ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

bl4cks4m1dj4
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Fri Apr 24, 2009 6:20

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by bl4cks4m1dj4 »

Nih cara ngetes plat body yg bener sama si jeremy...

https://youtu.be/DbJmhT5LH9E

Sent from my SM-N910H using Tapatalk

diidoot
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 302
Joined: Wed May 11, 2016 8:40

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by diidoot »

iamwewe wrote: Thu Apr 27, 2017 1:58
nah ini contohnya lbh ekstrim lagi. lets say sama2 ditabrak forti speed 60kph dari blkg. kalo saya sih jujur aja, saya lbh pegang penumpang baris k2 GL akan less injured dibanding penumpang baris k2 agyana.
Kalau dari belakang hmm kalau baris kedua kayaknya ya iya GL menang secara masih punya bagasi yang ada kursinya itu. Cuman kalau dibandingin Agya baris kedua dan GL baris ketiga ga tau deh. Kalau penerawangan sotoy saya sih kekuatan mobil ditabrak ya banyak faktornya, dan yang paling utama menurut saya ya kekuatan struktur mobil tsb, percuma plat tebel tapi strukturnya ga bagus :mky_08:
-
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by Herman7103 »

Kalau menurut pendapat saya terserah masing masing konsumen mau beli mobil dgn plat tebal atau yang yakin dgn crumple Zone. Defensive driving and drive safe sangat penting apapun mobilnya.

Sent from my Redmi Note 3 using Seraya Motor mobile app

:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15634
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: RE: Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by ChZ »

basah wrote: Thu Apr 27, 2017 4:14
Batas toleransi 60 kph di crash test itu dengan bobot on the road plus pengemudi atau off the road tanpa pengemudi ?

Berarti impact dengan full loaded akan memberikan kerusakan yg fatal ya walaupun dengan kecepatan yg sama dg uji crash test (60kph) karena momentumnya lebih besar. Padahal kita liat dijalanan avanza bener-bener raja jalanan maksudnya gaya mengemudi motor tapi pake mobil dimana zigzag, full throttle dan akeslerasi dan deselerasi mendadak kayak pemandangan lazim............ :big_grin:

Berarti faktor kaleng kerupuk bahan pembuat struktur itulah ya yang membuat pemandangan berlipat ya bro. Pantesan zaman sekarang kalo dijawa pada takut kalo ketemu becak................. :big_grin:
Nah faktor kaleng kerupuk itu dipengaruhi ketebalan plat yg digunakan atau apa bro ?
Full penumpang tanpa barang... kalau passenger vehicle. Untuk mensimulasikan efek tabrakan ke child occupants juga. Terkadang mobil yang punya fitur ISOFIX juga disimulasikan menggunakan child seat.

Full loaded di passenger cars mungkin dampaknya tidak signifikan ketika tabrakan, maksimal hanya akan bertambah 40 - 50% dari bobot mobil itu sendiri (asumsi mobil MPV 7 penumpang dengan rata - rata bobot 60kg, 60 x 7 = 420kg, Toyota Avanza bobotnya 1.060 kg), tapi full loaded di truk bisa fatal karena truk besar punya kapasitas muat yang besar. Bobot truk besar bisa bertambah lebih dari 2x lipat bobot truk itu sendiri. Apalagi di Indonesia sering banget dipake overload.

Uji KIR yang ngga bener, truknya sering overload.... Ngerti sendiri kan knp bus bus AKAP dan truk suka rem blong dan mencelakakan orang...?

Selain itu yang berpengaruh adalah pusat beban mobilnya. Krn mobil bukan partikel (seperti yang sering diajarkan di pelajaran fisika SMP bahwa mobil diasumsikan seperti partikel sehingga mengabaikan faktor pusat beban mobil).

