Page 3 of 3

Re: Mobil baru bermasalah minta diganti baru . Apakah bisa?

Posted: Mon Jan 01, 2018 14:37
by Omnibus
belum ada di indo yg bakar mobilnya di depan dealer (jgn lupa izin gangguan ke polisi n undang wartawan)

Re: Mobil baru bermasalah minta diganti baru . Apakah bisa?

Posted: Mon Jan 01, 2018 15:44
by Koddy
Omnibus wrote:belum ada di indo yg bakar mobilnya di depan dealer (jgn lupa izin gangguan ke polisi n undang wartawan)
Abis dibakar kan sama aja bakar duit sendiri.
Mobil ilang, duit ilang.
Untungnya apa donk?

Re: Mobil baru bermasalah minta diganti baru . Apakah bisa?

Posted: Mon Jan 01, 2018 16:00
by Rundeer
Koddy wrote: Mon Jan 01, 2018 15:44
Omnibus wrote:belum ada di indo yg bakar mobilnya di depan dealer (jgn lupa izin gangguan ke polisi n undang wartawan)
Abis dibakar kan sama aja bakar duit sendiri.
Mobil ilang, duit ilang.
Untungnya apa donk?
Nahh... Walaupun ada asuransi jg pasti gak mau ngecover :mky_03:

Re: Mobil baru bermasalah minta diganti baru . Apakah bisa?

Posted: Mon Jan 01, 2018 19:40
by Omnibus
belum sampe ya mikirnya .... gpp sih. sy ga akan ksh tau gunanya atau strateginya gmn

Re: Mobil baru bermasalah minta diganti baru . Apakah bisa?

Posted: Tue Jan 02, 2018 0:11
by g4ndalf
haeven wrote: Wed Dec 27, 2017 4:46
liat2aja wrote: Wed Dec 27, 2017 0:55 Artinya ada saja kejadian tukar unit baru ya.

Kalau saya lihat posisi agan sulit karena keluhan nya "hanya" rattle. Saya kasih tanda kutip karena rattle seperti apa tentunya saya tidak tahu. Tapi saya kebetulan tipe orang yg gampang terganggu sama suara rattle, ngelitik mesin, setir, suspensi dsb yg orang2 di lingkungan saya tidak peduli/tahu sama sekali. Yg saya bayangin rattle yg mengganggu sekali...

Sudah coba contact HPM? Agar dealer dalam posisi terbantu atau malah kejepit. Yg saya bayangin sebagai dealer:
1. mobil dapat dari pabrik
2. dijual ke customer tapi ada cacat
3. customer minta kembalikan dealer setuju
4. mobil agan sudah proses STNK
5. Mobil lama agan tidak bisa lagi dijual sebagai baru
6. HPM tidak mau bantu dealer

Kalau sebulan ada 5 customer saja yg tukar unit baru, bisa bangkrut dealer hehe

Padahal built quality CR-V terbaru menurut review sudah lebih baik dari gen sebelumnya.

Mudah-mudahan dapat solusi yg memuaskan...
Jadi bgni om. Kl nurut saya ini bukan rattle ya. Karena ga seperti bunyi2 di dashboard.
Ini ada bunyi yang cukup keras di bagian kiri belakang terutama pada saat tanjakan ke kiri. Yg pd akhirnya info dr pihak dealer ada yg kurang beres di bagian sunroof.( cuman sy jg tdk diinfo detailnya?. Ini lagi sy cb lagi dan berharap tdk timbul lagi.

Saya bikin thread ini cuman mau tahu prasyarat tukar baru itu secara hukum bagaimana ?
Karena setiap ada kejadian selalu pihak dealer infonya kan sdh ada bbn . Nama dll.
AN CRV bunyi2... udah pernah denger sih, agak heran juga, kalau HRV 1.8 iya saya ngalamin sendiri rattle2, sama rem parkir bunyi ciiitt kalau dilepasin. Complain pas servis pertama jawabnya mmg semua HRV gitu, dan dijamin tdk ganggu performa. Krn gak puas saya bandingkan dgn hrv second yg dijual org. Bener emg bunyi semua (ada 2 yg saya bandingkan, 1.5 sama 1.8) cuma punya saya bunyinya jauh lebih keras. Tapi emang bunyi semua rem parkirnya (pada saat itu cuma bisa geleng2 kepala). Gimana nih honda?

