Page 9 of 11

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Fri Sep 28, 2018 5:27
by liemivan86
ders wrote:Met malam para suhu..

Cvt dah kadung dikutuk sejak lahir khususon lemot dan ringkih atawa gampang rusak..

Mitos atau fakta.. Mohon pencerahan [emoji5][emoji120]
Menurut saya itu mitos. Kenapa? Karena di Jepang saat ini sebagian besar key car (LCGC versi Jepang, mesin di bawah 660 cc) menggunakan turbo dan CVT. Jadi sebenarnya asal perawatan nya proper, seharusnya CVT juga awet.

Kalo soal CVT lemot, coba deh CVT X-trail T32.. Istri saya yang biasa setir CRV 2.4, setiap naik X-trail selalu langsung cari tombol eco.

CVT ini bisa punya karakter yang berbeda2, tergantung dari tuning ecu nya, apakah untuk agresif, atau hemat bahan bakar atau ke halus an mobil keluarga.

Tapi... Tetep aja, kelas di bawah 500 jt, nda ada yang bisa kalah in transmisi skyactiv CX-5.

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Thu Dec 20, 2018 5:30
by anadzir
liemivan86 wrote: Fri Sep 28, 2018 5:27
ders wrote:Met malam para suhu..

Cvt dah kadung dikutuk sejak lahir khususon lemot dan ringkih atawa gampang rusak..

Mitos atau fakta.. Mohon pencerahan [emoji5][emoji120]
Menurut saya itu mitos. Kenapa? Karena di Jepang saat ini sebagian besar key car (LCGC versi Jepang, mesin di bawah 660 cc) menggunakan turbo dan CVT. Jadi sebenarnya asal perawatan nya proper, seharusnya CVT juga awet.

Kalo soal CVT lemot, coba deh CVT X-trail T32.. Istri saya yang biasa setir CRV 2.4, setiap naik X-trail selalu langsung cari tombol eco.

CVT ini bisa punya karakter yang berbeda2, tergantung dari tuning ecu nya, apakah untuk agresif, atau hemat bahan bakar atau ke halus an mobil keluarga.

Tapi... Tetep aja, kelas di bawah 500 jt, nda ada yang bisa kalah in transmisi skyactiv CX-5.
CVT memang didesain untuk kehalusan dan keiritan bahan bakar karena hampir tidak ada power loss tiap pergantian 'gear'nya. Untuk reliability mah perawatan aja kok, olinya jangan pakai khusus CVT dan rutin ganti (jangan kuras) tiap 20rb km, atau kalau sudah hitam ya harus diganti, jangan percaya sama 'lifetime fluid' yg bisa 60rb km.

Untuk lemot itu relatif di mobil apa sepertinya. Ane sendiri ngalamin di Nissan Murano 3.5 thn 2005, di mode Drive smooth sekali seperti naik motor matic, ketika diganti ke mode Triptronic bisa wheelspin 0.5-1 detik (ini kayanya ban juga udah jelek).

CMIIW :mky_01:

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Thu Dec 20, 2018 7:49
by ginting
anadzir wrote: Thu Dec 20, 2018 5:30
liemivan86 wrote: Fri Sep 28, 2018 5:27
ders wrote:Met malam para suhu..

Cvt dah kadung dikutuk sejak lahir khususon lemot dan ringkih atawa gampang rusak..

Mitos atau fakta.. Mohon pencerahan [emoji5][emoji120]
Menurut saya itu mitos. Kenapa? Karena di Jepang saat ini sebagian besar key car (LCGC versi Jepang, mesin di bawah 660 cc) menggunakan turbo dan CVT. Jadi sebenarnya asal perawatan nya proper, seharusnya CVT juga awet.

Kalo soal CVT lemot, coba deh CVT X-trail T32.. Istri saya yang biasa setir CRV 2.4, setiap naik X-trail selalu langsung cari tombol eco.

CVT ini bisa punya karakter yang berbeda2, tergantung dari tuning ecu nya, apakah untuk agresif, atau hemat bahan bakar atau ke halus an mobil keluarga.

