Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

Post Reply
Tampanman
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 131
Joined: 31 Dec 2018, 19:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda2 yaris

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Tampanman » 16 Jan 2019, 20:15

iroedii5 wrote:
16 Jan 2019, 17:19
rajapb wrote:mitos atau fakta, setir EPS pasti feedback nya selalu lebih jelek daripada setir hydraulic?
Nambahin pertanyaan mitos atau fakta:
Setir EPS lbh cpt rusak drpd setir Hydraulic?
Nambahin, yang EPS apa selalu lebih ringan dari hydraulic?

bismo16
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 85
Joined: 05 Jan 2018, 19:35

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by bismo16 » 17 Jan 2019, 00:52

Tampanman wrote:
iroedii5 wrote:
16 Jan 2019, 17:19
rajapb wrote:mitos atau fakta, setir EPS pasti feedback nya selalu lebih jelek daripada setir hydraulic?
Nambahin pertanyaan mitos atau fakta:
Setir EPS lbh cpt rusak drpd setir Hydraulic?
Nambahin, yang EPS apa selalu lebih ringan dari hydraulic?
Ndak selalu, tergantung setingan EPS nya. Coba nyetir SX4 gen 1 (x over / x road / neo baleno). Setirnya berat, lebih berat dari PS hidrolik

IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 834
Joined: 15 Mar 2017, 16:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by IGedeAmat » 17 Jan 2019, 07:58

coklatMetalik wrote:
16 Jan 2019, 16:03
supriyadi wrote:
16 Jan 2019, 16:01
IGedeAmat wrote:
16 Jan 2019, 14:55


Mitos apa fakta, katanya kalo pake Go Pay ada harga promo.. ?
eh.. lagi ngomongin apa seh.. ?
Ngomongin yang 80 juta tuh Om....
Klo 80 jt dibayar pk gopay diskon brp tuh?
pake go pay dapet 1 kupon om, kumpulin 10 kupon dapet free 1 kali...
(kok kayak car wash ya...)

iwing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1136
Joined: 23 Feb 2016, 09:09

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by iwing » 17 Jan 2019, 13:51

bismo16 wrote:
17 Jan 2019, 00:52
Tampanman wrote:
iroedii5 wrote:
16 Jan 2019, 17:19
Nambahin pertanyaan mitos atau fakta:
Setir EPS lbh cpt rusak drpd setir Hydraulic?
Nambahin, yang EPS apa selalu lebih ringan dari hydraulic?
Ndak selalu, tergantung setingan EPS nya. Coba nyetir SX4 gen 1 (x over / x road / neo baleno). Setirnya berat, lebih berat dari PS hidrolik
betul sx4 x-over lumayan mantep setir nya padahal eps

ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 3420
Joined: 08 Dec 2013, 23:05

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by ginting » 18 Jan 2019, 15:06

erwinign wrote:
16 Jan 2019, 14:32
newcity_vtec wrote:
16 Jan 2019, 12:20
Mitos atau fakta, kalau mesin sudah berumur harus pakai yg lebih kental, misal dr pabrikan menurut buku manual 5-30, karena sdh berumur harus pakai 10 atau 15.
Mitos om, saya pake mobil umur 12th dr baru pake 5w-30 sampe hr ini ndak ada masalah. Tokcer terus. Tapi sy butuh penjelasan detail juga ini, penasaran
Penjelasannya gini.
Ketika mobil masih baru, maka clearance antar moving parts itu masih rapet...lama lama kelamaan seiring usia, maka makin longgar.
kalau masih rapat, maka oli encer gampang masuk ke celak celahnya...
kalau oli kental maka susah masuk ke celah celah

kalau sudah berumur maka sudah makin lebar gap, clearance partsnya...sehingga suara juga makin kasar.
kalau dikasih oli encer maka suara masih kasar
kalau dikasih oli kentel maka suara makin senyap. (makanya banyak pedagang nakal kasih oli kentel ke mobil mereka supaya kesannya suara mesin halus).
kalau clearance sudah longgar maka oli yg kental bisa jadi kayak bantalan untuk mengurangi gesekan..


