Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
setsuka09
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 559
Joined: Fri Jun 26, 2015 9:04

Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?

Post by setsuka09 »

ChZ wrote:
setsuka09 wrote: Sun Jan 22, 2017 3:05 Sy sedikit penasaran :
Apa benar biaya overhaul CVT jauh lbh mahal dr AT biasa, jg bagaimana durabilitas CVT dibanding AT biasa?


Sent from my iPhone using Tapatalk
Nope. Dan tergantung tingkat kerusakan. Malah kalau dirawat dengan benar, CVT maupun AT nyaris tidak memerlukan overhaul... Perawatan AT dan CVT jauh lebih simpel dibanding MT yang ada ritual ganti kopling...

Durabilitas asal kondisi standar, pemakaian normal dan perawatan jalan, sama-sama aja... Even manual kalau sering disentak-sentak juga tetep aja nggak awet... Intinya : semua mobil itu akan normal kalau dirawat dan dipakai dengan benar.

Tapi kembali lagi ke bagaimana si pabrikan merancang CVT tersebut.
Ooh ok om, Thanks u/ pencerahannya.. jaga2 ke depan dapet yg CVT, tren matic yg skrg condong ke CVT sih.


Sent from my iPhone using Tapatalk
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26921
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?

Post by DOHC »

mods,

cvt hrv ane koq kaya bloon yah... pas macet stop and go suka nyendal2... tp giliran mau sruntulan, binggung sendiri nurunin gigi... skali nya dbejeg, kadang cuman nguuuuuunggg peresan tebu atau lgs jossss narik.....
ChZ wrote: Sun Jan 22, 2017 2:53 Salah satunya.

CVT pakai komponen yang jauh lebih simpel dan lebih sedikit dari AT or DCT.

Tapi diluar itu, dengan kerangka berpikir economy, CVT adalah pilihan terbaik. Transmisi dengan rasio variabel yang bisa berubah - ubah sesuai dengan kemauan pengemudi. Meminimalisir kehilangan momen saat berakselerasi. Ketika butuh momen tinggal injak maka CVT akan menyesuaikan ratio.

CVT depicted as lemot... itu tergantung tuning nya. Banyak CVT lock-up nya slow... Jadi berasa selip terus dan gak ada tenaga. Padahal begitu lock-up CVT bisa menjadi killer transmisi AT, DCT, bahkan MT yang bener-bener involving pengemudi.

Plus smoothness karena actually nggak ada perpindahan gigi, jadi untuk masyarakat perkotaan akan lebih cocok CVT dibanding geared... Geared yang nggak refined akan suffer di gear-hunting di perkotaan dan luar kota...

Kombinasi performa terbaik dan efisiensi terbaik ada di transmisi CVT... plus biaya produksi murah dan transmisinya ringan karena compact.

Beda cerita kalau cari fun, CVT sama sekali nggak ada fun factor nya... Tapi beberapa CVT memang ada yang di-set untuk performance contohnya Swift Sport.

Yah yang namanya fun justru terkadang sesuatu yang tidak sempurna...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21989
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?

Post by Turboman »

DOHC wrote:mods,

cvt hrv ane koq kaya bloon yah... pas macet stop and go suka nyendal2... tp giliran mau sruntulan, binggung sendiri nurunin gigi... skali nya dbejeg, kadang cuman nguuuuuunggg peresan tebu atau lgs jossss narik.....
ChZ wrote: Sun Jan 22, 2017 2:53 Salah satunya.

CVT pakai komponen yang jauh lebih simpel dan lebih sedikit dari AT or DCT.

Tapi diluar itu, dengan kerangka berpikir economy, CVT adalah pilihan terbaik. Transmisi dengan rasio variabel yang bisa berubah - ubah sesuai dengan kemauan pengemudi. Meminimalisir kehilangan momen saat berakselerasi. Ketika butuh momen tinggal injak maka CVT akan menyesuaikan ratio.

CVT depicted as lemot... itu tergantung tuning nya. Banyak CVT lock-up nya slow... Jadi berasa selip terus dan gak ada tenaga. Padahal begitu lock-up CVT bisa menjadi killer transmisi AT, DCT, bahkan MT yang bener-bener involving pengemudi.

