Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: b8099ok, y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo

Post Reply
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9841
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by ChZ »

ricz wrote:
21 Apr 2017, 11:58
Kalo toyota, semuanya diurus beres karena cukup memuaskan pelayanannya, en kerjaannya jg not bad lah....

Kalo honda, beres honda di medan sampah abis, jdnya servis di bengkel langganan aja....
Pilus uwe sejak uwe pegang ga pernah sentuh beres atoyot... :big_slap:
Schweppes wrote:
21 Apr 2017, 12:06
Service di Beres ahond di deket rumah, begitu masuk masih free service 20.000KM, dijelaskan apa yg dikerjakan dan request untuk oli tidak usah diganti karena sudah diganti di Toda. SA lgs menjawab: "Pak, kalau tidak diganti oli disini nanti garansinya akan hangus..." ini nih yg bikin jengkel kalau service di beres. Beda banget sama beres ahond lain tempat saya beli mobil, mereka gak pernah komentar masalah oli
Sbtlnya kebijakan itu kan ada supaya beres g disalahin atas kejadian misal nutup baut nya gak kenceng... Tp kadang dibuat nakut - nakutin seakan kl ga servis di beres mobilnya bakal kenapa-napa... :mky_05: emang kejadian apa selain human error yang bikin ganti oli menghanguskan garansi :mky_05: kl kena oli palsu nah baru itu kesalahan user...

Beres intinya selalu ingin kita serpis disana... krn itu sumber cuan terbesar mereka... ngancem nya tinggal kalo gak serpis disana gugurin garansi... kl modif garansi gugur... Intinya mereka gak mau terima gretongan... maunya yang dapet duid... :ngacir: garansi itu kadang cuma lip service...
silentIm2 wrote:
21 Apr 2017, 12:13
Pengalaman sya jadi korban ATM beres, suka ngerjain yg ga perlu. Bersihkan kampas rem lah, carbon clean lah. Lama2 baru sadar yg penting mobil itu gantol + filter. Filter udara cek berkala aja pas gantol juga (kerjain sendiri). Kampas rem juga cek sendiri (kerjain sendiri). Cek busi juga bisa sendiri atau 40,000 km. Akhirnya saya sekarang kerjain sendiri atau kerjain di luar tapi diawasi. Buku user manual selalu ready di mobil untuk contekan kapasitas oli dll. Di komputer ada service manual donlotan share dari komunitas.

Sent from my ASUS_X008DA using Seraya Motor mobile app
Yup mobil skrg intinya kalo kita niat dan punya tools nya ngerjain sendiri bisa... Servis servis reguler seperti ganti oli, ganti filter udara, tune up, bersihin rem modal dongkrak sama amplas doang ... Beginian nih yang kadang bikin boros di BeRes... jasa dikit-dikit di charge... yang keterlaluan air wiper dan nambah cadangan air di reservoir cadangan radiator di charge juga... pdhl airnya pake air kran...

Intinya yang perlu dilakuin d beres skrg paling cuma kuras ATF dan overhaul yang berat berat... ya ganti oli kl males beli oli kerjain di rumah paling.

Treatment treatment gak perlu sih sebenernya... Mobil skrg mana ada yang broke down di bawah usia 5 taun...
htannis wrote:
21 Apr 2017, 12:14
Bengkel RESMI tidak dapat dipercaya sama sekali
Kecuali yg di bengkel biasa dah buntu problem nya, itu pun di beres menang banyak part buat di test satu persatu :mky_03:
apalagi D4D 400hp sie gak perlu ke bengkel resmi... :glodak:
j4niS wrote:
21 Apr 2017, 12:20

bengkel resmi selama masih bisa diliatin sih masih ok....masalahnya ini jg sekarang mulai sok pake sop (dikira orang yg mau ikutan masuk mau mencuri/merusak)

dan terutama merk merk harum , koq rata rata ngeliat kaya gak bole masuk ikutan mantauin kerja samping mobil tuh.... :mky_05:
Sebetulnya orang dilarang masuk area bengkel itu tujuannya supaya nggak ganggu mekanik kerja dan alasan safety... apalagi bwat kastemer yang bawa anak kecil dan tw sendiri anak kecil suka lari-lari gak jelas.

Mslhnya, kadang lebay... mampir bentar liatin jg ga bole... kita main terima laporan aja dari SA mobilnya begini begini pdhl setelah dicek sebenernya gakpapa...

Ini ibarat kita di rumah sakit nengokin anak kita sendiri dilarang ama dokternya...
Herman7103 wrote:
21 Apr 2017, 12:36
Saya masih service di beres karena mobil masih warranty dan selalu tongkrongi saat mekanik lagi service mobil saya dan sering tanya tanya ke mekanik senior serta SA nya jadi udh pada kenal. Harga beres normal karena mobil cuma rutin ganti oli dan filternya serta sesekali spooring dan balancing. Sehabis service berkala bawa mobil selalu enak jadi worth. Selama service berkala ngak pernah tagihan lbh dari 2jt

Sent from my Redmi Note 3 using Seraya Motor mobile app
Yup sebetulnya kalo cermat, servis di Beres jarang lewat dari 2jt exclude spare part... kl ganti kampas rem atau flush ATF ya lain cerita... kl ga ganti sperpat bisa tembus 2jt itu ajaib... apalagi mobil jepunan...
Jambangan wrote:
21 Apr 2017, 12:50

Wah kacau nih
Dulu ad jg cerita di forum sebelah, mobilnya kijang kapsul efi abis ganti oli di beres toyota (lupa grupnya apa) baut drain oil pan ga rapet jadi oli rembes
Ketahuannya pas di rumah ada genangan oli dibawah mesin :e-doh:
Fatal nih yg beginian
Btw masalah ginian sih ga hanya di beres. Bisa jadi di bengkel umum kena masalah ginian jg
Yg penting dicek lagi kalo abis ganti oli

===================================


Btw jama dulu pake terios pernah komplain masalah ngelitik di beres
Keluar bengkel malah ga beres masalahnya. Malah makin parah ngelitiknya
Curiga itu mobil ga disentuh ama pihak bengkel sama sekali
sultan tomo... :cupss:

serpis d beres sebenernya enaknya... klw kenapa napa ada garansi (kl masih baru)... entah itu kelalaian beres atw faulty produknya ada kerusakan ya garansi alias ga keluar duid... Tp yah gitu... mekaniknya kl pas apes kena yang amatiran ga diawasin ama yang senior ya amsiong...