#demikian-analisa-sotoy-dari-nubie

User avatar
Pugman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1178
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Pugman » 18 Jan 2019, 22:47

ginting wrote:
18 Jan 2019, 15:06
erwinign wrote:
16 Jan 2019, 14:32
newcity_vtec wrote:
16 Jan 2019, 12:20
Mitos atau fakta, kalau mesin sudah berumur harus pakai yg lebih kental, misal dr pabrikan menurut buku manual 5-30, karena sdh berumur harus pakai 10 atau 15.
Mitos om, saya pake mobil umur 12th dr baru pake 5w-30 sampe hr ini ndak ada masalah. Tokcer terus. Tapi sy butuh penjelasan detail juga ini, penasaran
Penjelasannya gini.
Ketika mobil masih baru, maka clearance antar moving parts itu masih rapet...lama lama kelamaan seiring usia, maka makin longgar.
kalau masih rapat, maka oli encer gampang masuk ke celak celahnya...
kalau oli kental maka susah masuk ke celah celah

kalau sudah berumur maka sudah makin lebar gap, clearance partsnya...sehingga suara juga makin kasar.
kalau dikasih oli encer maka suara masih kasar
kalau dikasih oli kentel maka suara makin senyap. (makanya banyak pedagang nakal kasih oli kentel ke mobil mereka supaya kesannya suara mesin halus).
kalau clearance sudah longgar maka oli yg kental bisa jadi kayak bantalan untuk mengurangi gesekan..


#demikian-analisa-sotoy-dari-nubie
👍
:big_exellent:
Ilmu Suhu akhirnya keluar juga mantap Om..
:mky_02:

htk
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: 26 Jun 2018, 11:56

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by htk » 19 Jan 2019, 08:57

Mitos atau fakta, kalau kita mau buka pintu dari dalam mobil yang masih terkunci, kalo kita tarik sendiri tuas pembuka nya selain pintu driver, katanya bikin rusak ?
jadi katanya musti di buka dari sentral lock driver

User avatar
geofreyap
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1321
Joined: 01 Oct 2015, 08:05

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by geofreyap » 19 Jan 2019, 21:26

htk wrote:
19 Jan 2019, 08:57
Mitos atau fakta, kalau kita mau buka pintu dari dalam mobil yang masih terkunci, kalo kita tarik sendiri tuas pembuka nya selain pintu driver, katanya bikin rusak ?
jadi katanya musti di buka dari sentral lock driver
Mitos.
Central lock dibuat sama halnya seperti power window, dimana dari sisi driver bisa kontrol semua pintu tanpa harus geser pantat.
PLAZATOYOTA
GADING SERPONG

Geofrey Adrian
+62852-10000-990
[email protected]

Image
LET'S GO BEYOND !

User avatar
ders
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: 23 Aug 2018, 12:18

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by ders » 20 Jan 2019, 12:30

mitos atau fakta ya..

1. di mesin diesel.. klo terbiasa isi solar saat level indikator nya kurang dr seperempat, maka akan terjadi "masuk angin" pada sistim suplai bahan bakar

2. titik tengah dasboard (segaris lurus kebawah dr spion tengah) bisa digunakan sebagai acuan saat berkendara.. apakah kedua ban di bagian kiri sudah menyentuh tepi luar aspal (mepet trotoar) atau belum.
Hanya utk kondisi jalan datar dan lurus.

3. saat berkendara malam hari - dini hari terutama di wilayah sepanjang jateng jatim dst.. driver akan cenderung mengekor mobil didepannya.. saat kecepatan rendah maupun tinggi.. dan tidak akan pernah nyalip terkecuali kita berhenti... saat kita melakukan hal yg sama.. ngikutin atau mengekor mereka.. mereka pun juga akan paham dan menjalankan mobilnya sesuai kebutuhan cepat atau lambat... Hal tersebut dilakukan untuk menambah adrenalin dan bisa menjadi teman di perjalanan ben ora ngantuk.. diakhiri dengan 1-2x bunyi klakson sbg tanda salam apabila salah satu mobil berhenti.

sukerdan02
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: 20 Jul 2017, 11:19
Location: Semarang
Daily Vehicle: Trooper

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by sukerdan02 » 24 Jan 2019, 13:36

ders wrote:
20 Jan 2019, 12:30
mitos atau fakta ya..