Plus smoothness karena actually nggak ada perpindahan gigi, jadi untuk masyarakat perkotaan akan lebih cocok CVT dibanding geared... Geared yang nggak refined akan suffer di gear-hunting di perkotaan dan luar kota...

Kombinasi performa terbaik dan efisiensi terbaik ada di transmisi CVT... plus biaya produksi murah dan transmisinya ringan karena compact.

Beda cerita kalau cari fun, CVT sama sekali nggak ada fun factor nya... Tapi beberapa CVT memang ada yang di-set untuk performance contohnya Swift Sport.

Yah yang namanya fun justru terkadang sesuatu yang tidak sempurna...
oli CVT nya udah jalan brp jauh / brp tahun ?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26921
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?

Post by DOHC »

oli nya baru ane ganti om 2 minggu lalu
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
dimassn25
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 473
Joined: Sun Dec 27, 2015 6:41
Location: Bekasi

Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?

Post by dimassn25 »

Kalo emang cvt lebih murah kenapa engga dari awal pabrikan pake cvt ya?
Padahal menurut saya cvt itu:
1. Rasionya ga menentu tergantung karakter driver
2. Irit jelas
3. Cukup mengakomodir tenaga dan torsi sebesar civic turbo
4. Halus

Walaupun beberapa orang masih suka rasa tonjokan tiap kali ganti gigi dari geared transmisi.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?

Post by ChZ »

DOHC wrote: Sun Jan 22, 2017 15:03 mods,

cvt hrv ane koq kaya bloon yah... pas macet stop and go suka nyendal2... tp giliran mau sruntulan, binggung sendiri nurunin gigi... skali nya dbejeg, kadang cuman nguuuuuunggg peresan tebu atau lgs jossss narik.....
HRV 1.5 memang CVTnya agak lucu.... Ntah kenapa... Beda banget sama 1.8 nya :big_slap:

Yang 1.5 response awal jauh lebih baik dari 1.8... tapi di bejeg dia terkadang nahan di 4000 dulu baru naik setelah lockup... :big_slap:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?

Post by ChZ »

dimassn25 wrote: Sun Jan 22, 2017 16:00 Kalo emang cvt lebih murah kenapa engga dari awal pabrikan pake cvt ya?
Padahal menurut saya cvt itu:
1. Rasionya ga menentu tergantung karakter driver
2. Irit jelas
3. Cukup mengakomodir tenaga dan torsi sebesar civic turbo
4. Halus

Walaupun beberapa orang masih suka rasa tonjokan tiap kali ganti gigi dari geared transmisi.
Kebanyakan blom ada design / blueprint nya sih oom... Dan mendesain lagi dari awal butuh waktu serta biaya RnD yang cukup besar...

Beda dengan pabrikan seperti Mazda yang memang ingin memadukan unsur "fun" dan "economy" dalam satu paket di SKYACTIV-Tech .... Sangat-sangat haram dengan CVT... Makanya mereka pakai 6-AT. Dan 6-AT Mazda ini ane akuin salah satu 6-AT yang paling baik... Ketika creeping di dalam kota dia akan halus seperti CVT... Ketika kickdown hampir menyamai DCT...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?

Post by evolution21 »

cuma pernah pake cvt di xtrail t31, serena dan t32 (2000cc dan 2500cc)
di t32 cvt terbaik yg pernah saya coba
bahkan 2000cc nya jg terasa enak akselerasinya

dibanding jamannya t31 (akselerasi tertahan) dan serena (berasa loyo)

kalo cvt dah kualitasnya seperti minimal t32 ane si ga alergi ama cvt, toh transmisi biasa jg jaman skarang masi aja ada yg perpindahannya lemot dan terasa beg0
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26921
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?