kl d bengkel biasa ngadunya susah biasa gmw tanggung jawab... makanya yang ampas ya ampas banget, yang bagus ya bagus banget... tp beres kadang jg gmw tanggung jawab sebelom dilaporin ke pusatnya...

kl pusatnya ga mau tanggung jawab mending jual aja... :mky_05:
silentIm2 wrote:
21 Apr 2017, 13:02
Jambangan wrote:Btw kalo servis di beres enaknya hati tenang dapet sparepart ori
Kalo di bengkel luar yg bukan rekomendasi temen2 takut dikadalin
Bulan juni tahun lalu ganti kopling set ipah di bengkel deket rumah gara2 di auto 2000 barang inden (aneh masa kopling ipah barang inden)
Sampe sekarang masih was2 itu barang ori apa kaga
Ori atau engga yg penting ga berasa aneh ya ga usah was2. Biasanya juga bengkel juga nawarin ori sekian, kw sekian, kalo perlu liat aja sparepartnya sendiri sebelum pasang. Ori pasti ada tulisannya toyota genuine part dan stiker hologram.
Kadang2 kw juga ga mesti lebih jelek lho. Pengalaman kampas rem bendix malah lebih bagus dari ori. Toh toyota sendiri ga bikin part2nya juga, tapi dioutsource ke pabrik2 komponen kw itu.

Sent from my ASUS_X008DA using Seraya Motor mobile app
Yang penting liat KWnya merek apa... kl KWnya merek bagus ngga akan ada masalah... KW biasa juga ngga terasa perbedaannya dlm pemakaian paling ya agak nggak normal dikit tp masih bisa ditoleransi... dan namanya KW (terkadang) daya tahannya jg kurang bagus... walaupun ada juga KW yang daya tahannya lebih baik... tergantung brand intinya. kl brand abal abal dari barangnya aja udah keliatan ampas ya paling sejam jebol... :ngacir:

Tp klw mau aman cari ori di beres aja walaupun mahal...
carl wrote:
21 Apr 2017, 13:08
Kebetulan saya pernah punya bbrp mobil.
- Daihatsu
- Atoyot
- H miring

Yang Daihatsu, sekali service bisa sejutaan, ukuran bengkel segede bengkel umum, padahal Xenia 1000cc

Yang Atoyot, keluhan ngelitik padahal diisi pertamax, tetep aja anjurannya isi pertamax

Yang H miring nih agak aneh, ceritanya saya beli mobil seken manual dg full service record. Nah, saya iseng2 liat invoicenya. Di invoicenya dicharge ATF (Automatic Transmission Fluid), padahal kan mobil saya manual. Apa bisa mobil manual diisi ATF??

===

Pengalaman bengkel umum, daerah Tgr, inisial bengkel UM. ada banyak cabangnya di Tgr

Saya niatnya mau tune up + ganti busi disana
Disana mobil saya disemprotin cairan bermerek Gzox + digeber (saya ga terlalu tau mekanisme tune up).

Setelah selesai (pas mau tutup bengkelnya) mobilnya malah ngelitik parah + pincang parah. Ternyata, salah pasang businya.

Baru pertama kali saya nemuin bengkel yg salah pasang busi...

Note: pengalaman saya sbg seorang awam
merek D memang mahal urusan serpis... masak serpis 10k di Xenia 1.3 AT kena 1jt... sama kek serpis 10k di CR-V ... krn waktu itu sama-sama punya jd kaget jg... kok gila serpis mobil rakyat begini sama kek serpis CRV... :glodak:

bengkel umum hrs bener bener cari yg reputable... krn kadang bengkel umum mekaniknya bkn lulusan SMK cuma berbekal pengalaman sekian taun jd bisa ngawur... Beres hrs cari info mana yang harganya ga mukul dan kerjaannya bener...
veyvez wrote:
21 Apr 2017, 13:19
Saya masih servis beres.. seneng main ke showroomnya sama intip2 stock baru :big_grin:
Kebiasaan ane dl... nungguin serpis nanya2 sales ada unit apa yg bisa di TD ya... ngilangin bosen sekalian jalan jalan
razorus wrote:
21 Apr 2017, 13:24

Ngelitik mah udah santapan wajib sehabis servis oom, sudah kenyang "diedukasi" tanpa hasil :big_weee:

Yup salah jg kalau terima jadi aja, perlu cek2 kembali sebelum keluar bengkel

Masalah ngelitik dikomplain? Putujedug aja cuma "diedukasi" :ngacir:
memang merek pecinta edukasi... :ngacir:
djia wrote:
21 Apr 2017, 13:35
saya baru pengalaman merek Toyota, Honda, dan Daihatsu.
Sejauh ini masih ke BeRes. Tapi karena kerjaannya komuter bbrp kota, BeResnya jadi pindah2.
Untuk merek yang sama, ada BeRes yang saya rasakan hasilnya sering bagus, ada juga BeRes yang hasilnya sering kurang memuaskan.
yg bagus bagus biasanya udah sesuai SOP yang diberikan oleh pusat... dari penerimaan serpis sampe prosedur penanganan masalah... di materi training beres hrsnya ada...
phorcydes wrote:
21 Apr 2017, 13:45
saya so far baru bener2 megang mobil sendiri setaun lalu. mazda2 sky

so far masih di beres, sampai 3 tahun gegara garansi supaya ga void. menurut ane, mazda mahal bgt getok harga oli dan parts2 nya, oli aral d luaran cuman 125k, di beres d charge 180k per litre :mky_04: . Bila dibilang merek non mainstream ga rame beres ny dibanding T dan H, saya rasa ga juga arena merek non mainstream beresny dikit ya antre2 juga :mky_04:

dulu malah bokap pernah melihara w202 sampai 7 taon cuman ganti ban mah oli doang perasaan sama benerin header knapot :mky_03:
Justru merek non mainstream kalo ngantri lebih ngeselin biasanya ya oom... temen sya punya Spin diesel juga ke chevrolet ngantri banyak disuruh balik besok besoknya...

supaya ga ngantri banyak... datang sepagi mungkin... jam 8 bahkan dahului sblm SAnya dateng... krn biasa jam 8 pagi itu konsumen uda pada antri... di merek mainstream sie parah klw udah jam 8 jam 9 pagi... ue pernah dateng jam 10 pagi selesai dikerjain sore jam 4 krn panjang...
papafara wrote:
21 Apr 2017, 13:54
Ga percaya beres, tapi pas mo beli mobil seken cek record dulu ke beres.