1. di mesin diesel.. klo terbiasa isi solar saat level indikator nya kurang dr seperempat, maka akan terjadi "masuk angin" pada sistim suplai bahan bakar

MITOS.. selama kondisi saluran bahan bakar semua masih vacuum, mau isi solar sampe mepet juga ga masalah.. Yg penting jangan sampai kehabisan..
Trooper sy yg tahun 90 aja, dulu setelah benerin tangki bocor cuma diisi solar 3 liter cuma sekedar buat sampe ke SPBU, dipompa di primer pump sebentar (karena dari posisi tangki turun) ga masuk angin kok.. Selama kondisi jalan normal (ga naik turun extrim), dan kondisi tangki ga banyak kotoran, solar masih bisa disedot normal

bismo16
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 85
Joined: 05 Jan 2018, 19:35

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by bismo16 » 24 Jan 2019, 17:52

Kalo nyampur BBM, misal : pertalite + pertamax turbo dalam takaran tertentu bisa dapat bensin RON setara pertamax dengan harga lebih reasonable itu mitos / fakta?

pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 583
Joined: 19 Apr 2016, 12:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by pernahmiskin » 24 Jan 2019, 18:50

ders wrote:
20 Jan 2019, 12:30
mitos atau fakta ya..

1. di mesin diesel.. klo terbiasa isi solar saat level indikator nya kurang dr seperempat, maka akan terjadi "masuk angin" pada sistim suplai bahan bakar

2. titik tengah dasboard (segaris lurus kebawah dr spion tengah) bisa digunakan sebagai acuan saat berkendara.. apakah kedua ban di bagian kiri sudah menyentuh tepi luar aspal (mepet trotoar) atau belum.
Hanya utk kondisi jalan datar dan lurus.

3. saat berkendara malam hari - dini hari terutama di wilayah sepanjang jateng jatim dst.. driver akan cenderung mengekor mobil didepannya.. saat kecepatan rendah maupun tinggi.. dan tidak akan pernah nyalip terkecuali kita berhenti... saat kita melakukan hal yg sama.. ngikutin atau mengekor mereka.. mereka pun juga akan paham dan menjalankan mobilnya sesuai kebutuhan cepat atau lambat... Hal tersebut dilakukan untuk menambah adrenalin dan bisa menjadi teman di perjalanan ben ora ngantuk.. diakhiri dengan 1-2x bunyi klakson sbg tanda salam apabila salah satu mobil berhenti.
Bantu jwb nomor 3, kebetulan tinggal d jatim..

Ane merasa risih kalau ada mobil yg mengekor, jd kalau ada yg mengekor ane biasa kasih sein kiri, biar dia nyalip..

Ane lebih seneng ngekor(kalau terpaksa), itupun d belakang truk 3/4 atau bus yg lajunya mayan kencang...ketimbang mobil pribadi
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:

User avatar
Pugman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1178
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Pugman » 24 Jan 2019, 21:52

bismo16 wrote:
24 Jan 2019, 17:52
Kalo nyampur BBM, misal : pertalite + pertamax turbo dalam takaran tertentu bisa dapat bensin RON setara pertamax dengan harga lebih reasonable itu mitos / fakta?
Fakta, ini seperti halnya perhitungan Stokiometri dalam ilmu kimia. Rumusnya

(RonBBM1 x Liter)+(RonBBM2 x liter) / total liter BBM1+2

bismo16
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 85
Joined: 05 Jan 2018, 19:35

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by bismo16 » 24 Jan 2019, 22:51

Pugman wrote:
bismo16 wrote:
24 Jan 2019, 17:52
Kalo nyampur BBM, misal : pertalite + pertamax turbo dalam takaran tertentu bisa dapat bensin RON setara pertamax dengan harga lebih reasonable itu mitos / fakta?
Fakta, ini seperti halnya perhitungan Stokiometri dalam ilmu kimia. Rumusnya

(RonBBM1 x Liter)+(RonBBM2 x liter) / total liter BBM1+2
Wah, makasih infonya oom @pugman

Jadi kalo saya campur 100rb pertamax turbo & 200rb pertalite perhitungannya berdasar rumus tadi seperti ini ya :
((98x8,33)+(90x26,14)) : (8,33+26,14) = 91,93 RON

harga per liter :
(200rb+100rb) : (8,33+26,14) = Rp. 8.703/liter..