Post by DOHC »

ChZ wrote: Sun Jan 22, 2017 16:13
DOHC wrote: Sun Jan 22, 2017 15:03 mods,

cvt hrv ane koq kaya bloon yah... pas macet stop and go suka nyendal2... tp giliran mau sruntulan, binggung sendiri nurunin gigi... skali nya dbejeg, kadang cuman nguuuuuunggg peresan tebu atau lgs jossss narik.....
HRV 1.5 memang CVTnya agak lucu.... Ntah kenapa... Beda banget sama 1.8 nya :big_slap:

Yang 1.5 response awal jauh lebih baik dari 1.8... tapi di bejeg dia terkadang nahan di 4000 dulu baru naik setelah lockup... :big_slap:

ohh ternyata gt tohh..

mods, kl mau kuras atf nya, perlu ga sehh di cvt ?? nanya ke beres ahond dibilang cvt ga perlu... nanya ke toda blg perlu... gugel2, ga ketemu jawaban...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?

Post by ChZ »

DOHC wrote: Sun Jan 22, 2017 16:59
ohh ternyata gt tohh..

mods, kl mau kuras atf nya, perlu ga sehh di cvt ?? nanya ke beres ahond dibilang cvt ga perlu... nanya ke toda blg perlu... gugel2, ga ketemu jawaban...
Klw standar Ahon 40k ganti 80k kuras...

Sebenernya klw regularly tiap 10k ganti si kuras g perlu-perlu amat om... Hehehe... Tapi sebaiknya memang kuras aja tiap 40k... Apalagi kondisi jalanan dan cuaca begini di indon...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21989
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?

Post by Turboman »

ChZ wrote:
DOHC wrote: Sun Jan 22, 2017 15:03 mods,

cvt hrv ane koq kaya bloon yah... pas macet stop and go suka nyendal2... tp giliran mau sruntulan, binggung sendiri nurunin gigi... skali nya dbejeg, kadang cuman nguuuuuunggg peresan tebu atau lgs jossss narik.....
HRV 1.5 memang CVTnya agak lucu.... Ntah kenapa... Beda banget sama 1.8 nya :big_slap:

Yang 1.5 response awal jauh lebih baik dari 1.8... tapi di bejeg dia terkadang nahan di 4000 dulu baru naik setelah lockup... :big_slap:
Haa kayak CVT di Proton hatchback yg 1600 Turbo itu

masuk di D......bejek.....RPM nahan di 4000 tapi speed naik......tapi kalo mode Sport sih RPM bisa melejit ke 6000 kayak matic gear

CVT buatan Punch - Nederland.......and made in Cungkuo
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3146
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?

Post by walid_007 »

Cvt adalah masa depan, sama seperti lampu led

Terutama city car/sedan di perkotaan dgn average speed rendah( 20 kpj )... luar kota siang non toll itu mentok avg 50 kpj

Besok dan kedepan bakal tambah macet, tar bejek pas netral saja ...
engine roaring!
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?

Post by adityabp »

IMHO, ini cuma dugaan saja. Saya kira biaya utk membuat belt CVT yg bener2x kuat cukup mahal dibanding biaya bikin planetary gear 4 speed. Ini girnya doank loh ya. So, kalo dibilang matic CVT=strategi menurunkan cost production, saya agak ragu. CMIIW.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21989
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?

Post by Turboman »

CVT yg canggih2 / High Torque capacity banyakan di Traktor (Gear & Hydraulic pump)

Belom ada yg aplikasikan di mobil

Mungkin krn biaya dan dimensi girbox nya gede

medkintos
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Wed Apr 20, 2016 16:23
Location: jakarta
Daily Vehicle: C180 W204

Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?

Post by medkintos »

Setau saya bukannya kalo disini pada pake CVT karena iklim kita yang panas ya jadi kalo mau pake alternatif seperti DCT mikir2 overheat dan biaya perawatannya...

Long live Powershift, long live TCM replacement :ngacir:
mari ber Kendara! web | youtube
------
W204 C180 '11 | W211 E280 ‘09 | W166 GLE400 '17 | W244 B170 ‘08 | Dodge Journey '11 | HR-V E '16 | T32 '17 | Harrier XU30 ‘12 | Ranger Wildtrak ‘14 | Mazda8 | Q5 '10
senbei
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Mon Nov 14, 2016 2:50

Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?