#eh
beli seken sie pertama waktu angkut paling penting semua cairan dikuras... despite service record lengkap atau engga... perbaikan lain - lain bisa nyusul.
liep wrote:
21 Apr 2017, 14:03
mbl toyota, mbl perang smua diurus kantor di a2000, kcuali ganti oli tiap 5000km ato pernik2 dikerjain diluar
mbl H, slalu di beres, krn ikut komunitas jd ad diskon jasa dan part, jatuhnya murah+malah lbih murah drpd luaran utk oli sama2 gold, enaknya sambil nunggu servis bisa test drive mbl H lain, ruang tunggu dan snack jg tersedia, tp ane slalu ingat om chz pernah bahas, smua yg diluar standard meski dtawari ya tolak aj
list item beres merek manapun ane perhatikan nyaris sama... jd kl ditawarin sesuatu di luar buku serpis ya tolak ajah... krn rate jasanya aja uda tinggi...
diidoot wrote:
21 Apr 2017, 14:21
karena ada 4 mobil di rumah ane ceritakan saja, dimulai dari yang paling tua

1. Mazda 323 1988
Jelas ga pernah masuk bengkel resmi, selalu service di bengkel kenalan yang emang langganan megang mobil ford laser taksi. Servicenya bagus dan murah. Biarpun bengkelnya kecil tapi hasilnya selalu bagus.

2. Hyundai i20 SG 2011
Selalu ke beres sampai garansi abis. harga jasanya mayan juga, terakhir kemaren sekalian ngebenerin rack steering, sejuta sendiri :big_dunno: bahkan salah satu mekanik malah bilang, kalau udah abis garansi mending service sendiri aja kecuali ada yang rusaknya mesti ke beres

3. Mitsubishi Strada Triton Exceed 2012
Mobil proyek bokap, servicenya ke bengkel jalanan yang emang ngurusin mitsubishi, sekalinya service di beres mitsu di soreang malah ga beres, power steering jadi berat sebelah (ke kiri berat ke kanan enteng)

4.Daihatsu Ayla 2015
Selalu service di bengkel resmi. Biayanya sama sekali bukan LCGC, segala sesuatu diduitkan kecuali klaim Engine Mounting. Misalnya cek dan bersihkan rem. Nah itu mahal juga cairan cairan pembersihnya. Kalau garansi udah abis emoh ah ke beres lagi
Ini yang malesin apa-apa duid... termasuk aer kran juga jadi duid buat beberapa beres... :mky_05:
Ibet wrote:
21 Apr 2017, 14:24

hikmat yang bisa saya petik : "kalo ngebengkel pastikan saya liat pake mata kepala sendiri prosesnya"
yep ini paling penting mau resmi / engga... kadang konsumen milih cuek.
vp920b wrote:
21 Apr 2017, 14:35
BeRes sih kalau yang awam ya saya ga heran pergi kesana.

Kalau saya ke BeRes hanya untuk mobil mewah aja yang servicenya gratisan.

Kalau model Suzi, Toyo, Hond saya ogah ke Beres. Service sendiri jauh lebih murah dan berkualitas. Apalagi kenal mekanik lulusan luar negri.

So far kerjain sendiri baik baik aja.

Kia saya aja kerjain sendiri tokcer uda 2 tahun 34rb KM..
kl ada ISP sie manfaatin ajah... udah serpis gratis... rusak juga di warranty... lumayan kl tranny nya error bisa dapet ganti tranny baru terus... :ngacir:
scorpio wrote:
21 Apr 2017, 15:23
pengalaman selama punya mobil cuma miras yang sekarang. itu pun berenti setelah garansi lewat.
selama masuk beres sudah 4 beres yang didatangin
- beres mitsu slipi
paling sering kesini dan SA nya paling gampang diajak nego soal biaya. pernah kejadian servis 40rb harusnya kena jutaan tapi dinego jadi hanya ganti oli dan dapet stempel service 40rb, total dc nya hanya 400rb. cuma waktu itu ada komplain minta di spooring karena setir miring kanan ternyata ga dikerjakan sama sekali.

- beres mitsu kebun jeruk
kesini hanya untuk komplain. dlu komplain kaki-kaki yang bunyi, setelah 3x bolak balik SA nya menyerah. problem ga solved

- beres mitsu cikupa
melanjutkan komplain yang ga selesai di mitsu kebun jeruk, waktu itu sudah dicoba jelaskan di mitsu kebun jeruk masalah ga solved dan apa yang sudah mereka lakukan tapi nyatanya malah makin parah. miragenya divonis baut kendor dan dikencangkan sekuat tenaga menggunakan tongkat besi. mau ngamuk rasanya, urusan bisa panjang klo sampe dratnya rusak. jadi setelah liat begitu cara kerjanya langsung caw ga balik-balik lagi ke beres ini

- beres mitsu bintaro
coba-coba service berkala disini, kerjaan so-so tapi tipikal beres cari untung, sudah diinfo ga mau pake cairan apapun diluar oli malah di bill ada tagihan engine flush dan pembersih ruang mesin.

semenjak liat kinerjanya begitu jadi males ke beres klo ga penting banget (klaim garansi) karena kerjaannya aja berantakan.
miras ente bukannya serpisnya bkn di beres gun? khan udah pernah dizolimi berbi ngejer TSI... :ngacir:
loadeddiapers wrote:
21 Apr 2017, 15:29

Jaksel 2 bengkel 1 group, IKB ini pasti ya om?? Hehehe
Waktu saya masih fenboy ahond jg demennya kesitu, cuma jd ga bs diawasin karena dua2nya deket kantor, dari rumah jauh. Jadi biasa saya drop tinggal, kalo kelar baru saya ambil.