Dapat pertamax murah dong saya Image

ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 3420
Joined: 08 Dec 2013, 23:05

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by ginting » 26 Jan 2019, 11:21

htk wrote:Mitos atau fakta, kalau kita mau buka pintu dari dalam mobil yang masih terkunci, kalo kita tarik sendiri tuas pembuka nya selain pintu driver, katanya bikin rusak ?
jadi katanya musti di buka dari sentral lock driver
Ini maksudnya pintu itu adalah Pintu penumpang kiri depan, dan pintu row 2 kan ?

kalau itu sih setengan MITOS setengah FAKTA.

Mitosnya adalah bahwa tombol CL yg dari driver itu cuma trigger supaya motor (atau vacuum kalo di mercy jadul) yg ada di tiap pintu prnumpang nyundul pelatuk utk buka/tutup saja. dah itu doang.

FAKTA.
dengan seringnya dibuka pitu itu lewat tombol CL yg dipencet supir, maka tombol kecil pintu sebelah dalam (tuas pengungkit) makin awet krn jarang dipake...gak gsmpang dooll.

Yang seru tuh mertua gue, kalau buka pintu penumpang caranya gini : ..tarik tuas...open...lepas tiba tiba...**pletakkk**
ha ha ha ha

ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 3420
Joined: 08 Dec 2013, 23:05

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by ginting » 26 Jan 2019, 11:27

bismo16 wrote:
Pugman wrote:
bismo16 wrote:
24 Jan 2019, 17:52
Kalo nyampur BBM, misal : pertalite + pertamax turbo dalam takaran tertentu bisa dapat bensin RON setara pertamax dengan harga lebih reasonable itu mitos / fakta?
Fakta, ini seperti halnya perhitungan Stokiometri dalam ilmu kimia. Rumusnya

(RonBBM1 x Liter)+(RonBBM2 x liter) / total liter BBM1+2
Wah, makasih infonya oom @pugman

Jadi kalo saya campur 100rb pertamax turbo & 200rb pertalite perhitungannya berdasar rumus tadi seperti ini ya :
((98x8,33)+(90x26,14)) : (8,33+26,14) = 91,93 RON

harga per liter :
(200rb+100rb) : (8,33+26,14) = Rp. 8.703/liter..

Dapat pertamax murah dong saya Image
Caveat :

Rumus ini bisa dilakukan kalau satu merk fuelnya. misalnya Pertabo dan Pertalite itu sMa sama Pertamina.

Emang kenapa kalau Shell V Power dioplos sama Pertalite ?
Takutnya zat additif peningkat octane yg dipake beda jenis..jadi dalam rumus kimia mol (molaritas) nya gak nambah..malah yg ada 2 zat additive masuk ..dah gitu aja...


supriyadi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 414
Joined: 07 Apr 2015, 19:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Contact:

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by supriyadi » 26 Jan 2019, 11:53

ginting wrote:
26 Jan 2019, 11:27
bismo16 wrote:
Pugman wrote:
Fakta, ini seperti halnya perhitungan Stokiometri dalam ilmu kimia. Rumusnya

(RonBBM1 x Liter)+(RonBBM2 x liter) / total liter BBM1+2
Wah, makasih infonya oom @pugman

Jadi kalo saya campur 100rb pertamax turbo & 200rb pertalite perhitungannya berdasar rumus tadi seperti ini ya :
((98x8,33)+(90x26,14)) : (8,33+26,14) = 91,93 RON

harga per liter :
(200rb+100rb) : (8,33+26,14) = Rp. 8.703/liter..

Dapat pertamax murah dong saya Image
Caveat :

Rumus ini bisa dilakukan kalau satu merk fuelnya. misalnya Pertabo dan Pertalite itu sMa sama Pertamina.