Yang bikin rangka mobil macem kaleng kerupuk... banyak... dari bahan rangkanya... titik las nya... titik las berpengaruh juga terhadap structural rigidity.
daftar wrote: Thu Apr 27, 2017 4:04 sekalipun plat tipis tidak banyak berpengaruh, tapi tidak bisa dipungkiri kalo alasannya mobil2 buatan indo tpis karena cost reduction, plat mobil2 CBU india bodynya lebih tebel ketimbang mobil Indo tuh, safety juga kalo dibanding kita hampir sama atau lebih bagus sana dikit.,

tapi kalo chasis mobil sekarang sih kebanyakan lebih kaku daripada mobil dulu2, naikin aja mobil tua pasti kerasa banget chassis flex nya, entah karena umur atau memang chassisnya letoy
Ah itu mobil buatan India TATA aja platnya keras ampun... wkwkwk... Sebetulnya mobil skrg no need plat tebel-tebel... Makin kesini ngejarnya ringan dan kuat... Teknik pengolahan logam juga makin kesini makin banyak...

Jualan mobil di Indonesia cvan nya ngga afdol om kalau ngga sunat menyunat... Krn jualan makin seret.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ipat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 679
Joined: Thu Oct 29, 2015 17:33

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by ipat »

Bro Chz tanya, penambahan crosbar,rollbar pada mobil harian apakah ngaruh banget,pada rigidtas/handling (fungsi utama)? Suka liat alay2 pake rollbar,ga tau itu fungsi apa ga,
Liat MEX ada yg pake mobil 4x6 rangka full tubular,di gasruk2in masih aman
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15634
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by ChZ »

ipat wrote: Thu Apr 27, 2017 11:59 Bro Chz tanya, penambahan crosbar,rollbar pada mobil harian apakah ngaruh banget,pada rigidtas/handling (fungsi utama)? Suka liat alay2 pake rollbar,ga tau itu fungsi apa ga,
Liat MEX ada yg pake mobil 4x6 rangka full tubular,di gasruk2in masih aman
Asal titik pemasangannya tepat sih ngaruh pasti ke handling.

Masalahnya terkadang alay alay itu masang ya buat asesoris doang.

Roll bar / strut bar / roll cage di mobil balap biasa dibaut di dudukan suspensi mobil atau bahkan dilas ke rangka.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by pernahmiskin »

Plat body tebal ga jd jaminan mutlak terhadap keselamatan...

Beberapa tahun lalu driver truk jg helper yg kerja ikut sy meninggal d tempat karena adu kambing di daerah probolinggo arah situbondo, antara pick up vs truk 40 feet (milik sy)..
Pick up kosongan dan truk muatan penuh.
Menurut keterangan petugas yg berwajib kecepatan pick up 120 kpj, dan truk 40 kpj...

Kalau d logika/ nalar, si pick up kemungkinan ga bisa tewasin driver dan helper ane, menurut hitungan berat, tinggi, tebal plat dll..apalagi truk sy jg ada bumper berbahan pipa baja jg plat bordes baja....(kondisi truk sy sampai as roda depan patah dan kabin ambrol)

Lebih hati2 d jalan, jangan egois apalagi cepet panas d jalanan....
Selalu ingat anak dan istri yg menjadi rem keegoisan/emosi sy d jalan.
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:
karlmantowi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 252
Joined: Thu Apr 27, 2017 13:41
Location: JKT
Daily Vehicle: B101S..

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by karlmantowi »

Kalo BMW & Merc plat terkenal rigid, tapi apakah buatan lokal nya memakai sama seperti plat buatan German?
racho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 418
Joined: Fri Dec 28, 2012 22:59
Location: CID +6221
Daily Vehicle: Kawa EX650E

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by racho »

entahlah kalo BMW & Merc,
tapi kalo Suzuki... yang made in Hungary, India, Indonesia, Thailand, Jepang... beda.
Swift India, Global NCAP dapet nol bintang, sasisnya ga stabil... bengkok abis nabrak.
sementara yang buat pasar Eropa bisa bintang 5. kan edan tuh?

eniwei, S600 Guard-nya pakde Joko dan akhi Salman kira-kira sekuat apa ya sasisnya?
The Government wants Power! They rob it from our engines.

EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
karlmantowi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 252
Joined: Thu Apr 27, 2017 13:41
Location: JKT
Daily Vehicle: B101S..