Post by senbei »

Mungkin CVT ini adalah tren teknologi untuk masa depan, jadi mulai dari sekarang sedikit demi sedikit mulai diaplikasikan, mungkin lambat laun Gear 4AT dan manual akan stop produksi.

Kalo Cost reduction biasanya lebih mengarah ke materialnya misal material baja, material painting dll.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21989
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?

Post by Turboman »

medkintos wrote:Setau saya bukannya kalo disini pada pake CVT karena iklim kita yang panas ya jadi kalo mau pake alternatif seperti DCT mikir2 overheat dan biaya perawatannya...

Long live Powershift, long live TCM replacement :ngacir:
Policy pake CVT itu dr prinsipal

Jepuner jarang sekali yg apply DCT kecuali buat mobil2 high spec

Gak kayak Ford yg pasabg DCT di mobil sejuta umat
medkintos
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Wed Apr 20, 2016 16:23
Location: jakarta
Daily Vehicle: C180 W204

Re: RE: Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?

Post by medkintos »

Turboman wrote: Mon Jan 23, 2017 3:50
medkintos wrote:Setau saya bukannya kalo disini pada pake CVT karena iklim kita yang panas ya jadi kalo mau pake alternatif seperti DCT mikir2 overheat dan biaya perawatannya...

Long live Powershift, long live TCM replacement :ngacir:
Policy pake CVT itu dr prinsipal

Jepuner jarang sekali yg apply DCT kecuali buat mobil2 high spec

Gak kayak Ford yg pasabg DCT di mobil sejuta umat
i see.... bener kata om turbo, sekalinya DCT kalo jepun pasti yang high spec contohnya kayak JDMnya Honda HR-V current gen, Honda Vezel Hybrid yang dapet 7AT DCT
mari ber Kendara! web | youtube
------
W204 C180 '11 | W211 E280 ‘09 | W166 GLE400 '17 | W244 B170 ‘08 | Dodge Journey '11 | HR-V E '16 | T32 '17 | Harrier XU30 ‘12 | Ranger Wildtrak ‘14 | Mazda8 | Q5 '10
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?

Post by daftar »

less mechanical? kalo ada apa2 tinggal update software Tcu
:ngacir:
uhuk2
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 97
Joined: Mon Jan 23, 2017 8:20

Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?

Post by uhuk2 »

Menurunkan biaya produksi gk kayaknya, pabrikan sepertinya lebih fokus kepada kenyamanan berkendara (cvt kan smooth) dan tingkat efisien FC.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21989
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?

Post by Turboman »

uhuk2 wrote:Menurunkan biaya produksi gk kayaknya, pabrikan sepertinya lebih fokus kepada kenyamanan berkendara (cvt kan smooth) dan tingkat efisien FC.

om uhuk2 kerja dimana kalo boleh tahu
Last edited by Turboman on Tue Jan 24, 2017 17:24, edited 1 time in total.
CakOpiq
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Fri Aug 08, 2014 6:49

Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?

Post by CakOpiq »

uhuk2 wrote: Mon Jan 23, 2017 17:19 Menurunkan biaya produksi gk kayaknya, pabrikan sepertinya lebih fokus kepada kenyamanan berkendara (cvt kan smooth) dan tingkat efisien FC.
ane termasuk aliran yang penyuka CVT.. Alasannya simple yakni gak pakai jeda power gegara pindah gigi, aluss terus dari 0 kpj sampai mentok.
penumpang nggak ngerasa pindah gigi & emosi penumpang nggak terdistorsi tangga nada deruan mesin, pokoknya terima kencang tanpa gangguan perasaan. tentu ane bukan sprinter ataupun yang butuh sensasi sentakan, bukan kutu loncat & nggak jalan offroad.