BTT, unit ganti baru kemungkinannya kecil. Dan nggak ada kewajiban juga dari dealer / APM utk mengganti baru, karena de facto mobil anda adalah mobil second. Secara hukum kalau mau nuntut masuk perdata. Tapi sangat susah bisa menang, anda harus buktikan bahwa mobil tsb mmg bermasalah dari awal. Bisa saja org2 dealer dan bagian QC nya menjawab bahwa mobil nggak ada masalah saat keluar dari pabrik / dealer. Ketika anda sudah tanda tangan menerima unit yg dikirim, itu sudah nggak bisa ganti lagi.

Kalau dibilang merugikan konsumen, apakah ada dealer / APM menjanjikan bahwa mobil akan bebas dari bunyi2 interior? Setau saya nggak ada 1 merk pun yg berani jamin produknya bebas dari bunyi2 interior. Jadi solusinya gimana? Ya berharap saja dealer bisa perbaiki secara tuntas... kalau ganti baru rasanya nggak mungkin.

Re: Mobil baru bermasalah minta diganti baru . Apakah bisa?

Posted: Tue Jan 02, 2018 6:17
by Pugman
Koddy wrote: Thu Dec 28, 2017 4:22 ANF VRZ rekan di SM sini aja ada yang hobi minum oli sampai brutal kok.
Dan sampai sekarang ga ada tindakan resmi dari TAM ataupun beres. Cuma dibilang dipantau, dianalisa, tapi sampai kapan????
Btw, selama masa Pantau, oli yang dipakai buat minum dikasih dari TAM apa beli sendiri?

Re: Mobil baru bermasalah minta diganti baru . Apakah bisa?

Posted: Sat Jan 06, 2018 14:48
by liat2aja
https://www.youtube.com/watch?v=cDP1M3UOGtU

Kilas balik yg saya tahu:
1. Post video pertama di Youtube juga, bunyi mesin Xpander baru serah terima dibuktikan dengan kilometer rendah (lupa). Bunyi mesin sangat aneh, menurut pemiliknya suara ngelitik tapi saya kok ngerasa itu bukan bunyi ngelitik.
2. Video pertama dihapus dari Youtube, asumsi saya pihak Mitsu pusat hubungi sang pemilik minta dihapus dengan jaminan ada solusi.
3. Lalu di postinglah video yg saya posting diatas, bahwa unitnya diganti baru.

Dari serah terima sampai penggantian unit saya kurang tahu baru berapa bulan lamanya, dan bagaimana cara sang pemilik complain.

Saya rasa seperti yg disebutkan bung g4ndalf sudah benar, rattle kalau di komplain bisa tapi diperkarakan sulit. Ini salah satu alasan saya tidak ngambil Honda (saya sedang inden Mitsu Xpander) karena baca di forum manapun pasti ceritanya rattle dan kualitas interior yg kurang baik. Memang jaman sekarang kekuatan sosmed sangat kuat sekali...

Re: Mobil baru bermasalah minta diganti baru . Apakah bisa?

Posted: Sun Jan 07, 2018 0:17
by Koddy
Omnibus wrote:belum sampe ya mikirnya .... gpp sih. sy ga akan ksh tau gunanya atau strateginya gmn
Bukannya belum sampai mikirnya. Namun ini Indonesia, semua fakta bisa diputar balikkan dengan duit.
Mending tempelin sticker besar², bawa jalan dan parkirin di depan dealer.