Tapi... Tetep aja, kelas di bawah 500 jt, nda ada yang bisa kalah in transmisi skyactiv CX-5.
CVT memang didesain untuk kehalusan dan keiritan bahan bakar karena hampir tidak ada power loss tiap pergantian 'gear'nya. Untuk reliability mah perawatan aja kok, olinya jangan pakai khusus CVT dan rutin ganti (jangan kuras) tiap 20rb km, atau kalau sudah hitam ya harus diganti, jangan percaya sama 'lifetime fluid' yg bisa 60rb km.

Untuk lemot itu relatif di mobil apa sepertinya. Ane sendiri ngalamin di Nissan Murano 3.5 thn 2005, di mode Drive smooth sekali seperti naik motor matic, ketika diganti ke mode Triptronic bisa wheelspin 0.5-1 detik (ini kayanya ban juga udah jelek).

CMIIW :mky_01:
Untuk CVT saya mau tanya-tanya juga :
- apa benar CVT itu gak tahan torsi gede ? max torsi yg bisa dihandle brp NM ?
- Apa bener CVT itu (lebih) gampang panas kalo jalan nanjak atau jalan jauh?
- Kalau CVT rusak apakah bisa ganti sabuk, pulley dan oli CVT saja ? atau harus ganti 1 gelondongan ?
- Berapa harganya CVT ?
- Apakah ada yg sdh pernah ganti CVT / turun transmissi CVT ?

kalau di honda beat saya udah pernah ganti CVT dan roller dan olinya. murah kok

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Thu Dec 20, 2018 8:07
by anadzir
anadzir wrote: Thu Dec 20, 2018 5:30 CVT memang didesain untuk kehalusan dan keiritan bahan bakar karena hampir tidak ada power loss tiap pergantian 'gear'nya. Untuk reliability mah perawatan aja kok, olinya jangan pakai ATF, pakai oli khusus CVT dan rutin ganti (jangan kuras) tiap 20rb km, atau kalau sudah hitam ya harus diganti, jangan percaya sama 'lifetime fluid' yg bisa 60rb km.

Untuk lemot itu relatif di mobil apa sepertinya. Ane sendiri ngalamin di Nissan Murano 3.5 thn 2005, di mode Drive smooth sekali seperti naik motor matic, ketika diganti ke mode Triptronic bisa wheelspin 0.5-1 detik (ini kayanya ban juga udah jelek).

CMIIW :mky_01:
maap ada typo..

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Tue Jan 01, 2019 14:26
by Tampanman
Tanya, toyota calya atawa daihatsu sigra, ga boleh diisi full 7 penumpang, mitos atawa fakta?

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Tue Jan 01, 2019 15:32
by Pugman
Tampanman wrote: Tue Jan 01, 2019 14:26 Tanya, toyota calya atawa daihatsu sigra, ga boleh diisi full 7 penumpang, mitos atawa fakta?
Harusnya seh mitos ya, daya angkut (on paper) calya sigra untuk penumpang dan barang sekitar 500kg, kalau 1 orang 70kg aja sudah termasuk besar. 70x7 aja baru 490kg. Masih ada spare 10kg untuk barang.

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Wed Jan 02, 2019 2:47
by josomba
Tampanman wrote: Tue Jan 01, 2019 14:26 Tanya, toyota calya atawa daihatsu sigra, ga boleh diisi full 7 penumpang, mitos atawa fakta?
Itu kalau ga salah karena banyak ngeluh suspensi jadi amblas....terutama yg awal keluar...yg terbaru katanya (...katanya forum sebelah yg bersangkutan serta teman saya yang pake) sudah diganti jenis shock-nya sehingga ga amblas lagi kalau full load.

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Wed Jan 02, 2019 3:43
by Tampanman
josomba wrote: Wed Jan 02, 2019 2:47
Tampanman wrote: Tue Jan 01, 2019 14:26 Tanya, toyota calya atawa daihatsu sigra, ga boleh diisi full 7 penumpang, mitos atawa fakta?
Itu kalau ga salah karena banyak ngeluh suspensi jadi amblas....terutama yg awal keluar...yg terbaru katanya (...katanya forum sebelah yg bersangkutan serta teman saya yang pake) sudah diganti jenis shock-nya sehingga ga amblas lagi kalau full load.
Saya rasa biar amblas asal ga mentok juga ga apa apa ya om?

