Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, y_anjasrana, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

Post Reply
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 955
Joined: 24 Jun 2017, 22:39

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by liemivan86 » 28 Sep 2018, 12:27

ders wrote:Met malam para suhu..

Cvt dah kadung dikutuk sejak lahir khususon lemot dan ringkih atawa gampang rusak..

Mitos atau fakta.. Mohon pencerahan ImageImage
Menurut saya itu mitos. Kenapa? Karena di Jepang saat ini sebagian besar key car (LCGC versi Jepang, mesin di bawah 660 cc) menggunakan turbo dan CVT. Jadi sebenarnya asal perawatan nya proper, seharusnya CVT juga awet.

Kalo soal CVT lemot, coba deh CVT X-trail T32.. Istri saya yang biasa setir CRV 2.4, setiap naik X-trail selalu langsung cari tombol eco.

CVT ini bisa punya karakter yang berbeda2, tergantung dari tuning ecu nya, apakah untuk agresif, atau hemat bahan bakar atau ke halus an mobil keluarga.

Tapi... Tetep aja, kelas di bawah 500 jt, nda ada yang bisa kalah in transmisi skyactiv CX-5.

User avatar
anadzir
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: 06 Dec 2018, 13:16
Daily Vehicle: 2016 SX-4 Scross

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by anadzir » 20 Dec 2018, 12:30

liemivan86 wrote:
28 Sep 2018, 12:27
ders wrote:Met malam para suhu..

Cvt dah kadung dikutuk sejak lahir khususon lemot dan ringkih atawa gampang rusak..

Mitos atau fakta.. Mohon pencerahan ImageImage
Menurut saya itu mitos. Kenapa? Karena di Jepang saat ini sebagian besar key car (LCGC versi Jepang, mesin di bawah 660 cc) menggunakan turbo dan CVT. Jadi sebenarnya asal perawatan nya proper, seharusnya CVT juga awet.

Kalo soal CVT lemot, coba deh CVT X-trail T32.. Istri saya yang biasa setir CRV 2.4, setiap naik X-trail selalu langsung cari tombol eco.

CVT ini bisa punya karakter yang berbeda2, tergantung dari tuning ecu nya, apakah untuk agresif, atau hemat bahan bakar atau ke halus an mobil keluarga.

Tapi... Tetep aja, kelas di bawah 500 jt, nda ada yang bisa kalah in transmisi skyactiv CX-5.
CVT memang didesain untuk kehalusan dan keiritan bahan bakar karena hampir tidak ada power loss tiap pergantian 'gear'nya. Untuk reliability mah perawatan aja kok, olinya jangan pakai khusus CVT dan rutin ganti (jangan kuras) tiap 20rb km, atau kalau sudah hitam ya harus diganti, jangan percaya sama 'lifetime fluid' yg bisa 60rb km.

Untuk lemot itu relatif di mobil apa sepertinya. Ane sendiri ngalamin di Nissan Murano 3.5 thn 2005, di mode Drive smooth sekali seperti naik motor matic, ketika diganti ke mode Triptronic bisa wheelspin 0.5-1 detik (ini kayanya ban juga udah jelek).

CMIIW :mky_01:

ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 3296
Joined: 08 Dec 2013, 23:05

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by ginting » 20 Dec 2018, 14:49

anadzir wrote:
20 Dec 2018, 12:30
liemivan86 wrote:
28 Sep 2018, 12:27
ders wrote:Met malam para suhu..

Cvt dah kadung dikutuk sejak lahir khususon lemot dan ringkih atawa gampang rusak..

Mitos atau fakta.. Mohon pencerahan ImageImage
Menurut saya itu mitos. Kenapa? Karena di Jepang saat ini sebagian besar key car (LCGC versi Jepang, mesin di bawah 660 cc) menggunakan turbo dan CVT. Jadi sebenarnya asal perawatan nya proper, seharusnya CVT juga awet.

Kalo soal CVT lemot, coba deh CVT X-trail T32.. Istri saya yang biasa setir CRV 2.4, setiap naik X-trail selalu langsung cari tombol eco.

CVT ini bisa punya karakter yang berbeda2, tergantung dari tuning ecu nya, apakah untuk agresif, atau hemat bahan bakar atau ke halus an mobil keluarga.

Tapi... Tetep aja, kelas di bawah 500 jt, nda ada yang bisa kalah in transmisi skyactiv CX-5.
CVT memang didesain untuk kehalusan dan keiritan bahan bakar karena hampir tidak ada power loss tiap pergantian 'gear'nya. Untuk reliability mah perawatan aja kok, olinya jangan pakai khusus CVT dan rutin ganti (jangan kuras) tiap 20rb km, atau kalau sudah hitam ya harus diganti, jangan percaya sama 'lifetime fluid' yg bisa 60rb km.