Kerjaan sih keknya ok, tp oli drum2an, cas tetep bulet kek model pake jerigen :bigbiglaugh: Tetep banyak item2 siluman yg harus dicoret2in kl ga mau pulang dompet tipis. Kl servis general sih menurut saya ga bagus2 amat, cuma ya better drpd 2 beres yg deket dari rumah hahaha Kalo body repairnya oke, saya claim jg selalu disitu.
Body paint beres nih juga ladang duid... rate nya mahal skali... :big_slap: tapi kl asu ransi yah hajar aja...
lemonadelovers wrote:
21 Apr 2017, 15:38
Pengalaman ngeselin bengkel H tegak d daerah jaktim deket kali, saat itu drmh mobil minyak powersteeringnya kurang, jdnya ane ke beres gak bawa tuh mobil krna takut knp2 klo dipake jalan, meluncur lah ane ke bengkel resmi mau brli minyak PS sampe disana ditolak alasannya ga boleh beli part klo ga sama jasanya.. saya blg mobilnya cuma kurang minyak PS takut rusak klo dipaksa jalan, mereka bilang udah jadi kebijakan itu beres klo ga ada jualan tanpa biaya jasa malah disaranin pake jasa home service aja hanya untuk sekedar nuang minyak PS

Ke beres lain ke daerah bekasi malah bebas aja beli part doang n SA-nya sampe ketawa saat tau ada beres yg ga bolehin beli part tanpa ada jasa
policy yang aneh... sperpat d beres khan macem toko sperpat biasa orang kadang mekanik2 dr bengkel umum jg cari sperpat di beres... :big_slap:
setsuka09 wrote:
21 Apr 2017, 15:47
Haha... kalo di BeRes tiap beres ganti oli SA selalu nawarin mo dicuci ga, jd kl keluar bengkel kinclong lg om Image
Tp ujung2 jd diitung 2 jam Image

Nah itu om masalah setel klep ternyata pas nubie tongkrongin di bengkel spesialis ternyata lumayan lama & banyak bongkar2 buat setel klep, bersihin throttle & reset ECU, feeling kalo di BeRes bisa 1/2 hari.


Sent from my iPhone using Tapatalk
ane pernah serpis OS ditawarin cuci ga... ya udah krn lagi mager cuciin mobil, sekalian deh...

serpisnya kelar sejam... nunggu cuci doank 2 jam... :big_slap: krn pegawenya yang nyuci cuma 1...
Blegedhez wrote:
21 Apr 2017, 19:34


Ini rinciannya om:
Part
Ultra brake fluid 2pcs 44.000
Oli 9ltr 540.000
Honda atf z1 4 pcs 304.000
Filter oli 37.000
Washer plug drain 23.000
Washer drain 8.000
Brake cleaner 93.500
Carbon cleaner 176.000
Engine flush 100.100
Fuel injection cleaner 246.400
Octane booster 115.500
Throttle body cleaner 103.500
Water remover gasoline 107.800
Hnd ac evaporator clean 150.000
Service
Service ac ringan single blower 368.000
Sporbal 292.600
Jasa 899.091
Engine care 202.500

Ppn 381.099
Menurut om apa yang gak perlu/kemahalan?
carbon cleaner ini kl yang dimaksud carb jet ... beli sndiri di luar... ga ampe 100k... :ngacir:

engine flush, octane booster, ga perlu...

throttle body cleaner mah pake bensin jg kelar...

water remover gasoline? :big_slap:

owh ada serpis AC sama spoorbal... tapi jasanya sayang tuh ongkosnya segitu... tar ane potoin service bill ane deh...
setsuka09 wrote:
21 Apr 2017, 17:52
Jd ingat...

Yg dr td kita2 sharing u/ nippon cars mlulu, mungkin ada yg non nippon - europe, US, korea, cungkuo - yg bisa share jg?


Sent from my iPhone using Tapatalk
yg euros jarang komplen mgkn krn ada ISP jadi ga protes kemahalan... tp protesnya waktu beli mobilnya mahal... :ngacir:
Zaxis wrote:
21 Apr 2017, 19:44
Kalo org sibuk ga pny waktu nungguin mobil servis di bengkel umum yah mau gmn pasti tinggalin mobil di bengkel resmi yg uda jelas sop nya
Ga semua bengkel umum jelek tp kalo ga ada sop nya mekanik kerja pake insting aja jd nya hit or miss
intinya either umum / resmi... hrs cari yg bagus... klw ga mau ke depan disusahin dengan problem utamanya problem manajemen mereka sendiri.
alicevamps wrote:
21 Apr 2017, 19:51
Antara masih percaya n ga percaya jadinya. Yg pasti kesimpulanku mau merek toyota, honda, nissan, mitsubishi, chevrolet kurang lebih aja. Ga ada yg terlalu bagus atau terlalu jelek pelayanannya... Bingungnya mau ke bengkel non resmi pilih yg mana ya, malah lebih ga yakin...
pilihan selain nonresmi kl serpis biasa bawa aja k SnD... :ngacir: kmarin Xtrail begitu dikabarin Nissan ongkosnya 2.5jt lsg tutup telpon pergi ke SnD... ganti oli doank ga sampe 1jt :ngacir:
2011 Toyota XU30
2011 Volkswagen PQ35-5K
2013 Suzuki GXB71S
2015 Honda RU5 / 2017 Honda FK4 / 2018 Honda RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog

carlzeiss
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 401
Joined: 04 Jul 2016, 23:27

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by carlzeiss »

Gw sih selalu servis diberes alesannya gegara garansi doang, kalo ga mah udh gw servis diluar . Servis di beres tuh harga nya suka ga masuk akal, apalagi harga oli nya, harga oli diberes bisa dpt spek oli lebih tinggi diluaran . Dari awal baru mobil gw keluar beres selalu ganti oli nya aja diluaran . Servisnya tetep diberes .

