Mohon bantuannya mastah!!!

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, b8099ok, FRD, billyd1773dz, ChZ

Xtremer
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: 20 Oct 2017, 08:41
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Xtrail-T31-XT

Mohon bantuannya mastah!!!

Post by Xtremer » 20 Oct 2017, 08:55

Jadi ceritanya saya baru adopsi x trail t31 2008 second nih. Ada beberapa kendala yg mau saya tanyakan.

1. Air radiator lumayan cepat berkurang kira" untuk 30KM bisa berkurang 300 - 600ml tergantung macet atau lancar. Air di reservoir berkurang dan di radiatornya pun berkurang tapi sedikit. Apa benar teman saya bilang kalau tutup radiatornya perlu diganti ya mastah"?

2. Ada bunyi seperti besi bergesek di sekitar ban waktu berjalan (seperti bunyi disc brake bertemu kampas rem yg habis) tapi anehnya bunyinya gak langsung keluar waktu mobil jalan. Nunggu agak lama jalan baru bunyinya keluar. Dan kalau udah keluar bunyinya udah konsisten keluar terus. Mau di rem atau gak ga ada pengaruh mastah. Mobil mau pelan atau cepet suaranya hampir sama cuman berkurang atau nambah keras dikit ga beda jauh.

Mohon bantuannya ya para mastah" SM. Oh iya info tambahan velg nya dari waktu beli udah ga OEM. Udah diganti aftermarket. Besok rencana mau spooring karena setir ga lurus.

bolabola
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: 12 Aug 2017, 08:32
Location: denpasar
Daily Vehicle: car

Re: Mohon bantuannya mastah!!!

Post by bolabola » 20 Oct 2017, 10:12

sekedar berbagi berdasarkan yang saya alami ya

kendaraan tempur saya avanza no fl 2011,sudah pernah ganti tutup radiator, tapi kondisi kendaraan ane tidak seperti kendaraan agan, jalan 30km bisa berkurang 300-600ml, kendaraan ane 2x ganti oli baru ane ganti tutup radiator nya. Selama kondisi tersebut, saya belum pernah menambahkan coolant ke reservoir. saya ganti waktu itu pas sekalian servis berkala 80.000km, sekalian saya suruh cek tutup radiator nya, dan ternyata rusak, trus langsung diganti sama bengkel.

yang pertama kali dilakukan coba bawa ke bengkel trus suruh cek pake alat untuk mengecek kondisi tutup radiator.

Xtremer
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: 20 Oct 2017, 08:41
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Xtrail-T31-XT

Re: Mohon bantuannya mastah!!!

Post by Xtremer » 20 Oct 2017, 10:28

Wah yang view banyak tapi ga ada yg reply. apa saya salah kamar ya? maaf baru gabung soalnya :big_cry: :big_cry:

akbarfit
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 164
Joined: 02 Jul 2010, 22:23

Re: Mohon bantuannya mastah!!!

Post by akbarfit » 20 Oct 2017, 10:35

Xtremer wrote:
20 Oct 2017, 08:55
Jadi ceritanya saya baru adopsi x trail t31 2008 second nih. Ada beberapa kendala yg mau saya tanyakan.

1. Air radiator lumayan cepat berkurang kira" untuk 30KM bisa berkurang 300 - 600ml tergantung macet atau lancar. Air di reservoir berkurang dan di radiatornya pun berkurang tapi sedikit. Apa benar teman saya bilang kalau tutup radiatornya perlu diganti ya mastah"?

2. Ada bunyi seperti besi bergesek di sekitar ban waktu berjalan (seperti bunyi disc brake bertemu kampas rem yg habis) tapi anehnya bunyinya gak langsung keluar waktu mobil jalan. Nunggu agak lama jalan baru bunyinya keluar. Dan kalau udah keluar bunyinya udah konsisten keluar terus. Mau di rem atau gak ga ada pengaruh mastah. Mobil mau pelan atau cepet suaranya hampir sama cuman berkurang atau nambah keras dikit ga beda jauh.

Mohon bantuannya ya para mastah" SM. Oh iya info tambahan velg nya dari waktu beli udah ga OEM. Udah diganti aftermarket. Besok rencana mau spooring karena setir ga lurus.
1. jangan2 pernah overheat.
2. Bearing nya perlu ganti.
DoctorJDM

Human that can humanize human is the best human.

akbarfit
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 164
Joined: 02 Jul 2010, 22:23

Re: Mohon bantuannya mastah!!!