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Wed Jan 02, 2019 4:44
by anadzir
Sy masih pesimis dan review diluar juga simpang siur untuk hal berikut.
  • Menggunakan "performance air filter" sebenernya berpengaruh ke performa atau tidak? Dengan acuan mobil yg digunakan masih standar. (Based on dyno test ya, bukan feeling-feelingan)
  • Penggantian exhaust system (bagian reson n muffler) di mobil standar apakah akan meningkatkan performa? Atau hanya modifikasi suara semata?
  • Penggunaan electronic stabilizer yang katanya bisa memperirit dan meningkatkan performa mobil.
  • Turbo ventilator, ini sih banyak yang udah bilang ga ngaruh, tapi pengen tau disini opininya gimana. Secara alat ini sangat umum di jual dengan harga yang bisa dibilang ga murah.

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Mon Jan 14, 2019 5:41
by y_anjasrana
Pugman wrote:
Tampanman wrote: Tue Jan 01, 2019 14:26 Tanya, toyota calya atawa daihatsu sigra, ga boleh diisi full 7 penumpang, mitos atawa fakta?
Harusnya seh mitos ya, daya angkut (on paper) calya sigra untuk penumpang dan barang sekitar 500kg, kalau 1 orang 70kg aja sudah termasuk besar. 70x7 aja baru 490kg. Masih ada spare 10kg untuk barang.
kecuali diisi mod frd. baru 1 org udah berasa penuh...... :ngacir:

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Mon Jan 14, 2019 7:09
by Tampanman
Mitos atau fakta?, stiker adpower yang di tempel di box saringan udara bisa bikin performace makin joss dan bensin lebih irit

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Mon Jan 14, 2019 23:50
by Pugman
y_anjasrana wrote: Mon Jan 14, 2019 5:41
Pugman wrote:
Tampanman wrote: Tue Jan 01, 2019 14:26 Tanya, toyota calya atawa daihatsu sigra, ga boleh diisi full 7 penumpang, mitos atawa fakta?
Harusnya seh mitos ya, daya angkut (on paper) calya sigra untuk penumpang dan barang sekitar 500kg, kalau 1 orang 70kg aja sudah termasuk besar. 70x7 aja baru 490kg. Masih ada spare 10kg untuk barang.
kecuali diisi mod frd. baru 1 org udah berasa penuh...... :ngacir:
:big_biglaugh: :mky_03:

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Tue Jan 15, 2019 13:46
by Ivano
Tampanman wrote:Mitos atau fakta?, stiker adpower yang di tempel di box saringan udara bisa bikin performace makin joss dan bensin lebih irit
Fakta om, tapi tempelnya harus pas dimana badan terasa capek.

Eh...
Itu koyo yah...
[emoji5][emoji5][emoji5]

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Tue Jan 15, 2019 15:19
by Penikmat_Kopi
Mitos atau fakta yang 80 juta itu lebih legit dari yang 2 juta?

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Tue Jan 15, 2019 17:09
by supriyadi
Penikmat_Kopi wrote: Tue Jan 15, 2019 15:19 Mitos atau fakta yang 80 juta itu lebih legit dari yang 2 juta?
Belum pernah nyoba sih Om :mky_01: :mky_01:

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Tue Jan 15, 2019 17:26
by jivos
supriyadi wrote: Tue Jan 15, 2019 17:09
Penikmat_Kopi wrote: Tue Jan 15, 2019 15:19 Mitos atau fakta yang 80 juta itu lebih legit dari yang 2 juta?
Belum pernah nyoba sih Om :mky_01: :mky_01:
ungg. :ungg: ....sendirian aja um klo mw nyoba? ngga ngajak" ? ada y um di jambi rate segitu :ngacir:

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Tue Jan 15, 2019 17:38
by supriyadi
jivos wrote: Tue Jan 15, 2019 17:26
supriyadi wrote: Tue Jan 15, 2019 17:09
Penikmat_Kopi wrote: Tue Jan 15, 2019 15:19 Mitos atau fakta yang 80 juta itu lebih legit dari yang 2 juta?
Belum pernah nyoba sih Om :mky_01: :mky_01:
ungg. :ungg: ....sendirian aja um klo mw nyoba? ngga ngajak" ? ada y um di jambi rate segitu :ngacir:
Nggak berani nyoba Om, secara kagak punya modal & kagak punya nyali juga. :mky_01: Kagak tau juga Om berapa pasaran harganya :big_bored:

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Wed Jan 16, 2019 5:20
by newcity_vtec
Mitos atau fakta, kalau mesin sudah berumur harus pakai yg lebih kental, misal dr pabrikan menurut buku manual 5-30, karena sdh berumur harus pakai 10 atau 15.

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Wed Jan 16, 2019 7:32
by maastricht889
newcity_vtec wrote: Wed Jan 16, 2019 5:20 Mitos atau fakta, kalau mesin sudah berumur harus pakai yg lebih kental, misal dr pabrikan menurut buku manual 5-30, karena sdh berumur harus pakai 10 atau 15.
Mitos om, saya pake mobil umur 12th dr baru pake 5w-30 sampe hr ini ndak ada masalah. Tokcer terus. Tapi sy butuh penjelasan detail juga ini, penasaran

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Wed Jan 16, 2019 7:55
by IGedeAmat
jivos wrote: Tue Jan 15, 2019 17:26
supriyadi wrote: Tue Jan 15, 2019 17:09
Penikmat_Kopi wrote: Tue Jan 15, 2019 15:19 Mitos atau fakta yang 80 juta itu lebih legit dari yang 2 juta?
Belum pernah nyoba sih Om :mky_01: :mky_01:
ungg. :ungg: ....sendirian aja um klo mw nyoba? ngga ngajak" ? ada y um di jambi rate segitu :ngacir:
Mitos apa fakta, katanya kalo pake Go Pay ada harga promo.. ?
eh.. lagi ngomongin apa seh.. ?

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Wed Jan 16, 2019 9:01
by supriyadi
IGedeAmat wrote: Wed Jan 16, 2019 7:55
jivos wrote: Tue Jan 15, 2019 17:26
supriyadi wrote: Tue Jan 15, 2019 17:09

Belum pernah nyoba sih Om :mky_01: :mky_01:
ungg. :ungg: ....sendirian aja um klo mw nyoba? ngga ngajak" ? ada y um di jambi rate segitu :ngacir:
Mitos apa fakta, katanya kalo pake Go Pay ada harga promo.. ?
eh.. lagi ngomongin apa seh.. ?
Ngomongin yang 80 juta tuh Om....

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Wed Jan 16, 2019 9:03
by coklatMetalik
supriyadi wrote: Wed Jan 16, 2019 9:01
IGedeAmat wrote: Wed Jan 16, 2019 7:55
jivos wrote: Tue Jan 15, 2019 17:26

ungg. :ungg: ....sendirian aja um klo mw nyoba? ngga ngajak" ? ada y um di jambi rate segitu :ngacir:
Mitos apa fakta, katanya kalo pake Go Pay ada harga promo.. ?
eh.. lagi ngomongin apa seh.. ?
Ngomongin yang 80 juta tuh Om....
Klo 80 jt dibayar pk gopay diskon brp tuh?

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Wed Jan 16, 2019 10:05
by rajapb
mitos atau fakta, setir EPS pasti feedback nya selalu lebih jelek daripada setir hydraulic?

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Wed Jan 16, 2019 10:19
by iroedii5
rajapb wrote:mitos atau fakta, setir EPS pasti feedback nya selalu lebih jelek daripada setir hydraulic?
Nambahin pertanyaan mitos atau fakta:
Setir EPS lbh cpt rusak drpd setir Hydraulic?

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Wed Jan 16, 2019 13:13
by Tampanman
Ivano wrote: Tue Jan 15, 2019 13:46
Tampanman wrote:Mitos atau fakta?, stiker adpower yang di tempel di box saringan udara bisa bikin performace makin joss dan bensin lebih irit
Fakta om, tapi tempelnya harus pas dimana badan terasa capek.

Eh...
Itu koyo yah...
[emoji5][emoji5][emoji5]
Serius om dah pernah coba blom?