Mungkin kalo ada rekan rekan yang punya tempat rekomen yang jago servis merk H tegak daerah jakarta dan tangerang bisa saranin ke ane , soalnya servis diberes ga pernah berasa lebih enak setelahnya hahahahaa
GE 8 RS - 2012
GB 3 PSD - 2010
GB 3 PSD - 2014
RU 1 E CVT - 2015
1TR-FE V - 2014

kurniakerten
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 295
Joined: 29 Dec 2013, 08:27

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by kurniakerten »

carlzeiss wrote:
21 Apr 2017, 21:09
Gw sih selalu servis diberes alesannya gegara garansi doang, kalo ga mah udh gw servis diluar . Servis di beres tuh harga nya suka ga masuk akal, apalagi harga oli nya, harga oli diberes bisa dpt spek oli lebih tinggi diluaran . Dari awal baru mobil gw keluar beres selalu ganti oli nya aja diluaran . Servisnya tetep diberes .

Mungkin kalo ada rekan rekan yang punya tempat rekomen yang jago servis merk H tegak daerah jakarta dan tangerang bisa saranin ke ane , soalnya servis diberes ga pernah berasa lebih enak setelahnya hahahahaa
Saya biasanya di HCATS om... yg rekomendasi anak Cityzen...
Bukan sales bengkel...

veyvez
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 145
Joined: 13 Jan 2016, 21:50

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by veyvez »

carlzeiss wrote:
21 Apr 2017, 21:09
Gw sih selalu servis diberes alesannya gegara garansi doang, kalo ga mah udh gw servis diluar . Servis di beres tuh harga nya suka ga masuk akal, apalagi harga oli nya, harga oli diberes bisa dpt spek oli lebih tinggi diluaran . Dari awal baru mobil gw keluar beres selalu ganti oli nya aja diluaran . Servisnya tetep diberes .

Mungkin kalo ada rekan rekan yang punya tempat rekomen yang jago servis merk H tegak daerah jakarta dan tangerang bisa saranin ke ane , soalnya servis diberes ga pernah berasa lebih enak setelahnya hahahahaa
Gw abis garansi masih servis beres :mky_01: paling njengkelin soal beres mah ganti batere smartkey, muahal rek.. tapi enaknya bisa ngejarahin brosur sama ke stockyard ngespyshot tanpa diliatin sekuriti.

Honda? Coba ke amiau motorsport jakbar (?) Terakhir kesana bawa gd3 jadi enak mobilna.
Driving a Honda RM3 with a Brown Bear sticker.
Editor kendara.id

Follow me on Instagram @veyvez

kerr4ng
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 128
Joined: 02 Feb 2015, 15:07

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by kerr4ng »

Dr awal punya crv gen3 pada thn 2007 selalu ke beres H yg di daerah jakpus, krn direkomen temen yg udah langganan disana. Semua baik2 saja smpe kira2 jalan thn ke 4, abis servis rutin besok nya ac mendadak ngadat. Kompresor on off secara random. Bawa lah ke bengkel ac di cideng sana, dan setelah dicek didepan saya langsung, dari 3 relay yg harusnya semua oem Denso, 2 berubah menjadi no brand dengan tulisan made in vietnam. Padahal itu mobil blm pernah servis ac sama sekali, dan blm pernah sekali pun servis rutin di bengkel lain. Jd siapa lagi kalo bukan beres H tersebut yg nakal dan tukar 2 dr 3 relaynya???????

Saya males balik dan ribut, jd ya sudah sy gk ambil pusing. Itu utk yg terakhir kalinya sy jd customer beres tersebut. Toh jg garansi sudah habis, akhirnya nyari2 bengkel lain non beres dan dpt lah rekomendasi dr senior member disini utk mencoba 1 bengkel di daerah pasar baru. Sampe skrg saya msh servis disitu utk semua mobil termasuk isuzu toyota dan mazda saya, dan hasil selalu memuaskan dgn harga yg bersahabat. Sampe terakhir innova turun mesin pun disana juga.

Jd bottomline, utk semua mobil sy cm ke beres selama garansi aja, habis itu langsung ke bengkel langganan deh

Sent from my SM-G920F using Seraya Motor mobile app


Blegedhez
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: 19 Jan 2016, 09:46

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Blegedhez »

[/quote]
kurniakerten wrote:
21 Apr 2017, 20:36
Kok banyak yg mirip dan fungsinya hampir sama...
Carbon cleaner, engine flush, fuel injection cleaner, thortle cleaner...
Trus kalo pake pertamax or pertabo apakah perlu octane booster lagi?
CMIIW
Jujur banyak item di daftar yang saya tidak tahu fungsinya :big_childish:
ChZ wrote:
21 Apr 2017, 20:42
carbon clr ini kl yang dimaksud carb jet ... beli sndiri di luar... ga ampe 100k... :ngacir:

engine flush, octane booster, ga perlu...

throttle body cleaner mah pake bensin jg kelar...

water remover gasoline? :big_slap:

owh ada serpis AC sama spoorbal... tapi jasanya sayang tuh ongkosnya segitu... tar ane potoin service bill ane deh...
Fungsinya apa tuh om water remover gasoline?
Sporbal itu standarnya tiap berapa km ya?
Pingin belajar DIY tapi bingung mau belajar ke siapa :big_dunno:

ABEDUL
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 226
Joined: 16 Oct 2016, 05:21

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by ABEDUL »

setelah di telusuri, hanya sekali ke bengkel resmi yakni setelah masa inreyen. berlaku pada kedua mobil di rumah yaitu merek T dan H, sisanya cuma melihat kwitansi bengkel pinggir jalan yg di kerjakan bahwa pernah mampir di bengkel tsb...

lalu, ane tanya sama sopir di rumah...
a: pak, kok nih mobil gak pernah di bawa ke BeRes?
s: kata bapak, mendingan sisa duitnya buat kamu saja (sopir ane)
a: kok begitu pak?
s: bapak (bokap ane) gak percaya sama BeRes
a: hahaha

Jedi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: 07 Feb 2017, 11:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: CX-5

Re: RE: Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Jedi »

kerr4ng wrote:Dr awal punya crv gen3 pada thn 2007 selalu ke beres H yg di daerah jakpus, krn direkomen temen yg udah langganan disana. Semua baik2 saja smpe kira2 jalan thn ke 4, abis servis rutin besok nya ac mendadak ngadat. Kompresor on off secara random. Bawa lah ke bengkel ac di cideng sana, dan setelah dicek didepan saya langsung, dari 3 relay yg harusnya semua oem Denso, 2 berubah menjadi no brand dengan tulisan made in vietnam. Padahal itu mobil blm pernah servis ac sama sekali, dan blm pernah sekali pun servis rutin di bengkel lain. Jd siapa lagi kalo bukan beres H tersebut yg nakal dan tukar 2 dr 3 relaynya???????