Post by akbarfit » 20 Oct 2017, 10:36

cek ke spesialis nissan, kalo dirasa bengkel resmi terlalu mahal. Dimana? Tanyakan sama mbah google. Bengkel Spesialis Nissan. Pasti keluar banyak.
DoctorJDM

Human that can humanize human is the best human.

User avatar
marmut
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1925
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Mohon bantuannya mastah!!!

Post by marmut » 20 Oct 2017, 10:40

1. periksa klem di sambungan selang radiator. kalau perlu dibongkar semua dan dibersihkan, saat pemasangan oleskan sedikit grease di bagian dalam selang yang nempel ke radiator. oles tipis dan merata. jangan pakai sealant/silikon.
lepas tutup radiator, bandingkan kondisi kekenyalan karetnya dengan yang baru. nggak perlu jadi profesor kok buat tau kondisi karet tutup radiator masih bagus atau sudah minta ganti....

2. urusan bunyi paling enak dibongkar dan wajip inspeksi visual.
hal kaya gini bisa langsung ketauan, bisa juga makan waktu yang tidak sebentar.

semoga membantu.


p.s :
setiap kebocoran air radiator PASTI meninggalkan jejak entah berwarna putih atau coklat. bisa diliat langsung. kalau jejak air sudah terlihat, disitulah permasalahannya.
[ / ]

Xtremer
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: 20 Oct 2017, 08:41
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Xtrail-T31-XT

Re: Mohon bantuannya mastah!!!

Post by Xtremer » 20 Oct 2017, 10:56

@akbarfit. thanks sudah respon bro. btw kalau bearing saya googling suaranya berdengung. ini gak berdengung bro. suaranya srekkk.... kayak besi diseret hahaha

@marmut thanks responnya bro. sabtu besok rencana diberesin bro mau spooring balancing terus ke nissan hahaha. semoga gk nguras kantong

Dnisbo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 150
Joined: 03 Feb 2015, 00:02

Re: Mohon bantuannya mastah!!!

Post by Dnisbo » 20 Oct 2017, 12:24

Xtremer wrote:
20 Oct 2017, 08:55
Jadi ceritanya saya baru adopsi x trail t31 2008 second nih. Ada beberapa kendala yg mau saya tanyakan.

1. Air radiator lumayan cepat berkurang kira" untuk 30KM bisa berkurang 300 - 600ml tergantung macet atau lancar. Air di reservoir berkurang dan di radiatornya pun berkurang tapi sedikit. Apa benar teman saya bilang kalau tutup radiatornya perlu diganti ya mastah"?

2. Ada bunyi seperti besi bergesek di sekitar ban waktu berjalan (seperti bunyi disc brake bertemu kampas rem yg habis) tapi anehnya bunyinya gak langsung keluar waktu mobil jalan. Nunggu agak lama jalan baru bunyinya keluar. Dan kalau udah keluar bunyinya udah konsisten keluar terus. Mau di rem atau gak ga ada pengaruh mastah. Mobil mau pelan atau cepet suaranya hampir sama cuman berkurang atau nambah keras dikit ga beda jauh.

Mohon bantuannya ya para mastah" SM. Oh iya info tambahan velg nya dari waktu beli udah ga OEM. Udah diganti aftermarket. Besok rencana mau spooring karena setir ga lurus.
Radiator di cek ada yg bocor apa ga, coolant nissan warna hijau, klo ada kerak2 hijau di sluran pendinginan, disitu yg bocor. Klo ga ketemu kebocoran cek kompresi, takutnya udah melenting.

Bunyi besi bergesek biasanya kampar rem sudah waktunya ganti. Coba di cek dulu kampas remnya.

Untuk lebih pasti Ke bengkel resmi nissan buat general check up dan estimasi perbaikan.

Xtremer
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: 20 Oct 2017, 08:41
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Xtrail-T31-XT

Re: Mohon bantuannya mastah!!!

Post by Xtremer » 20 Oct 2017, 13:13

Dnisbo wrote:
20 Oct 2017, 12:24
Xtremer wrote:
20 Oct 2017, 08:55
Jadi ceritanya saya baru adopsi x trail t31 2008 second nih. Ada beberapa kendala yg mau saya tanyakan.