Untuk lemot itu relatif di mobil apa sepertinya. Ane sendiri ngalamin di Nissan Murano 3.5 thn 2005, di mode Drive smooth sekali seperti naik motor matic, ketika diganti ke mode Triptronic bisa wheelspin 0.5-1 detik (ini kayanya ban juga udah jelek).

CMIIW :mky_01:
Untuk CVT saya mau tanya-tanya juga :
- apa benar CVT itu gak tahan torsi gede ? max torsi yg bisa dihandle brp NM ?
- Apa bener CVT itu (lebih) gampang panas kalo jalan nanjak atau jalan jauh?
- Kalau CVT rusak apakah bisa ganti sabuk, pulley dan oli CVT saja ? atau harus ganti 1 gelondongan ?
- Berapa harganya CVT ?
- Apakah ada yg sdh pernah ganti CVT / turun transmissi CVT ?

kalau di honda beat saya udah pernah ganti CVT dan roller dan olinya. murah kok

User avatar
anadzir
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: 06 Dec 2018, 13:16
Daily Vehicle: 2016 SX-4 Scross

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by anadzir » 20 Dec 2018, 15:07

anadzir wrote:
20 Dec 2018, 12:30
CVT memang didesain untuk kehalusan dan keiritan bahan bakar karena hampir tidak ada power loss tiap pergantian 'gear'nya. Untuk reliability mah perawatan aja kok, olinya jangan pakai ATF, pakai oli khusus CVT dan rutin ganti (jangan kuras) tiap 20rb km, atau kalau sudah hitam ya harus diganti, jangan percaya sama 'lifetime fluid' yg bisa 60rb km.

Untuk lemot itu relatif di mobil apa sepertinya. Ane sendiri ngalamin di Nissan Murano 3.5 thn 2005, di mode Drive smooth sekali seperti naik motor matic, ketika diganti ke mode Triptronic bisa wheelspin 0.5-1 detik (ini kayanya ban juga udah jelek).

CMIIW :mky_01:
maap ada typo..

Tampanman
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: 31 Dec 2018, 19:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda2 yaris

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Tampanman » 01 Jan 2019, 21:26

Tanya, toyota calya atawa daihatsu sigra, ga boleh diisi full 7 penumpang, mitos atawa fakta?

User avatar
Pugman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1108
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Pugman » 01 Jan 2019, 22:32

Tampanman wrote:
01 Jan 2019, 21:26
Tanya, toyota calya atawa daihatsu sigra, ga boleh diisi full 7 penumpang, mitos atawa fakta?
Harusnya seh mitos ya, daya angkut (on paper) calya sigra untuk penumpang dan barang sekitar 500kg, kalau 1 orang 70kg aja sudah termasuk besar. 70x7 aja baru 490kg. Masih ada spare 10kg untuk barang.

User avatar
josomba
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 749
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by josomba » 02 Jan 2019, 09:47

Tampanman wrote:
01 Jan 2019, 21:26
Tanya, toyota calya atawa daihatsu sigra, ga boleh diisi full 7 penumpang, mitos atawa fakta?
Itu kalau ga salah karena banyak ngeluh suspensi jadi amblas....terutama yg awal keluar...yg terbaru katanya (...katanya forum sebelah yg bersangkutan serta teman saya yang pake) sudah diganti jenis shock-nya sehingga ga amblas lagi kalau full load.
Image
Image

Tampanman
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: 31 Dec 2018, 19:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda2 yaris

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Tampanman » 02 Jan 2019, 10:43

josomba wrote:
02 Jan 2019, 09:47
Tampanman wrote:
01 Jan 2019, 21:26
Tanya, toyota calya atawa daihatsu sigra, ga boleh diisi full 7 penumpang, mitos atawa fakta?
Itu kalau ga salah karena banyak ngeluh suspensi jadi amblas....terutama yg awal keluar...yg terbaru katanya (...katanya forum sebelah yg bersangkutan serta teman saya yang pake) sudah diganti jenis shock-nya sehingga ga amblas lagi kalau full load.
Saya rasa biar amblas asal ga mentok juga ga apa apa ya om?