Emang kenapa kalau Shell V Power dioplos sama Pertalite ?
Takutnya zat additif peningkat octane yg dipake beda jenis..jadi dalam rumus kimia mol (molaritas) nya gak nambah..malah yg ada 2 zat additive masuk ..dah gitu aja...
Kalo nyampurnya di drum/tanki terus dimixer baru dituang ke tanki mobil mungkin baru pas. Kalo isi pertabo trus pindah ke pertalte takutnya oplosannya nggak sempurna, malah ndut2an mobilnya

supriyadi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 414
Joined: 07 Apr 2015, 19:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Contact:

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by supriyadi » 26 Jan 2019, 12:01

3. saat berkendara malam hari - dini hari terutama di wilayah sepanjang jateng jatim dst.. driver akan cenderung mengekor mobil didepannya.. saat kecepatan rendah maupun tinggi.. dan tidak akan pernah nyalip terkecuali kita berhenti... saat kita melakukan hal yg sama.. ngikutin atau mengekor mereka.. mereka pun juga akan paham dan menjalankan mobilnya sesuai kebutuhan cepat atau lambat... Hal tersebut dilakukan untuk menambah adrenalin dan bisa menjadi teman di perjalanan ben ora ngantuk.. diakhiri dengan 1-2x bunyi klakson sbg tanda salam apabila salah satu mobil berhenti.
[/quote]

Saya sering praktekin ini Om. Kalo pulkam ke Sumbar atau balik ke Pekanbaru.Tapi ngekor travel yang pake panther, soalnya kalo travel pake panther rata2 bawanya alus & tenang nggak ngebut2 amat. Jadi nyaman & tenang, kalo ngekor avzen atau luxio nggak berani. Mereka bawanya sruntulan sih

bismo16
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 85
Joined: 05 Jan 2018, 19:35

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by bismo16 » 26 Jan 2019, 15:57

ginting wrote:
bismo16 wrote:
Pugman wrote: Fakta, ini seperti halnya perhitungan Stokiometri dalam ilmu kimia. Rumusnya

(RonBBM1 x Liter)+(RonBBM2 x liter) / total liter BBM1+2
Wah, makasih infonya oom @pugman

Jadi kalo saya campur 100rb pertamax turbo & 200rb pertalite perhitungannya berdasar rumus tadi seperti ini ya :
((98x8,33)+(90x26,14)) : (8,33+26,14) = 91,93 RON

harga per liter :
(200rb+100rb) : (8,33+26,14) = Rp. 8.703/liter..

Dapat pertamax murah dong saya Image
Caveat :

Rumus ini bisa dilakukan kalau satu merk fuelnya. misalnya Pertabo dan Pertalite itu sMa sama Pertamina.

Emang kenapa kalau Shell V Power dioplos sama Pertalite ?
Takutnya zat additif peningkat octane yg dipake beda jenis..jadi dalam rumus kimia mol (molaritas) nya gak nambah..malah yg ada 2 zat additive masuk ..dah gitu aja...
Siap oom @ginting. Kebetulan di tempat saya hanya ada pertamina. Image

htk
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: 26 Jun 2018, 11:56

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by htk » 28 Jan 2019, 09:08

ginting wrote:
26 Jan 2019, 11:21
htk wrote:Mitos atau fakta, kalau kita mau buka pintu dari dalam mobil yang masih terkunci, kalo kita tarik sendiri tuas pembuka nya selain pintu driver, katanya bikin rusak ?
jadi katanya musti di buka dari sentral lock driver
Ini maksudnya pintu itu adalah Pintu penumpang kiri depan, dan pintu row 2 kan ?

kalau itu sih setengan MITOS setengah FAKTA.

Mitosnya adalah bahwa tombol CL yg dari driver itu cuma trigger supaya motor (atau vacuum kalo di mercy jadul) yg ada di tiap pintu prnumpang nyundul pelatuk utk buka/tutup saja. dah itu doang.

FAKTA.
dengan seringnya dibuka pitu itu lewat tombol CL yg dipencet supir, maka tombol kecil pintu sebelah dalam (tuas pengungkit) makin awet krn jarang dipake...gak gsmpang dooll.