FC irit buat jalan jauh ramah dikantong.
Roti tawar ane (NAV1) yg nggak aero dinamis bisa pulang kampung dgn FC 1:13, drive mode tetap ECO sampai 120kpj, dengan bekal engine 2000 cc w/ Maximum Output (Ps/rpm) : 158 / 6,200.
Kata paman ane, ternyata bisa kencang dan lebih irit drpd inova yang bekalnya engine 2000 cc w/ 136 PS (100 kW; 134 hp).

sepertinya CVT adalah ramuan paling cocok untuk perasaan umum para pengguna yakni Smooth & Effisien. mungkin bakal menjadi pilihan bagi umumnya driver tentu bukan pilihan bagi para racer..
vixio
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Mon Jan 02, 2017 9:58

Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?

Post by vixio »

gosipnya.. antara cvt gen 1 sama gen 2 beda olinya.. entah bener atau engga.. klo di honda cvt gen 1 olinya eneos klo yg gen 2 dari mana ya lupa
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?

Post by vipere »

ChZ wrote: Sun Jan 22, 2017 16:17
dimassn25 wrote: Sun Jan 22, 2017 16:00 Kalo emang cvt lebih murah kenapa engga dari awal pabrikan pake cvt ya?
Padahal menurut saya cvt itu:
1. Rasionya ga menentu tergantung karakter driver
2. Irit jelas
3. Cukup mengakomodir tenaga dan torsi sebesar civic turbo
4. Halus

Walaupun beberapa orang masih suka rasa tonjokan tiap kali ganti gigi dari geared transmisi.
Kebanyakan blom ada design / blueprint nya sih oom... Dan mendesain lagi dari awal butuh waktu serta biaya RnD yang cukup besar...

Beda dengan pabrikan seperti Mazda yang memang ingin memadukan unsur "fun" dan "economy" dalam satu paket di SKYACTIV-Tech .... Sangat-sangat haram dengan CVT... Makanya mereka pakai 6-AT. Dan 6-AT Mazda ini ane akuin salah satu 6-AT yang paling baik... Ketika creeping di dalam kota dia akan halus seperti CVT... Ketika kickdown hampir menyamai DCT...
berarti toyota musti belajar ama mazda cara bikin 6AT yang gak jedug.hehehe.
User avatar
geofreyap
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1611
Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05

Re: Matic CVT di mobil = strategi menurunkan biaya produksi kah ?

Post by geofreyap »

Spertinya kalau untuk turunkan biaya produksi, ga juga.
Develop CVT sepertinya tidak lebih mudah di banding geared AT. CMIIW.

Kebetulan dengan CVT, ratio-nya jadi unlimited, jadi bisa mengakomodir driving style dari berbagai kepala. Ada yg suka high revving terus2an. Ada yg suka gliding ellegantly. Etc. The choice is on your foot.

Kebetulan dengan CVT, kombinasi antara performa & effisiensi ada di titik optimal. Kalau di bejek, rpm akan selalu di peak power. Sedangkan kalau santai, rpm bisa as low as possible, tapi speed tetep nambah secara gradual.

Kebetulan dengan CVT, karakter mobil menjadi sangat smooth meski saat hard accel sekalipun. Meski memang harus di akui sensasi G-force saat shifting itu memang adrenaline pump yg paling addicting. Tapi tranny yg smooth juga pengaruh ke handling & lap time kalo di sirkuit. Lupa baca / nonton dimana oe.

Kebetulan dengan CVT, turbo lag menjadi berkurang jauh. Since stdr euro semakin lama semakin ketat, downsized engine size + turbo akan semakin common di masa yg akan datang. Dan CVT adalah solusinya. Atau TC yg slippage-nya sengaja dibikin lebih lama, sperti new focus.

Sayangnya bobot CVT biasanya agak berat. CMIIW

Nah, dari kebetulan-kebetulan yg ada tadi, engineer mungkin saat ini lebih memilih CVT. Karena engineer juga di gaji, jadi prinsip dasar ekonomi tidak lepas dari kepala mereka. Kalau mereka bisa kasih banyak kelebihan dengan biaya yg relatif sama, knp tidak ?

Oe lebih suka setir MT.
Kalau auto tranny, entah kenapa oe lebih suka CVT.
Even teknologi TCnya produk yg oe jual skrg ( sering dipuji ) belum bisa menggoyahkan oe. Hehehe..

#hanyacelotehaniseng
#getbored
#killingtime
#susahjualanmazda

:D
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id