User avatar
anadzir
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: 06 Dec 2018, 13:16
Daily Vehicle: 2016 SX-4 Scross

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by anadzir » 02 Jan 2019, 11:44

Sy masih pesimis dan review diluar juga simpang siur untuk hal berikut.
  • Menggunakan "performance air filter" sebenernya berpengaruh ke performa atau tidak? Dengan acuan mobil yg digunakan masih standar. (Based on dyno test ya, bukan feeling-feelingan)
  • Penggantian exhaust system (bagian reson n muffler) di mobil standar apakah akan meningkatkan performa? Atau hanya modifikasi suara semata?
  • Penggunaan electronic stabilizer yang katanya bisa memperirit dan meningkatkan performa mobil.
  • Turbo ventilator, ini sih banyak yang udah bilang ga ngaruh, tapi pengen tau disini opininya gimana. Secara alat ini sangat umum di jual dengan harga yang bisa dibilang ga murah.

User avatar
y_anjasrana
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 8694
Joined: 14 Feb 2003, 16:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by y_anjasrana » 14 Jan 2019, 12:41

Pugman wrote:
Tampanman wrote:
01 Jan 2019, 21:26
Tanya, toyota calya atawa daihatsu sigra, ga boleh diisi full 7 penumpang, mitos atawa fakta?
Harusnya seh mitos ya, daya angkut (on paper) calya sigra untuk penumpang dan barang sekitar 500kg, kalau 1 orang 70kg aja sudah termasuk besar. 70x7 aja baru 490kg. Masih ada spare 10kg untuk barang.
kecuali diisi mod frd. baru 1 org udah berasa penuh...... :ngacir:
Accurate V5 Accounting System Consultant

Tampanman
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: 31 Dec 2018, 19:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda2 yaris

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Tampanman » 14 Jan 2019, 14:09

Mitos atau fakta?, stiker adpower yang di tempel di box saringan udara bisa bikin performace makin joss dan bensin lebih irit

User avatar
Pugman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1108
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Pugman » 15 Jan 2019, 06:50

y_anjasrana wrote:
14 Jan 2019, 12:41
Pugman wrote:
Tampanman wrote:
01 Jan 2019, 21:26
Tanya, toyota calya atawa daihatsu sigra, ga boleh diisi full 7 penumpang, mitos atawa fakta?
Harusnya seh mitos ya, daya angkut (on paper) calya sigra untuk penumpang dan barang sekitar 500kg, kalau 1 orang 70kg aja sudah termasuk besar. 70x7 aja baru 490kg. Masih ada spare 10kg untuk barang.
kecuali diisi mod frd. baru 1 org udah berasa penuh...... :ngacir:
:big_biglaugh: :mky_03:

Ivano
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 206
Joined: 23 Oct 2016, 22:48

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Ivano » 15 Jan 2019, 20:46

Tampanman wrote:Mitos atau fakta?, stiker adpower yang di tempel di box saringan udara bisa bikin performace makin joss dan bensin lebih irit
Fakta om, tapi tempelnya harus pas dimana badan terasa capek.

Eh...
Itu koyo yah...
ImageImageImage

Penikmat_Kopi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1204
Joined: 09 Nov 2012, 07:39

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Penikmat_Kopi » 15 Jan 2019, 22:19

Mitos atau fakta yang 80 juta itu lebih legit dari yang 2 juta?

supriyadi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 314
Joined: 07 Apr 2015, 19:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Contact:

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by supriyadi » 16 Jan 2019, 00:09

Penikmat_Kopi wrote:
15 Jan 2019, 22:19
Mitos atau fakta yang 80 juta itu lebih legit dari yang 2 juta?
Belum pernah nyoba sih Om :mky_01: :mky_01:

jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1741
Joined: 28 Nov 2008, 16:04
Location: jkt

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by jivos » 16 Jan 2019, 00:26

supriyadi wrote:
16 Jan 2019, 00:09
Penikmat_Kopi wrote:
15 Jan 2019, 22:19
Mitos atau fakta yang 80 juta itu lebih legit dari yang 2 juta?
Belum pernah nyoba sih Om :mky_01: :mky_01:
ungg. :ungg: ....sendirian aja um klo mw nyoba? ngga ngajak" ? ada y um di jambi rate segitu :ngacir:
"u shoud always drive a car that u really love"
akira nakai san •~RWB

supriyadi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 314
Joined: 07 Apr 2015, 19:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Contact:

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by supriyadi » 16 Jan 2019, 00:38

jivos wrote:
16 Jan 2019, 00:26
supriyadi wrote:
16 Jan 2019, 00:09
Penikmat_Kopi wrote:
15 Jan 2019, 22:19
Mitos atau fakta yang 80 juta itu lebih legit dari yang 2 juta?
Belum pernah nyoba sih Om :mky_01: :mky_01:
ungg. :ungg: ....sendirian aja um klo mw nyoba? ngga ngajak" ? ada y um di jambi rate segitu :ngacir:
Nggak berani nyoba Om, secara kagak punya modal & kagak punya nyali juga. :mky_01: Kagak tau juga Om berapa pasaran harganya :big_bored:

newcity_vtec
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 137
Joined: 15 Mar 2007, 07:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Tiger 2000