Yang seru tuh mertua gue, kalau buka pintu penumpang caranya gini : ..tarik tuas...open...lepas tiba tiba...**pletakkk**
ha ha ha ha
iya bener, buka pintu selain pintu driver

bismo16
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 85
Joined: 05 Jan 2018, 19:35

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by bismo16 » 30 Jan 2019, 21:32

Mitos / fakta, pomade tancho bisa digunakan sebagai pengganti grease pada bearing roda?
Pernah tau mekanik truk kaya gitu

User avatar
Pugman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1178
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Pugman » 31 Jan 2019, 00:09

bismo16 wrote:
30 Jan 2019, 21:32
Mitos / fakta, pomade tancho bisa digunakan sebagai pengganti grease pada bearing roda?
Pernah tau mekanik truk kaya gitu Image
Saya ga tahu ya, mungkin bisa, tapi pomade itu kan lebih gampang hilang entah menguap atau ikut larut kena air. Lagian bukannya harga grease yang paling murah sama harga pomade itu mirip ya?

Kayanya saya tahu alasannya, jadi kalau si supir beli grease, dia cuma bisa buat bearing, tapi kalau beli pomade, bisa buat bearing sekaligus gaya bikin rambut jadi wet look

:mky_03:

User avatar
Pugman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1178
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Pugman » 31 Jan 2019, 00:31

Untuk warga SM yang mengalami radiator bocor dibagian kisi pembuang panas atau heat exchanger, maka bisa dicoba trik berikut ini untuk menambal kebocoran dengan syarat
1. Kita tahu letak kebocoran
2. Besarnya kebocoran maksimal hanya sebatas lubang jarum

Caranya sebagai berikut:
1. Nyalakan mesin hingga tekanan air meningkat dan kita dapat mengetahui titik kebocoran dari titik sumber air yang menetes atau menyembur
2. Tandai bagian yang bocor, tunggu sampai tekanan air turun dan semburan atau tetesan air berhenti
3. Langsung tuangkan beberapa tetes lem korea, atau super glue, alteco dan sejenisnya ke bagian yang bocor. Tunggu sebentar hingga agak kering lalu nyalakan mesin agar lem menjadi lebih cepat kering.
4.Tambahkan beberapa tetes lagi sambil mesin dinyalakan untuk memperkuat hasil perekatan lem.

Trik ini sudah saya coba di mobil 406 saya, hasilnya bagaimana? Dari saat bocor ditemukan pada awal 2017 hingga kemarin mobilnya dijual pertengahan 2018, kisi radiator tetap dalam keadaan baik.

User avatar
Pugman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1178
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Pugman » 31 Jan 2019, 00:44

Berikut ini adalah DIY trik mengatasi jika selang dibagian radiator yang terbuat dari karet mengalami kebocoran kecil yang tidak terlalu parah. Maka kita bisa membungkus selang radiator dengan bahan berikut ini.

Bahan yang diperlukan adalah seal tape yang digunakan untuk pipa air PVC dan electric tape (contohnya Nitto electric tape). Seal tape digunakan untuk membungkus lapisan pertama yang bersentuhan dengan air yang bocor, sedangkan eletric tape digunakan untuk membungkus seal tape tersebut.

Kenapa menggunakan 2 bahan tersebut?
1. Seal tape dan electric tape cukup tahan panas sampai 90°C dan tidak mudah terbakar.
2. Mudah didapat dan harganya cukup murah
3. Sebagai repair kit keadaan darurat, ukurannya kecil dan bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Dan yang pasti, trik ini juga pernah saya lakukan sendiri.

User avatar
marmut
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2928
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by marmut » 31 Jan 2019, 09:52

bismo16 wrote:
30 Jan 2019, 21:32
Mitos / fakta, pomade tancho bisa digunakan sebagai pengganti grease pada bearing roda?
Pernah tau mekanik truk kaya gitu Image

karena pomade walaupun yang murah sekalipun tetep wangi ngga kaya grease.......




(walaupun wanginya kaya pakdhe-pakdhe....)
:mrgreen:
pipes - cigars - coffee

Post Reply