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by karlmantowi »

Merc yang baru hanya beda 50jt, lebih baik yang CBU. Workman/hour di German saja sudah dapat mengcover perbedaan 50jt tsb.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15634
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by ChZ »

pernahmiskin wrote: Thu Apr 27, 2017 13:46 Plat body tebal ga jd jaminan mutlak terhadap keselamatan...

Beberapa tahun lalu driver truk jg helper yg kerja ikut sy meninggal d tempat karena adu kambing di daerah probolinggo arah situbondo, antara pick up vs truk 40 feet (milik sy)..
Pick up kosongan dan truk muatan penuh.
Menurut keterangan petugas yg berwajib kecepatan pick up 120 kpj, dan truk 40 kpj...

Kalau d logika/ nalar, si pick up kemungkinan ga bisa tewasin driver dan helper ane, menurut hitungan berat, tinggi, tebal plat dll..apalagi truk sy jg ada bumper berbahan pipa baja jg plat bordes baja....(kondisi truk sy sampai as roda depan patah dan kabin ambrol)

Lebih hati2 d jalan, jangan egois apalagi cepet panas d jalanan....
Selalu ingat anak dan istri yg menjadi rem keegoisan/emosi sy d jalan.
Pernah jg kejadian... Supir truk orang tua sy ditabrak mobil travel L300 dari arah berlawanan... supir L300 nya meninggal dan supir papa sy patah kaki...

Truknya truk 6 roda.. Kalo di logika seharusnya truk ini bobotnya lebih dari 2x lipet L300... dan kalau dipikir nggak mungkin bisa sampe patah kaki... kalo memang plat tebel lebih aman. Nggak ngebut loh...

Sedangkan saya tabrakan 70 km/h di tol Porong nabrak beton dengan SX4 justru badan saya nggak kenapa-napa... luka kegores pun enggak... pdhl SX4 bobotnya lebih ringan dari truk...
karlmantowi wrote: Thu Apr 27, 2017 13:46 Kalo BMW & Merc plat terkenal rigid, tapi apakah buatan lokal nya memakai sama seperti plat buatan German?
Mobil Eropa setau sy statusnya masih Semi Knocked-Down. Local content nya masih sedikit.

orang kita cuma ngecat dan pasang-pasang part aja...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by pernahmiskin »

ChZ wrote: Thu Apr 27, 2017 16:31
pernahmiskin wrote: Thu Apr 27, 2017 13:46 Plat body tebal ga jd jaminan mutlak terhadap keselamatan...

Beberapa tahun lalu driver truk jg helper yg kerja ikut sy meninggal d tempat karena adu kambing di daerah probolinggo arah situbondo, antara pick up vs truk 40 feet (milik sy)..
Pick up kosongan dan truk muatan penuh.
Menurut keterangan petugas yg berwajib kecepatan pick up 120 kpj, dan truk 40 kpj...

Kalau d logika/ nalar, si pick up kemungkinan ga bisa tewasin driver dan helper ane, menurut hitungan berat, tinggi, tebal plat dll..apalagi truk sy jg ada bumper berbahan pipa baja jg plat bordes baja....(kondisi truk sy sampai as roda depan patah dan kabin ambrol)

Lebih hati2 d jalan, jangan egois apalagi cepet panas d jalanan....
Selalu ingat anak dan istri yg menjadi rem keegoisan/emosi sy d jalan.
Pernah jg kejadian... Supir truk orang tua sy ditabrak mobil travel L300 dari arah berlawanan... supir L300 nya meninggal dan supir papa sy patah kaki...

Truknya truk 6 roda.. Kalo di logika seharusnya truk ini bobotnya lebih dari 2x lipet L300... dan kalau dipikir nggak mungkin bisa sampe patah kaki... kalo memang plat tebel lebih aman. Nggak ngebut loh...

Sedangkan saya tabrakan 70 km/h di tol Porong nabrak beton dengan SX4 justru badan saya nggak kenapa-napa... luka kegores pun enggak... pdhl SX4 bobotnya lebih ringan dari truk...
Om chz hoki'nya gede, sopir ortu'nya pas apes itu...