Btw. Kasus ANF yang tempelin sticker besar² yang viral pas awal Desember 2017 itu tau kelanjutannya gimana? Emang mobil diurus dikerjakan, namun owner nya malah meminta maaf karena perbuatannya.
Nah loh ...... Dunia kebalik kan?


Re: Mobil baru bermasalah minta diganti baru . Apakah bisa?

Posted: Sun Jan 07, 2018 7:50
by iwing
Koddy wrote: Sun Jan 07, 2018 0:17
Omnibus wrote:belum sampe ya mikirnya .... gpp sih. sy ga akan ksh tau gunanya atau strateginya gmn
Bukannya belum sampai mikirnya. Namun ini Indonesia, semua fakta bisa diputar balikkan dengan duit.
Mending tempelin sticker besar², bawa jalan dan parkirin di depan dealer.

Btw. Kasus ANF yang tempelin sticker besar² yang viral pas awal Desember 2017 itu tau kelanjutannya gimana? Emang mobil diurus dikerjakan, namun owner nya malah meminta maaf karena perbuatannya.
Nah loh ...... Dunia kebalik kan?
lhoooo kok malah minta maaf..?? ngapain minta maaf..?? buset dah

Re: Mobil baru bermasalah minta diganti baru . Apakah bisa?

Posted: Sun Jan 07, 2018 11:25
by Omnibus
Koddy wrote: Sun Jan 07, 2018 0:17 ... kelanjutannya gimana? Emang mobil diurus dikerjakan, namun owner nya malah meminta maaf karena perbuatannya.
Nah loh ...... Dunia kebalik kan?
ya ini krn salah strategi. ibarat sdh ngatain (pencemaran nama baik) trus akhirnya diperbaiki yg sdh dia katain jdnya salting, siapapun akan jd ga enak hati. bagi sy kesempatan yg punya merk perbaiki sdh diberikan ketika ada komplain ke SA atau escalate ke ATPM. selebihnya kl tdk ada tindakan berarti mrk ga ada niat baik. Dr point ini apapun yg terjadi tdk akan lg sy harapkan atpm bersangkutan yg responsible.

Re: Mobil baru bermasalah minta diganti baru . Apakah bisa?

Posted: Fri Jan 12, 2018 8:50
by QnetiC
Di forum sebelah ada yg nuntut civic turbonya diganti baru...


stlh dipakai 9 bulan... :ngacir:

Re: Mobil baru bermasalah minta diganti baru . Apakah bisa?

Posted: Fri Jan 12, 2018 8:58
by PRBS
Btw, kasus xpander bukannya sudah diganti unit baru ya? Langsung..

Bahkan jok kulit di mobil yg lama (dia pasang sendiri) turut dipindahin sama dealer ke unit yg baru.. salut sih, minim edukasi langsung ganti.

Re: Mobil baru bermasalah minta diganti baru . Apakah bisa?

Posted: Wed Jan 17, 2018 3:08
by hendranata
menarik ini pertanyaannya..
memang tujuan beli mobil baru kan adalah ga ada kendala 100%..
tapi malah kadang bisa jg dapet mobil yg cacat bawaan..
ini saya sendiri jg ngerasain di mobil honda HRV 2017 akhir beli di honda jemursari surabaya.
masalahnya adalah bunyi deg kalo gas di hentakan.. masalah utama ada pada drive shaft. (sadar sejak kilometer sekitar 100-200an, ada kok bukti service pertama saja bawa beres kisaran kilometer 200an).
dan lucunya waktu saya komplain ke beres honda jemursari, santai SA nya bilang itu bunyi oprasional dan normal..malah dia bilang perlu edukasi bla bla.. gw mau ketawa aja.. langsung bawa ke beres surabaya center (imsi) dan memang problem pada driveshaft, untung dibantu sama kepala bengkel jg.
masi berjuang untuk pembenahan.. kalo ganti part sih iya memang bisa..
kalo ganti unit saya prnah tanya ke kepala bengkel,,honda belum prnah ada replace mobil.. kalo bermasalah baru di perbaiki antara di service/ganti spare part..

note: kalo cuma bunyi2 di interior itu anggap saja wajar.. itu hal biasa yg ga perlu terlalu dipermasalahkan.. yg patut dipermasalahkan ini seperti HRV gw masalah bunyi dug.. kalo interior bunyi2 rattle saya masi maklum (asal ga keras dan di pukul2 bisa berkurang/hilang sendiri).

penasaran jg kalo toyota gmn...