Saya males balik dan ribut, jd ya sudah sy gk ambil pusing. Itu utk yg terakhir kalinya sy jd customer beres tersebut. Toh jg garansi sudah habis, akhirnya nyari2 bengkel lain non beres dan dpt lah rekomendasi dr senior member disini utk mencoba 1 bengkel di daerah pasar baru. Sampe skrg saya msh servis disitu utk semua mobil termasuk isuzu toyota dan mazda saya, dan hasil selalu memuaskan dgn harga yg bersahabat. Sampe terakhir innova turun mesin pun disana juga.

Jd bottomline, utk semua mobil sy cm ke beres selama garansi aja, habis itu langsung ke bengkel langganan deh

Sent from my SM-G920F using Seraya Motor mobile app
Bengkel yg di pasar baru namanya apa om kalo boleh tau

egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: 19 May 2015, 11:08

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by egibaio »

Blegedhez wrote:
21 Apr 2017, 11:10
terakhir servis berkala 40km crv rm 2.0 at habis 4,2 jt,wajar gak ya segitu? :big_think:
buset

kerr4ng
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 128
Joined: 02 Feb 2015, 15:07

Re: RE: Re: RE: Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by kerr4ng »

Jedi wrote:
kerr4ng wrote:Dr awal punya crv gen3 pada thn 2007 selalu ke beres H yg di daerah jakpus, krn direkomen temen yg udah langganan disana. Semua baik2 saja smpe kira2 jalan thn ke 4, abis servis rutin besok nya ac mendadak ngadat. Kompresor on off secara random. Bawa lah ke bengkel ac di cideng sana, dan setelah dicek didepan saya langsung, dari 3 relay yg harusnya semua oem Denso, 2 berubah menjadi no brand dengan tulisan made in vietnam. Padahal itu mobil blm pernah servis ac sama sekali, dan blm pernah sekali pun servis rutin di bengkel lain. Jd siapa lagi kalo bukan beres H tersebut yg nakal dan tukar 2 dr 3 relaynya???????

Saya males balik dan ribut, jd ya sudah sy gk ambil pusing. Itu utk yg terakhir kalinya sy jd customer beres tersebut. Toh jg garansi sudah habis, akhirnya nyari2 bengkel lain non beres dan dpt lah rekomendasi dr senior member disini utk mencoba 1 bengkel di daerah pasar baru. Sampe skrg saya msh servis disitu utk semua mobil termasuk isuzu toyota dan mazda saya, dan hasil selalu memuaskan dgn harga yg bersahabat. Sampe terakhir innova turun mesin pun disana juga.

Jd bottomline, utk semua mobil sy cm ke beres selama garansi aja, habis itu langsung ke bengkel langganan deh

Sent from my SM-G920F using Seraya Motor mobile app
Bengkel yg di pasar baru namanya apa om kalo boleh tau
Autodyne gan, pasar baru timur no 23

Sent from my SM-G920F using Seraya Motor mobile app


Satya21
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 317
Joined: 07 Apr 2015, 17:34

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Satya21 »

Kalo saya dulu service ge8 di beres sampai kilometer 70.000.
Tiap service minimal 2jutaan.
Harga yg tertera di papan gak pernah sesuai setelah bayar di kasir.

Akhirnya coba cari info bengkel luaran, ketemu bengkel rekanan club mobil sejenis, hasil kerjanya lumayan bagus.
Walau saya bukan anggota club mobil tsb tapi pelayanan nya sangat baik.
Sampai skrg jadi langganan.
Cuma kalo dibengkel luaran ini kita yg minta apa saja yg diservice / cek.
Kalo di beres kan sudah ada SOP nya.

Kemarin pas recall airbag di beres sekalian minta tolong di cek roda mobil saya yg berdengung dari roda sebelah mana.
Ternyata laher sebelah kiri depan yg rusak.
Iseng nanya brp kalo diganti, kena 2,4juta.
Saya bawa ke bengkel langganan cuma kena 1,3juta laher kiri kanan ori sudah sama jasa.

rmpm
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: 19 Sep 2016, 14:02

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by rmpm »

kalo saya dari taun kemaren ambil crv bekas cuman 2x ke beres itu juga cuman ganti semua cairan2 biar aman sisanya ke hcats soalnya lebi murah dan bisa ane liatin wkwk ribet ke beres mahal pula haha

User avatar
Bulgogi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 907
Joined: 08 Mar 2016, 19:16

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Bulgogi »

Overall saya puas sm beres suzuki (RMK grup ya), service ertiga sampe 30rb KM ga pernah lebih dr 400ribu.. biasanya cuma 300ribuan.. itu udah sekalian ganti oli, cek sana sini (belum pernah ganti part) & cuci mobil vakum.. hasilnya memuaskan..

Toyota rush, odo 150ribuan, sekali service di auto2000 bisa 1,3 jutaan.. mulai banyak ganti part slowmove.. tapi overall sih puas sm hasilnya..

ngalih
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 492
Joined: 25 Jan 2017, 07:29
Location: lenteng agung jakarta
Daily Vehicle: Trooper

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by ngalih »

Mobil saya fortuner diesel manual udah mendekati 200K km, selalu di BeRes kecuali ganti oli yang terakhir di TODA (sebelumnya oli selalu di BeRes).

Mohon saran om2 disini:
1. Servis berkala setiap berapa km ya? (Klo oli rencana selalu di TODA saja)
2. Rekomendasi bengkel umum di daerah depok/jakarta selatan dimana? (Mempertimbangkan pindah karena biaya BeRes ternyata mahal)
3. Selalu punya masalah ketika berhenti atau pelan di tanjakan curam, mo jalan di gas malah ndak ada tenaga trus mati. Udah ganti kopling 1 set, purging, tune up. Apa yang harus dilakukan? Sudah konsultasi BeRes tp masalah tetap ada.