Sekuat apapun mobil dan secanggih canggihnya pemikiran insinyur pendesign keamanan mobil kalau pas apes ya alamat bablas nyawane...
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15634
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by ChZ »

pernahmiskin wrote: Thu Apr 27, 2017 19:23

Om chz hoki'nya gede, sopir ortu'nya pas apes itu...

Sekuat apapun mobil dan secanggih canggihnya pemikiran insinyur pendesign keamanan mobil kalau pas apes ya alamat bablas nyawane...
Kan lg bahas masalah plat tebel vs tipis... bukan bahas nyawa melayang atau enggak om. Kalo nyawa melayang sy percaya itu kehendak yang Kuasa... Kita lagi bahas teknologi safety bukan ngomongin nyawa... wkwkwkwk...

Kalo ngomong SX4 sama truk Fuso sih SX4 lebih ringan dan bempernya plastik bo... yang kata orang ih serem mobil skrg bempernya plastik.

Teorinya seharusnya saya cedera lebih parah di SX4 karena udah kenceng ... yang ditabrak beton, kalo nurutin opini "plat bodi tipis nggak aman"...

Saya juga pertama heran kok head-on collision di truk Fuso dengan kecepatan nggak seberapa (paling 20-30 km/h, wong tanjakan) rangkanya bisa hancur begitu... L300 yang nabrak kecepatannya tinggi tapi bobotnya L300 dibanding Fuso berapa sih kok bisa sebuah L300 ngancurin kabin Fuso... Kan berarti itu benturan diteruskan sepenuhnya ke kabin. Blom Fuso nggak punya teknologi crumple zone di bagian depan sehingga kaki supir jadi bempernya...

Sayang sy gak ada foto nya, dulu sempet liat dan ngeri juga.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by iamwewe »

ChZ wrote: Fri Apr 28, 2017 1:14 Kan lg bahas masalah plat tebel vs tipis... bukan bahas nyawa melayang atau enggak om. Kalo nyawa melayang sy percaya itu kehendak yang Kuasa... Kita lagi bahas teknologi safety bukan ngomongin nyawa... wkwkwkwk...

Kalo ngomong SX4 sama truk Fuso sih SX4 lebih ringan dan bempernya plastik bo... yang kata orang ih serem mobil skrg bempernya plastik.

Teorinya seharusnya saya cedera lebih parah di SX4 karena udah kenceng ... yang ditabrak beton, kalo nurutin opini "plat bodi tipis nggak aman"...

Saya juga pertama heran kok head-on collision di truk Fuso dengan kecepatan nggak seberapa (paling 20-30 km/h, wong tanjakan) rangkanya bisa hancur begitu... L300 yang nabrak kecepatannya tinggi tapi bobotnya L300 dibanding Fuso berapa sih kok bisa sebuah L300 ngancurin kabin Fuso... Kan berarti itu benturan diteruskan sepenuhnya ke kabin. Blom Fuso nggak punya teknologi crumple zone di bagian depan sehingga kaki supir jadi bempernya...

Sayang sy gak ada foto nya, dulu sempet liat dan ngeri juga.
kalo fuso vs elsapek ini bukan karena mereka nggak ada moncong? fuso menurut saya jg udh evolve banyak baik sisi mesin (tweaked), desain, dan harusnya sih safetynya jg, dibanding dgn elsapek yg daridulu gitu2 aja modelnya. jadi kalo fuso vs elsapek ya udh jelas saya megang yg di dlm fuso (lebih) aman.