Re: Mobil baru bermasalah minta diganti baru . Apakah bisa?

Posted: Wed Jan 17, 2018 3:40
by hendranata
ChZ wrote: Tue Dec 26, 2017 15:11
haeven wrote:
ChZ wrote: Tue Dec 26, 2017 14:34 Ada barusan 1 member SM beli CRV 2.0 L defect di bagian PDInya, ama dealer digantiin unitnya...
sorry PDI itu apa ya? setelah berapa lama pemakaian ? belinya dimana ya?
Pre-delivery inspection om. Gara2 masang kf ga bener cairannya membekas di trim plastik pintu... pakenya blom ada seminggu.

Ambilnya di surabaya om... Honda citraland
kalo yang ini gw curiganya itu waktu mau dianter mobilnya posisi surat2 blom diurus.. jadi mudah saja tinggal ganti unit.. tapi kalo misal sudah keluar surat2nya ini yg agak susah.. entah buyback oleh dealer atau HPM..
tapi saya jg ga prnah denger masalah buyback atau replace mobil yg dilakukan honda.

Re: Mobil baru bermasalah minta diganti baru . Apakah bisa?

Posted: Wed May 16, 2018 22:07
by DewaSina
Ini persis sama dengan saya kasusnya, bunyi di bagian atap, setelah 3x perbaikan akhirnya solved.
Kerusakan lain, bunyi klek kl saat belok, katanya Rack steer yg masalah skr nunggu part
Tanda Oil life, tiba tiba muncul di km 2400an, itanya kenapa oleh pihak beres cukup di reset.
Pertanyaannya kualitas olinya bagaimana.
Akhirnya saya mikir... ini mobil akan rusak apanya lagi....
Cobe menghubungi HPM via Call Center, gak nyambung, lalu sy hub ke kantor HPM, keduanya operator sibuk melulu.
Saya mendatangi HPM, diterima Petugas Call centet sdr Dewi... dikasi penjelasan, muter nggak jelas, dia bawa org service, malah semakin gak jelas.
Sy akhirnya minta ganti unit, tp diminta dealer yg handle.
Yg lucu, sy minta no registrasi pengaduan, ehh di sana disebut akibat ketidakpuasan pengerjaan di dealer... hadeuh malah nyalahin dealer, padahal service dealer Cijantung mnrt saya Oke
Skr msh berprises untuk klaim ganti unit, doakan semoga berhasil

Re: Mobil baru bermasalah minta diganti baru . Apakah bisa?

Posted: Sun Oct 06, 2019 6:46
by Avaluky
Kalau misal baru beli mobil baru, tp belum serah terima. Dan waktu mobil mau diantarkan ternyata dikabarin ada kerusakan , apakah bisa ganti baru?

Re: Mobil baru bermasalah minta diganti baru . Apakah bisa?

Posted: Sun Oct 06, 2019 12:04
by Koddy
Avaluky wrote:Kalau misal baru beli mobil baru, tp belum serah terima. Dan waktu mobil mau diantarkan ternyata dikabarin ada kerusakan , apakah bisa ganti baru?
Kalau buyer maksain minta diganti unit baru, selama belum tanda tangan surat serah terima, ya masih hak nya buyer.
Paling yang gondok sales dan pihak dealer.

Tapi balik lagi, rasanya kebanyakan buyer kita sih pada baik hati dan penuh kerelaan, untuk mau terima unit yang udah di repair/repaint dan bukan ori pabrikan [emoji23]