1. Air radiator lumayan cepat berkurang kira" untuk 30KM bisa berkurang 300 - 600ml tergantung macet atau lancar. Air di reservoir berkurang dan di radiatornya pun berkurang tapi sedikit. Apa benar teman saya bilang kalau tutup radiatornya perlu diganti ya mastah"?

2. Ada bunyi seperti besi bergesek di sekitar ban waktu berjalan (seperti bunyi disc brake bertemu kampas rem yg habis) tapi anehnya bunyinya gak langsung keluar waktu mobil jalan. Nunggu agak lama jalan baru bunyinya keluar. Dan kalau udah keluar bunyinya udah konsisten keluar terus. Mau di rem atau gak ga ada pengaruh mastah. Mobil mau pelan atau cepet suaranya hampir sama cuman berkurang atau nambah keras dikit ga beda jauh.

Mohon bantuannya ya para mastah" SM. Oh iya info tambahan velg nya dari waktu beli udah ga OEM. Udah diganti aftermarket. Besok rencana mau spooring karena setir ga lurus.
Radiator di cek ada yg bocor apa ga, coolant nissan warna hijau, klo ada kerak2 hijau di sluran pendinginan, disitu yg bocor. Klo ga ketemu kebocoran cek kompresi, takutnya udah melenting.

Bunyi besi bergesek biasanya kampar rem sudah waktunya ganti. Coba di cek dulu kampas remnya.

Untuk lebih pasti Ke bengkel resmi nissan buat general check up dan estimasi perbaikan.

thanks responnya bro dnisbo. iya sih lebih masuk akal ke kampas rem memang. kalau seperti kata salah satu mastah diatas bearing kayaknya suaranya ga gitu ya? tapi yg saya bingung kampas rem bukannya harusnya pas di rem baru bunyi ya bro? lah ini sepanjang perjalanan bunyi wkwkwkwk.
tapi itupun gk langsung waktu mobil gerak bunyi. nunggu agak lama dulu jalan baru keluar bunyinya. dan itu bunyinya di luar kedengeran lumayan keras tapi di kabin ga denger apa" makannya saya baru tau juga.

ABEDUL
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 160
Joined: 16 Oct 2016, 05:21

Re: Mohon bantuannya mastah!!!

Post by ABEDUL » 20 Oct 2017, 13:16

Coba bantu, walau gak pernah punya mobil Nissan.
1. Kalau radiator bocor biasanya meninggalkan jejak, dan pasti ketahuan letak masalahnya
2. Coba bongkar kaki-kaki, setau gue masalah umum t31 ada di kaki-kaki yang lemah, biar langsung di eksekusi masalah tersebut. Kalau kampas rem yang habis, bakal bunyi ketika sedang diinjak pedal rem tsb.

ginting
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1946
Joined: 08 Dec 2013, 23:05

Re: Mohon bantuannya mastah!!!

Post by ginting » 20 Oct 2017, 13:45

Xtremer wrote:
20 Oct 2017, 08:55
Jadi ceritanya saya baru adopsi x trail t31 2008 second nih. Ada beberapa kendala yg mau saya tanyakan.

1. Air radiator lumayan cepat berkurang kira" untuk 30KM bisa berkurang 300 - 600ml tergantung macet atau lancar. Air di reservoir berkurang dan di radiatornya pun berkurang tapi sedikit. Apa benar teman saya bilang kalau tutup radiatornya perlu diganti ya mastah"?

2. Ada bunyi seperti besi bergesek di sekitar ban waktu berjalan (seperti bunyi disc brake bertemu kampas rem yg habis) tapi anehnya bunyinya gak langsung keluar waktu mobil jalan. Nunggu agak lama jalan baru bunyinya keluar. Dan kalau udah keluar bunyinya udah konsisten keluar terus. Mau di rem atau gak ga ada pengaruh mastah. Mobil mau pelan atau cepet suaranya hampir sama cuman berkurang atau nambah keras dikit ga beda jauh.

Mohon bantuannya ya para mastah" SM. Oh iya info tambahan velg nya dari waktu beli udah ga OEM. Udah diganti aftermarket. Besok rencana mau spooring karena setir ga lurus.
1. Coba cek oli..jangan jangan sudah kayak susu (gegara campur dengan air radiator yang rembes dari water jacket)

2. Bongkar rem belakang. Takutnya remnya nggigit waktu diinjak, dan waktu kaki dilepas dari pedal rem, dia tidak kembali sempurna.