Terimakasih sebelumnya, saya awam mengenai mesin.

arfs
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1248
Joined: 25 Jan 2016, 18:40
Location: Jakarta

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by arfs »

Beres skrg memang rata2 najis kalo kasih harga...
Paling ngeselin pas servis 50rb km lipindut di beres batu makam pik.
Cuman minta ganti oli tapi buku service record kgk mau distampel gara2 gk ambil paket service 50rb...
Padahal di invoice nya tertulis "general check"
Tapi gara2 bokap suruh servis di beres aja mangkanya ane ladenin... :mky_05:

Sebetulnya kalau punya tools dan service manual book mobil sendiri lumayan bisa ngerjain servis sendiri.
Kayak kemarin ane bersihin intake manifold sx4 ane sendiri, cuman modal minyak tanah, carb jet, sikat pembersih botol bayi, dan minjem deep socket ukuran 12mm ke kepala suku Bebonk buat buka satu baut ngehe di intake manifold nya.
Hasilnya tarikan mobil jadi mantab.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 20549
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Turboman »

BeRes ada target omzet

di bbrp merek juga ada target omzet barang2 genuine spt genuine oil misalnya

itu di Maret kan masuk koran otomotif ttg monopoly oli, ada dibahas peraturan yg kalo bawa oli dr luar garansi angus.

skg mah APM jualan mobil ya rela cuan tipis dr mobil, nanti digebuknya dr biaya servis

User avatar
loadeddiapers
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: 24 Jan 2014, 12:06

Re: RE: Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by loadeddiapers »

Bulgogi wrote:Overall saya puas sm beres suzuki (RMK grup ya), service ertiga sampe 30rb KM ga pernah lebih dr 400ribu.. biasanya cuma 300ribuan.. itu udah sekalian ganti oli, cek sana sini (belum pernah ganti part) & cuci mobil vakum.. hasilnya memuaskan..

Toyota rush, odo 150ribuan, sekali service di auto2000 bisa 1,3 jutaan.. mulai banyak ganti part slowmove.. tapi overall sih puas sm hasilnya..
suzi saya perhatiin emang lebih ga neko2 beresnya. Saya coba di SBT group sama Dwi Perkasa sama aja, ga ada treatment sama item siluman. Paling kena oli + filter oli tok. 300 ribuan setiap servis. Even di keliatan puluhan ribu yg di beres merk lain selalu masukin item spoorbal sebelum saya bilang ga usah wkkk, di suzi ga pernah nongol itu sama sekali itu kl pengalaman saya hahaha

Oli aja kl drum2an cas nya sesuai yg masuk aja ga pernah bulet (3,sekian). Kalo jerigen sisa oli baru yg belom masuk selalu ditaro di bagasi.
Image

User avatar
didietkeren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 491
Joined: 29 Jun 2007, 17:23

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by didietkeren »

Pengalaman servis motor merek K d beres
1.harus pilih2 bengkel resmi & montir.
2. Saran servis dari beres harus dikritisi, pernah stelan klep/karbu gak pas, masa disarankan servis besar.
3. Sebisa mungkin pantau kerjaannya. dah dipantau aja, meleng dikit bisa salah pasang baut drain dengan motor sebelah, walhasil netes2 olinya.
4. Biasanya fine tuning karbu lagi di rumah, maklum motor dah gak baru2 amat, stelan dah gak pas pake sop beres.

Kasus2 bisa saja terjadi di bengkel non resmi juga.

Pengalaman servis mobil di beres:
1. Uji emisi gratis (voucher dari pertamina) di beres merek T, mobil tahun 1981 masuk beres.. Itu sesuatu banget.. Hasil: lulus uji emisi.
2. Merek V dah ga ada beres, jadi sering manggil montir spesialis ke rumah.. Atau ke bengkel spesialis.

User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: 09 Nov 2014, 22:35

Re: RE: Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by daftar »

loadeddiapers wrote:
22 Apr 2017, 14:27
Bulgogi wrote:Overall saya puas sm beres suzuki (RMK grup ya), service ertiga sampe 30rb KM ga pernah lebih dr 400ribu.. biasanya cuma 300ribuan.. itu udah sekalian ganti oli, cek sana sini (belum pernah ganti part) & cuci mobil vakum.. hasilnya memuaskan..

Toyota rush, odo 150ribuan, sekali service di auto2000 bisa 1,3 jutaan.. mulai banyak ganti part slowmove.. tapi overall sih puas sm hasilnya..
suzi saya perhatiin emang lebih ga neko2 beresnya. Saya coba di SBT group sama Dwi Perkasa sama aja, ga ada treatment sama item siluman. Paling kena oli + filter oli tok. 300 ribuan setiap servis. Even di keliatan puluhan ribu yg di beres merk lain selalu masukin item spoorbal sebelum saya bilang ga usah wkkk, di suzi ga pernah nongol itu sama sekali itu kl pengalaman saya hahaha

Oli aja kl drum2an cas nya sesuai yg masuk aja ga pernah bulet (3,sekian). Kalo jerigen sisa oli baru yg belom masuk selalu ditaro di bagasi.
betul banget nih kalo ganti oli mesin di beres suzuki liternya bisa dapet angka koma
:ngacir:

User avatar
kenop
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 535
Joined: 24 Aug 2015, 12:06

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by kenop »

Bulgogi wrote:
22 Apr 2017, 05:34
Overall saya puas sm beres suzuki (RMK grup ya), service ertiga sampe 30rb KM ga pernah lebih dr 400ribu.. biasanya cuma 300ribuan.. itu udah sekalian ganti oli, cek sana sini (belum pernah ganti part) & cuci mobil vakum.. hasilnya memuaskan..

Toyota rush, odo 150ribuan, sekali service di auto2000 bisa 1,3 jutaan.. mulai banyak ganti part slowmove.. tapi overall sih puas sm hasilnya..
kan masih jasa service gratis sampe 50 rb km.. ntar tunggu aja selepas 50rb km :mky_03:
Optima Auto Store
Smart Market Daan Mogot L-11
Jl. Daan Mogot Km.19 - Tangerang
0819 3289 9091
www.optimaautostore.com

mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1161
Joined: 20 Apr 2009, 13:17

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by mr_mytplx »

Sebenernya bukan cuman bengkel resmi aja yang nakal. bengkel biasa juga banyak yang nakal.

