wakakakakakak.
Daily Warrior:
MAGH10 / Black / Hybrid / CVT-e / 2023
GUN140 / Black / Diesel / 6AT / 2016

two-wheeler:
KR150P-SE / White / 2012
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
feri307
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Sat Sep 01, 2018 12:23
Location: Padang
Daily Vehicle: Honda Brio

Re: Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil

Post by feri307 »

vulvy8858 wrote: Mon Sep 03, 2018 8:36 pengalaman maksain pasang Champiro Eco 195/60-15 OEM nya Wuling Confero S di Brio, pelek si Brio pake Jazz VTEC lawas, saya lupa lebarnya 5 inch atau 5.5 inch, muat, fits perfectly, pas belok2 patah juga fender ga gasruk, diisi 4 orang, +/- total 300 kg, masi aman aman aja, ban belakangnya ga gasruk fender. ekstrimnya, saya pasang kepet rally di ban sebesar itu pun ga gesrot ke kepetnya pas diisi 4 orang.

gasruk cuma terjadi pas hard braking pas lagi belok ke salah satu sisi, baik kiri maupun kanan, hard braking di turunan panjang pas diisi 4 orang, dan pas menghajar polisi tidur dengan muatan diatas 2 orang.

tipuan speedo dan odo, ini yang lumayan.

as we know, Brio dilimit di 145 kpj
pas masi standard, ban 175/65-14, 145 kpj on speedo kebaca 138 kpj on Ullyssee Speedometer, fuel cons bisa 1:22-23.
sekarang pake ban 195/60-15, 145 kpj on speedo kebaca 148 kpj on Ullyssee Speedometer, fuel cons mentok tok tok di 1:17.

sekarang lari 120 kpj uda berasa kenceng bener. geter si kagak, goyang kagak, melayang juga enggak, stabil stabil aja.
cuma 120 pas pake ban standar sama ban yang sekarang beda bener berasa kencengya.

sekarang saya ganti oli uda itungan maksimal 4 bulan sekali ganti, maks 3500 km on odometernya. soalnya sebulan kalo menurut bacaan speedo yang baru, ga ampe 1000 km ni mobil naiknya.
ganti oli matic 3 liter tiap 4x ganti oli mesin.
soalnya saya uda ga tau ini mobil naik kilometernya seberapa kalo dicompare ke bacaan speedo aselinya wakakakakakak.
Wah, makasih banyak infonya om. Itu kondisi suspensi standar ya? Kalo standar, berarti saya maksimal di profil 55 ni. Karena ada rencana ganti pake coilover.
User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: Logika Dari Mengganti Diameter Mobil Ke Ukuran Lebih Kecil

Post by vulvy8858 »

feri307 wrote: Mon Sep 03, 2018 10:09 Wah, makasih banyak infonya om. Itu kondisi suspensi standar ya? Kalo standar, berarti saya maksimal di profil 55 ni. Karena ada rencana ganti pake coilover.
standard se standard standard nya om.
Daily Warrior:
MAGH10 / Black / Hybrid / CVT-e / 2023
GUN140 / Black / Diesel / 6AT / 2016

two-wheeler:
KR150P-SE / White / 2012
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007