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by newcity_vtec » 16 Jan 2019, 12:20

Mitos atau fakta, kalau mesin sudah berumur harus pakai yg lebih kental, misal dr pabrikan menurut buku manual 5-30, karena sdh berumur harus pakai 10 atau 15.

erwinign
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 825
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: Semarang
Daily Vehicle: Ertiga

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by erwinign » 16 Jan 2019, 14:32

newcity_vtec wrote:
16 Jan 2019, 12:20
Mitos atau fakta, kalau mesin sudah berumur harus pakai yg lebih kental, misal dr pabrikan menurut buku manual 5-30, karena sdh berumur harus pakai 10 atau 15.
Mitos om, saya pake mobil umur 12th dr baru pake 5w-30 sampe hr ini ndak ada masalah. Tokcer terus. Tapi sy butuh penjelasan detail juga ini, penasaran
Don't Judge The Book By It's Cover

IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 718
Joined: 15 Mar 2017, 16:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by IGedeAmat » 16 Jan 2019, 14:55

jivos wrote:
16 Jan 2019, 00:26
supriyadi wrote:
16 Jan 2019, 00:09
Penikmat_Kopi wrote:
15 Jan 2019, 22:19
Mitos atau fakta yang 80 juta itu lebih legit dari yang 2 juta?
Belum pernah nyoba sih Om :mky_01: :mky_01:
ungg. :ungg: ....sendirian aja um klo mw nyoba? ngga ngajak" ? ada y um di jambi rate segitu :ngacir:
Mitos apa fakta, katanya kalo pake Go Pay ada harga promo.. ?
eh.. lagi ngomongin apa seh.. ?

supriyadi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 314
Joined: 07 Apr 2015, 19:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Contact:

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by supriyadi » 16 Jan 2019, 16:01

IGedeAmat wrote:
16 Jan 2019, 14:55
jivos wrote:
16 Jan 2019, 00:26
supriyadi wrote:
16 Jan 2019, 00:09


Belum pernah nyoba sih Om :mky_01: :mky_01:
ungg. :ungg: ....sendirian aja um klo mw nyoba? ngga ngajak" ? ada y um di jambi rate segitu :ngacir:
Mitos apa fakta, katanya kalo pake Go Pay ada harga promo.. ?
eh.. lagi ngomongin apa seh.. ?
Ngomongin yang 80 juta tuh Om....

User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1713
Joined: 24 Jun 2016, 18:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by coklatMetalik » 16 Jan 2019, 16:03

supriyadi wrote:
16 Jan 2019, 16:01
IGedeAmat wrote:
16 Jan 2019, 14:55
jivos wrote:
16 Jan 2019, 00:26


ungg. :ungg: ....sendirian aja um klo mw nyoba? ngga ngajak" ? ada y um di jambi rate segitu :ngacir:
Mitos apa fakta, katanya kalo pake Go Pay ada harga promo.. ?
eh.. lagi ngomongin apa seh.. ?
Ngomongin yang 80 juta tuh Om....
Klo 80 jt dibayar pk gopay diskon brp tuh?
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF83

User avatar
rajapb
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 327
Joined: 26 Nov 2015, 23:27

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by rajapb » 16 Jan 2019, 17:05

mitos atau fakta, setir EPS pasti feedback nya selalu lebih jelek daripada setir hydraulic?

User avatar
iroedii5
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: 01 Jun 2016, 12:57

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by iroedii5 » 16 Jan 2019, 17:19

rajapb wrote:mitos atau fakta, setir EPS pasti feedback nya selalu lebih jelek daripada setir hydraulic?
Nambahin pertanyaan mitos atau fakta:
Setir EPS lbh cpt rusak drpd setir Hydraulic?

Tampanman
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: 31 Dec 2018, 19:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda2 yaris

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Tampanman » 16 Jan 2019, 20:13

Ivano wrote:
15 Jan 2019, 20:46
Tampanman wrote:Mitos atau fakta?, stiker adpower yang di tempel di box saringan udara bisa bikin performace makin joss dan bensin lebih irit
Fakta om, tapi tempelnya harus pas dimana badan terasa capek.

Eh...
Itu koyo yah...
ImageImageImage
Serius om dah pernah coba blom?

Post Reply