Cuman kalau sudah masuk beres tentu saja ekspetasi tinggi, mengingat harganya juga tinggi. harapan saya kalau sudah masuk ke beres tentu saja mobil bisa di tinggal dan dikerjakan dengan baik karena SOP nya sudah jelas, sehingga hasilnya juga bagus. kl ada yg kurang beres ada garansinya.

jadi kl ada beres yang engga beres, ya ga worth masukin ke sana, apalagi sampai nakal berani ganti2 komponen atau nyolong onderdil baru.

oh y guys menurut kalian beres nakal ini kebanyakan di jabodetabek aja y, koq di luar itu jarang denger kabar beres nakal. apa gara2 target beres di jabodetabek tinggi2, ato saking banyaknya antrian jadi agak ngawur?

User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3513
Joined: 03 Jul 2014, 08:13

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by sandal »

Pernah ngubek2 bon servis terakhir
Servis Brio 15rb di Honda Surabaya Center (ayah yg bawa) :
Oil Fiter Cartridge 37.000
Washer Drain 14MM 8.000
Brake Parts Cleaner 250ml 60.000
Timah Balance Tempel 4x 6.500 = 26.000
Windshield Washer 50.000
Exchem AC Cleaner AB 500ml 150.000
Honda Oil 0W-20 SN GF 5 4x 120.000 = 480.000

Total = 811.000
Servis 2011 Fortuner 2.5 G MT 80k km di A2K Jemursari (semua termasuk PPN & potongan 2,5 %, supir yg bawa, kebetulan punya ortu)

JASA
servis berkala 80k km 1.547.618
spooring c 308.880
engine care 186.615
cooling system flush 113.685
service ac, gt, oli comp, freon 592.556

total JASA 2.749.354

BARANG
2 brake fluid 87.750
4 gasket plug 25.201
1 gasket 8.775
6 castrol MTF 333.101
4 material balancing 85.500
super long life coolant 4 liter 118.950
TMO 15W-40 6 liter 511.872
water remover ekatronic 80.438
brake cleaner ekatronic 57.427
oil filter 70.201
oil optimizer myber up 122.704
chamber clean diesel 224.450

total BARANG 1.726.469

total KESELURUHAN 4.475.823
Servis Ertiga 30rb di UMC Basra (saya yg bawa):
Perawatan 30k km 374.000
Engine Conditioner Auto Unika Mechanic 68.181

Total 442.181 + PPN 10% = 486.399

Ganti oli + filter oli di luar :ngacir:
Pelan2 rencana mau servis di luar kalo masa jasa service gratis udah lewat, terutama bengkel umum spesialis Suzuki daerah Surabaya yg recommend di mana ya? :mky_01:

Tapi kadang kalo ortu udah nyuruh harus ke BeRes itu yg paling susah :big_slap:

thestoneroses
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 314
Joined: 22 Jan 2015, 18:45
Location: +62 / +65

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by thestoneroses »

ke beres buat pesen part yg sulit dicari, misal: dudukan buat mencet setelan headrest jok belakang, itu juga nunggu sebulan atau part2 yg emg susah dicari di fatmawati/kemayoran. sisanya prefer spesialis, lumayan ongkos jasanya. dulu aja per jam 350k kan lumayan he he
Ron Asheton Forever

waterlo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: 26 Nov 2016, 13:44

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by waterlo »

Pengalaman piara mobil dengan "sejuta edukasi" dan servis di dua beres. satu A2k satunya SJM. disini bedanya:

A2K:
- mereka punya item2 yang "harus diganti" dan "harus dibeli", sebagai contoh, filter udara menurut mereka dah harus ganti km segitu (padahal abis ganti sendiri beli diluar) dan itu harus krn SOP.
kemudian yang harus dibeli itu brake cleaner (padahal gak butuh), engine flush (lagi2 gak butuh, oli gak pernah ganti2 merek).
- harganya yaa mahal lah ya, tiap abis servis 1.5 jt - 2 jt, pernah juga jadi nyaris 3jt krn ganti atf yang perlu berliter2 itu plus sokbreker yang cacat tp gak kena garansi (alasannya customer fault) walhasil nego2 sama SA buat gimana caranya tu sok beres.

SJM:
- mereka juga punya item2 yang harus diganti, tapi ketika ane bilang gak usah ganti cem busi dibersihin aja, filter udara gausah, filter oli belum waktunya, kampas rem gausah dibersihin. mereka akomodatif dan mau ngikutin maunya kita. walhasil servis disini gak pernah lebih dari 800rb - 1.5jt
- harga spare part ya so-so, pernah paling mahal karena kegetok fan radiator yang sekarat. dicharge 600rb part doang belum ama jasa, total sekitar 800rb. begitu cek diluar itu dinamo harganya cuma 250rb paling muahal. sama ganti atf yang berliter2 itu tuh yang bikin tagihan jadi bengkak, nyaris 3jt. tau gitu ganti di SnD aja dah.

sekarang pegang ipah 08, servis di bengkel umum referensi temen. walau masih belum sreg banget sih. tapi belum nemu juga di depok yang emang spesialis servis tyt umum. mau tune up sendiri, ga ada temennya wkwkwkwk... open TB nya musti injek gas biar bisa disemprot. walhasil gagal deh diy.

nimoo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 355
Joined: 14 Nov 2015, 21:13
Location: Jakarta
Daily Vehicle: nmax

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by nimoo »

Ijin share tapi di beres motor
Cuma pengalaman di merk Y di dua beres, 1 di mek*r bintaro, satu di prim* pondok gede
Kualitas kerjaan imho bagusan pondok gede & klaim jg lebih enak disana, tapu kalo tempat tunggu bagusan mek*r
Kalo di mek*r bintaro 3x servis disana baut ilang 2, emblem ilang dan kadang mekaniknya ga ngerjain sesuai WO, dua kali mmax saya dapet oli gratis gara2 mekaniknya main ganti oli padahal ga disuruh (saya ga mau bayar) :big_slap:

Post Reply