#bukan-mastah

Xtremer
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: 20 Oct 2017, 08:41
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Xtrail-T31-XT

Re: Mohon bantuannya mastah!!!

Post by Xtremer » 20 Oct 2017, 13:49

thanks responnya @ginting. oli mesin baru ganti minggu lalu. normal warnanya hitam pekat hahaha

Dnisbo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 150
Joined: 03 Feb 2015, 00:02

Re: Mohon bantuannya mastah!!!

Post by Dnisbo » 20 Oct 2017, 15:11

Xtremer wrote:
20 Oct 2017, 13:13
Dnisbo wrote:
20 Oct 2017, 12:24
Xtremer wrote:
20 Oct 2017, 08:55
Jadi ceritanya saya baru adopsi x trail t31 2008 second nih. Ada beberapa kendala yg mau saya tanyakan.

1. Air radiator lumayan cepat berkurang kira" untuk 30KM bisa berkurang 300 - 600ml tergantung macet atau lancar. Air di reservoir berkurang dan di radiatornya pun berkurang tapi sedikit. Apa benar teman saya bilang kalau tutup radiatornya perlu diganti ya mastah"?

2. Ada bunyi seperti besi bergesek di sekitar ban waktu berjalan (seperti bunyi disc brake bertemu kampas rem yg habis) tapi anehnya bunyinya gak langsung keluar waktu mobil jalan. Nunggu agak lama jalan baru bunyinya keluar. Dan kalau udah keluar bunyinya udah konsisten keluar terus. Mau di rem atau gak ga ada pengaruh mastah. Mobil mau pelan atau cepet suaranya hampir sama cuman berkurang atau nambah keras dikit ga beda jauh.

Mohon bantuannya ya para mastah" SM. Oh iya info tambahan velg nya dari waktu beli udah ga OEM. Udah diganti aftermarket. Besok rencana mau spooring karena setir ga lurus.
Radiator di cek ada yg bocor apa ga, coolant nissan warna hijau, klo ada kerak2 hijau di sluran pendinginan, disitu yg bocor. Klo ga ketemu kebocoran cek kompresi, takutnya udah melenting.

Bunyi besi bergesek biasanya kampar rem sudah waktunya ganti. Coba di cek dulu kampas remnya.

Untuk lebih pasti Ke bengkel resmi nissan buat general check up dan estimasi perbaikan.

thanks responnya bro dnisbo. iya sih lebih masuk akal ke kampas rem memang. kalau seperti kata salah satu mastah diatas bearing kayaknya suaranya ga gitu ya? tapi yg saya bingung kampas rem bukannya harusnya pas di rem baru bunyi ya bro? lah ini sepanjang perjalanan bunyi wkwkwkwk.
tapi itupun gk langsung waktu mobil gerak bunyi. nunggu agak lama dulu jalan baru keluar bunyinya. dan itu bunyinya di luar kedengeran lumayan keras tapi di kabin ga denger apa" makannya saya baru tau juga.
Kalau bearing bunyinya dengung atau gemuruh. Pengalaman gw klo kampas rem sudah parah bunyinya konstan, ga cuma pas di rem aja.

vinchazz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 270
Joined: 11 Aug 2016, 21:27

Re: Mohon bantuannya mastah!!!

Post by vinchazz » 20 Oct 2017, 15:22

mendengar penjelasan agan, sepertinya sama dengan masalah saya dulu (semoga sama cara betulinnya)
kalo udah panas (jalan beberapa lama ato abis ngebut selip selip di tol) keluar juga bunyi ngiiiiiik ngiiiik gitu walo rem gk diinjek
ternyata pas dibawa ke beres, masalah terjadi karena 2 hal
1. kampas rem KW menyebabkan pengereman tidak bagus dan merusak piringan (maklum 2nd hand)
2. piringan sudah tidak rata jadi perlu dibubut biar rata lagi

abis ganti pake kampas rem ori + ratain piringan langsung deh gk keluar bunyi bunyi lagi sampe sekarang, well mulai keluar lagi sih rem belakangnya terutama pas lagi mau masukin mobil ke garasi yang perlu tahan rem biar maju pelan pelan

Xtremer
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: 20 Oct 2017, 08:41
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Xtrail-T31-XT

Re: Mohon bantuannya mastah!!!