cmiiw, fuso kalo series canter sih saya liat masih mempertahankan plat tebel2, blm lagi yg spt saya blg dia udh byk evolve. kalo elsapek, 2012 dan 2013 beli baru utk gantiin yg 2007 punya. wah tebel platnya beda jauh. yg saya rasaakan kentara banget di pintu. dan elsapek modelnya gitu2 aja nggak berubah, tau sndiri kan itu udh dari tahun brp elsapek. harusnya sih teknologi crumple zone nya ya memang yg jaman dahulu punya.
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1406
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by iwing »

klo soal sx4, ada yang sharing di forum dimana sx4 nya (varian diesel) ditabrak dari samping sama peugeot. sx4 nya muter2 sampe menghantam pembatas jalan sedangkan peugeot nya bagian depan ringsek parah. kemungkinan ditabrak dengan kecepatan 60-80 kpj. penumpang sx4 nya syukurlah aman. airbag nya banyak sih dan lokasi di perancis klo gak salah
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by coklatMetalik »

iamwewe wrote: Fri Apr 28, 2017 1:53
ChZ wrote: Fri Apr 28, 2017 1:14 Kan lg bahas masalah plat tebel vs tipis... bukan bahas nyawa melayang atau enggak om. Kalo nyawa melayang sy percaya itu kehendak yang Kuasa... Kita lagi bahas teknologi safety bukan ngomongin nyawa... wkwkwkwk...

Kalo ngomong SX4 sama truk Fuso sih SX4 lebih ringan dan bempernya plastik bo... yang kata orang ih serem mobil skrg bempernya plastik.

Teorinya seharusnya saya cedera lebih parah di SX4 karena udah kenceng ... yang ditabrak beton, kalo nurutin opini "plat bodi tipis nggak aman"...

Saya juga pertama heran kok head-on collision di truk Fuso dengan kecepatan nggak seberapa (paling 20-30 km/h, wong tanjakan) rangkanya bisa hancur begitu... L300 yang nabrak kecepatannya tinggi tapi bobotnya L300 dibanding Fuso berapa sih kok bisa sebuah L300 ngancurin kabin Fuso... Kan berarti itu benturan diteruskan sepenuhnya ke kabin. Blom Fuso nggak punya teknologi crumple zone di bagian depan sehingga kaki supir jadi bempernya...

Sayang sy gak ada foto nya, dulu sempet liat dan ngeri juga.
kalo fuso vs elsapek ini bukan karena mereka nggak ada moncong? fuso menurut saya jg udh evolve banyak baik sisi mesin (tweaked), desain, dan harusnya sih safetynya jg, dibanding dgn elsapek yg daridulu gitu2 aja modelnya. jadi kalo fuso vs elsapek ya udh jelas saya megang yg di dlm fuso (lebih) aman.

cmiiw, fuso kalo series canter sih saya liat masih mempertahankan plat tebel2, blm lagi yg spt saya blg dia udh byk evolve. kalo elsapek, 2012 dan 2013 beli baru utk gantiin yg 2007 punya. wah tebel platnya beda jauh. yg saya rasaakan kentara banget di pintu. dan elsapek modelnya gitu2 aja nggak berubah, tau sndiri kan itu udh dari tahun brp elsapek. harusnya sih teknologi crumple zone nya ya memang yg jaman dahulu punya.
Fusonya yg mn om?
Kalo fuso kepala orange buatan KTB sih itu desain jadul jg. Gk beda jauh sm L300
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15634
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by ChZ »

Fuso jadul koq... :ngacir:



Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1082
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by Zaxis »

Fuso oren itu mah di jepang uda ada dr taon 80an
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by coklatMetalik »

Nah sy agak penasaran.....

Utk mobil pickup kan di luar negeri udh mulai jarang yg cab over kyk colt, skrg banyaknya berubah jd semi bonnet kyk granmax....

Namun kok utk truk gede mayoritas ttp cab over, terutama di eropa & asia
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by Pugman »

ChZ wrote: Fri Apr 28, 2017 1:14
pernahmiskin wrote: Thu Apr 27, 2017 19:23

Om chz hoki'nya gede, sopir ortu'nya pas apes itu...

Sekuat apapun mobil dan secanggih canggihnya pemikiran insinyur pendesign keamanan mobil kalau pas apes ya alamat bablas nyawane...
Kan lg bahas masalah plat tebel vs tipis... bukan bahas nyawa melayang atau enggak om. Kalo nyawa melayang sy percaya itu kehendak yang Kuasa... Kita lagi bahas teknologi safety bukan ngomongin nyawa... wkwkwkwk...