Post by Xtremer » 20 Oct 2017, 15:36

thanks responnya @vinchazz. iya ini mirip nih sama masalah saya bro. cuman beda di suaranya aja palingan. kalau punya saya suaranya udah gk ada jeda ngik.. ngik.. udah sreekkk..................... konstan gitu terus persis kayak besi gesekan sama besi hahaha.

User avatar
daftar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1242
Joined: 09 Nov 2014, 22:35

Re: Mohon bantuannya mastah!!!

Post by daftar » 20 Oct 2017, 15:39

1. ya dibelikan tutup radiator aja dulu kan nggak mahal, kalau masih bocor bawa ke spesialis
2. coba cek posisi kaliper rem, baut & bushingnya

satriakarisma
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 91
Joined: 13 Oct 2016, 11:34

Re: Mohon bantuannya mastah!!!

Post by satriakarisma » 20 Oct 2017, 16:14

1. coba cek bos piston kalipernya
2. ganti tutup radiator

semoga membantu Om

marhadiyantodwi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: 31 Jan 2017, 17:21

Re: Mohon bantuannya mastah!!!

Post by marhadiyantodwi » 20 Oct 2017, 17:18

Bantu jawab no 2.
Cek as roda Kak. Mungkin udah tipis, segera ganti, JANGAN dibubut, harus ganti.
Pengalaman di panther tahun 2000. As roda udah kemakan, terus dibubut. Masalah bunyi ilang beberapa bulan, terus patah di tol, untung gak kebalik. Ternyata as roda gak boleh dibubut, ganti sekalian.

liemivan86
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 219
Joined: 24 Jun 2017, 22:39

Re: Mohon bantuannya mastah!!!

Post by liemivan86 » 20 Oct 2017, 17:31


Xtremer wrote:
thanks responnya bro dnisbo. iya sih lebih masuk akal ke kampas rem memang. kalau seperti kata salah satu mastah diatas bearing kayaknya suaranya ga gitu ya? tapi yg saya bingung kampas rem bukannya harusnya pas di rem baru bunyi ya bro? lah ini sepanjang perjalanan bunyi wkwkwkwk.
tapi itupun gk langsung waktu mobil gerak bunyi. nunggu agak lama dulu jalan baru keluar bunyinya. dan itu bunyinya di luar kedengeran lumayan keras tapi di kabin ga denger apa" makannya saya baru tau juga.
Kalo kampas rem sih cek nya nda susah. Dongkrak salah satu Ban depan, lalu putar dengan tangan, kalo memang suara nya dari sana, akan kedengaran. Ulangi di ban velakang.

Tats
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: 01 Oct 2017, 12:36

Re: Mohon bantuannya mastah!!!

Post by Tats » 20 Oct 2017, 17:55

Om cek semua cooling systemnya
Apakah radiator dan reservoirnya pecah
Cek juga pipa cooling systemnya
Jangan lupa water pumpnya masih berfungsi normal apa ada kerusakan

Bunyi srek2 bisa juga terjadi karena disc brake bergelombang
Solusinya bisa dibubut atau diganti disc brakenya
Gejalanya kalau sedang ngerem di kecepatan tinggi, setir terasa bergetar

User avatar
marmut
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1925
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Mohon bantuannya mastah!!!

Post by marmut » 20 Oct 2017, 19:13

marhadiyantodwi wrote:
20 Oct 2017, 17:18
Bantu jawab no 2.
Cek as roda Kak. Mungkin udah tipis, segera ganti, JANGAN dibubut, harus ganti.
Pengalaman di panther tahun 2000. As roda udah kemakan, terus dibubut. Masalah bunyi ilang beberapa bulan, terus patah di tol, untung gak kebalik. Ternyata as roda gak boleh dibubut, ganti sekalian.
ini contoh pernyataan yang bikin saya garuk-garuk kepala walopun tidak gatal.
as roda sudah tipis? WTF? ada yang bisa ngejelasin gimana caranya as roda menipis?
[ / ]

k1493nk
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: 14 Oct 2015, 05:18

Re: Mohon bantuannya mastah!!!