Kalo ngomong SX4 sama truk Fuso sih SX4 lebih ringan dan bempernya plastik bo... yang kata orang ih serem mobil skrg bempernya plastik.

Teorinya seharusnya saya cedera lebih parah di SX4 karena udah kenceng ... yang ditabrak beton, kalo nurutin opini "plat bodi tipis nggak aman"...

Saya juga pertama heran kok head-on collision di truk Fuso dengan kecepatan nggak seberapa (paling 20-30 km/h, wong tanjakan) rangkanya bisa hancur begitu... L300 yang nabrak kecepatannya tinggi tapi bobotnya L300 dibanding Fuso berapa sih kok bisa sebuah L300 ngancurin kabin Fuso... Kan berarti itu benturan diteruskan sepenuhnya ke kabin. Blom Fuso nggak punya teknologi crumple zone di bagian depan sehingga kaki supir jadi bempernya...

Sayang sy gak ada foto nya, dulu sempet liat dan ngeri juga.
Ya kalau masalah fatality jelas sudah kehendak yang Kuasa, nyatanya paul walker naik posye yang safety katanya wahid juga lewat sementara temannya tidak. Tebal tipis plat body buat saya lebih ke fungsi estetika bukan safety.
Kenapa? Plat tebal lebih berguna untuk benturan ringan seperti senggolan waktu di kemacetan atau saat parkir, tertimpa buah seperti jambu bangkok atau mangga saat parkir di bawahnya. Karena dengan plat tebal tidak mudah berubah bentuk dibanding plat tipis yang kadang dengan benturan ringan saja terlihat kusut seperti kertas yang di remas.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15634
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by ChZ »

Pugman wrote: Sun Apr 30, 2017 5:44
Ya kalau masalah fatality jelas sudah kehendak yang Kuasa, nyatanya paul walker naik posye yang safety katanya wahid juga lewat sementara temannya tidak. Tebal tipis plat body buat saya lebih ke fungsi estetika bukan safety.
Kenapa? Plat tebal lebih berguna untuk benturan ringan seperti senggolan waktu di kemacetan atau saat parkir, tertimpa buah seperti jambu bangkok atau mangga saat parkir di bawahnya. Karena dengan plat tebal tidak mudah berubah bentuk dibanding plat tipis yang kadang dengan benturan ringan saja terlihat kusut seperti kertas yang di remas.
Yep om... kebanyakan justru lebih ke ngomongin crash ringan kayak nyenggol tiang atau nyenggol pager rumah... Tapi orang awam gak ngerti dikait-kaitin ama safety... "kalo nubruk tiang pelan aja udah penyok gimana kalo kenceng"... :big_slap:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
c_adhi_k
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2195
Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by c_adhi_k »

persepsi orang mobil makin tipis maka safety berkurang
Maka perusahaan bikin penjelasan bahwa mobil tebel tidak lebih baik daripada mobil tipis
Kenapa perusahaan ga bikin mobil rangka yang kuat kayak mobil sekarang dengan plat bodi tebal? Jadinya mahal euy
intinya plat tipis untuk cost reduction, fuel consumption dan mungkin beberapa untuk perhitungan performa mobil
CMIIW
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
setopratomo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Tue Dec 20, 2016 4:18

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by setopratomo »

Plat bodi tebel gak jaminan aman... Pernah liat kendaraan taktis sejenis panser nyungsep di jurang kedalaman sekitar 2 meter, pas penurunan rem blong..anggota yg di dalam kendaraan itu banyak yg mengalami patah tulang kaki, tangan. :big_smile]
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 764
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by silentIm2 »

Kalo bahas truk.. kabin truk di Indonesia tuh ga ada standar safetynya. Seandainya sasisnya bengkok pasti menekan body kabin juga. Rem saja sampai sekarang masih pakai tromol di semua roda. Kalo suplai angin putus ga ada mekanisme keselamatan. Ban masih pakai tube. Ini semua harusnya sudah dibanned.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140