Post by k1493nk » 20 Oct 2017, 19:20

Xtremer wrote:
Dnisbo wrote:
20 Oct 2017, 12:24
Xtremer wrote:
20 Oct 2017, 08:55
Jadi ceritanya saya baru adopsi x trail t31 2008 second nih. Ada beberapa kendala yg mau saya tanyakan.

1. Air radiator lumayan cepat berkurang kira" untuk 30KM bisa berkurang 300 - 600ml tergantung macet atau lancar. Air di reservoir berkurang dan di radiatornya pun berkurang tapi sedikit. Apa benar teman saya bilang kalau tutup radiatornya perlu diganti ya mastah"?

2. Ada bunyi seperti besi bergesek di sekitar ban waktu berjalan (seperti bunyi disc brake bertemu kampas rem yg habis) tapi anehnya bunyinya gak langsung keluar waktu mobil jalan. Nunggu agak lama jalan baru bunyinya keluar. Dan kalau udah keluar bunyinya udah konsisten keluar terus. Mau di rem atau gak ga ada pengaruh mastah. Mobil mau pelan atau cepet suaranya hampir sama cuman berkurang atau nambah keras dikit ga beda jauh.

Mohon bantuannya ya para mastah" SM. Oh iya info tambahan velg nya dari waktu beli udah ga OEM. Udah diganti aftermarket. Besok rencana mau spooring karena setir ga lurus.
Radiator di cek ada yg bocor apa ga, coolant nissan warna hijau, klo ada kerak2 hijau di sluran pendinginan, disitu yg bocor. Klo ga ketemu kebocoran cek kompresi, takutnya udah melenting.

Bunyi besi bergesek biasanya kampar rem sudah waktunya ganti. Coba di cek dulu kampas remnya.

Untuk lebih pasti Ke bengkel resmi nissan buat general check up dan estimasi perbaikan.

thanks responnya bro dnisbo. iya sih lebih masuk akal ke kampas rem memang. kalau seperti kata salah satu mastah diatas bearing kayaknya suaranya ga gitu ya? tapi yg saya bingung kampas rem bukannya harusnya pas di rem baru bunyi ya bro? lah ini sepanjang perjalanan bunyi wkwkwkwk.
tapi itupun gk langsung waktu mobil gerak bunyi. nunggu agak lama dulu jalan baru keluar bunyinya. dan itu bunyinya di luar kedengeran lumayan keras tapi di kabin ga denger apa" makannya saya baru tau juga.
Di kampas rem ada plat yang akan bersinggungan dengan disk bila kampas habis atau dah tipis. Jadi ga di rempun akan bunyi bila kmpas dah tipis. Cmiiw

jivos
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1186
Joined: 28 Nov 2008, 16:04
Location: jkt

Re: Mohon bantuannya mastah!!!

Post by jivos » 20 Oct 2017, 19:39

1. Cr cek klo tutup b'masalah

saat mbl dah d temparatur kerja normal/panas - -cabut selang hawa radiator yg k reservoir
-injak gas/tarik pelatuk gas dr engine bay
-klo air muncrat" keluar dr lubang hawa....
Bisa di pastikan hrs ganti tutup radiator.

2. Bunyi shrek...shrek
sy bbrp kali alamin...cover protector disc (yg dr seng) ada bersinggungan dg disc/benda lain.
Solusinya: tekan/dorong k belakang (pk tangan)

Hopely membantu :big_grin:
is it fun? :mrgreen: Is it reliable ?

Xtremer
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: 20 Oct 2017, 08:41
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Xtrail-T31-XT

Re: Mohon bantuannya mastah!!!

Post by Xtremer » 20 Oct 2017, 22:08

Thanks semua bro responya. Barusan saya coba lagi ternyata bunyi di sekitar ban udah ada dari awal mobil jalan. Di roda kiri depan aja. Lainnnya ga bunyi. Apa mungkin ada kerikil di antara disc brake sama besi yg di blkng disc brake itu ya?

faran
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 20 Oct 2017, 22:24

Re: Mohon bantuannya mastah!!!

Post by faran » 20 Oct 2017, 23:00

Soal rem bunyi kalau udah jalan / panas, kemungkinan piston" agak macet / grease udah pada keras, efeknya piston nggak balik ke posisi semula.. Jadinya kanvas rem nggesek terus.

Solusinya ganti karet / kit rem sama grease nya..

(Kali... peace)

Post Reply

Return to “Common Topics of Cars or Automotive”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 5 guests